Barcelona vs Real Valladolid: Rotasi Demi Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal merotasi pemainnya saat menghadapi Real Valladolid di Camp Nou, Senin (18/2/2019). Ini untuk menjaga-jaga kondisi pemain sebelum laga Liga Champions menghadapi Olympique Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, laga leg kedua semifinal Copa del Rey juga ada di pikiran pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Barcelona masih dihantui bayang-bayang kegagalan di Liga Champions musim lalu.

Dimana mereka harus takluk dengan cara menyakitkan dari AS Roma. Meski unggul 4-1 di Camp Nou, AS Roma kalahkan Barcelona 3-0 di Olimpico sehingga mereka unggul gol tandang 4-4.

Valverde ingin memastikan bintangnya tampil penuh saat Lyon. Namun tanpa mengecilkan pentingnya laga Real Valladolid di lanjutan Liga Spanyol nanti.

Dua bintang Lionel Messi dan Luis Suarez bakal jadi target rotasi. Namun seperti dilansir as, hanya Messi yang kemungkinan dicadangkan.

2 dari 2 halaman

Pulih Total

Tim medis Barcelona juga mengindikasikan Messi bakal pulih total kalau diistirahatkan lawan Valladolid. Dia akan pulih dari masalah jaringan otot dan pencernaan yang membuatnya sulit tampil 100 persen.

Suarez mungkin tampil jadi starter tapi tidak akan main 90 menit. Posisinya akan digantikan Kevin Prince Boateng.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Clement Lenglet juga akan diistirahatkan. Barcelona benar-benar fokus ke laga melawan Lyon.

Martial-Lingard Diperkirakan Menepi Tiga Pekan

Manchester – Dua pilar Manchester United, Anthony Martial dan Jesse Lingard, diperkirakan absen hingga tiga pekan. Hal itu dikonfirmasi Ole Gunnar Solskjaer.

Bekapan cedera itu didapat Martial dan Lingard saat MU takluk dari Paris Saint-Germain. Martial mengalami masalah otot pada awal laga. Ia sempat dipaksakan bermain sampai jeda. Hingga akhirnya digantikan Juan Mata pada babak kedua.

Sedangkan Lingard mengalami masalah hamstring sesaat sebelum babak pertama berakhir dan langsung disubstitusi dengan Alexis Sanchez.

Pada konferensi pers jelang laga Piala FA melawan Chelsea, Jumat (15/2/2019) malam WIB, Solskjaer mengungkapkan kondisi kedua pemainnya itu.

Martial dan Lingard akan melewatkan MU melawan Chelsea, juga saat The Red Devils berhadapan dengan Liverpool di pekan depan.

“Saya pikir mereka akan menepi setidaknya dua sampai tiga pekan ke depan menengok kondisinya sekarang,” jelasnya dikutip Sky Sports.

“Ini menjadi kesempatan untuk pemain lain bermain. Entah itu Alexis, Romelu Lukaku, atau Angel Gomes. Anthony dan Jesse bekerja sangat baik bersama kami. Mereka sangat vital pada sektor penyerangan kami dengan kecepatannya.”

“Romelu dan Alexis punya skill yang berbeda. Jadi kami akan menyatukan tim lagi untuk Senin nanti,” tutur sang manajer.

(cas/cas)


HEADLINE: Mewaspadai Jejak Kencing Tikus Penyebab KLB Leptospirosis

Liputan6.com, Jakarta Tiga orang warga Kalimantan Utara (Kaltara) dinyatakan positif terinfeksi leptospirosis pada awal Januari 2019. Dua dari tiga pasien leptospirosis itu meninggal dunia. Kasus leptospirosis ini merupakan yang pertama kali terjadi di Kaltara.

Sebelumnya, tak pernah ditemukan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Leptospirosa sp dan ditularkan dari kencing tikus di Kaltara, terutama di Kota Tarakan. Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara pun menetapkan kondisi itu sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). 

Temuan kasus leptospirosis serta penetapan KLB itu kemudian dilaporkan pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono menyampaikan, KLB leptospirosis memang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat. Penetapan KLB ini didukung adanya kasus kematian leptospirosis.

“Iya, memang benar di sana (Kalimantan Utara) ada kasus leptospirosis. Pemerintah daerah setempat yang menetapkannya sebagai KLB,” ucapnya saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat, ditulis Kamis, 14 Februari 2019.

Kaltara adalah provinsi pertama di Indonesia yang melaporkan adanya kasus leptospirosis pada awal Januari 2019. Hingga saat ini, belum ada laporan kasus leptospirosis dari provinsi-provinsi lainnya. Data Kementerian Kesehatan tahun 2018 mencatat, beberapa provinsi didera kasus leptospirosis. Jumlah kasus leptospirosis pun bisa mencapai ratusan jiwa.

“Data yang ada pada kami ini memang seluruh data (laporan kasus) untuk tahun 2018, sedangkan 2019, laporan kasus leptospirosis yang masuk hanya Kaltara,” lanjut Anung.

Pada tahun 2018, kasus leptospirosis dilaporkan ada di 7 provinsi lain yakni Banten 104 kasus dengan 26 kematian; DKI Jakarta terdapat 11 kasus dengan 2 kematian; Jawa Barat ada 2 kasus, tanpa angka kematian; dan DIY ada 186 kasus dengan 16 kematian.

Kasus leptospirosis di Jawa Tengah tercatat paling tinggi dengan 427 kasus leptospirosis dan 89 kematian; Jawa Timur ada 128 kasus dengan 10 kematian; serta Maluku ada 5 kasus dengan 2 kematian.

Dalam laporan tersebut, selain dari air kencing tikus, leptospirosis juga ditularkan dari air kencing kucing maupun anjing.



Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 4 halaman

Surat untuk Dinas Kesehatan Se-Indonesia

Menanggapi KLB leptospirosis di Kota Tarakan, Kementerian Kesehatan sudah mengirimkan surat kesiapsiagaan dan kewaspadaan kepada seluruh dinas kesehatan (dinkes) provinsi di seluruh Indonesia. Surat tersebut ditujukan agar kepala dinas kesehatan provinsi di seluruh Indonesia melakukan langkah kesiapsiagaan. Hal itu tertuang di dalam surat nomor: PV.03.04/IV/284/2019 terkait kewaspadaan KLB leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri Leptospira sp.

“Surat Kementerian Kesehatan isinya tentang kewaspadaan meningkatnya kasus leptospirosis sehubungan kondisi curah hujan tinggi. Jadi, ada kemungkinan banjir atau genangan air di beberapa tempat yang menjadikan tikus keluar dari sarang. Apabila ada kuman Leptospira sp, (bisa) mengakibatkan sakit leptospirosis pada manusia,” Anung menerangkan.

Senada dengan Anung, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menambahkan, surat dari Kementerian Kesehatan kepada seluruh dinas kesehatan provinsi se-Indonesia tentang kewaspadaan leptospirosis dikirimkan pada pertengahan Januari 2019. Adanya surat ini berkaitan dengan respons KLB Leptospirosis di Kaltara.

“Kiriman surat Kementerian Kesehatan kepada seluruh dinas kesehatan provinsi di Indonesia pada pertengahan Januari 2019 kemarin. Surat itu memang dikeluarkan setelah adanya KLB di Kaltara. Sebagai tindak kewaspadaan terhadap leptospirosis selama musim hujan dan curah hujan yang tinggi,” ucap Nadia kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Surat tersebut pun diteruskan kepada dinas kesehatan di kabupaten/kota masing-masing. Langkah untuk menekan kasus leptospirosis, salah satunya meningkatkan deteksi dini leptospirosis pada manusia serta memberikan pengobatan. Seperti yang terjadi di Kota Tarakan, tes diagnostik cepat (RDT) dilakukan. Gejala berupa demam mendadak kurang lebih 38,5 derajat Celcius, badan lemah, sakit kepala, dan mata merah.

Penderita juga mengalami kekuningan pada kulit dan nyeri otot betis. Pengobatan bisa dengan pemberian obat antibakteri. Obat ini akan membunuh bakteri leptospirosis. Jika penanganan cepat, maka penderita yang terinfeksi dapat sembuh.

3 dari 4 halaman

Gejala Mirip Penyakit Lain

Leptospirosis termasuk penyakit menular yang diam-diam mematikan jika tak segera diobati. Bakteri Leptospira sp dapat menginfeksi organ vital tubuh, misal, hati dan ginjal. Hal ini membuat kinerja organ tubuh tidak berfungsi maksimal dan terganggu. Yang patut diwaspadai, gejala leptospirosis mirip dengan penyakit lain, seperti demam biasa dan hepatitis.

“Diam-diam penyakit ini mematikan karena gejala yang ada serupa seperti sakit biasa saja. Gejalanya kan demam, badan lemas, dan sakit kepala. Biasanya orang akan membiarkan saja (tidak berobat) karena dikira penyakit biasa. Tapi (kalau tidak ditangani) lama-lama tubuhnya menjadi kuning,” Nadia menjelaskan.

Dalam laporan kasus kematian di Kaltara, dua orang meninggal karena sudah mencapai kondisi parah. Infeksi leptospirosis sudah menyebar ke organ tubuh. Bakteri menyebar sampai ke organ tubuh lain. Gejala penyakit ini juga serupa dengan hepatitis berupa kekuningan pada tubuh.

Ketika pasien sudah datang ke puskesmas dan rumah sakit lain, gejala leptospirosis sudah memburuk. Bahkan pasien sudah mengalami kekuningan pada tubuh. Setelah diperiksa, pasien positif menderita leptospirosis. Bakteri pun menyebar dengan cepat, yang mengakibatkan kematian.

“(Gejala) awalnya itu kan demam, lalu mata merah. Lama-lama badan tampak kuning. Ketika sudah kuning, penderita biasanya baru menyadari kalau kondisinya sudah berat. Mereka baru pergi ke dokter untuk berobat. Pasien mengiranya, dia sakit demam biasa,” tambah Nadia.

Pencegahan yang dilakukan, yakni cuci tangan dan kaki dengan sabun saat dan setelah beraktivitas. Rajin membersihkan sarang tikus dan genangan air pun bisa menghindarkan diri terinfeksi bakteri leptospirosis. Bakteri bisa masuk ke kulit melalui banjir, genangan air, sungai, danau, selokan, saluran air, sawah, dan lumpur.

4 dari 4 halaman

Air Banjir yang Membahayakan

Masyarakat harus mewaspadai penularan bakteri leptospirosis dari air banjir. Banjir yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia selama musim hujan ini diam-diam membahayakan manusia. Air banjir menjadi media pembawa air kencing tikus. Ketika seseorang terpapar air banjir, ia bisa berisiko terinfeksi bakteri leptospirosis. Bakteri masuk melalui permukaan kulit, terlebih lagi bila kulit terdapat luka atau lecet.

“Yang paling utama diwaspadai saat musim hujan, terutama banjir di berbagai daerah. Air banjir ini mengandung banyak bakteri macam-macam, termasuk juga potensi adanya bakteri dari air kencing tikus. Air banjir membawa air kencing tikus,” Nadia menerangkan.

Adanya air kencing tikus pada air banjir juga harus diwaspadai pada anak-anak. Anak-anak sering sekali terlihat berenang dan bermain di air banjir. Padahal, air banjir itu ada air kencing tikus, yang bisa menyebabkan penyakit leptospirosis.

Leptospirosis merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan menular. Menurut Nadia, saat musim panas bisa saja seseorang terinfeksi air kencing tikus, tapi pada umumnya infeksi leptospirosis banyak terjadi saat musim hujan. Daerah-daerah yang punya curah hujan tinggi, bahkan sampai didera banjir perlu mengantisipasi penyakit leptospirosis.

Adapun risiko leptospirosis dapat dialami buruh pekerja, yang bekerja membangun jalan, gorong-gorong (selokan), dan pekerja kebersihan kali/sungai. Mereka punya risiko terpapar bakteri leptospirosis tinggi. Ini karena lokasi tempat mereka bekerja jadi tempat keluar masuk sarang tikus serta tempat tikus berkeliaran, di mana air kencing tikus bisa ada.

“Selain itu, risiko pekerja yang bekerja di ladang dan sawah. Ya, karena banyak tikus sawah juga di sana. Apalagi kalau ke sana tidak pakai alas kaki. Proses masuknya bakteri leptospirosis kan melalui kulit. Kalau kita punya luka atau lecet di kulit, bakteri itu mudah masuk. Masuknya lewat luka tersebut,” ujar Nadia.

Upaya pemerintah daerah setempat mencegah bakteri leptsospirosis menyebar ke manusia dengan membersihkan gorong-gorong dan tempat sampah. Tikus senang sekali berada di tempat-tempat tersebut, terutama lingkungan yang kotor.

Saat Berhubungan Seks Tiba-tiba Kebelet Pipis, Normalkah?

Liputan6.com, Jakarta Ketika berhubungan seks, yang pertama kali terpikirkan adalah bagaimana caranya mencapai orgasme. Namun, bagaimana ketika tiba-tiba, Anda merasa perlu pipis atau buang air kecil? Normalkah kejadian seperti ini?

Melansir Women’s Health pada Kamis (14/2/2019), ginekolog di New York, Alyssa Dweck mengatakan bahwa ada berbagai hal yang menyebabkan Anda merasa perlu ke kamar mandi saat di tengah berhubungan seks. Hal ini bisa disebabkan tekanan pada kandung kemih (entah karena beberapa posisi seks tertentu), yang membuat seseorang merasa ingin pipis.

Selain itu, Dweck mengatakan bahwa vagina yang kering, serta kepekaan terhadap pelumas atau kondom juga bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan di sekitar uretra. Hal ini menimbulkan keinginan untuk pipis muncul.

Untuk ini, Dweck merekomendasikan Anda mengeliminasi satu per satu potensi iritasi (kecuali kondom, yang satu ini bisa dengan mencoba merek yang berbeda). Lihatlah apakah ada potensi iritasi di antara tiga hal tersebut dan kemudian lihatlah satu per satu kondisi Anda.

2 dari 4 halaman

Ejakulasi

Di sisi lain, otot-otot dasar panggul yang lemah juga ditengarai menjadi penyebab keinginan pipis ketika sedang bercinta. Sebuah studi dari National Institutes of Health menyebutkan, di Amerika Serikat, seperempat wanita mengalaminya karena gangguan pada dasar pelvis.

Keinginan untuk pipis saat berhubungan seks juga bisa menjadi pertanda akan orgasme. Sehingga, cobalah menunggu sesaat sebelum berlari ke kamar mandi, selama Anda tidak kesakitan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa 10 hingga 54 persen wanita yang mengalami ejakulasi saat berhubungan seks. Cairan yang mengalir dan jernih, bisa terasa seperti melakukan buang air kecil.

“Beberapa merasa itu hanya urin, sementara yang lain mengatakan cairan itu memiliki susunan kimiawi yang berbeda,” kata Dweck. Beberapa hali berpikir bahwa cairan itu berasal dari kelenjar kecil di sekitar uretra yang dinamakan kelenjar Skene. Yang lainnya mengatakan itu hanya urin, seperit dalam studi di Journal of Sex Medicine.

3 dari 4 halaman

Kapan perlu waspada?

Agar ini tidak terjadi, Dweck menyarankan agar Anda sebaiknya pergi terlebih dulu buang air kecil sebelum bercinta. Namun, jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda tanpa memikirkan ejakulasi, berhubungan seks di kamar mandi mungkin bisa menjadi alternatif.

“Beberapa wanita memilih bermain basah-basahan, seperti seks di bawah pancuran kamar mandi, jadi itu tertutupi,” kata Dweck.

Namun, apabila jika Anda terus menerus merasa ingin pipis saat berhubungan seks, mungkin ada masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Contohnya adalah infeksi saluran kemih.

Beberapa gejala terkait penyakit semacam itu adalah sensasi terbakar saat buang air kecil, demam dalam urin, sakit punggung, berbau tidak sedap, hingga menggigil yang semakin parah saat berhubungan seks.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Solskjaer: Cedera Lingard – Martial Bukan Alasan Kekalahan MU

Liputan6.com, Manchester – Caretaker Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, kecewa dengan kekalahan timnya dari Paris Saint-Germain (PSG). Namun, ia tak mau menjadikan cedera Jesse Lingard dan Anthony Martial sebagai alasan.

PSG menang 2-0 atas MU pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Old Trafford, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB. Dalam laga itu, gol tim tamu dicetak Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe.

Sebelum laga, banyak yang memprediksi PSG akan tumbang. Sebab, mereka kehilangan Neymar dan Edinson Cavani. Selain itu, MU juga sedang dalam performa bagus. Namun, klub ibukota Prancis itu mampu membalikkan semua prediksi.

Dalam laga tersebut, dua winger MU, Jesse Lingard dan Anthony Martial juga mengalami cedera. Keduanya digantikan Alexis Sanchez dan Juan Mata di awal babak kedua.

“Anda tidak bisa menjadikan cedera sebagai alasan, karena kami memiliki pemain seperti Mata dan Alexis yang masuk dan mereka adalah pemain berkualitas. Tapi, tentu saja, Lingard dan Martial, mereka memberi kami sesuatu. Mari berharap itu tidak terlalu serius,” kata Solskjaer kepada BT Sport.


2 dari 3 halaman

Cedera Otot

(AFP/Ian Kington)

“Keduanya cedera otot, jadi kita harus menunggu beberapa hari. Lingard dan Martial adalah bagian besar dari pasukan kami dan ketika mereka keluar, di babak kedua kami tidak memiliki cukup gerakan.”

“Kami mungkin perlu menemukan cara bermain yang berbeda ketika Lingard dan Martiak tidak tersedia,” Solskjaer menambahkan.

3 dari 3 halaman

Cuma Butuh Seri

Dengan kemenangan ini, PSG sudah menaruh satu kaki mereka di babak perempat final. Hasil seri di leg kedua sudah cukup membawa Mbappe dan kawan-kawan ke babak delapan besar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wanita 31 Tahun Tak Bisa Orgasme karena Kecelakaan Motor

Liputan6.com, Jakarta Akibat kecelakaan motor, saraf organ seksual Helen (31) rusak. Hal itu menyebabkan dirinya tidak bisa orgasme selama 10 tahun. Kondisi tersebut jauh dari apa yang diperkirakannya. Ia mengira kecelakaan motor hanya membuat dirinya luka dan memar.

Pada suatu sore di musim panas, tepat setelah ia berulang tahun ke-18, Helen mengendarai sepeda motor untuk bertemu teman-temannya. Ia mengenakan rok mini denim dan sandal hak tinggi.

Saat berkendara, tiba-tiba sebuah mobil berputar di depan Helen. Ia berusaha menghindarinya. Motor pun tergelincir sejauh 20 meter dan ia terpental. Meski begitu, ia hanya mengalami luka dan memar.

“Setelah terpental, aku berdiri dan hanya menepuk-nepuk lengan dan kaki. Bahkan lukaku tidak perlu dijahit. Cukup dibersihkan dan dibalut saja lukanya,” cerita Helen, dikutip dari Mirror, Selasa, 12 Februari 2019.

Tiga bulan kemudian, ia merasakan seks sangat menyakitkan dan tidak orgasme. Ditambah lagi serangkaian masalah yang menderanya. Ia mengalami masalah dengan kandung kemih sehingga harus selalu ke toilet. Ia merasa ingin terus-menerus pipis. Tapi setiap kali ke toilet, air kencing tidak ada yang keluar.

Ia pun kerap bangun tidur 10 kali semalam, hanya untuk pergi ke toilet. Akhirnya, ia bisa pipis. Cemas terhadap apa yang dialaminya, Helen pergi ke dokter. Dokter memperkirakan, ia mengalami multiple sclerosis, tetapi setiap kali melakukan pemindaian MRI, tidak ditemukan masalah pada tulangnya.



Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Tidak lagi menikmati seks

Hingga pada suatu hari, Helen menyadari, dirinya tetap tidak bisa menikmati seks. Seks yang seharusnya menyenangkan, menjadi selalu menyakitkan. Dan ia tidak pernah lagi orgasme.

“Aku bahkan memesan vibrator online, tapi itu hanya buang-buang uang. Awalnya, akan terasa enak, lalu makin lama getaran dari vibrator terasa menyakitkan,” ujar Helen.

Helen mencari pengobatan ke ahli saraf dan spesialis kandung kemih, tetapi tidak ada yang bisa membantu. Mereka tidak dapat menemukan sesuatu yang salah. Saya tidak memiliki penyakit dan kandung kemih serta alat kelamin terlihat normal.

Ketika ia berusia sekitar 26 tahun, ahli urologi memberi tahu kondisi dengan penyakit Fowler’s Syndrome, yang menyebabkan retensi urine–gangguan pada kandung kemih sehingga kesulitan untuk mengeluarkan atau mengosongkan urine. Ini terjadi karena otot-otot kandung kemih tidak bisa rileks.

Untuk pengobatan, hanya ada satu klinik di seluruh Eropa yang menanganinya, yakni University College Hospital di London, Inggris. Helen pun berobat ke sana dan menjalani pembedahan, yang mana menanamkan perangkat elektronik yang disebut InterStim ke pangkal punggung.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan fungsi seksual

Penanaman perangkat elektronik InterStim akan merangsang saraf yang masuk ke panggul.Ini bertujuan memperbaiki kualitas fungsi kandung kemih. Fokusnya adalah mengobati masalah kandung kemih.

“Tetapi dokter bilang, alat itu mampu meningkatkan fungsi seksual pada beberapa pasien juga. Jadi, aku berharap itu juga akan membantuku (kembali menikmati seks dan merasakan orgasme),” Helen menjelaskan.

Ia menjalani operasi pada tahun 2015. Meski tidak memperbaiki kandung kemih sepenuhnya, tetapi ia hanya harus bangun sekali atau dua kali di malam hari. Baginya sudah sangat luar biasa.

Pada usia 28 tahun, saat ia berhubungan seks. Orgasme dapat dirasakannya. Ia berhasil mengalami orgasme yang intens.

Hewan Lucu Pembawa Bakteri Kusta

Liputan6.com, Jakarta Armadillo, hewan mamalia lucu ini ternyata pembawa bakteri Mycobacterium leprae, yang menyebabkan infeksi kusta. Dia adalah satu-satunya hewan yang menularkan bakteri kusta kepada manusia.

Saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Ahli Eliminasi Kusta Sri Linuwih Menaldi menyampaikan, bakteri kusta hidup dalam tubuh armadillo.

“Jadi, di dalam tubuh armadillo ini bakteri kusta hidup. Dalam hal ini, armadillo positif mengandung bakteri kusta,” terang Linuwih, ditulis Selasa, 12 Februari 2019.

Paparan bakteri kusta dari armadillo dapat menginfeksi manusia bila manusia sering melakukan kontak dengan hewan lucu tersebut. Infeksi kusta dapat menyerang saraf tepi kulit yang menyebabkan kelemahan otot. Jika dibiarkan, kondisi ini berujung kelumpuhan dan kecacatan.

Seperti halnya yang terjadi di Brasil, penularan kusta yang terjadi di negara bagian Amerika Selatan itu disebabkan kontak manusia dengan armadillo. Hasil studi terbaru melaporkan, sebanyak 62 persen armadillo di negara bagian Pará di Amazon, Brasil positif membawa bakteri kusta.

Studi soal armadillo dan kusta tersebut berjudul, Evidence of zoonotic leprosy in Pará, Brazilian Amazon, and risks associated with human contact or consumption of armadillos, yang dipublikasikan PLOS Neglected Tropical Diseases pada tahun 2018.



Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Berburu dan konsumsi armadillo

Peneliti studi John Spencer dari Colorado State University, Amerika Serikat, dan rekan-rekannya di Brasil menemukan, penularan Mycobacterium leprae dari armadillo ke manusia terbukti terjadi di Amerika bagian selatan. Hewan-hewan ini juga hidup di Amazon, Brasil, yang mana beberapa penduduk berburu dan membunuh armadillo.

Armadillo pun dijadikan sumber protein untuk dikonsumsi. Dalam penelitian, sebanyak 146 orang di kota kecil Belterra disurvei tentang tingkat dan frekuensi interaksi mereka dengan armadillo. Tingkat antibodi kusta diukur dalam darah peserta penelitian.

Empat kasus baru ditemukan dalam studi penelitian John. Peneliti juga mengidentifikasi tiga pasien yang sebelumnya didiagnosis kusta dan menerima pengobatan. Jumlah penderita yang didiagnosis kusta sebanyak 7 pasien. Seluruh peserta berada pada rentang usia 13-72 tahun.

Penularan bakteri armadillo dalam kasus Brasil ini lewat bersentuhan dengan daging armadillo. Perburuan armadillo di hutan secara eksklusif merupakan tugas laki-laki, sedangkan yang bertugas membersihkan dan mencuci daging armadillo untuk persiapan memasak merupakan tanggung jawab perempuan.

Sebanyak 6 dari 7 penderita kusta laki-laki menunjukkan, mereka berpartisipasi membersihkan atau menyiapkan daging armadillo untuk dimasak. Mereka juga mengonsumsi armadillo secara teratur.

Meskipun ukuran sampel penelitian terbilang kecil dapat menunjukkan, sebagian besar penderita kusta punya pola pajanan (berburu, membersihkan, dan mengonsumsi) armadillo.

Hangatkan Cinta dengan Posisi Seks Sandwich

Liputan6.com, Jakarta Tak semua pasangan akan merayakan Valentine’s Day pada 14 Februari nanti dengan alasan tersendiri. Tapi, tak ada salahnya memupuk cinta pada hari yang diyakini sebagian besar penduduk dunia sebagai hari kasih sayang itu. Salah satunya dengan meluangkan waktu berhubungan intim dengan suami atau istri tercinta.

Meski tak ikut merayakan Hari Valentine, Anda dan suami atau istri bisa mencoba menghangatkan hubungan secara lebih intim dengan mencoba posisi seks baru.

Posisi seks sandwich alias roti lapis, pernah dengar? Kalau belum pun tak mengapa. Yang pasti, pakar seks dan hubungan dari Lovehoney, Sammi Cole mengatakan posisi seks ini cocok buat pasangan lama yang ingin lebih greget di ranjang.




Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Sensasi lebih ketat

Posisi seks sandwich menjanjikan sensasi yang lebih ketat. Suami melakukan penetrasi dari belakang saat istri berbaring tengkurap di bawah. Kedua kaki istri dirapatkan.

Trik tersebut akan membuat posisi seks ini terasa menyenangkan. Terutama ketika pasutri saling merapatkan kaki. Ini akan membuat suami merasa lebih besar.

Melansir laman Daily Star, untuk menambah sensasi, istri bisa mempraktikkan gerakan kegel dengan menggerakkan otot dasar panggul.

Pasutri juga bisa berkreasi dengan posisi seks ini dengan mengubah sudut penetrasi agar sesi bercinta semakin luar biasa.

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

4 Cara Jitu untuk Meningkatkan Kekuatan Mental

Liputan6.com, Jakarta – Bayangkan jika Anda seolah-olah otot. Sama seperti pergi ke gym dan bekerja untuk membangun kekuatan fisik. Anda juga harus berkomitmen untuk melenturkan otot mental.

Pada akhirnya, kesuksesan adalah permainan pola pikir. Melansir dari lifehack.org, Jumat, 8 Februari 2019, untuk menjadi orang yang lebih tangguh secara emosional, kekuatan mental adalah kunci yang membantu Anda sampai pada titik mental yang terkuat. Yuk, jelajahi 5 cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuatan mental.

1. Kembangkan Keyakinan yang Tak Kuat

Tidak ada yang dilahirkan dengan keyakinan yang tak kuat. Siapa pun yang Anda temui akan memiliki sifat ini karena mereka telah bekerja tanpa lelah untuk membangunnya.

Ketika hidup membuat Anda jatuh, itu bisa membuat kepercayaan diri menurun drastis. Jika Anda tidak percaya pada kemampuan diri untuk mengatasi suatu masalah, Anda akan menyerah dan itu tanda kegagalan pertama.

2. Ambil Tanggung Jawab untuk Hidup

Ketika rasanya dunia mengalah pada Anda, mudah untuk menyalahkan dunia atas masalah yang Anda hadapi. Namun, mengadopsi pola pikir ini hanya berfungsi untuk melemahkan Anda.

Jika Anda terus-menerus berkata, “Hal-hal buruk selalu terjadi pada saya”, hidup akan terus-menerus terasa seperti perjuangan. Semesta mendengarkan, jadi berhati-hatilah dengan kata-kata yang Anda ucapkan.

3. Jadikan Kemunduran untu Bertumbuh

Kemunduran tidak fatal atau permanen. Kadang-kadang Anda harus mencapai ambang emosional atau dasar sebelum kamu akhirnya siap untuk mengubah hidup. Jika kamu merasa berada di bawah sekarang, kabar baiknya adalah Anda tidak bisa lebih rendah. Satu-satunya cara adalah bangkit.

Kemunduran menawarkan peluang besar untuk mengarahkan dan memfokuskan kembali hidup Anda, tetapi terserah Anda untuk melihatnya seperti itu. Dorong diri Anda untuk membingkai ulang tantangan pada diri sebagai peluang untuk pertumbuhan.

4. Kuasai Emosi

Ketika segalanya berantakan, bagaimana reaksi Anda? Apakah kamu panik dan kehilangan kendali, atau apakah Anda duduk, menilai situasi dan mengambil tindakan?

Anda tidak selalu bisa mengendalikan perasaan. Perasaan dimaksudkan untuk dirasakan dalam totalitasnya. Satu-satunya hal yang dapat Anda kendalikan adalah bagaimana merespons perasaan diri. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini: