Kompaknya Nabila Syakieb dan Putri dalam Pemotretan Serba Pink

Liputan6.com, Jakarta – Nabila Syakieb sering terlihat menghabiskan waktunya bersama anak. Pasalnya, ia baru saja melakukan pemotretan bersama sang putri, Raqeema Ruby Radinal. Hasil pemotretan tersebut ia unggah dalam akun Instagramnya @nabilasyakieb85, baru-baru ini.

Aktris berusia 33 tahun tersebut kompak memakai terusan berbahan tutu berwarna merah muda bersama Raqeema. Baju yang mereka kenakan diketahui merupakan rancangan Renzi Lazuardi, perancang gaun pernikahan terkenal.

Dalam unggahan yang bertajuk Mom and Daughter tersebut, pemotretan yang dijalani Nabila bernuansa merah muda, dilihat dari backdrop yang digunakan. Beberapa balon yang menjadi properti pemotretan pun berwarna merah muda, walaupun ada beberapa balon yang berwarna perak.

Kakak kandung pesinetron Ali Syakieb tersebut memegang balon besar berbentuk hati. Sang putri, Raqeema turut berpose di samping Nabila sembari menangkupkan kedua tangannya. Raqeema terlihat imut dengan rambut yang dijepit dengan pita kecil berwarna merah muda.

Dengan rambut yang dikuncir, Nabila memakai sepatu boots berwarna hitam. Sepatu yang ia pakai senada dengan yang dipakai putrinya yang baru berusia 1 tahun tersebut. Hanya saja, Raqeema memakai sepatu keds dengan aksen putih.

Nabila dan suaminya baru saja merayakan ulang tahun sang putri yang pertama pada 7 Februari 2019 lalu. Pesta perayaan ulang tahun putrinya tersebut memiliki tema jungle yang didominasi oleh berbagai bentuk boneka hewan. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Polisi dan 1 Perempuan Ditangkap Saat Pesta Sabu di Makassar

Makassar – Polda Sulawesi Selatan mengamankan 3 orang oknum anggota Polisi terkait Narkotika jenis sabu di salah satu kamar hotel di Makassar, Sulawesi Selatan. Selain 3 oknum itu, 2 orang perempuan juga diamankan.

“TKP-nya di Hotel Colonial jalan Tanjung Bunga Makassar, kita amankan 3 orang oknum Polisi dan 1 orang perempuan,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Sabtu (22/2/2019).

Penangkapan 4 orang itu terjadi pada Jumat (22/2) malam. Ketiga oknum itu masing-masing, Brigpol Herianto (38), Brigpol Sri Amar (37), Brigpol Ruslan (33) dan Asriani (29). Tiga oknum Polisi itu semua bertugas di Polda Sulsel.

Pengungkapan kasus Narkoba yang melibatkan 3 oknum Polisi itu berawal saat Tim Khusus Dires Narkoba Polda Sulsel mendapatkan informasi adanya penyalahgunaan Narkoba di tempat itu. Penggerebekan itu pun dipimpin langsung oleh Diresnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan.

“Setibanya di kamar di temukan pelaku SA (Sri Amar) H (Herianto), R (Ruslan) dan A (Asriani). Dilakukan penggeledahan kamar tersebut dan di temukan 1 sashet diduga narkotika jenis sabu yang di buang oleh H di bawah tempat tidur dan di temukan pula 1 set alat isap bong, 2 sacset bekas pakai, 1 sendok sabu,” lanjutnya.

Selain barang bukti itu, Polisi juga menyita 5 buah handphone, uang tunai Rp 3,8 juta serta 1 pucuk Senpi Genggam Jenis Revolver Amunisi 6 (enam) peluru milik SA. Semua pelaku langsung dibawa ke Polda untuk diproses.

“Kita sudah tes Urine ketiga oknum itu hasilnya positif. Juga pelaku perempuan, juga positif Methapetamine. Siapapun yang terlibat Narkoba kami akan sikat,” tegasnya.

Hingga saat ini, keempat pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Sulawesi Selatan. “Perkembangan nya nanti selesai pemeriksaan. Belum ada data lagi,” pungkas Dicky.
(rvk/yld)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tak Perlu Panik, Ini Cara Mudah Dapet Tiket Kereta Api untuk Mudik!

Liputan6.com, Jakarta Mudik Lebaran tinggal menghitung bulan. Namun, jika kamu mudik menggunakan kereta api tentu perlu persiapan membeli tiket dari jauh-jauh hari. Yap, moda transportasi ini masih menjadi primadona untuk pulang ke kampung halaman.

Dengan harga yang terjangkau, menggunakan moda transportasi itu dinilai sudah sangat nyaman dan aman. Terlebih PT KAI selalu berbenah dari segi kualitas dan kenyaman untuk para penumpang.

Namun demikian, Anda juga perlu mengikuti beberapa tips berikut agar mudik Lebaran menggunakan kereta api menjadi lebih aman, tenang, nyaman dan anti panik.

Beli online

Zaman serba digital saat ini dinilai lebih memudahkan dalam membeli sesuatu, termasuk berburu tiket kereta api secara online. Salah satu caranya ialah memesan melalui aplikasi Pegipegi.

Pegipegi memberikan kemudahan Anda dan keluarga untuk memesan tiket kereta api untuk mudik tahun ini. Terlebih lagi, Anda bisa memesannya kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke gerai tiket kereta api. Cukup gunakan smartphone, pilih rute mudik yang kamu pilih, lalu bayar. Semudah itu Anda mendapatkan tiket untuk mudik.

Menariknya, bakal ada diskon sampai Rp 30 ribu untuk setiap pemesanan tiket kereta api mudik di Pegipegi. Catat agar tidak kehabisan, periode diskon akan berlangsung pada 25 Februari – 12 Maret 2019. Tak hanya diskon, melalui Pegipegi rute kereta mudik pun sangat lengkap. Jadi, mudik Anda dan keluarga pasti tenang. Anda bisa mengecek promo kereta mudik Pegipegi di sini.

Bawa barang seperlunya

Sudah tidak zaman mudik lebaran membawa dus banyak-banyak ke dalam kereta api. Jika memang mengharuskan membawa barang lebih banyak, kamu bisa kok gunakan layanan jasa antar paket.

Di samping lebih praktis, kamu tidak direpotkan dengan membawa barang yang banyak saat mudik naik kereta api. Walaupun harus membayar lebih, setidaknya perjalanan kamu dan keluarga jadi lebih lancar dan nggak khawatir bawaan hilang dicuri orang karena sudah diantarkan sampai ke rumah di kampung halaman.

Siapkan gadget agar tidak bosan

Saat mudik lebaran naik kereta api tentu akan memakan waktu yang cukup lama karena perjalanan jauh. Namun, tidak ada salahnya kamu menyiapkan gadget kamu agar tidak bosan.

Lagi pula, saat ini, kereta api Indonesia melengkapi setiap tempat duduk memiliki stop kontak. Jadi, kamu tak perlu khawatir kehabisan daya saat mudik.

Tak lupa, isi kuota kamu biar bisa tetap internetan, dengar streaming-an musik, atau main game mobile kesukaanmu sepanjang perjalanan.

Pakai baju senyaman mungkin

Biasanya saat musim mudik telah tiba, stasiun kereta akan dipenuhi oleh banyak orang. Nah, memakai baju yang nyaman adalah hal yang mutlak dalam situasi tersebut.

Kalaupun kamu nyaman menggunakan celana pendek, pakai saja. Intinya, buatlah busana kamu senyaman mungkin agar perjalananmu lebih tenang, nggak khawatir resah gara-gara salah kostum. Jangan lupa sediakan jaket kalau naik kereta api kelas eksekutif karena hawa di dalam gerbong biasanya sangat dingin di malam hari.

Mentaati peraturan di kereta api

Fasilitas dari PT KAI terhadap kereta api Indonesia sudah sangat nyaman. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu menjaga fasilitas itu demi kenyamanan setiap penumpang. Misalnya merokok. Jangan sampai Anda merokok di dalam gerbong kereta api. Jika melanggar, kamu akan diturunkan di stasiun terdekat.

Itulah lima tips mudik nyaman dan aman naik kereta api sampai ke kampung halaman. Selain hal-hal di atas, jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan waspada terhadap barang bawaan sepanjang perjalanan. Semoga kamu selamat sampai tujuan, bertemu kembali dengan keluarga tercinta.

Kalau sudah begitu, catat tanggal pembelian tiket kereta mudik Anda agar tidak kehabisan.

Mau mudik anti panik? Pegipegi yuk!


(*)

5 Cerita Kirana Larasati yang Pakai Topi Unicorn

JakartaKirana Larasati mengunggah foto di Instagram-nya sedang memakai topi unicorn. Ada beberapa cerita tentang Kirana. Apa saja?

Kirana lahir di Jakarta, pada 29 Agustus 1987. Dia merupakan aktris Indonesia.

Berikut cerita Kirana Larasati.

1. Bintang Sinetron

Keterlibatan Kirana dalam dunia sinetron berawal dari ketidaksengajaan saat memenangkan acara untuk promosi film Eiffel I’m in Love yang diselenggarakan sebuah stasiun radio. Hadiahnya adalah makan malam bersama Samuel Rizal dan Shandy Aulia.

Kemudian Kirana ditawari untuk mengikuti casting sebuah sinetron oleh Dewi Yulia Razif, casting director PT Soraya Intercine Film. Setelah casting itu, karier Kirana makin bersinar.

Sinetron yang melambungkan nama Kirana adalah Azizah yang ditayangkan stasiun televisi swasta pada tahun 2007. Sinetron lain yang pernah dibintanginya antara lain Aku Bukan Untukmu, Benci Bilang Cinta, Kakak Iparku 17 Tahun, Pasangan Heboh, Habibi dan Habibah.

2. Pemain Film

Selain sinetron, Kirana juga bermain film. Beberapa film yang dibintanginya antara lain D’Girlz Begins (2006), Claudia/Jasmine, Gotcha, dan Perempuan Punya Cerita (2008).

3. Kehidupan pribadi

Kirana Larasati menikah dengan Tama Gandjar pada 9 Mei 2015. Dari pernikahan itu keduanya dikaruniai seorang anak bernama Kyo Karura Gantama.

Namun pernikahan itu kandas dan Kirana serta Tama resmi bercerai pada 13 Juli 2017. Hak asuh anak jatuh ke tangan Kirana.

4. Caleg PDIP

Kirana saat ini terdaftar sebagai caleg PDIP. Dia caleg dari Dapil Jabar I (Kota Bandung dan Kota Cimahi).

5. Unggah Foto Pakai Topi Unicorn

Terbaru, Kirana Larasati mengunggah fotonya saat memakai topi unicorn. Istilah unicorn mencuat setelah Debat Capres Putaran Kedua pada Minggu (17/2/2019). Pada Debat itu, Capres nomor 1, Joko Widodo bertanya kepada Capres nomor 2 Prabowo Subianto soal kebijakan untuk pengembangan unicorn Indonesia. Nah di Instagram-nya Kirana memakai topi Unicorn sambil duduk di sebuah kursi. Dia mendapat 7.446 like untuk postingannya itu. Namun kolom komentarnya ditutup.
(nwy/ken)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14

PDIP Sebut Amien Rais Praktik KKN, PAN: Anak ‘Sana’ Lebih dari Nyaleg

Jakarta – PDIP menyebut politikus senior PAN Amien Rais melakukan praktik KKN dengan membukakan jalan bagi anak-anaknya maju sebagai caleg DPR RI. PAN menyindir balik PDIP.

“Serangan semacam ini kami anggap semua yang kami suarakan semakin di dengar publik. Ini risiko berada di jalur yang konsisten. Saya kalau mau nyebut nama, di ‘kelompok sana’ anaknya siapa yang ini dan itu banyak juga, lebih dari nyaleg. Tetapi kan bukan itu substansinya,” kata Wasekjen PAN Faldo Maldini kepada wartawan, Sabtu (23/2/2019).

Faldo kemudian menjelaskan perkara lahan Amien di Yogyakarta yang sebelumnya dipersoalkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menyebut Amien mati kutu karena ketahuan menguasai lahan, padahal sering berteriak ‘tanah dikuasai segelintir elite’.
Ia menjelaskan lahan milik Amien didapatkan secara legal. Menurut Faldo, Amien justru mengetahui betul soal mafia tanah di dalam negeri.

“Lahan itu didapatkan secara legal. Bukan berarti kritiknya tidak relevan soal penguasaan lahan oleh elite. Justru, Pak Prabowo dan Pak Amien kritik karena paham betul permainannya, mereka pernah ada di situ melihat realitanya. Mafianya banyak sekali. Kalau Pak Prabowo tidak pernah saingan sama pemain-pemain asing buat dapat lahan itu, mungkin beliau tidak paham permainan-permainannya. Ini kan antikritik namanya, segala cara dilakukan untuk menutupi apa yang terjadi,” jelas Faldo.

Faldo berharap perdebatan terkait isu pilpres diisi konten substantif. Dia mencontohkan soal pemberian izin lahan bagi warga demi mencapai kemakmuran. Menurut Faldo, saat ini pemerintah terkesan membungkam kritik dan kebenaran yang disampaikan oposisi.

“Soal lahan harus lah dipikirkan bagaimana pemberian izinnya yang memberikan kemakmuran lebih kepada warga. Mana yang lebih menguntungkan warga dalam jangka panjang, negara memberikan kepemilikan kepada warga, apalagi presiden suruh itu diagunkan ke bank, dibandingkan kasih hak pakai tanah negara, lalu digenjot produksinya, kayak di Vietnam, atau ke pengusaha nasional dengan prasyarat tertentu yang bisa serap ribuan tenaga kerja. Harusnya, ini yang jadi isunya, bukan berarti Pak Prabowo punya lahan, lalu apa yang dikatakan petahana semuanya jadi benar,” tuturnya.

“Keadilan sosial itu bukan hanya aspek distribusi sumber daya negara, namun juga kepastian hukum terhadapnya. PAN commit menjalankan itu. Kita tunggu saja isu recehan lainnya buat membungkam kritik dan kebenaran yang disampaikan,” imbuh Faldo.

Amien Rais sebelumnya menganggap pernyataan Hasto soal tanahnya di Yogyakarta ibarat nyanyian nyamuk. PDIP pun membela Hasto.

Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari, menjelaskan Hasto menyindir sikap Amien Rais yang munafik. Tak hanya perkara lahan yang disebutkan Hasto, Eva menyebut Amien melakukan praktik KKN karena anak-anaknya maju sebagai caleg.

“Pak Hasto menyindir sikap munafik para orang kaya, termasuk sikap munafik Pak Amien Rais yang anti-KKN tetapi justru praktik KKN. Karena semua anaknya semua nyaleg di DPR. Ironis dan paradoks,” ujar Eva.
(tsa/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Chevrolet Camaro ZL1 1LE 2019 Pakai Transmisi 10 Percepatan, Apa Istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu model tercepat dan tertangguh, Chevrolet Camaro ZL1 1LE 2019 mulai akhir Februari 2019 ini sudah tersedia dengan transmisi 10 percepatan. Bahkan, selama pengembangan, tim engineer telah berhasil membuat transmisi otomatis ZL1 1LE dapat berakselerasi satu setengah detik lebih cepat dari versi manual standar, pada saat uji coba di sirkuit GM Milford Road yang terbentang sepanjang 2,9-mil (4,6 km).

