Paris Saint Germain Juara Liga Prancis

Jakarta – Meski belum bertanding, Paris Saint Germain berhasil mengunci titel juara Liga Prancis. PSG jadi juara setelah pesaing terdekatnya, Lille, bermain imbang.

PSG baru bermain Senin (22/4/2019) dinihari WIB menghadapi AS Monaco. Tapi titel juara berhasil diraih setelah pesaing mereka, Lille, imbang tanpa gol saat berhadapan dengan Toulouse

Saat ini PSG mengumpulkan 81 poin dari 32 pertandingan, unggul 16 angka dari Lille di belakangnya. Dengan ada lima pertandingan tersisa bagi Lille, tak mungkin mereka bisa mengejar PSG.

PSG sesungguhnya sudah bisa mengunci gelar juara Liga Prancis sejak pekan lalu. Namun saat titel juara sudah di depan mata, mereka malah dua kali kalah atas Lille dan Nantes.

Ini menjadi gelar Liga Prancis keenam mereka dari tujuh musim terakhir, sejak diakuisisi Qatar Sports Investment.

Les Parisiens hanya sekali gagal di musim 2016/2017, di mana ketika itu titel diraih AS Monaco. Kala itu Monaco diperkuat pemain-pemain macam Kylian Mbappe, Fabinho, Bernardo Silva, dan Tiemoue Bakayoko.

Meski dominan di kompetisi domestik, PSG belum bisa bicara banyak di Eropa. Sudah mendatangkan banyak bintang bahkan memecahkan rekor transfer untuk Neymar dan Mbappe, Les Parisiens masih nol di Liga Champions. Musim ini mereka terhenti di babak 16 besar setelah takluk dari Manchester United.

(din/cas)

Bentrok dengan Massa Rompi Kuning di Paris, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Paris – Bentrokan terjadi antara puluhan massa rompi kuning dan polisi terjadi di Paris. Bentrokan terjadi setelah pihak berwenang memperingatkan para pendemo dapat memicu kekerasan baru.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (20/4/2019) puluhan massa berkerudung hitam tampak melemparkan batu ke arah polisi. Selain itu beberapa massa juga membakar skuter dan tong sampah di ibu kota Prancis.

Polisi merespon dengan menembakkan gas air mata dan granat setrum. Beberapa petugas juga berbaris ke arah massa untuk mengendalikan dan mendorong massa ke Place de la Republique Paris dan membuat sebagian massa terkurung disana.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan sebanyak 9.600 orang melakukan demo di seluruh Prancis, termasuk 6.700 orang yang berdemo di Paris. Menurutnya, jumlah massa ini lebih kecil dari yang telah diperkirakan pada tanggal 17 November 2018 pada hari pertama massa berdemo.

Dalam aksinya beberapa demonstran menyinggung kebakaran yang terjadi di katedral Notre-Dame, pada hari Senin lalu. Di mana atas kejadian ini disebut beberapa perusahaan berjanji memberikan 1 miliar euro untuk rekonstruksi.

“Jutaan untuk Notre-Dame, bagaimana dengan kita, orang miskin? Segalanya untuk Notre-Dame, tidak ada untuk yang menderita,” tulis salah satu demonstran.

Protes yang dilakukan massa rompi kuning in telah terjadi sejak bulan November 2018. Protes ini karena adanya kenaikan harga bahan bakar dan biaya hidup yang tinggi, namun massa ini semakin meningkat setelah terjadi gerakan melawan Presiden Prancis Emmanuel Macron.
(dwia/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Katedral Terindah di Dunia, dari Notre Dame Paris hingga St Basil Moskow

Katedral ini merupakan katedral Protestan pertama di Inggris. Dibangun oleh Sir Christopher Warren pada abad ke -17. Bangunannya yang megah ini menjadi ikon kota London. Warna biru yang cantik seakan bertengger di atas langit kota.

Santa Maria del Fiore, Florence, Itali

Seni, spiritual, dan budaya menggambarkan katredal yang satu ini. Dibangun pada abad ke-14, Santa Maria del Fiore ini dirancang oleh Brunelleschi. Nuansa megah dan unik terlihat dari bangunannya. Katedral ini memiliki menara lonceng yang sangat cantik dan sayang bila tidak diabadikan dalam foto.

The Kölner Dom, Cologne, Jerman

Katedral yang megah ini merupakan salah satu bangunan gaya gotik terindah di Eropa. Menara kembar yang menjulang tinggi dan tangga menuju puncak menara sangatlah menarik untuk dinaiki. Pemandangan dari atas katredal menghadap ke kota Cologne serta Sungai Rhine menjadi daya pikat bila datang ke kota ini.

The Vitus Cathedral, Praha, Republik Ceko

Mampir ke Praha, jangan lupa datang ke katedral yang satu ini. Puncak menara dengan arsitektur gotik abad pertengahan akan menyambut Anda. Uniknya, katedral ini dapat dilihat hampir dari semua titik di Kota Praha. Katedral ini merupakan bangunan penting yang ada di Kota Praha.(Fairuz Fildzah)

6 Kemiripan Pakaian Hotman Paris dan Harry Styles, Siapa Lebih Keren?

Selain dikenal sebagai penyanyi dan aktor, Harry Styles juga beberapa kali menjadi pembawa acara. Ia pernah menjadi co-host program Late Late Show dan Met Gala 2019.

Entah kebetulan atau tidak, Hotman Paris juga mempunyai acara talk show sendiri ,yaitu ‘Hotman Paris Show’. Dalam satu kesempatan, mereka sama-sama memakai jas hitam dan kemeja putih. Bedanya, jas yang dikenakan Harry ada motif kotak-kotaknya, sementara Hotman memakai dasi kupu-kupu.

Jadi, siapa yang meniru siapa sebenarnya? Sepertinya ini hanya kebetulan saja. Sang pemilik akun @enuinelylarry, Nana, juga menuliskan kalau mereka berdua tidak saling meniru dan sama-sama orang hebat di bidangnya. 

Gereja Katedral Notre Dame di Paris Kebakaran, Sharena Delon Sedih

Liputan6.com, Jakarta – Kebakaran telah terjadi di Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Senin (15/4/2019), waktu setempat. Tak sedikit masyarakat yang bersedih atas peristiwa tersebut, termasuk Sharena Delon.

Istri Ryan Delon ini, mengungkapkan kesedihannya melalui akun Instagram, Selasa (16/4/2019). Ia juga mengunggah foto dirinya saat berada di depan Gereja Katedral Notre Dame, Paris.

It breaks my heart to hear the news about Notre Dame Cathedral in Paris This is one of the largest religious building in the world. Designnya gothic,” tulis Sharena Delon memberi keterangan.

Peristiwa kebakaran di Katedral Notre Dame, membuat Sharena Delon menyesal lantaran dirinya belum sempat masuk ke dalam gereja tersebut. 

Kronologi Kebakaran Katedral Notre Dame Paris, Salah Satu Ikon Budaya Eropa

Gereja Katedral Notre Dame merupakan arsitektur bersejarah di pusat kota Paris. Katedral Notre Dame juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Katedral Notre Dame menjadi magnet para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Katedral Notre Dame terletak di Île de la Cité, sebuah pulau kecil di tengah kota, katedral ini adalah salah satu destinasi paling populer di Paris, menarik sekitar 13 juta pengunjung setahun.

Gereja ini dibangun antara tahun 1163 dan 1345. Pada bagian menara, mengadopsi unsur bangunan gothic, baru saja menjalani renovasi 11 juta euro ($12,4 juta) yang dibiayai oleh negara Prancis. Renovansi berkaitan dengan kerusakan yang diakibatkan oleh waktu, polusi, dan cuaca.

Katedral ini bahkan adalah situs penobatan Napoleon Bonaparte sebagai kaisar pada tahun 1804. Sedangkan puncak menara dibangun pada abad ke-19 di tengah upaya restorasi yang luas, sebagian didukung oleh keberhasilan novel Victor Hugo “The Hunchback dari Notre Dame” pada tahun 1831. Katedral ini juga menampung organ agung, salah satu alat musik paling terkenal di dunia, serta Mahkota Duri.

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris

Paris

Banyak orang bersedih atas terbakarnya Katedral Notre Dame di Paris. Berikut 9 fakta soal gereja yang paling populer di Prancis tersebut.

Kebakaran melanda Katedral Notre Dame, Paris, Prancis Senin (15/4) waktu setempat. Kobaran api itu melalap salah satu tempat wisata di Prancis yang paling banyak dikunjungi wisatawan ini.

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di ParisGereja Katedral Notre Dame terbakar Senin kemarin (Reuters)

Di kalangan traveler, terbakarnya gereja tersebut tentu menimbulkan duka mendalam. Soalnya, Gereja Katedral Notre Dame juga sarat akan sejarah sekaligus jadi landmark Prancis.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2019), tak sedikit fakta menarik dari Gereja Katedral Notre Dame yang membuatnya dikenal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berdiri di atas kota kuno

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris (Thinkstock)

Lokasi di mana Gereja Katedral Notre Dame berdiri diketahui ada di atas kota kuno kaum Pagan Prancis yang bernama Lutetia. Sejarah mengatakan, kalau gereja ini dibangun di atas reruntuhan kuil tersebut.

Fakta itu pun dipertegas dengan penemuan altar bagi Dewa Jupiter dan lainnya saat ekskavasi di tahun 1710 silam. Tepat di bawah tanah depan gereja, juga terdapat sebuah makam kuno.

2. Ada ‘hutan’ di atapnya

Menara dan atap gereja merupakan salah satu yang terbakar habis dalam musibah kemarin. Padahal, gereja tersebut menyimpan salah satu frame kayu tertua di Paris yang terbuat dari banyak kayu dari abad ke-12. Bahkan, frame itu diibaratkan sebagai hutan karena bahan bakunya.

3. Tampak seperti terbang

Memiliki desain gothic, Gereja Katedral Notre Dame disebut-sebut mempelopori gaya arsitektur yang terbilang unik. Kalau di lihat di bagian eksteriornya, gereja ini ditopang oleh penyangga di sisi kiri dan kanan yang membuatnya seperti terbang.

4. Saksi bisu dari pemenggalan 28 patung raja

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris (Thinkstock)

Jelang Revolusi Prancis di tahun 1793, sekitar 28 patung raja di dalam Gereja Katedral Notre Dame diturunkan dengan tali dan dipenggal dengan tongkat.

Momen itu melambangkan runtuhnya monarki, sekaligus dimaknai dengan pemenggalan Raja Louis XVI di awal tahun itu. Adapun, 28 kepala dari patung raja-raja tersebut kini dapat ditemukan di Musee de Cluny.

5. Menaranya tidak kembar

Orang awam yang melihat Gereja Katedral Notre Dame dari luar akan melihat menaranya yang tampak seperti kembar. Namun, faktanya tidak demikian. Apabila diperhatikan dengan seksama, menara di bagian utara sedikit lebih besar dari yang di sisi selatan.

6. Loncengnya pernah diubah jadi persenjataan

Zaman Revolusi Prancis, sekitar 20 lonceng yang ada di Gereja Katedral Notre Dame dilelehkan untuk diubah jadi peluru meriam. Hampir semua, kecuali satu lonceng yang memiliki nama Emmanuel.

7. Diselamatkan oleh Napoleon dan Victor Hugo

9 Fakta Katedral Notre Dame yang Terbakar di Paris (Thinkstock)

Nama-nama besar Prancis seperti Napoleon Bonaparte dan penulis kenamaan Victor Hugo diketahui pernah terlibat langsung untuk menyelamatkan Gereja Katedral Notre Dame di masa kelamnya.

Sejarahnya, Napoleon mengambalikan fungsi gereja ini kembali dan menjadikannya sebagai lokasi pemahkotaan dirinya. Sedangkan Victor Hugo mengangkat nama gereja ini lewat kisah ‘Si Bungkuk dari Notre Dame’ yang termahsyur.

8. Menyimpan organ terbesar di Prancis

Apabila traveler pernah melihat organ yang ada di dalam Gereja Katedral Notre Dame, maka itu adalah yang terbesar di Prancis. Berasal dari abad ke-18, organ itu dimainkan dengan lima keyboard.

9. Dikunjungi 13 juta wisatawan per tahun

Disebut sebagai monumen paling populer di Prancis setelah Eiffel, Gereja Katedral Notre Dame begitu termahsyur di kalangan turis. Diketahui, sekitar 13 juta turis mengunjunginya setiap tahun.

(wsw/fay)

Katedral Notre-Dame di Paris terbakar, Warga: Saatnya untuk Berdoa

ParisKatedral Notre-Dame terbakar Reuters Api terlihat mulai Senin sore waktu setempat. Api memusnahkan sebagian besar atap.

Berbagai pihak, mulai dari pejabat, tokoh agama dunia, hingga warga kebanyakan mengatakan sedih dan terpukul dengan kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame di ibu kota Prancis, Paris, hari Senin (15/04).

Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, namun pejabat setempat menyatakan bahwa hal itu kemungkinan terkait dengan pekerjaan renovasi.

Pihak pemadam kebakaran Paris menyatakan bahwa struktur utama bangunan telah berhasil ‘diselamatkan dan dipertahankan’.

Tahun lalu, Gereja Katolik di Perancis meminta dana untuk menyelamatkan bangunan katedral yang mulai hancur.

Vatikan menyampaikan kesedihan yang mendalam, sementara kanselir Jerman, Angela Merkel, mengatakan rakyat Jerman merasakan kesedihan rakyat Prancis.

Merkel mengatakan bahwa Katedral Notre-Dame adalah simbol kebudayaan Eropa.

Katedral Notre-Dame terbakar Getty Images KatedralNotre-Dame di Paris dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahun.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan sangat sedih melihat katedral terbakar.

Badan kebudayaan PBB, UNESCO, mengatakan mereka bertekad menyelamatkan Notre-Dame bersama rakyat Prancis.

Pejabat gereja ikonik di pusat kota London, Westminster Abby, mengatakan mereka sangat terpukul dengan kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame.

Seorang saksi mata di Paris mengatakan, “Jika Anda merasa perlu untuk berdoa, saatnyalah untuk berdoa.” Banyak pengunjung yang menangis melihat api berkobar.

Kebakaran yang bermula pada Senin sore waktu setempat atau Selasa dini hari WIB, memusnahkan sebagian besar atap. Menara pada atap ini sudah ambruk.

Katedral Notre-Dame terbakarBBC

Muncul kekhawatiran api merembet ke bagian dalam, menghancurkan artefak-artefak penting yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang telah mengunjungi katedral, mengatakan sangat sedih dengan insiden kebakaran ini.

Katedral Notre-Dame terbakar Getty Images

Jutaan wisatawan mengunjungi katedral ini setiap tahunnya.

Warga dunia mengenal katedral antara lain dari novel karya Victor Hugo berjudul “The Hunchback of Notre Dame”.

Katedral Notre-Dame terbakar Getty Images Pengunjung Katedral Notre-Dame berdoa agar api segera padam.

(mae/mae)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Katedral Notre Dame de Paris, Ikon Bersejarah di Prancis Terbakar

Liputan6.com, Paris – Nyala api dan asap tebal mengepul dari Katedral Notre Dame de Paris, Prancis pada Senin 15 April 2019, malam waktu setempat. Tampa api menyebar dengan cepat dan menguasai katedral, termasuk menara lonceng.

Dari video yang beredar, diketahui puncak menara condong ke satu sisi kemudian runtuh ke bagian atap yang terbakar.

Segera para petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke gereja, berusaha meredam api. Sebanyak 400 personel petugas diluncurkan dalam operasi tersebut, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (16/4/2019).

Sayangnya, petugas mengalami kesulitan untuk mencapai lokasi, yang terletak di sebuah pulau di Paris, Prancis pada jam sibuk sore hari. Polisi mengatakan di Twitter bahwa masyarakat harus menghindari daerah itu dan membiarkan kendaraan darurat masuk ke tempat kejadian.

Dalam suasana genting itu, Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner mengatakan tindakan luar biasa sedang diambil untuk mencoba menyelamatkan katedral.

Jean-Claude Gallet, komandan jenderal Pemadam Kebakaran Paris, Prancis mengatakan pihak berwenang mengetahui adanya kebakaran dari sebuah telepon layanan darurat.

“Kami sedang mengevakuasi karya seni paling berharga yang sedang dilindungi,” kata Gallet.

Gallet mengatakan sekitar pukul 22.00 bahwa risiko berikutnya adalah jika lonceng besar jatuh karena kobaran api.

“Jika lonceng ini jatuh, maka hal itu sama dengan menara yang runtuh. (Saat ini) ada petugas pemadam kebakaran di dalam dan di luar. Satu setengah jam berikutnya akan menjadi sangat penting,” katanya kepada wartawan di tempat kejadian, mengenai kebakaran yang mengancam menara utara.

“Kita harus memenangkan pertempuran ini dan menghalangi penyebaran api,” katanya. “Tindakan paling efisien adalah dari dalam. Kami tidak yakin apakah kami akan dapat menghentikan penyebaran api ke menara Utara.”

Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

400 Petugas Damkar Dikerahkan untuk Padamkan Api di Gereja Norte Dame Paris

Paris – Sebanyak 400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap Gereja Katedral Norte Dame, Paris, Prancis. Kementerian Dalam Negeri Paris mengimbau kepada seluruh warga Paris di sekitar lokasi agar berhati-hati.

“400 petugas pemadam kebakaran dimobilisasi, warga diharap menghindari area dan ikuti instruksi petugas,” tulis Kemendagri Prancis dalam akun twitter resminya @Place_Beauvau, seperti dikutip Selasa (16/4/2019).

Petugas pemadam kebakaran hingga saat ini masih melakukan penyelamatan. Petugas kebakaran Paris mengatakan jika pemadaman tidak cepat diatasi, seluruh bangunan gereja akan runtuh.

“Jika tidak cepat teratasi, ini dapat menyebabkan runtuhnya seluruh struktur. Petugas pemadam kebakaran saat ini melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan,” tulis akun twitter petugas Damkar Paris, @SecCivileFrance.

Kebakaran melanda gereja dengan bangunan yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO itu terjadi pada Senin (15/4) sore waktu setempat. Atap menara di Gereja Notre Dame itu juga dilaporkan telah runtuh akibat dilalap api.

Gereja Notre Dame merupakan bangunan kuno yang dibangun pada abad 12. Gereja Notre Dame sebelumnya tengah dalam tahap renovasi, dengan beberapa bagian di bawah perancah dan patung-patung perunggu dikeluarkan minggu lalu untuk direnovasi.
(zap/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>