KPK Cekal Dirut Perum Jasa Tirta II Ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencekal Dirut Perum Jasa Tirta II, Djoko Saputro untuk bepergian ke luar negeri. Hal itu terkait dengan kasus dugaan korupsi proyek Perum Jasa Tirta II (PJT II).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, pihaknya telah melayangkan surat pencegahan ke Ditjen Imigrasi.

“KPK telah melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap dua orang dalam kasus tindak pidana korupsi pengadaan pekerjaan jasa konsultansi di Perum Jasa Tirta II tahun anggaran 2017,” tutur Febri dalam keterangannya, Selasa (2/7/2019).

Satu orang lagi yang dilarang ke luar negeri adalah seorang psikolog atas nama Andririni Yaktiningsasi.

“Surat pelarangan ke luar negeri tertanggal 1 Juli 2019 telah kami kirimkan ke Imigrasi,” jelas Febri.

Dalam kasus ini KPK menetapkan Direktur Utama Perum Jasa Tirta II (Dirut PJT II) Djoko Saputro sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan jasa konstruksi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017. Selain Djoko Saputro, satu orang dari pihak swasta atas nama Andririni Yaktiningsasi juga ditetapkan tersangka.

2 dari 2 halaman

Awal Perkara

Perkara itu berawal pada tahun 2016 usai Djoko Saputro diangkat menjadi Direktur Utama Perum Jasa Tirta II. Dia diduga menginstruksikan agar melakukan revisi anggaran.

“Dilakukan dengan mengalokasikan tambahan anggaran pada pekerjaan pengembangan SDM dan strategi korporat yang pada awalnya senilai Rp 2,8 miliar menjadi Rp 9,55 miliar,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Relokasi anggaran untuk perencanaan strategis korporat dan proses bisnis sendiri senilai Rp 3,82 miliar. Sementara perencanaan komprehensif pengembangan SDM Perum Jaya Tirta II sebagai antisipasi pengembangan usaha perusahaan Rp 5,73 miliar.

“Perubahan tersebut diduga dilakukan tanpa adanya usulan bank dan unit lain. Dan tidak sesuai aturan yang berlaku,” kata Febri.

Setelah revisi anggaran, Djoko memerintahkan Andririni Yaktingsasi menjadi pelaksana pada kegiatan tersebut. Dalam dua kegiatan itu, Andririni diduga menggunakan bendera perusahaan PT Bandung Management Economic Center dan PT 2001 Pangripta.

Realisasi penerimaan pembayaran untuk kedua pelaksanaan proyek sampai dengan tanggal 31 Desember 2017 itu sebesar Rp 5.564.413.800.

Bagi Sandiaga, Jadi ‘Oposisi’ Sangat Bermartabat dan Terhormat

Jakarta – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengajak seluruh partai yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 tetap menjadi oposisi. Apa kata Sandi?

“Saya tidak ada di partai lagi, jadi saya serahkan pada pimpinan partai sendiri,” kata Sandiaga Uno di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Meski demikian, Sandiaga punya pandangan tersendiri sebagai eks cawapres. Dia mengatakan demokrasi butuh kritik.
“Saya sebagai mantan calon wakil presiden, menurut saya apapun posisinya tapi membantu negara sebagai penyeimbang sangat bermartabat dan terhormat. Demokrasi ini butuh kritik yang membangun. Insyaallah bisa dimainkan perannya oleh teman-teman di luar pemerintahan,” ucap Sandi.
Sebelumnya diberitakan, Mardani Ali Sera mengajak semua partai pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tetap menjadi oposisi. Mardani mengatakan hal itu untuk mengawal kebijakan Joko Widodo di periode berikutnya.

“Rekan-rekan PAN, Demokrat, Berkarya yang selama 10 bulan sudah membangun chemistry kita lanjutkan, dan ini juga baik. Karena kami merasa, nggak tahu kalau partai lain, sebagian pemilih PKS itu kongruen dengan pilih Prabowo,” ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (1/7).
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Brasil Vs Argentina: Bersiap untuk Duel Panas

Belo Horizonte – Semifinal Copa America 2019 akan mempertemukan Brasil vs Argentina. Kedua tim sudah bersiap untuk menatap duel klasik ini.

Brasil akan bertemu Argentina di semifinal Copa America 2019. Duel kedua tim berlangsung di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Rabu (3/7/2019) pagi WIB. (Foto: Luisa Gonzalez/Reuters)

Tips Hemat untuk Pekerja Kantoran ala Adrian Maulana, Bisa Sisihkan hingga Rp2,8 Juta/Bulan

Liputan6.com, Jakarta – Menjalankan gaya hidup sehat sekaligus hemat merupakan sebuah pilihan. Hal ini pula yang dilakukan oleh mantan aktor dan presenter, Adrian Maulana yang kini fokus berkarier menjadi pekerja kantoran di sebuah perusahaan manajer investasi.

Melalui akun Instagram pribadi, Adrian Maulana membagikan cerita makan siang yang ia konsumsi sehari-hari. Hidangan tersebut tidak lain adalah gado-gado seharga Rp15 ribu.

Meski begitu, suami Dessy Ilsanty ini mengakui terkadang makan salad seharga Rp50 ribu. “Tapi lebih sering makan gado2 dg bumbu kacang dipisah. Sehat & hemat. Insya Allah, mampu kok beli makan siang ratusan ribu juga,” tulis Adrian.

Di balik pilihannya tersebut, Adrian mengungkap fakta-fakta lain soal gaya hidup sehat dan hemat yang ditempuh saat ini. Ia membandingkan nominal-nominal Rupiah yang ia hemat dari konsumsi sehari-hari.

Tapi kebayang ngga sih, teman2. 50 rb yg sy bisa hemat dari makan siang saya, 35-40 rb yg saya hemat dari 1 cup kopi (yg sebelumnya saya minum 2-3 cangkir/hari beli di coffee shop),” tulisnya.

Langkah untuk berhemat tak hanya soal makanan dan minuman, tetapi juga ongkos transportasi yang dikeluarkan. “50rb yg saya hemat dari transport (krn sekarang tiap pulang kerja saya pilih naik MRT/bis dimana sebelumnya selalu naik mobil/taxi biru. Bensinnya, parkirnya, tolnya. Hehehe,” lanjut Adrian Maulana.

2 dari 3 halaman

Manfaat Positif dari Berhemat

Di sisi lain, Adrian Maulana merasakan betul perbedaan setelah menjalankan gaya hidup sehat sekaligus hemat. Uang dari berhemat dapat ia gunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Kalo di total, dalam 1 hari setidaknya saya berhemat 140rb lho. Ada 20 hari kerja kantor, jadi dalam sebulan minimal 2,8 jt bisa saya gunakan untuk hal lain yg lebih bermanfaat tanpa mengorbankan kesehatan saya, hobi ngopi saya & aktifitas lainnya. Yg saya lakukan hanya berhemat, tapi ternyata besar manfaat,” tulis ayah dua anak tersebut.

Adrian melanjutkan, jika dahulu segala sesuatu yang ia lakukan hanya untuk kebaikan diri sendiri. Namun saat ini, ia pun sedang terus belajar agar apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Mungkin kecil buat kita, tapi bisa besar artinya buat orang lain,” demikian tutup Adrian Maulana.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cerita Mistis yang Dialami Tim Pencari Pelajar Hilang di Bukit Piramid

Bondowoso – Basarnas telah menghentikan pencarian pelajar hilang di Bukit Piramid Bondowoso yang berada di lereng pegunungan Argopuro sisi timur. Namun percaya atau tidak, operasi pencarian Toriq Rizky Maulidan menyisakan cerita-cerita berbau mistis.

Menurut salah seorang anggota tim Bambang, pengalaman mistis dialaminya pada hari ketiga pencarian. Saat itu ia bersama timnya tengah beristirahat di sebuah lembah, mirip sungai kering.

“Saat saya istirahat, mendadak terdengar teriakan seolah minta tolong. Dan terdengar sangat dekat,” kata Bambang ketika berbincang dengan detikcom, Selasa (2/7/2019).

Anehnya, imbuh Bambang, 11 anggota Search and Rescue Unit (SRU) lainnya tak ada yang mendengar sama sekali. Bahkan, seluruh tim sampai diam untuk mencermati asal suara yang datang dari jarak yang relatif dekat.

“Tapi, malah gak ada yg dengar. Cuma saya aja yang mendengar. Dan suaranya sebenarnya terdengar relatif lantang,” ujar Bambang.

Bahkan, tak lama kemudian tim tersebut mencoba menyisir ke arah datangnya suara. Namun ternyata sama sekali tak ada tanda-tanda keberadaan pelajar yang hilang.

Kejadian serupa dikisahkan seorang anggota tim dari unsur Polri yang enggan disebutkan namanya. Hal berbau mistis ia alami saat melakukan penyisiran dari Desa Sumber Salak, Curahdami.

