Tes Capres Baca Quran Gagasan Dai Didukung MUI

JakartaIkatan Dai Aceh (IDA) ingin ada tes baca Alquran bagi kedua pasangan calon di Pilpres 2019, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Aspirasi tersebut mendapat dukungan dari Majelis Ulama Islam (MUI).

Undangan tes baca Alquran kepada Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga disampaikan IDA pada 29 Desember 2018 lalu. Rencananya tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, hari ini, Selasa (15/1/2019).

Ketua IDA, Tgk Marsyuddin Ishak menyebut banyak masyarakat Aceh menagih kedua paslon soal tes baca Alquran. Menurut dia, tes baca Alquran untuk capres-cawapres sangat penting bagi masyarakat Aceh sebagai salah satu tolok ukur kepantasan menjadi pemimpin.

“Apalagi tes ini sudah didukung oleh Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, dan partai pengusung masing-masing calon di Aceh,” kata Marsyuddin.
Namun karena IDA belum mendapat jawaban dari Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiga, tes baca Alquran tidak jadi digelar hari ini. Jika keduanya bersedia, pelaksanaan tes akan disesuaikan dengan jadwal kedua paslon.

“Jadwal ini masih tentatif masih kemungkinan bisa berubah. Karena kami sadar betul apa kesibukan Pak Jokowi, Kiai Ma’ruf, Pak Prabowo sama Bang Sandi. Jadi ya kita tunggu aja. Terkait waktu kalaupun memang jadi, ikut waktunya kita sesuaikan,” ujar Marsyuddin.

IDA juga telah menyambangi kantor pemenangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Kunjungan itu dalam rangka menagih jawaban atas undangan tes baca Alquran di bumi Serambi Mekah.

Secara lisan Tim Kampanye Nasional (TKN) menyatakan kesanggupan Jokowi dan Ma’ruf Amin untuk datang. Sedangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menyatakan hanya akan datang jika ada kewajiban dari KPU berkaitan dengan acara itu.

Mengenai usulan tes baca Alquran, IDA mendapat dukungan dari MUI. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI, Lukmanul Hakim saat IDA datang berkunjung.

“Kami dari Majelis Ulama Indonesia mengapresiasi ide tersebut. Saya kira ini kan menjadi pemimpin bangsa. Alquran itu kami orang Islam tentu menjadi satu hal yang esensial, mendasar,” jelas Lukmanul.

Dia berharap tes baca Alquran tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi bangsa dan negara ke depan. Terutama dalam memilih pemimpin.

“Terutama untuk yang berikutnya dan juga yang sekarang. Kalau kita memang mengharapkan pemimpin itu yang beragama Islam secara esensial dia mengetahui dan bisa mempraktikkan dan mengimplementasikan ajaran-ajaran Islam itu,” ujar Lukmanul.

Sementara itu, terkait permintaan rekomendasi penguji, MUI mengaku siap memfasilitasinya.

“Ya mereka tadi meminta juga dari MUI untuk jadi tim juri atau jadi tim evaluasilah ya. Evaluasilah ya, bukan juri. Karena ini bukan lomba baca Alquran. Ya kita tentu adalah orang-orang itu. Kita siap saja memfasilitasi itu,” sebut Lukmanul.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan ide tes baca Alquran bagi capres-cawapres yang dicetuskan Ikatan Dai Aceh (IDA) tidak diatur dalam UU Pemilu maupun Peraturan KPU (PKPU). KPU menyerahkan ke pasangan calon untuk mengikuti ajakan tes itu atau tidak.

“Sikap KPU kami mempersilakan kepada masing-masing paslon untuk merespons apakah akan mengikuti atau tidak mengikuti. KPU tidak bisa mengatur itu, kami kembalikan kepada pasangan calon masing-masing,” ungkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saat Roy Jeconiah Hibur Gusdurian Cirebon

Liputan6.com, Cirebon – Kehadiran musisi rock Roy Jeconiah memeriahkan puncak haul Gus Dur ke-9 di Cirebon. Puluhan anggota Gusdurian dan pemuka agama berkumpul merefleksikan peran tokoh pluralisme itu semasa hidupnya.

Ketua Panitia Haul Gus Dur Muhammad Alfian Awaludin mengatakan, Haul Gus Dur dianggap sebagai momen yang tepat untuk mempererat silaturahmi dan sikap toleransi.

“Di tahun politik yang memecah belah bangsa kami anggap penting untuk mengingat kembali perjuangan Gus Dur semasa hidupnya merangkul semua golongan agama agar hidup harmonis,” kata dia, Senin (14/1/2019).

Alfian mengatakan, haul tersebut digelar setiap tahun dalam rangka mempertajam semangat dan rasa saling menghargai sesama manusia. Dalam rangkaian haul, penyelenggara terlebih dahulu menggelar kegiatan masa pengenalan Gus Dur (Mapag).

Peserta haul diajak mengenal lebih dekat perjuangan Gus Dur dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Cirebon. Dia mengatakan, dalam haul ke 9 ini, penyelenggara mengusung tema kemanusiaan.

“Sesuai dengan apa yang pernah disampaikan Gus Dur saat itu yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan,” kata dia.

Dia menjelaskan, semangat menghargai sesama pada tahun politik ini perlahan terkikis. Maraknya hoax dan isu SARA menjadi ancaman terpecahnya nilai kebangsaan.

Pentingnya meningkatkan rasa kemanusiaan juga menjadi penekanan Gus Dur dalam menjalani hidup.

“Saat beliau dilengserkan karena politik ada gerakan dari Banser dan Anshor siap berangkat ke Jakarta untuk membela Gus Dur namun saat itu beliau menahan agar tidak berangkat. Beliau bilang kemanusiaan lebih penting daripada politik tak perlu ada darah yang menetes untuk mempertahankan jabatan,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Inspirasi

Kiprah Gus Dur memperjuangkan kemanusiaan dan pluralisme juga menjadi inspirasi musisi papan atas Roy Jeconiah. Mantan personil Boomerang mengaku Gus Dur adalah tokoh yang membawa nilai sangat baik untuk diteruskan oleh generasi mendatang.

“Jangan sampai dikemudian hari generasi kita bertanya benar tidak Sukarno menjadi tokoh yang memerdekakan Indonesia. Benar tidak Gus Dur seorang tokoh yang memperjuangkan pluralisme,” kata dia.

Dia mengakui, kehadiran Gus Dur menjadi inspirasi Boomerang dalam berkarya melalui musik. Lirik yang ditulis dalam setiap album nya menggambarkan situasi yang saat itu sedang terjadi.

Dia mengatakan, selama berkarya, Boomerang sudah banyak melewati proses dan momen penting di Indonesia. Bahkan, dia menganggap kondisi yang terjadi saat ini seperti mengulang kejadian pada tahun 1998.

“Boomerang buat album kontaminasi otak tahun 95 dan disharmoni tahun 96 itu banyak lirik bercerita tentang apa yang kita alami sekarang seperti Generasiku, pembakar neraka dan Ooo Ya. Pembakar Neraka bercerita tentang orang yang suka memprovokasi dan berulang saat ini,” kata dia.

Menyikapi kondisi saat ini, dia mengingatkan para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah. Para pejuang yang dengan darah dan air mata mempertahankan NKRI.

Pada kesempatan itu, Roy mengaku membuat dua lagu yang bercerita tentang perjuangan tokoh bangsa merebut kemerdekaan. Dua lagu tersebut berjudul Nyanyian Tanah Merdeka dan Sang Saka Merah Putih.

“Generasi muda harus pandai bersikap menyarakan hal indah dan baik karena negara kita masih baru belum berumur 100 tahun. Jangan melupakan sejarah,” kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pengemis Legiman Punya Aset Rp 1 M, Pimpinan Komisi VIII: Ironis

JakartaLegiman si pengemis di Pati bikin geger karena punya aset lebih dari Rp 1 miliar. Wakil rakyat memandang ini ironis.

“Fenomena pengemis tajir tentu sangat ironis,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang membidangi sosial, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Rabu (16/1/2019).

Ace mengakui memang setiap individu memiliki rezeki masing-masing. Namun, Ace memandang cara Legiman memperkaya diri dengan mengemis seharusnya tidak boleh terjadi.
“Namun, mengais rezeki dengan meminta-minta lalu dengan begitu dia memilki aset properti yang banyak, seharusnya tak boleh terjadi. Hanya dengan bermodalkan minta-minta dia punya banyak harta,” ucap Ace.

Legiman tertangkap dalam operasi pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT) yang digelar oleh Satpol PP Kabupaten Pati. Saat didesak petugas, Legiman juga mengaku memiliki rekening tabungan senilai Rp 900 juta, aset berupa rumah senilai Rp 275 juta dan tanah senilai Rp 250 juta.

Kepada petugas, Legiman mengaku sehari bisa mengantongu duit Rp 1 juta. Aset properti Legiman pun disebut bertebaran. Bagi Ace, ini ironi.

Ace mengatakan Legiman memang tak melanggar hukum apa pun karena mengemis. Meski demikian, Ketua DPP Partai Golkar itu memandang Legiman seharusnya dibina agar tidak lagi mengemis.

“Sebetulnya jika yang bersangkutan ditangkap secara hukum tidak ada yang dilanggar. Tidak ada delik hukum yang dapat menjerat dia. Tapi seharusnya dia diberikan pembinaan agar bekerja dengan asset dimilikinya untuk pada pekerjaan yang selayaknya dan lebih terhormat. Bukankah dalam agama dikatakan ‘tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah’,” sebut Ace.

“Selain itu, saya kira diimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan sedekah atau pemberian kepada para pengemis yang masih terlihat produktif, sehat, dan muda. Lebih baik disalurkan pada individu yang membutuhkan atau lembaga filantropi yang kreadibel dan dapat dipercaya,” imbuh Ace.
(gbr/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ngabalin Minta Prabowo Ungkap Mantan Presiden yang Dipantau Intelijen

Liputan6.com, Jakarta – Ali Mochtar Ngabalin menanggapi pidato kebangsaan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyebut bahwa intelijen negara memantau sejumlah tokoh, termasuk mantan presiden.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) itu meminta Prabowo mengungkap siapa saja mantan presiden dan pejabat negara yang merasa dimata-matai.

“Mungkin pak Prabowo dalam perjalanan yang panjang, ketiduran dalam mobil jadi kaget bangun langsung ngomong yang tidak benar. Siapa (mantan Presiden) yang diinteli, kasih dong datanya,” kata Ngabalin di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Ngabalin meminta Prabowo memberikan data adanya intelijen yang memantau pejabat negara. Ngabalin pun membantah tudingan ketua partai politik dipantau intel. Menurutnya, Jokowi menjadi sosok yang membina partai politik.

“Siapa sih yang merasa (diinteli)? Siapa mantan presiden yang merasa diinteli? Jangan buat berita bohong. Sayang dong kalau berita-berita bohong itu keluar dari mulut, cukup Andi Arief (Politisi Demoktrat) lah. Jangan calon presiden Prabowo bikin berita bohong lagi nanti,” ucapnya.

Ngabalin menegaskan bahwa saat ini pemerintahan Jokowi-JK tengah mempersiapkan pelaksaan Pemilu 2019 agar berjalan damai. Untuk itu, dia mengingatkan agar tidak ada pihak yang berusaha mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Karena itu saya berkali-kali mengatakan bahwa siapa saja yang upaya melakukam upaya delegitimasi terhapa KPU sebagai penyelenggara pemilu yang damai, serentak dan baik dan pemerintah menjatuhkan wibawa pemerintah maka kami akan melakukan perlawanan itu,” tegas Ngabalin.

2 dari 3 halaman

Dimata-matai?

Prabowo menyinggung kerja intelijen dalam pidatonya di JCC Senayan, Senin (14/1). Dia menuding intelijen bekerja untuk mengintai orang-orang di sekelilingnya, mulai dari Ketua MPR Zulkifli Hasan, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Rachmawati Soekarnoputri.

“Intelijen itu nginteli musuh negara, jangan inteli mantan presiden Republik Indonesia, jangan intel mantan ketua MPR, jangan inteli anak proklamator, jangan inteli mantan panglima TNI, jangan inteli ulama besar kita,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Deretan Makanan Pembakar Lemak untuk Turunkan Berat Badan (Bagian 1)

Liputan6.com, Jakarta – Menurunkan berat badan biasanya menjadi salah satu poin yang masuk dalam resolusi tahun baru banyak orang. Namun untuk mewujudkannya, ada ragam upaya yang harus dilakukan seperti olahraga dan juga diet ketat.

Mengatur pola dan porsi makan tentu tidak kalah penting dalam proses menurunkan berat badan. Di sisi lain, tahukah Anda ada makanan-makanan yang baik dalam membakar lemak.

Penasaran apa saja sederet makanan pembakar lemak tersebut? Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir laman Now To Love, Selasa, (15/1/2019) berikut ini.

1. Cabai

Pasti banyak pertanyaan mengapa cabai menjadi salah satu makanan pembakar lemak yang baik. Sensasi panas yang dirasakan usai mengonsumsi makanan pedas semuanya tergantung pada capsaicin, yakni komponen cabai yang memiliki sifat meningkatkan metabolisme.

2. Teh Hijau

Teh hijau hampir tak mengandung kalori dan mengandung banyak catechin atau katekin, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, tidak heran teh hijau menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan berat badan ideal.

3. Yoghurt

Sebuah penelitian di Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi yoghurt sebelum makan mungkin merupakan strategi yang layak untuk meningkatkan metabolisme pasca-makan.

4. Protein Whey

Whey sendiri merupakan cairan yang tertinggal selama prosses pengendapan pembuatan keju. Menambahkan sedikit protein whey pada smoothie dapat memengaruhi pelepasan hormon cholecystokinin yang mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang usai makan.

2 dari 2 halaman

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitu mengandung senyawa aromatik yang dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ini pula mencegah gula yang sering menyebabkan meningkatnya makan camilan.

6. Selai Kacang

Selai kacang relatif tinggi kalori, mentega kacang juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa selai kacang berperan dalam meningkatkan laju metabolisme Anda.

7. Ikan

Semua jenis ikan bagus untuk menurunkan berat badan. Sebut saja tuna dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mematikan gen lemak perut.

8. Kunyit

Studi menunjukkan kunyit dapat membantu penurunan berat badan dengan menghalangi sel-sel lemak dari pembentukan dan pengembangan. Selain itu, kunyit bisa membuat sel-sel Anda lebih baik dalam metabolisme energi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kelompok Islamis Somalia Klaim Otak Serangan Bersenjata di Kenya

Nairobi – Hotel dan kompleks perkantoran di ibu kota Kenya, Nairobi, diserbu sejumlah pria bersenjata. Serangan itu diklaim oleh kelompok Islam Somalia di Al-Shabaab.

Dilansir Reuters, Rabu (16/1/2019), setidaknya satu tewas dan delapan terluka dalam serangan itu, kata pihak rumah sakit. Polisi memperingatkan, ‘serangan teror’ tersebut mungkin masih akan berlangsung dengan penyerang masih berada di dalam kompleks Riverside Drive 14 kelas atas.

“Pintu utama hotel hancur dan di sana ada lengan manusia di jalanan yang terputus dari bahu,” kata Serge Medic, pemilik perusahaan keamanan Swiss, yang berlari ke tempat kejadian untuk membantu warga sipil ketika dia mendengar serangan tersebut dari sopir taksi.


Medic, yang bersenjata, lantas memasuki gedung dengan seorang polisi dan dua tentara. Namun mereka diserang dan mundur. Ada granat yang tidak meledak tergeletak di lobi.

“Seorang pria mengatakan dia melihat dua pria bersenjata dengan syal di kepala mereka dan peluru,” kata Medic kepada Reuters.

Kenya sering menjadi sasaran oleh Al-Shabaab, yang membunuh lusinan orang di pusat perbelanjaan pada 2013 dan hampir 150 mahasiswa di sebuah universitas pada 2015.

“Kami berada di balik serangan di Nairobi. Operasi sedang berlangsung,” kata Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer kelompok itu.
(gbr/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Marak Berita Hoaks untuk Pecah Belah, Mahfud MD Dirikan Gerakan Suluh Kebangsaan

Liputan6.com, Surabaya – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD bersama sejumlah tokoh yaitu Alissa Wahid, Beny Susetyo dan Budi Kuncoro mendirikan Gerakan Suluh Kebangsaan.

Gagasan pendirian Gerakan Suluh Kebangsaan ini pun mendapatkan dukungan dari sejumlah tokoh yaitu Buya Syafii Maarif, KH Mustofa Bisri, Habib Luthfi, Shinta Nuriyah Wahid, Sri Sultan HB X, Franz Magnis Suseno, Garin Nugroho hingga tokoh muda seperti Innayah Wahid, Ari Kriting dan Savic Ali.

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud MD menuturkan, lahirnya gerakan tersebut karena adanya keprihatinan dalam memandang kondisi Indonesia belakangan ini. Menurut Mahfud belakangan ini banyak berita hoaks dan upaya pemecah belah bangsa yang terjadi.

“Polarisasi semakin tajam. Celakanya lagi ini disemarakkan dengan berita hoaks. Berita bohong yang dikapitalisasi sedemikian rupa. Berita hoaks juga diorganisir tampaknya,” tutur Mahfud di Surabaya, Selasa (15/1/2019) malam.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa Gerakan Suluh Kebangsaan ini berusaha untuk menyebarkan optimisme di Indonesia. Selain itu Mahfud juga menyebut jika gerakan yang dipimpinnya ini berusaha menyebarkan keberagaman di Indonesia.

Anggota Dewan Penasihat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini mengungkapkan, bahwa keberagaman adalah sebuah kekuatan bangsa Indonesia. Mahfud menegaskan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia tidak untuk dipertentangkan.

“Perbedaan harus dirawat. Tidak usah dipertentangkan. Kalau dirawat keberbedaan itu menjadi padu dan saling menguatkan,” ucap Guru Besar UII ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena Nurhadi Aldo

Saat ditanya mengenai fenomena munculnya Calon Presiden (Capres) nomor urut 10, Nurhadi Aldo, sang kreator yang menginginkan adanya kertas kosong pada kontestasi Pilpres, Mahfud menjawab bahwa secara konstitusional itu pasti tidak bisa dan itu hanya guyonan-guyonan saja.

“Tapi saya baca juga di media, karena itu ditafsirkan untuk mengajak orang golput, maka itu tidak boleh. Dan sang kreator sudah meminta maaf,” ujar Mahfud.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cerita di Balik Penemuan Jasad Wanita di Pemakaman Umum Serang

Liputan6.com, Serang – Wanita berinisial T (43) ditemukan tewas di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kawasan Kelurahan Banjarsari, Serang, Banten, pada 10 Januari 2019. Warga sekitar pun heboh.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Polres Serang Kota, wanita T adalah korban pembunuhan. Korban diketahui merupakan ibu tiga orang anak. Penyelidikan pun dilakukan.

Polisi berhasil menangkap Anton (23), pria asal Cikeusik, Pandeglang yang mengomntrak rumah di Tambora, Jakarta Barat. Anton diduga kuat sebagai kekasih gelap korban dan pelaku pembunuhan.

Kasatreskrim Polres Serang Kota AKP Ifan Dittira mengatakan, pelaku berkenalan dengan korban di dalam angkot jurusan Pakupatan-Cikande, dan saling bertukar nomor handphone, pada Kamis, 3 Januari 2019.

Malamnya, Anton menggoda Tia dan janjian bertemu di Cikande Asem, Kabupaten Serang, pada Jumat, 4 Januari 2019. Keduanya lalu menaiki angkot menuju Serang Kota dan turun di lokasi kejadian.

Pelaku mengaku sempat bercinta dengan korban di makam. Usai berhubungan badan, pelaku Anton bicara jujur ke korban, bahwa dia tidak bekerja dan tinggal di kontrakkan.

Seketika korban marah, lantaran merasa tertipu dan sudah mau berhubungan intim. Anton tersinggung, kemudian mencekik dan membunuh korban.

“Korban berteriak marah. Pelaku panik dan pelaku mencekik korban. Mayat korban ditemukan dan di bagian leher terdapat tali tambang dan tangan di ikat oleh kain,” kata AKP Ifan Dittira, Selasa (15/01/2019).

Anton ditangkap pada 15 Januari 2019, pukul 02.00 WIB dini hari. Saat hendak ditangkap, Anton sempat melarikan diri. Timah panas pun bersarang di kaki kanannya.

“Kami lakukan pembuntutan sebelum ditangkap. Pelaku diancam pidana 20 tahun, dikenakan pasal 339 KUHAP,” jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Isi Istana Impian Andre Taulany yang Dibangun Selama 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Nama Andre Taulany sekarang ini dikenal sebagai presenter dan komedian. Bersama Sule, Andre sukses memandu acara di sebuah stasiun televisi swasta. Keberhasilan yang diraih Andre tak dicapai dalam waktu singkat.

Ia mengawali kariernya sebagai vokalis band Stinky pada 1997. Setelah itu Andre melebarkan sayapnya di dunia film yang membuat namanya semakin melambung.Kini setelah menjadi salah satu selebriti tersukses di negeri ini, wajar saja rasanya kalau ayah tiga anak ini mempunyai rumah yang mewah dan besar.

Pria berusia 44 tahun ini punya sebuah hunian mewah bak istana di kawasan Tangerang. Ia pernah beberapa kali mengunggah beberapa sudut bagian rumahnya di akun Instagram dan akun Youtube miliknya.

Tapi yang paling banyak mengungkap bagian rumah Andrea adalah Youtuber Ria Ricis. Itu bisa kita lihat di unggahan Ricis pada 10 Januari 2019. “Liat Rumah Mewah Om Andre Taulany, Istana Nyata-Ricis Kepo,” tulisnya sebagai judul di unggahan tersebut.

Dalam video tersebut kita bisa melihat bagian depan rumah Andre yang berdesain elegan dengan pemilihan dinding berkeramik bak marmer dan pagar warna hitam.  Pria yang sebelumya dikenal dengan nama Andre Stinky ini mengatakan, konsep rumahnya mengusung desain American Classic versi modern karena tak terlalu banyak ornamen.

Rumah ini didominasi warna putih dengan interior rumah bergaya modern klasik. Di ruang tamu terlihat ada lampu kristal gantung yang menambah kesan megah dan elegan. Ria pun makin kagum dan terpesona dengan rumah milik Andre Taulany.

2 dari 3 halaman

Kolam Renang dan Musala

Dari ruang tamu, rumah Andre Taulany terhubung ke taman yang asri dan kolam renang yang dilengkapi tempat bermain anak-anak. “Ini sebenarnya bukan kolam renang karena kolamnya kan nggak bisa berenang, jadi saya bilangnya kobakan, tempat orang berendam,” canda Andre yang disambut tawa Ria Ricis.

Tak jauh dari kolam, Andre menunjukkan ruangan musala yang menurut Ria sangat bagus dan nyaman. Ada ruang keluarga dilengkapi sofa panjang serta Smart TV ukuran besar dan ada ruang makan mewah di bagian belakangnya.

3 dari 3 halaman

Pajangan Berlapis Emas

Di ruang keluarga, ada pajangan berlapis emas, seperti tulisan ‘Allah’ dan ‘Muhammad’ yang dibeli Andre saat ke Mekah. Ada pula ornamen cantik dan klasik pada bagian dinding yang mencuri perhatian.

Ria yang mengaku terinspirasi pada desain rumah tersebut. Andre mengaku membeli tanah kosong untuk membangun rumah impiannya pada 2016. Dalam jangka waktu dua tahun, rumah bak istana dengan luas 1100 meter persegi itu pun rampung dan mulai ditinggali.

Andre Taulany juga sempat memperlihatkan lantai atas rumahnya yang banyak terdapat kamar tidur untuk anaknya maupun tamu-tamu yang datang ke rumahnya yang megah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cerita Tentang Pembunuhan Dukun Santet 1998-1999 yang Terlupakan

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah saat ini masih mempunyai pekerjaan rumah yang cukup besar yakni dalam menangani kasus pelanggaran HAM berat. Salah satu pengusutan HAM berat yang sampai kini belum tuntas dan hampir terlupakan yakni peristiwa pembunuhan dukun santet tahun 1998-1999.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pun kembali membuka kasus ini. Karena, pada tahun 2015 pihaknya telah membentuk tim ad hoc hingga hingga saat ini untuk menyelidiki kasus tersebut.

“Komnas HAM telah mengirimkan surat pemberitahuan dimulainya penyelidikan (SPDP) kepada Jaksa Agung selaku penyidik tertanggal 22 Maret 2016,” kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Beka menjelaskan, kasus ini diawali dengan perburuan dan pembunuhan terhadap orang yang diduga melakukan santet atau praktik ilmu hitam. Hal ini dipicu oleh keresahan masyarakat terhadap isu tertentu di beberapa wilayah Jawa Timur.

“Sebelum terjadinya kekerasan dengan isu dukun santet, masyarakat terkondisikan dengan kekerasan dan penjarahan toko-toko yang sebelumnya berawal dan unjuk rasa untuk menurunkan harga karena kesulitan ekonomi. Situasi ini membuat masyarakat sangat sensitif terhadap isu yang menyebar,” jelasnya.

Setelah itu, berkembang isu bahwa pembunuh dalam peristiwa ini dilakukan oleh warga sipil dan oknum asing yang disebut ninja.

“Hasilnya, korban bukan merupakan dukun santet atau orang yang memiliki kesaktian seperti yang dituduhkan, melainkan orang yang memiliki pengaruh khusus di masyarakat seperti pemuka agama,” ujarnya.

Beka menilai, adanya pelambatan penanganan dari para aparat. Padahal, sudah ada koordinasi antar aparat di tingkatan wilayah hingga ke tingkat pusat yang menghasilkan beberapa kebijakan.

“Adanya kesan pembiaran karena kami menemukan fakta bahwa aparat mengetahui situasi dan menerima laporan, tetapi terlambat mengambil tindakan atau tidak menindak secara efektif,” ungkapnya.

Berdasarkan kesimpulan tersebut, tim telah menyerahkan laporan kepada Jaksa Agung RI sebagai Penyidik Pelanggaran HAM Berat untuk dilakukan penyidikan.

2 dari 3 halaman

Rekomendasi untuk Jokowi

Selain itu, Komnas HAM telah merekomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan permintaan maaf terhadap para korban atas peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu.

“Kami juga merekomendasikan presiden menetapkan secara khusus perencanaan program nasional pemulihan yang perwujudannya dapat terukur,” ucapnya.

“Kemudian, memerintahkan segenap kementerian maupun instansi pemerintah daerah untuk mengalokasikan kemampuan finansial, prosedur, dan administratif yang dimiliki untuk mendukung upaya-upaya pemuliharı korban,” sambungnya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: