AC Milan Terima Kabar Baik Jelang Hadapi Sassuolo

Liputan6.com, Turin – AC Milan mendapat kabar gembira terkait kondisi Franck Kessie. Cedera gelandang asal Pantai Gading tersebut tidak terlalu serius.

Kessie gagal menyelesaikan pertandingan saat AC Milan ditahan Lazio pada leg pertama semifinal Coppa Italia, Selasa (26/2/2019).

Pemain berusia 22 tahun itu mengalami nyeri di lutut. Partisipasinya pada duel melawan Sassuolo di Serie A, Sabtu (2/3/2019), pun diragukan.

“Dia tidak bisa berlari dan minta diganti,” kata pelatih AC Milan Gennaro Gattuso, dilansir situs resmi AC Milan.

Namun, perkembangan lain menunjukkan kondisi Kessie tidak serius. Dia diganti pada pertandingan versus Lazio sebagai langkah pencegahan.

2 dari 3 halaman

Siap Tampil

Lutut Kessie dilaporkan hanya bengkak dan tidak mengalami masalah otot. Mantan pemain Atalanta tersebut siap membantu I Rossoneri mengalahkan Sassuolo.

Kontribusinya dibutuhkan karena AC Milan tengah berusaha mengamankan posisi di zona Liga Champions. Saat ini mereka menempati peringkat empat klasemen dengan perolehan 45 poin, unggul satu nilai atas pesaing terdekat AS Roma.

3 dari 3 halaman

Peran Kessie

Kessie merupakan pilihan pertama Gattuso pada musim ini. Dia tampil di 23 laga Serie A dan hanya melewatkan dua pertandingan akibat sanksi disiplin.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Simpel dan Akurat

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak orang yang mencanangkan pola hidup sehat. Selain agar terhindar dari penyakit, pola hidup sehat juga menjadi alasan sebagian orang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Baik wanita maupun pria.

Untuk memiliki bentuk tubuh yang ramping bagi wanita dan bentuk tubuh yang sehat atletis bagi pria membutuhkan suatu usaha. Bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk akan meningkatkan rasa percaya diri bagi sebagian orang.

Sebenarnya bentuk tubuh yang ideal adalah hal yang subjektif. Anggapan setiap orang akan tubuh ideal bisa berbeda-beda sesuai dengan perspektifnya masing-masing. Bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah hal yang subjektif, maka untuk berat badan sendiri adalah hal yang objektif.

Berat badan ideal dan bentuk tubuh ideal adalah hal yang berbeda. Bisa saja bukan bentuk tubuhmu yang menjadi masalah tetapi dari berat badanmu yang tidak ideal.

Jika bentuk tubuh ideal bisa berbeda dari setiap orang, maka berat badan ideal biasanya dapat dihitung. Berat badan yang ideal dapat dihitung dengan berbagai cara.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) dari berbagai sumber, ada cara menghitung berat badan ideal bagi kamu yang masih bingung untuk mengetahui berat badan ideal yang harus kamu miliki.

2 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI

BMI adalah kepanjangan dari Body Mass Index yang merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi badan. Cara menghitung berat badan ideal dengan BMI ini dimulai pada usia 20 tahunan. Untuk di bawah usia 20 tahun perhitungannya akan berbeda. Cara menghitung berat badan ideal dengan cara ini yaitu:

Berat badan ideal = berat badan (kg) : tinggi badan (m)

Sebagai contoh:

Berat badan kamu adalah 45 kg dengan tinggi 1.55 m. Kalikan tinggi badan dalam kuadrat terlebih dahulu.

1.55 kuadrat = 2.4

Lalu masukkan dalam rumus, 45 : 2.4 = 18.7, maka nilai BMI kamu adalah 18.7.

Dalam perhitungan BMI terdapat beberapa keterangan seperti berikut:

1. Angka BMI normal adalah antara 18.5 sampai 25

2. Di bawah angka 17, maka kamu masuk kategori kekurangan berat badan

3. Di atas 25 kamu kelebihan berat badan ringan

4. Jika di atas 40, maka kamu termasuk kelebihan berat badan.

Jika dari contoh di atas yang menghasilkan angka 18.7 maka berat badan idealmu termasuk normal.

3 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan ideal selain menggunakan BMI, kamu juga bisa menghitung menggunakan Brosca. Rumus Brosca menggunakan cara menghitung yang berbeda antara wanita dan pria.

Untuk wanita, cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus:

{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 15%}

Untuk pria, cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus;

{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 10%}

Sebagai contoh,

1. Seorang wanita memiliki tinggi badan 165, maka cara menghitung berat badan ideal wanita itu dengan cara:

(165-100) – {(165-100) x 15%} = 65 – 9.75 = 55,25

Maka berat badan ideal wanit tersebut adalah 55,25 kg.

2. Seorang pria memiliki tinggi badan 180, maka cara menghitung berat badan ideal pria tersebut yakni:

(180-100) – {(180-100) x 10%} = 80 – 8 = 72

Maka berat badan ideal pria itu adalah 72 kg.

4 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan ideal untuk anak

Cara menghitung berat badan ideal ini diperuntukkan bagi anak yang masih berusia antara 1 sampai 10 tahun. Mengetahui berat badan ideal pada anak juga penting untuk diketahui bagi para orangtua agar asupan makanannya selalu seimbang dan tidak berlebihan.

Cara menghitung berat badan ideal anak menggunakan rumus yang cukup sederhana. Rumusnya yaitu, berat badan ideal = 2.n + 8

n adalah sebagai keterangan untuk umur anak dalam tahun. Jadi angka umur anak dikalikan 2 kemudian ditambah 8.

Sebagai contoh, seorang anak berusia 9 tahun 3 bulan maka cara menghitung berat badan ideal anak tersebut yaitu,

Berat badan ideal = (2 x 9,3) + 8 = 26.6

Maka berat anak yang berusia 9 tahun 3 bulan tersebut adalah 26.6 kg.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dibutuhkan suatu usaha. Namun jangan lupa untuk selalu mengutamakan kesehatan. Pilihlah cara dengan memulai pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Demikian cara menghitung berat badan ideal untuk wanita, pria dan anak-anak dengan rumus-rumus yang sederhana di atas. Perlu diingat tak semua orang bisa mematok angka berat badan ideal menggunakan cara di atas. Seperti seorang atlet yang mengharuskan memiliki massa otot yang sedikit berlebih bukan berarti tidak memiliki berat badan yang ideal.

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat untuk Tubuh Ideal

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang indah memang menjadi idaman setiap orang. Namun, tubuh yang indah belum tentu masuk kategori tubuh ideal. Pasalnya, banyak orang yang terlihat langsing dan indah dipandang, namun ternyata berat badan dan tinggi badan tidak sesuai dengan kategori tubuh ideal. 

Jika biasanya bertebaran cara menguruskan badan, kali ini cara menggemukkan badan nampaknya akan sesuai untuk Anda yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Anda yang memiliki postur tubuh yang kurus biasanya akan kurang nyaman dalam berpakaian. 

Tak hanya itu, tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh dengan tubuh yang kurus. Kurus sering ididentikkan dengan tubuh lemah dan akan mudah terserang penyakit. Meski hal itu tak sepenuhnya benar.  Misalnya yang terjadi pada wanita yang siklus menstruasinya terganggu karena berat badan yang turun drastis. Maka dari itu, kesehatan memang menjadi tujuan utama semua orang agar bisa hidup dengan bahagia.

Layaknya perjuangan menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga dapat dilakukan Anda yang memiliki badan yang kurang ideal. Untuk itu, Liputan6.com paparkan cara menggemukkan badan secara alami tanpa konsumsi obat-obatan tertentu, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

2 dari 7 halaman

1. Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

Menggemukkan badan bukan berarti Anda harus makan segala jenis makanan agar berat badan bisa naik. Pasalnya, makanan yang asal pilih mengandung berbagai macam kandungan yang justru malah membahayakan tubuh. Untuk itu, pilih makanan yang mengandung kalori, protein serta karbohidrat untuk menyeimbangkan berat badan dan kesehatan tubuh.

Kalori

Perbandingan asupan kalori yang masuk dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar. Setidaknya dalam sehari Anda harus mengonsumsi kalori kurang lebih 7.000-10.000 kalori.

Buah-buahan seperti kurma dan alpukat memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, yaitu masing-masing 282 Kkal dan 160 Kkal. Selain kedua buah tersebut, buah seperti pisang, anggur, mangga, pir, apel juga mengandung tinggi kalori.

Anda juga bisa tambahkan keju parut ke atas roti, atau menyandingkan telur dadar dengan sup ayam. Namun, perlu waspada juga untuk takarannya, karena kalori yang berlebih bisa menyebabkan diabetes.

Protein

Untuk menggemukkan badan dan memperkuat otot, pilihan makanan bersumber protein harus diperhatikan. Anda bisa mulai mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian.

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru. Karenanya, jika Anda konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot pun akan berjalan dengan baik.

Karbohidrat

Cara menggemukkan badan secara alami dan sehat tanpa obat, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi berupa nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, sampai tepung. Namun, seperti makanan lainnya, hindari konsumsi secara berlebihan, demi menjaga kesehatan organ tubuh lain.

3 dari 7 halaman

2.  Makan Porsi Kecil, Tapi Sering

Kebanyakan orang berpikir bahwa banyak makan akan meningkatkan berat badan. Padahal, banyak makan secara berlebihan justru dapat menyebabkan sakit perut. Sakit perut bisa berupa masalah pencernaan atau rusaknya organ tubuh karena tidak mampu menampung makanan yang terlalu banyak jumlahnya.

Apalagi, kebiasaan makan sebelumnya tidak pernah sebanyak itu. Alhasil, alih-alih menggemukkan badan, Anda justru harus dirawat di rumah sakit dan meminum obat karena tubuh mengalami eror.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengubah pola pikir banyak makan menjadi makan porsi kecil, namun sering. Cara menggemukan badan yang kedua ini dilakukan dengan makan berkali-kali dengan porsi yang sedikit. Dengan cara ini, diharapkan organ pencernaan dapat beroperasi secara teratur hingga akhirnya meningkatkan berat badan Anda.

4 dari 7 halaman

3.  Konsumsi Jus atau Smoothies

Tak hanya makanan saja yang bisa berpengaruh pada berat badan. Pasalnya, minum jus juga bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan secara alami dan sudah pasti sehat.

Selain jus buah-buahan, Anda juga bisa konsumsi smoothies untuk sarapan setiap pagi. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap jika tekstur makanan lebih halus.

5 dari 7 halaman

4.  Konsumsi Camilan Sehat

Makan lebih sering tidak berarti harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Anda bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatan. Di kantor, Anda bisa menyediakan buah-buahan di meja agar mudah dijangkau sebagai alternatif cara menggemukkan badan.

Misalnya, Anda bisa mencoba camilan sehat seperti roti tawar yang diolesi selai kacang atau irisan pisang yang ditemani segelas susu. Susu yang dimaksud tidak harus susu murni.

Anda juga bisa mengonsumsi olahannya, seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Selain sebagai camilan, Anda bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang.

6 dari 7 halaman

5. Rutin Olahraga

Olahraga tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Lebih tepatnya, olahraga ini dilakukan untuk menuju hidup yang lebih sehat.

Olahraga secara rutin justru merupakan salah satu cara ampuh menggemukkan badan yang patut Anda coba. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

7 dari 7 halaman

6. Kunyah Makanan Sampai Halus

Layaknya smoothies ataupun jus buah, mengunyah makanan sampai halus bisa masuk ke dalam salah satu cara menggemukkan badan secara alami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang memiliki tekstur lebih halus akan diserap dengan mudah oleh tubuh sehingga bisa menaikkan berat badan.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita dan Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh menjadi kewajiban bagi setiap orang. Tak melihat itu pria atau wanita. Setiap orang wajib menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap selalu bugar dan memiliki kondisi tubuh yang optimal.

Namun, dalam praktik menjalankan atau menjaga kesehatan tubuh, antara pria dan wanita memiliki perbedaan. Menjaga kesehatan pria dan wanita memiliki caranya masing-masing untuk agar tetap sehat. Menjadi berbeda karena porsi kebutuhan antara pria dan wanita berbeda.

Kesehatan wanita perlu selalu dijaga dan dirawat setiap saat. Ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang berbeda dengan cara pria untuk menjaga kesehatannya. Faktor yang menjadikan pembeda kesehatan wanita adalah anatomi tubuh pada wanita khususnya yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi.

Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber Rabu (27/2/2019) terkait cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang perlu diketahui. Selain itu, ada juga makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh wanita.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Berikut ini cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang bisa kamu terapkan.

1. Menerapkan Hidup Sehat

Kamu perlu membiasakan hidup sehat mulai saat ini. Menjadi hal wajib, karena dengan menerapkan hidup yang sehat, akan bantu kamu menangkal terjadinya stress. Cara menjaga kesehatan tubuh wanita ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pikiran dari hal-hal negatif, menjaga kebersihan tubuh, dan juga kebersihan pakaian yang dikenakan.

2. Memperhatikan Pola Makan

Salah satu cara menerapkan hidup sehat, bisa kamu lakukan dengan pola makan yang seimbang. Ini merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh wanita agar tetap sehat dan bugar. Menghindari konsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh seperti minuman bersoda, makanan cepat saji, gorengan, dan selalu memperhatikan asupan gizi maka kamu akan selalu sehat.

3. Hindari Stres Berlebihan

Kesehatan tubuh kamu juga bisa terjadi melalui faktor psikis, loh. Oleh karena itu, pentingnya untuk menghindari stress yang berlebihan guna menjaga tubuh kamu tetap sehat bugar dan juga fit.

Hal yang bisa kamu terapkan adalah coba untuk selalu berbaik sangka dan berpikir positif. Kalau kamu selalu berpikir yang baik-baik dan tidak buruk sangka pada orang, maka kamu dapat menghadapi masalah dengan mudah dan stress pun tidak akan terjadi.

4. Olahraga dengan Teratur

Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur setiap hari dapat menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap sehat, loh. Karena tubuh mu perlu digerakkan agar otot-otot dapat bergerak dan merangsang tubuh agar tetap bugar. Selain itu, dengan melakukan olahraga teratur dan rutin, kamu akan memiliki berat badan yang ideal.

5. Hindari Kebiasaan Buruk

Jika kamu termasuk yang suka merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai kurangi dan berhenti untuk mengonsumsinya. Kebiasaan buruk seperti merokok dan suka mengonsumsi alkohol membawa pengaruh yang tidak bagi kesehatan.

Sempatkan diri untuk meluangkan waktu setiap harinya dengan melakukan relaksasi. Bila memungkinkan, lakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengontrol kesehatanmu. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Wanita

1. Pepaya

Memiliki kandungan beta-karoten dan likopen, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara. Ya, kedua penyakit paling mematikan bagi para wanita. Dengan mengonsumsi papaya secara rutin, kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Karena kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

2. Alpukat

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh wanita. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa diet alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata serta kulit, loh.

3. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti blueberry, raspberry, dan blackberry ternyata memiliki manfaat yang baik untuk wanita, loh. Buah yang mengandung flavonoid dan antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan.

Buah ini cocok juga buat kamu yang sudah memasuki usia lanjut, karena mampu menjaga ketajaman otak agar tidak mudah lupa atau pikun.

4 dari 4 halaman

Konsumsi makanan sehat secara rutin

4. Edamame

Mengandung banyak serat dan lemak baik yang dapat menjaga fungsi organ tubuh wanita agar tetap bekerja secara maksimal. Tidak hanya itu, edamame yang juga mengandung isoflavon, senyawa yang mirip dengan estrogen yang bisa menjadi teman saat usis menopause. Pasalnya, edamame sangat membantu mengatasi sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

5. Brokoli

Kandungan sulforaphane, yang merupakan zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah risiko kanker. Kandungan vitamin dan mineralnya juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 gram brokoli dalam seminggu.

6. Kacang

Kalau kamu memiliki masalah hipertensi atau diabetes, sebaiknya kamu mengonsumsi kacang-kacangan. Kaya akan serat dan rendah lemak, akan memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah. Kamu bisa mengonsumsi kacang merah, kacang kenari, atau kacang alamond.

7. Yogurt

Kandungan kalsium pada yogurt bantu kamu agar terhindar dari osteoporosis. Ya, sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Namun jangan khawatir buat kamu yang tak bisa mengonsumsi susu. Kamu bisa menggantinya dengan yogurt, karena sumber kalsiumnya tak kalah penting dari susu.

Cara Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita Serta Sederet Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang mungkin jarang mendengar istilah senam kegel. Namun bagi sebagian orang, senam kegel sendiri merupakan hal yang biasa terutama bagi para wanita. Hal ini dikarenakan senam kegel memang lebih sering dilakukan oleh wanita. Namun rupanya senam kegel bisa juga dilakukan oleh pria.

Cara senam kegel bagi pria dan wanita sebenarnya mudah dilakukan. Bahkan kamu bisa mencobanya tanpa bantuan instruktur.

Senam kegel sendiri merupakan sebuah senam untuk melatih otot dasar panggul. Senam kegel sendiri saat ini pun sudah semakin populer dan ramai dikalangan pria dan wanita. Meskipun cara senam kegel ini sebenarnya dilakukan bagi para wanita yang baru melahirkan. Namun karena memiliki banyak manfaat, para pria dan wanita pun bisa mempraktikannnya.

Senam kegel sendiri terfokus untuk mengencangkan otot panggul bawah. Sehingga meskipun disebut senam, tapi cara senam kegel ini tidak perlu menggerakan anggota tubuh loh. Otot panggul sendiri sering dugunakan untuk mengendalikan urin. Karena itulah, senam ini awalnya ditujuna bagi para wanita yang baru melahirkan. Karena pada wanita yang baru melahirkan, mereka cenderung mengalami masalah inkontinensia urine atau tak bisa menahan kencing.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin ( 25/2/2019) senam ini mulai dikembangkan pada tahun 1940-an oleh seorang dokter spesialis kandungan asal Amerika Serikat, dr. Arnold Kegel. Cara senam kegel yang mudah serta memiliki banyak manfaat terkait kondisi kesehatan termasuk yang menyangkut organ reproduksi membuat senam ini banyak diminati.

2 dari 3 halaman

Manfaat senam kegel

Senam kegel memiliki banyak manfaat bagi pria dan wanita. Apabila kamu sering melakukan senam kegel ini, tentu saja kamu akan mendapatkan perubahan pada tubuhmu. Berikut ini beberapa manfaat jika kamu melakukan cara senam kegel dengan baik dan rutin.

1. Bagi Wanita

– Mempercepat pemulihan vagina setelah melahirkan.

Melakukan senam kegel ini bisa loh membantu kamu untuk meningkatkan kembali sirkulasi darah ke area vagina setelah melahirkan. Tentu saja jika peredaran darah lancar, dan memiliki berbagai nutrisi, hal ini diperlukan untuk meregenarsi sel dan juga jaringan vagina. Karena setelah melahirkan, banyak sel dan juga jaringan vagina yang mengalami kerusakan.

– Merapatkan vagina setelah menjalani persalinan

– Mengatasi wasir (ambeien).

Setelah melahirkan secara normal, jika kamu rutin melakukan senam kegel ini, maka aliran peredaran darahpun akan lancar ke area vagina dan juga dubur.

– Mengencangkan vagina.

Saat memasuki fase menopause pada wanita, vagina pun akan mengundur. Dengan melakuan senam kegel ini, kamu bisa mengencangkan vagina kembali.

2. Bagi Pria

Selain bermanfaat bagi kaum wanita, senam kegel juga memiliki manfaat bagi para pria. Tentu saja jika ingin mendapatkan manfaatnya, kamu sebaiknya melakukan senam kegel ini secara rutin. Bukan hanya satu atau dua kali saja.

– Membantu meredakan inkontinensia urine.

Inkontinensia urine sendiri adalah kondisi seseorang yang tidak bisa menahan buang air kecil. Hal ini terjadi pada pria dan juga wanita. Melakukan senam kegel sendiri dirasa berhasil untuk mengatasi masalah ini.

– Melancarkan peredaran darah dan membantu ereksi lebih kuat.

Dilansir dari Men’s Health, Dr. Sandra Hilton, PT, DPT, seorang dokter terapi fisik di Entropy Fysiotherapy and Wellness di Chicago, Illinois, mengatakan bahwa melakukan senam kegel bisa mengembalikan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi serta stamina sang pria. Selain itu sering melakukan latihan dengan cara senam kegel yang benar bisa bantu mengendalikan respon dan funsi seksual menjadi lebih baik.

– Membantu atasi ejakulasi dini.

Dalam International Journal of Andrology, melakukan senam kegel bisa untuk menngatasi ejakulasi dini. Jika kamu melakukan latihan cara senam kegel dengan rutin selama kurang lebih 12 minggu, ini bisa membantu 50% pria dalam mengatasi ejakulasi dini. Tentu saja ini bermanfaat untuk menunda orgasme dan aktivitasa seks yang dilakukan akan lebih memusakan.

– Mencegah masalah pada prostat.

Senam yang melatih otot-otot pada panggul ini bisa juga mengatasi berbagai masalah yang terjadi di sekitar prostat.

3 dari 3 halaman

Cara melakukan senam kegel

Cara senam kegel sendiri terbilang mudah dan praktis. Selain itu terdapat senam kegel yang diperuntukan bagi pria dan juga wanita. Namun perlu diketahui sebelum mulai melakukan senam kegel, sebaiknya kamu mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kamu merasa nyaman saat melakukan senam kegel.

1. Cara Senam kegel bagi pria

– Simple Squeeze and Release.

