Jokowi: Tunjukkan Pada Saya Presiden Mana Cek Jalan Sampai 8 Kali

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Amin yang digelar Kelompok Relawan KerJo (Pengusaha Pekerja Pro Jokowi). Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bagaimana infrastruktur merupakan pondasi pertumbuhan ekonomi di belahan bagian dunia manapun.

Menurutnya, selama lima tahun dirinya memimpin, ia juga sudah sering memeriksa langsung kelangsungan pengerjaan infrastruktur. Jokowi pun memantang para pendukungnya untuk menunjukkan presiden yang pernah bolak-balik memeriksa pengerjaan proyek infrastruktur sebanyak dirinya.

“Nyaris tiap hari saya di lapangan untuk pastikan setiap program berjalan. Saya datang ke tol Trans-Sumatra sudah 8 kali datang. Tunjukkan kepada saya presiden mana yang ngecek jalan sampai 8 kali. Kalau presidennya datang 8 kali, menterinya pasti datang 16 kali untuk pastikan target dan kualitas bahwa proyek ini berjalan,” ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Ia menjelaskan, kunjungan seperti ini kerap ia lakukan karena mendengar masukan dari masyarakat. Sehingga, Jokowi juga ingin memastikan secara langsung agar proyek berjalan dengan baik.

“Akan saya cek, akan saya kontrol, dan saya monitor terus. Pasti akan saya datangi terus untuk pastikan bahwa proyek besar yang penting berjalan,” tuturnya.

“Jadi sudah kami hitung untuk Tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh sudah kami hitung. Kami hitung nanti di 2024, Lampung sampai Aceh akan tersambung sepanjang kurang lebih 2.400 km,” lanjut Jokowi.

Sinopsis Sinetron SCTV Cinta Buta Episode Kamis 21 Maret 2019: Reyhan Cemburu pada Aslan

Aulia di rumahnya, dia tanya sama Rama, kapan akan jemput Debby dari rumah Kania. Rama bilang biarkan dulu Debby di sana, Aulia mau protes tapi tidak mau memperpanjang debat dengan ayahnya. Rama juga meminta Aulia bantu mengurus mamanya di sana.

Melly pagi pagi ngajak Aslan sarapan di tukang nasi uduk. Tapi Aslan seakan menghindar, Melly heran dengan sikap Aslan. Gugun lalu muncul, Melly tanya Gugun kenapa sih Aslan. Gugun lalu bilang Aslan sudah tahu Melly suka dirinya. Melly kaget.

Paduan Warna-Warna Cerah Tenun Baduy pada Koleksi Lekat Dua

Liputan6.com, Jakarta – Brand fashion eco-ethical asal Indonesia, Lekat kembali hadir dengan koleksi terbaru. Brand yang dikenal dengan pemakaian kain Baduy pada rancangannya ini mempersembahkan lini busana kedua yang bertajuk Lekat Dua.

Creative Director Lekat, Amanda Lestari menyampaikan koleksi kali ini lebih pada ready to wear yang simpel, terjangkau juga modern. Terciptanya koleksi teranyar Lekat juga terinspirasi dari karya-karya Ellsworth Kelly yang memadukan warna-warna kontras yakni magenta dan hitam, hijau dan jingga, hingga biru dan merah.

“Sudah waktunya untuk Lekat untuk mengeluarkan brand kedua yang lebih meluas ke pasar retail. Kali ini saya meng-challenge diri saya untuk konstruksi ulang pemakaian tenun Baduy, yang awalnya full tenun, sekarang hanya beberapa bagian saja,” jelas Amanda saat ditemui di Fashion Nation 2019, Selasa, 19 Maret 2019, di Senayan, Jakarta.

Tak hanya penuh warna, Amanda juga menyampaikan memakai beragam motif yang meliputi kotak-kotak dan garis-garis untuk siluet celana, atasan, dan skirt lalu outer, kemeja, gaun, celana pendek dan panjang.

“Koleksi ready to wear kali ini dipadukan dalam item oversized,” tambahnya.

Sementara, koleksi ini menggunakan kain Baduy dengan bahan cotton twill, rayon, hingga canvas. Dilengkapi pula dengan aksesori mulai dari tas ikonik hingga bucket hat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

25 tahun Populo Batik di industri fashion dirayakan di panggung Fashion Nation lewat STAPLE collection

Menlu New Zealand: Terima Kasih Atas Ucapan Duka yang Diberikan RI Pada Kami

Jakarta – Wakil Perdana Menteri sekaligus Menlu New Zealand Winston Peters berterima kasih kepada pemerintah dan publik Indonesia yang memberi dukungan moral dan simpati atas aksi teror terhadap dua masjid di Christchurch. Dia menyatakan, terorisme adalah musuh bersama.

“Kami bekerja sama dengan semua negara yang melihat bahwa terorisme merupakan sebuah masalah dan kami juga saling berbagi informasi. Dan saya yakin ini menjadi perhatian Indonesia juga, terutama dalam konteks mencegah ini akan terjadi lagi,” kata Peters di sela-sela acara High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Fairmont Hotel Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Peters mulanya bercerita, dalam pertemuan ini ada banyak hal yang dia bahas bersama Menlu RI Retno LP Marsudi. Dia mengaku banyak bertukar pikiran mengenai pengalaman masing-masing dalam menangani berbagai isu strategis.

“Banyak hal yang kami bahas mengenai hubungan RI-New Zealand. Kami sangat tertarik dengan perkembangan yang telah dilakukan Indonesia belakangan ini, terutama pengaruh politik di bagian dunia ini. Dan apa yang telah dilakukan Indonesia, yang kita lakukan bersama telah memberikan yang terbaik bagi dunia dan kawasan dan semoga bisa terus begitu,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, Peters mewakili negaranya juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan publik Indonesia terkait teror yang mengoyak kedamaian di Selandia Baru.

“Terima kasih juga atas ucapan duka yang diberikan Indonesia kepada kami. Indonesia, negara muslim terbesar, paham apa yang terjadi di sini, dan kami berharap Indonesia bisa memberikan pengaruhnya untuk mengoreksi misinterpretasi segala hal yang mungkin bisa menjadi dampak atas teror Christchurch,” ucapnya.

Terkait teror ini, Peters mengaku menyampaikan kepada Menlu Retno bahwa pelakunya diduga lone wolf terrorist atau tidak terafiliasi dengan kelompok radikal. Peters menegaskan polisi bekerja ekstra keras untuk mengusut tuntas kasus ini.

“Investigasi masih terus berlangsung. Tapi perwira tinggi polisi senior kami yakin pelaku merupakan lone terrorist acting by himself. Tapi kami membuka segala kemungkinan lain, kami melakukan penyelidikan seluas-luasnya, publik tahu dunia harus tahu hal ini. Saya yakinkan kepada Retno, kepada dunia, Selandia Baru akan memperlakukan keluarga korban dengan layak,” ucapnya.

“Saya kini melihat, komen-komen keras tentang apa yang terjadi seputar Christchurch justru malah akan menambah parah situasi. Misalnya apa yang dikatakan oleh beberapa anggota parlemen negara lain. Pada akhirnya, semua ini adalah sebuah tragedi menyedihkan bagi kemanusiaan dan tugas kita para pemimpin dunia sekarang adalah memberikan keyakinan pada masyarakat tentang moderasi, toleransi dan menghargai semua agama,” sambung Peters.
(hri/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Fungsi Daun pada Tumbuhan, Ternyata Miliki Peran Penting

Nah, setelah mengetahui struktur pembentuk daun, kamu pasti mulai mengetahui fungsi daun pada tumbuhan. Seperti apa fungsi penting dari sehelai daun pada tumbuhan? Berikut ulasan mengenai fungsi daun yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

1. Tempat terjadinya fotosintesis

Fungsi daun yang paling utama adalah sebagai tempat untuk mengolah zat makanan yang dimiliki. Proses pengolahan inilah yang disebut dengan fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan. Terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil.

Dalam fotosintesis, cahaya matahari diserap oleh klorofil pada daun. Dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya.

Pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. Sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.

2. Sebagai organ pernapasan

Fungsi daun yang penting selanjutnya adalah sebagai organ pernapasan tumbuhan. Daun memiliki stomata yang berfungsi sebagai organ respirasi. Stoma atau bentuk jamaknya stomata, mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis.

Stomata merupakan struktur bukaan yang terdapat sel penjaga di sampingnya. Pada umumnya stomata terdapat di bawah permukaan daun, tetapi ada pula yang di atas maupun di bawah.

3. Tempat transpirasi

Fungsi daun selanjutnya adalah sebagai tempat terjadinya transpirasi. Apa itu transpirasi?

Transpirasi merupakan keadaan hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan. Sebagian besar transpirasi berlangsung melalui stomata sedang melalui kutikula daun dalam jumlah yang lebih sedikit. Transpirasi terjadi pada saat tumbuhan membuka stomatanya untuk mengambil karbon dioksida dari udara untuk berfotosintesis.

Lebih dari 20 % air yang diambil oleh akar dikeluarkan ke udara sebagai uap air. Sebagian besar uap air yang ditranspirasi oleh tumbuhan tingkat tinggi berasal dari daun selain dari batang, bunga dan buah.

4. Tempat terjadinya gutasi

Gutasi merupakan proses pelepasan air dalam bentuk cairan dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi tanah sesuai, sehingga penyerapan air tinggi. Namun laju transpirasi rendah maupun ketika penguapan air sulit terjadi karena tingginya kelempaban udara.

Proses gutasi terjadi pada struktur daun mirip stomata yang bernama hidatoda. Gutasi dapat diamati dengan munculnya tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur.

Titik-titik air yang keluar dari jaringan daun melalui proses gutasi bukanlah air murni. Berbagai senyawa diketahui terlarut di dalamnya. Beberapa senyawa yang ditemukan terlarut dalam titik-titik air tersebut adalah enzim, gula, asam amino, vitamin, serta mineral seperti P, K, Na, Mg, dan Fe.

5. Alat reproduksi vegetatif

Reproduksi vegetatif adalah cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual atau tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Proses ini dapat dilakukan secara alami dan buatan. Reproduksi vegetatif alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain seperti manusia.

Salah satu tumbuhan yang mengalami reproduksi vegetatif melalui daun adalah tumbuhan cocor bebek. Tumbuhan cocor bebek akan mengeluarkan tunas pada daunnya sebagai proses perkembangbiakan. Tunas ini disebut juga tunas adventif.

Groundbreaking MRT Fase II Berlangsung pada 24 Maret

Nantinya, stasiun yang dilewati MRT fase 2 yakni, Sarinah, Monas, Sawah Besar, Mangga Besar dan Glodok.

“Sudah ditetapkan bahwa di Monas akan ada stasiun, stasiun bawah tanah, keluarnya ada dua. Satu di sisi selatan, Museum Nasional, di situ ada jalan, kemudian yang kedua di ujung barat daya monas yang bdekat dengan patung kuda,” Anies menjelaskan.

Sebelumnya, Direktur Keuangan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Tuhiyat menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta pada, Minggu, 24 Maret 2019.

“Dan kalau tidak ada halangan, hari Minggu, tanggal 24 Maret besok, akan diresmikan oleh beliau (Jokowi). Bertempat tersentral di Stasiun Bundaran HI,” kata Tuhiyat di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (18/3/2019).

Tragedi Heli TNI Jatuh di Poso Gugurkan 13 Prajurit pada 2016

Liputan6.com, Jakarta – Suasana arisan keluarga Kolonel Infantri Ontang RP berlangsung hangat, Minggu 20 Maret 2016 lalu. Semua handai taulan berkumpul di rumah Ontang yang berada di Kompleks Perwira Angkatan Darat Cijantung, ‎Jakarta Timur.

Dalam catatan Sejarah Hari Ini (Sahrini) Liputan6.com, acara kumpul-kumpul keluarga ini memang digelar saban Minggu. Ontang yang biasa hadir, kali ini absen. Tugas negara di Poso mengharuskannya terpisah dari keluarga. Dia hanya menyampaikan salam kepada sang ibunda melalui sambungan telepon.

Namun tak dinyana. Suara Ontang dalam sambungan seluler itu menjadi komunikasinya yang terakhir dengan keluarga. Dia meninggal dunia setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh di Poso.

“Ada kawan Bang Ontang menyampaikan turut berduka cita,” ucap adik kandung Ontang, Marthin Sitindaon kepada Liputan6.com.

Tak hanya Ontang. Ada 12 prajurit lain yang gugur dalam tugas negara tersebut. Mereka adalah Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Saiful Anwar, Kolonel Inf Heri, Letkol Cpm Tedy, Mayor Inf Faqih, Kapten Dr Yanto, Prada Kiki, Kapten Cpn Agung, Lettu Cpn Wiradi, Letda Cpn Tito, Serda Karmin, Sertu Bagus, dan Pratu Bangkit.

Mayjen TNI Tatang Sulaiman, yang kala itu menjabat Kapuspen TNI menyatakan, 13 personel gabungan dengan Polri itu diterjunkan ke Poso untuk menangkap kelompok bersenjata pimpinan Santoso dalam Operasi Tinombala.

“Musibah jatuhnya Helikopter milik TNI AD sedang melaksanakan tugas operasi perbantuan kepada Polri di Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah,” kata Mayjen Tatang Sulaiman saat konferensi pers di Mabes TNI, Jakarta, Minggu 20 Maret 2016.

Dia menuturkan, kecelakaan berawal saat helikopter berangkat dari Desa Napu menuju Poso sekitar pukul 17.20 Wita. Namun heli itu jatuh tersambar petir di atas perkebunan Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir.

“Heli Bell itu masih kategori heli baru pengadaan 2012 dari Amerika Serikat. Semestinya pendaratan dekat Stadion Poso, 35 menit selama terbang,” kata Tatang.

Menurut dia, saat ini pihaknya melakukan langkah investigasi dan evakuasi korban jatuhnya helikopter tersebut. Sebab, salah satu kru helikopter Lettu Cpn Wiradi masih dalam pencarian pihak TNI.

“Pangdam VII/Wirabuana sedang memimpin pencarian dan evakuasi terhadap korban, 12 orang sudah dapat diidentifikasi dan 1 orang Lettu Cpn Wiradi (Co Pilot) masih dalam pencarian,” ujar dia.

Tatang menambahkan, dua belas jenazah korban heli itu sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara, Palu, Sulawesi Tengah, pada Minggu 20 Maret 2016. 12 korban akan menjalani identifikasi.

“Besok pagi, semua korban akan dievakuasi menuju ke rumah duka masing-masing. TNI masih melaksanakan investigasi dalam rangka mengumpulkan informasi jatuhnya pesawat helikopter itu,” jelas dia.

Sementara di kesempatan berbeda, Camat Poso Pesisir, Muhlis Saing mengatakan aparat TNI, Polri dan masyarakat setempat mengevakuasi jenazah dan memadamkan api saat heli yang membawa 13 penumpang itu jatuh di dekat Bandara Kasiguncu Poso.

“Kondisi jenazah hampir tidak ada yang utuh,” kata Muhlis.

Dia mengatakan aparat TNI dan Polri dibantu masyarakat kesulitan memadamkan api karena mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke lokasi kejadian. “Heli jatuh di saluran air, tapi tidak ada airnya. Kecuali saat hujan baru ada airnya,” ujar dia.

Menurutnya, saat membantu memadamkan api, warga hanya menggunakan daun pisang dan pasir. Dia mengatakan, evakuasi terpaksa dilakukan setelah api padam.

Warga juga takut mendekat karena sesekali ada letusan yang diduga amunisi. “Ada ledakan kecil-kecil. Kalau meledak lagi, masyarakat sembunyi lagi di balik pohon karena takut kena amunisi,” katanya.

Masihkah Alderweireld di Tottenham pada Musim Depan?

BrusselsToby Alderweireld mengaku tak tahu apakah masih akan bertahan atau tidak di Tottenham Hotspur di musim depan. Alderweireld cuma ingin memastikan Spurs menyudahi musim ini sebaik mungkin.

Bek tengah Tottenham itu masih terikat kontrak sampai 2020, setelah sebuah klausul di kontraknya diaktifkan. Namun demikian, hal itu berarti turut mengaktifkan klausul pelepasan Alderweireld sebesar 25 juta pound sterling di bursa musim panas.

Menurut spekulasi yang berkembang, bek berusia 30 tahun itu menolak memperpanjang kontraknya dengan Tottenham. Disebutkan pula, Spurs bahkan akan melego Alderweireld di dua pekan terakhir bursa.


Manchester United menjadi klub yang paling santer dikaitkan dengan Alderweireld, sekalipun Barcelona dan Juventus juga dikabarkan berminat.

“Masih ada banyak pertandingan untuk dimainkan di musim ini. Dan pada akhirnya aku masih punya sisa setahun kontrak di Spurs, jadi aku tidak melihat lebih jauh daripada musim ini,” Alderweireld mengatakan kepada Sky Sports News.

“Hal-hal lainnya aku tidak tahu. Aku sangat bahagia sih di Spurs. Jadi kita lihat saja bagaimana masa depan.”

Alderweireld bergabung Tottenham dari Atletico Madrid pada 2015. Hingga kini Aldeweireld telah membuat nyaris 150 penampilan yang turut membantu Spurs konsisten finis tiga besar dalam tiga musim terakhir.

(rin/yna)

Mengenal Misaki Kishi, Wanita Muda Jepang yang Jatuh Cinta pada Wayang

“Saya suka wayang sejak empat tahun lalu. Dan sejak saat itu saya ingin mempelajari wayang lebih dalam,” kata remaja ini, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Kesungguhannya dibuktikan dengan tak jarang menonton pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Menonton wayang semalaman membuatnya cepat belajar pedalangan dalam kondisi sebenarnya.

Ia berharap bakal cepat beradaptasi dengan kehidupan orang Indonesia, terutama bahasanya. Menguasai bahasa baginya adalah cara cepat untuk mempercapat pembelajarannya soal wayang dan pedalangan.

“Saya senang nonton wayang kulit sampai pagi. Semoga saya cepat beradaptasi di sini,” dia mengungkapkan.

Misaki membuktikan bahwa seni dan budaya mampu melintas tempat, bahasa, budaya bahkan negara. Budaya Jawa, nyatanya memang telah mendunia dan banyak dipelajari oleh warga negara asing (WNA).

Buktinya, tak hanya Misaki yang mempelajari budaya dan kesenian Jawa, gamelan dan wayang. Seorang mahasiswa asal Meksiko, Leon juga tengah belajar gamelan dan wayang di ISI Surakarta. Ia bahkan mengaku bangga bisa mempelajari gamelan dan wayang.

Leon mengaku mengenal gamelan sejak 2004 lalu di negaranya. Namun, lantaran keterbatasan pengajar budaya Jawa dan gamelan di Meksiko, ia memutuskan belajar gamelan di negara asalnya.

“Saya sudah lama suka gamelan Jawa. Saya putuskan untuk ke Indonesia,” kata Leon.

Gejala Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Gejala cacingan ternyata berbeda-beda, tergantung pada jenis cacing apa yang berkembang di dalam tubuh. Berikut gejala cacingan menurut jenis cacing yang berkembang:

1. Gejala cacingan akibat cacing kremi

Cacing kremi merupakan cacing yang berukuran sangat kecil, pipih, berwarna putih yang akan menginfeksi bagian sistem pencernaan manusia. Cacing kremi termasuk dalam kelompok parasit pinworm.

Orang dewasa memang lebih jarang mengalami infeksi cacing kremi. Biasanya jika orang dewasa mengalami infeksi cacing kremi adalah orang yang merawat anak yang terkena infeksi cacing kremi. Jika perawat anak ini terkontaminasi cacing kremi, ia berisiko juga menularkan cacing ini pada pasangannya saat berhubungan seksual.

Gejala cacingan kremi yang perlu diwaspadai antara lain adalah:

· Gejala cacingan pertama adalah sering gatal di bagian anus, gatalnya terasa sangat kuat. Apalagi saat di malam hari. Pada malam hari, spesies betina cacing ini akan menetaskan telur-telurnya di bagian anus.

· Tidur gelisah sebab bagian rektum (anus) terasa tidak nyaman.

· Nyeri, ruam, atau iritasi di kulit sekitar anus.

· Adanya cacing kremi di feses.

· Ditemukan cacing di daerah anus.

2. Gejala cacingan akibat cacing gelang

Gejala cacingan akibat cacing gelang adalah infeksi yang disebabkan oleh Ascaris lumbricodes. Ascaris termasuk parasit dalam tubuh manusia dari jenis roundworms. Cacing ini seringnya berada pada lingkungan yang tidak bersih dan tinggal di wilayah yang beriklim hangat.

Gejala cacingan awal dari cacing ini biasanya tidak ada gejalanya. Gejala cacingan akan muncul seiring pertumbuhan cacing yang semakin berkembang. Terdapat dua gejala cacingan yang dapat terjadi, tergantung ke bagian tubuh mana cacing itu menginfeksi. Organ tubuh yang biasa diserang adalah paru-paru dan usus.

Gejala cacingan yang akan muncul saat terjadi infeksi cacing gelang di paru-paru yaitu:

· Batuk-batuk

· Napas terasa semakin pendek

· Ada darah di dalam mukus

· Dada terasa tidak nyaman

· Demam

Gejala cacingan yang akan muncul saat cacing ini menyerang bagian usus adalah:

· Mual

· Muntah

· Diare

· Perut terasa tidak nyaman

· Penurunan berat badan

· Selera makan menurun

· Penyumbatan usus sehingga perut bisa terasa nyeri dan terjadi muntah parah