“Saat itu malam hari. Mungkin karena seharian beroperasi, kami kecapekan dan tertidur lelap, walau sekejap,” tuturnya.

Dalam keadaan antara tidur dan tidak, kata dia, ia seolah melihat survivor (korban) dipeluk seorang perempuan cantik berambut panjang. Korban sempat melambaikan tangan seakan ingin lepas dari pelukan.

“Namun pelukan perempuan tersebut terlihat semakin erat, seperti tak mau melepas si Toriq,” pungkasnya.

Percaya tidak percaya, namun kejadian-kejadian aneh ini dialami oleh tim yang tengah melakukan pencarian terhadap Toriq.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gerhana Matahari Total 2 Juli, Apa Saja yang Bisa Diamati?

JakartaGerhana matahari total terjadi hari ini di sekitar kawasan Amerika Selatan, khususnya di Chile-Argentina. Fenomena langka ini hanya bisa diamati oleh warga yang berada di sekitar kawasan tersebut. Jadi apa yang akan teramati oleh para pengamat di Amerika Selatan?

Seperti dikutip dari Space.com, Instruktur dan dosen tamu Hayden Planetarium New York, Joe Rao menjelaskan bahwa saat terjadi gerhana total matahari akan berada di rasi bintang Gemini. Ketika itu, cahaya matahari akan hilang.

“Selama gerhana total, matahari berada di rasi bintang Gemini, si Kembar. Ketika matahari benar-benar hilang cahayanya dan langit menjadi gelap seperti saat senja hingga pertengahan, Venus akan menjadi objek paling mencolok di langit,” kata Joe dalam tulisannya.

Selain itu, Joe meamaparkan soal letak planet Venus. Karena gerhana matahari total, venus akan terletak 12 derajat ke kiri bawah matahari.

“Pada kesempatan ini, Venus, bersinar pada -3,9 magnitudo, akan terletak 12 derajat ke kiri bawah matahari, sangat rendah (4 derajat) di atas cakrawala barat-barat laut,” paparnya.

Lebih lanjut, Joe juga mengatakan bahwa para pengamat akan melihat beberapa kawasan rasi bintang, misalnya seperti Alpha Centauri. Bintang yang lain juga punya peluang untuk terlihat.

“Sekitar setengah jalan di bagian tenggara langit akan melihat Alpha Centauri berwarna kuning-oranye dan Beta Centauri kebiru-biruan, serta empat bintang yang terdiri dari Southern Cross (Crux) yang terkenal. Dua bintang paling terang, Acrux dan Becrux, memiliki peluang untuk dilirik melalui totalitas senja,” ujarnya.
(rdp/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

7 Kelakuan Nyeleneh Bapak-Bapak Saat Jaga Anak Ini Bikin Ngelus Dada

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orang tua memang tak selalu mudah. Menjadi orang tua bagi anak adalah sebuah tantangan yang berlangsung seumur hidup.

Usia anak yang masih balita tentu menjadi perhatian khusus bagi setiap orang tua. Enggak kalah penting dari ibu, seorang ayah juga berperan dalam memberikan kasih sayang ataupun membantu menjaga anak.

Mungkin karena tidak sesabar ibu saat menghadapi anak, tak sedikit hal-hal kocak justru terjadi ketika sang ayah hanya ditinggal dengan buah hatinya. Seperti beberapa potret di bawah ini, terekam oleh warganet beberapa ayah di bawah ini punya cara nyeleneh ketika menjaga sang anak. Nampaknya ayah memang punya cara sendiri ketika menjaga anak. 

Nah, penasaran kan gimana potretnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari Ground Zero, 6 kelakuan nyeleneh bapak-bapak saat jagain anak ini bikin ngelus dada, Selasa (2/7/2019).

2 dari 8 halaman

1. Udah deh dik, diem aja bapak butuh alas mouse nih.

3 dari 8 halaman

2. Pasti si adik bingung nih kenapa dia enggak bisa gerak.

4 dari 8 halaman

3. Karena dua-duanya penting, bermain game dan menjaga anak.

5 dari 8 halaman

4. Melatih keseimbangan jidat.

6 dari 8 halaman

5. Si adik bahagia banget badannya bisa masuk tas.

7 dari 8 halaman

6. Kulit semangka bisa jadi helm loh, kreatif kan?

8 dari 8 halaman

7. Kalau gini sih jadi si anak yang jagain bapaknya.

Respons Menko Luhut soal Harga Tiket Pesawat Turun 50 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Jokowi-JK memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) seperti Lion Air dan Citilink.

Skema yang bakal digunakan adalah dengan memberikan diskon 50 persen dari tarif batas atas yang berlaku di tiga hari dengan jam-jam tertentu.

Merespons hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menilai penurunan tersebut tidak akan terjadi jika tidak ada biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh maskapai.

Luhut pun mengakui selama ini pemerintah juga kurang memberikan perhatian terhadap operasional maskapai LCC.

“Sebenarnya LCC selama ini tidak kita tata dengan benar. Di negara-negara lain sudah punya airport sendiri, terminal sendiri untuk LCC supaya cost lebih murah, kan ujung-ujungnya pada cost,” ujar dia di Kantornya, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Luhut mencontohkan, salah satu pemborosan yang menyebabkan biaya tiket LCC di Indonesia tiba-tiba melonjak adalah keinginan maskapai untuk terus memiliki armada pesawat baru.

Sementara itu, kondisi ini berbalik dengan di Amerika Serikat, dengan maskapai LCC cenderung memiliki pesawat dengan usia lebih tua dengan kondisi lebih baik.

Maintenance-nya bagus, sehingga cost dia lebih rendah,” ujar dia.

Oleh karena itu, efisiensi dari biaya operasional maskapai tersebutlah yang menurut dia menjadi kunci untuk menekan tarif tiket pesawat. Salah satunya dengan membatasi tingkat impor bahan bakar avtur. 

Dia menambahkan, monopoli Pertamina sebagai distributor avtur untuk maskapai di Indonesia seharusnya dihentikan. Indonesia harus mau membuka pasar avtur untuk pesaing dari luar negeri agar harga avtur yang dibeli oleh maskapai bisa lebih kompetitif.

“Jadi bikin saja saingan Pertamina itu jangan satu, bikin dua. Ada AKR dan mana itu, ada Shell, perusahan minyak banyak siapa aja yang mau itu. Tapi dibatasi jangan terlalu banyak juga,” pungkasnya.

Reporter: Dwi Adiyta Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 4 halaman

Tiket Pesawat Turun pada Selasa, Kamis dan Sabtu

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, dalam rakor ini secara bersama-sama pihak maskapai LCC sepakat untuk menjual tiket penerbangan murah pada Selasa, Kamis, dan Sabtu pada jam-jam berikut yakni mulai pukul 10.00 WIB – 14.00 WIB.

“Yang pertama adalah untuk LCC domestik pada setiap hari Selasa Kamis dan Sabtu pada jam keberangkatan antara pukul 10.00 sampai pukul 14.00 waktu lokal di masing-masing bandara yang ada di sana,” kata dia saat konferensi pers di Kantornya Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.

Adapun penurunan harga tiket yang telah ditetapkan tersebut akan diberikan diskon hingga 50 persen dari tarif batas atas (TBA) yang diatur oleh pemerintah.

“Intinya adalah pemerintah beserta seluruh stakeholder terkait tetap berkomitmen ingin menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat yaitu untuk LCC domestik dari hari Selasa Kamis Sabtu,” ujar dia.

3 dari 4 halaman

Sulitnya Perusahaan Asing Jual Avtur di Indonesia

Sebelumnya, Pemerintah telah mempersilakan perusahaan asing untuk menjual avtur di Indonesia.

Tujuannya untuk menciptakan persaingan sehingga harga avtur di Indonesia semakin kompetitif.  Namun, sepertinya untuk mewujudkan keinginan pemerintah tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan. Mengapa demikian? Karena semua itu membutuhkan infrastruktur yang cukup mahal.

“Tapi ya memang penyediaan avtur itu harus ada tempat dan sarana penyaluran. Misalnya truk tanki dan pipa-pipanya. Masalahnya semua itu sekarang dikuasai Pertamina,” kata Pengamat Penerbangan, Gatot Raharjo saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu, 29 Juni 2019.

Kalaupun perusahaan baru tersebut berkomitmen membuat infrastruktur mulai dari awal, tetap dalam penyalurannya harus berbagi sistem dengan Pertamina.

“Jadi ya memang agak susah. Kalau menekan Pertamina, nanti dikira tidak nasionalis,” tambah dia.

Sebenarnya satu-satunya peluang perusahaan asing untuk menjual avtur di Indonesia adalah di bandara-bandara baru yang selama ini dibangun pemerintah. Hanya saja bandara tersebut mayoritas berlokasi di daerah Timur Indonesia atau di daerah terpencil.  “Apa mau mereka masuk ke situ?,” tegas dia.

“Mungkin yang bisa dilakukan itu membangun kilang-kilang khusus avtur di Indonesia tengah dan timur. Jadi mendekati bandara dan biaya distribusinya bisa ditekan,” pungkas Gatot.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Kasus Anjing Masuk Masjid Jalan Terus, Kejiwaan Pelaku Ditentukan Hakim

Bogor – Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I R Said Sukanto (RS Polri) Brigjen Musyafak menyatakan SM, perempuan yang masuk membawa anjing ke Masjid Jami Al-Munawaroh, Sentul, kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengalami gangguan jiwa tipe skizofrenia tipe paranoid dan skizoafektif. Meski demikian, Polres Bogor tetap meneruskan kasus ini hingga ke pengadilan.

“Saya tekankan bahwa kasus ini terhadap tersangka kita kenakan pasal 156 KUHP, 156a KUHP. Kita pastikan bahwa kasus ini tetap dilaksanakan penyidikannya. Lanjut. Kalau pun nanti hasil dari kejiwaan tersebut, pemeriksaan kejiwaan, memang memiliki gangguan kejiwaan, seperti yang dimaksud pada pasal 44 ayat 2 KUHP, kejiwaan, itu semua nanti akan diputuskan di pengadilan. Jadi atas keputusan hakim di pengadilan,” kata AKBP Dicky.

Pernyataan tersebut disampaikan AKBP Dicky dalam jumpa pers di Markas Polres Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (2/7/2019). Turut hadir Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko serta jajaran Polres Bogor.


AKBP Dicky mengatakan, perbuatan pidana SM akan tetap disidik. Nantinya hasil pemeriksaan ahli jiwa terhadap kondisi kejiwaan SM akan disampaikan di muka pengadilan.

“Nanti keterangan yang terhasil hasil ahli jiwa juga nanti kita akan sampaikan, haturkan di depan muka pengadilan sehingga nanti keputusannya, apakah itu nanti menjadi alasan atau tidak. Saya kira itu,” ujar AKBP Dicky.

“Kita jamin bahwa kasus ini tetap dilaksanakan penyidikannya sampai tuntas,” sambungnya menegaskan.

Dicky mengatakan, pihaknya sejak awal sudah melakukan gelar perkara. Dari situ penyidik memutuskan meningkatkan status kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan dan menetapkan SM sebagai tersangka.

“SPDP sudah dikirimkan dimana ini didasarkan pada 2 alat bukti yang menurut keyakinan penyidik cukup, yaitu keterangan saksi dan persesuaian-persesuaian keterangan, termasuk juga barang bukti-barang bukti yang ada di depan kita,” jelasnya. Di Polres Bogor dihadirkan sejumlah alat bukti di antaranya pakaian juga sepatu yang digunakan SM saat kejadian.

Kasus Anjing Masuk Masjid Jalan Terus, Kejiwaan Pelaku Ditentukan HakimFoto: Barang bukti (Jefrie NS/detikcom)

Dicky menambahkan, selain ditetapkan tersangka, SM juga ditahan. Akan tetapi karena keterangan keluarga korban SM ada riwayat gangguan kejiwaan dengan menunjukkan bukti perawatan kejiwaan dari dua rumah sakit, SM kemudian dirujuk ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, untuk diobservasi.

“Kita memastikan keterangan tersebut, apakah betul gangguan kejiwaan. Karena pada saat diperiksa juga yang bersangkutan tidak koperatif. Keterangannya juga melantur, tidak konsisten, dan luapan emosi juga besar sehingga kita bawa ke Rumah Sakit Polri untuk dilakukan observasi tadi,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Kombes Trunoyudo, mengimbau masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat agar tetap menjaga situasi kondusif. Dia mengingatkan jangan sampai ada yang termakan provokasi yang bisa merugikan.

“Saya sampaikan dan mengimbau kembali kepada masyarakat seluruhnya khususnya di wilayah Bogor dan Jawa Barat untuk tidak termakan atau terprovokasi isu hoax atau ujaran-ujaran lain yang sifatnya memprovokasi atau ujaran kebencian,” ujar Kombes Trunoyudo.

“Dalam hal ini juga, Polres Bogor telah bersama-sama dengan Ketua MUI, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, termasuk juga tokoh-tokoh agama Katolik yang telah memberikan permohonan maaf khususnya di lingkungan Masjid Al-Munawaroh bahwasanya ini tidak ada kaitan apapun tetapi ini adalah person atau orang, tersangka SM sendiri yang saat ini kita masih melakukan proses penyidikan,” sambungnya.
(hri/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>