Dalam prakteknya, pada lintasan yang lebih panjang seperti sirkuit Nürburgring dimana dapat menggunakan keseluruhan 10 tingkat transmisi untuk melakukan penggantian gigi secara cepat. Pengemudi dapat menghemat waktu beberapa detik, dibanding putaran sebelumnya dengan menggunakan transmisi manual enam percepatan ZL1 1LE.

“Transmisi 10 percepatan ini dioptimalkan untuk menambah kecepatan,” ujar Mark Dickens, Chief Engineer Camaro, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

“Dengan kalibrasi Track Mode yang unik dan 10 tingkat transmisi, Anda akan selalu berada pada transmisi yang tepat saat mengatur injakan gas. Mungkin Anda bukanlah seorang pembalap profesional, tapi sekarang Anda bisa melakukan hal seperti mereka,” tegasnya.

Selain itu, transmisi baru ini tidak hanya dapat menghemat waktu di lintasan, tetapi juga akan memberikan lebih banyak opsi kinerja. Perpindahan giginya pun bisa dilakukan via Paddle Shift, teknologi yang memungkinkan pengendaraan mobil layaknya mobil bertransmisi manual, dimana pengemudi dapat mengoper gigi secara manual untuk pengalaman yang lebih menarik.

Transmisi baru ini hadir dengan serangkaian perubahan yang memenuhi persyaratan 1LE Performance Package. Chevrolet telah menyetel ulang transmisi, LSD elektronik, dan sistem Performance Traction Management untuk Camaro ZL1 1LE 2019. Bahkan peredam Multimatic DSSV® (Dynamic Suspension Spool Valve) telah dikalibrasi ulang untuk mengakomodasi pemindahan yang lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Chevrolet juga menambahkan oli transmisi baru dan saluran pendingin tambahan untuk menjaga suhu tetap terjaga selama sesi trek.

“Penambahan transmisi otomatis ini merupakan salah satu bentuk komitmen Camaro untuk selalu memenuhi keinginan para pelanggan. 1LE terbaru ini merupakan pilihan unggulan lain yang sesuai dengan karakteristik Camaro sebagai mobil balap, dan akan menjadi favorit para penggila kecepatan,” tutup Steve Majoros, selaku Director of Chevrolet Passenger Car and Crossover Marketing.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

BPN Prabowo: Motif Jokowi Cairkan PKH Jelang Pilpres Perlu Ditelusuri

Jakarta – Badan Pemenangan Prabowo-Sandi menilai Presiden yang juga capres Joko Widodo (Jokowi) kejar tayang menyalurkan sejumlah bantuan sosial jelang Pilpres 2019. BPN Prabowo-Sandi mengatakan, motif Jokowi membagikan sejumlah bantuan tersebut patut ditelusuri.

“Walau percepatan pencairan itu disenangi masyarakat, tapi motif percepatan pencairan itu perlu ditelusuri. Apakah murni sesuai dengan agenda program atau ada motif politik di baliknya,” ujar Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay.Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Partaonan Daulay. (Foto: Dok. Pribadi)

Yang terbaru, Jokowi menjanjikan pemerintah akan mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang digagas Kemensos pada awal April 2019. Menurut BPN Prabowo-Sandi, bukan dana PKH saja yang akan dibagikan Jokowi jelang Pilpres.
“Selain PKH, bantuan beasiswa, BPJS kesehatan, Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan masih banyak lagi,” kata Saleh.
Saleh mengatakan, dana yang dikeluarkan untuk bantuan berasal dari APBN, bukan kocek pribadi Jokowi. Saleh berharap masyarakat tidak merasa berutang budi pada bantuan yang diberikan pemerintahan Jokowi.

“Masyarakat perlu diberi pencerahan soal bantuan sosial seperti ini. Mereka harus tahu bahwa bantuan sosial itu adalah dari APBN, bukan dari presiden Jokowi secara personal. Itu pakai uang negara. Jangan sampai masyarakat merasa berhutang budi dengan bansos-bansos tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya Jokowi berjanji, penyaluran dana PKH 2019 tahap kedua akan dilakukan pada awal April 2019. Jokowi berpesan agar dana tersebut dimanfaatkan dengan tepat, terutama untuk keperluan keluarga.

“Karena tahapan kedua akan dicairkan awal bulan April. Diingat-ingat, awal bulan April. Jadi sebulan lebih lagi. Yang penting anggaran PKH itu sudah ada, nanti akan dikirimkan terus sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk beli buku sekolah, keperluan sekolah, tas sekolah, telur, untuk gizi anak kita,” ujar Jokowi di gedung Laga Tangkas Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/2).

Jokowi juga berjanji akan meningkatkan lagi jumlah dana yang akan diterima masyarakat. Untuk tahun 2018, total dana yang digelontorkan Rp 19 triliun. Sedangkan untuk tahun 2019 akan dinaikkan jumlahnya dua kali lipat.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Orang Desa Juga Bisa Kena Hipertensi, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mengira tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dialami oleh masyarakat perkotaan saja, ini salah besar. Faktanya, orang-orang yang hidup di pedesaan bisa terkena hipertensi.

Beberapa waktu lalu, ketika berbincang dengan seorang kepala dinas kesehatan dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2019 di Tangerang Selatan, Banten Presiden Joko Widodo sempat terkejut mendengar bahwa di wilayah Natuna, Kepulauan Riau banyak orang terkena hipertensi. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan kondisi itu kemungkinan besar adalah konsumsi garam.

“Kemungkinan sekali hal itu karena konsumsi garamnya tinggi sekali,” kata Prof. Dr. dr. Suhardjono SpPD-KGH, K.Ger kepada Health Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (23/2/2019).

Di kesempatan yang sama, Presiden Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Tunggul Situmorang mengatakan, dahulu di publikasi awal mengenai hipertensi, daerah dengan angka tertinggi di Silungkang, Sumatera Barat. Penyebabnya karena daerah tersebut memang memiliki konsumsi garam yang tinggi.


Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Konsumsi garam meningkat dengan modernisasi

Tunggul mengatakan, konsumsi garam di daerah-daerah luar kota memang meningkat seiring dengan  modernisasi. Namun, penelitian dari Jepang di Amerika Serikat telah membuktikan hal semacam itu.

“Dengan kondisi diet garam yang bertambah, maka prevalensi hipertensinya juga bertambah,” ungkap Tunggul menjelaskan.

Dia menambahkan, dalam sebuah studi di Jawa Barat, orang-orang di desa memang banyak mengonsumsi garam.

“Mereka memang ‘lauk’nya garam. Makan pakai garam. Jadi ini bukan soal di kota atau di desa, walaupun stres dan lainnya (berpengaruh), tapi yang utamanya juga konsumsi garam.”

Sehingga, pemerintah diminta untuk membuat regulasi khusus terkait konsumsi garam. Tunggul mencontohkan di Inggris yang tidak memperbolehkan konsumen restoran menambahkan garam secara mandiri.

3 dari 3 halaman

Hipertensi, pintu gerbang stroke dan penyakit jantung

Tunggul mengatakan bahwa hipertensi bisa menjadi awal mula dari berbagai penyakit tidak menular yang mematikan. Misalnya masalah jantung dan stroke.

“Hipertensi adalah biang keladi dari kelainan pada ginjal, jantung, bahkan pada saraf dan semua organ yang mempunyai pembuluh darah,” kata Tunggul. Maka dari itu, penyakit semacam ini harus diwaspadai.

Salah satu untuk mencegahnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan juga makanan-makanan kemasan yang mengandung monosodium glutamat (MSG). Tentu saja, juga diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga.

Ma’ruf Amin Bawa Ayat ke Panggung Debat

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin berniat menjadi dirinya sendiri saat menghadapi debat cawapres bulan depan. Ma’ruf disebut akan tetap bicara dengan memakai ayat-ayat Alquran.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019). Usman mengatakan bukan tak mungkin Ma’ruf Amin akan melengkapi jawaban dan argumennya dengan sejumlah ayat. Meski begitu, Ma’ruf dinilai tak akan memaksakan diri apabila memang tak ada ayatnya.

“Kita ingin menjadikan Pak Kiai (Ma’ruf Amin) sebagai dirinya sendiri. Sebagai kiai, dia saya kira otomatis, dia ngomong di mana-mana, ngomong sama saya pun kemarin, ayat-ayat itu pun keluar, yang relevan tentu saja, namanya kiai, kita biarkan beliau seperti itu sejauh itu relevan, kan tidak ada larangannya juga,” ujar Usman.

“Misal Pak Kiai, ini kami serahkan ke Pak Kiai ya, tidak harus menyampaikan pakai ayat, kalau tidak ada ayatnya dipaksa-paksa, salah kan. Tapi intinya Pak Kiai menjadi dirinya sendiri,” imbuhnya.

Debat ketiga dengan tema ‘Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan’ digelar pada 17 Maret 2019. Stasiun televisi yang menyiarkan adalah Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV

Selain itu, Ma’ruf Amin juga sudah brainstorming dengan asosiasi profesi. Asosiasi profesi itu masih terkait dengan tema debat, salah satunya asosiasi serikat buruh.

“Kita lihat nanti, nggak ada target, semakin banyak semakin baik, tapi kemudian harus kita pilah juga. Kita anggap perlu atau tidak, tapi kan kemarin itu sangat perlu jadi kita membuka ruang juga untuk teman-teman dari asosiasi profesi itu untuk membuat brainstorming ke Pak Kiai (Ma’ruf) terkait SDM itu begitu,” kata Usman.

Lalu, bagaimana reaksi kubu Sandiaga? Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Mardani Ali Sera mempersilahkan Ma’ruf memakai ayat-ayat, ia menyebut Sandiaga Uno sudah siap.

“Ayat tentu sah digunakan. Dan monggo saja. Dan Cawapres kami, bang Sandi akan mengedepankan bagaimana nilai itu diikat dengan sistem, ditegakkan dengan program dan dirasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Mardani.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(imk/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Kaji Rekomendasi Bawaslu soal Moderator Debat Capres Ketiga

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) soal pemilihan moderator debat pilpres ketiga yang akan digelar pada 17 Maret 2019.

Komisioner KPU Viryan Aziz menjelaskan, moderator debat diharapkan memiliki keahlian penguasaan tema dan materi debat, tidak hanya sekedar menjadi pemandu saja.

“Moderatornya diusulkan jangan jadi lalu lintas yang pakai timer, tapi juga mendalami agar debatnya tajam. Juga posisinya jangan membelakangi penoton, itu kan hal teknis ya,” kata Viryan di di kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019).

Terkait nama moderator, Viryan mengatakan KPU masih mendiskusikannya. Namun dia memastikan, nama moderator akan diumumkan pada pekan depan.

“Moderator akan ditetapkan pada rapat berikutnya, rencananya pada tanggal 26 Februari 2019,” jelas Viryan.

2 dari 2 halaman

Dua Calon Moderator

Sebelumnya, KPU telah mengusulkan dua nama calon moderator sebagai pemandu debat ketiga Pilpres 2019. Mereka adalah Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

Kendati demikian, usulan tersebut masih dirapatkan oleh pihak terkait, khususnya Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

“Moderator juga tadi sudah diusulkan oleh KPU, oleh TV penyelenggara, yaitu Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas,” kata Ketua KPU Arief Budiman, di Gedung KPU RI, Rabu 20 Februari 2019.


Saksikan video pilihan berikut ini: