Operator AS Anggap Peluncuran 5G di Korea Selatan Cuma ‘Gimik’

Jakarta – Operator telekomunikasi asal Amerika Serikat (AS), Verizon, protes atas klaim Korea Selatan yang menyebut bahwa pihaknya merupakan negara pertama yang meluncurkan 5G. Lantas, apa yang dipermasalahkan provider tersebut dari peluncuran teknologi jaringan generasi kelima di Negeri Ginseng?

Perlu diketahui terlebih dahulu, Verizon dan tiga operator Korea Selatan – SK Telecom, KT, dan LG Uplus – memang sama-sama meluncurkan layanan 5G komersial pada Rabu (3/4/2019) lalu waktu setempat. Meski demikian, layanan 5G di Korea Selatan meluncur beberapa jam lebih cepat dibandingkan di AS.

Walau diluncurkan duluan, layanan 5G di Korea Selatan masih terbatas hanya untuk beberapa selebritas yang menghadiri peluncuran tersebut. Masyarakat secara luas baru bisa menggunakan layanan 5G pada Jumat (5/4/2019) waktu setempat, bersamaan dengan penjualan Samsung Galaxy S10 5G. Keterbatasan tersebut yang membuat Verizon merasa Korea Selatan tidak pantas membuat klaim tersebut. Lantas, bagaimana dengan pergerakan mereka sendiri dalam memberikan layanan 5G di masa-masa awal ini?

Verizon telah meluncurkan layanan 5G untuk umum di Chicago dan Minneapolis. Warga di kedua kota tersebut bisa langsung menikmati 5G asal sudah memiliki ponsel Motorola Moto Z3 yang sudah dilengkapi dengan Moto Mod khusus 5G.

“Mereka memberikan ponsel kepada enam selebritas dan mereka mencoba mengatakan bahwa itu merupakan peluncuran jaringan? Itu hanya aksi publisitas,” kata Director of Corporate Communications Verizon, Kevin King, seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Sabtu (6/4/2019).

“Kami meluncurkan jaringan dan membuat perangkat 5G tersedia untuk semua pelanggan yang menginginkannya. Kami memiliki perangkat di toko di Chicago dan Minneapolis, dan tersedia untuk dibeli online,” ujarnya menyambungkan.

Terkait dengan hal tersebut, pemerintah Korea Selatan mengklaim bahwa reputasi mereka sebagai peradaban yang sangat terkoneksi telah meningkat. Hal ini tak lepas dari penerapan 5G di negara yang menghasilkan banyak boy band itu.

“Pemerintah dan perusahaan privat bekerjasama untuk mencapai layanan 5G komersial pertama di dunia dan ini membuktikan sekali lagi negara kami tidak diragukan lagi merupakan kekuatan besar dalam informasi dan komunikasi,” kata Menteri Sains dan Teknologi Informasi Korea Selatan, You Young-min.

Sekadar informasi, untuk memperoleh gelar sebagai yang pertama menggulirkan layanan 5G di dunia, Verizon dan ketiga operator di Korea Selatan rela menggeser tanggal peluncuran mereka.

Verizon awalnya dijadwalkan untuk meluncurkan layanan 5G pada tanggal 11 April mendatang. Sedangkan tiga operator Korea Selatan mendapat dukungan pemerintah untuk mempercepat tanggal peluncuran dua hari dari yang dijadwalkan. (mon/mon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *