PBB Rilis Daftar 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Termasuk Indonesia?

Liputan6.com, Helsinki – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan, mengumumkan pada Rabu 20 Maret, tentang edisi terbaru World Happiness Report, yang memuat daftar negara paling bahagia di dunia.

Rilis daftar yang bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Internasional itu kembali menempatkan Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia selama dua tahun berturut-turut, demikian sebagaimana dikutip dari CNN Travel pada Kamis (21/3/2019).

Hari Kebahagian Internasional pertama kali diusulkan oleh perdana menteri Bhutan pada 2011, yang mendorong dunia melihatnya sebagai metrik, atau hal yang dapat diukur.

Finlandia terpilih sebagai negara paling bahagia di dunia. Bukan hanya lantaran ibu kotanya yang penuh dengan kreativitas gastronomi, melainkan juga sederet keunikan lainnya, seperti fenomena Cahaya Utara yang spektakuler, dan lanskap salju cantik yang dipercaya menjadi asal muasal legenda Sinterklas.

Deretan negara yang berbaris di belakangnya adalah Denmark, Norwegia, Islandia, dan Belanda.

Kriteria negara paling bahagia di dunia dihitung dari enam variabel kunci yang mendukung kesejahteraan, yakni pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

“Seluruh sepuluh negara teratas cenderung memiliki peringkat tinggi dalam keenam variabel, serta ukuran emosional kesejahteraan,” kata John Helliwell, rekan editor dalam laporan terkait, yang juga merupakan seorang profesor emeritus ekonomi di University of British Columbia.

“Memang benar bahwa tahun lalu semua orang Finlandia lebih bahagia daripada penduduk negara lain, tetapi imigran mereka juga imigran paling bahagia di dunia,” kata Helliwell.

Bukan Soal DNA ‘Bahagia’ Finlandia

“Ini bukan tentang DNA Finlandia yang dipercaya memuat kebahagiaan, tetapi lebih kepada tata cara kehidupan yang memuliakan manusia di dalamnya,” lanjutnya menjelaskan.

Masyarakat Finlandia, sebagai contoh, membayar pajak tinggi untuk jaring pengaman sosial.

“Mereka percaya pemerintah memberikan kebebasan yang seimbang dengan jaminan kebutuhan primer, seperti pendidikan, kesehatan, dan keamanan. Negara dan masyarakat saling peduli satu sama lain,” tambah Helliwell.

Mereka hidup dalam kebebasan dan mereka saling bermurah hati. “Mereka saling peduli,” kata Helliwell. “Itulah tempat yang ingin ditinggali orang.”

Daftar negara paling bahagia 2019 hanya berubah sedikit, di mana Austria mendorong Australia keluar dari daftar sepuluh besar. Australia turun satu peringkat ke posisi 11 pada tahun ini.

Bagaimana dengan Indonesia? Negara ini berada di posisi 92, setingkat di atas China. Kebebasan dan kurang meratanya ekonomi menjadi penilaian yang paling menonjol terhadap Tanah Air. 

Simak video pilihan berikut: 

Meski negara ini tak terdaftar negara dengan indeks kebahagiaan tertinggi, namun disebut sebagai kerajaan bahagia.

10 Tempat Wisata di Jember yang Paling Hits, Cocok bagi Penyuka Selfie

4.  Wisata Kebun Teh Gunung Gambir

Jika kamu sudah puas menikmati asupan vitamin sea alias pantai di Jember, kamu bisa berkunjung ke Kebun Teh Gunung Gambir. Di sana, kamu bisa melihat hamparan perkebunan teh yang memukau dengan seri warna hijaunya yang asri.

Kamu bisa sekadar berjalan-jalan menikmati sejuknya udara di Kebun Teh Gunung Gambir sambil sesekali berswafoto bersama keluarga atau sahabat. Banyak spot eksotik yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke kebun teh di Jember ini.

5.  Wana Wisata Simbat

Selanjutnya, ada pula Wana Wisata Simbat yang bisa dimasukkan list liburan kamu. Destinasi wisata ini akan sangat pas untuk generasi kekinian. Wana Wisata Simbat menawarkan nuansa hutan dan pegunungan. Selain keindahan alamnya yang asri, pengelola juga menyediakan spot foto buatan yang pastinya akan cocok dengan kamu yang suka berswafoto.

6.  Teluk Love

Teluk Cinta atau Teluk Love ini bisa dilihat dari ketinggian pantai Payangan yang terletak di pesisir selatan, tepatnya di Desa Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dinamakan Teluk Cinta karena pinggiran teluk tersebut kalau dilihat dari ketinggian berbentuk hati.

7.  Air Terjun Tancak

Kota Jember memang menyuguhkan berbagai macam tempat wisata yang tidak pernah gagal membuat kagum. Tempat wisata di Jember yang tidak kalah bagusnya adalah Air Terjun Tancak. Kamu bisa merasakan sejuknya semburan air dari puncak bukit lengkap dengan pemandangan indahnya.

8 Pekerjaan Potensial dan Paling Dicari di 2019, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini tersiar kabar, ada beberapa pekerjaan yang kemungkinan akan musnah di masa depan. Untungnya, pekerjaan di e-commerce masih memiliki prospek bagus dalam jangka panjang.

Perubahan tersebut pun bisa mengubah peta menantu idaman bagi para calon mertua. Tidak melulu jadi PNS atau guru, bahkan sekarang developer atau programmer sudah setara.

Di mata masyarakat, seorang developer itu terkesan hanya santai alias tidak bekerja. Tahu-tahu duitnya banyak begitu saja.

Padahal bisa dibilang lebih besar tantangannya. Terlebih lagi mulai tahun 2019, profesi yang berkaitan dengan dunia IT banyak diburu perusahaan nasional dan multinasional.

Kira-kira, apa saja pekerjaan yang paling dicari di tahun 2019? Yuk, simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Business Intelligence

Profesi ini memiliki peran yang besar untuk perusahaan, makanya banyak dicari. Sebab, seseorang yang menjabat profesi ini bertugas merangkum berbagai data serta informasi agar lebih ringkas. Jadi, perusahaan bisa lebih mudah dalam membaca sekaligus mengakses hasil analisa tersebut untuk kemudian dijadikan tolok ukur dalam mengambil suatu keputusan.

Bukan Toyota Avanza, Ini Mobil Paling Laris di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta – Penjualan mobil di kawasan Asia tenggara termasuk yang menjanjikan di pasar otomotif global. Bahkan, secara total permintaan kendaraan penumpang dan ringan tahun lalu di ASEAN naik hingga 6,6 persen dibanding periode sebelumnya, mencapai 3.338.000 unit.

Melansir data dari Focus2Move, Selasa (19/3/2019), jika melihat dari model paling laris, masih dipegang oleh Toyota Hilux yang mampu terjual hingga 192 ribu unit atau naik 27,3 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk tempat kedua, ditempati Isuzu D-Max dengan penjualan 156.340 unit atau naik 6 persen dibanding periode sebelumnya.

Sedangkan di tempat ketiga, ada mobil paling laris di Malaysia, Perodua Axia dengan mampu terjual sebanyak 102 ribu unit atau naik 27 persen.

Selanjutnya, ada Toyota Vios dengan penjualan sebesar 101.630 unit atau turun 16,6 persen dibanding periode sebelumnya, kemudian ada Toyota Avanza yang terjual 97.017 unit atau turun 28,6 persen dibanding periode sebelumnya.

Mengikuti Toyota Avanza, ada Innova yang mampu terjual 94.900 unit atau turun 6,3 persen, Honda City 94 ribu atau naik 4,5 persen.

Posisi berikutnya, ada pendatang baru yang penjualannya di Indonesia juga cukup bagus, yaitu Mitsubishi Xpander dengan mampu terkirim sebanyak 91.807 unit, lalu Honda HR-V 88.600 unit, dan posisi 10 ada Ford Ranger dengan penjualan 84.200 unit.

Cara Bermain Poker, Permainan Kartu Paling Populer di Dunia Tanpa Berjudi

Banyak variasi dari permainan poker seperti 5 Card Draw atau Texas Hold’em, namun inti dari cara bermain poker adalah memiliki kombinasi 5 kartu yang paling besar. Pemenangnya adalah pemilik kartu dengan kombinasi yang paling besar tersebut. Kombinasi kartu ini sudah ditentukan sebelumnya dan sudah menjadi aturan dasar dalam cara bermain poker.

Pada tahap buka kartu, para pemain yang tersisa membandingkan kartu-kartu yang mereka miliki sesuai urutan kekuatan kombinasi kartu. Jika dua pemain memiliki kombinasi kartu dengan nilai yang sama atau tidak ada yang memiliki kombinasi kartu yang menang, maka pemain yang memiliki kartu bernilai tertinggi menjadi pemenang (kartu as bernilai tertinggi).

Dengan begitu cara bermain poker yang pertama adalah memahami jumlah kombinasi kartu dari yang tertinggi hingga terendah. Berikut kombinasinya dari yang tertinggi hingga terendah

1. Royal Flush (kartu 10, jack, queen, king, dan as, semuanya satu jenis) – paling tinggi nilainya karena paling mengejutkan jika didapatkan. Pemikiran salah yang umum adalah bahwa kombinasi kartu ini paling sulit didapatkan daripada lima kartu serupa lainnya.

2. Straight Flush (lima kartu dengan angka berurutan, semuanya satu jenis) – tidak boleh memiliki kartu king dan kartu dua secara bersamaan (misalnya Q-K-A-2-3).

3. Four of a Kind (empat kartu dengan angka yang sama dan satu kartu sembarang).

4. Full House (tiga kartu dengan angka yang sama dan dua kartu dengan angka yang sama) untuk kombinasi kartu yang sama-sama Full House, yang lebih kuat ditentukan oleh kartu yang bernilai lebih tinggi dari tiga kartu yang memiliki angka yang sama.

5. Flush (lima kartu dengan jenis yang sama) – angka berapa pun bukan masalah.

6. Straight (lima kartu dengan angka berurutan, jenis berbeda) – tidak boleh memiliki kartu king dan kartu dua secara bersamaan (misalnya J-Q-K-A-2).

7. Three of a Kind (tiga kartu dengan angka yang sama, dua kartu lain dengan angka berbeda) – jika dua kartu lainnya memiliki angka yang sama, maka akan menjadi Full House.

8. Two Pair (dua pasang kartu dengan angka yang sama ditambah satu kartu dengan angka berbeda).

9. One Pair (dua kartu dengan angka yang sama, tiga kartu lainnya dengan angka yang berbeda-beda).

10. High Card (nilai dari kartu poker itu sendiri bisa berupa urutan kartu juga berupa gambar kartu poker)

Ma’ruf Amin Vs Sandiaga Uno, Siapa yang Paling Kuasai Isu Kesehatan?

JakartaDebat Pilpres 2019 putaran ketiga antara para calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin dan dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno akan digelar malam ini, Minggu (17/3/2019).

Debat kali ini bertemakan ‘Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan’. Mengenai tema kali ini, dr Ardiansyah Bahar, Direktur Eksekutif LK2PK (Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan) mengatakan ada beberapa isu kesehatan yang harus dikuasai kedua cawapres.

Isu tersebut seputar kesehatan yang masih menjadi masalah di Indonesia, yaitu Stunting, Kesehatan Ibu Hamil, Imunisasi, Penyakit Tidak Menular, Gaya Hidup Sehat, dan Gangguan Mental.

“Berbagai masalah kesehatan tersebut tentu tidak mudah untuk ditangani karena merupakan permasalahan multi sektoral. Masalah tersebut juga tidak akan dapat ditangani dalam waktu singkat, sehingga membutuhkan strategi penanganan yang komprehensif dan jangka panjang,” jelas dr Ardi melalui rilis yang diterima detikHealth.

“Strategi inilah yang perlu dipaparkan oleh para cawapres nantinya di saat debat untuk dapat meyakinkan masyarakat, khususnya komunitas kesehatan, bahwa paslon tersebut memang memahami permasalahan yang ada dan mampu menghadirkan solusi konkret terkait permasalahan tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, dr Ardi juga menyebut bahwa para cawapres harus dapat menghadirkan solusi terhadap permasalahan akses kesehatan di negara ini, baik terkait kurangnya fasilitas, maldistribusi tenaga, hingga masalah pembiayaan kesehatan. Isu defisit BPJS Kesehatan tentu menjadi hal wajib yang harus dihadirkan solusinya.

“Pada akhirnya, masyarakat akan menilai paslon mana yang peduli terhadap isu kesehatan dan mampu menghadirkan solusi konkret untuk berbagai permasalahan kesehatan yang ada. Tentunya ini merupakan isu sensitif yang akan sangat memengaruhi keberpihakan masyarakat terhadap paslon yang akan dipilih di bilik suara,” tutupnya.

Nah, siapa menurutmu yang akan menguasai isu-isu kesehatan tersebut? Ma’ruf Amin atau Sandiaga? (wdw/up)

Jenis Burung Hantu Paling Populer di Dunia, Berminat untuk Memeliharanya?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal burung hantu? Unggas yang satu ini namanya memang mulai naik setelah ketenaran film Harry Potter. Banyak fansnya yang ingin menjadi salah satu siswa Hogwarts dan berusaha memelihara burung hantu.

Di daerah barat, jenis burung hantu dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi tak sedikit masyarakat di Indonesia dianggap pembawa pertanda maut, sehingga masyarakat menyebutnya dengan nama burung hantu.

Burung hantu adalah merupakan salah satu jenis burung pemangsa anggota dari keluarga Strigiformes yang berburu pada waktu malam hari. Seluruhnya, terdapat sekitar 244 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Burung ini dikategorikan burung pemangsa karena memiliki paruh yang bengkok tajam seperti seperti Elang CHE, Elang IBE, Autralian Hobby atau Falco Subboteo. Berikut jenis burung hantu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2019).

2 dari 3 halaman


Jenis Burung Hantu di Indonesia

1. Serak Jawa

Jenis burung hantu ini bertubuh besar dan memiliki warna kuning tua kecokelatan dengan bercak halus di tubuh bagian atasnya. Sementara bagian bawahnya berwarna putih dengan bintik hitam. Tingginya rata-rata sekitar 34 cm sehingga bisa dibilang ia masuk dalam salah satu jenis burung hantu yang besar. Ia juga memiliki wajah berbentuk seperti hati berwarna putih dengan tepi cokelat.

Habitat alaminya adalah di wilayah berpohon, tepi hutan, perkebunan, pekarangan, hingga taman-taman di kota besar. Setidaknya jenis burung hantu ini bisa ditemukan di daerah dengan ketinggian hingga 1.600 m di atas permukaan laut.

Jenis burung hantu ini sering sekali bertengger rendah di tajuk pohon atau perdu. Kemudian ia akan mengeluarkan suara yang terkadang terdengar memilukan atau bersahutan dengan pasangannya.

2. Serak Bukit

Dikenal juga dengan nama Oriental Bay Owl atau wowo-wiwi, Jenis burung hantu yang satu ini sering kali dibilang memiliki wajah khas yang mirip ular sendok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan bintik-bintik hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerah-jambuan dengan bintik hitam.

Burung ini termasuk salah satu dari jenis burung hantu malam yang pemalu. Di mana ia akan menghabiskan waktu siangnya untuk duduk merebah seperti burung paruh-kodok.

Biasanya, ia akan memakan jenis mamalia kecil, burung, kadal, ular, katak, dan serangga besar. Jenis burung hantu ini juga akan berburu dari tempatnya bertengger dan biasanya akan menangkap mangsanya di udara.

3. Celepuk Merah

Jenis burung hantu ini berukuran kecil. Jenis burung hantu ini dikenal juga dengan nama Reddish Scops Owl dan memiliki nama latin Otus rufescens. Ukuran tubuhnya hanya sekitar 15-18 cm dan ia banyak ditemukan di daerah dengan banyak pepohonan, perbukitan, serta hutan primer dan sekunder. Secara umum, habitat alaminya berada di dataran rendah, tetapi ada juga yang hidup di daerah dengan ketinggian mencapai 1.350 m di atas permukaan laut.

Warna tubuhnya kemerahan dengan bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan coret hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerahan dengan coret hitam.

4. Hingkik

Jenis burung hantu yang sering dipelihara berikutnya adalah hingkik, atau yang memiliki nama lain beluk jampuk. Di dunia internasional, Jenis burung hantu ini dikenal sebagai Barred Eagle Owl atau Malay Eagle Owl. Hingkik memiliki tubuh yang tergolong besar dengan panjang sekitar 45 cm.

Ciri khasnya adalah memiliki bulu berwarna abu-abu tua dengan bercak telinga horizontal mencolok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kehitaman, sementara bagian bawahnya berwarna abu-abu keputihan bergaris hitam tebal.

Habitat aslinya adalah hutan tropis dan subtropis dataran rendah dengan ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Sementara makanan utamanya adalah serangga besar, mamalia kecil, reptil, ikan-ikan kecil, dan burung-burung kecil.

Hingkik termasuk jenis burung hantu yang setia dan hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Ketika musim kawin tiba, mereka akan kembali ke sarang yang sama dari tahun ke tahun. Dalam satu musim kawin itu, mereka hanya akan menghasilkan satu telur sebelum dierami.

3 dari 3 halaman


Jenis Burung Hantu di Dunia

5. Burung Hantu Salju

Sesuai dengan namanya, hewan bernama latin Bubo Scandiacus ini tinggal di tempat dingin yang penuh salju. Warna bulu burung hantu salju jantan lebih putih dibanding betina. Makin dewasa burung hantu salju jantan, makin putih warna bulunya.

Bahkan, ada juga yang warnanya putih bersih. Ukuran tubuh sang jantan juga lebih kecil dibanding bentina. Uniknya, burung hantu salju yang masih kecil justru warnanya coklat kehitaman.

6. Burung Hantu Elang

Burung hantu elang (Bubo bubo) adalah salah satu jenis burung hantu terbesar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 70 sentimeter. Burung hantu elang biasanya memangsa hewan kecil, seperti kelinci.

7. Burung Hantu Cokelat

Burung hantu cokelat (Strix aluco) termasuk ke dalam jenis burung hantu ukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 37-46 sentimeter. Sama dengan kebanyakan burung hantu lainnya, burung hantu cokelat juga punya pendengaran yang tajam. Burung hantu ini biasanya memangsa rondent, bahkan burung hantu yang ukurannya lebih kecil.

8. Burung Hantu Abu-Abu Besar

Burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa) adalah jenis terbesar di dunia. Berbeda dari burung hantu kebanyakan, burung hantu abu-abu besar berburu di siang hari.

7 Jenis Mangga Paling Enak di Indonesia, Rasa Manisnya Manjakan Lidah

Liputan6.com, Jakarta Mangga merupakan salah satu buah yang mudah ditemui pada kawasan tropis seperti Indonesia. Mangga dapat dinikmati dengan berbagai cara. Mangga yang masih muda biasanya dihidangkan sebagai rujak. Sementara mangga yang sudah matang diolah menjadi es, jus, atau dimakan langsung. Selain menyegarkan mangga juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Mengonsumsi mangga dapat mencegah penyakit berbahaya dan menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Awalnya mangga berasal dari daerah sekitar perbatasan India dan Burma. Mangga kemudian menyebar ke penjuru Asia Tenggara mulai 1.500 tahun silam.

Di beberapa negara Asia, mangga memiliki nilai budaya yang tinggi. Di Filipina, buah ini merupakan simbol nasional. Dalam kitab suci Weda agama Hindu, mangga dianggap sebagai “hidangan para dewa”. Mangga juga menjadi buah nasional di India dan Pakistan. Sementara di Bangladesh pohon mangga merupakan pohon nasional.

Di Indonesia sendiri mangga memiliki berbagai macam jenis. Jenis mangga ini telah dibudidayakan dan menjadi mangga lokal yang selalu menjadi kesukaan banyak orang. Jenis-jenis mangga ini juga memiliki cita rasa yang manis dan kaya serat.

Penasaran apa saja jenis mangga paling enak di Indonesia? Berikut 7 jenis mangga paling enak di Indonesia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu(16/3/2019).

2 dari 3 halaman


Jenis mangga bercita rasa manis

Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki rasa yang sangat manis ketika matang. Dinamakan manalagi karena penyantapnya akan ketagihan merasakan mangga satu ini berkat rasanya yag sangat manis.

Daging buah mangga manalagi berwarna kuning muda serta cukup padat, tebal, dan kaya serat. Bentuknya cenderung bulat dan kecil dari mangga lainnya. Saat masih mengkal rasanya sudah tergolong manis dan harum. Ketika benar-benar matang dagingnya akan lebih gelap dan sangat manis.

Warna kulitnya hijau saat masih muda dan hijau gelap saat matang, yang menjadi ciri khusus dari mangga ini adalah bintik putih pada kulitnya.

Mangga Golek

Mangga golek memiliki ciri khas ukurannya yang lonjong memanjang. Nama golek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti mencari. Artinya dengan kelezatan yang dimiliki jenis mangga satu ini, orang akan terus mencari mangga ini.

Mangga golek mulai dikembangkan di Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur. Saat matang daging buah ini tebal lunak dan berwarna jingga. Mangga golek juga memiliki kadar air yang cukup tinggi saat kelewat matang. Untuk rasanya sudah pasti sangat manis.

Mangga harumanis

Mangga harumanis atau arumanis merupakan mangga yang juga banyak ditemui di probolinggo, Jawa Timur. Sesuai namanya, mangga ini manis dan berbau harum. Mangga ini juga dikenal dengan sebutan mangga gadung.

Mangga ini berbentuk lonjong dengan ujungnya yang meruncing. Tekstur dari daging buahnya lembut dan empuk. Saat masih muda mangga ini berasa masam namun saat matang rasa manis dan aromanya yang harum mampu menggugah selera.

Mangga Madu

Bentuk dari mangga madu sepintas mirip dengan mangga arumanis. Yang membedakan adalah warna kulitnya yang kuning cerah saat matang. Rasanya yang manis membuatnya disetarakan dengan rasa madu.

3 dari 3 halaman


Jenis Mangga Unik

Mangga Alpukat

Jenis mangga satu ini memang tergolong verietas baru. Namun, popularitasnya sudah tak diragukan lagi. Mangga alpukat sempat hits beberapa waktu ini. Yang istimewa dari mangga satu ini adalah cara mengonsumsinya yang berbeda dari mangga biasanya.

Dinamai mangga alpukat karena bentuk dan cara memakannya seperti alpukat. Mangga dibelah bagian tengahnya mirip seperti alpukat dan disendok daging buahnya seperti memakan buah alpukat.

Buah ini banyak dikembangkan di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Jenis mangga ini merupakan persilangan dari mangga gadung dan mangga madu yang membuatnya semakin lezat cita rasanya.

Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu terkenal dengan daging dan kulitnya yang berwarna kuning kemerahan. Ukuran mangga ini cenderung lebih kecil dan bulat dari mangga lainnya. Mangga ini banyak dikembangkan di daerah Cirebon, Indramayu, dan Majalengka.

Dinamai gedong karena konon mangga ini kerap dikonsumsi para bangsawan Belanda yang memiliki rumah gedongan.

Daging buah ini berwarna jingga, padat, manis dan kaya akan serat saat sudah sangat matang. Kulitnya merupakan campuran antara warna hijau, kuning, dan kemerahan.

Mangga Indramayu

Seperti namanya, jenis mangga ini dikembangkan di Indramayu, Jawa Barat. Mangga ini sudah amat terkenal di Indonesia dan termasuk dalam jajaran jenis mangga paling enak yang dimiliki Indonesia.

Mangga ini juga dikenal dengan mangga cengkir. Ukurannya cukup besar dengan daging buah yang tebal dan kaya serat serta aromanya yang khas. Tak seperti mangga lainnya yang berair, tekstur mangga ini cenderung tak begitu berair dan tebal. Rasanya sudah pasti manis dan begitu khas.

Buah ini biasa hadir pada musim kemarau, cocok untuk memberi kesegaran dikala terik matahari yang menyengat.

Miliarder di China Paling Banyak Punya Shio Naga

 Laporan miliarder khusus China, Hurun Report, mengungkapkan sebanyak 212 orang China kehilangan status miliarder tahun ini. Akarnya adalah jatuhnya harga di pasar saham.

Mengutip Market Watch, Hurun Report menulis pada tahun 2018 turunnya harga di pasar saham menggerus USD 1 triliun. 212 orangpun kehilangan status miliarder mereka.

Meski begitu, laporan itu mengklaim jumlah miliarder di China masih yang terbanyak di seluruh dunia dengan total 658 miliarder. Sementara, Amerika Serikat (AS) ditulis hanya memiliki 584 miliarder, diikuti Jerman dengan 117 miliarder.

Tak mengejutkan, untung terbesar berada di sektor teknologi, media, dan telekomunikasi. Kemudian diikukti sektor real estate, beragam investasi, manufaktur, dan ritel.

Itu pun tercermin lewat daftar miliarder terkaya di China versi Hurun, yakni Jack Ma dan Ma Huateng yang berasal dari sektor teknologi. Barulah diikuti Xu Jiayin dari sektor properti.

Sebagai catatan, laporan Hurun berbeda dari laporan UBS dan PwC sebelumnya yang menyebut China memiliki 373 miliarder. Selain itu, Hurun juga menyebut miliarder Mukesh Ambani adalah orang terkaya di dunia, berbeda dari laporan orang terkaya Bloomberg dan Forbes.

Laporan itu juga menyebut miliarder asal China terus konsisten muncul karena mendapat uang lewat penawaran harga perdana. Sejumlah milairder baru China adalah Zhang Yiming pemilik ByteDance (pengembang TikTok) dan Zhan Ketuan yang fokus di sektor penambangan bitcoin.

Jenis-Jenis Fotografi Paling Populer yang Wajib Diketahui Pemula

1. Food Photography

Jenis-jenis fotografi makanan ini dalam pengertian sederhana adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Karena itu pelaku food photography semakin dicari karena biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.

2. Landscape Photography

Jenis-jenis fotografi ini sangat cocok untuk kamu yang suka traveling dan mengabadikan pemandangan indah di sekitar kamu. Landscape Photography menunjukan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, kadang-kadang luasa dan tak berujung,tapi kadang mikroskopis. Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia. Tipe foto ini biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.

3. Potrait Photography

Fotografi potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah dan dominan. Tujuan dari jenis-jenis fotografi ini adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi gambar yang terdiri dari orang dalam posisi masih. Sebuah potret sering menunjukkan orang yang melihat langsung pada kamera.

Tidak seperti banyak gaya fotografi lain, subjek fotografi potret seringkali model non-profesional. Contohnya seperti potret keluarga memperingati acara-acara khusus, seperti wisuda atau pernikahan, mungkin secara profesional diproduksi atau mungkin vernakular dan yang paling sering dimaksudkan untuk melihat pribadi bukan untuk pameran.

4. Fashion Photography

Fashion Photography adalah jenis-jenis fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

Fashion fotografi bisa dibilang salah satu jenis-jenis fotografi yang paling menguntungkan dan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dalam dunia fashion. Di sini, fotografi fashion sendiri digunakan untuk membawa perhatian pada pakaian dan aksesoris.