TKD Optimistis Jokowi Raih 75% Suara di Maluku

Ambon – Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin optimistis paslon jagoannya menang di Maluku. TKD menargetkan Jokowi-Ma’ruf meraih 75% suara di Maluku.

“Hanya satu, niat saya menangkan Pak Jokowi dan Pak Amin. Tidak ada kata lain harus menang. Di Maluku kemarin saya bilang 70 %, sekarang Jokowi-Amin di Maluku menang 75 %” ujar Ketua TKD Maluku Jokowi-Ma’ruf, Murad Ismail di Hotel Pacific Ambon, Selasa (26/3/2019).

Mantan perwira tinggi Polri ini sudah menggelar konsolidasi dengan parpol pendukung Jokowi. Murad juga menyampaikan sejumlah capaian Jokowi.
“Kita harus membicarakan (kampanye) Jokowi sudah berkerja, hanya Presiden Jokowi bisa mampu selama 4,5 membuat segala macam (kinerja), kalau ke Jakarta naik MRT luar biasanya nyamannya ini harus kita bicarakan kepada masyarakat bahwa Jokowi itu luar biasa dan orang baik dan sangat luar biasa, Jokowi itu bekerja tanpa memikirnya dirinya dan keluarganya itu harus tahu” katanya.

Murad mengatakan, dari 11 Bupati/Wali Kota di Maluku, hanya satu kepala daerah yang tidak mendukung Jokowi. “Dari 11 Kabupaten/Kota hanya satu yang dari PKS yang lain semua partai pengusung,” ujarnya.
(dkp/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

MPR Optimistis Pemilu 2019 Berlangsung Damai

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Hidayat Nur Wahid, mengatakan bahwa bangsa Indonesia memiliki pengalaman panjang dalam berdemokrasi. Ia menceritakan, dulu ada anggapan bangsa ini akan bubar kalau Presiden Soeharto jatuh. Kekhawatiran serupa juga terjadi pada Pemilu 1999 dan saat peralihan kekuasaan dari Presiden Abdurrahman Wahid ke Megawati. Namun, ketakutan akan terjadinya perpecahan itu tak pernah terjadi. 

“Jadi tak benar bila peralihan kekuasaan akan menyebabkan perpecahan,” ujar Hidayat, di hadapan puluhan wartawan yang memenuhi Press Room saat Diskusi Empat Pilar dengan tema ‘Konsolidasi Nasional Untuk Pemilu Damai’, di Gedung Nusantara III, Komplek MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Pria asal Klaten tersebut pun meminta semua pihak untuk tidak memperbesar ketakutan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Pemilu 2019. Bagi Hidayat, Pemilu adalah peristiwa rutin setiap lima tahun serta merupakan hal yang biasa.

“Untuk itu kita harus berkontestasi dengan baik. Sudah sekian Pemilu seharusnya akan menjadikan kita semakin baik,” ucapnya. 

Kontestasi yang terjadi pada tahun ini disebut akan mendewasakan rakyat Indonesia. Hidayat juga menjelaskan bahwa Pemilu mempunyai rujukan yang kuat, yaitu UUD NRI Tahun 1945. Dengan dasar hukum yang kokoh, seharusnya masalah-masalah yang ada sudah selesai.

Dirinya sepakat bahwa pada Pemilu 2019 harus tercipta suasana damai. Menciptakan suasana yang damai tidak hanya ditekankan pada kontestan Pemilu, partai politik dan Capres-Cawapres, tetapi pihak-pihak lain juga diharapkan dapat melakukan hal yang sama.

“Bisa jadi yang menghadirkan suasana tak damai bukan kontestan Pemilu, namun pihak ketiga,” kata Hidayat.

Wakil Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor tersebut juga berharap media massa tidak menjadi tim sukses pada salah satu pihak peserta Pemilu. Bila ini terjadi, dikhawatirkan media massa akan menulis berita tak sesuai dengan fakta.

Lebih lanjut, Hidayat juga meminta aparat keamanan yang menjadi bagian dari pemerintahan mampu bersikap serupa, adil. Bila keadilan ditegakkan, maka akan tercipta Pemilu damai sesuai yang diinginkan.

“Bila Pemilu Luber Jurdil maka kedamaian akan tercipta,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat pun meminta agar kritik yang dilontarkan masyarakat kepada pemerintah jangan diartikan sebagai menyebar kebencian atau hoax. Bila ada kritik, sebaiknya dibalas dengan argumen yang lebih kuat. 

Sementara itu, Anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Sadzily, mengatakan bahwa Pemilu adalah mekanisme yang biasa dalam demokrasi. Menurutnya, Pemilu dilakukan untuk mengatur sirkulasi kekuasaan setiap lima tahun sekali. Karena itu, masyarakat dituntut berpikir jernih dalam memilih pemimpin. 

“Sebagai peralihan kekuasaan yang beradab, maka dalam kampanye diharapkan peserta Pemilu, partai politik, dan Capres-Cawapres, menyampaikan visi dan misi. Bila petahana, ia harus menyampaikan apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan lima tahun ke depan. Dalam kampanye tentu harus menyampaikan harapan baru,” ucap Ace.

Dirinya menjelaskan, bangsa ini sudah memiliki pengalaman berdemokrasi yang panjang. Menurutnya,Pemilu 1999, 2004, 2009, dan 2014, semua berlangsung dengan lancar. Namun. pada 2019, Pemilu yang ada berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Pada tahun ini, Pemilu Presiden dan Legislatif dilakukan serentak.

“Ini bukan sesuatu yang mudah namun menjadi tantangan baru. Jangan gara-gara Pemilu kita terpecah,” kata Ace.

Dalam kesempatan sama, Pakar Politik UIN Syarif Hidayatullah, Ady Prayitno, mengatakan bahwa Pemilu bukan perang antaragama, suku, dan golongan. Dirinya meminta Pemilu sebagai pesta demokrasi yang disambut dengan baik. 

“Rakyat sebagai penentu yang menjadikan atau menggagalkan seseorang pemimpin. Dari sinilah maka peserta Pemilu selalu mendekati rakyat dan membentuk asosiasi yang mewadahi mereka. Agar disebut dekat dengan rakyat maka Caleg dan Capres melakukan blusukan,” ujar Ady.

Ia melanjutkan, demokrasi pasca reformasi membawa berkah bagi seluruh rakyat. Pada masa lalu, untuk menjadi Presiden biasanya berasal dari garis keturunan orang yang pernah menjadi Presiden. Sekarang siapa saja bisa menjadi pemimpin

Sama seperti HNW dan Ace, Ady optimis Pemilu 2019 berlangsung damai sebab bangsa ini mempunyai pengalaman dalam berdemokrasi sejak masa lalu.

(*)

Kualifikasi Euro 2020: Parejo Optimistis Dapat Tempat di Timnas Spanyol

Liputan6.com, Madrid – Gelandang Valencia, Dani Parejo ambil bagian dalam keberhasilan timnas Spanyol menang 2-0 atas Norwegia pada Kualifikasi Euro 2020, Minggu (24/3/2019) dinihari WIB. Gelandang berusia 29 tahun ini mengaku optimistis bisa lebih banyak membela timnas Spanyol ke depannya.

“Saya menikmati pengalaman saya dengan tim nasional sejauh ini. Tetapi sekarang, Kualifikasi Euro sudah dimulai dan saya senang berada di sini. Saya harap, bisa tetap berada di tim,” kata Parejo seperti dilansir Football Espana.

Pertandingan timnas Spanyol vs Norwegia berlangsung di markas Valencia, stadion Mestalla. Parejo langsung bermain sejak menit awal sebelum digantikan Rodri Hernandez pada menit 77.

Gol pertama tim asuhan Luis Enrique disarangkan Rodrigo pada menit 16.

Norwegia sempat menyamakan kedudukan pada menit 65 lewat penalti Joshua King. Namun, penalti Sergio Ramos akhirnya membuat Spanyol meraih tiga poin pada laga perdana mereka di Kualifikasi Euro 2020.

Timnas Spanyol tergabung di Grup F pada Kualifikasi Euro 2020. Selain Norwegia, timnas Spanyol harus menghadapi Malta, Swedia, Kepulauan Faroe, dan Rumania.

Berita video timnas termahal di kualifikasi Piala Eropa 2020.

Jokowi-Prabowo Selisih 11,8% di Survei Kompas, TKN Tetap Optimistis Menang

Jakarta – Selisih elektabilitas capres Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto sebesar 11,8% dalam survei yang dirilis Litbang Kompas. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin meyakini pasangan nomor urut 01 ini memenangkan Pilpres 2019.

“Hasil survei Litbang Kompas memang yang menunjukkan selisih antar 01 dan 02 yang paling tipis. SMRC akhir pekan lalu menunjukkan selisih yang sangat besar sekitar 25%. Namun demikian, selisih sekitar 13% dengan margin of errors sekitar 3% merupakan selisih yang sangat sulit dikejar Pak Prabowo. Kami sangat optimis menang, tinggal menentukan seberapa tebal kemenangan kami,” kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Raja Juli Antoni kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Dalam survei yang digelar Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi mencapai 49,2%. Angka ini menurun 3,4% dari survei yang dirilis bulan Oktober 2018. Toni menjelaskan, tim kampanye di pusat hingga daerah akan bekerja keras memenangkan Jokowi di sisa masa kampanye.

Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni.Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Raja Juli Antoni. Foto: Muhammad Ridho

“Jadi, kami ucapkan terima kasih kepada Litbang Kompas yang mengeluarkan hasil survei hari ini. Hasilnya akan memotivasi kami untuk bekerja lebih tekun meyakinkan rakyat bahwa Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf adalah pemimpin terbaik bagi rakyat,” ujar Toni.
Survei Litbang Kompas digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei yang dirilis Litbang Kompas:

Jokowi-Ma’ruf Amin 49,2%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 37,4%
Rahasia 13,4%
(dkp/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mali Optimistis Persib Lebih Baik di Liga 1 2019

Hal senada juga disampaikan bek Persib lainnya, Indra Mustafa. Meski dalam turnamen pramusim tidak mencapai hasil sesuai harapan, hal tersebut tak membuat pemain bernomor punggung 16 ini patah semangat.

Justru, Indra semakin termotivasi untuk membawa Maung Bandung semakin berprestasi. “Alhamdulilah, sekarang sudah mulai banyak dapat kesempatan dan jam terbang. Tentu yang kemarin-kemarin harus dijadikan pelajaran untuk menatap musim baru. Kita pasti bisa,” ujar bek jebolan Diklat Persib ini.

Tak hanya itu, Indra juga memiliki target khusus untuk dirinya di musim 2019 ini. Pemain yang mulai bergabung musim 2018 tersebut pun siap menjawab kepercayaan pelatih Miljan Radovic.

“Intinya saya harus bisa menampilkan performa yang lebih baik lagi dan bisa memanfaatkan kesempatan. Musim 2019 harus lebih segalanya dari musim kemarin,” paparnya.

Piala FA: Kiper MU Optimistis Sambangi Markas Wolves

Liputan6.com, Wolverhampton – Manchester United (MU) akan menyambangi markas Wolverhampton, Stadion Molineux, pada perempat final Piala FA, Sabtu (16/3/2019) atau Minggu dini hari WIB.

Kiper MU, Sergio Romero terlihat sangat optimistis di laga ini. Terlebih, mereka punya catatan bagus saat bermain di kandang lawan pada Piala FA, menyingkirkan Arsenal dan Chelsea.

“Kami sudah menjalani laga tandang yang sulit di Arsenal dan Chelsea, tapi kami toh bisa tampil bagus di laga-laga itu,” Romero mengatakan kepada MUTV.

Namun melihat head to head, Wolves merupakan lawan yang tangguh untuk Setan Merah, dari 82 pertandingan, MU hanya meraih 39 kemenangan dan 14 hasil imbang. Sedangkan Wolves mengantongi 29 kemenangan atas MU.

“Kami tahu ini adalah lawatan sulit lainnya ke markas Wolves, tapi kami percaya diri dan kami tahu trofi ini sangat penting untuk kami,” ucap kiper MU asal Argentina itu.

Tira-Persikabo Optimistis Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2019

Sambil menanti lolosnya Tira-Persikabo, pelatih yang akrab disapa RD ini akan memanfaatkan turnamen sebagai ajang persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2019.

“Bersyukur hari ini kemungkinan besar lolos. Paling tidak saya bisa menambah lagi masa uji coba pemain melawan klub yang jelas punya kualitas sehingga membantu tim ini untuk siap menghadapi kompetisi,” tutur RD.

Shan United vs Persija: Riko Optimistis Mampu Bikin Kejutkan

Jakarta – Riko Simanjuntak penuh percaya diri menjalani pertandingan Persija Jakarta melawan Shan United pada laga Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (12/3/2019). Riko optimistis, Macan Kemayoran bakal memberi kejutan kepada tim tuan rumah. 

Persija harus menghadapi Shan United di tengah jadwal yang padat. Sebab ini menjadi laga ketiga Macan Kemayoran dalam 10 hari terakhir. Bagi Persija, pertandingan ini penting setelah hanya bermain imbang tanpa gol dengan Becamex Binh Duong di laga pertama Grup G Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, 26 Februari lalu.

Riko menegaskan target Persija adalah meraih poin di Yangon. Berbekal pengetahuan melihat permainan tim tuan rumah lewat video, Riko yakin Persija bisa meraih hasil positif.

“Saya sudah melihat permainan mereka lewat Youtube. Mungkin mereka akan lebih percaya diri karena bermain di kandang sendiri. Namun, yang penting kami harus optimistis dan lebih agresif daripada mereka. Semoga kami bisa mengamankan poin,” ujar Riko Simanjuntak.

Berita video tentang tekad Persija Jakarta yang ingin mempertahankan gelar juara Piala Presiden.

Menhub Optimistis Jumlah Penumpang LRT Palembang Naik 50 Persen

Liputan6.com, Palembang – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi percaya jika moda transportasi Light Rail Transit atau LRT Palembang bisa terus diminati masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel).

Budi Karya Sumadi bahkan optimistis jika dalam waktu dekat, jumlah penumpang LRT Palembang bisa meningkat hingga 50 persen.

“Kalau sekarang naik 35 persen, akan naik 50 persen dalam enam bulan ke depan. Hari ini sengaja ingin campaign (di Universitas Sriwijaya) penggunaan transportasi massal,” ujarnya usai menghadiri acara Gaya Hidup Bertransportasi Modern Millenials, di Auditorium Unsri Indralaya, Senin, 4 Maret 2019.

Sosialisasi ini diharapkan alumnus Unsri ini, bisa mengubah kultur generasi milenial dalam menggunakan kendaraan. Mahasiswa diharapkan bisa memanfaatkan LRT Palembang, sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan kemacetan di jalan.

Dia mengakui, pembangunan LRT Palembang memang diawali dalam rangka kegiatan Asian Games 2018, tetapi dia berharap LRT Palembang bisa menjadi model percontohan kereta api ringan di Indonesia.

“Kita melihat Jakarta, kita terlambat. Di Inggris sudah 100 tahun lalu. Kita mengejar ketertinggalan dengan membangun transportasi massal. Jakarta sudah kronis, harus pembangunan secara intensif,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan melihat daerah mana yang membutuhkan moda transportasi modern ini, untuk mengurai kemacetan karena tingginya penggunaan kendaraan pribadi.

“Ada tarif khusus untuk mahasiswa sebesar Rp 7.000. Semoga dengan jangkauan ini, mahasiswa bisa menggunakan LRT Palembang dan mengajak yang lain,” ujarnya.

Di beberapa stasiun LRT Palembang juga terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti Bus Damri dan Transmusi. Sehingga memudahkan mahasiswa yang menggunakan LRT Palembang, bisa lanjut menaiki bus tersebut menuju ke kampus.

2 dari 2 halaman

Tekan Kecelakaan

Gubernur Sumsel Herman Deru yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga akan menerapkan penggunaan LRT Palembang secara rutin.

“Dalam satu bulan, ada satu hari penggunaan moda transportasi umum untuk seluruh jajaran (Pemprov Sumsel). Termasuk menteri dan gubernur,” ucapnya.

Rektor Unsri Anis Saggaf menyambut baik sosialisasi dan tarif khusus untuk mahasiswa. Terlebih jarak antara Palembang dan Inderalaya cukup jauh dan berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dari total mahasiswa di Unsri, ada sekitar 18.000 mahasiswa yang berangkat dari Palembang. Sekitar 4.000 mahasiswa masih menggunakan kendaraan pribadi ke kampus. 

“LRT Palembang ini sangat bagus, karena lebih murah dan bisa digunakan seoptimal mungkin. Khususnya mahasiswa yang dari luar kota, agar mengurangi kecelakaan di jalan,” ujarnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Safari Nonstop di Jabar, Ma’ruf Amin Optimistis Raih Suara 60 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengakhiri safari politik 5 hari nonstop, Jumat (1/3/2019). Safari sang kiai lebih banyak mendatangi kota dan kabupaten di Jawa Barat, diawali di Cirebon, menyusuri Kuningan, Banjar, Pangandaran, sampai Ciamis.

Dengan adanya safari politik ini, Ma’ruf optimistis target 60 persen yang telah ditetapkan tim kampanye Jawa Barat.

“Saya kok optimis ya melihat trennya itu terus naik. Tren di Jabar terus naik,” kata Ma’ruf di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (1/3/2019).

Ma’ruf Amin menuturkan kekalahan petahana Joko Widodo (Jokowi) saat Pilpres 2014 lalu karena banyak masyarakat Jawa Barat termakan hoaks. Karenanya, Mustasyar PBNU itu menyampaikan klarifikasi dan bantahan atas fitnah dan kabar bohong kepada masyarakat. Adapun hoaks yang kerap menyerang Jokowi adalah isu-isu agama.

“Sebab bagaimanapun masyarakat itu kalau diberi pencerahan dia bisa dapat memahami gitu. Karena itu sangat optimis,” katanya.

2 dari 3 halaman

Rebut Swing Voters

Selain itu, safari politik ini untuk menjaga suara yang sudah dipegang. Ketum MUI itu menyebut menjaga masyarakat agar tidak terprovokasi.

Kedua, untuk merebut suara yang masih mengambang atau belum tentukan pilihan. Caranya dengan kampanye keberhasilan Jokowi dan kembali menepis isu-isu hoaks.

“Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah kita ada di tangan kemudian diambil orang apalagi caranya dengan cara hoaks, nah ini yang kita hilangkan,” imbuhnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: