5 Manfaat ASI Bagi Pertumbuhan Anak, Bisa Cerdaskan Otak

Menyusui memiliki daftar manfaat kesehatan yang mengesankan. Manfaat ASI terutama berlaku untuk pemberian ASI eksklusif. Manfaat ASI dapat mengurangi risiko banyak penyakit bayi dan penyakit sat dewasa, termasuk:

Infeksi telinga tengah

3 bulan atau lebih pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi risiko hingga 50%, sementara menyusui setelah 3 bulan pertama dapat mengurangi risiko sebesar 23%.

Infeksi saluran pernapasan

Menyusui eksklusif selama lebih dari 4 bulan mengurangi risiko rawat inap untuk infeksi ini hingga 72%.

Pilek dan infeksi

Bayi yang disusui secara eksklusif selama 6 bulan memiliki risiko hingga 63% lebih rendah terkena pilek dan infeksi telinga atau tenggorokan yang serius.

Infeksi usus

Menyusui dikaitkan dengan penurunan 64% dalam infeksi usus, terlihat hingga 2 bulan setelah menyusui berhenti. Memberi makan bayi prematur ASI dikaitkan dengan penurunan sekitar 60% dalam insiden necrotizing enterocolitis.

Bayi yang disusui juga kira-kira 30% lebih kecil untuk terserang penyakit radang usus pada masa kanak-kanak.

Sindrom kematian bayi mendadak

Menyusui dikaitkan dengan penurunan risiko kematian 50% setelah 1 bulan, dan risiko penurunan 36% pada tahun pertama.

Penyakit alergi

Menyusui eksklusif selama minimal 3-4 bulan dikaitkan dengan 27-42% pengurangan risiko asma, dermatitis atopik dan eksim.

Penyakit seliaka

Bayi yang disusui pada saat paparan gluten pertama memiliki risiko 52% lebih rendah terkena penyakit seliaka.

Diabetes

Menyusui selama minimal 3 bulan dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 hingga 30% dan diabetes tipe 2 hingga 40%.

Leukemia pada anak-anak

Menyusui selama 6 bulan atau lebih dikaitkan dengan penurunan 15-20% dalam risiko leukemia pada anak.

Selain mengurangi risiko banyak infeksi, menyusui juga telah terbukti secara signifikan mengurangi keparahan sebuah penyakit. Lebih lanjut, efek perlindungan dari menyusui tampaknya bertahan sepanjang masa kanak-kanak dan bahkan dewasa.

Tak Sengaja Tembak Kepala, Bocah Ini Selamat Setelah Sempat Divonis Mati Otak

Karena terluka parah, Na’vaun Jackson terkapar dalam keadaan kritis. Menurut dokter, peluru yang bersarang di dalam kepalanya telah memasuki area keningnya. Lebih tepatnya di antara kedua mata bocah malang tersebut.

Akhirnya dokter melakukan tindakan ekstrim dengan mengambil bagian kecil dari tengkorak dan otaknya. Lebih parahnya lagi, dokter yang bertugas pun mengungkapkan bahwa kemungkinan Na’vaun Jackson akan mengalami mati otak dan tidak bisa berjalan.

Namun, keberuntungan nampaknya sedang berpihak kepada bocah malang ini. Pasalnya, hanya dalam waktu dua setengah minggu, Na’vaun Jackson menunjukkan kemajuan yang terbilang mengejutkan.

Kakeknya, Ramon Price menceritakan bahwa Na’vaun Jackson tak lagi dirawat di ruang ICU. Sebaliknya, Ia dalam proses terapi fisik yang membuatnya pulih sedikit demi sedikit. Bahkan, dalam beberapa unggahan di akun Facebook pribadinya, Ramon Price membagikan video cucunya tersenyum saat digelitik.

Tak hanya itu, Na’vaun Jackson juga terlihat bermain dengan boneka serta mainannya meski genggaman tangannya masih belum sekuat sebelumnya. Ramon Price juga menginformasikan bahwa cucunya kini bisa menggerakkan kaki hingga menendang bantalnya dan juga menggapai barang-barang menggunakan tangannya.

6 Kebiasaan Baik Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Liputan6.com, Jakarta – Semua orang ingin memiliki kekuatan otak yang maksimal, di mana otak adalah sebagai pusat untuk mengatur kerja dalam tubuh. Banyak trik dan cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mulai dari makan ikan yang bergizi hingga latihan khusus yang dilakukan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak Anda. Melansir dari lifehack.org, Minggu, 14 April 2019, berikut latihan yang harus Anda lakukan.

1. Lakukan Tugas Tersulit di Pagi Hari

Otak Anda bekerja sebaik mungkin ketika segar dan berenergi setelah tidur nyenyak. Jika Anda memiliki tugas untuk melakukan itu membutuhkan banyak pemikiran dan fokus. Waktu terbaik untuk melakukan tugas itu adalah di pagi hari, ketika otak Anda berada pada posisi paling segar.

Ini adalah salah satu alasan mengapa membuka gawai di pagi hari bukanlah ide yang bagus. Anda menyia-nyiakan waktu terbaik otak Anda untuk tugas sederhana yang dapat dilakukan ketika otak Anda tidak segar.

Jauh lebih baik untuk melakukan tugas-tugas kreatif Anda yang paling sulit, mengambil keuntungan dari tingkat energi otak Anda yang lebih tinggi. Cobalah awali pagi hari dan jadwalkan pekerjaa yang membutuhkan konsentrasi kreatif tinggi.

2. Baca Buku, Jangan Bermain Media Sosial

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan pengetahuan Anda selain dengan membaca buku. Kebiasaan dari seseorang lebih menyukai untuk menghabiskan waktu bermain di media sosial. Sebaiknya, jadikan membaca buku sebagai kebiasaan Anda.

Ketika Anda membaca buku, Anda meningkatkan kemampuan otak untuk menyelesaikan masalah dengan pengatahuan yang Anda dapat dari buku. Pelajari tentang teori ekonomi, sejarah, dan psikologi. Semua topik ini memiliki aplikasi praktis nyata untuk kehidupan.

Ingin Bantah Teori Darwin, Peneliti Masukkan Otak Manusia ke Dalam Monyet

Dalam penelitian, monyet-monyet itu menjalani tes memori yang mengharuskan mereka mengingat warna dan bentuk. Sejumlah informasi itu diberikan dari layar, kemudian para kera menjadi sasaran pemindaian MRI.

Hanya lima dari monyet yang selamat dalam tahap pengujian.

Maka tak elak, penelitian ini mendapatkan tanggapan negatif terkait dengan etika. Salah satunya adalah dari Jacqueline Glover, seorang ahli bioetika Universitas Colorado.

“Anda pergi saja ke Planet Kera, segera dalam imajinasi Anda,” kata Glover menyuruh tim peneliti bernada satire.

“Jangan menciptakan makhluk yang tidak bisa memiliki kehidupan yang bermakna dalam konteks apa pun,” lanjut Glover kepada MIT Technology Review.

Sementara itu, Larry Baum, seorang peneliti di Pusat Ilmu Genomik Universitas Hong Kong, meragukan hasil penelitian.

“Genom monyet rhesus berbeda dari kita beberapa persen,” katanya.

“Anda bisa memutuskan sendiri apakah ada yang perlu diragukan dalam penelitian ini.”

Baum menambahkan, penelitian ini justru mendukung teori bahwa “kematangan sel otak yang lebih lambat mungkin menjadi faktor dalam meningkatkan kecerdasan selama evolusi manusia.”

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kinerja Otak

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini membahas tentang 6 kebiasaan yang dapat merusak kinerja otak. Sebagai sistem pusat yang mengatur kinerja tubuh, otak perlu istirahat agar tak stres.

Selain melewatkan sarapan, ada beberapa hal lain yang bisa merusak kinerja otak, seperti kurang tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan orang lesu dan menjadi pelupa. Alasannya, karena kurang tidur merampas kemampuan neuron Anda untuk berfungsi dengan baik.

Berita lain yang juga menjadi sorotan pembaca tentang cara memesan tiket pesawat murah untuk liburan. Salah satunya memperbanyak informasi mengenai tiket penerbangan.

Pada umumnya ada hari-hari tertentu di mana tiket pesawat menjadi murah yaitu hari Selasa atau Rabu. Terkadang juga ada kejutan mendadak dari maskapai penerbangan itu.

Di samping itu, terdapat 6 khasiat ajaib makan pisang dua hari sekali yang jarang diketahui orang. Dari 6 khasiat itu salah satunya menurunkan risiko kanker.

Pisang dengan kandungan vitamin C tinggi sangat penting dalam memerangi radikal bebas karsinogenik. Serat dalam pisang juga penting untuk mengatur kesehatan pencernaan dan dianggap mengurangi risiko kanker kolorektal.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, simak rangkuman Liputan6.com selengkapnya berikut ini.

6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kinerja Otak

Otak adalah sistem pusat saraf yang mengatur kinerja organ tubuh. Terkadang jika merasa lelah kita ingin mengistirahatkan otak agar tidak stres hingga menjadi lebih rileks.

Namun, sering tak disadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang tidak kita ketahui dapat merusak kinerja otak yang akan membuat Anda menjadi lamban dalam berpikir. Melansir dari hhdresearch.org, Kamis, 28 Maret 2019 berikut enam hal yang dapat merusak kinerja otak tersebut.

Dari enam hal tersebut terdapat melewatkan sarapan. Sarapan dianggap sebagai makanan terpenting selain makan siang dan malam. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah rendah, dan itu sangat merusak otak.

Selanjutnya…

Cara Memesan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan, Apa Saja?

Liburan menjadi alternatif banyak orang untuk mengisi waktu luang. Idealnya kebanyakan dari Anda menginginkan liburan yang menyenangkan dengan biaya tiket yang tidak terlalu mahal, kecuali jika Anda salah satu dari orang yang tidak ada masalah dengan uang.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar penting untuk meminimalkan risiko kanker karena Anda mendapatkan dosis harian nutrisi penting tanpa tambahan garam, gula, pewarna makanan, dan bahan pengawet kimia.

Selanjutnya…

6 Khasiat Ajaib Makan Pisang Dua Hari Sekali yang Jarang Orang Ketahui

Pisang adalah makanan yang sangat populer. Tumbuh di 107 negara, buah ini merupakan tanaman paling berharga keempat di dunia. Pisang sangat sederhana, tapi banyak digunakan untuk pelengkap es krim, sereal, dan yoghurt.

Pisang juga jadi salah satu camilan paling sehat yang bisa Anda miliki. Melansir dari foodprevent.com, Senin, 1 April 2019, berikut khasiat yang bakal didapatkan jika Anda mengkonsumsi pisang dua hari sekali.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

7 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak

3. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kondisi jantung tidak sehat, yaitu kondisi jantung yang harus berhati-hati terhadap peningkatanan tekanan darah.

Namun sebelum mandi atau berendam dengan air hangat, kamu yang memiliki masalah jantung untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena bisa meningkatkan denyut jantung.

4. Mengilangkan Stres

Saat kamu mandi menggunakan air hangat, usahakan untuk tidak terburu-buru. Luangkan waktu untuk menikmati hangatnya air yang mengguyur tubuhmu. Hal ini akan memberikan efek tenang pada tubuh dan bisa menghilangkan stres.

Kamu bisa mandi atau berendam dengan air hangat ini setelah melakukan akifitas sehari-hari. Selain itu, berendam dengan air hangat juga bisa melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

5. Mengatasi Susah Tidur

Jika kamu mengalami masalah susah tidur, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi atau berendam menggunakan air hangat. Dengan menggunakan air hangat, maka suhu tubuh akan meningkat dan kemudian akan turun secara perlahan saat kamu mulai meninggalkan bak mandi atau selesai mandi. Perubahan suhu inilah yang akan memicu untuk mengantuk dan cepat tidur.

PUBG Vs Kajian Fatwa Haram MUI, Seberapa Besar Pengaruh Game ke Otak?

Jakarta

Kontroversi game PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) bikin para gamer ‘teriak’. Akan tetapi, ada juga yang merasa pelarangan atau pembatasan PUBG adalah hal yang sah-sah saja dilakukan khawatir dengan konten kekerasan dalam game tersebut akan mempengaruhi.

Sebenarnya, seberapa besar sih pengaruh game pada otak dan psikologi penggunanya?

“Memang game apapun kalau ada konten yang mengandung kekerasan, pornografi, penyimpangan seksual, itu pasti akan pengaruhnya,” kata Fajriati Maesaroh, psikolog yang ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) MUI soal game berbau konten kekerasan, radikalisme, dan terorisme, kepada detikcom, Selasa (26/3/2019).

Pada dasarnya, manusia cenderung meniru, terlebih ketika dia mendapatkan kesenangan, reward, dan apresiasi, maka pengulangan atau peniruan bisa saja terjadi. Terlebih anak-anak yang belum bisa membedakan apa situasi dalam game ini bisa diterapkan dalam kehidupan atau tidak.

“Karena kalau orang dewasa kita udah bisa mikir ‘oh ini nggak bener,’ kalau ada dalam situasi yang unreal oh ini tidak bisa diterapkan. Orang dewasa ada yang bisa memilah begitu walaupun kemudian ada juga yang nggak ya,” ujar psikolog yang akrab disapa Fajri ini.

“Tapi, kalau anak-anak paling bahaya karena belum terbentuk prefrontal korteks, direktornya otak yang menentukan benar-salah, nah ketika belum terbentuk ini kan matanganya di usia 25 tahun, bayangin deh berartikan dia mengalami kesulitan untuk membedakan,” katanya.

Sama halnya remaja, remaja juga punya kecenderungan untuk mencoba hal baru yang sifatnya berisiko karena prefrontal korteks yang belum matang juga. Karena itu, orang tua harus banget nih bisa mengawasi anaknya untuk memilah game mana yang cocok sesuai kategori umurnya. Ingat, demi kesehatan kesehatan otak dan psikologis.

(ask/up)

Saat Orgasme 4 Hal Ini Terjadi di Otak

Orgasme yang hebat dapat menyamarkan rasa sakit yang timbul.

Anterior cingulate cortex dan insular cortex berfungsi menghambat rasa sakit saat berhubungan seks,” kata Cynthia. 

“Contohnya, seorang individu akan merasa tidak sakit saat pasangan memukul saat berhubungan seks, karena menyalanya organ penghambat rasa sakit tersebut. Ini juga yang membuat perasaan senang meningkat ketika berhubungan intim,” tambahnya.

4. Ketegangan otot meningkat

“Otak kecil bertanggung jawab atas fungsi motorik yang terhubung ke saraf besar. Ini menyebabkan ketegangan neuromuskular,” ungkap Dougherty.

Dokter yang berpraktek di Florida, Amerika Serikat tersebut, juga menyatakan bahwa para ilmuwan masih belum 100 persen yakin mengapa manusia mengalami orgasme.

“Ada banyak hipotesis tentang orgasme. Namun, terlepas dari kemampuan untuk orgasme, ini juga dikenal dengan manfaat kesehatannya. Berhubungan seks diketahui memberikan kesehatan dengan meningkatkan aliran darah ke otak.” jelas Dougherty.

Penulis: Dara Elizabeth 

Saksikan juga video menarik berikut

Benarkah manusia terkadang tidak selalu bergairah melakukan hubungan seks? Apa yang membuat gairah seks padam?

Awet Muda dengan Otak yang Sehat Lewat 7 Cara Ini

JakartaOtak yang sehat berarti tubuh yang kuat. Manfaatnya bisa terasa hingga usia tua, terhindar dari risiko stroke ataupun penyakit degeneratif otak seperti demensia atau Alzheimer’s.

“Tak pernah kelewat telat untuk meningkatkan kesehatan otak,” tegas Lainey Younkin, MS, RD, LDN, ahli gizi terdaftar dan pendiri Lainey Younkin Nutrition, dikutip dari Health Line.

Agar tetap selalu ‘awet muda’, cobalah 7 cara berikut ini untuk meningkatkan kesehatan fisik sekaligus kesehatan otak dan kemampuan kognitifmu:


1. Perbanyak gerak

Coba untuk menargetkan 150 menit atau lebih latihan aerobik tiap minggunya. Ada satu studi yang mengungkapkan bahwa orang dewasa yang tidak aktif atau melakukan gaya hidup sedenter yang mencoba kebiasaan baru dengan rutin berjalan selama setahun menunjukkan peningkatan signifikan pada performa ingatan yang juga terkait dengan perkembangan area-area memori di otak.

2. Bangun otot

Latihan aerobik dibarengi dengan latihan kekuatan setidaknya dua kali per minggu telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan sekaligus meningkatkan kesehatan otak.

3. Makan makanan yang baik untuk otak

“Memakan makanan yang menguatkan otak seperti bluberi, kacang-kacangan dan ikan berlemak, memotong makanan beku, makanan restoran, daging dan keju, yang menjadi sumber sodium tertinggi yang bisa menaikkan tekanan darah,” kata Younkin. Ia menyarankan untuk makan dengan separuh piringmu berisi sayuran tak bertepung (kentang), dan seperempat piringmu berisi gandum atau beras-berasan utuh. Peningkatan serat dan pengurangan karbohidrat ‘kosong’ akan membantumu untuk menjaga bobot yang sehat dan menjaga kadar gula darahmu lebih stabil.

4. Lebih awas

Rasa cemas dan stres tak hanya membebani kesehatan mentalmu, tapi juga kesehatan otak dan badan. Rutin bermeditasi atau melatih mindfulness atau kewaspadaan bisa membantu menurunkan risiko kesehatan vaskuler yang memburuk

5. Tidur nyenyak

Tidur yang tidak nyenyak atau kurang terkait dengan kesehatan yang memburuk dan menjadi faktor risiko penyakit vaskuler, termasuk tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan. otak kita membutuhkan waktu untuk ‘tidur’ juga agar membantu menjernihkan neuron dan sinapsis serta memproduksi ingatan. Saat tidur kita tidak berkualitas, kesehatan otak dan fisik kita secara signifikan akan terkena dampaknya.

6. Tentu saja, gunakan otakmu!

Menjaga tetap aktif secara kognitif melalui kegiatan sosial, seperti mendatangi klub buku atau mengikuti kelas masak, dapat memperlambat perkembangan kehilangan memori dan kaitan depresi dengan penuaan. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu suka, atau sesimpel bermain permainan yang mengasah otak, seperti sudoku, puzzle, teka-teki silang, atau kamu juga bisa mencoba menjawab pertanyaan Asah Otak di detikHealth!

7. Pantau tekanan darah

Pantau dan periksa tekanan darah secara rutin atau setidaknya tiap enam bulan sekali. Perhatikan apabila ada peningkatan atau perubahan signifikan. Sebuah studi mengindikasikan soal panduan tekanan darah tinggi atau hipertensi pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa tekanan darah tinggi kini didefinisikan sebagai tekanan darah yang lebih tinggi dari 130/90. Panduan baru ini diharapkan bisa membantu kita mengenali orang-orang yang berusia muda yang berisiko tekanan darah tinggi seumur hidup.

(frp/up)

Cita-Cita Bocah yang Bolos Sekolah untuk Rawat Ayah Penderita Tumor Otak

Liputan6.com, Jakarta – Kisah Yuda yang viral lantaran mengurus bapaknya penderita tumor otak masih berlanjut. Bocah 12 tahun yang duduk di kelas 6 SD ini menarik perhatian karena memilih bolos sekolah demi merawat bapaknya, menggantikan sang ibu yang dikabarkan pergi bekerja di luar negeri.

Lewat unggahan terbaru di akun Instagram @rumah_teduh_sahabat_iin, Yuda mengaku sudah tiga bulan terakhir tak sekolah. Bila sebulan lagi tak sekolah, ia terancam dikeluarkan.

“Bicara langsung,” jawabnya singkat saat disinggung bagaimana pihak sekolah menyampaikan hal itu.

Sambil berlinang air mata, Yuda mengungkapkan keinginannya masuk pesantren tetapi batal karena tak bisa meninggalkan bapaknya. Ia juga menyampaikan memilih mendampingi bapaknya dibandingkan sekolah karena tak ada yang bisa mengurus. Padahal, ia punya cita-cita yang ingin diwujudkan.

“Pengen jadi polisi,” ujarnya.

Melihat kegalauan Yuda, Iraningsih Achsien, pendiri Rumah Teduh, meyakinkan bocah itu untuk mencarikan jalan keluar. “Kalau harus sampai keluar sekolah, Bunda janji akan cari solusi supaya Yuda bisa tetap sekolah,” katanya.

Kepada Liputan6.com, perempuan yang akrab disapa Iin itu mengatakan Yuda sudah kembali ke sekolah. Senin kemarin, 11 Maret 2019, ia bahkan menjalani ujian sekolah jelang Ujian Nasional.

“Ini hari pertama ujian. Yuda dan bapaknya diantar pulang ke Karawang pakai ambulans kemarin,” ujarnya.

Ia menilai wajar bila pihak sekolah menyampaikan ancaman dikeluarkan tersebut mengingat Yuda sering tak masuk kelas. Namun, ia juga meminta pihak sekolah tak bersikap berlebihan menanggapi ketakutan Yuda tak bisa melanjutkan pendidikan karena ancaman tersebut seraya menegaskan pihaknya tak bermaksud membuka aib.

“Saya kira wajar kalau pihak sekolah berkata seperti itu. Anak yang banyak dapat nilai merahnya kan sering juga dibilang tidak akan naik kelas. Nah, dalam kasus Yuda, ya wajar kalau sekolah mengancam mengeluarkannya karena sering bolos. Tapi buat anak sekecil itu, hal itu ya menakutkan,” tutur Iin.

Ia meminta semua pihak tak reaktif merespons kasus Yuda yang merawat bapaknya penderita tumor otak. Apalagi, banyak pihak bersedia menjamin bocah tersebut bisa melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang lebih tinggi.

“Tenang saja, Yuda sudah kami tangani. Minimal makannya sudah aman, bahkan banyak yang ngejaminin untuk sekolah yang lebih tinggi lagi,” ujar Iin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Hingga kini belum diketahui apa yang menyebabkan tumor ini ada dalam ovarium gadis tersebut.