Partai Apa yang Dipilih Milenial Ibu Kota? Survei Median Membuktikan…

Jakarta – Lembaga survei Median merilis hasil survei elektabilitas parpol di DKI Jakarta. Ada hasil survei per kelompok umur. Apa pilihan partai para milenial?

Survei digelar pada pekan ke-4 Februari hingga pekan pertama Maret 2019 dengan melibatkan 1.000 responden. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kodya dan gender. Margin of error survei ini plus minus 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pertanyaan survei adalah: “Jika pemilu legislatif dilakukan saat ini, partai apakah yang akan Anda pilih?”
Berikut elektabilitas partai hasil survei Median:

PDIP 28,1%
Gerindra 22,9%
Demokrat 6,9%
PKS 6,8%
PAN 4,7%
Golkar 4,6%
PKB 2,2%
Perindo 2,1%
NasDem 2,0%
PPP 1,8%
PSI 1,3%
Hanura 1,1%
PBB 0,2%
Berkarya 0,2%
Undecided 15,2%

Jika ditilik lebih detail dari segi kelompok usia, porsi terbesar suara PDIP datang dari pemilih yang berusia kurang dari 20 tahun. Sementara Gerindra banyak dipilih pemilih kelompok usia 30-39 tahun.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun.Direktur Eksekutif Median Rico Marbun. Foto: Ari Saputra

Dari segi pendidikan pemilih, Gerindra unggul di pemilih tidak tamat SD. Sementara PDIP unggul di pemilih tamat SD hingga tamat perguruan tinggi.

Alasan dominan warga ibu kota memilih PDIP karena faktor kinerja Jokowi. Sementara alasan warga ibu kota memilih Gerindra karena suka dengan Prabowo. Alasan memilih Demokrat karena suka SBY, sementara PKS dipilih karena sangat identik dengan partai Islam. PAN dipilih karena dinilai amanah, sementara Golkar dipilih karena alasan ikut keluarga.
(tor/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *