Seperti Apa Aturan Terapi ARV bagi ODHA di Bulan Puasa?

Liputan6.com, Bandung – Bulan puasa bisa menjadi dilema bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan untuk mengatasi penyakit tertentu. Tidak terkecuali bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang butuh minum obat antiretroviral (ARV) setiap 12 jam sekali untuk menurunkan risiko penularan penyakitnya.

Padahal, di Indonesia, seorang Muslim diharuskan untuk berpuasa selama kira-kira 13 jam.

“Untuk teman-teman yang besok mulai berpuasa sedang bertarawih tapi juga minum ARV tiap 12 jam selama puasa, waktu minum ARV dapat digeser menjadi saat buka puasa dan saat sahur,” kata dokter dan konselor pada HIV/AIDS dr. Ronald Jonathan, MSc, DTM&H.

Menurut Ronald, tidak ada halangan untuk ODHA berpuasa pada bulan Ramadan asalkan kondisinya sehat. Berpuasa justru akan menyehatkan bagi ODHA, dan menambah nilai spiritualitas.

“Puasa yang dijalankan dengan sungguh-sungguh memiliki nilai spiritualitas yang menghasilkan rasa damai dan ucapan syukur. Rasa damai dan ucapan syukur bisa menaikkan kekebalan tubuh bagi yang menjalankannya dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Akan tetapi, jika ODHA merasa kondisinya sedang tidak fit, jangan dipaksakan untuk berpuasa. Ronald mengatakan, ODHA yang baru memulai pengobatan ARV juga umumnya tidak disarankan puasa dulu karena tubuhnya belum terbiasa dengan efek samping obat ARV seperti mual, muntah, pusing, dan tidak enak badan.

“Kalau dia HIV stadium 1 dan 2 dan CD4-nya masih baik, mereka boleh puasa. Tapi bila mereka di stadium 3 dan 4 dan dalam keadaan sakit dan baru mulai ARV kita anjurkan tidak puasa,” kata Ronald.

Meski tubuh memang benar sedang fit dan yakin kuat untuk berpuasa, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter mengenai keputusan untuk berpuasa. “Sebaiknya konsultasi dengan dokter yang menanganinya,” ujarnya.

Ronald menambahkan, ODHA yang keadaannya belum memungkinkan untuk puasa jangan berkecil hati.

“Mereka masih tetap bisa meraih rasa damai dan ucapan syukur dengan berdoa dan membayar fidyah. Kekebalan anda pun bisa membaik. Tetap jaga pola hidup sehat, minum yang cukup karena pagi sampai siang cukup panas. Makan dengan gizi seimbang dan tidak berlebihan di saat buka dan sahur. Jangan lupa menjalankan olahraga sesuai kapasitas masing-masing,” papar Ronald.

Simak video pilihan berikut ini:

Menjelang Ramadan perlu mempersiapkan fisik agar tetap fit selama menjalani puasa.

Doa Nabi Muhammad SAW Sembuhkan Bagian Tubuh yang Sakit

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap insan. Sayangnya, terkadang datangnya penyakit tak dapat dihindari.

Saat mendapat penyakit, Anda dianjurkan untuk berdoa meminta kesembuhan terhadap penyakit tersebut. Menariknya, Rasulullah SAW ternyata memiliki doa untuk mengobati bagian tubuh tertentu yang sakit.

Beliau biasa menerapkan hal tersebut saat ada anggota keluarga, sahabat, atau salah satu bagian tubuhnya sendiri yang sakit. Bacaan doa tersebut amat sederhana dan dapat dipraktikkan siapa saja.

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim).

Tarif Turun Tanpa Kejelasan, Driver Gojek Bakal Mogok Mulai Hari Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya mengingatkan masyarakat kalau penerapan tarif baru ojek online mulai diberlakukan pada Rabu 1 Mei 2019.

Penerapan tarif baru ojek online itu seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat dan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi.

“Mulai Rabu 1 Mei 2019, peraturan terkait ojek online tersebut termasuk tata cara dan tarif (biaya jasa) mulai diberlakukan di lima kota mewakili tiga zona yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar,” ujar Budi seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu, 1 Mei 2019. 

Besaran tarif menjadi tiga zona yaitu zona pertama untuk Sumatera, Jawa (tanpa Jabodetabek), dan Bali. Untuk zona dua adalah Jabodetabek. Sementara zona tiga adalah Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku dan lainnya.

Adapun besaran tarif net ojek online antara lain:

Zona  I:

Batas bawah: Rp 1.850

Batas atas: Rp 2.300

Biaya jasa minimal Rp 7.000-Rp 10.000

Zona II:

Batas bawah: Rp 2.000

Batas atas: Rp 2.500

Biaya jasa minimal Rp 8.000-Rp 10.000

Zona III:

Batas bawah Rp 2.100

Batas atas Rp 2.600

Biaya jasa minimal Rp 7.000-Rp 10.000

3 Rumah Warga di Makassar Terbakar Saat Jam Sahur

Makassar – Tiga unit rumah di Jalan Dirgantara, Kelurahan Karampuang, Kecamatan Panakukang Makassar ludes dilalap api Senin dini hari. Api dengan cepat melalap rumah warga yang terbuat dari semi permanen.

“Kebakaan Dirgantara lorong 4, Posko Timur meluncur,” kata Sekertaris Damkar Makassar, Hasanuddin, Senin (6/5/2019).

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 03.31 Wita berdasarkan laporan warga, api baru dapat dipadamkan setelah 6 unit mobil Damkar Armada Timur dan BTP dikerahkan ke lokasi.


“Armada timur 3 unit dan BTP 3 unit. Laporan masuk sekitar 03.31 Wita dan dapat dipadamkan selesai 03.59 Wita,” jelasnya.

Belum diketahui pasti penyebab ludesnya 3 rumah warga yang dilalap api. Namun kebakaran ini diduga akibat arus pendek listrik.

“Dugaan korslet, tiga unit atap rumah warga terbakar,” paparnya.

Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Warga berharap pemerintah segera memberi bantuan.
(dkp/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bikin Anda Boros di Bulan Puasa

Tentu bulan puasa juga akan menjadi ajang untuk reuni. Tidak heran, nanti akan banyak teman semasa sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, kuliah bahkan hingga teman kantor pun akan mengajak Anda untuk berbuka bersama.

Berbuka bersama-sama memang lebih mengasyikan, namun jangan terlalu hobi buka puasa bareng ini akan buat kantong bisa jebol. Untuk itu, selektiflah untuk datang ke acara buka puasa bersam yang Anda inginkan.

3. Terjebak di Lautan Diskon

Hati-hati jika Anda sedang berada di pusat perbelanjaan, karena tentunya akan banyak gerai yang menawarkan potongan harga hingga promo-promo menarik selama bulan ini. Apalagi menjelang hari raya tiba.

Jangan hanya karena promo atau diskon lalu Anda seenaknya membeli. Perhatikan dan pastikan kembali apakah barang tersebut Anda butuhkan atau tidak. Jangan pakai dalil “mumpung murah, beli ah,” jika Anda terus seperti ini maka sama saja akan membuat kantong Anda jebol.

Istana Jawab Rumor Raja Thailand Pakai Boneka Kucing Saat Penobatan

Bangkok – Foto seekor kucing dan seekor ayam saat prosesi upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand ramai dibahas. Kedua hewan tersebut menjadi perdebatan apakah itu hewan sungguhan atau hanya boneka.

Keambiguan tersebut dibahas oleh netizen yang berada di Thailand. Salah seorang pengguna media sosial mempertanyakan keaslian kucing siam tersebut, apakah hidup atau tidak.

“Jadi, apakah kucing itu asli atau palsu?” tanya seorang pengguna Facebook bernama Niphawan Rakpontee sebagaimana dilansir Reuters, Senin (6/5/2019).
Pengguna lain bernama Krittaya Parichayanan mengatakan, “Ini kucing sungguhan, bukan?”

“Ini mungkin boneka kucing,” kata pengguna Prapaporn Tongprasan.

Mengenai isu yang beredar, pihak Istana Kerajaan Thailand angkat bicara. Istana menyebut, semestinya warga tidak terfokus apakah kucing dan ayam yang dipakai saat penobatan Raja Thailand asli atau tidak.

“Upacara kerajaan mengharuskan penggunaan ayam dan kucing. Seharusnya tidak menjadi fokus apakah hewan itu nyata atau tidak, tetapi ritual itu sendiri yang penting,” ujar salah seorang pejabat Istana Kerajaan Thailand kepada Reuters.

Untuk diketahui, Raja Vajiralongkorn naik takhta menjadi Raja Thailand setelah wafatnya sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, tahun 2016 lalu. Dia bergelar Raja Rama X dan merupakan anggota ke-10 dari Dinasti Chakri, yang menguasai Thailand sejak Raja Rama I bertakhta tahun 1782 silam.

Usai wafatnya sang ayah, Raja Vajiralongkorn meminta waktu untuk berkabung sebelum dinobatkan secara resmi. Dia telah menerima takhta sejak 1 Desember 2016, namun penobatan resminya baru digelar pada Sabtu (4/5) nanti, dengan perayaan yang akan digelar hingga Senin (6/5).
(dkp/zap)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tuntunan Puasa Ramadan yang Wajib Dipahami oleh Umat Islam

Orang-orang yang Diwajibkan Melaksanakan Puasa

Dalam pembahasan tuntunan puasa Ramadan, tentunya ada orang orang yang diwajibkan berpuasa da nada juga yang tidak diwajibkan. Puasa diwajibkan atas semua orang islam, yang berakal, sudah baligh, sehat dan tidak sedang bepergian. Selain itu, wanita yang sedang haid dan nifas tidak diperbolehkan berpuasa. Tetapi bila ada orang orang yang sedang sakit atau sedang dalam perjalanan, tetapi mereka tetap berpuasa maka puasanya sah. Asalkan mampu berpuasa semua umat islam diwajibkan untuk berpuasa.

Orang orang yang diperbolehkan tidak puasa

Sedangkan dalam tuntunan puasa Ramadan, orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa adalah:

1. Orang yang sakit

Orang yang sakit diperbolehkan untuk tidak berpuasa bila penyakitnya dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan yang semakin serius bila dia melaksanakan puasa. Sesuai dengan tuntunan puasa Ramadan, orang-orang yang tidak menunaikan puasa di bulan Ramadan karena sakit ini, diwajibkan untuk mengganti puasa. Sedangkan bagi orang yang penyakitnya tidak bisa disembuhkan dapat membayar fidyah.

2. Musafir

Orang yang sedang dalam perjalanan diperbolehkan untuk meninggalkan puasa sesuai dengan tuntunan puasa Ramadan. Baik perjalanan itu berat maupun perjalanan ringan, musafir tetap diperbolehkan untuk tidak berpuasa, dengan syarat menggantinya di hari lain.

3. Orang Tua

Orang yang sudah tua renta diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena mungkin keadaannya memang sudah tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa. Namun diwajibkan bagi mereka untuk membayar fidyah sesuai dengan berapa hari puasa ditinggalkan.

4. Wanita Hamil atau Menyusui

Wanita yang sedang hamil atau sedang menyusui anaknya boleh tidak berpuasa. Hal ini bisa karena dia khawatir dengan kesehatannya maupun kesehatan anaknya nanti. Oleh karena itu, wanita hamil atau menyusui ini dapat mengganti puasa di hari lain atau membayar fidyah.

Selain itu, ada beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena sebab sebab tertentu.

Ririn Ekawati Makin Bingung Dimas Beck Disebut Sudah Dekat dengan Anaknya

JakartaRirin Ekawati kabarnya menjalin asmara dengan Dimas Beck selain itu anak pertama Ririn dikabarkan juga sudah dekat dengan Dimas. Mendengar hal itu Ririn pun bingung.

“Masa sih berita dari mana, pasti dari vlog ini (Dimas), yah gitu deh kita yang hidup orang yang komentar, nggak,” kata Ririn usai acara Fashion & Cultural Festival 2019, Musium Bank Indonesia, Kota Tua Jakarta Pusat.

Diakui Ririn dirinya termasuk orang yang susah yang untuk ditaklukan pria, termasuk memperkenalkan calon pasangan kepada anak-anaknya. Jika mau mendekatinya, pria tersebut memang harus dekat dengan anak-anaknya.

“Ini janda loh mbak udah pernah nikah 2 kali punya anak dua nggak gampang kan deketin perempuan seperti aku. Kalau seandainya dekat sama aku, otomatis dekat sama anak-anakku dan anak-anakku harus bisa menerima orang yang dekat sama aku,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama Ririn juga menjawab pertanyaan yang sering muncul terkait dirinya sering makan berdua dengan Dimas.

“Eh iya kita pernah makan bareng, tapi ramai-ramai bukan berdua saja,” tukasnya.
(fbr/pus)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Cara Mudah Merawat Kamera dan Sensor Parkir Mobil

Merupakan komponen yang memiliki tugas mendeteksi adanya objek yang dekat, sensor tidak akan bekerja maksimal apabila terdapat kotoran yang menutupi.

Hal penting lain yang harus diigat, saat membersihkan kemera dan sensor parkir, pemilik mobil sebaiknya jangan membersihkan area itu dengan memakai semprotan air bertekanan tinggi.

Meski anti air, semprotan bertekanan tinggi sebaiknya dihindari karena pressure akan berisiko menimbulkan adanya short circuit (arus pendek).