Spiced Honey, Si Hangat yang Jadi Color of The Year 2019

Liputan6.com, Jakarta – Dulux, merek cat dinding, baru saja meluncurkan Color of The Year 2019. Spiced honey terpilih mewakili warna tahun ini karena dinilai pas menggambarkan optimisme yang terpancar dari seluruh dunia.

Oscar Wezenbeek, Managing Director untuk AkzoNobel Decorative Paints East and South Asia menerangkan pemilihan warna tersebut berdasarkan hasil penelitian sejumlah ahli lintas bidang di Global Aesthetic Center yang berpusat di Belanda.

Warna spiced honey yang kecoklatan dinilai pas untuk memberikan perlindungan sekaligus semangat perubahan bagi banyak orang. Meski situasi dunia masih diliputi ketidakpastian, menurut Oscar, orang-orang mulai fokus mencari solusi atas hal tersebut.

“Setelah melewati tahun-tahun penuh ketidakpastian, mood yang terbentuk sekarang adalah merasa optimistis. Baik secara individual maupun komunitas, memutuskan untuk beraksi,” ujarnya dalam peluncuran Color of The Year 2019 di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Pihaknya kemudian memecah warna utama tersebut dalam empat palet yang terbagi menjadi mood berpikir, mood bermimpi, mood cinta, dan mood aksi. Masing-masing palet memiliki set warna sesuai mood yang hendak dibangun.

Mood berpikir, misalnya, didominasi oleh warna netral yang hangat seperti putih, turunan warna coklat, hingga hitam. Palet warna itu dinilai pas untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan kontemplatif sehingga orang lebih nyaman berpikir.

Sementara, mood bermimpi didominasi oleh warna pastel yang lembut, seperti beige, pink, hingga granit. Palet warna ini dianggap tepat untuk membangkitkan suasana yang merangsang orang bermimpi.

Set ketiga, mood cinta diwakili oleh warna yang intens, seperti hijau pupus, burgundi dan abu-abu pekat. Palet warna ini dinilai bisa membangun suasana hangat yang penuh cinta bagi orang-orang berada di ruangan.

“Sementara, mood aksi diwakili oleh warna bold yang ceria yang bisa menstimulasi orang untuk beraksi,” ujar Oscar yang menambahkan spiced honey yang dikombinasikan dengan warna oranye, hijau army, hingga merah cabai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jurus Pemerintah Tekan Impor Migas

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk menekan impor terutama impor di sektor minyak dan gas (migas).

Meskipun demikian, dia mengakui impor migas Indonesia masih cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari impor minyak PT Pertamina yang tumbuh 13,5 persen.

“Jadi kita lihat beberapa langkah yang sudah kita lakukan memberikan dampak. Namun kelihatan bahwa impor kita masih cukup besar di beberapa kategori tadi, yang minyak, karena dalam catatan kita seperti Pertamina masih impornya growth-nya 13,5 persen,” kata dia, saat ditemui, di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menekan impor migas yakni dengan terus mendorong implementasi B20.

“Kalau kita lihat instrumen yang kita lakukan untuk memperbaiki defisit neraca pembayaran, current account defisit (CAD) dan neraca perdagangan itu adalah dengan beberapa langkah yang sudah dilakukan. B20 karena dari sisi migas kita mencoba mengurangi dari sisi defisitnya,” ujar dia.

Pemerintah juga tentu akan mendorong Pertamina untuk terus mengimplementasikan kebijakan B20. Dengan demikian diharapkan impor migas dapat terus ditekan.

“Jadi impor minyak kita mungkin perlu melihat dari Pertamina implementasi dari B20. Sehingga dia bisa menekan dari sisi kebutuhan impor minyak itu. Dan sudah menggunakan biodiesel,” kata dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Di Atas Target, Penerimaan Migas 2018 Capai Rp 228 Triliun

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) hingga akhir Desember 2018 mencapai Rp 228 triliun. Angka ini setara dengan 182 persen dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Penerimaan migas Rp 228 triliun atau 182 persen dari target APBN 2018,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Jumat 11 Januari 2019.

Djoko merincikan, dari total penerimaan tersebut sebanyak 72 persen atau Rp 163,4 triliun diperoleh dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara 28 persen sisanya atau Rp 64,7 triliun, merupakan pemasukan dari PPh Migas.

“Penerimaan migas lebih besar dari target APBN 2018. untuk PNPB Rp 163,4 triliun PPh Rp 64,7 triliun,” imbuhnya.

Dengan pencapaian ini pihaknya optimistis kinerja sektor migas ke depan akan lebih baik. Dengan begitu, penerimaan di sektor migas dapat meningkat dari tahun 2018.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dana Asing Kembali Masuk, Bos BI Optimistis Rupiah Stabil

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo optimistis nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan lebih stabil pada 2019.

Salah satu yang membuat rupiah lebih stabil adalah mulai kembalinya modal asing ke Indonesia.

“Masuknya modal asing akan mendorong rupiah stabil di tahun ini. Tahun lalu rupiah terdepresiasi di sekitar 5,8 persen di level Rp 14.100,” kata Perry, di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Selain itu, kondisi ekonomi domestik juga akan mendukung stabilitas rupiah. Salah satunya defisit transaksi berjalan yang diprediksi lebih rendah.

“Pasar valas dalam negeri semakin berkembang, spot, swap, dan berlakunya DNDF (Domestic Non Delivery Forward) akan semakin mendukung stabilitas nilai tukar,” paparnya.

Dia menegaskan, Bank Indonesia pun akan terus menjaga perkembangan mata uang garuda pada 2019.

BI pun masih punya amunisi yang cukup dari sisi cadangan devisa sebesar USD 120,7 miliar pada Desember 2018 atau lebih tinggi dibandingkan posisi pada November 2018 sebesar USD 117,2 miliar.

“Itu setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Cadangan devisa kami jauh lebih dari mencukupi,” ujar Perry.

Selain masuknya modal asing dan kondisi perekonomian domestik, kata dia, stabilitas nilai tukar rupiah juga akan terjaga karena kebijakan Bank Sentral AS atau The Fed yang akan lebih jinak dalam menaikkan suku bunga acuannya.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Sentimen Brexit Halangi Penguatan Rupiah

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Sentimen dari luar negeri menekan gerak rupiah. 

Mengutip Bloomberg, Rabu 16 Januari 2019, rupiah dibuka di angka 14.130 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.090 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.110 per dolar AS hingga 14.156 per dolar AS. jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih mampu menguat 1,79 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.154 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.084 per dolar AS.

Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada mengatakan, pergerakan rupiahcenderung tertahan di tengah sentimen dari eksternal mengenai penolakan parlemen Inggris terhadap kesepakatan Brexit pada Selasa waktu setempat.

“Situasi itu memicu pelaku pasar berhati-hati dalam menentukan arah investasinya di pasar negara berkembang, seperti Indonesia,” katanya dikutip dari Antara.

Ia mengharapkan dengan fundamental ekonomi nasional yang kondusif dapat mengeliminasi kekhawatiran pasar terhadap Indonesia.

“Fundamental perekonomian dalam negeri cukup kondusif, itu dapat memberikan kepercayaan pasar sehingga peluang rupiah menguat cukup terbuka,” katanya.

Pengamat pasar uang dari Bank Woori Saudara Indonesia Rully Nova menambahkan apresiasi dolar AS terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah relatif terbatas dikarenakan faktor penutupan pemerintah.

“Penutupan pemerintah di AS masih berlangsung, itu akan menghambat perekonomian yang dapat memicu aset denominasi dolar AS menjadi kurang menarik,” katanya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ada Impor dan Ekspor Jagung, Gerindra: Bukti Tak Ada Koordinasi

Jakarta – Partai Gerindra menyebut kebijakan impor dan ekspor jagung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan tanpa koordinasi yang baik antarkementerian. Pasalnya, Kementerian Pertanian mengimpor 100 ribu ton jagung pada 2018 dan 30.000 ton pada awal tahun ini, namun juga melakukan ekspor sebesar 380 ribu ton.

“Artinya, impor yang dilakukan selama ini tidak melalui rekomendasi maupun koordinasi dengan menteri teknis terkait,” kata Waketum Gerindra Gerindra Edhy Prabowo di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Kritik itu disampaikan Edhy saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk ‘Petani, Nelayan & Ekonomi Rakyat’. Selain persoalan impor jagung, Edhy juga menyinggung tentang alokasi anggaran Kementerian Pertanian tahun 2019.
Edhy menilai jika melihat postur anggaran Kementerian Pertanian tahun 2019, pemerintahan Jokowi tidak serius memperkuat ketahanan pangan. Sebab, anggaran tahun 2019 Kementerian Pertanian kembali menyusut menjadi Rp 21 triliun.

“Dalam mewujudkan kedaulatan pangan, negara harus hadir dan memiliki komitmen. Selain itu, Negara juga butuh strategi baru dan terobosan baru,” ujar Ketua Komisi IV DPR RI itu.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengakui pihaknya telah melakukan impor jagung sebesar 100 ribu ton pada 2018 lalu, dan 30.000 ton awal tahun ini. Amran mengaku optimistis terjadi surplus.

“Memang ada impor sekitar 130 ribu ton, tapi pemerintah juga ekspor sekitar 380 ribu ton,” kata dia saat melakukan kunjungan kerja, ke lahan pertanian jagung di Desa Randu Merak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
(zak/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Solskjaer Punya Taktik Jitu, Gelandang MU Yakin Raih Kemenangan Ketujuh

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) mencatatkan enam kemenangan beruntun setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 1-0 di Wembley Stadium, Minggu (13/1/2019) dalam lanjutan Liga Inggris. Gol semata wayang MU dicetak oleh Marcus Rashford.

Kegemilangan MU mencatatkan enam kemenangan beruntun berkat taktik jitu dari Ole Gunnar Solskjaer. Kejituan Solskjaer dalam meramu taktik untuk Setan Merah, julukan MU, terbukti saat meraih kemenangan atas Spurs.

“Saat melawan Spurs, manajer memberi tahu kami kalau di awal pertandingan akan berjalan sulit untuk melakukan umpan pendek. Dia mengatakan, lebih mudah jika kami mengubah permainan ke sisi lapangan. Dari sanalah kami menemukan ruang,” ucap gelandang MU, Ander Herrera, dikutip dari situs resmi klub.

Di Wembley Stadium, Setan Merah menciptakan 10 peluang, tujuh di antaranya on target. Paul Pogba dan kawan-kawan juga menguasai ball possession sebesar 44 persen.

“Kami berhasil mencetak gol karena rencana permainannya. Sebenarnya, hingga menit ke-60, kami bisa saja membuat skor menjadi 2-0, tapi kami melewatkan beberapa peluang,” ujar gelandang MU berusia 29 tahun itu.

2 dari 3 halaman

Bidik Kemenangan Ketujuh

Dengan taktik jitu dari Solskjaer, Herrera optimistis meraih kemenangan ketujuh beruntun. Di laga selanjutnya, Setan Merah akan menghadapi Brighton di Old Trafford, Sabtu (19/1/2019).

“Kami memang sudah meraih (kemenangan) yang keenam, tapi harus tetap membumi. Sekarang kami sedang mencoba untuk mengalahkan Brighton dengan kerendahan hati,” kata Herrera.

“Saya rasa semua pemain sedang termotivasi. Terlebih, kami tidak memulai liga dengan sangat baik sehingga kami masih memiliki jalan panjang untuk mencapai empat besar,” ujar Herrera menambahkan.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris


Saksikan video pilihan berikut ini:

Ada Pilihan Mesin 1.500 Cc, Ini Target Daihatsu Grand New Xenia

Liputan6.com, Tangerang – Daihatsu Grand New Xenia resmi hadir di Tanah Air dengan harga mulai dari Rp 183,35 juta hingga Rp 228,95 juta. Menariknya, Xenia kini memiliki varian baru dengan pilihan mesin 1.500 cc berteknologi Dual VVT-i.

Dengan begitu, Xenia terbaru kini tersedia dalam 10 varian. Pilihan yang semakin banyak ini membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mematok target penjualan Xenia sebanyak 3.000 unit per bulan. Xenia 1.300cc diperkirakan masih mendominasi.

“Itu target selama periode launching. Nantinya akan kami monitor dan observasi lagi. Untuk varian baru 1.500 cc sekitar 10 persen dari total penjualan, karena masih perdana. Setelah itu akan bertambah atau tetap, kita akan putuskan dari hasil evaluasi,” kata Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto di sela-sela peluncuran Grand New Xenia di Astra Biz Center, BSD City, Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (15/1/2019).

Dirinya optimistis, hadirnya model baru ini mampu merangsang penjualan. Berdasarkan pengalaman, setiap lahir model baru selalu terjadi peningkatan penjualan.

“Begitu pula saat ini. Kami berharap dan memperkirakan akan terjadi peningkatan penjualan pada Xenia baru ini,” katanya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lebih lanjut Supranoto menyampaikan, kehadiran Xenia kali ini tidak untuk membendung penetrasi produk kompetitor yang berusaha mendominasi pasar low MPV.

“Kehadiran Xenia baru ini tidak dimaksudkan untuk menekan penjualan brand lain yang baru hadir di segmen ini, tetapi lebih kepada pemenuhan kebutuhan di segmen Xenia sendiri,” ujarnya.

Sebagai informasi, baik Xenia dan Avanza diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat.

Prabowo Sebut Cadangan Bahan Bakar RI Hanya Bertahan 20 Hari

Jakarta – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut cadangan bahan bakar minyak (BBM) hanya bisa untuk 20 hari. Dia juga mengatakan, cadangan beras hanya bisa bertahan 3 minggu.

“Apakah negara yang cadangan bahan bakarnya hanya bisa bertahan 20 hari, cadangan berasnya juga hanya bisa bertahan 3 minggu,” kata Prabowo di JCC Plenary Hall, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Prabowo pun ragu apakah Indonesia dapat bertahan dengan kondisi seperti ini. Menurutnya, hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan.

“Saudara-saudara, apa ini negara yang kuat? apa ini negara yang bisa langgeng?” kata Prabowo.
Prabowo juga berbicara tentang tanggapan atas pidato-pidatonya selama ini, yang menyatakan harus optimistis, jangan pesimistis. Tapi, menurutnya, Indonesia akan sulit untuk bisa bertahan lama.

“Saudara-saudara, saya bertanya, apakah negara yang tak mampu membayar rumah sakit, tidak mampu menjamin makan untuk rakyatnya, tidak menjamin nelayan petaninya, yang tentaranya tidak kuat, bisa bertahan 100 tahun?” tanya Prabowo.

“Jangan-jangan 10 tahun saja sudah setengah mati kita,” tuturnya.

(fdl/hns)

Bisnis Uang Elektronik Kian Menantang, Bank Mandiri Perluas Layanan

Liputan6.com, Jakarta SEVP Consumer and Transaction PT Bank Mandiri Tbk, Jasmin, menyatakan  bahwa tahun ini bisnis uang elektronik (e-money) cukup menantang, mengingat banyak platform pembayaran lain yang telah muncul.

Namun Jasmin tetap optimistis bisnis uang elektroniknya masih bisa tumbuh hingga 5 juta keping kartu pada tahun ini.

“Untuk e-money per Desember 2018 kita punya sebanyak 16,4 juta kartu dan tahun ini akan menambah 5 juta kartu,” kata Jasmin di Jakara, Senin, (14/1/2019).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan bisnis uang elektronik, dia juga terus meluncurkan varian baru dalam jenis uang elektroniknya. Tidak hanya itu, Mandiri juga terus berkolaborasi dengan pihak lain dalam memasarkan dan menjual e-money mereka.

Dia juga menambahkan akan terus menambah layanan top up atau isi ulang e-money agar masyarakat semakin mudah menggunakannya. Saat ini, Bank Mandiri sudah menjalin kerjasama perluasan layanan top up dengan Tokopedia dan Pos Indonesia.

Top up di online belum banyak kita masih banyak di off line seperti indomaret, merchant dan online baru kita coba. Nanti akan kesana (online) kalau top up enggak perlu lagi ke Indomaret. Kalau pakai NFC, bisa juga pakai smartphone,” ujarnya.

Sebagai informasi, hingga akhir Desember 2018, perusahaan telah menerbitkan 16,4 juta kartu dengan penerimaan uang elektronik Mandiri di lebih dari 45 ribu merchant dan 60 ribu lokasi top up. Saat ini kartu e-money Mandiri telah diterbitkan dalam berbagai edisi unik dengan desain yang bervariasi seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, Disney Tsum Tsum dan lainnya.

Dari jumlah ini, frekuensi transaksi e-money Mandiri adalah di Januari-Desember 2018 mencapai 1,1 miliar dengan transaksi nominal Rp 13,4 triliun. Sektor transportasi terbesar yang mencapai 94 persen, terutama jalan tol seperti jalan tol Trans Jawa, jalan tol Bali Mandara, jalan tol Medan-Kualanamu dan jalan tol Ujungpandang ruas 1 dan 2.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

BI Bakal Naikkan Batas Saldo Dompet Digital

Batasan (limit) saldo pada dompet digital (e-wallet) akan segera direvisi. Ketentuan ini direvisi karena maraknya pembayaran yang menggunakan barcode atau QR Code.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan, rencana penyempurnaan ini menjadi bagian dari blue print yang tengah disusun.

“Iya, kita akan masuk ke project penyusunanan blue print. Yang pasti, kemungkinan untuk merubah itu (batasan saldo) sangat mungkin, kita sedang menyiapkan blue printnya, termasuk plafonnya itu,” ujar dia di Surabaya, Sabtu (15/12/2018).

Ia menuturkan, aturan e-wallet ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (PBI/18/2016).  


Dalam ketentuan tersebut, e-wallet yang unregistered dibatasi saldonya maksimal Rp1 juta. Sedangkan e-wallet yang teregister limit saldonya maksimal Rp 10 juta.

Saat ini, Bank Indonesia melihat adanya percepatan digitalisasi payment. Kondisi ini harus menjadi perhatian utama bagi BI sebagai otoritas di sistem pembayaran. Terlebih, para penyelenggara dompet digital terus berinovasi cukup masif. Sebagian besar dari mereka juga sudah mengembangkan QR Code.

“Sekarang kita masih dalam tahap mensinkronisasi penggunaan QR Code, diantara penerbitnya. Dan itu tidak mudah untuk semua pelaku. Tapi so far, hasilnya sudah bagus untuk mengekperimenkan itu, tapi bisa saja ada penyesuaian. Jadi, BI bagaiamana melihat percepatan digitalisasi payment itu,” ucap dia.

E-wallet pada dasarnya merupakan bagian dari e-money juga yang masuk kategori data disimpan di dalam server (server based).

Dompet digital merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana untuk membayar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Gabung Persib, Frets Butuan Mengaku Tak Menyangka

Bandung – Pemain baru Persib Bandung, Frets Butuan, mengaku tak menyangka bisa bergabung dengan klub kebanggaaan masyarakat Bandung itu. Maka itu, mantan pemain PSMS Medan ini pun mengaku bangga bisa jadi bagian juara ISL 2014 itu.

Padahal, selain Persib , ada empat klub Liga 1 yang juga mendekatinya. Namun, Frets lebih tertarik ke Persib. Apalagi, kata dia, markas Persib cukup dekat dengan tempat dinasnya di Batalion Infateri Lintas Udara 303, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

“Saya putuskan di Persib karena siapa sih yang tidak mau main di Persib. Saya pribadi, bangga dan sampai sekarang tidak menyangka bisa main di sini Persib,” ujar Frets seusai latihan di lapangan SPOrT Arcamanik, Bandung, Senin (14/1/2019).

Frets mengaku dihubungi langsung oleh manajemen Persib sejak Desember 2018. Namun, saat itu dia belum bisa memutuskan langsung lantaran masih menunggu izin dari Kesatuan tempatnya berdinas.

“Saya bersyukur sama Tuhan dan bersyukur untuk hari ini saya sudah latihan dengan baik. Bersyukur manajemen Persib dan semuanya, sudah percaya saya untuk gabung Persib,” ujar Frets.

2 dari 3 halaman

Tegang

Frets mengaku sedikit tegang pada latihan perdana. Namun, ia optimistis lambat laun bisa menyatu dengan semua rekan satu tim di Persib.

“Semoga saya di sini bisa membantu tim ini dengan kekuatan dan kemampuan saya. Semoga Persib tahun ini bisa lebih baik,” harap pemain asal Ternate ini.

3 dari 3 halaman

Siap Bersaing

Tak hanya itu, Frets juga menegaskan siap bersaing dengan rekan-rekan di tim untuk memperebutkan posisi inti, termasuk siap mendapat tekanan dari bobotoh Persib.

“Saya sudah bicara ke bang Erwin (Ramdani) dan (Abdul) Aziz, mereka juga bilang saya harus mempersiapkan mental. Jauh-jauh hari saya sudah berpikir Persib ini tim besar dan saya harus siapkan mental. Tekanan di sepak bola sudah biasa, tapi saya sudah siap,” imbuh Frets.

Sumber: Bola.com

Wajib Coba, 6 Tips agar Tak Mudah Putus Asa

Liputan6.com, Jakarta Rasa putus asa bisa menghampiri siapa saja dan hampir semua orang sepertinya pernah merasakannya ketika gagal menggapai sesuatu. Namun dapat melaluinya dengan memperoleh kembali rasa optimistis seringkali tak semudah yang diharapkan.

Tentu saja, rasa optimis itu akan membuat seseorang lebih mudah menjalani hidup dengan cara yang menyenangkan dan mengabaikan rasa pesimis yang kerap hinggap. Memang tak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa diupayakan bila Anda benar-benar menginginkannya.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang berpandangan pesimis, baik itu yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri atau bahkan yang berasal dari orang lain dan juga lingkungan di sekitarnya.

Apapun alasan yang menyebabkan Anda berpandangan pesimis, hal ini tentu perlu diatasi dengan baik. Anda bisa mendapatkan hidup yang lebih baik ketika selalu optimis untuk menjalani seluruh kehidupan, sehingga kualitas hidup bisa lebih baik lagi.

Tidak selalu rumit, perubahan ini bahkan bisa saja dilakukan dengan beberapa langkah yang mudah dan sederhana. Berikut beberapa langkah agar tak mudah putus asa dan membuat diri selalu optimistis, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lebih Bersyukur dan Menikmati Hidup

Melihat keberhasilan orang lain dan juga berbagai hal lainnya yang tidak Anda miliki, bisa saja membuat Anda bersemangat untuk mencapainya juga atau bahkan malah membuat Anda pesimis.

Sangat wajar jika Anda memiliki keinginan untuk sukses seperti orang lain. Namun Anda juga tetap harus melihat hal ini dengan optimis sebagai sebuah bentuk dorongan positif yang akan membuat Anda lebih maju di masa yang akan datang.

Agar hal ini tidak membuatmu pesimis dan merasa tidak mampu yang berujung pada rasa putus asa, cobalah untuk melihat kembali dan mensyukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini.

Kemudian, bersemangatlah untuk mencapai sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang. Hal ini akan membuat Anda lebih bersyukur dan bisa menikmati hidup dengan tenang.

2 dari 4 halaman

2. Ubahlah Pola Pikir dan Sudut Pandang ke Arah yang Lebih Positif

Ada banyak orang yang pada dasarnya suka melihat sesuatu dengan cara yang negatif. Sikap seperti ini bisa saja terjadi secara alami dan bahkan tanpa di sadari. Jika Anda termasuk orang yang seperti ini, maka mulailah mengubah cara pandang menjadi lebih positif.

Hindari untuk segera menilai sesuatu dengan cepat dan terburu-buru, sehingga Anda hanya melihat hal negatif saja di dalamnya. Cobalah untuk melihat dengan baik berbagai hal positif di dalam hidup Anda, sehingga Anda lebih optimistis dan tidak mudah putus asa.

3. Berani Bermimpi dan Mau Mewujudkannya

Untuk orang yang pesimistis, mimpi dan harapan hanyalah seperti sebuah dongeng yang tidak akan menjadi kenyataan, bahkan meski dia belum melakukan usaha apapun untuk mewujudkannya.

Hindari pandangan yang seperti ini, sebab hanya akan membuat Anda pesimis dalam meraih kesuksesan dan juga pencapaian positif di dalam hidup Anda.

Cobalah untuk lebih berani bermimpi dan memiliki sejumlah keinginan sukses di dalam diri, sehingga Anda memiliki niat yang besar untuk mewujudkannya menjadi kenyataan.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Pernah Takut Gagal

Jika ada yang namanya keberhasilan, maka juga akan ada yang namanya kegagalan. Seperti yang pepatah lama katakan bahwa kegagalan adalah proses menuju keberhasilan.

Maka, jangan pernah takut untuk gagal dalam menggapai sebuah impian dan keinginan. Anda hanya perlu belajar dari kegagalan yang pernah dialami itu untuk selanjutnya bisa mencapai apa yang diinginkan.

5. Lebih Menghormati Diri Sendiri

Hindari untuk selalu memandang rendah diri sendiri, sebab hal ini akan membawa banyak dampak negatif di dalam kehidupan Anda. Sebab Anda akan merasa “kecil” dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal untuk mencapai kesuksesaan, bahkan untuk hal-hal yang pada dasarnya belum pernah Anda coba lakukan.

Cobalah untuk lebih menghormati dan mengakui bahwa diri sendiri mampu. Sehingga Anda lebih percaya diri untuk memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan berbagai hal di dalam hidup.

4 dari 4 halaman

6. Memilah Aktivitas dan Juga Orang-orang Terdekat

Ada banyak aktivitas yang pada dasarnya bisa membuat Anda selalu berpikir negatif dan menjadi pesimis, termasuk orang-orang yang berada di sekitar Anda juga. Cobalah untuk segera memilah berbagai aktivitas dan orang-orang ini.

Dengan demikian, mereka tidak selalu memberikan pengaruh negatif di dalam diri Anda. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa mencoba untuk mengubah aktivitas serta orang-orang ini menjadi lebih positif juga.

Mulai dari Hal-Hal Kecil

Menginginkan perubahan dan menjadi lebih optimis dalam menjalani hidup, Anda tentu membutuhkan waktu untuk melakukannya. Mulailah perubahan ini dari hal-hal kecil yang mudah untuk dilakukan, sehingga Anda bisa menikmati setiap prosesnya dan tidak memaksakan diri untuk melakukan perubahan yang terlalu besar.

Jalanilah hidup dengan optimis, agar Anda bisa lebih menikmatiya dengan bahagia dan penuh semangat serta terhindar dari rasa putus asa.