Perjuangan Gadis Pekanbaru demi Ketiga Adiknya

Liputan6.com, Pekanbaru – Tiga tahun lalu, Nadia Safitri harus mengubur impian melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Gadis Pekanbaru itu harus menghidupi tiga adik kecilnya dengan berbagai cara. Dia pernah menjadi kuli pembuatan batu dan kini membantu menjual gorengan dengan imbalan yang jauh dari kata cukup.

Sabtu siang, 19 Januari 2018 itu, seperti biasa Nadia menjalankan aktivitas hariannya di persimpangan Jalan Singgalang, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru. Sebagai koki gorengan, remaja 16 tahun ini mulai memasukkan adonan pisang ke dalam kuali berminyak panas.

Dalam rentan beberapa menit, Nadia cekatan membalikkan pisang agar tak gosong. Lalu dia mengangkatnya ke sebuah wadah untuk ditiriskan, kemudian disusun rapi agar pembeli tertarik membeli dagangan milik Dedi, bosnya.

“Upahnya terkadang Rp 20 ribu, bisa juga Rp 30 ribu, tergantung berapa banyak gorengan terjual,” tutur Nadia memulai pembicaraan.

Nadia menjelaskan, aktivitas ini sudah dijalaninya dua pekan terakhir, mulai dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Puluhan kilometer harus ditempuhnya berjalan kaki dari rumahnya di Jalan Badak Ujung.

Pergi saat terik, tak jarang Nadia pulang di bawah guyuran hujan deras. Perasaan takut sudah pasti membayangi karena harus melintasi jalanan sepi. Beruntung terkadang ada pengendara sepeda motor yang memberinya tumpangan.

“Kadang ada bus ya naik kalau ada uang dikit, kalau enggak ya jalan kaki,” ucap Nadia yang sudah enam tahun ditinggal pergi ibunya merantau meninggalkan Pekanbaru.

Upahnya membantu Dedi menjual pisang, tahu, tempe, dan ubi, membuat Nadia tetap bersyukur. Mengeluh baginya hanya menjadi batu sandungan untuk menghidupi tiga adiknya, Diana, Kevin dan Marcel.

Menjelang malam, pembeli gorengan datang silih berganti. Nadia selalu mengumbar senyum kepada pelanggan setianya. Dagangannya pun ludes hingga membuat kepulangannya ke rumah lebih cepat.

“Upah ini bisa membantu dua adik tetap sekolah, karena Diana (adik pertama Nadia) juga bekerja,” kata Nadia.

Nadia menceritakan, ayahnya bernama Munriadi pergi dari rumah saat dirinya masih dalam kandungan. Kehidupan tetap berlanjut karena ibunya menikah lagi hingga lahirlah Diana.

2 dari 2 halaman

Hanya Ingin Ibunya Kembali

Hidup Nadia berubah drastis sejak usianya menginjak 10 tahun. Ibu dan ayah tirinya pergi dari rumah dengan alasan merantau tak pernah pulang lagi tanpa berkabar.

Dia pun mulai memperjuangkan kehidupan tiga adiknya sekuat tenaga. Nadia masih sempat menamatkan pendidikan SD hingga duduk di kelas 1 SMP. Hanya saja keadaan tidak memungkinkan lagi hingga Nadia memutuskan berhenti sekolah.

“Saat berhenti SMP, saya bekerja sebagai kuli di tempat pembuatan batu bata. Upahnya Rp 50 ribu per pekan, lalu ada tawaran membantu jualan gorengan ini,” jelas Nadia.

Kini, pekerjaan Nadia membuat batu bata diestafetkan ke Diana. Adiknya ini juga terpaksa berhenti sekolah untuk membantu menyambung hidup serta membantu kakak serta dua adiknya.

“Alhamdulillah penghasilan cukup untuk makan, buat jajan dan biaya sekolah Kevin (6) serta Marcel (10),” sebut Nadia.

Nadia menyebutkan, Kevin saat ini kelas 1 SD dan Marcel kelas 4 SD. Biaya sekolah dua adiknya cukup ringan karena berstatus sekolah negeri.

Selama ini, Nadia tinggal di rumah papan kecil peninggalan ayahnya. Kondisi jalannya berbukit naik turun. Belum lagi sepanjang jalan jelek itu, sangat minim penerangan, serta jauh dari pusat kota.

Kondisi rumahnya masih sangat jauh dari kata layak dan sehat. Tidak ada listrik, tidak ada tempat untuk mandi, mencuci, atau buang air.

Untuk keperluan mandi dan mencuci, Nadia hanya mengandalkan air yang menggenangi kubangan, atau sumur dangkal persis di samping rumahnya. Sedangkan untuk buang air, ada sebuah lubang yang ke ditutup karung.

Tak jarang jika turun hujan, rumahnya dipenuhi lumpur, lantaran air tanah yang berada di dataran lebih tinggi, mengalir dan masuk ke rumah Nadia.

Untuk saat ini, Nadia berharap ibunya pulang. Dia mendapat kabar ibunya menikah lagi di Madura, Jawa Timur, sementara ayah kandungnya di Padang, Sumatera Barat.

“Mamak (ibu) pulang, itu saja. Kami rindu karena tak pernah dihubungi,” ucap Nadia.


Simak video pilihan berikut ini:

10 Potensi Wisata Garut yang Akan Dikebut

Liputan6.com, Garut – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat serius menggarap sektor wisata dengan optimal. Tahun ini ada sekitar 10 destinasi wisata yang akan dibangun, sehingga mampu menarik minta kunjungan wisatawan. agar lebih nyaman dan aman sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara di Garut.

“Istilahnya program Top Ten yang akan dikembangkan,“ ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan-gan kepada wartawan selepas apel pagi, di halaman Setda Pemda Garut, Senin (21/1/2019).

Ada 10 objek yang akan dikembangkan tahun ini yakni wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Pantai Sayangheulang di Kecamatan Pameungpeuk, Pantai Cijeruk, Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, serta Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

Selain wisata pantai, beberapa objek lain yang akan digarap yakni wisata kawah Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan, wisata kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang, kebun binatang Cikembulan di Kecamatan Kadungora dan pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

“Destinasi wisata itu hasil penilaian tingkat kunjungannya dan potensi wisatanya yang bagus sehingga banyak pengunjung,” papar Budi.

Budi mengakui, kabupaten Garut memiliki segudang potensi alam untuk menjadi tujuan wisata nasional. Bahkan rencana itu ujar Budi, mendapatkan respon positif dari Pemrov Jabar dalam melaksanakan pembangunan destinasi wisata itu. “Makanya di 2019 ini kita lakukan penataan untuk 10 prioritas destinasi wisata itu,” ujarnya.

Selain pengembangan 10 destinasi wisata, lembaganya memiliki program pengembangan pembangunan khusus untuk tiga prioritas yakni kawasan  wisata air hangat Cipanas. Tarogong Garut, Gunung Papandayan, di Kecamatan Cisurupan serta Pantai Santolo di Pamengpeuk. “Tiga destinasi wisata itu dari sisi jumlah pengunjung paling banyak,” kata dia.

Dengan upaya itu, lembaganya berharap adanya peningkatan jumlah kunjungan wisata ke Garut, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Minimal kita harapkan ada pergerakan ekonomi yang lebih baik dari kondisi lokasi yang sudah ada,” pinta dia.

Sejak kedatangan Presiden Jokowi Jumat-Sabtu lalu, beberapa potensi wisata di Garut menjadi fokus perhatian pemerintah. Sebut saja area situ Bagendit yang mendapat atensi khusus Presiden untuk segera dilakukan pembenahan, agar mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Bukan hanya itu, dibukanya reaktivasi kereta api jalur Cibatu-Garut Kota yang pernah dilalui pesohor dunia Charlie Chaplin tahun ini, diharapkan mampu memacu sektor pariwisata daerah khususnya di Garut, sehingga berdampak pada peningkatan sektor ekonomi secara nasional.

Dikaitkan dengan Real Madrid, Eden Hazard Akui Masih Kerasan di Chelsea

London – Gelandang Chelsea, Eden Hazard, merupakan satu di antara pemain buruan Real Madrid. Tetapi, Hazard tak memikirkan rumor transfer ke Madrid dan hanya ingin fokus menjalani karier bersama The Blues.

El Real sudah sejak bursa transfer musim panas tahun lalu menginginkan jasa pemain timnas Belgia tersebut. Los Blancos butuh gelandang seperti Eden Hazard untuk meningkatkan kreativitas di lini tengah.

Akan tetapi, upaya Real Madrid mendapatkan jasa sang pemain selalu menemui jalan terjal. Chelsea baru akan melepas Hazard ke Madrid dengan banderol 100 juta poundsterling (Rp 1,8 triliun).

Sementara itu, Eden Hazard masih belum memikirkan untuk angkat kaki dari Stamford Bridge. Kendati durasi kerjanya menyisakan 18 bulan lagi, pemain 28 tahun itu mengaku masih betah berada di Chelsea.

“Setelah Piala Dunia, saya ingin pergi, tetapi pada akhirnya saya bertahan di Chelsea dan saya memainkan salah satu musim terbaik sejauh ini,” kata Hazard.

“Jadi, saya tidak berpikir saya membutuhkan tantangan yang berbeda. Tetapi, itu tidak berarti bahwa saya akan menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Eden Hazard memang tampil apik bersama Chelsea pada musim ini. Dia berhasil mencetak 12 gol dan 10 assist dari 28 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Sumber: FourFourTwo/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Derita Angela Skolastika Bocah Penderita Hidrosefalus di Kupang

Liputan6.com, Kupang- Perempuan cilik usia 8 tahun itu duduk pada sebuah kursi plastik berwarna hijau, bersandar dialasi sebuah bantal di belakangnya. Diapit ibu dan beberapa keluarga lainnya, dia sesekali tertawa dan mengulum jemarinya.

Dialah Angela Tekla Skolastika Mene (8) warga RT 15 RW 04, Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT. Ia menderita Hidrosefalus sejak usia setahun lebih. Berbeda dengan bocah seusianya, Angela hanya bisa mendekam saja dalam rumahnya.

Angela berusaha duduk dengan posisi normal. Namun apa daya, harapan dan usaha itu tak jua berhasil. Derita Hidrosefalus membuat ukuran kepalanya membesar dan susah bergerak, bahkan hanya untuk makan pun dia masih disuapi.

Kini, posisi duduknya seperti setengah berbaring dengan sebuah bantal di belakangnya, sementara tatapannya pun tak bisa tenang, dan terlihat kosong.

Mengenakan baju ‘You Can See’ berwarna biru pudar dipadu celana pendek berwarna putih yang juga pudar, Angela hanya bisa sesekali tertawa dan menirukan ucapan dari orang-orang sekelilingnya.

Penyakit yang diderita hampir tujuh tahun itu membuatnya tak bisa berjalan, tak sanggup menyuapi dirinya sendiri, dan tak mampu berbicara lancar layaknya anak-anak seusianya.

Kondisi Angela ini tidak bisa dibilang baik-baik saja. Karena penyakit ini, maka niatnya untuk bersembahyang di gereja pun tak bisa terwujudkan.

“Kami berharap Bapak Gubernur bisa bantu Angela. Bisa belikan kursi roda untuknya. Supaya bisa ke gereja,” kata ibunya, Eriyana Abuk Bere (31) kepada Liputan6.com, Senin (21/1/2019).

Sebagaimana terlihat, cara duduk Angela yang tidak sempurna itu lantaran kaki dan tangannya yang kurus dan kaku.

Jika anak-anak seusianya dengan luwes menggerakkan tangannya tanpa ada hambatan berarti, maka hal itu tidak berlaku untuk Angela. Tangannya sedikit bengkok, begitupun kakinya, dan dia tidak bisa melipat persendiannya dengan luwes.

Untuk keseluruhan penampilannya, dari kaki, tangan, dada, hingga kepalanya, ada satu ciri yang mencolok yakni kepalanya tumbuh dan berkembang hingga terlihat lebih besar dari kepala anak-anak seusianya.

Dengan tatapan kosong, ibunya, Eriyana, mengisahkan awal mula anaknya terkena penyakit Hidrosefalus. Ia menuturkan pernah terjadi benturan keras pada kepala anaknya itu. Dari caranya berbicara, juga tatapannya, seolah ada kejadian yang membuatnya sedih dan merasa bersalah.

“Awalnya terjadi benturan agak keras di kepalanya. Habis itu dia kejang-kejang. Dan mulai sakit pelan-pelan,” ujar Eriyana sambil menangis.

2 dari 2 halaman

Benturan Keras

Perempuan usia 31 tahun itu mengaku, penyakit anaknya itu tidak dibawa sejak lahir. Angela masih tumbuh normal selama setahun lebih, sampai terjadi musibah yang menyedihkan itu.

“Setelah itu, dia mulai panas tinggi. Dan cairan pada kepalanya mulai banyak,” tuturnya.

Mengenai cairan pada kepala Angela, Eriyana mengatakan pada awalnya memang terasa lembek jika disentuh. Cairan itu membuat kepalanya terlihat membesar, menenggelamkan bola mata Angela sehingga terlihat mencekung. Dengan bertambahnya usia, cairan pada kepalanya mulai berkurang, namun kini malah mengeras.

Sambil memijit-mijit kepala anaknya, Eriyana mengatakan kondisi ini membuat mereka bimbang jika harus melakukan operasi. “Kalau dulu, karena cairan masih banyak, agak lembek kalau kita sentuh. Sekarang cairan sudah berkurang. Dan mengeras. Karena itu kami masih bimbang ketika ada orang datang dan tawarkan operasi,” ungkapnya.

Sebagai seorang ibu, sebagaimana pula orangtua-orangtua lainnya, Eriyana dan keluarga lainnya tak tinggal diam melihat kondisi Angela.

“Kami kontrol ke rumah sakit. Rawat jalan, kalau rawat inap tidak. Tapi katanya harus rujuk ke rumah sakit di Jakarta,” terangnya.

Usulan rujukan ini membuat Eriyana patah semangat. Ditambah lagi informasi simpang-siur yang mereka dapat dari orang-orang sekeliling.

“Kalau dulu sudah mau operasi. Tapi katanya tiap tahun harus ganti selang. Itu yang jadi kendala. Tiap tahun kita ganti selang uang dari mana? Kalau pakai selang, katanya lebih sengsara,” kata Eriyana.

Kini mereka pasrah mengharapkan mujizat dari Tuhan. Seiring waktu, simpati dan kunjungan dari pihak-pihak lain pun mulai berdatangan.

“Kami dapat kunjungan dari Dinas Sosial dan suster-suster. Baru-baru ini ada kunjungan juga dari JPKP NTT,” katanya.

Kunjungan bakti kasih ini merupakan sebuah aksi sosial yang dilaksanakan oleh jaringan untuk memberi dan membangun empati serta rasa solidaritas dalam mendukung upaya penyembuhan bocah penderita Hidrosefalus ini.

“Mereka datang, tanya mau operasi atau tidak. Tapi masih konsultasi, karena kami harus siapakan Kartu Keluarga dan kartu BPJS. Kalau mau operasi katanya di RS Siloam. Tapi mereka juga masih tanya dokter,” ujarnya.

Sampai saat ini, mereka masih mengharapkan dukungan dari orang-orang, supaya Angela bisa terbebas dari penyakit ini.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Barcelona Segera Boyong Penyerang Sassuolo ke Camp Nou

Barcelona – Barcelona bakal membuat transfer mengejutkan pada Januari 2019. Blaugrana santer disebut akan memboyong penyerang Sassuolo, Kevin-Prince Boateng, ke Camp Nou.

Seperti dilansir The Guardian, Barca akan meminjam Boateng dari Sassuolo hingga akhir musim ini. Barcelona juga memiliki opsi untuk mempermanenkan status si pemain dengan banderol 8 juta euro (Rp 129 miliar) pada bursa transfer musim panas 2019.

Skuat Catalan memang membutuhkan pemain untuk menjadi pelapis Luis Suarez di lini depan. Saat ini, Suarez hanya satu-satunya penyerang yang dimiliki oleh Los Cules, setelah melepas Paco Alcacer ke Borussia Dortmund dan Munir El Haddadi ke Sevilla.

Rencananya, Kevin-Prince Boateng akan tiba di Barcelona pada Senin (21/1/2019) waktu setempat. Dia pun bakal menyelesaikan kesepakatan sebelum nantinya resmi menjadi pemain Barca.

Kehadiran Kevin-Prince Boateng diharapkan bakal menambah solid lini depan Barcelona. Apalagi, sang pemain juga bisa tampil sebagai false nine yang kerap menjadi andalan pelatih El Barca, Ernesto Valverde, ketika Luis Suarez absen.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

2 dari 2 halaman

Komentar Kevin-Prince Boateng

Mantan pemain AC Milan itu pun mengaku akan segera berseragam Barcelona. Bagi Boateng, bisa memperkuat Los Cules merupakan sebuah kesempatan besar dalam kariernya.

“Barca, saya datang! Saya sedih meninggalkan Sassuolo tetapi ini adalah peluang besar (dalam karier saya),” ujar Boateng.

“Jangan tanya saya tentang Real Madrid, itu hanya masa lalu (sebagai pendukung Madrid). Saya hanya ingin fokus pada Barcelona, ​​dan saya berharap bisa mencetak gol di Santiago Bernabeu pada laga El Clasico berikutnya,” lanjut pemain 31 tahun tersebut.

Kevin-Prince Boateng diprediksi tidak akan kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain di Spanyol. Pasalnya, dia pernah berseragam Las Palmas pada musim 2016-2017. Bersama Las Palmas Boateng mencetak 10 gol dari 29 pertandingan di seluruh ajang.

Sumber: The Guardian/Bola.com

Meski Punya Keterbatasan, 5 Wanita Ini Mampu Jadi Model Internasional

Liputan6.com, Jakarta – Meski dianggap memiliki keterbatasan, sejumlah wanita ini berhasil mematahkan stereotip bahwa seorang model perempuan itu harus super cantik, kulit putih, rambut panjang hingga tinggi semampai.

Selama bertahun-tahun, industri modelling dituding sangat bersifat homogen. Hanya menunjukkan keindahan dan kemolekan seorang peraga dari satu sisi tanpa menunjukkan keragaman sama sekali.

Cantik dan tampan, begitu kriteria yang selalu dicari untuk mengisi panggung runway dalam sebuah pagelaran busana.

Namun, seiring berjalannya waktu kriteria semacam itu semakin pudar, standar kecantian pun turut bergeser dan para model dengan rupa beragam pun kian muncul ke permukaan.

Hal semacam ini tentu membuat banyak orang percaya diri akan kemampuannya di bidang modeling.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist.com, Senin (11/9/2017), berikut 5 model unik dan inspiratif yang mengubah pandangan banyak orang:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Melanie Gaydos

Melanie Gaydos berhasil mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang peragawati meski dengan fisiknya yang dianggap tak sempurna. Sebagian orang bahkan tega menyebutnya ‘mengerikan’.

Melanie lahir 29 tahun lalu di Connecticut, Amerika Serikat. Sejak lahir, ia mengalami kondisi ectodermal dysplasia yang merupakan keabnormalan pertumbuhan gigi, pori-pori kulit, kuku, bahkan tulang.

Melanie juga mengidap kondisi bilateral cleft palette dan alopecia, yang membuat rambut dan bulu tubuhnya tidak bisa tumbuh. Hasilnya, ia tidak memiliki gigi juga tidak berambut. Alis dan bulu mata pun absen. Secara keseluruhan, penampilan fisik Melanie berbeda dengan para wanita kebanyakan.

Selain itu, kondisi alopecia yang diidapnya mengakibatkan bulu-bulu justru tumbuh di dalam kulit. Pertumbuhan bulu matanya memiliki dampak terhadap kornea, mengakibatkannya mengalami buta sebagian.

Namun, Melanie tak menyesali penampilan fisiknya. Juga tidak menghalanginya mengejar mimpi.

Suatu hari, kekasih Melanie mengajaknya mencoba kesempatan di dunia modeling. Suatu hari, ia menerima surat dari fotografer terkenal Spanyol Eugenio Recuenco. Melalui surat, sang fotografer menyatakan kekagumannya pada keunikan Melanie. Ia pun tidak menyangka dan sangat bersemangat dengan tawaran di depan mata itu.

Eugenio yang terkesan dengan foto-foto Melanie mengajak gadis itu terbang ke Berlin. Di sana Melanie membintangi video musik band Jerman Rammstein, yang disutradarai oleh Eugenio.

New York Fashion Week merupakan debut Melanie berjalan di runway. Bekerjasama dengan desainer fesyen Nina Athanasiou, ia bereksperimen mengenakan gaun couture berhiaskan bulu-bulu burung sintetis dan sepatu berhak tinggi.

3 dari 6 halaman

2. Winnie Harlow

Winnie Harlow menderita penyakit Vitiligo, yaitu hilangnya pigmen atau warna kulit ditandai munculnya bercak-bercak putih yang bermunculan di sekitar lutut, bibir, badan, tangan dan di atas mata.

Tumbuh dengan vitiligo bukanlah hal yang mudah, Winnie mulai mengalaminya sejak usia 4 tahun. Sejak itu, ia mengalami intimidasi dari teman-teman sekolah yang sering kali memanggilnya ‘sapi’ — kulitnya belang di beberapa bagian sehingga mirip corak kulit sapi.

Namun, penindasan yang ia alami tak membuatnya patah semangat. Sebaliknya, Winnie justru semakin tegar.

Winnie malah membuktikan bahwa kekurangannya adalah sebuah keunikan, yang akan mengantarkannya mencapai sukses.

Berkat kontes yang digagas oleh Tyra Banks, perempuan bernama asli Chantelle Brown Young ini menemukan pijakannya sebagai model.

Banks melihat Winnie yang mempunyai tinggi 177 cm pada akun Instagramnya, dan membujuknya untuk mengikuti audisi America’s Next Top Model.

Beberapa prestasinya adalah menjadi model merek Desigual dari Spanyol, Ashish Spring/Summer 2015 London Fashion Week Show dan membintangi Diesel’s 2015 Campaign.

Tidak hanya itu, Winnie yang memiliki kulit belang di beberapa bagaian tubuh itu juga menjadi peran utama dalam video ‘Guts Over Fear’ yang dinyanyikan oleh Eminem featuring Sia. Bahkan Winnie juga diterbangkan ke Inggris oleh fotografer terkenal Nick Knight untuk menjadi subyek profil ternama “SHOW Studio Project”.

4 dari 6 halaman

3. Madeline Stuart

Menderita down syndrome atau keterbelakangan mental tak menyurutkan mimpi wanita berusia 20 tahun asal Brisbane, Australia bernama Madeline Stuart untuk menjadi seorang model. Meski berkebutuhan khusus, ia mampu mewujudkan cita-citanya tersebut.

Suatu hari, ia menyampaikan mimpinya tersebut kepada sang ibu. Ketika berhadapan dengan orangtuanya, Stuart bertekat untuk terjun dalam dunia modeling.

Sang ibu yang bernama Maddy, menganggap disabilitas yang diderita anaknya merupakan hadiah dari Tuhan.

Untuk mewujudkan impian sang anak, Maddy meminta bantuan sahabatnya Jamie Lea dan kekasihnya Robbie untuk mencari agensi model yang pas bagi Stuart.

Kepopuleran Stuart kian meroket setelah kehadirannya di sosial media menginspirasi banyak orang.

Dalam waktu kurang dari dua pekan, pengikut Maddy di Facebook mencapai 150 ribu, dan Instagram-nya memiliki lebih dari 16. ribu followers.

Seiring dengan keberhasilan di dunia maya, kisah Maddy pun banyak dipublikasikan di media populer salah satunya seperti BuzzFeed dan website The Today Show.

5 dari 6 halaman

4. Jillian Mercado

Lahir di New York, Amerika Serikat pada 30 April 1987, Jillian Mercado didiagnosis mengalami distrofi otot spastik dan harus duduk di kursi roda sejak usia tiga tahun.

Distrofi adalah kondisi di mana bagian tubuh melemah atau mengecil. Dalam kondisi distrofi otot, maka terjadi kelemahan kemampuan gerak otot pada tubuh.

Sejak awal, Jillian Mercado memang ingin menjadi seorang model. Untuk itu, ia mencari sosok yang mengalami keterbatasan serupa yang pernah menjadi model. Namun sayang, ia tak menemukan orang tersebut.

Hal itu dimaksudkan agar Jillian Mercado belajar dari orang tersebut dan percaya diri dengan kemampuan yang ia miliki.

Semakin dewasa, Mercado kian memelajari pemasaran fashion di Fashion Institute of Technology New York. Pada tahun 2011, ia tampil dalam kampanye pertamanya untuk merek pakaian berbahan denim. Kemudian, ia berhasil bergabung bersama IMG Models — sebuah agensi terkenal.

Kariernya sebagai model kian memuncak setelah pada tahun 2016 terpilih sebagai satu dari tiga model yang muncul dalam kampanye terbaru untuk situs resmi Beyonce.

6 dari 6 halaman

5. Nyakim Gatwech

Nyakim Gatwech, seorang model dari Sudan Selatan yang mengajak para wanita untuk tidak malu dengan kulit gelapnya. Dengan tekad keras dan kulitnya, ia mendobrak anggapan konvensional bahwa wanita cantik adalah yang berkulit putih.

Selama ini ia kerap menerima cemoohan dan cacian akan warna kulitnya tersebut. Bahkan, ia pernah menerima ujaran kebencian dari seorang sopir taksi yang ia naiki.

“Ia menyuruhku untuk mencoba memutihkan kulitku dengan bahan kimia. Aku hanya tertawa mendengarnya,” ujar Nyakim seperti dilansir dari Bored Panda.

Komentar-komentar negatif tersebut tidak pernah membuatnya berkecil hati. Baginya, warna kulitnya adalah warna yang elegan dan indah.

Tak hanya itu, ia mencoba mengubah anggapan tersebut dengan menjadi model sekaligus bersuara bagi orang-orang kulit hitam. Nyakim kini tinggal di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, untuk mengejar mimpinya berkarir di industri fashion.

Meski dia masih menerima pesan dan komentar bernada kebencian, Nyakim Gatwech menolak untuk menghabiskan waktunya mempermasalahkan hal tersebut. Nyakim tak lagi menanggapi ujaran negatif dan lebih memilih fokus pada hidupnya.

Top3 Berita Hari Ini: Diskon Toyota Avanza dan Motor Kustom Indonesia Masuk 3 Besar

Liputan6.com, Jakarta Diskon harga jadi salah satu cara Toyota memasarkan produknya, tak terkecuali Toyota Avanza. Besarannya bisa  bikin hati tergoda. Dan berikut ringkasan berita populer lainnya:

1. Diskon Toyota Avanza 2018 Hingga Rp 32 Juta 

Toyota perlu mempercepat akselerasi penjualannya. Mumpung masih awal tahun, acara penarik konsumen wajib digelar. Seperti Toyota New Year Freshtival yang diadakan oleh Auto2000 wilayah DKI 2 dan Toyota Astra Financial (TAF).

Ttidak hanya berfokus pada perkenalan dan penjualan All New Toyota Camry, New Toyota Avanza dan New Veloz saja. Dalam acara tersebut, Auto2000 juga melakukan cuci gudang terhadap sisa-sisa dari unit mobil 2018. Toyota perlu mempercepat akselerasi penjualannya. Mumpung masih awal tahun, acara penarik konsumen wajib digelar. Seperti Toyota New Year Freshtival yang diadakan oleh Auto2000 wilayah DKI 2 dan Toyota Astra Financial (TAF). Selengkapnya baca di sini.

2. Tosan Adji Garapan Builder Indonesia Masuk 3 Besar Motor Kustom Dunia

Motor kustom garapan dua builder Indonesia, Tosan Adji sukses masuk tiga besar The King of Motor Bike Expo 2019, yang berlangsung di Verona, Italia. Sebelumnya panitia memilih 10 motor terbaik dari beberapa garage, untuk kemudian dilakukan penilaian oleh dewan juri di depan para pengunjung.

Sepuluh garage yang berhasil masuk menjadi nominasi The King of Motor Bike Expo 2019, adalah CMC Motorcycle, Suicide Customs, Radikal Chopper, Metal Bike Garage, Hazard Motorcycle, Abnormal Cycles, Gallery Motorcycles, Stile Italiano, Suryanation Motorland dan Creazy Dream Mallorca. Selengkapnya baca di sini.


2 dari 3 halaman

3. Gila, Cuaca Panas Australia Bisa Panggang Steak Dalam Mobil

Kalau di Eropa, musim dingin sedang berlangsung di akhir dan awal tahun. Kebalikannya, di Australia justru cuaca panas sedang menyerang.

Tahun lalu, aspal di wilayah Queensland sampai meleleh dan menempel di roda kendaraan yang melintas akibat cuaca yang luar biasa panas. Kini cuaca panas kembali terjadi. Selengkapnya baca di sini.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Heboh Pose 2 Jari, Ari Lasso: Pilihan Saya Rahasia

Jakarta – Penyanyi Ari Lasso mendapat banyak pertanyaan setelah fotonya saat berpose dua jari viral. Kini, vokalis pertama Dewa 19 itu bicara soal pilihan politiknya.

“Penjelasan saya adalah: Tentu saya punya pilihan. Siapa? Biar itu menjadi rahasia saya. Karena yang terpenting bagi saya adalah menjadi warga negara yang baik,” kata Ari lewat akun Instagram-nya, @ari_lasso, Senin (21/1/2019).

Foto yang diambil pada 14 Januari 2019 itu membawa isu panas, karena salam dua jari saat ini juga dipakai oleh Prabowo-Sandiaga, pasangan calon di Pilpres 2019. Ahmad Dhani, rekan musisinya yang merupakan pendukung Prabowo-Sandiaga, berada dalam satu foto bersama rekan-rekan Dewa 19 lainnya.


Ari sendiri memilih untuk merahasiakan pilihannya. Dia memilih untuk mencintai negeri ini dengan menjadi warga negara yang baik. Namun viralnya foto itu diakuinya sempat menuai reaksi dari orang-orang terdekatnya.

“Dari kemarin hingga saat ini liburan saya rada keganggu oleh begitu banyak WA membahas postingan panas. Ada yang kecewa, marah, patah hati, senang, bangga, dan lain-lain,” ungkapnya.

Dia menyebut Ahmad Dhani-lah yang membuat foto itu viral. Padahal, semua berawal dari bercanda tentang tanda jari. Sejak Dhani mengunggah foto di Instagram, maka banyak akun media sosial yang turut menyebarkan foto itu.

“Disebarkan bahkan oleh ‘akun2 penting’ tanpa konfirmasi… Ck ck ck… Masuk kategori hoax kah? I don’t know,” tulis Ari.

Namun dia tak marah dengan Dhani, karena dia paham betul gaya bercanda Dhani sebagai orang Surabaya. “Perihal Ahmad Dhani?? Marah kah saya? Nggak juga… Namanya juga Dhani, istilah Suroboyone: Guyon’e kenemenen, jarno ae (Istilah Surabayanya: bercandanya keterlaluan, biarkan saja),” tandas Ari. Dia menyertakan tagar ‘takharussama’ dan ‘tetapBersatu’.

(dnu/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo – Sandi Canangkan Program Santri Surya, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, salah satu program pasangan Prabowo-Sandi adalah santri surya yakni swasembada energi dengan memanfaatkan energi matahari menjadi listrik, dan menjadikan pondok pesantren sebagai proyek percontohan.

“(Pesantren) bata-bata akan menjadi pilot project program ‘santri surya’ yang kita canangkan ini,” kata Sandiaga Uno seusai menghadiri penutupan Pekan Ngaji IV di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Bata-bata, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu 20 Januari 2019 malam.

Sandi menjelaskan, ke depan, perlu dilakukan pengembangan energi baru terbarukan, guna memenuhi kebutuhan energi di Indonesia. Salah satunya dengan memanfaatkan tenaga surya.

“Pesantren, saya kira sangat membutuhkan, tinggal nanti menyediakan satu atau dua ruangan saja untuk mengkonversi energi panas matahari, menjadi energi listrik,” ujar Sandiaga seperti dikutip dari Antara.

Sehingga, sambung dia, pesantren ke depan diharapkan bisa swasembada energi, dan tidak perlu khawatir dalam memenuhi kebutuhan listrik.

“Kalau Pondok Pesantren Bata-bata ini nanti bisa melakukan hal itu, bisa dialirkan ke tetangga-tetangga yang ada di sekitar pesantren ini,” katanya.

Selain energi, jenis swasembada lain yang perlu diperhatikan adalah pangan dan daging.

“Makanya saya kagum, ketika pengasuh tadi, menjelaskan, bahwa salah satu jenis kegiatan di pekan ngaji kali ini adalah ngaji pertanian dan ngaji peternakan,” ujar Sandi.

Ia berharap, pada Pekan Ngaji Ke-5 nanti, mimpi untuk mewujudkan pesantren mandiri, baik dari sisi kebutuhan energi, pangan dan daging, bisa terwujud.

2 dari 3 halaman

Tamu Kehormatan

Kegiatan Pekan Ngaji bertaraf internasional di pondok pesantren asuhan RH M Tohir Abd Hamid itu merupakan kegiatan rutin sejak empat tahun lalu.

Pada Pekan Ngaji Ke-4 ini, dihadiri perwakilan ulama dari enam negara, yakni Negara Malaysia, Singapura, Lebanon, Mesir, Brunei Darussalam, termasuk perwakilan ulama dari sejumlah pondok pesantren di Indonesia.

Dalam acara tersebutm Sandi diundang sebagai tamu kehormatan, akan tetapi juga diminta oleh panitia kegiatan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris santri di pondok pesantren itu.

Sebelum ke Bata-bata, Sandi juga berkunjung ke Pasar Tradisional Batik Tulis Pamekasan, yakni Pasar 17 Agustus di Kelurahan Bugih, lalu ke pesantren Banyuanyar Barat dan Banyuanyar Timur, sebelum akhirnya menghadiri penutupan Pekan Ngaji Ke-4 di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Bata-bata, Minggu 20 Januari 2019 malam.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Teror Candi Borobudur, Misteri Ledakan 9 Bom di Pagi Buta

Liputan6.com, Jakarta – Senin 21 Januari 1985, hari baru saja berganti. Petugas keamanan Candi Borobudur melirik jam dinding di pos jaga yang menunjukkan pukul 01.20 WIB. Saatnya untuk berpatroli. Dua orang petugas kemudian meninggalkan Pos Jaga I untuk mengelilingi candi Buddha terbesar di dunia itu.

Catatan Sejarah Hari Ini (Sahrini) Liputan6.com mengutip, baru 10 menit berkeliling, kedua petugas itu dikejutkan bunyi menggelegar. Baru saja keduanya berlari menuju sumber bunyi itu, terdengar bunyi lain yang tak kalah besar. Belakangan diketahui kalau itu adalah bunyi ledakan dari bom yang sengaja ditujukan untuk menghancurkan situs tersebut.

Ada sembilan kali ledakan di pagi itu. Ledakan terakhir terdengar pada pukul 03.40 WIB. Namun, dalam suasana yang gelap gulita itu, masih belum diketahui apa yang sebenarnya terjadi. Para petugas keamanan lokal pun masih menunggu kedatangan aparat untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi.

Petugas Garnisun Magelang tiba di lokasi sekitar pukul 04.30 WIB dan langsung menyisir kawasan candi yang terkena ledakan. Mereka menyaksikan batu-batu candi berserakan. Terlihat dengan jelas kalau kejadian ini memang disengaja.

“Ledakan ternyata telah merusak 9 stupa berlubang. 3 yang berada di sisi timur batur pertama Arupadhatu, 2 lagi yang terdapat di batur kedua dan 4 lainnya di batur ketiga,” tulis Daoed Joesoef, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta tokoh pemugaran candi tersebut dalam bukunya Borobudur yang diterbitkan tahun 2004.

Namun, muncul kabar kalau belum semua bom yang dipasang meledak. Masih ada yang bom terpasang yang menunggu waktu untuk meledak. Sekitar pukul 05.00 WIB, seorang personel Sat Brimob Polda Jawa Tengah diperintahkan Dansat Brimob Kolonel Pranoto (Kasat Brimob waktu itu) untuk mendatangi Candi Borobudur dan menjinakkan bom yang belum meledak.

Anggota Brimob itu yakni Sersan Kepala Sugiyanto. Pria asal Boyolali itu dengan berani menjinakkan bom yang belum meledak. Bersama dengan tim Jihandak (Penjinak Bahan Peledak) dari Kompi 5155 Brimob Jogja, dia menemukan 2 buah bom yang siap meledak.

Ternyata, pelaku teror berencana meledakkan 11 bom di Candi Borobudur. Pukul 08.00 WIB adalah tenggat waktu bom terakhir meledak. Sembilan buah bom meledak dan 2 bom dapat dijinakkan Sugiyanto. Hebatnya, dia menjinakkan itu seorang diri.

“Saat itu peralatan belum seperti sekarang. Berbekal seragam dinas Brimob dan tekad baja, saya melakukan aksi penjinakan bom itu. Dalam benak saya, hanya Allah yang dapat menyelamatkan nyawa saya kalau bom itu meledak ketika tengah saya tangani,” ucap Sugiyanto seperti dilansir Tribrata Polda Jateng, Jumat (9/11/2018).

Dalam proses penjinakan bom itu, Sugiyanto hanya membawa sebuah tool kit standar operator penjinak, selimut bom, dan sebuah metal detector. Tidak ada X-ray seperti saat ini, yang dapat menembus sekat. Sehingga benda yang ada di dalamnya dapat dideteksi.

“Pada waktu itu, bom terbungkus kertas tebal dengan perekat lakban. Seingat saya, benda itu cukup besar. Saya tidak bisa mengetahui apa isi di dalamnya,” terang dia.

Ia bercerita, bom yang berhasil dijinakkannya berupa dinamit dengan berat sekitar 1 kg. Dinamit itu dilengkapi dengan sebuah inisiator, 2 baterai dan sebuah timer.

Tanpa body protector dan peralatan canggih, Sugiyanto berhasil mencegah 2 stupa luluh lantak karena ledakan. Atas jasanya ini, Sugiyanto mendapatkan penghargaan dari Kapolri berupa kesempatan untuk melanjutkan jenjang karier menjadi perwira Polri.

2 dari 3 halaman

Misteri Peneror Candi

Bayang-bayang akan adanya serangan terhadap Borobudur sudah tercium jauh-jauh hari. Saat proses pemugaran berlangsung, 10 Agustus 1973 hingga diresmikan 23 Februari 1983, Daoed Joesoef yang menjadi tokoh di balik pemugaran Borobudur mengaku kerap menerima surat kaleng dan selebaran gelap. Isinya berupa makian, hujatan, dan kutukan.

“Isinya berupa makian, hujatan dan kutukan bahwa saya orang kafir. Karena bertanggung jawab atas pembangunan berhala terbesar di Tanah Air,” ujar Daoed.

Menurut dia, dari gaya bahasa yang dipakai dan ayat-ayat yang diketengahkan, sebenarnya sudah jelas si penulis surat kaleng hidup dan berada di lingkungan yang mana.

Spekulasi pelaku peledakan pun bermunculan. Pemerintah mengarahkan kecurigaan pada kelompok Islam radikal. Ketegangan antara pemerintah dan kelompok Islam memang meningkat sejak peristiwa Tanjung Priok pada September 1984 dan penolakan asas tunggal Pancasila.

Tiga bulan berlalu, sosok di balik pengeboman Candi Borobudur masih dalam penyelidikan intensif. Sampai akhirnya muncul kejadian meledaknya sebuah bus bernama Pemudi Express di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dari situlah akhirnya terbongkar, jika bus itu meledak lantaran ada bom yang dibawa penumpangnya. Bom itu tak tahan panas, lantaran bergesekan dengan mesin mobil.

Polisi pun bergerak cepat, bom yang meledak di Pemudi Express menjadi titik masuk untuk memburu pelaku bom Candi Borobudur, yang kemudian merujuk pada nama Abdul Kadir Al-Habsy.

Ia pun diamankan dan terbongkarlah jika bom dalam mobil itu akan diledakkan di Bali, dengan sasaran hotel-hotel atau tempat prostitusi di Pulau Dewata.

Dari sini muncul nama Husein bin Ali Al-Habsyi, yang tak lain kakak kandung dari Kadir. Keduanya pun ditetapkan sebagai tersangka.

Kadir mengakui jika bom itu berkaitan dengan kejadian Borobudur. Namun Husein menolak keras jika disebut terlibat. Sampai kemudian muncul nama otak di belakang kejadian itu adalah Mohammad Jawad alias Krisna alias Abu Mahdi.

Pria yang disebut-sebut sebagai ustaz asal Jakarta itulah yang disebut Kadir dan Husein sebagai dalang. Namun demikian, ia raib tak berbekas.

Di pengadilan jaksa penuntut menuduh mereka meledakkan Borobudur sebagai balas dendam atas peristiwa Tanjung Priok 1984. Mereka menolak tuduhan jaksa, tapi pengadilan tetap memutuskan mereka bersalah.

Kadir kemudian divonis 20 tahun penjara dan Husein dihukum seumur hidup. Tapi Husein mendapatkan grasi dari pemerintah Habibie pada 23 Maret 1999. Sedangkan siapa Mohammad Jawad hingga kini masih misteri. Siapa Jawad tak ada yang mengetahui. Bahkan, termasuk Kadir dan Husein yang juga hanya mengenal orang itu dalam waktu singkat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: