Pabrik Yamaha Indonesia Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Pabrik perakitan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur dan Karawang, Jawa Barat, diklaim menggunakan kandungan lokal mencapai 94 persen.

Hal tersebut disampaikan Executive Vice President YIMM Dyonisius Beti saat pelepasan ke 1,5 juta Ekspor motor Yamaha yang disaksikan langsung Presiden Joko Widodo, di pabrik Global YIMM Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (3/12/2018).

Bahkan Dyon juga menyatakan, Yamaha memiliki 250 ribu karyawan terkait bisnis ini dan dua juta karyawan di industri terkait sepeda motor.

“Dan hari ini, pabrik ini jadi pabrik yang terbesar di dunia dalam Yamaha Grup,” ucap Dyon saat menyampaikan sambutannya dihadapan para tamu undangan.

Dengan pencapaian ini pula, Yamaha Indonesia sejak 1997 hingga 3 Desember 2018, telah melakukan ekspor hingga 1,5 juta unit motor Yamaha dalam bentuk utuh ke lima benua, dengan menghasilkan surplus perdagangan sebesar Rp 11,8 triliun atau US$ 813,6 juta.

Adapun beberapa model Yamaha yang di produksi di Indonesia, mulai dari Mio, FreeGO, X-Ride, Soul GT, Fino,  Nmax, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, V-Ixion, Xabre, MX-King dan Jupiter, Vega Vorce, dan beberapa model lainnya.

Model-model yang disebutkan di atas juga beberapa di antaranya diproduksi untuk pasar ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *