Terungkap Fakta Aksi Pembunuhan oleh Dosen UNM, Berawal dari Tersinggung

“Motif pelaku membunuh korban hanya karena emosi sesaat yang dilampiaskan pelaku secara tidak terkontrol akibat ketersinggungan pelaku pada korban. Pelaku tidak mengakui adanya hubungan asmara dengan korban. Keduanya hanya rekan kerja. Di hasil sementara otopsi juga, tidak ditemukan tanda-tanda kehamilan,” ungkap AKBP Shinto Silitonga di Mapolres Gowa, Minggu, (24/3/2019).

Dengan sejumlah temuan, fakta pembunuhan istri seorang pejabat di Makassar tersebut secara pelan-pelan terungkap. Tersangka WJ yang tadinya hanya sebagai saksi, kemudian menceritakan kronologi dirinya menghabisi nyawa rekan kerjanya itu, setelah bukti-bukti ditemukan.

Menurut AKBP Shinto, kematian SZ bukan disebabkan oleh jerat sabuk pengaman di lehernya. Namun, hasil dari pelaksanaan otopsi justru menemukan tanda kekerasan benda tumpul pada kepala bagian tengah belakang.

Karena pukulan yang cukup keras tersebut, tulang leher korban patah dan berakibat pada terhambatnya saluran pernafasan. Selain itu, ditemukan pula memar pada pipi kiri dan paha kanan yang menunjukkan bahwa tersangka sebelumnya memukuli korban terlebih dahulu.

Kembali Dipenjarakan oleh MA, Ridho Rhoma Minta Doa

Jakarta – Mahkamah Agung (MA) mengirim Ridho Rhoma ke penjara dengan memperberat hukuman putra Rhoma Irama itu. Ridho pun meminta doa.

Ridho mengungkapkan perasaannya lewat Instagram Story di akunnya, @ridhorhoma. Dia sudah mengetahui soal kasasi jaksa yang dikabulkan MA.

“Assalamualaikum WR WB. Seperti yang teman-teman dengar di media mengenai kasus saya yang lalu bahwa setelah melalui proses banding di pengadilan tinggi, pihak jaksa telah mengajukan kasasi,” tulis Ridho Rhoma.

“Mohon doanya agar saya dapat menghadapi ini dengan baik,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, lewat putusan kasasi Nomor 570 K/PID.SUS/2019, MA memperberat hukuman Ridho Rhoma menjadi 1,5 tahun penjara. Sebelumnya, ia hanya dihukum rehabilitasi 10 bulan.

Sebagaimana diketahui, Ridho Rhoma ditangkap pihak kepolisian Polres Metro Jakarta Barat pada 25 Maret 2017 lalu. Saat diamankan, Ridho kedapatan memiliki narkotika jenis sabu seberat 0,7 gram.

Pada 19 September 2017, PN Jakbar menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama 10 bulan. PN Jakbar juga menetapkan terdakwa menjalankan rehab medis dan sosial di RSKO Cibubur selama 6 bulan 10 hari. Tidak berapa lama setelah itu, Ridho bisa menghirup udara bebas dan kembali manggung lagi.

Vonis itu tidak diterima jaksa dan mengajukan banding tapi kandas. Kasasi pun dikirimkan. Gayung bersambut dan MA memperberat hukuman Ridho.
(imk/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mendalami Motif Pembunuhan Istri Pejabat Sulsel oleh Dosen di Makassar

Liputan6.com, Gowa – Polisi bergerak cepat mengungkap kasus pembunuhan istri pejabat Sulsel, Zulaeha. Korban ditemukan tewas terlilit sabuk pengaman di lehernya di dalam mobil di depan gudang BTN Sarindah di Dusun Japing, Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Sulawesi Selatan, pada Jumat (22/3/2019) pagi sekitar pukul 08.30 Wita.

Pelakunya adalah rekan Zulaeha di tempat ia bekerja. Dia adalah Wahyu Jayadi, dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.

“Ya, sudah kita amankan, dia adalah Doktor Wahyu Jayadi M.Pd. Dosen sekaligus kepala unit KKN di Universitas Negeri Makassar,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Sabtu (23/3/2019).

Wahyu Jayadi tak lain adalah kerabat Zulaeha. Pria berusia 44 tahun ini tidak terima lantaran Zulaeha terlalu jauh mengurusi urusan pribadinya hingga akhirnya ia nekat membunuh Zulaeha.

“Pelaku merasa tidak terima dengan perlakuan korban yang selama ini sudah dianggap sebagai keluarga, yang dimana korban tersebut sudah terlalu jauh ikut campur terhadap masalah pekerjaan dan masalah pribadi pelaku,” jelas Dicky.

Karena persoalan itulah kemudian Wahyu Jayadi membunuh Zulaeha. Lalu membuat pembunuhan itu seolah-olah menjadi kasus perampokan.

“Pelaku ini memang terlebih dahulu membunuh korban. Lalu membawanya ke depan gudang itu lalu memecah kaca mobil, agar seolah itu adalah kasus perampokan,” Dicky menyebutkan.

Hasil penyelidikan polisi, pelaku pembunuhan itu mengerucut ke satu nama, yakni Wahyu Jayadi. “Kita curiga kalau ini bukan pembunuhan karena tidak ada barang korban yang hilang,” sambung Dicky.

5 Penyakit Kucing yang Wajib Diketahui oleh Pecinta Kucing

1. Diabetes

Sama dengan manusia, kelebihan karbohidrat dapat mengakibatkan kucing diabetes. Kucing gemuk yang malas bergerak, lebih rentan terserang penyakit ini. Adapun gejala-gejalanya adalah sebagai berikut:

– Penurunan berat badan yang drastis meski makannya banyak

– Peningkatan asupan air, kucing menjadi banyak minum

– Kencing secara berlebihan dan tidak wajar

– Nafsu makan yang berlebihan

Penanganan awal untuk penyakit kucing diabetes, adalah dengan memberikan makanan rekomendasi bagi kucing yang mengalami diabetes. Makanan rekomendasi ini dapat ditemukan di petshop terdekat.

2. Feline Leukimia Virus

Penyakit ini disebabkan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Feline Leukimia Virus dapat mengakibatkan berbagai bentuk kanker dan penyakit lainnya yang terkait. Virus ini datang karena berbagi makanan dan tempat air yang terkena atau kontak dengan urine, feses dan air liur dari kucing yang terinfeksi.

Penyakit kucing ini juga dapat disebabkan oleh induk yang telah terinfeksi kemudian menular pada janin dalam rahim. Meski tanda-tandanya beragam dan akan terlihat dalam jangka waktu bertahun-tahun, namun beberapa gejala yang dapat dikenali, antara lain:

– Nafsu makan hilang dan turunnya berat badan

– Kejang, kelelahan dan demam

– Stomatitis

– Gingivitis (gusi)

– Anemia

– Diare

– Pembengkakan pada kelenjar getah bening

– Lesi kulit, semacam jaringan abnormal pada kulit

– Sakit kuning

– Anisocoria atau pupil mata kanan berbeda ukuran dengan pupil mata kiri

– Infeksi pada kulit, kandung kemih dan saluran pernafasan

Pemberian Vaksin pada kucing dapat mencegah salah satu penyakit kucing ini. Dengan selalu memperhatikan tingkah dan kesehatn kucing, kita dapat mencegah terjadinya penyakit ini.

Hadapi Diskriminasi Sawit oleh UE, Pengusaha Usul Genjot Konsumsi di Indonesia

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, Uni Eropa (UE) memang secara sengaja ingin menghambat produk CPO Indonesia.

Hal itu terlihat dari kriteria indirect land use change alias ILUC yang dipakai oleh Uni Eropa sebagai standar dalam menilai minyak nabati mana yang lebih berdampak negatif bagi lingkungan.

“Kalau kita lihat kebijakan uni Eropa RED 2 itu jelas sekali ada scientific-nya lewat ILUC, tapi belum apa-apa mereka bilang soybean-nya amerika itu low risk. Belom apa-apa kok sudah bilang low risk,” kata dia, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

“Itu buat kita sangat terang benderang. Ini langkah untuk dipersiapkan untuk meng-exclude CPO dari pasar Eropa,” lanjut dia.

Salah satu alasan CPO dihambat, menurut Darmin adalah karena produk-produk Eropa seperti grape seed oil dan minyak biji bunga matahari tidak dapat bersaing dengan CPO.

“Kenapa? karena kalah bersaing produk mereka dari CPO. Produktivitasnya minyak yang dihasilkan CPO 6-12 kali yang dihasilkan setiap hektar grape seed oil atau minyak bunga matahari. Dihitung seperti apapun itu kalah,” ungkap Darmin.

Indonesia, tegas Mantan Gubernur BI ini, tentu tidak ingin dirugikan dengan cara-cara langkah-langkah proteksionisme seperti itu.

“Kita tidak mau ini diganggu gugat apalagi dengan cara cara proteksionisme terselubung lalu di-transform menjadi terminologi yang ujungnya diskrimiatif. Tidak ada keraguan, ini diskriminasi. Ini alasan yang dibungkus dengan alasan ilmiah,” tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Industri kelapa sawit merupakan komiditi yang menjanjikan di Indonesia.

Menginspirasi Anak Muda, ‘Eggboy’ Dianggap Pahlawan oleh Netizen

Canberra

William Connolly, yang sekarang lebih dikenal sebagai “Eggboy”, memecahkan telur di atas kepala Fraser Anning pada konferensi pers di Melbourne, Sabtu (16/03). Sang senator bereaksi dengan memukul wajah William berulang kali.

Politisi kontroversial itu sehari sebelumnya memicu kemarahan dengan mengklaim serangan di Selandia Baru yang menewaskan 50 orang di dua masjid di Christchurch adalah dampak dari datangnya imigran Muslim di negara itu.

Tindakan William membuahkan meme viral dan mendapat dukungan dari pengguna media sosial di seluruh dunia. Lewat GoFundMe terkumpul dengan cepat mengumpulkan Aus $ 44.000 untuk menutupi “biaya hukum” dan “lebih banyak telur”.

Pada laman tersebut, yang tidak dapat diverifikasi, tertera “EggBoi (Will) berencana untuk mengirim sebagian besar uang kepada para korban serangan teroris Christchurch”.

“Saya menyumbang untuk aksi kepahlawanannya di depan kefanatikan dan rasisme. Apa yang dia lakukan sangat menginspirasi anak muda,” tulis seorang pendukung, Mohamed Majrad di laman GoFundMe.

Yang lain hanya menulis: “VIVA EGG BOI!”

Pernyataan Fraser Anning telah menuai kecaman dari seluruh spektrum politik. Perdana Menteri Australia Scott Morrison menggambarkan komentar senator Queensland itu sebagai “mengerikan” dan “tidak ada tempat di Australia”.

Mantan PM Kevin Rudd menjuluki Anning sebagai “rasis dan fasis”, dan mendorong warga Australia untuk menandatangani petisi yang menyerukan agar dia dikeluarkan dari parlemen. Petisi digital di Change.org itu telah mengumpulkan 1,2 juta tanda tangan digital.

Senin (18/03), Anning mengulangi klaimnya yang mengkaitkan imigran Muslim dengan terorisme dan membela tindakannya memukul William Connolly setelah aksi Eggboy izu. Pihak kepolisian di Victoria sedang menyelidiki insiden tersebut, termasuk reaksi Anning, demikian menurut laporan stasiun televisi nasional ABC.

Anning sebelumnya memprovokasi dengan menuntut “solusi akhir untuk masalah imigrasi” dan mengklaim bahwa “semua teroris saat ini adalah Muslim”.

Brenton Tarrant, warga Australia yang menyebut dirinya sebagai “supremasi kulit putih”, sudah didakwa melakukan pembunuhan dalam penembakan massal di Christchurch.

vlz/hp (AFP, ABC)



(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Saksi: Penangkapan Rommy oleh KPK Diwarnai Kejar-Kejaran

SurabayaKetum PPP Romahurmuziy diduga ditangkap KPK di halaman pintu keluar Hotel Bumi Surabaya, pukul 08.00 wib. Penangkapan Rommy sempat diwarnai drama kejar-kejaran.

Saksi mata di lokasi mengatakan sekitar pukul 08.00 WIB, dia melihat ada seorang pria keluar dari pintu keluar Hotel Bumi Surabaya. Saat keluar, pria tersebut nampak berlari dan diikuti oleh beberapa orang lainnya yang mengejar di belakangnya.

“Jam 8-an lihat orang lari keluar dari situ. Saya posisi di sini (di seberang hotel). Ada yang ngejar, sekitar 5an,” kata seorang petugas Linmas Surabaya yang sedang menjaga JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) di seberang Hotel Bumi di Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Jumat (15/3/2019).


Petugas Linmas wanita yang enggan disebutkan namanya tersebut juga mendengar ada keributan di lokasi. Dia juga mendengar ada suara ramai orang-orang yang berteriak hendak menangkap.

“Iya rame gitu, denger teriakan juga,” lanjutnya.

Petugas Linmas itu pun bergegas untuk menghampiri keributan tersebut, dia akhirnya naik lift untuk menyeberangi JPO. Namun, saat dia masih berada di JPO, keributan itu telah usai.

“Saya pikir ada orang bertengkar, ternyata ada yang tertangkap. Waktu saya samperin, saya lihat dari atas lift, eh sudah selesai. Kabarnya sih KPK, tapi ndak pakai seragam, cuma pakai kemeja,” imbuhnya.

Selain itu, petugas tersebut juga melihat dengan jelas beberapa orang yang melakukan penangkapan juga membawa selembar kertas.

“Kelihatan jelas kok ada kertas putih,” ungkap petugas tersebut.

Setelah penangkapan, petugas itu juga melihat beberapa orang sudah langsung kembali ke dalam hotel. Situasi pun kembali normal.

“Langsung masuk lagi ke hotel, mungkin mobilnya ada di hotel,” pungkasnya.

Sementara, Direktur Sales dan Marketing Hotel Bumi Surabaya Endah Retnowati membenarkan jika Ketum PPP Romahurmuziy saat itu memang menginap di Hotel Bumi. Namun pihaknya sama sekali tidak mengetahui soal penangkapan yang dilakukan oleh KPK.

“Saya tidak tahu detailnya. Dan saya tidak bisa memberikan informasi apapun karena saya tidak tahu kejadiannya. Betul, Pak Romi memang menginap di Hotel Bumi Surabaya,” kata Retno kepada detikcom melalui sambungan telepon.
(bdh/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cristiano Ronaldo Tak Pernah Terganggu oleh Tekanan

Dalam penelitian itu dilanjutkan juga bahwa ada beberapa pemain yang performa mereka sangat terpengaruh karena adanya tekanan.

Berdasarkan penelitian, Neymar adalah pemain yang performanya sangat dipengaruhi oleh tekanan di dalam permainan, dan demikian pula dengan bintang Chelsea, Eden Hazard.

Berdasarkan penelitian dari Analis SciSports, Jan van Haaren, Neymar membuat keputusan-keputusan yang justru lebih buruk bila berada di bawah tekanan. Sementara Hazard juga dipengaruhi oleh tekanan, dan sering membuat keputusan dalam permainan yang buruk ketika tim dalam penguasaan bola.

Profesor Jesse Davis dari Departemen Ilmu Komputer di KU Leuven, berbicara tentang penelitian tersebut.

“Tekanan mental sudah dipelajari di olahraga seperti baseball dan basket, tapi di sepak bola, ini yang belum dipetakan,” ujarnya seperti dilansir SportBible.

“Itulah kenapa kami mengembangkan sebuah model menggunakan machine learning untuk memperkirakan seberapa banyak tekanan mental yang dialami oleh pemain yang menguasai bola,” tambahnya.

“Model tersebut menganalisis bagaimana kinerja pemain ini di bawah tekanan: keputusan apa yang dia buat, apakah tindakan yang dipilih dieksekusi dengan baik dan seberapa besar dampak atas tindakan yang dipilih itu terhadap hasil pertandingan?” tutupnya.

Sumber: Bola.net

Berita Video Hattrick Ronaldo Loloskan Juventus dan Puaskan Italia

Premier League Juga Selidiki Dugaan Pelanggaran FFP oleh City

ManchesterPremier League tak tinggal diam terkait dugaan pelanggaran Financial Fair Play oleh Manchester City. Otoritas liga tertinggi di Inggris itu bakal menyelidiki City.

City kini tengah diselidiki oleh UEFA karena dianggap melanggar aturan FFP. City diduga menggelembungkan dana sponsor dari kantung pribadi pemilik klub Sheikh Mansour sehingga kondisi keuangannya sehat.

Selain itu, City disebut memanipulasi laporan pembayaran gaji mantan manajernya Roberto Mancini. UEFA akan segera mengumpulkan bukti-bukti dan jika City bersalah, maka mereka akan dicoret dari kompetisi Eropa musim depan.

Kasak-kusuk soal pelanggaran FFP itu juga sampai ke telinga pengurus Premier League. Demi menjernihkan segala rumor yang ada, Premier League pun akan menyelidiki kebenaran tuduhan itu termasuk memeriksa kemungkinan pelanggaran terkait kepemilikan pemain di pihak ketiga dan perekrutan pemain akademi.

“Premier League sebelumnya juga sudah menghubungi Manchester City untuk mendapatkan informasi terkait tuduhan yang ada belakangan ini dan sedang berkomunikasi dengan pihak klub,” demikian pernyataan resmi Premier League.

“Liga punya aturan ketat terkait finansial dan juga di sektor perekrutan pemain akademi dan kepemilikan pihak ketiga.”

“Kami sedang menyelidiki hal ini dan akan memberikan kesempatan Manchester City untuk menjelaskan segala permasalahan serta detil di sekitar mereka.”

(mrp/mrp)

Berlakukah Akta Lahir Anak Jika Diberikan oleh Pihak Asing?

Liputan6.com, Jakarta Akta lahir menjadi penanda resmi mengenai kelahiran seseorang. Bagaimana bila anak mendapatkan akta lahir dari negara lain, berlakukah di Indonesia? Simak pengalaman Mommy Livinia Alawiyin dari Babayologist berikut ini.

Kembali ke tahun 2015 di saat aku harus melahirkan di luar negeri tepatnya di Brisbane, karena menemani suami di sana. Seperti di Indonesia, sebelum check out dari rumah sakit, kami diberi surat keterangan lahir anak. Nah, ternyata proses urus aktanya sangat mudah, aku daftar online terus sekitar 2 atau 3 minggu kemudian aku datang ke dinas kependudukan setempat, isi form dan aktanya langsung dicetak. Setelah punya akta lahir baru deh anakku, Sofia, bisa buat paspor. Buat paspor pun harus kirim ke KJRI Sydney karena di Brisbane sama sekali tidak ada KBRI atau KJRI. Ketika paspor Sofia sudah selesai dan dikirim ke alamat rumahku, ternyata mereka juga kirimkan surat pernyataan bahwa Sofia telah tercatat dalam daftar pelaporan kelahiran di KJRI Sydney.

Ketika pulang ke Indonesia, mama aku heboh banget suruh aku buat akta lahir Sofia lagi, karena takut akta lahir Brisbane tidak diakui di Indonesia. Tadinya mau santai dulu, eh jadi ikut panik karena ternyata baru tahu (maklum pasangan muda) kalau mau memasukkan nama Sofia ke kartu keluarga harus ada akta lahir. Cari tahu sana sini akhirnya telepon ke Dinas Kependudukan Jakarta. Ternyata, akta lahir itu hanya boleh terbit sekali. Kata petugasnya, memang sudah benar untuk buat akta lahir di Brisbane.

Langkah selanjutnya adalah datang ke Dinas Kependudukan, bawa KTP ayah dan ibu beserta akta lahir ke loket 5. Nanti akan dikeluarkan Pencatatan Kelahiran Luar Negeri. Prosesnya seminggu, tidak langsung siap. Bersyukur, prosesnya mudah dan keluarlah “akta lahir Indonesia” Sofia. Jadi ketika buat KK, rekening bank dan lain-lain yang memerlukan akta lahir, aku selalu bawa yang “akta lahir Indonesia”, akta lahir yang asli disimpan saja.

Semoga bermanfaat.