Dewan Da’wah Islamiyah Tegur Yusril yang Sebut Habib Rizieq ‘Raja Bohong’

Jakarta – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) angkat suara mengenai perseteruan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendendra dengan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab. DDII menegur Yusril yang kini sudah dianggap tak lagi sejalan dengan misi untuk memperjuangkan suara umat Islam.

“Sehubungan dengan sikap dan pernyataan Saudara yang selalu mendelegitimasi ijtima’ ulama dan menyatakan bahwa Habib Rizieq Shihab adalah Raja Bohong, maka Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia merasa perlu menegur sikap dan pernyataan Saudara yang jauh dari akhlakul karimah dan sikap seorang cendekiawan muslim yang mewarisi nilai nilai perjuangan Allahyarham Mohammad Natsir dan tokoh tokoh Masyumi lainnya,” demikian pernyataan Ketua DDII Mohammad Siddik dalam surat terbukanya, Sabtu (6/4/2019).

DDII memiliki ikatan yang kuat dengan PBB. DDII, mengutip dari pernyataan terbuka mereka, memiliki andil dalam pembentukan PBB.

“Seperti Saudara ketahui, partai Masyumi terdiri dari para ulama dan politisi Muslim yang sangat menjunjung tinggi nilai nilai moral dan akhlakul karimah baik dalam sikap, tindakan maupun ucapan. Partai Masyumi menjadi besar karena teladan tokoh tokohnya yang menunjukkan keserasian antara ucapan dan tindakan,” tutur Siddik.

Nilai-nilai besar dan sikap kenegaraan ini lah yang diwarisi oleh Dewan Da’wah. Pada saat pembentukan awal PBB, Dewan Da’wah mengharapkan bahwa Saudara sebagai ketua umumnya dapat membawa ciri ciri dan karakter para politisi Masyumi yang dikenal keunggulan dan kemuliaan akhlaknya. Dimana para tokoh Partai Masyumi selalu senapas dan sejiwa dengan ulama dan ummat Islam serta tidak bersebrangan atau meninggalkan ulama dan ummat,” ujar sambungnya.

Berikut surat terbuka DDII:

SURAT TERBUKA DEWAN DA’WAH
KEPADA SAUDARA Prof. Dr. H. Yusril Ihza Mahendra

Kepada Yth.
Saudara Prof. Dr. H. Yusril Ihza Mahendra
di- Tempat
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Izinkan kami menyampaikan surat terbuka ini untuk Saudara karena Partai Bulan Bintang
(PBB) yang Saudara nakhodai adalah merupakan wadah aspirasi politik ummat Islam yang diinisiasikan dan didirikan oleh Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia bersama 20-an ormas lainnya beserta ulama, tokoh dan intelektual muslim. Bagi kami citra PBB juga bagian dari citra Dewan Da’wah dan ormas serta ummat Islam yang mendirikannya. Oleh karenanya, kami memiliki hak moral dan hak kesejarahan untuk menyampaikan surat terbuka ini.

Sehubungan dengan sikap dan pernyataan Saudara yang selalu mendelegitimasi ijtima’ ulama dan menyatakan bahwa Habib Rizieq Shihab adalah Raja Bohong, maka Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia merasa perlu menegur sikap dan pernyataan Saudara yang jauh dari akhlakul karimah dan sikap seorang cendekiawan muslim yang mewarisi nilai nilai perjuangan Allahyarham Mohammad Natsir dan tokoh tokoh Masyumi lainnya.

Seperti Saudara ketahui, partai Masyumi terdiri dari para ulama dan politisi Muslim yang
sangat menjunjung tinggi nilai nilai moral dan akhlakul karimah baik dalam sikap, tindakan maupun ucapan. Partai Masyumi menjadi besar karena teladan tokoh tokohnya yang menunjukkan keserasian antara ucapan dan tindakan. Nilai-nilai besar dan sikap kenegaraan ini lah yang diwarisi oleh Dewan Da’wah. Pada saat pembentukan awal PBB, Dewan Da’wah mengharapkan bahwa Saudara sebagai ketua umumnya dapat membawa ciri ciri dan karakter para politisi Masyumi yang dikenal keunggulan dan kemuliaan akhlaknya. Dimana para tokoh Partai Masyumi selalu senapas dan sejiwa dengan ulama dan ummat Islam serta tidak bersebrangan atau meninggalkan ulama dan ummat.

Sikap Saudara yang tidak ramah bahkan cenderung melecehkan para ulama yang berkumpul dan telah memutuskan sikap dan dukungan politik bersama dalam Ijtima Ulama I dan II, telah menunjukkan karakter yang tidak sesuai dengan nilai nilai luhur yang selama ini dipedomani oleh para keluarga besar Dewan Da’wah.

Selama ini Saudara selalu mengaku sebagai kader Allahyarham Mohammad Natsir pendiri dan ketua Umum Dewan Dakwah. Tetapi yang kami pahami Allahyarham Mohammad Natsir tidak pernah punya karakter yang melecehkan para ulama apalagi bersebrangan dengan mainstream ummat. Pada saat Saudara menyatakan menjadi lawyer Bapak Joko Widodo sebagai capres, kami telah mengundang dan meminta klarifikasi dari Saudara, tetapi ternyata klarifikasi Saudara tidak menjadi kenyataan. Kami sangat kecewa ketika Saudara pada akhirnya bukan saja sebagai lawyer tetapi bahkan menyebrang menjadi pendukung Paslon 01 dari rezim yang selama ini dipersepsikan tidak sejalan dengan aspirasi ummat Islam terutama para ulama yang berkumpul di ijtima ulama 1 & 2.

Akhirnya kami dapat menyimpulkan, bahwa terlalu banyak pernyataan Saudara yang tidak konsiten dan tidak istiqamah dalam sikap dan perilaku. Adalah hak Saudara untuk bersikap secara pribadi, akan tetapi pribadi Saudara dan kedudukan Saudara sebagai Ketua Umum Partai Islam PBB adalah melekat dan tidak dapat dipisahkan, sehingga sikap Saudara telah menimbulkan tsunami politik di lingkungan PBB, padahal pada awalnya, ulama dan ummat telah memberikan harapan yang besar terhadap PBB sebagai wadah perjuangan politik penerus partai Masyumi. Tetapi dengan sikap dan pernyataan saudara yang cenderung arogan dan melecehkan, membuat ulama dan ummat ragu untuk memberikan amanah dan dukungan kepada PBB. Dan ini akan menyulitkan PBB untuk lolos dari Parliamentary Threshold 4 %.

Kami sangat menyesalkan sikap Saudara yang menafikan dan under estimate terhadap
gerakan politik keummatan yang dimanifestasikan dalam gerakan “411” dan “212”, dimana para ulama tersebut telah berhasil menghimpun kekuatan ummat secara massif dengan menghadirkan jutaan ummat yang belum pernah ada presedennya dalam sejarah di Indonesia dan telah merubah konstelasi politik Indonesia khususnya DKI Jakarta dengan aman dan damai secara konstitusional. Seharusnya Saudara sebagai ketua umum PBB dapat melihat kenyataan yang jelas ini dan bersinergi bahu membahu dengan gerakan politik keummatan ini.

Kami berharap surat terbuka ini menjadi bahan renungan dan introspeksi Saudara untuk tidak lagi mengulangi sikap dan pernyataan yang bersebrangan dengan ulama dan mainstream ummat.

Apabila Saudara masih tidak mengindahkan surat terbuka ini, maka dengan sangat menyesal dan terpaksa kami beralasan kuat untuk mengatakan bahwa Saudara tidak lagi layak menjadi bagian keluarga besar Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia. Semoga hal itu tidak terjadi dan Allah memberikan Saudara kekuatan dan perlindungan dari segala macam ujian dan cobaan. Demikianlah surat terbuka ini kami buat sebagai pertanggungjawaban kami kepada Dewan Da’wah dan ummat.

Wabillahi Taufiq wal Hidayah. Assalamualaikum Warahmatullahiwabarakatuh.

Jakarta, 05 April 2019
Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia

( Drs. H. Mohammad Siddik, MA)

(fjp/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Wisata Purbalingga yang Populer, Alamnya Indah Banget

1. Goa Lawa

Goa Lawa ini sering juga disebut dengan Golaga yang merupakan Akronim dari Goa Lawa Purbalingga. Golaga merupakan salah satu wisata Purbalingga yang paling sering dikunjungi.

Berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Purbalingga, wisata Purbalingga ini merupakan daerah di kaki Gunung Slamet. Dari Kota Purbalingga kamu dapat menempuhnya dengan 45 menit sampai 1 jam saja.

Fasilitas di Golaga ini sudah sangat lengkap, bahkan di dalam goa memiliki fasilitas kafe. Menikmati minuman hangat di dalam goa akan menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung Goa lawa ini.

Selain itu, warna-warni lampu dipadu dengan indahnya bebatuan goa yang alami menjadikan salah satu wisata purbalingga ini menjadi tempat dengan banyak spot instagramable.

2. Curug Silintang

Ada yang menyebut, wilayah Kabupaten Purbalingga merupakan surganya curug atau air terjun. Sebabnya, banyak curug yang indah sebagai destinasi wisata Purbalingga. Salah satunya Curug Silintang, yang tingginya mencapai 75 meter.

Curug Silintang ini berlokasi di Desa Tlahab yang berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Purbalingga. Untuk mencapai curug dapat dilakukan dengan memakai kendaraan pribadi, dan nantinya melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

Dari kejauhan kamu akan diperlihatkan betapa indahnya curug Silintang ini dengan alamnya yang sangat asri. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, melewati perkebunan dan bebatuan, kamu akan sampai ke salah satu wisata Purbalingga yang sangat indah ini.

Setelah sampai di curug Silintang ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan kesegaran air disana. Pemandangan yang dapat kamu nikmati disini tidak hanya indahnya air terjun, tetapi juga pemandangan jajaran pegunungan serta area persawahan yang membentang luas dari ketinggian. Bila beruntung, kamu juga akan mendapatkan pesona yang tak kalah menarik dengan adanya pelangi yang sering terjadi di antara celah bebatuan di air terjun ini.

Menhub Kembangkan Bandara Gatot Subroto Jadi Bertaraf Internasional

Landasan udara (lanud) milik TNI Angkatan Darat, Gatot Subroto, Wai Kanan, Lampung, resmi layani penerbangan komersial mulai Sabtu ini. Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat Andika Perkasa.

Budi menyatakan, peresmian ini dilakukan untuk memaksimalkan konektivitas di daerah selain pulau Jawa.

“Kami melihat Lampung ini sebagai provinsi luar biasa. Jadi konektivitas yang canggih jangan hanya di kota besar saja, hanya di Jakarta saja,” ujarnya saat peresmian lanud Gatot Subroto di Way Kanan, Sabtu (6/4/2019). 

Pesawat yang dapat mendarat di lanud ini khusus jenis ATR saja. Sementara untuk rute, Gatot Subroto melayani Way Kanan menuju ke Palembang dan Jakarta, begitu pula sebaliknya.

Keputusan pemberian ruang bagi penerbangan sipil di lanud ini berkaitan dengan konektivitas masyarakat di sekitar lanud Gatot Subroto terletak di lokasi yang strategis bagi beberapa kabupaten di Lampung dan Sumatera Selatan yang membutuhkan keberadaan penerbangan komersial.

Budi yakin, dibukanya lanud ini untuk umum akan membuka aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan arus barang di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan sekitarnya.

Jokowi Yakin Raih 70 Persen Suara di Asahan

Liputan6.com, Asahan – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan keyakinannya bahwa di Kabupaten Asahan pihaknya akan meraih 70 persen suara pada Pilu 17 April mendatang. Sementara untuk Sumatera Utara dia menegaskan minimal bisa meraih 65 persen suara.

Hal itu disampaikan di hadapan ribuan pendukungnya yang memenuhi Gedung Olahraga Kisaran, Asahan, Sumatera Utara, tempat digelarnya kampanye terbuka calon presiden petahana tersebut.

“Kemarin saya menang 53 persen dan kalau melihat antusias hari ini, saya yakin Jokowi-Amin nanti dapat 70 persen suara,” kata Jokowi, Sabtu (6/4/2019).

Kemenangan tersebut, kata Jokowi, bisa terwujud jika masyarakat tidak termakan dan tergoyahkan oleh isu dan kabar hoaks, fitnah dan lainnya.

“Sore 17 April saya akan telepon ke Asahan, tentunya jawaban Asahan menang Jokowi. Kalau menang saya akan datang lagi ke Asahan,” katanya seperti dikutip Antara.

Dari lokasi terlihat ribuan massa berdesakan ingin masuk ke dalama gedung olahraga Kisaran tempat digelarnya kampanye terbuka. Di Asahan Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi lokasi lainnya sepanjang hari ini.

Live Streaming Indosiar: Madura United vs Persebaya di Piala Presiden 2019

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Novan Setya Sasongko (belakang); Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Damian Lizio (tengah); Manu Jalilov, Amido Balde, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Madura United (4-3-3): Satria Tama (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Fachruddin Aryanto, Andik Rendika (belakang); Dane Milovanovic, Zulfiandi, Zah Rahan (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Dejan Antonic

Alasan Vespa di Indonesia Belum Kebagian Speedometer Digital

Tangerang – Di pasar Eropa, varian Vespa Primavera, Sprint, hingga GTS sudah punya fitur panel instrumen dengan layar TFT. Adanya fitur speedometer digital berukuran 4,3 inci dengan warna full ini tentunya bikin tampilan Vespa makin terlihat modern.

Namun sayangnya fitur canggih tersebut belum hadir di lini model Vespa yang dijual Piaggio Indonesia. Dua varian Vespa yang baru diperkenalkan tanggal 4 April kemarin pun (Primavera dan Sprint tipe S) masih mengusung speedometer analog.

Seperti dikatakan oleh Public Relation and Communication Manager PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal, sebenarnya bisa saja Piaggio Indonesia membekali produk Vespa terbarunya dengan panel digital.

“Sebenarnya selama itu punya Piaggio Group, apa yang ada di produk Vespa di seluruh dunia, bisa kami bawa ke Indonesia,” kata Robby, di Tangerang, Jum’at (5/4/2019).

Tapi menurut Robby, Piaggio Indonesia harus memilih waktu yang tepat untuk pasar Indonesia saat ini.

“Saat ini panel TFT memang belum kami implementasikan di Sprint dan Primavera. Bukannya tidak mungkin (kami berikan), tapi pasti bertahap,” lanjut Robby.

Untuk diketahui, beberapa model Vespa di Eropa sudah dilengkapi panel instrumen dengan layar TFT full warna.

Panel layar digital ini menyajikan berbagai informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, temperatur, maupun indikator bensin. (lua/lth)


Sudah Seminggu Beroperasi, ‘Kartu Sakti’ MRT Belum Juga Dijual

Jakarta – Moda Raya Transportasi (MRT) kini sudah bisa digunakan untuk umum. Untuk memudahkan masyarakat, pembayaran tiket MRT Jakarta dilayani secara non tunai dengan menggunakan kartu uang elektronik.

Namun hingga saat ini kartu uang elektronik multi perjalanan atau multi trip milik MRT Jakarta belum juga keluar dan bisa digunakan.

Corporate Secretary MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menjelaskan saat ini kartu yang bisa digunakan adalah kartu single trip MRT Jakarta dan uang elektronik milik bank yakni e-money, TapCash, Brizzi, Flazz dan Jakcard.

MRT Jakarta juga akan mengeluarkan uang elektronik jenis multi trip. Saat ini kartu yang bisa digunakan lebih dari satu kali perjalanan tersebut masih dalam proses perizinan sesuai dengan peraturan BI Nomor 20/6/PBI/2018 tentang uang elektronik.

“Pihak MRT Jakarta senantiasa berkoordinasi dengan Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran untuk memastikan kelancaran penggunaan uang elektronik dalam pembayaran tiket MRT Jakarta, agar masyarakat aman dan nyaman dalam bertransaksi.” ujar Kamaluddin dalam siaran pers, Sabtu (6/4/2019).

Dia mengungkapkan MRT Jakarta juga meningkatkan layanan pembayaran kepada masyarakat dengan menyempurnakan mesin pembaca kartu pada gerbang penumpang, mesin tiket otomatis, layanan isi ulang dan penyediaan uang elektronik serta melakukan sosialisasi dan edukasi pembayaran non tunai.

“Ke depan akan dikembangkan pula pembayaran elektronik yang terintegrasi dengan moda transportasi umum lainnya di wilayah Jakarta,” jelas dia.

Kamaluddin mengungkapkan, kehadiran MRT Jakarta tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, tapi juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

(kil/eds)

Tampilkan Pakaian Korban Kecelakaan, Operator Kereta Api Belanda Dikritik

Amsterdam

Operator infrastruktur kereta api Belanda, ProRail, mempertahankan keputusan kontroversialnya dalam menampilkan replika pakaian rusak atau robek yang dikenakan oleh korban tewas dan terluka akibat kecelakaan kereta api.

Ada belasan replika pakaian rusak atau robek yang pernah dikenakan korban tewas atau terluka dalam kecelakaan kereta api ditampilkan secara online sebagai kampanye keselamatan bagi pengguna kereta api.

Tetapi kampanye berjudul ‘Victim Fashion’ ini melahirkan gelombang kritikan di masyarakat, karena dianggap terlalu mengerikan dan membuat korban luka kesulitan menyembuhkan trauma.

Atas kritikan seperti itu, pihak ProRail mengatakan kepada BBC bahwa langkah seperti itu “diperlukan” di tengah meningkatnya korban tewas atau terluka akibat kecelakaan kereta api.

Mereka menyebut jumlah korban di dan sekitar rel kereta api di Belanda hampir naik tiga kali lipat sejak 2016, dengan 17 korban meninggal yang tercatat pada tahun lalu.

Seperti apa kampanye ‘pakaian korban’ kecelakaan kereta api?

Kampanye itu menampilkan jaket, kemeja, gaun, dan item pakaian lainnya yang robek atau rusak. Mereka mempromosikannya dengan menyertakan slogan “Victim fashion, dibuat secara tidak sengaja”.

Foto-foto item pakaian yang rusak itu, yang ditampilkan di situs ProRail, diberi keterangan tertulis tentang apa yang terjadi pada orang yang mengenakannya.

Misalnya, ada keterangan foto yang menyebutkan bahwa pakaian robek itu milik seorang remaja berusia 14 tahun yang terluka tertabrak kereta api setelah berusaha mengambil telepon selulernya di rel kereta. Kini dia masih terbaring koma.

Ada pula tampilan gaun berwarna oranye yang dikenakan gadis berusia 15 tahun. Dia terlindas kereta setelah mengikuti teman-temannya melintasi rel kereta, walaupun palang pintu kereta sudah ditutup. Dia tidak tahu kereta tengah melintas.

Seperti apa kritik atas kampanye ini?

Salah-seorang pimpinan infrastruktur Belanda, Stientje van Veldhoven mengatakan kampanye itu “tidak perlu seekstrem itu”, sementara Kepala operator kereta api Belanda NS Marjan Rintel mengatakan kampanye seperti itu penting, namun pendekatannya kurang tepat.

“Saya merasa terkejut, dan tidak senang, serta kengerian yang kami tujukan kepada pihak manajemen ProRail,” katanya.

Sementara seorang pengguna kereta api menulis di media sosial bahwa kampanye seperti itu akan membawa kembali kenangan buruk atas kejadian kecelakaan.

” Saya menghabiskan enam bulan terakhir untuk menemui seorang psikolog setelah tabrakan. Saya mengira sudah bisa mengatasinya… Ini kesalahan besar,” tulisnya.

Orang-orang yang mengaku sebagai penyintas kecelakaan kereta api juga mengecam kampanye tersebut.

Apa kata operator kereta api Belanda?

Juru bicara ProRail, Jaap Eikelboom mengatakan “kampanye konfrontatif” itu terus berjalan.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa ProRail menghabiskan sekitar setahun untuk merencanakan kampanye itu dan menyadari akan melahirkan pro-kontra di masyarakat.

“Jika Anda melakukan kampanye yang konfrontatif, selalu ada orang yang bersikap negatif dan positif,” katanya.

“Kami pikir kampanye ini berhasil karena orang-orang kemudian mendiskusikannya. Jika kami tidak menampilkan foto-foto seperti itu kepada mereka, kecelakaan kereta api akan terus terjadi.”


(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Alasan Baim Wong Bikin Video Social Experiment

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong menjadi salah satu artis yang menjadi YouTuber. Lewat situs berbagi video tersebut, Baim bersama istrinya memberikan konten-konten unik yang sering kali jadi trending.

Tentunya yang paling populer adalah saat Baim Wong mencoba sebuah social experiment dengan menyamar jadi orang gila. Dalam video itu, dirinya mencoba melihat reaksi warga sekitar. Lantas, apa sih tujuan suami Paula Verhoeven tersebut membuat video seperti ini?

“Nggak maksud apa-apa sih. Saya juga gak tahu itu namanya social experiment itu saya nggak tahu. Cuma awalnya suka ngejahilin orang terus habis itu ngasih sesuatu cuma saya nggak tahu. Dikasih tahu sama netizen semua-nya itu namanya social experiment, terus sama Rafathar dibilang reaction,” ungkap Baim Wong saat ditemui di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Lebih lanjut lagi, pria tersebut menceritakan kalau reaksi serta perlakukan masyarakat umum terhadap dirinya yang menyamar jadi orang gila memang nyata adanya. Ia tak pernah merencanakan semua itu murni dan asli.

“Nggak lah ya karena apa yang terjadi di sana emang nggak direncanain. Apapun kejadiannya mau dikeselin sama orang, diusir. Jadi emang ceritanya seperti itu. Terkadang saya juga nggak pernah merencanakan apapun itu,” sambungnya.

Dalam salah satu konten videonya, Baim Wong juga sempat membantu seorang pemulung mencari tempat tinggal. Awalnya ia akan menyewa sebuah rumah kos yang ternyata merupakan rumah dinas TNI.

Kominfo: 453 Isu Hoaks Politik Tercipta Sejak Awal 2019

Sementara itu, penyebar hoaks 70 juta surat suara telah dicoblos Bagus Bawana Putra alias Bagnatara menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019). Bagus didakwa telah menyebarkan hoaks yang mengakibatkan keonaran terkait 70 juta surat suara yang telah tercoblos pasangan capres-cawapres nomor urut 01.

“Terdakwa Bagus Bawana Putra dengan sengaja menyiarkan berita bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat,” ujar Jaksa Mangontan saat membacakan surat dakwaan milik Bagus di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Atas perbuatannya Bagus didakwa telah melanggar Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 Jo Pasal 15 undang-undang RI nomor 1 Tahun 1946 tentang pidana umum Jo Pasal 45 ayat 2 Jo Pasal 28 Undang-Undang Informasi dan Teknologi.

Jaksa membeber awal mula penyebaran berita bohong saat seseorang atas nama Sugiono menginformasikan adanya kontainer berisi surat suara yang telah tercoblos pasangan nomor 01 di grup whatsapp bernama Gerakan Nasional Prabowo Presiden (GNPP) Banten.

Anggota grup Whatsapp tersebut bernama Maulana kemudian menginformasikan ke Bagus yang kemudian diteruskan ke grup Whatsapp Probowiseso, dengan pesan suara berdurasi 58 detik.

Bagus kemudian menghubungi seseorang bernama Suroso yang meminta agar informasi tersebut segera disampaikan kepada Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.

“Ini posisi saya di Bogor saya ditelepon teman seorang marinir lagi heboh ditemukan surat suara yang sudah dicoblos nomor 01 isinya 80 juta surat suara tolong kalau ada akses sampaikan ke Pak Joksan (Djoko Santoso). Aku juga lagi nyari (akses) ke Pak Joksan masih dibuka katanya, lagi diamanin marinir,” ucap Jaksa menirukan percakapan Bagus.