Jika kamu memiliki otot panggung yang lemah, kamu bisa memulainya dengan simple squeeze and release. Kamu hanya perlu mengencangkan otot panggul selama kurang lebih 3 detik, kemudian lepaskan. Kamu bisa melakukan gerakan ini kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari. Namun sebaiknya lakukan gerakan tersebut berulang sebanyak 20 kali dalam sehari.

– Menahan buang angin.

Salah satu cara senam kegel yang bisa kamu lakukan ialah membayangkan menahan buang angin. Mempraktikan senam kegel menahan buang angin ini kamu perlu untuk fokus dan juga berkonsentrasi pada kontraksi otot anus. Saat kontraksi terjadi, maka kamu bisa merasakan sensai kencang pada otot tersebut. Jika kamu merasakan adanya sensasi tersebut, itu tandanya senam yang kamu lakukan telah benar.

– Latihan dengan cermin.

Bagi pria bisa mencoba mempraktikan senam kegel menggunakan cermin. Hal yang perlu kamu lakukan ialah mengamati gerakan bagian penis tana menggerakan badan. Latihan ini tentunya bisa meningkatkan otot yang ada diarea tersebut hingga anus. Sebaiknya lakukan latihan ini dalam waktu 5 detik.

– Latihan sambil berhubungan intim.

Kamu juga bisa malakukan senam kegel saat sedang berhubungan seksual dengan pasanganmu. Bahkan kamu bisa meminta pasangan kamu untuk melakukan hal yang sama pada otot panggul, sehingga manfaat dari latihan ini bisa dirasakan kedua pihak.

2. Cara senam kegel bagi wanita

– Tentukan otot yang akan dilatih.

Sebelum memulai latihan senam kegel, ada baiknya untuk mengetahui dimana letak otot yang akan dilatih. Menentukan otot ini bisa kamu lakukan saat buang air kecil, kemudian sentikan sesaat setelahnya kamu akan menemukan otot yang akan dilatih tersebut.

– Kencangkan otot dengan berbaring.

Cara senam kegel yang pertama bisa kamu lakukan dengan berbaring. Kemudian lakukan gerakan seperti ingin buang air kecil dan tahan selama 3 detik setelah itu lepaskan dan istirahatkan selama 3 detik. Ada baiknya jika durasi menahan dan mengistirahatkan tersebut kamu tambah satu detik. Hingga akhirnya kamu menahannya dan mengistirahatkan pada durasi 10 detik. Sebaiknya lakukan latian ini 3 kali sehari dan juga rutin untuk menadapatkan hasil maksimal.

– The relaxer.

Dalam sebuah buku The Sex and Pleasure Book milik Carol Queen,PhD kamu disarankan untuk memeras otot panggul ketika melakukan senam kegel. Kamu bisa melakukannya semampu dan sekencangnya dan tahan selama 2 detik kemudian lepaskan dan rilekskan diri mengan menghembuskan nafas panjang. Melakukan latihan ini pun sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Mulailah Hidup Sehat dari Sekarang

Liputan6.com, Jakarta Banyak penelitian mengungkapkan bahwa semua orang berpotensi terkena penyakit jantung. Berdasarkan data WHO, penyakit kardiovaskuler merenggut 17,7 juta nyawa setiap tahun. Dari total angka kematian ini, lebih dari setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke.

Kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta jiwa pada tahun 2030.

Jantung adalah organ tubuh manusia yang tidak pernah berhenti bekerja. Tugasnya adalah memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Tiap menitnya, jantung berdetak 60 hingga 100 kali pada keadaan normal. Karena tugas berat inilah, perlu perawatan yang tepat untuk jantung agar dapat terhindar dari penyakit jantung.

Berikut cara mencegah penyakit jantung yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Pilih Pola Makan Sehat

Cara mencegah penyakit jantung ini adalah langkah paling dasar. Makanan yang kamu konsumsi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium.

Sebagai bagian dari diet sehat, konsumsi banyak sayur dan buah, gandum utuh yang kaya serat, ikan (setidaknya dua kali seminggu), kacang-kacangan, legume, dan biji-bijian. Cara mencegah penyakit jantung usahakan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi daging. Pilih produk olahan susu rendah lemak dan unggas tanpa kulit. Batasi minuman manis dan daging merah. Jika kamu memilih untuk makan daging, pilihlah yang paling sedikit mengandung lemak.

2. Aktif Bergerak

Cara mencegah penyakit jantung bisa secara perlahan melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat setidaknya 150 menit atau 2,5 jam setiap minggu atau 1 jam 15 menit (75 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi seperti lari dan jogging atau kombinasi keduanya setiap minggu.

Cara mencegah penyakit jantung sebagai tambahan, kamu bisa melakukan latihan menguatkan otot baik itu di bagian kaki, pinggul, punggung, perut, pundak, dan lengan selama dua hari atau lebih. Anak-anak setidaknya harus aktif bergerak 60 menit per hari untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.

3. Stop Merokok/Hindari Asap Rokok

Zat kimia yang terkandung dalam asap rokok dapat memicu pengerasan pada arteri jantung, sehingga aliran darah menuju jantung jadi tidak lancar. Terhambatnya asupan nutrisi dan oksigen yang dibawa darah yang dibutuhkan jantung membuat jantung mengalami kematian sel hingga akhirnya memicu serangan jantung. Hal ini ternyata tidak hanya berlaku untuk perokok aktif, tapi juga perokok pasif.

3 dari 5 halaman

Cegah Penyakit Jantung

4. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas atau berat badan berlebih jangan sampai dianggap remeh. Orang dengan obesitas cenderung memiliki kadar LDL kolestrol yang tinggi. Terlalu banyak kolestrol yang menyumbat arteri atau aterosklerosis, dapat juga menyebabkan serangan jantung.

5. Hindari Stres

Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Cara mencegah penyakit jantung, kamu harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stressmu sudah dirasa berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Cara mencegah penyakit jantung juga dapat dengan meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam untuk meredakan stres yang kamu alami.

6. Rutin cek tensi dan kolesterol

Rutin mengecek tekanan darah dan kolesterol setiap hari dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Pada umumnya, tekanan darah bisa dibilang normal ketika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Saat angka sistolik (angka atas) kamu berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik (angka bawah) berkisar di 80-89, ini artinya kamu memiliki “prehipertensi”. Sementara untuk kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl. Biasanya kolesterolmu dinilai tinggi kalau sudah mencapai angka 240 mg/dl atau lebih.

7. Batasi alkohol

Cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Bagi wanita, batasi asupan alkohol tidak lebih dari satu gelas dalam sehari. Sementara bagi pria, batasi asupan alkohol tidak lebih dari dua gelas sehari.

4 dari 5 halaman

Faktor-faktor Tingkatkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluangmu terkena penyakit jantung di antaranya:

1. Usia.

Penuaan meningkatkan risiko arteri yang rusak ataupun menyempit, serta otot jantung yang melemah atau menebal.

2. Jenis kelamin.

Pria berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Namun, risiko wanita terkena penyakit ini juga cenderung akan meningkat setelah menopause.

3. Riwayat keluarga.

Jika ayah ataupun ibumu terkena penyakit ini, risiko kamu untuk terkena penyakit yang sama juga akan meningkat. Terutama jika orang tuamu terkena penyakit ini pada usia dini (sebelum usia 55 tahun).

4. Merokok.

Nikotin dan karbon monoksida yang terkandung pada rokok merupakan musuh pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

5. Obat kemoterapi dan terapi radiasi tertentu.

Beberapa obat kemoterapi dan terapi radiasi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

6. Diet yang buruk.

Diet yang tinggi lemak, gram, gula, dan kolesterol akan meningkatkan risiko kamu terkena penyakit ini di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Faktor Terkena Penyakit Jantung

7. Tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pengerasan ataupun penebalan arteri serta menyempitkan pembuluh darahmu.

8. Kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol tinggi dalam darahmu dapat meningkatkan risiko pembentukan plak dan atherosclerosis.

9. Obesitas.

Kegemukan merupakan penyebab berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular.

10. Diabetes.

Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sama halnya dengan penyakit hipertensi dan obesitas.

11. Malas olahraga.

Minimnya aktivitas fisik juga dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit kardiosvakular dan beberapa faktor risiko lainnya juga.

12. Stres.

Stres yang tidak terkontrol dapat merusak arterimu sehingga meningkatkan kamu terkena penyakit ini.

13. Tidak menjaga kebersihan.

Melupakan kebiasaan cuci tangan dan tidak menjaga kebersihan secara keseluruhan meningkatkan infeksi virus dan bakteri yang dapat mempengaruhi jantung.

Begini Cara Identifikasi Awal 5 Penyakit Berbahaya yang Sulit Diobati

Liputan6.com, Jakarta – Datangnya penyakit ditandai oleh perubahan di tubuh. Seperti suhu tubuh yang meningkat, dan tenaga yang terkuras, mengakibatkan si penderita lemas.

Namun, penyakit bukan hanya ditandai oleh gejala yang membuat Anda tidak berdaya. Kadang-kadang, perubahan kecil bisa mengindikasikan ada yang tak beres dengan sistem di tubuh Anda.

Ada sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang dan dialami oleh manusia. Beberapa penyakit ini sebenarnya dapat diindetifikasi lebih awal sebelum akhirnya menyebar dan membahayakan tubuh.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (25/2/2019), berikut 5 cara identifikasi awal sejumlah penyakit yang membahayakan tubuh:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat tingginya kadar gula (glukosa). Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Untuk mendeteksi penyakit ini, seseorang bisa melakukan identifikasi. Beberapa gejala awal bisa Anda amati sehingga bisa melakukan tindakan awal.

Ciri-ciri tersebut di antaranya, sering buang air kecil, penurunan atau kenaikan berat badan, tanpa alasan, penglihatan kabur, tingkat kehausan yang intens, kelaparan konstan, memar dan luka yang perlahan sembuh, kelelahan dan mati rasa serta rasa sakit di tangan.

3 dari 6 halaman

2. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa dan melanosit.

Gejala kanker kulit yang paling umum adalah:

– Kulit tebal dan merah dengan bercak keperakan

– Kemerahan pada wajah dan leher

– Mengalami penyakit kuning

– Munculnya tahi lalat baru

4 dari 6 halaman

3. Penyakit Otot dan Sendi

Terkadang, penyakit otot atau nyeri sendiri bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, penyakit semacam ini tidak dapat disepelekan.

Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka bisa berbahaya. Karena dapat terjadi konstan dan terus menerus.

Gejala penyakit sendi atau otot adalah:

– Nyeri otot yang konstan

– Mati rasa atau kesemutan

– Pembengkakan, peradangan, kaku, atau kemerahan di dalam atau di sekitar sendi

– Berkurangnya rentang pergerakan sendi

5 dari 6 halaman

4. Penyakit Paru-Paru

Ada sejumlah jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Mulai dari kanker, bronkitis hingga paru-paru basah. Sejumlah penyakit ini bisa diidentifikasi dengan sejumlah cara.

Mulai dari:

– Batuk darah- Batuk kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Sulit bernafas

– Sesak napas

– Nyeri dada kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Produksi lendir kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

6 dari 6 halaman

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit mematikan yang menyerang wanita ataupun juga pria. Di Indonesia sendiri kanker payudara juga jadi ancaman.

Berikut tanda-tanda awalnya:

– Nyeri atau nyeri payudara yang tidak biasa

– Perubahan kulit puting atau payudara

– Penebalan di dekat atau di payudara

– Penebalan di area ketiak

Kenalin Daffa Cho, Satu Lagi YouTuber Seksi Berperut Sixpack

Minggu, 24 Feb 2019 23:29 WIB

Foto Health

Aisyah Kamaliah – detikHealth



Daffa Cho yang dikenal sebagai influencer kebugaran di YouTube dan media sosial lainnya bikin semangat banget buat bentuk perut sixpack. Begini tampilannya.









Berita Terkait

News Feed


Lorenzo Belum Nyaman dengan Motor Honda

LosailJorge Lorenzo tak mendapat hasil bagus di hari pertama tes pramusim MotoGP di Qatar. Lorenzo mengaku masih belum nyaman dengan motor MotoGP Honda.

Setelah absen di tes pramusim MotoGP di Sepang karena cedera pergelangan tangan, Lorenzo turun di tes MotoGP di Qatar. Ini adalah kali pertama Lorenzo menunggangi motor Honda usai tes MotoGP Jerez pada November 2018.

Dalam tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Losail, Sabtu (23/2/2019) waktu setempat, Lorenzo melahap 38 lap. Catatan waktu terbaik pebalap asal Spanyol itu adalah satu menit 57,090 detik.

Lorenzo lebih lambat 2,039 detik daripada Maverick Vinales yang menjadi pebalap tercepat pada hari pertama. Catatan waktu tersebut menempatkan Lorenzo di urutan ke-21 dari 23 pebalap.

Soal hasil yang kurang sip itu, Lorenzo mengaku kombinasi dari lamanya waktu absen ditambah efek cedera menghambat performanya. Selain itu, ia juga masih belum merasa nyaman dengan motor Honda.

“Jelas saya masih kesulitan dalam mengerem, tapi paling tidak saya bisa melewati dua atau tiga lap untuk memahami motor dan semuanya,” ujar Lorenzo seperti dilansir Autosport.

“Masalahnya adalah kami tidak punya banyak waktu, mungkin tidak jam sehari (dalam kondisi optimal). Setelah jam 9 malam, suhunya mulai turun, sulit untuk dapat keuntungan, di trek lain Anda punya sepanjang hari untuk menguji banyak hal.”

“Saya tidak ambil banyak lap. Kami tidak sempat mencoba banyak hal, setelah apapun, apapun untuk meningkatkan motornya. Di level ergonomis, kami masih jauh dari rasa nyaman di motor, kami harus memperbaikinya.”

“Dan secara fisik, dengan cedera, saya butuh lebih banyak waktu di atas motor. Empat bulan (tanpa menaiki motor) itu lama, bahkan jika Anda berlatih sangat baik di gym, ketika di atas motor, Anda menggunakan otot yang berbeda,” katanya.

(nds/ran)

Kisah Anak Difabel yang Diam-diam Punya Kehidupan Online Menakjubkan

Oslo

Robert dan Trude meratapi kehidupan sepi dan terkungkung yang mereka pikir dijalani Mats, anak mereka yang difabel. Namun ketika Mats wafat, pasangan itu baru sadar bahwa banyak orang di Eropa menyalakan lilin tanda berkabung untuk putra mereka.

Artikel ini pertama kali terbit di situs radio Norwegia, NRK.

“Pola pikir kami sangat tradisional. Kami tak ingin dia mengubah atau mengacaukan ritme kesehariannya.”

Duduk di sebuah kafe dekat kantornya di alun-alun kota Oslo, Norwegia, Robert Steen (56) memaparkan betapa ia kerap khawatir jika anaknya tak kunjung terlelap hingga tengah malam.

“Jika melihat ke belakang, saya rasa kami seharusnya lebih tertarik pada gim, dunia di mana putra kami menghabiskan hampir seluruh waktunya,” kata Robert.

“Karena kami tak punya ketertarikan itu, kami kehilangan kesempatan untuk mengetahui yang tidak kami pahami,” tuturnya.

Robert menyampaikan kata-kata terakhir tentang Mats akhir tahun 2014 di sebuah kapel di satu pemakaman di ibu kota Norwegia.

Di antara mereka yang duduk mendengarkan pidato itu, termasuk sanak famili dan sejumlah tenaga medis yang mengenal dekat Mats, ada sekelompok orang asing.

Hanya Robert yang pernah bertemu mereka. Itu pun baru sekali: malam sebelum pemakaman.

Beberapa tahun di akhir hidupnya, Mats hampir tidak pernah meninggalkan ruang bawah tanah di flat milik keluarganya.

Jadi cukup aneh bahwa ada orang-orang tak dikenal datang ke pemakamannya. Mats sendiri bahkan tidak pernah berjumpa dengan mereka.

Sebelum kematiannya, tamu-tamu yang berduka itu tidak mengenal Mats sebagai Mats, tapi Ibelin, seorang keturunan ningrat, perayu ulung, dan detektif.

Beberapa orang asing yang menghadiri pemakaman itu tinggal di dekat rumah Mats, tapi sebagian lainnya datang dari jauh. Kedatangan mereka dilandasi satu tujuan: meratapi kawan baik.

Di upacara pemakaman, salah satu dari orang asing itu tampil ke depan dan memberi sepatah kata. Ia berkata bahwa banyak orang di Eropa berkumpul dan menyalakan lilin untuk Mats.

Nasib telah tersurat di bintang-bintang, dan kenyataan tercantum dalam DNA-nya.

Mats, yang berlarian keliiling rumah sambil mengenakan mahkota saat ulang tahun keempat pada Juli 1993, akan menghadapi kenyataan bahwa ia bakal segera lumpuh.

Robert dan Trude mendengar vonis medis itu pada Mei 1993 di Rumah Sakit Ulleval.

Mereka belakangan paham mengapa putra mereka selalu jatuh dari ayunan dan menyakiti diri sendiri.

Sama halnya dengan kenapa Mats tidak memanjat tangga papan luncur di taman anak-anak, meski ia gemar merosot.

Juga penyebab Mats kerap menekuk lutut seperti orang tua saat beranjak dari posisi duduk dan alasannya tak berusaha berlomba dengan anak-anak seusianya.

Tim dokter berkata kepada Robert dan Trude bahwa Mats mengidap duchenne muscular dystrophy (DMD), sebuah gangguan yang menyebabkan pengenduran otot dan kerap menyerang anak laki-laki.

Gen dalam tubuh Mats mengandung kekeliruan yang mencegah ototnya berkembang secara normal. Itu pula yang akhirnya menghancurkan otot-ototnya.

“Setelah kami menidurkan Mats, malam itu kami memanggil dokter. Kami mendapat hak istimewa itu. Kami dapat menelepon dokter kapan pun kami membutuhkan informasi,” kata Robert.

Bersama Trude, Robert berbicara kepada dokter via telepon selama lebih dari setengah jam. “Setidaknya (penyakit) ini tidak akan membunuh anak saya!” kata Robert.

“Dokter terdiam beberapa saat, lalu berkata, ‘Tidak, tapi pengalaman kami menunjukkan, pasien kami yang menderita penyakit ini tidak akan bertahan lebih dari umur 20 tahun,'” tuturnya.

Robert terdiam. “Mats mampu mencapai 25 tahun.”

Di kediaman keluarga di Ostensjo, sebelah tenggara Oslo, Robert dan Trude mengupayakan segala cara untuk putra mereka.

Mats diyakini tidak akan menjalani kehidupan normal seperti yang ada dalam bayangan orang tuanya. Dia akan mati muda dan dipisahkan dari mereka tanpa memberi arti apapun kepada dunia.

Namun seluruh anggapan itu keliru.

Jika DNA telah merancang kehidupan kita sebelum kita dilahirkan, mampukah kita memilih masa depan kita sendiri?

Faktanya, Mats menemukan jalan keluar dan menciptakan sosok baru atas dirinya sendiri.

Di awal dekade 2000-an, Robert dan keluarganya pindah ke sebuah rumah di Langhus, sebelah selatan Oslo. Rumah itu dirancang agar ramah kursi roda.

Walaupun Mats diizinkan bermain konsol permainan grafis Game Boy selama libur sekolah, sosok Mario Bros tetap tak dapat memahami rasanya menjadi sosok yang berbeda.

Mats terus duduk di kursi roda bersama asisten yang mendampinginya ke mana pun.

Robert dan Trude terus memikirkan aktivitas yang mungkin disenangi Mats pada waktu senggang, terutama ketika kawan-kawan sekelasnya bermain sepakbola atau berlarian di luar ruangan.

Barangkali gim online? Robert memberi Mats kata sandi komputer keluarga. Dan sejak saat itu, sebuah dunia yang baru terbuka bagi anak berusia 11 tahun tersebut.

“Selama 10 tahun terakhir hidupnya, Mats bermain antara 15 ribu hingga 20 ribu jam. Itu setara dengan bekerja penuh waktu selama 10 tahun,” kata Robert.

Namun gim itu ternyata menimbulkan percekcokan dalam keluarga.

“Ketika perawat datang pukul 10 malam, Mats sudah tidur. Pekerjaan mereka mengawasi Mats di tempat tidur, bukan memaksanya untuk tidur.”

“Mats protes, ogah-ogahan mengikuti perintah itu,” ujar Robert.

Mats ternyata telah berevolusi menjadi pemain gim. Dan pemain gim tidak tidur sebelum larut.

Lantas siapakah Mats selama jam permainan itu? Dia menjadi Lord Ibelin Redmoore dan kadang-kadang Jerome Walker.

“Ibelin dan Jerome adalah perpanjangan diri saya. Mereka mewakili sisi lain kepribadian saya,” tulis Mats.

Mats membenamkan diri ke planet Azeroth dalam gim populer World of Warcraft.

Azeroth adalah dunia fantasi yang mistis. Terdapat sejumlah benua, lautan, hutan, tebing dan tanah datar, perkampungan serta kota.

Mats menghabiskan hampir seluruh waktunya di sebuah wilayah yang bernama Eastern Kingdoms.

Sebagai pemain gim online, Anda akan memahami dunia itu satu per satu, seperti halnya Anda mengenal dunia nyata secara fisik.

Di dunia khayalan itu terdapat tempat untuk berwisata, wilayah dan kota yang akan Anda kuasaisebagian lebih baik dibandingkan lainnya.

Di area tertentu, Anda wajib berhati-hati, sementara di wilayah lainnya Anda akan dengan senang hati menjelajah. Anda akan menemukan penginapan di suatu kawasan, lalu bertemu orang-orang baru yang menarik.

Begitulah semestinya dunia berjalan. Dan seperti itu pula Azeroth bergulir.

Mats menempuh perjalanan hidupnya di sana dan menemukan lingkaran pertemanan dengan orang-orang menyenangkan.

“Saat saya melewati ruang bawah tanah Mats pada siang hari, gordennya tertutup. Itu adalah kepedihan yang saya ingat betul,” ucap Robert yang bekerja di bagian keuangan kantor wakil wali kota Oslo.

“Oh tidak, saya pikir dia belum memulai harinya. Saya sedih karena dunianya sangat terbatas.”

Tapi mereka yang tak bermain gim tidak dapat melihat gambaran utuhnya. Mereka tidak tahu bahwa gim lebih dari sekadar menembak dan mendapatkan poin.

“Kami pikir ini semua hanyalah permainan. Kami kira itu sebuah kompetisi yang seharusnya dimenangkan,” kata Robert.

Lalu muncul pula persoalan ritme sirkadian di tubuh Mats, di setiap waktu selama 24 jam kesehariannya.

“Kami tidak mengerti mengapa sangat penting bagi Mats untuk terus online saat petang dan malam.”

“Tentu saja orang tidak bermain pagi atau siang hari karena itu adalah waktu di mana mereka berada di sekolah atau tengah bekerja.”

“Kami awalnya memahami semua ini setelah ia wafat. Di akhir hayatnya, kami masih berkeras ia harus tidur jam 11 malam, seperti orang-orang normal lainnya,” ujar Robert.

Lisette Roovers adalah salah satu kawan Mats di dunia gim online yang berasal dari Breda, Belanda. Ia hadir dalam pemakaman Mats tahun 2014.

Lisette juga datang ke Norwegia untuk mengunjungi temannya, Kai Simon Fredriksen, yang juga bermain gim online bersama Mats.

“Saya mengenal Mats bertahun-tahun. Sangat mengejutkan mendengar kabar ia meninggal dan itu berdampak pada saya,” kata Lisette.

Lisette kini berusia 28 tahun. Ia berumur 15 tahun ketika bertemu Mats yang kala itu berusia 16 tahun. Atau tepatnya, ketika karakter gim Lisette, Rumour, bertemu Ibelin.

“Kami bertemu di Goldshire,” kata Lisette.

“Itu bukan tempat yang nyaman lagi, tapi saat itu Goldshire adalah kampung kecil yang menyenangkan, di mana Anda bisa bertemu karakter baru yang menarik.”

“Saya mencari seseorang untuk bermain. Di antara mereka yang di duduk di api unggun adalah sosok yang belakangan saya kenal sebagai Ibelin,” kata Lisette.

“Sayaatau Rumourbertingkah laku impulsif. Saya keluar dari semak-semak dan merebut topi Ibelin. Kami berdiri dan saling menatap beberapa saat, lalu saya kabur membawa lari topinya.”

Lisette tersenyum kecil.

Mats juga menulis perjumpaan pertamanya dengan Lisette di sebuah unggahan blog berjudul Love.

“Di dunia yang lain ini, seorang anak perempuan tidak akan melihat kursi roda atau hal-hal lain sebagai pembeda. Mereka akan menemukan jiwa, hati, dan pikiran saya yang hidup dalam tubuh yang kuat dan cakap,” tutur Mats.

“Untungnya, hampir sebagian besar karakter di dunia virtual ini terlihat menawan,” tambahnya.

Di sisi lain, Lisette berkata, “Mats adalah kawan baik, kadang-kadang ia teman yang sangat dekat.”

“Kami saling bertukar pesan tentang apapun, tapi dia tidak menceritakan kondisinya. Saya kira kehidupannya sama sepertinya saya, contohnya kami sama-sama membenci sekolah.”

Tapi ada hal-hal yang sempat tidak mereka sepakati.

“Dia menulis bahwa ia membenci salju, sedangkan saya menyukainya. Saya tidak mengerti bahwa ketidaksukaannya itu berkaitan dengan kursi roda. Saya tidak tahu sama sekali,” kata Lisette.

Kecintaan Lisette pada gim membuat orang tuanya khawatir. Mereka takut studinya terganggu dan Lisette tak akan memiliki kehidupan sosial.

Keputusan yang diambil orang tuanya adalah memutus akses Lisette kepada gim online. “Dijauhkan dari kawan-kawan di permainan itu sangat berat bagi saya,” tuturnya.

Namun Mats bersiasat untuk melanggengkan perkawanan itu. Meski ia tak menemukan Lisette di gim itu, Mats berkomunikasi dengannya melalui saluran lain.

“Dia menulis surat yang sangat serius untuk orang tua saya dan mendorong mereka memahami betapa penting gim itu bagi saya. Saya menyimpan surat itu,” kata Lisette.

Robert dan Trude tahu putra mereka saling berbalas pesan dengan seseorang bernama Lisette.

“Mats sempat berbicara tentang karakter gim itu sejumlah avatartapi kami tidak memperhatikan secara khusus. Dia cerita pada kami tentang Rumour, dan tentang hal-hal lainnya,” kata Robert.

“Dia atau Lisette mengirimnya kado, termasuk pada hari ulang tahunnya. Itu sangat menyentuh dan kami menggodanya. Dia tersipu dan sangat malu.”

“Kami pikir Lisette adalah teman baik karena hadiah-hadiah itu. Anda bisa menyebut kado itu sebagai bukti nyata pertemanan.”

“Kami tidak menyebut orang-orang yang bersentuhan dengannya sebagai kawan. Kami menyebut mereka avatar. Persepsi kami tentang pertemanan sangatlah tradisional,” ujar Robert.

Dalam gim World of Warcraft, Anda dapat bermain sendiri atau bergabung dengan orang lain dan membentuk kelompok atau serikat.

Mats adalah bagian dari kelompok seperti itu yang bernama Starlight. Kawanan itu berisi 30 anggota.

“Tidak ada yang hanya sekadar menjadi anggota Starlight,” kata Robert yang kini memahami gim itu.

“Untuk menjadi anggota, Anda harus direkomendasikan seseorang yang telah lebih dulu masuk. Anda harus lulus masa percobaan selama satu hingga dua bulan,” ujarnya.

Starlight bertahan selama lebih dari 12 tahun dan kelompok ini masih aktif hingga kini.

“Starlight adalah grup yang spesial karena terus bersama dalam waktu yang sangat panjang. Itu barangkali didasarkan pada pertemanan yang sangat mendalam,” kata Robert.

Kai Simondikenal sebagai Nomine dalam permainan ituberusia 40 tahun. Ia adalah pemimpin Starlight.

Setiap tahun sejak Mats meninggal tahun 2014, Starlight menggelar peringatan khusus untuk mengenang kawan mereka itu.

Tahun 2018, saat tengah mengenang Lord Ibelin Redmoore, Kai Simon berkata kepada rekan-rekannya agar lebih fokus berlari dan berenang.

“Ibelin adalah seorang pelari,” kata Kai. “Sangat penting baginya untuk berlari dan berbagi pengalaman berlari itu dengan orang lain.”

Apakah Kai tengah berbicara tentang Mats atau karakter yang dimainkan Mats? Mungkin itu tidak penting. Barangkali memang seperti itu jika seseorang telah menyatu dengan karakter permainan.

Pada musim panas tahun 2013, Mats berusia 24 tahun. Keluarganya berlibur di Mallorca, Spanyol, sementara ia tak bisa ikut plesir dan tinggal di ruang bawah tanah bersama pendampingnya.

Mats sama sekali tidak boleh sendirian. Selama bertahun-tahun ia memiliki pendamping yang berbeda-beda, termasuk pamannya.

Mats beruntung, beberapa pendampingnya juga punya kesenangan yang sama terhadap gim online.

Ketika orang tuanya berada di Spanyol, Mats memulai blognya yang berjudul Musings of Life (Renungan Hidup). Dalam unggahan berjudul My Escape (Pelarian Saya), dia menulis tentang kehidupan di Azeroth.

“Keterbatasan saya tidak dipersoalkan, belenggu saya hancur dan saya bisa menjadi siapapun yang saya inginkan. Di sana saya merasa normal,” tulisnya.

Mats membagikan tulisannya itu kepada para anggota Starlight. Satu per satu. Itulah proses bagimana mereka akhirnya mengetahui kondisi yang dihadapi Mats dalam dunia offline.

Lisette mengingat kembali saat-saat ia membaca blog milik Mats pertama kali.

“Saya tumbang. Hati nurani saya terluka karena saya beberapa kali menggodanya di permainan gim dan tak pernah betul-betul sengaja melakukannya.”

“Lalu saya berpikir, ‘Apakah saya harus mengubah perilaku terhadapnya?’ Namun saya memutuskan tetap bersikap seperti biasanya. Dia juga menuliskan itu sebagai keinginannya.”

Tanggal 18 November 2014, Mats meninggal.

Dalam kondisi kritis, Mats dilarikan ke rumah sakit. Dokter sempat berhasil membuat kondisinya stabil dan mempertimbangkan untuk memulangkannya.

Namun belakangan seluruh keluarga Mats diminta segera datang ke rumah sakit.

“Dia berada di lantai empat, di ruangan di ujung koridor. Setiap detik sangat berharga. Koridor itu sangat panjang,” kata Robert.

Robert dan istrinya, Trude, datang terlambat.

Foto yang diabadikan Robert memperlihatkan seorang anak muda yang pucat dengan rambut berombak. Foto itu menggambarkan mata, hidung mancung dan mulut yang selama ini selalu ditutup masker pernafasan.

Mats terlihat seperti tengah tertidur pulas.

Beberapa tahun sebelum itu, Lisette membuatkan Mats sebuah gambar. Ibelin menopang Rumour. Syal menutup hidung dan mulut Ibelin.

“Mats menerima gambar itu melalui email,” kata Robert. “Sekarang gambar itu tergantung di tembok rumah kami.”

Sehari setelah Mats wafat, seluruh keluarganya berada di rumah. “Bel terus berbunyi, karangan bunga dan tetangga berdatangan. Kami menangis,” kata Robert.

Robert memikirkan orang yang harus ia beri kabar tentang kematian Mats. Dia mengingat para pemain gim dan mencari cara berkomunikasi dengan mereka secara langsung.

“Sebelum Mats meninggal, saya tidak pernah berpikir dapat memiliki kata sandinya.” Tapi kini Robert sangat membutuhkannya.

“Ketika itu, pikiran saya lalu tertuju pada blognya.”

Faktanya, Mats pernah memberi ayahnya kata sandi untuk masuk ke blognya. Saat itu, tujuannya agar Robert dapat terus-menerus memeriksa seberapa sering unggahan Mats dibaca publik.

“Anda tidak tahu siapa yang berperan dalam kehidupan anak Anda jika Anda tak mengenal dunia digital mereka,” kata Anne Hamill alias Chit, pakar psikologi berusia 65 tahun asal Inggris, yang juga berstatus anggota Starlight.

“Buat kesepakatan dengan anak Anda tentang bagaimana berkomunikasi dengan kawan-kawan dunia digital mereka, kalau-kalau sesuatu terjadi.”

“Kalau tidak, mereka memiliki sekelompok teman yang akan terus bertanya-tanya tentang apa yang terjadi,” kata Anne.

Di akhir unggahan blog tentang kematian Mats, Robert menuliskan alamat email bagi siapapun yang ingin berkomunikasi dengannya.

“Saya menulis itu lalu menangis. Saya mengetuk tanda ‘terbitkan’. Saya tidak tahu apakah akan ada balasan yang masuk sampai email pertama datang, sebuah pesan belasungkawa dari salah satu anggota Starlight.”

“Saya membaca email itu keras-keras, ‘Sangat pedih menulis pesan untuk seseorang yang tidak pernah saya temui, tapi sangat saya kenal.’ Pesan itu menghadirkan kesan mendalam,” ujar Robert.

Setelah itu datang lebih banyak pesan berisi ucapan duka cita dan tentu kehidupan Mats dalam permainan online itu.

“Mats melampaui batasan fisik dan memperkaya banyak orang di dunia,” begitu salah satu pesan itu.

“Kepergian Mats sangat memukul saya. Saya tak dapat menuliskan kata-kata betapa rindunya saya pada dia.”

“Saya tak percaya satupun orang di Starlight. Tapi jika saya harus memilih, saya hanya akan mempercayainya,” demikian pesan lain untuk Mats.

Ketika Starlight mengetahui kematian Mats, mereka mengumpulkan uang sehingga mereka yang berkantong tipis berkesempatan pergi ke Norwegia untuk menghadiri pemakaman.

Robert berkata, keluarganya sangat tersentuh.

“Kami mengangis dan terus menangsis akibat kebahagiaan emosional yang datang dari kenyataan tentang kehidupan Mats.”

“Dengan kawan-kawan yang nyata, orang-orang baik yang sangat peduli dan bersedia datang dari negara lain untuk melihat pemakaman orang yang tidak pernah mereka temui. Ikatan itu sangat kuat,” kata Robert.

Lisette datang dari Belanda. Begitu pula Anne yang terbang dari Inggris, Janina dari Finlandia, dan Rikke dari Denmark.

Atas nama anggota Starlight, Kai yang asli Oslo juga menggelar kebaktian.

“Saat kita berkumpul di sini, sebuah lilin dinyalakan bagi Mats di Belanda. Lilin lain dihidupkan di pusat Irlandia, dan di sebuah perpustakaan di Swedia.”

“Peringatan terhadapnya dilakukan di salon kecantikan di Finlandia, kantor pemerintahan di Denmark, dan banyak tempat di Inggris.”

“Di seluruh Eropa, Mats diingat oleh lebih banyak orang dibandingkan mereka yang punya kesempatan datang ke pemakaman ini.”

“Saya bertemu Mats di dunia di mana tidak ada persoalan tentang siapa dirimu, tubuh seperti apa yang kamu miliki atau bagaimana kamu terlihat di dunia nyata, di balik papan tuts,” ujar Kai.

“Di dunia itu, yang terpenting adalah sosok apa yang kamu pilih dan bagaimana kamu bersikap terhadap orang lain.”

“Yang menentukan siapa dirimu, adalah apa yang ada di sini (Kai meletakkan tangannya ke tempat peribadatannya) dan di sini (Kai menyentuh hatinya).”

Dalam blog miliknya, Mats menulis tentang monitor komputer yang ditatapnya hampir seumur hidupnya, “Ini bukan monitor, ini adalah gerbang ke manapun hatimu berkehendak.”

Vicky Schaubert bekerja untuk stasiun radio publik milik pemerintah Norwegia, Norsk rikskringkasting (NRK) di Oslo. Anda dapat membaca karyanya melalui tautan ini.

Kredit foto paling atas: Blizzard Entertainment/Patrick da Silva Saether/NRK


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>