Parah! 22 Kg Plastik Ditemukan di Perut Paus Hamil di Italia

Sardinia – Lagi-lagi ada paus mati yang ditemukan dengan plastik berjumlah banyak dalam perutnya. Kali ini, paus mati itu ditemukan dalam kondisi hamil.

Seperti dilansir CNN, Selasa (2/4/2019), bangkai seekor paus sperma ditemukan terdampar di Sardinia, Italia pekan lalu. Belakangan, diketahui ada bangkai fetus dan 22 kg sampah plastik di dalam perut paus itu.

Presiden Organisasi nirlaba SeaMe Group, Luca Bittau, mengatakan perut paus itu berisi jaring pancing, tabung, hingga kantong berisi cairan mesin cuci. Ada pula benda-benda lain yang tidak dapat diidentifikasi.

“Paus itu sedang hamil hampir pasti janinnya mati sebelum terdampar,” kata Bittau.

Paus yang ditemukan di lokasi wisata di Sardinia itu sepanjang 8 meter. Penyebab kematiannya baru bisa diketahui setelah pemeriksaan histologis dan toksikologis yang dilakukan oleh dokter hewan di Padua, Italia utara.

Menteri Lingkungan Italia, Sergio Costa, ikut berkomentar soal kematian paus hamil ini di Facebook. Dia mengunggah foto paus itu.

“Apakah masih ada orang yang mengatakan ini bukan masalah penting? Bagi saya, mereka adalah prioritas,” kata Costa.

Costa mengatakan selama ini masyarakat sudah menikmati kenyamanan benda sekali pakai yang berujung jadi sampah. Tapi, akhirnya yang membayar konsekuensinya justru hewan-hewan ini.

Dia juga mengungkit persetujuan parlemen Eropa beberapa waktu yang lalu soal pelarangan berbagai macam plastik sekali pakai. Rencananya, pelarangan itu akan berlaku pada 2021.

“Italia akan menjadi salah satu negara yang pertama kali mengimplementasikannya. Perang melawan plastik sekali pakai telah dimulai dan kita tidak akan berhenti di sini,” tegasnya.

Sebelumnya pada bulan lalu, seekor paus ditemukan mati dengan 40 kg paus di dalam perutnya di Filipina. Pada November 2018 lalu, peristiwa seperti ini pernah terjadi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Seekor paus mati dengan 6 kg sampah di dalam perutnya.
(imk/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Liverpool Tekuk Spurs, Klopp Tak Tahu Seberapa Parah Cedera Van Dijk

Liputan6.com, Liverpool – Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengaku belum mengetahui seberapa parah cedera yang dialami oleh Virgil Van Dijk dan berharap engkelnya baik-baik saja.

Van Dijk dipaksa bekerja keras saat Liverpool menjamu Tottenham di matchday 32 Premier League, Minggu (31/03). Upayanya itu membuahkan hasil positif.

Pasalnya Liverpool bisa menang 2-1. Gol Liverpool dicetak oleh Roberto Firmino dan bunuh diri Toby Alderweireld. Sementara balasan Spurs dihasilkan Lucas Moura.

Kemenangan ini membuat Liverpool kembali ke puncak klasemen liga untuk sementara itu. The Reds sekarang mengemas 79 poin dari 32 laga.

Cedera Van Dijk sepertinya terjadi sekitar menit 85. Saat itu ia berusaha menghentikan serangan balik Spurs yang dilancarkan Son Heung Min dan Moussa Sissoko.

Van Dijk pada akhirnya berhasil membuat Sissoko gagal memanfaatkan peluang tersebut. Namun gelandang asal Prancis itu sempat bertabrakan dengan Van Dijk usai menendang bola.

Usai laga, Van Dijk terlihat memakai kompres es di engkel kaki kanannya. Klopp mengaku ia belum tahu seberapa parah cedera bek andalan Liverpool tersebut. 

Tol Cikampek Macet Parah, Cawang-Bekasi Barat 2 Jam!

Jakarta – Tol Cikampek mengalami kemacetan parah di malam ini. Kemacetan dimulai sejak masuk Tol Cikampek ruas Cawang hingga Bekasi Barat.

Wawan, warga Bekasi, mengatakan biasanya butuh waktu sekitar 30 menit dari Cawang ke Bekasi Barat. Tetapi, pada malam ini sekitar pukul 21.00 WIB, dirinya butuh 2 jam ke Bekasi Barat.

“Macet mulai masuk Cikampek, dari Cawang ke Bekasi Barat 2 jam,” keluh Wawan, saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2019).

Wawan, yang seharusnya tiba di Bekasi Barat pukul 21.30 WIB, baru bisa keluar Bekasi Barat sekitar pukul 23.00 WIB. Dia menduga kemacetan disebabkan oleh penyempitan lajur selepas exit Bekasi Barat.

“Selepas pintu Tol Bekasi Barat di dekat Revo Mall kelihatannya dipersempit lajurnya,” ucap Wawan.

Sedangkan untuk arah Jakarta dari Bekasi Barat, menurut Wawan, situasinya sangat lancar. “Arah Jakarta dari Bekasi Barat ke Cawang lancar banget,” tuturnya.
(rvk/fai)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pegunungan Cycloop Rusak Parah, Banjir Bandang Menerjang

Senin 18 Maret 2019, 13:51 WIB

Infografis

Sudrajat – detikNews

Pegunungan Cycloop Rusak Parah, Banjir Bandang Menerjang

(jat/erd)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

  • Foto News

    Gudang Air Mineral di PIK Hangus Terbakar

    DETIKPHOTO | Senin 18 Maret 2019, 14:22 WIB Sebuah gudang di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) terbakar, Senin (18/3/2019). 9 Unit Damkar diterjunkan untuk memadamkan api.

  • Caleg yang Cabuli Anak Kandung Akhirnya Dibekuk!

    DETIKNEWS | Senin 18 Maret 2019, 14:11 WIB AH, calon anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, akhirnya dibekuk polisi. Pria yang diduga mencabuli anak kandung ini sempat melarikan diri ke Depok, Jabar, lalu kembali ke Sumbar.

  • Foto News

    Melihat Aktivitas Warga di Setu Rawa Besar

    DETIKPHOTO | Senin 18 Maret 2019, 14:00 WIB Pemerintah Kota Depok berencana mengembangkan Setu Rawa Besar menjadi objek wisata masyarakat. Beginilah aktivitas warga yang ada di sekitar kawasan tersebut.

  • Kolom

    Ideologi Kebencian

    DETIKNEWS | Senin 18 Maret 2019, 13:37 WIB Peristiwa penembakan di Christchurch cukup menjadi pelajaran bersama, bagaimana kebencian mampu mengikis rasa kemanusiaan kita.

  • KPK Geledah Ruang Kerja Menag

    DETIKNEWS | Senin 18 Maret 2019, 13:33 WIB Ruang kerja Menag Lukman Hakim Saifuddin yang sebelumnya disegel KPK, siang ini digeledah.

  • Foto News

    Makam Raja Mataram di Imogiri Longsor

    DETIKPHOTO | Senin 18 Maret 2019, 13:30 WIB Hujan deras yang turun sejak Sabtu (16/3) mengakibatkan longsor di sisi timur kompleks Makam Raja Mataram di Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Begini kondisinya.

Parah! Angkatan Udara AS Temukan Sampah di Pesawat Baru Boeing

Washington – Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menyebut Boeing memiliki ‘situasi parah’ terkait inspeksi cacat terhadap pesawat tanker produksinya. Diungkapkan seorang pejabat tinggi Angkatan Udara AS, sampah dan peralatan industri ditemukan di dalam sejumlah pesawat tanker yang baru saja dikirimkan kepada mereka.

Seperti dilansir CNN, Jumat (15/3/2019), hal ini diungkapkan Dr Will Roper selaku Asisten Sekretaris Angkatan Udara untuk akuisisi, teknologi dan logistik. Roper mengungkapkan kekhawatirannya ini setelah mengunjungi pabrik perakitan pesawat Boeing di Everett, Washington.

“Saya khawatir, dan saya juga memikirkan bahwa Boeing memahami mereka memiliki situasi parah yang akan membutuhkan keterlibatan level tinggi dari perusahaan mereka,” sebut Roper.


Temuan sampah dan peralatan industri itu didapati di dalam sejumlah pesawat baru produksi Boeing jenis KC-46, yang merupakan air refueling tanker aircraft atau tanker pengisian bahan bakar di udara. Setelah mendapati persoalan itu, Angkatan Udara AS berhenti menerima pesawat tanker baru dari Boeing sejak 20 Februari lalu.

Roper mendatangi pabrik Boeing pada Senin (11/3) lalu. Disebutkan juga bahwa setelah mendapat janji dari Boeing soal rencana inspeksi baru, pengiriman pesawat tanker produksi Boeing kepada Angkatan Udara AS dilanjutkan kembali setelah peningkatan inspeksi selesai dilakukan.

Enam pesawat tanker yang diterima telah menjalani inspeksi ulang oleh Angkatan Udara AS. “Kami sedang melakukan inspeksi ketat jadi kami merasa yakin sebelum kami menerima pesawat apapun dari Boeing,” ucap juru bicara Angkatan Udara AS, Ann Stefanek, kepada CNN.

Secara terpisah, para pejabat Angkatan Udara AS menuturkan kepada CNN bahwa mereka menyadari persoalan ini sangat sensitif untuk Boeing, terutama setelah larangan global diberlakukan untuk pesawat tipe 737 MAX yang bermasalah. Larangan diberlakukan usai pesawat tipe 737 MAX terlibat dua kecelakaan maut — di Indonesia dan Ethiopia — dalam lima bulan terakhir.

Temuan sampah dan peralatan industri di dalam pesawat baru yang dikirim Boeing itu dinilai tidak dipicu oleh cacatnya desain pesawat dan tidak memicu kekhawatiran keselamatan. Namun ditekankan oleh Roper bahwa temuan objek yang disebut sebagai Puing Objek Asing (FOD) itu menjadi kekhawatiran besar bagi Angkatan Udara AS.

“FOD itu masalah setiap orang, semua orang dalam satuan pasukan, yang mematuhi prosedur dan memegang budaya disiplin untuk keselamatan,” ujar Roper.

Usai insiden ini, Boeing berjanji akan melakukan inspeksi langsung di dalam pesawat saat proses produksi, termasuk di area-area khusus pesawat yang mungkin disegel sebagai bagian dari proses produksi. “Saya tentu berpikir bahwa mereka memiliki tim yang baik (untuk melakukan program inspeksi baru),” ucap Roper.

Diketahui bahwa pesawat tanker KC-46 memainkan peranan penting dalam operasi pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat-pesawat militer AS yang ditugaskan ke seluruh belahan dunia. Isu ini pertama kali dilaporkan oleh berbagai publikasi industri pertahanan.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Khofifah: 15 Wilayah di Jatim Dilanda Banjir, Madiun Paling Parah

Madiun – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut ada 15 kota/kabupaten di Jatim yang tengah dilanda banjir. Banjir terparah ada di Kabupaten Madiun yakni mencapai 35 desa di 7 Kecamatan.

“Untuk jumlah semua laporan di Jatim ada 15 wilayah yang kena musibah banjir, paling parah di Kabupaten Madiun,” ujar Gubernur Khofifah saat berkunjung ke posko bencana di Kecamatan Balerejo, Kamis (7/3/2019).

Selain Madiun, 14 kota atau kabupaten lainnya yakni Nganjuk, Ngawi, Magetan, Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Bojonegoro, Tuban, Kabupaten Probolinggo, Gresik, Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Lamongan dan Kabupaten Blitar. Gubernur wanita pertama Jatim itu menambahkan, Pemprov telah berkoordinasi terhadap seluruh kepala daerah terkait.
“Bentar lagi saya ke Ngawi ya, maka Pemprov akan segera melakukan rapat koordinasi dengan bupati atau walikota yang memiliki titik-titik terhadap kerawanan bencana banjir bisa dimitigasi. Maka kita melakukan langkah langkah, antisipasi ke depannya,” imbuhnya.
Selain itu, mantan Menteri Sosial itu juga mengajak pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo untuk melakukan peninjauan kemungkinan adanya beberapa penyebab banjir. Khofifah meminta BBWS untuk melakukan penyisiran ke sejumlah tanggul yang kemungkinan jebol.

Khofifah melanjutkan, pihaknya juga akan menghadiri acara Musrenbangnas yang digelar 15 Mei 2019 di Jakarta. Dalam rapat nanti, pihaknya akan menjabarkan beberapa infrastruktur yang rusak akibat bencana dan harus diperbaiki oleh pemerintah pusat.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tragis! Anak 12 Tahun di China Tewas Usai Lindungi Adik dari Kebakaran

Beijing

Seorang anak perempuan berumur 12 tahun di China tewas akibat luka-luka bakar parah karena melindungi adiknya dari kebakaran. Dengan tubuhnya dan sebuah selimut, dia melindungi adik laki-lakinya dari kobaran api di rumah mereka.

Pada 22 Februari dini hari waktu setempat, Chen Zimo dan adik laki-lakinya sedang tidur di kamar mereka, ketika tiba-tiba api berkobar di rumah mereka di Changde, provinsi Hunan, China selatan. Demikian dilaporkan media lokal, Xiaoxiang Morning Post seperti dilansir Straits Times, Jumat (1/3/2019).

Dilaporkan Xiaoxiang Morning Post, ketika ayah anak-anak tersebut, yang tidur di kamar lain, menyadari rumah mereka terbakar, dia bergegas masuk ke kamar anak-anak tersebut. Di kamar itu, sang ayah menemukan bahwa kedua anaknya sudah tak sadarkan diri. Tubuh anak laki-lakinya, Mozi yang berumur 5 tahun, ditutupi selimut, begitu pula dengan tubuh anak perempuannya yang terbungkus selimut.

Gadis kecil itu menderita luka bakar 55 persen di sekujur tubuhnya, sedangkan adiknya mengalami luka-luka bakar 28 persen. Saat ini, kondisi Mozi stabil di rumah sakit, namun sang kakak meninggal setelah lima hari dirawat di rumah sakit.

Setelah kebakaran itu, Chen melakukan upaya penggalangan dana secara online untuk membayar biaya perawatan rumah sakit anak-anaknya itu. Dalam waktu tujuh jam, dana sebesar 1 juta yuan berhasil terkumpul.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pelarian Pencuri Motor di Padang Sidempuan Terhenti di dalam Angkot

Patroli, Padang Sidempuan – Seorang pencuri motor yang lolos dari kejaran warga akhirnya diciduk polisi. Mereka berhasil ditangkap saat kabur dengan angkutan kota di Padang Sidempuan, Sumatera Utara. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (1/3/2019), dengan mengendarai motor, dua anggota polisi ini memburu pencuri tersebut.

Merasa mobilnya dikejar polisi, sang sopir angkot menghentikan mobillnya. Alhasil, petugas langsung membekuk pelaku. Pria berusia 16 tahun itu diketahui telah mencuri motor warga saat salat Subuh di salah satu masjid di Padang Sidempuan.

Residivis yang baru keluar dari penjara sebulan lalu itu mengaku terpaksa mencuri lantaran butuh uang untuk mengobati ibunya yang sedang sakit parah. Akibat perbuatannya, pelaku kini terancam hukuman 6 tahun penjara. (Galuh Garmabrata)

Sering Pusing Mendadak? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa pusing secara tiba-tiba. Penyebabnya tidak hanya karena satu hal tapi mungkin ada beberapa hal lain.

Berikut beberapa pemicu pusing mendadak yang mungkin tidak diduga. Selengkapnya seperti dilansir Huffington Post (1/3/2019).

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah Anda belum bergerak secara lancar di area kepala.

“Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik’, di mana ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika Anda berdiri,” ungkap kata dokter kebidanan dan kandungan asal California, Amerika Serikat, Sherry Ross.

2. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab umum vertigo menurut ahli saraf dokter Ilan Danan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau yang disingkat BPPV. “BPPV disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus,” imbuhnya.

Menurut dokter Katharine Miao, pasien vertigo merasakan pusing makin hebat bila saat dirinya bergerak. Dalam beberapa hari kondisi ini bisa sembuh tapi bisa juga diberikan pengobatan.

2 dari 3 halaman

Migrain

Constantine Palaskas, seorang otolaringologi (dokter khusus pengobatan penyakit telinga, tenggorokan, kepala, dan leher) di Swedish Neuroscience Institute, Seattle, Amerika mengatakan bahwa migrain yang tidak lazim mungkin penyebab pusing tiba-tiba.

“Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, sejumlah besar penderita migrain mungkin menemukan dirinya berjuang melawan vertigo karena migrain,” ucapnya.

4. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Memiliki gula darah rendah juga dapat mengakibatkan Anda menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakan makanan yang seimbang dengan protein dan karbohidrat.

5. Tekanan darah rendah

Richard Wright, seorang ahli jantung di Santa Monica, Amerika mengatakan bahwa tekanan darah diukur dengan ‘sistolik’ (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan ‘diastolik’ (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80).

Wright menambahkan bahwa alasan paling umum seseorang menjadi pusing atau pingsan adalah karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak.

“Ini biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80,” katanya.

3 dari 3 halaman

6. Umur

“Ketidakseimbangan benar-benar umum pada orang tua karena penurunan penglihatan, [serta] telinga dan otak,” kata dokter THT, Anil K. Lalwani di New York, Amerika.

7. Kurang minum

Harvard Health menyatakan bahwa ketika tubuh Anda tidak mendapatkan air yang cukup akan membuat volume darah akan turun dan dapat menurunkan tekanan darah serta menghalangi otak untuk mendapatkan darah yang cukup.

8. Kekurangan zat besi

Palaskas kembali mengungkapkan bahwa tingkat kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Jika hal ini terjadi, Anda dihimbau untuk mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan tes darah guna mengukur tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Selain itu, dihimbau juga untuk mengonsumsi makanan seperti kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung zat besi.

Penulis: Dara Elisabeth

BMKG: Gempa Solok Selatan Dipicu Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis 28 Februari 2019. Hasil pemutakhiran parameter menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa Solok Selatan ini, merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

“Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatera tepatnya dari Segmen Suliti,” jelas Daryono kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

“Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut-tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault),” ujar dia.

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini.

“Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti tidak banyak, tetapi pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak dalam catatan sejarah pernah terjadi 2 kali gempa dahsyat, yaitu Gempa Kerinci 1909 (M=7,6) dan 1995 (M=7,0),” ucap Daryono.

2 dari 2 halaman

Sejarah Gempa 1909

Salah satu peristiwa gempa dahsyat di Perbatasan Sumatera Barat, Bangkulu, dan Jambi adalah gempa merusak yang terjadi pada 4 Juni 1909, sekitar 7 tahun setelah wilayah ini diduduki Hindia-Belanda.

“Gempa tektonik yang dipicu akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya di segmen Siulak ini berkekuatan M=7,6. Gempa ini menjadi gempa darat paling kuat yang mengawali abad ke-20 di Hindia-Belanda. Peristiwa gempa dahsyat ini banyak ditulis dan diberitakan dalam berbagai surat kabar Pemerintah Hindia Belanda saat itu,” terang Daryono.

Jumlah korban jiwa meninggal akibat gempa Kerinci saat itu sangat banyak mencapai lebih dari 230 orang. Sementara korban luka ringan dan berat dilaporkan juga sangat banyak.

“Sejarah gempa dahsyat yang melanda Kerinci tahun 1909 kemudian terulang kembali pada tahun 1995. Gempa Kerinci 1995 berkekuatan M 7,0 terjadi terjadi pada 7 Oktober 1995 yang mengakibatkan kerusakan parah di Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci,” kata Daryono.

Gempa ini menyebabkan 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Untuk itu, ia menilai ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan termasuk catatan gempa Kerinci 1909 dan 1995. Bahwa, keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai.

“Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk,” ucap Daryono.


Saksikan video pilihan berikut ini: