Ducati Resmi Luncurkan Tunggangan Anyar untuk MotoGP 2019

Liputan6.com, Jakarta – Tim balap Ducati resmi meluncurkan Desmosedici GP19 sebagai tunggangan terbaru Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di MotoGP 2019. Ajang perkenalannya sendiri, dilakukan di Philip Morris R&D Cube, Neuchatel, Swiss, dan dihadiri oleh CEO Ducati, Claudio Domenicali, General Manager, Gigi Dall’Igna, serta Direktur Olahraga, Paolo Ciabatti.

Melnasir Crash, Sabtu (19/1/2019), Ducati Desmosedici GP19 hadir dengan livery baru, dengan memadukan warna merah yang terlihat lebih gahar. Padahal, untuk musim sebelumnya motor balap dari pabrikan asal Italia ini memadukan kelir merah dan putih.

Selain itu, tulisan yang menempel pada fairing Desmosedici GP19 ini juga berganti dengan kata-kata Mission Winnow, yang merupakan bagian dari slogan perusahaan rokok asal Amerika Serikat, milik Philip Morris yang juga sponsor utama tim Ducati.

Dengan penambahan tulisan tersebut, untuk MotoGP 2019, tim balap dari Negeri Pizza ini juga berganti nama menjadi Mission Winnow Ducati Team.

Slogan Mission Winnow sendiri memiliki arti buang pendekatan lama, belajar dari kesalahan masa lalu, dan gunakan untuk membentuk masa depan.

Slogan tersebut sekaligus menjadi motivasi Ducati untuk meraih titel juara dunia MotoGP 2019, dan mengalahkan tim pabrikan besar lainnya, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki.



2 dari 3 halaman

Selama MotoGP 2018, di Sirkuit Mana yang Paling Banyak Kecelakaan?

Balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP pastinya tidak lepas dari yang namanya kecelakaan atau insiden lainnya. Terkadang, kecelakaan ini yang semakin membuat seru jalannya pertarungan antar pembalap, baik hasil akhir di garis finish ataupun posisi klasemen.

Tercatat, selama musim lalu atau 2018, telah terjadi sebanyak 303 insiden, dan 80 di antaranya terjadi saat race atau balapan berlangsung.

Melansir Motorsport.com, Sabtu (5/1/2018), jika dilihat lebih detail sepanjang akhir pekan, seri MotoGP di Catalunya dan Valencia menjadi balapan yang paling rawan. Masing-masing mencatatkan 32 kecelakaan sejak latihan bebas pertama hingga balapan.

Sementara itu, untuk angka kecelakaan terendah, terjadi di MotoGP Argentina. Meskipun menjadi balapan paling kontroversial sepanjang musim lalu, hanya mencatatkan empat insiden, termasuk kontroversi antara Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Untuk kecelakaan yang terjadi selama balapan, sirkuit Valencia menjadi yang terbanyak, dengan 12 kecelakaan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Mahasiswa Garut Ajarkan Mitigasi Bencana

Liputan6.com, Garut – Menggunakan setelah seragam olahraga sekolah, ratusan pelajar Madrasah Iftidaiyyah (MI) Arrochman, Cintaasih, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat, terlihat histeris di bawah bangku sekolah yang baru saja mereka gunakan. Mereka nampak ketakutan dan mimik gugup, menghindari goncangan gempa yang tengah mereka rasakan.

Namun jangan terbawa emosi dulu, sebab kondisi mencengangkan itu merupakan gambaran singkat dalam simulasai mitigasi bencana yang diberikan mahasiswa tingkat akhir Universitas Garut (Uniga) yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sana.

Sebagai daerah rawan bencana di Jawa Barat, ketentraman masyarakat Garut, memang kerap terusik dengan datangnya bencana alam yang selalu mengusik kehidupan mereka.

Juru Bicara Kelompok 61 KKN Cintaasih, Hakim Ghani mengatakan, pelatihan mitigasi bencana sengaja diberikan kepada paraa siswa, sebagai upaya preventif dalam menghadapi bencana. “Kami berikan pemahamannya (mitigaas bencana) agar pelajar mengerti,” ujarnya, Rabu (16/1/2019).

Ada tiga hal yang diajarkan para mahasiswa kepada para pelajar, mengenai mitigasi bencana yang diberi nama ‘Tiga Gerakan Bebas Gempa’ itu.

Pertama, upaya menyelamatkan diri dengan cara berlindung di bawah bangku dan alat yang berbahan kuat. “Supaya jika gempa merobohkan bangunan, para pelajar tidak tertimpa reruntuhan,” kata dia.

Kemudian, upaya menyelamatkan diri dengan cara berlari ke ruang terbuka, untuk menghindari reruntuhan bangunan akibat gempa. “Ini penting disampaikaan bagi mereka agar terbiasa saat musibah datang,” ujar dia.

Hakim menyatakan, dengan upaya itu, ia bersama rekan mahasiswa tingkat akhir lainnya berharap, para pelajar mampu memahami keadaan dan mengerti cara diri dari bencana yang datang. “Dan selain tiga gerakan tadi, kita juga ajarkan doanya. Karena pada dasarnya segala pertolongan datang dari Tuhan,” kata Hakim.

ONE Championship: Nam Eun Ju, Pesona Ring Girl asal Korea

Liputan6.com, Jakarta – Gelaran ONE Championship dengan tajuk ONE: Eternal Glory akan digelar malam ini di Istora Senaya Jakarta. Ajang ini juga akan membuka gelaran ONE Championship di tahun 2019.

Duel perebutan gelar juara dunia kelas straw weight antara  Joshua Pacio vs Yosuke Saruta akan jadi headline utama. Selain itu, tampil pula para petarung Indonesia, seperti Stefer Rahardian, Anthony Engelen serta petarung wanita andalan Priscilia Hartati Lumban Goal.

Namu, tak cuma duel-duel di atas ring yang membuat ajang ini semarak. Gelaran ONE Championship juga jadi menarik dengan kehadiran para ring girl.

Total, akan ada tujuh ring girl asal Korea Selatan yang akan ikut memberikan meramaikan Istora. Mereka bertugas membawakan papan ronde, serta memberikan penghargaan dan souvenir kepada para pemenang duel. Nam Eun Ju, salah satunya. Wanita kelahiran Busan, Korea Selatan ini sudah menjadi ring girl sejak 2016 lalu.

Nam mengaku sangat menikmati bekerja sebagai ring girl di ONE Championship. Dia menyebut banyak mendapat pengalaman dan pengetahuan, termasuk mendatangi negara-negara yang belum dia kunjungi.

Tak heran, dia mengaku sangat senang bisa hadir di Indonesia. “Saya menyukai beberapa makanan Indonesia, salah satunya nasi goreng, saya sangat suka,” kata wanita cantik dengan tinggi badan 170 cm ini.


2 dari 2 halaman

Simpan Mimpi

Nam sendiri masih menyimpan mimpi untuk menjadi seorang model. “Dengan menjadi ring girl saya juga berharap mewujudkan mimpi saya keliling dunia,” ujar Nam, tersenyum.

Saat pertama kali menjadi seorang Ring Girls ia tidak tahu menahu tentang apa itu pertarungan MMA. Namun setelah ia menjadi seroang Ring Girls ia menjadi tahu banyak tentang olahraga bertarung.

“Banyak pengalaman yang saya dapatkan. Sebelum menjadi seperti sekarang ini, saya tidak tahu apa-apa tentang pertarungan. Namun setelah menjadi Ring Girls saya bisa melihat dan mengetahui tentang apa olahraga bertarung itu,” ujar Nam. (Fatur Rahman/Mg)

Saksikan video pilihan di bawah ini

Memasukkan Peterseli ke Miss V? Saran Aneh, Tidak untuk Ditiru

Jakarta – Situs majalah Marie Claire terpaksa menurunkan unggahan artikelnya setelah diprotes dokter ahli kandungan dan kebidanan di Inggris. Artikel tersebut menyatakan, memasukkan peterseli ke dalam miss V bisa mempercepat periode menstruasi. Artikel juga menyebut makanan, minuman, dan olahraga yang memberi manfaat serupa.

Dalam artikel tersebut, peterseli disebut sebagai emmenagogue yaitu substansi yang mampu meningkatkan aliran darah selama menstruasi. Peterseli yang dimasukkan ke dalam daerah intim wanita, dikatakan akan melembutkan leher rahim dan membantu keseimbangan hormon. Namun dokter justru menyatakan, memasukkan segala jenis barang ke dalam vagina tanpa pertimbangan medis berisiko mengakibatkan kematian bagi wanita.

“Saya peringatkan wanita jangan memasukkan apa pun ke dalam wilayah genital, tanpa pertimbangan dan prosedur medis. Memasukkan peterseli ke dalam vagina jelas bukan saran yang akan diberikan seorang dokter. Hanya beberapa barang yang bisa masuk dalam area intim, namun tidak termasuk peterseli,” kata dokter ahli kandungan dan kebidanan Shazia Malik dikutip dari Daily Mail.

Dr Shazia menyebut saran dari Marie Claire tersebut sebagai hal yang tidak bertanggung jawab. Wanita tertarik mencoba memasukkan peterseli, karena bisa membantu menikmati liburan tanpa khawatir tembus atau ganti pembalut. Selain mempercepat datangnya menstruasi, peterseli juga diklaim mampu mempersingkat lamanya datang bulan.

Emmenagogues dijelaskan sebagai herbal yang mampu merangsang aliran darah menstruasi, namun belum ada bukti medis yang mendukung pernyataan ini. Emmenagogues hingga kini tidak pernah digunakan dalam praktik medis. Tulisan peterseli sebagai emmenagogues untuk merangsang datang bulan sempat ditemukan di situs Bustle pada April 2015

Dalam tulisan tersebut, emmenagogues dikatakan sebagai rekomendasi ahli herbal untuk merangsang aliran darah di pinggul dan rahim. Efek inilah yang menyebabkan emmenagogues kadang bisa digunakan untuk merangsang datang bulan. Emmenagogues direkomendasikan diminum 2-4 kali sehari dalam bentuk seduhan teh.

(up/up)

ONE Championship: Para Petarung Indonesia Siap Kuasai Eternal Glory Malam Ini

Liputan6.com, Jakarta – ONE Championship, organisasi beladiri terbesar di dunia dan properti media olahraga terbesar di Asia, akan membuka rangkaian seri 2019 dengan perhelatan perdana di Jakarta malam ini.

Dengan tajuk ONE: Eternal Glory, ONE Championship menyajikan laga mixed martial arts (MMA) dan Muay Thai dari para petarung juara kelas dunia. Event ini berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

ONE: Eternal Glory diwarnai dengan kembalinya dua petarung andalan Indonesia, Priscilla Hertati “Thathie” Lumban Gaol dan Stefer “The Lion” Rahardian. Sebagai tambahan, beberapa petarung terbaik Indonesia dan atlet yang baru saja mendapatkan kesempatan bertanding dalam ONE Championship juga akan tampil dalam perhelatan ini.

Nama-nama yang dikenal dalam lingkup MMA di Indonesia, seperti Anthony “The Archangel” Engelen dan “The Terminator” Sunoto akan berusaha meraih kemenangan melawan dua atlet kelas dunia lainnya.

Terlebih lagi, ada nama-nama baru seperti Aziz Calim, Adi Paryanto, Oscar Yaqut dan Andreas Satyawan yang juga akan berusaha menorehkan prestasi gemilang untuk membuka tahun ini di ONE Championship.

Juara favorit asal Indonesia, Priscilla Hertati “Thathie” Lumban Gaol, mengincar kemenangan berikutnya untuk membuka tahun 2019 ini. Priscilla mengakhiri tahun 2018 dengan meraih julukan sebagai atlet wanita ONE tersibuk, dengan catatan lima kemenangan dari enam pertandingan yang ia jalani.

Juara nasional wushu Indonesia ini akan menghadapi sesama juara nasional wushu asal India, Puja Tomar, demi membuka jalan bagi perebutan gelar juara dunia yang saat ini dipegang oleh Angela “Unstoppable” Lee.

Sejak masuk ke dunia MMA, Priscilla juga terus mendedikasikan waktunya untuk berlatih di Siam Training Camp untuk meraih mimpinya. “Saya berlatih, berlatih dan berlatih untuk mengasah diri menjadi yang terbaik,” ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Sinar Lebih Terang

Priscilla berharap untuk bersinar lebih terang – dan mencegah lawannya meraih kemenangan perdana dan mencuri momentum awal tahun yang ia miliki.

Di bawah Bali MMA, juara ONE Flyweight Tournament Indonesia Stefer Rahardian akan tampil melawan atlet asal Filipina Robin “The Ilonggo” Catalan. Pertandingan ini diprediksi akan sangat menarik, karena Stefer sempat mengakui keunggulan dari kakak kandung Robin, Rene Catalan tahun lalu setelah ia turun ke divisi strawweight.

Saat ini, Stefer mengakui ia telah melakukan persiapan terbaik bagi pertandingan Sabtu ini. “Kami telah berlatih untuk menggunakan semua aspek yang dibutuhkan dalam seni bela diri campuran, siapapun lawannya,” katanya. “Namun, saya sangat mengenali kekuatan Robin, yaitu teknik-tekniknya. Ia adalah salah satu atlet MMA yang matang dalam daftar ONE Championship.”

Untuk meraih kemenangan, Stefer berjanji untuk menyelesaikan pertandingan dengan cepat dan mematuhi tiap instruksi pelatihnya.

Stefer juga berharap agar seluruh penggemar mendukung para petarung Indonesia yang akan berlaga Sabtu ini.

ONE: ETERNAL GLORY di Jakarta jelas akan menjadi sajian rangkaian laga seni mixed martial arts dan Muay Thai yang terbaik di awal tahun ini, serta semakin menegaskan bahwa ONE Championship adalah rumah untuk berbagai seni bela diri di dunia.

3 dari 3 halaman

Jadwal Duel Eternal Glory

Berikut adalah jadwal pertarungan selengkapnya dalam ajang ONE: ETERNAL GLORY:

Main Card

Joshua Pacio VS Yosuke Saruta (ONE Strawweight World Championship)

Alexi Serepisos VS Mongkolpetch Petchyindee Academy (ONE Super Series Muay Thai — Flyweight)

Christian Lee VS Edward Kelly (Mixed Martial Arts — Featherweight)

Priscilla Hertati Lumban Gaol VS Puja Tomar (Mixed Martial Arts — Women’s Atomweight)

Joseph Lasiri VS Jonathan Haggerty (ONE Super Series Muay Thai —Flyweight)

Stefer Rahardian VS Robin Catalan (Mixed Martial Arts — Strawweight)

Bruno Pucci VS Kotetsu Boku (Mixed Martial Arts — Featherweight)

Preliminary Card

Anthony Engelen VS Kwon Won Il (Mixed Martial Arts — Featherweight)

Rasul Yakhyaev VS Koji Ando (Mixed Martial Arts — Lightweight)

Sunoto VS Niu Kang Kang (Mixed Martial Arts — 68-Kilogram Catch Weight)

Adi Pryanto VS Aziz Calim (Mixed Martial Arts — Strawweight)

Oscar Yaqut VS Andreas Satyawan (Mixed Martial Arts — Featherweight)

Saksikan video menarik di bawah ini

Ma’ruf ‘Irit’ Bicara saat Debat, Fahri Hamzah Salahkan Contekan KPU

Jakarta – Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin mendapat porsi lebih sedikit untuk menyampaikan pendapat saat debat yang berlangsung tadi malam. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyalahkan adanya contekan dari KPU sebelum debat berlangsung.

“Itu saya kira ya, ada unsur para calon ini disandera oleh teks yang sudah dibocorkan. Akhirnya mental block ya. Datang itu sudah dengan niat nyontek. Coba kalau nggak ada contekan, orang itu datang niat tempur dia,” ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Seperti diketahui, KPU memang memberikan kisi-kisi pertanyaan bagi kedua pasangan calon Pilpres 2019. Meski begitu, ada segmen pertanyaan terbuka yang diberikan paslon kepada lawannya.

Fahri pun menyebut Ma’ruf sebagai politikus senior yang menjadi andalan mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ia merasa kasihan karena Ma’ruf diberi contekan saat akan bertarung dalam debat.
“Dia politisi andalannya Gus Dur. Tapi jadi kelihatannya kayak begitu karena dikepeki, dikasih kepekan (contekan) begini, kasihan,” kata Fahri.

Dia meminta kedua paslon berdebat tanpa menggunakan contekan kisi-kisi. Fahri mengibaratkannya sebagai ‘tarung kata-kata’.

“Udah lah, lepas, tarung ini, timpa-timpaan aja. Ini kan timpa kata-kata doang, bukan timpa tinju. Kalau timpa tinju, Sandi bisa menang itu, dia olahraga tiap hari. Kita aja nggak kuat,” candanya.

Fahri juga mengomentari gestur kedua paslon yang menurutnya tidak bebas dan kurang enak dilihat saat debat. Meskipun demikian, ia menilai capres Prabowo Subianto yang memiliki gestur paling lepas karena sempat berjoget kecil di panggung debat.

“Nggak bebas, karena disandera oleh teks. Kurang nikmat kita lihatnya. Meskipun dari 2 (paslon) itu ya kayaknya yang paling lepas itu Pak Prabowo, karena dia sempat nari segala saya dengar. Saya nggak lihat (langsung), tapi saya lihat di media dia nari,” ungkap Fahri.

Dalam debat semalam, Ma’ruf mendapat porsi lebih sedikit untuk menyampaikan pendapat dibanding pasangannya, capres Joko Widodo. Penampilannya mendapat kritik dari Amien Rais yang berada di kubu Prabowo Subinato. Ma’ruf pun membela diri.

“Ya itu tadi, saya kan wakil presiden (wapres), porsi utama itu presiden. Saya hanya menambah saja. Jangan seperti saur manuk (seperti burung yang saling bersahutan), sini ngomong sana ngomong,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.
(azr/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Persiapan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Jelang Debat Capres Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta – Hari ini, debat capres dan cawapres perdana akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema debat perdana yang diusung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ini adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Kedua pasangan pun tak henti melakukan berbagai persiapan jelang debat capres dan cawapres. Baik itu Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma’ruf pun meminta wejangan dari mentor pilihannya yaitu Jusuf Kalla atau JK. Sedangkan Prabowo-Sandiaga, rutin menyambangi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Jokowi nampak lebih santai. Bahkan pada Selasa, 15 Januari 2019, ia mengumpulkan para ketua umum partai politik pengusungnya untuk makan malam bersama. Sedangkan Sandiaga, memilih untuk melakukan olahraga rutinnya.

Berikut persiapan lain yang dilakukan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga jelang debat capres dan cawapres dihimpun Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Bicara Sesuai Data dan Yakin Siap

Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menghdapi debat capres dan cawapres perdana Kamis 17 Januari besok.

Dia mengatakan telah mempersiapkan materi-materi yang akan dipaparkannya sesuai tema debat perdana yaitu HAM, hukum, korupsi dan terorisme.

“Ya kita datang saja, datang sesuai dengan materi. Marerinya hukum, materinya HAM materinya terorisme, dan korupsi. Ya sudah,” ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu, 16 Januari 2019.

Jokowi enggan mengungkapkan materi apa yang difokuskannya untuk menghadapi debat Pilpres. Namun, dia memastikan akan menyampaikan berdasarkan fakta dan data di lapangan.

“Kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana ke depan seperti apa,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga yakin jika pasangannya Ma’ruf Amin siap menghadapi debat capres dan cawapres perdana ini.

Jokowi mengatakan, Ma’ruf adalah seorang pendakwah sehingga terbiasa berbicara di depan banyak orang.

“Pak Kiai (Ma’ruf Amin) kan setiap hari memberikan kultum, memberikan tausiyah, memberikan khotbah,” kata Jokowi.

Jokowi enggan menjawab saat ditanya apakah dirinya telah melakukan latihan atau simulasi debat bersama Ma’ruf Amin. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut telah mempersiapkan data dan fakta terkait materi debat Pilpres.

“Tentu saja kalau ngomong mestinya dengan data. Ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana kedepan seperti apa. Yang penting kan itu,” jelas Jokowi.

3 dari 4 halaman

2. Diskusi dengan Pakar dan Latihan Debat

Berbeda dengan Jokowi-Ma’ruf, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno justru masih aktif berdiskusi bersama pakar dan melakukan latihan debat.

Latihan debat dilakukan dengan mantan pimpinan KPK yakni Bambang Widjayanto dan Busyro Muqoddas.

“Pak Prabowo hari ini masih berdiskusi dan mendengarkan masukan dari beberapa ahli seperti Bambang Widjayanto, Busyro Muqoddas,” kata jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Azhar Simanjuntak saat dihubungi, Rabu, 16 Januari 2019.

Menurut Dahnil, pertemuan dengan Bambang dan Busyro untuk membahas berbagai tema, tidak hanya korupsi saja. “Terkait dengan masalah penegakan hukum, korupsi, HAM dan Terorisme,” katanya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kala Menpora Imam Kena Tipu Gocekan Bola di Tasikmalaya

Liputan6.com, Tasikmalaya – Ada pemandangan menarik saat kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, ke Lapangan Sepakbola Lodaya Sakti yang berlisensi FIFA, di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dipandu dua mantan pemain nasional Atep Rizal dan Tantan yang tengah memberikan coaching clinic, puluhan anak-anak pelajar sekaligus peserta sekolah sepakbola (SSB) terlihat  menikmati  teknik passing, shooting dan kontrol bola yang diberikan dua pemain Persib tersebut.

Di tengah keseriusan itu, Menteri Imam sepertinya terpanggil untuk gabung ikut dalam salah satu game, ia kemudian mengajak Atep bagaimana menunjukkan operan yang baik, sekaligus cara menendang yang benar di antara peserta didik.

“Horeee…,” teriakan salah satu peserta pelatihan meneriaki Menteri Imam, setelah berhasil melintasi kedua kakinya, sekaligus mengelabui sang Menteri dengan riang. “Kamu memang bagus,” ujar Imam, sambil memeluk salah satu anak yang telah berhasil mengelabuinya itu.

Menurut Imam, perbaikan sejumlah fasilitas lapangan sepakbola di tiap desa sangat dinantikan masyarakat. Untuk mendukung itu, bahkan pemerintah tidak ragu menggelontorkan dana desa yang cukup besar, agar kehadiran infrastruktur yang memadai benar-benar dinikmati seluruh masyarakat.

“Silahkan para Kepala Desa mencontoh desa Cisayong,” kata dia.

Lapangan Bola Lodaya Sakti desa Cisayong ini memang tengah menjadi buah bibir saat ini, menggunakan jenis rumput lapangan Zoysia Matrella dari Eropa, yang biasa digunakan stadion di benua biru, Lapangan bola Cisayong memang pengecualian dibanding seluruh lapangan bola milik desa di Indonesia.

Dengan jenis rumput itu, lapangan sepakbola lebih optimal digunakan seluruh pemain. Selain empuk, karena memiliki ketebalan dan kerapatan rumput yang seimbang, juga memiliki elastisitas dalam menahan beban.

Kemudian rumput itu memiliki pemulihan diri lebih cepat dalam pertumbuhan sehingga ketebalan tetap terjaga, yang memungkinkan terjadinya resiko cedera pemain bisa dihindari sejak dini.

“Ini bukan standar Tasik lagi tetapi standar internasional,” ujar dia yang disambut gelak tawa dan tepuk tangan penonton yang hadir.


2 dari 2 halaman

Berharap Penambahan Fasilitas Lapangan

Sejak pertama kali dibuka tahun lalu, animo masyarakat untuk menggunakan lapangan sepakbola berstandar FIFA itu memang tidak terelakan lagi, meskipun tribun penonton belum terbangun akibat minimnya anggaran. Namun keinginan mereka menikmati main sepakbola di lapangan tersebut tinggi.

Untuk itu, Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin selaku penggagas dan pengelola lapangan baru tersebut, meminta adanya tambahan bantuan anggaran untuk mempercantik kondisi Lapangan Cisayong.  “Sekarang ada space lima meter di sebelah utara dan selatan lapangan, nanti bisa dibangun tribun untuk kapasitas 1000 orang lah,” ujarnya.

Imam yang sejak awal memasuki lapangan, langsung menjajal kualitas rumput. Di sela-sela itu, Ia pun memberikan isyarat adanya bantuan untuk memenuhi permintaan Yudi, meskipun tidak seluruhnya.

“Kita lihat dulu yang lima meter itu seperti apa, tetapi yang paling mungkin, apa dulu yg perlu kita bantu lebih awal, kamar ganti, tribun, atau apa,” papar dia.

Dengan semakin baiknya fasilitas lapangan, Imam berharap dalam waktu dekat Lapangan Cisayong bisa menjadi salah satu alternatif kejuaraan nasional dan internasional.

“Dengan saya hadir, nambah semangat saya untuk terus bantu masyarakat di sini,” ungkap dia bangga.

Coaching Clinic  Pemain Persib

Selain didatangi Menpora Imam Nahrowi, keceriaan lain yang dirasakan ratusan anak –anak yang hadir di tengah lapangan Cisayong, adalah transfer ilmu yang diberikan dua pemain Persib Bandung Atep Rizal dan Tantan.

Bahkan untuk menguji kemampuan dua mantan pemain timnas itu, panitia penyambutan kunjungan Menpora sengaja membuat laga antara Menteri Iman yang dibantu Atep, Tantan dan satu pemain timnas U15 asal Ciamis, melawan tiga tim SSB sekaligus dibawah usia 10 tahun.

Menurut Atep, latihan teknik permainan sepakbola mesti dilakukan dengan penuh suka cita tanpa tekanan siapapun. Ia mencontohkan Leonel Messi, Cristiano Ronaldo, dua masetro pesepakbola terbaik dunia saat ini, nampak menikmati seluruh pertandingan yang mereka jalani. “Tetapi tetap saja dari semua itu, anak-anak harus bekerja keras agar bisa meraih mimpi,” ujar dia.

Ia pun tak pelit berbagi ilmu, beberapa teknik dasar bermain sepakbola mulai shooting, operan pendek hingga game kecil, ia perlihatkan di depan puluhan siswa didik. “Latihan itu jangan terbebani, ketika teman-teman punya mimpi besar tapi tidak bekerja keras, maka akan sulit meraihnya,” papar dia.

Dengan pola latihan penuh kerja keras, serta memahami dan menguasai teknik permainan sepakbola yang benar, Atep berharap suatu saat ini, dari desa Cisayong akan lahir pemain sepakbola dunia.

“Saya doakan satu di antara peserta yang banyak ini nanti akan menjadi pemain nasional,” ujar dia yang diamini seluruh peserta siswa SSB yang hadir.

Bayern Munchen Bakal Lepas Hak Peminjaman James Rodriguez ke Arsenal

Jakarta Bayern Munchen siap memberikan hak peminjaman James Rodriguez ke Arsenal. Namun, The Gunners wajib membayar Bayern Munchen sebesar 3 juta pound untuk memakai jasa Rodriguez selama enam bulan.

Kontrak peminjaman James Rodriguez di Bayern Munchen akan berakhir pada Juni mendatang. Klub asal Jerman itu disinyalir tidak akan menebus Rodriguez dari Real Madrid.

Hal itu dikarenakan terbatasnya penampilan Rodriguez bersama Bayern Munchen pada musim 2018-19. Sejak Bayern ditangani Niko Kovac, Rodriguez lebih sering berada di bangku pemain pengganti.

Bayern Munchen pun terdorong untuk melepas sang pemain ke klub lain. Keputusan tersebut dapat mendatangkan dana bagi Bayern Munchen.

Direktur olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic, mencoba untuk meredam isu seputar masa depan James Rodriguez. Namun, ia menyiratkan kalau klub tidak tertarik untuk mempertahankannya.

“Kami akan mengevaluasi performa James Rodriguez pada paruh kedua musim. Belum ada keputusan yang diambil,” ujar Salihamidzic.

Bayern Munchen meminjam James Rodriguez dari Real Madrid pada awal musim 2017-18. Saat itu, Die Roten membayar dana sebesar 11,9 juta pound sebagai biaya peminjaman selama dua musim. Bayern Munchen bisa menebus James Rodriguez secara permanen jika membayar 39.1 juta pound pada akhir musim 2018-19.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 2 halaman

Arsenal Pertimbangkan James Rodriguez

Ketersediaan James Rodriguez untuk digaet dengan status pinjaman menarik minat Arsenal. Sebelumnya, Unai Emery telah mengatakan hanya akan mendatangkan pemain dengan status pinjaman pada bursa transfer Januari 2019.

James Rodriguez disebut dapat menjadi pengganti yang tepat untuk Mesut Ozil. Pemain asal Kolombia itu bisa didapuk sebagai playmaker baru Arsenal.

Mesut Ozil disebut sudah dipersilakan untuk angkat kaki, setelah tak menunjukkan performa yang positif dan kerap bertikai dengan Emery.

Sumber: TEAMtalk

Beda Persiapan Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma’ruf Jelang Debat Capres Perdana

Liputan6.com, Jakarta – Jelang debat perdana, calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) melakukan berbagai persiapan.

Persiapan yang dilakukan oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin pun berbeda-beda.

Jika Prabowo-Sandiaga memilih untuk rajin menemui Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Jokowi-Ma’ruf terlihat lebih santai mempersiapkan debat.

Jokowi mengumpulkan semua ketua umum partai koalisi pendukungnya untuk makan malam jelang debat capres cawapres perdana yang akan digelar pada Kamis, 17 Januari 2019 besok.

Berbeda pula dengan Sandiaga. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini justru memilih rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan fisiknya jelang gelaran debat.

Ma’ruf Amin, yang notabenenya baru pertama kali ikut debat, juga dipersiapkan matang oleh tim pemenangan.

Berikut perbedaan gaya persiapan Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma’ruf Amin jelang debat capres cawapres perdana dihimpun Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

1. Rutin Sambangi SBY

Baik Prabowo dan Sandiaga, nampak hilir mudik menemui SBY. Tercatat jelang akhir Desember 2018 dan awal Januari 2019, mereka bertemu di kediaman SBY di Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN), pembahasan pertemuan seputar pemenangan Pemilu, dan wejangan debat.

“Wejangannya ya debat itu harus menguasai materi. Berdebat itu harus betul-betul dalam kondisi fit, baik kesehatan dan seterusnya dan seterusnya dan seterusnya,” kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani, usai pertemuan tersebut, Kamis 10 Januari 2019.

Menurut SBY, Prabowo dan Sandiaga wajib menarik simpati dan hati rakyat saat debat. Hal ini dikarenakan, pemilih bukanlah bukan orang yang ada dalam debat, tapi adalah mereka para rakyat Indonesia yang justru tidak ada di dalam ruangan debat.

“Karena calon presiden adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pemerintahan yang akan dipimpinnya bila nanti menang, dan visi misi bagian akan dipertanggungjawabkan kepada rakyat,” terang Sekjen Partai Gerindra ini yang ikut dalam pertemuan tertutup tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Olahraga Rutin Tetap Dilakukan dan Buat Kelompok Khusus

Jelang debat perdana Pilpres 2019, cawapres nomor 02 Sandiaga Uno tetap rutin berolahraga bersama rekan dan pengawalnya di Gelanggang Olahraga Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Januari 2019 pagi.

Setelah olahraga, Sandi berencana mengunjungi beberapa daerah lagi termasuk memperdalam materi debat bersama Capres Prabowo Subianto. Hukum yang berkeadilan bagi semua golongan masyarakat akan dikupas pada sesi debat dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

“Kita ingin fokus utamanya di bidang ekonomi dan penekanan kepada pembukaan lapangan pekerjaan, stabilnya harga bahan pokok akan jadi isu utama yang kami usung di setiap debat,” ucap Sandiaga.

Tak hanya itu, Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso mengatakan, kubunya telah membuat kelompok khusus dinamakan Tim Delapan. Nantinya tim ini bertugas mempersiapkan materi, mengelola isu, hingga gestur.

“Terdiri dari enam orang, mereka adalah SBY, Amien Rais, Priyo Budi Santoso, Leida Hanifa, Ferry Baldan, dan Sudirman Said,” jelas Priyo.

4 dari 6 halaman

3. Makan Malam Bersama

Jamuan makan malam Capres nomor urut 01 Jokowi bersama sembilan ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja, ternyata merupakan asupan menjelang debat besok.

“Pertemuan hangat sambil makan malam Pimpinan Parpol Koalisi Indonesia Kerja bersama Pak Jokowi di resto Seribu Rasa Menteng. NGOPI, Ngobrol Pintar menuju debat Capres pertama 17 Januari 2019,” kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurnuziy atau Romi melalui akun Instagram pribadinya, Selasa 15 Januari 2019, malam.

Begitu pula menurut Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq. Ia menyebut pertemuan itu penuh canda tawa.

“Dalam santap malam juga penuh tawa canda. Pak Jokowi juga sangat menikmati santap malam bersama para ketum parpol,” kata Rofiq.

Rofiq mengungkap menu jamuan yang disajikan. Jokowi bersama para ketua umum santap sajian khas Nusantara.

“Menu Nusantara menjadi sajian. Tempe mendoan, ayam goreng, cumi bakar dan kopi khas Indonesia,” imbuhnya.

Diketahui, Sekretaris Kabinet dan Anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma’ruf, Pramono Anung mengkordinasikan pertemuan ini. Sembilan ketua umum lengkap hadir.

5 dari 6 halaman

4. Memilih Mentor dan Memoles Ma’ruf Amin

Jokowi dan Ma’ruf mendapuk mentor senior, yakni Jusuf Kalla (JK). Sang wapres juga bukan pemain baru dalam ajang debat Pilpres.

Mulai zamannya berpasangan dengan SBY, sebagai kandidat calon wakil presiden (2004), bersama Wiranto sebagai calon presiden (2009), hingga kembali menempatkan diri sebagai calon wakil presiden di bersama Jokowi (2014).

“Pak JK salah satu yang berpengalaman, tentu masukan-masukan Beliau banyak ya saya rasa hal positif figur sebagai Pak JK menjadi bagian tim kami yang memberikan masukan. Kan kita ada timnya,” kata Ketua TKN (Tim Kampanye Nasional) Erick Tohir usai bertemu JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Merdeka Utara, Jumat 11 Januari 2019.

Kemudian, berbeda dari wejangan dengan hidangan ala Jokowi, wakilnya yakni Ma’ruf Amin yang terbilang pemain baru dalam debat Pilpres, lebih sering memoles diri dengan bantuan tim yang dipersiapkan TKN. Ada sembilan orang diberdayakan guna membuat sang kiai agar lugas dalam berdebat.

Mereka adalah para mantan presenter TV, Tina Talisa, Meutya Hafid, dan Putra Nababan. Kemudian sisanya, politikus yakni Abdul Kadir Karding dan Lukman Edy dari PKB, Politikus PDIP Aria Bima, dan Politikus Golkar Rizal Mallarangeng.

“Pemolesan bukan hanya dilakukan dari sisi konten tapi tampilan karena kita tahu persis waktu yang tersedia dalam debat itu pendek, gimmick kemudian marketing gimmick,” kata Anggota Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, M Romahurmuziy di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 10 Januari 2019.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: