Ditemukan di Kamar Ramyadjie, Mesin ATM Ternyata Dijual Online

Jakarta – Kemarin, polisi telah menyita sejumlah barang bukti terkait pembobolan modus skimming ATM. Di antaranya adalah mesin ATM yang disimpan di kamar Ramyadjie Priambodo.

Penangkapan Ramyadjie ini sempat menghebohkan publik, sebab dia disebut memiliki hubungan kekeluargaan yang dekat dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Selain itu, yang bikin heboh, adalah adanya mesin ATM di kamar Ramyadjie.

Ternyata untuk memiliki mesin ATM bukan hal yang sulit. Pasalnya, mesin ATM juga dijual lewat toko online.

Misalnya di Alibaba.com, e-commerce terbesar asal China ini menjual mesin ATM bermerk Newswan. Mesin ini dibanderol dengan harga US$ 500 atau setara dengan Rp 7 juta (kurs Rp 14.000) sampai US$ 2000 setara dengan Rp 28 juta.

Untuk spesifikasinya, mesin ATM dibuat di Shanghai dengan sistem operasi Windows XP. Mesin ATM ini juga bisa menjalankan CCTV Contacless IC Card. CPU yang disematkan dalam mesin Intel dual-core 2.0G.

Selain mesin ATM baru, juga dijual mesin ATM refurbish atau mesin yang tidak memenuhi standar kualitas, kemudian dikembalikan ke pabrik dan diperbaiki sehingga dijual dengan harga yang lebih murah. Mesin ATM NCR 5887 ini dibanderol dengan harga US$ 1.000 atau setara dengan Rp 14 juta.

Kemudian di toko online lokal seperti Alibaba juga ada akun yang menjual mesin ATM Custom seharga Rp 21 juta. Namun stok mesin tersebut tak tersedia.

Mesin ATM tersebut memiliki berat 100 kilogram. Mesin bisa digunakan dimodifikasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Simak Juga “Gerindra Akui Ramyadjie Pembobol ATM Kerabat Prabowo”:

[Gambas:Video 20detik]

Ditemukan di Kamar Ramyadjie, Mesin ATM Ternyata Dijual Online

(ara/dna)

Aturan Ojek Online Akhirnya Terbit

Jakarta – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiadi mengatakan aturan ojek online alias ojol sudah keluar. Namun aturan tersebut masih akan disosialisasikan dulu ke para pengemudi ojol.

Aturan tersebut sudah diundangkan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan nomor Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Kalau untuk peraturan menteri masalah ojol sudah keluar,” katanya ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (18/3/2019).


Aturan tersebut sudah dikeluarkan oleh Kemenkumham pekan lalu. Menindaklanjuti, Kemenhub akan melakukan sosialisasi aturan itu dalam beberapa waktu ke depan.

“Kita sosialisasi dulu dong,” sebutnya.

Sebelumnya, Budi telah melakukan konsultasi ke Komisi V DPR RI. Dia menjelaskan, ada beberapa isu yang diakomodir lewat aturan ini, antara lain suspensi, tarif, hingga hubungan antara pengemudi sebagai mitra dan aplikator.

“Subtansinya ada beberapa isu yang kita buatkan normanya supaya bisa dijalankan dan kemudian tidak menjadi persoalan. Persoalan kenapa, kita mempertemukan kepentingan aplikator, pengemudi sebagai mitra dan masyarakat. Baik keberlangsungan proses kegiatan ini, pelindungan para pengemudi, juga masyarakat,” jelasnya Senin (11/3/2019). (ara/ara)

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum, Mudah Bisa Online

Sebenarnya banyak jasa kurir atau ekspedisi yang beroperasi di Indonesia. Jasa pengiriman memang masih banyak diminati karena memudahkan masyarakat untuk berkirim paket. Apa lagi didukung dengan aktivitas jual beli online yang semakin menjamur.

Terlepas dari banyaknya jasa ekspedisi di Indonesia, Pos Indonesia rupanya tak mau kalah saing. Pos Indonesia menawarkan kelebihan pada layanan-layanannya. Berikut kelebihan yang dimiliki Pos Indonesia:

1. Terpercaya sejak dulu

Pos Indonesia telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1746. Melihat sepak terjang Pos Indonesia yang sudah lebih dari 200 tahun, membuat banyak orang tak meragukan lagi pelayanan dari Pos Indonesia.

2. Standar harga pengiriman yang jelas

PT Pos Indonesia memiliki standar harga pengiriman yang jelas untuk setiap daerah. Masyarakat dapat melihat langsung tarif pengiriman Pos sesuai daerah tujuan di laman Pos Indonesia. Tarif pengiriman juga disesuaikan dengan jarak dan jenis layanan yang dipilih.

3. Cepat dan aman

Pengiriman oleh Pos Indonesia dilakukan setiap hari dari ke seluruh wilayah di Tanah Air. Hal ini tentu membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat.

Selain itu salah satu layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia untuk menjamin keamanan barang kiriman adalah dengan menyediakan fasilitas cek kiriman secara online.

Terlibat Prostitusi Online, 5 ABG Digerebek Saat Indehoi

Liputan6.com, Kupang – Dua muncikari prostitusi online berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian dari Polda Nusa Tenggara Timur. Dua muncikari itu adalah MD alias AB (22) dan YDP alias DD (40), mereka menawarkan Anak Baru Gede (ABG) untuk menjadi pemuas nafsu lelaki hidung belang. 

“Keduanya menawarkan lima orang perempuan muda asal Kota Kupang, melalui aplikasi MiChat,” ungkap Kanit I Subdit IV Renakt, AKP Tatang P Panjaitan, di Mapolda NTT, Kamis, 14 Maret 2019.

Selain mengamankan dua muncikari, aparat kepolisian juga berhasil mengamankan lima ABG yang ditawarkan kepada pria hidung belang oleh muncikari tersebut. Kelimanya adalah HN (18), MWH (22), IML (22), MB (21), dan NP (20).

Kasus prostitusi online ini terungkap setelah aparat kepolisian mendapatkan informasi tentang maraknya prostitusi online di Facebook. Dari informasi itulah kemudian polisi menyelidiki tentang kebenaran prostitusi online itu.

Penyelidikan itu berbuah hasil. Polisi mendapati pria hidung belang yang sedang asyik berhubungan intim dengan salah seorang ABG di sebuah hotel yang berada di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tengggara Timur.

“Setelah diamankan dan diinterogasi para korban mengaku kalau mereka dijual ke lelaki hidung belang oleh MD dan YDP, yang juga adalah muncikari,” jelas Tatang.

Berdasarkan keterangan para korban itulah polisi kemudian bergerak cepat untuk menangkap dua muncikari prostitusi online tersebut di kediaman mereka di Kota Kupang.

Selain menangkap para pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni uang tunai sebesar Rp 3,8 juta, tiga telepon genggam, tisu bekas pakai, celana dalam, kondom dalam kemasan dan kondom bekas pakai, serta barang bukti lainnya.

Kedua pelaku, saat ini ditahan di Mapolda NTT, mereka  dijerat dengan Pasal 296 KUHP Junto Pasal 506 KUHP atau Pasal 27 Ayat 1 Junto Pasal 45 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 Tentang ITE dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara. 

Saksikan video pilihan menarik berikut:

6 wanita ditangkap di Apartemen Kebagusan City karena diduga terlibat prostitusi online. Selain para wanita, seorang pria yang diduga muncikari juga ikut ditangkap.

Tarif Ojek Online Bakal Untungkan Semua Pihak

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mencari solusi terbaik untuk menentukan tarif per kilometer (Km) ojek online. Pemerintah menginginkan keputusan besaran tarif bisa menguntungkan semua pihak baik aplikator, pengemudi ojek online maupun konsumen atau masyarakat.

“Kalau tarif pemerintah akan menentukan yang paling baik, dan saya konsen mereka (pengemudi ojek online) itu mendapatkan penghasilannya yang baik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, pada Jumat 15 Maret 2019.

Budi menjelaskan, terdapat perbedaan pendapat antara aplikator dengan pengemudi ojek online mengenai penentuan tarif per km. Oleh karenanya, pemerintah akan melakukan pertemuan dengan seluruh pihak terkait untuk menentukan tarif tersebut.

“Memang saat ini ada dua kutub ya, kutub aplikator dan kutub dari (driver) ojol sendiri, kalau aplikatorkan maunya Rp 1.600. Sedangkan mereka (driver) mintanya Rp 3.000 ini kan jauh sekali, oleh karena itu saya mencari harga medium diantara mereka agar keduanya itu dapat satu titik temu dan ini kan berkaitan dengan konsumen ya,” jelas Budi.

Dia menerangkan penentuan tarif juga terkait dengan konsumen. Dia menjaga agar konsumen tidak lari karena tarif yang terlalu tinggi, di mana hal itu akan mempengaruhi pendapatan pengemudi ojek online.

“Artinya kalau tarifnya naik dua kali lipat khawatir konsumennya akan turun. Tapi kami ingin ini dibicarakan dengan baik-baik, diskusi lah dengan ojek online dengan aplikator agar dapat satu angka yang baik,” terang Budi.

Saat ini pemerintah telah melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait penentuan tarif per Km ojek online sebanyak dua kali. Pemerintah akan terus melakukan diskusi untuk menentukan tarif terbaik untuk semua pihak.

Penentuan tarif ini merupakan salah satu poin yang terdapat di racangan aturan ojek online yang telah rampung melakukan uji publik. Sebelumnya Direktorat Perhubungan Darat telah melakukan uji publik di 5 kota, seperti, Medan, Bandung, Semarang, Balikpapan dan Makasar pada Bulan Februari 2019.

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

Diduga Terlibat Prostitusi Online, 8 Wanita Diamankan dari Apartemen Kebagusan City

Liputan6.com, Jakarta – Pengelola Apartemen Kebagusan City, Jakarta Selatan, melakulan operasi penggerebekan prostitusi online. Dibantu pihak Kelurahan Kebagusan, Babinkamtibnas, dan Polsek Pasar Minggu, tim menangkap 8 pelaku.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (14/3/2019), tim gabungan mulai bergerak sekitar pukul 19.00 WIB. Kamar pertama disasar dan diamankan dua perempuan dengan satu pria.

Setelah dibawa ke posko, tim kemudian bergerak ke kamar berikutnya dan mengamankan tiga perempuan dan satu pria yang diduga muncikari.

Satu wanita lagi ditangkap sedang melayani pelanggan di kamar lantai 10 Tower C. Dia mengaku berasal dari Solo dan sudah tujuh bulan menyewa satu unit apartemen tersebut.

Seluruh pelaku prostitusi online itu menawarkan jasa esek-esek lewat aplikasi Wechat dan Twitter. Mereka mematok tarif hingga Rp 1 juta rupiah untuk satu jam.

Kepala Keamaman Apartemen Kebagusan City, Bernard menyampaikan, pihaknya memang rutin melakukan operasi antinarkoba dan prostitusi online. Melalui kamera pengawas atau CCTV, mereka mencatat penghuni dengan gerak-gerik mencurigakan.

“Mereka memperdagangkan sendiri dirinya dengan tarif variatif. Mereka banyak nggak ngaku berapa kalinya tapi dari CCTV, semalam bisa empat kali naikkan laki-laki (ke kamar),” tutur Bernard di lokasi.

Lurah Kebagusan Leo Yudhantara menambahkan, pihaknya mengapresiasi langkah pengelola Apartemen Kebagusan City yang peduli dengan bahayanya narkoba dan prostitusi online.

“Yang dilakukan pengelola luar biasa. Tahu kemajuan perubahan yang tidak online menjadi online. Menjebak melalui sebagai konsumen. Barbuk sudah cukup jelas dan kita akan serahkan ke dinas sosial untuk dilakukan pembinaan,” kata Leo.

Tips Jitu Tetap Hemat Menggunakan Ojek Online Decacorn

Liputan6.com, Jakarta Transportasi ojek online memberi banyak kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya dapat mengantarkan penumpang ke tempat tujuan secara lebih cepat, tetapi juga bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Grab sebagai contoh. Grab sebagai decacorn dan super app terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Guna menikmati layanan tersebut, Anda akan dikenakan tarif yang cukup terjangkau. Namun, Anda tetap perlu pandai mengatur pemakaian agar tidak terlalu boros. Dilansir dari liputan6.com (20/4/2018), ada beberapa tips untuk bisa menikmati layanan ojek online dengan tetap hemat. Simak, yuk!

1. Menghindari jam sibuk

Sebaiknya Anda menghindari naik ojek online pada jam-jam sibuk karena biasanya tarifnya lebih mahal. Bahkan, tarifnya bisa naik dua kali lipat dibandingkan harga normal. Jam sibuk ini berlangsung pada waktu orang berangkat kerja dan pulang kerja. Untuk terhindar dari tarif jam sibuk ini, Anda bisa berangkat lebih pagi atau pulang sedikit lebih lambat daripada orang kebanyakan.

Selain itu, hindari pula memesan ojek online saat hujan atau cuaca buruk. Pasalnya, tarif pada saat hujan sama mahalnya seperti jam sibuk.  

2. Pecah rute perjalanan

Trik ampuh lainnya untuk menghemat ongkos adalah memecah perjalanan menjadi dua atau tiga rute. Namun, tips ini hanya berlaku kalau tujuan Anda jauh. Pertama-tama, pesan dulu ke tujuan yang berada di tengah-tengah antara lokasi Anda berada dengan destinasi tujuan. Sesampainya di sana, pesan lagi ojek lain untuk tujuan berikutnya. Biasanya dengan cara ini, Anda dapat menghemat ongkos hingga beberapa ribu rupiah. Selain itu, Anda juga akan lebih cepat mendapat ojek karena terkadang ojek menolak perjalanan dengan rute jauh.

3. Manfaatkan promo

Grab kerap menyediakan promo diskon atau cashback menarik untuk para pelanggan setia. Nah, jangan sia-siakan penawaran berharga ini untuk menghemat ongkos. Jangan lupa untuk rajin mengecek notifikasi di aplikasi agar tak ketinggalan promo. Sebab, umumnya promo seperti itu ada periode waktunya.

Saat ini pun Grab sedang menyediakan promo yang dapat Anda manfaatkan. Buat pelanggan yang berada di area Jakarta bisa mendapat diskon 70 persen hingga Rp 7 ribu yang berlaku 10 kali selama promo berlangsung. Para pengguna OVO cukup memasukkan kode promo DECACORN untuk layanan GrabBike, GrabCar, dan GrabExpress. Anda juga dapat menggunakan kode yang sama untuk mendapatkan diskon 50 persen hingga Rp 20 ribu untuk minimal pembelanjaan Rp 35 ribu di layanan GrabFood.

Sementara itu, pelanggan yang tinggal di luar Jakarta bisa menggunakan kode promo GRABDECACORN untuk memperoleh diskon 70 persen hingga Rp 6 ribu di layanan GrabCar, GrabBike, dan GrabExpress. Untuk layanan GrabFood, kode promo ini bisa memberikan kamu diskon 50 persen hingga Rp 15 ribu untuk pembelanjaan minimal Rp 25 ribu.

Tak hanya itu, ada juga promo untuk bayar tagihan dengan cashback 20 persen hingga Rp 25 ribu. Promo yang berlaku seluruh Indonesia ini dapat digunakan lima kali selama promo berlangsung dengan metode pembayaran OVO. Jangan lewatkan juga cashback 10 persen hingga Rp 10 ribu untuk isi pulsa yang berlaku lima kali selama promo berlangsung, khusus untuk metode pembayaran OVO.

Promo tersebut sebagai bentuk ucapan terima kasih Grab kepada para pelanggan dan mitra yang telah setia hingga Online-to-Offline (O2O) mobile platform ini bisa menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara. Jangan sampai kelewatan karena periodenya hanya berlangsung dari 28 Februari – 17 Maret 2019 saja.

(Adv)

Perlu Ada Edukasi Kuat soal Fintech Pinjaman Online

Sebelumnya, marak bisnis peminjaman online berbasis teknologi (fintech P2P lending) diikuti dengan ada sejumlah oknum yang hanya ingin mengambil keuntungan dari kecenderungan orang memanfaatkan pinjaman online.

Hal ini membuat Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) menegaskan aturan yang harus ditaati fintech P2P lending dalam pengoperasiannya.

Adrian A. Gunadi, Ketua AFP sekaligus CEO Investree mengatakan, fintech P2P lending harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk beroperasi. Sebelum bisa terdaftar, entitas harus menjadi anggota AFPI dan mentaati Code of Conduct.

“Saat ini ada 99 pelaku bisnis lending yang sudah terdaftar di OJK, otomatis mereka sudah ikuti Code of Conduct,” ungkap Adrian di Solo, Sabtu 9 Maret 2019.

Code of Conduct untuk fintech P2P lending mencakup implementasi transparansi produk dan metode penawaran produk pelayanan, pencegahan pinjaman berlebih dan praktik yang manusiawi. 

Dia mengatakan, sebagai asosiasi yang ditunjuk oleh OJK secara resmi untuk menjalankan fungsi pengawasan dan pengaturan kepada anggotanya, AFPI mendukung penuh start-up baru yang fokusnya di P2P lending untuk mentaati aturan baik dari AFPI maupun OJK.

“Ini upaya agar tidak ada kejadian tidak mengenakan seperti penipuan, bunuh diri korban. Kalau fintechnya resmi dan taat aturan, konsumen akan percaya dan merasa aman,” ujar Adrianh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jokowi berharap semua pihak terbuka dan mempromosikan hadirnya inovasi teknologi.

Lapor SPT Online Wajib Punya EFIN, Begini Cara Bikinnya

Jakarta – Tenggat waktu pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak akan jatuh pada 31 Maret nanti. Namun, bagi yang tidak memiliki electronic filling identification number (EFIN) atau nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak bagaimana caranya?

Mengutip data Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rabu (6/3/2019), wajib pajak harus melakukan aktivasi EFIN terlebih dahulu sebelum melaporkan SPT-nya.

Untuk mengaktivasi EFIN, wajib pajak pribadi bisa langsung melakukannya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Sementara untuk wajib pajak badan dapat mengaktifkannya di KPP tempat terdaftar.

Lokasi aktivasi EFIN juga dapat dilakukan di tempat tertentu di luar kantor, seperti Pojok Pajak, Mobile Tax, atau Mal Layanan Publik yang ditentukan.
Bagi wajib pajak orang pribadi, permohonan aktivasi EFIN harus disampaikan secara langsung dan tidak dapat diwakilkan. Sementara untuk badan dapat diwakilkan oleh pengurus atau bendahara.

Dalam aktivasi tersebut, wajib pajak orang pribadi harus membawa sejumlah berkas administrasi. Mulai dari KTP asli dan fotokopi untuk Warga Negara Indonesia (WNI), atau Paspor dan KITAS/KITAP bagi Warga Negara Asing. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKTI) juga wajib dibawa.

Selain itu, wajib pajak juga harus menyampaikan alamat e-mail dan nomor telepon seluler yang aktif digunakan.

Yang perlu diingat adalah, EFIN hanya perlu diaktifkan sekali dan digunakan untuk melakukan pendaftaran atau lupa password pada layanan DJP Online. EFIN ini juga diimbau untuk dirahasiakan dan disimpan secara pribadi.

(fdl/fdl)