Olahraga Tiap Hari Vs Weekend Saja, Samakah Manfaatnya?

Jakarta – Beberapa orang menyempatkan waktunya di pagi atau sore hari untuk melakukan olahraga secara rutin atau setiap hari. Tapi banyak juga yang lebih memilih untuk berolahraga di akhir pekan karena waktunya yang lebih panjang dan tidak ada aktivitas tertentu yang menghalangi.

Dokter spesialis olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, menuturkan mereka yang olahraga setiap hari dan hanya di akhir pekan memiliki risikonya masing-masing.

“Olahraga di akhir pekan disebutnya weekend warrior, jadi 150 menit dia 2 jam misalnya. Sekarang jalau kita melihat sebuah mobil nggak pernah dipakai tiba-tiba dipakai dari Jakarta sampai Banda Aceh, kira-kira gampang rusak nggak?,” tuturnya saat dihubungi oleh detikHealth, baru-baru ini.

“Jadi lebih baik kita harus ada idealnya. Intensitasnya sedang, secara teratur, lima kali seminggu, 30 menit sehari atau lebih ringan boleh tapi musti lebih banyak atau lebih lama,” sambungnya.

Berolahraga setiap hari juga sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Sebab, tubuh perlu diberi istirahat atau rehat sejenak dari aktivitas berolahraga apalagi jika melalukan latihan dengan intensitas tinggi.

“Harus ada istirahat untuk recovery dan perbaikan sel-sel dari otot, saraf tulang yang mengalami kerusakan saat melakukan latihan,” imbuhnya.

(kna/up)

Pemain Baseball Jadi Atlet Termahal di Dunia Olahraga

Atlet mahal yang sedang disorot adalah Mohamed Salah. Real Madrid  bersiap melakukan revolusi terhadap pasukannya menyusul kegagalan pada musim 2018/19 ini. Musim depan, Los Blancos bakal mendatangkan pemain-pemain baru. 

Bahkan Real Madrid kabarnya telah menyiapkan dana besar guna mendatangkan Mohamed Salah ke Santiago Bernabeu.

Salah merupakan pemain penting di skuat Liverpool. Pemain asal Mesir tersebut mengantar Liverpool ke final Liga Champions musim 2017/18 lalu, tapi kalah dari Real Madrid.

Dikutip dari Don Balon, Madrid lantas mengincar jasa Mohamed Salah yang bermain bagus di Liverpool. Dana dalam jumlah yang besar disiapkan oleh Madrid untuk membeli kapten timnas Mesir tersebut.

Untuk bisa mendapatkan Salah, Madrid disebut menyiapkan dana senilai 150 juta euro atau senilai Rp 2,4 triliun. Madrid sendiri menyiapkan dana hingga 300 juta euro untuk membeli pemain baru pada bursa transfer musim panas mendatang.

Dengan nilai pembelian tersebut, jika terwujud, maka Salah bakal jadi pemain paling mahal dalam sejarah Real Madrid. Dia juga akan jadi pemain paling mahal dalam sejarah transfer di Premier League.

Olahraga yang Cocok Untuk Lansia, Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta – Olahraga adalah hal yang penting untuk semua kalangan. Tak terkecuali, untuk para lanjut usia (lansia)

Kondisi fisik yang sudah menurun tidak menghalangi para lansia untuk berolahraga. Banyak manfaat yang akan didapat dari berolahraga, seperti dapat menurunkan risiko penyakit jantung korener, hipertensi, hingga stroke.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lansia harus memperhatikan juga intensitas lamanya berolahraga. Olahraga perlu dilakukan secara rutin.

Jenis olahraganya pun haruslah sesuatu yang menyenangkan. Apa saja olahraga yang cocok ntuk lansia? Saksikan selengkapnya di Video dari Klikdokter.com di Vidio.com berikut.

Selain anak muda yang suka berolahraga, para lansia pun juga harus rajin berolahraga. Berikut olahraga yang cocok untuk lansia

Jelang Debat Cawapres, Sandi Olahraga di GOR Bulungan

Liputan6.com, Jakarta – Menjelang debat cawapres yang akan digelar esok hari, Minggu, 17 Maret 2019, calon wakil presiden Sandiaga Uno menyiapkan fisik dan mental untuk menghadapi debat dengan berolahraga dan pemantapan materi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (16/3/2019), Sandiaga mempersiapkan mental dan fisik dengan berolahraga bersama sejumlah artis di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Mantan wakil GubernurDKI Jakarta itu juga mendengar aspirasi para artis dan pengusaha muda dari berbagai bidang, khususnya dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Sandi sempat menyatakan, bahwa debat bukan soal serang menyerang, tapi lebih ke soal diskusi dan adu gagasan.  

Sementara itu, capres petahana Joko Widodo atau Jokowi bertemu ribuan kader Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI)  di Lapangan Merdeka, Medan,  Sumatera Utara. Dalam orasinya, Jokowi mengharapkan agar para generasi muda tidak terpengaruh dengan isu hoaks yang dapat memecah belah keutuhan NKRI.  

Jokowi juga mengimbau agar pelaksanaan Pemilu tidak memecah belah persaudaraan  bangsa karena akan sangat merugikan bangsa Indonesia.  

Sama-Sama Berkeringat, Bisakah Seks Menggantikan Olahraga?

Liputan6.com, Jakarta Entah pendingin ruangan menyala atau tidak, berhubungan seks bisa membuat tubuh berkeringat. Seks juga bisa meningkatkan detak jantung seperti berolahraga. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakan alasan sudah bercinta untuk tidak berolahraga.

Seks memang bisa disebut sebagai salah satu bentuk aktivitas berolahraga, bahkan, kadang-kadang bisa mencapai olahraga level moderat,” kata Asisten Profesor Department of Exercise Science and Health Promotion at Florida Atlantic University, Amerika Serikat, Tina Penhollow.

Namun, tidak selamanya seks yang Anda dan pasangan lakukan itu bisa disamakan dengan olahraga. Hal ini tergantung pada konsistensi serta aktivitas yang dilakukan. Misalnya seks yang lembut tentu efek pada sistem kardiovaskular berbeda dengan seks yang berenergi atau banyak gerak, seperti disampaikan Tina.

Memang seks bisa masuk dalam aktivitas fisik tapi efek secara fisiologis masih jauh dari olahraga. Seks ini mirip dengan olahraga dalam hal meningkatkan detak jantung.

“Jadi, meski Anda memiliki kehidupan seks yang luar biasa tapi tidak bisa menggantikan aktivitas fisik berolahraga,” kata Tina seperti dilansir Refinery 29, Rabu (13/3/2019).

Walau Sehat, Kebanyakan Olahraga Turunkan Gairah Seks

Di sisi lain, latihan ketahanan dengan tingkat rendah hingga sedang tidak berdampak pada kesehatan seksual. Para peneliti mengatakan, jika Anda merpakan seorang atlet yang berfokus pada kekuatannya, Anda malah benar-benar terbebas dari libido rendah.

“Atlet yang terlatih kekuatannya bekerja sangat keras, tetapi sifat latihan mereka biasanya tidak menghasilkan volume dosis lathihan yang besar,” kata Hackney.

Maka dari itu, Anda tidak perlu takut melakukan lari 5K atau CrossFit. Namun, Anda melakukannya tiba-tiba atau berlebihan, ini bisa berpengaruh pada kehidupan seks.

Penelitian ini sendiri hanya melihat keterkaitan antara olahraga berlebihan dengan menurunnya libido pria. Mereka tidak mencari tahu bagaimana untuk meningkatkannya kembali.

“Kami berharap dokter akan sadar tentang perlunya menanyakan tentang apa yang dilakukan seorang pria saat olahraga, ketika mereka datang dengan pasangannya sambil mencari bantuan terkait masalah kesuburan,” kata Hackney.

“Olahraga itu luar biasa. Saya percaya bahwa olahraga adalah obat. Namun jika seseorang berolahraga, mereka perlu sadar ini tidak mencegahnya dari beberapa konsekuensi kesehatan negatif.”

Nyeri Leher dan Punggung Karena Terlalu Lama Mengemudi, Lakukan Olahraga Sederhana Ini!

Liputan6.com, Jakarta Masalah utama yang sering dihadapi para pengguna kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan dan berlama-lama duduk di kursi kemudi adalah nyeri punggung dan leher. Hal ini tak boleh dianggap remeh, karena sakit pinggang yang berkepanjangan jika tidak diatasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Resiko terburuknya jika berkepanjangan dan dibiarkan dapat menyebabkan kelainan tulang punggung yang nantinya bisa berimbas pada saraf kejepit.

Oleh karena itu, selain memperhatikan posisi duduk yang benar dan kenyamanan kursi kemudi. Penting sekali untuk melakukan olahraga atau sekedar peregangan otot-otot tubuh agar tidak kaku dan berdampak nyeri punggung maupun leher. Berikut beberapa gerakan olahraga untuk meredakan gejala nyeri punggung dan leher yang muncul karena terlalu lama duduk dan mengemudi.

Latihan leher

1. Duduklah tegak, kemudian putar kepala ke arah kanan. Tahan selama lima detik. Ulangi untuk arah kiri.

2. Duduklah lurus dan pandangan mata ke depan. Miringkan kepala ke arah kanan sampai Anda merasa otot leher meregang. Tahan selama lima detik, kemudian ulangi lagi di sisi lainnya.

3. Gerakkan kepala ke bagian atas. Tahan selama lima detik. Kemudian kepala menunduk sasakan adanya peregangan di bagian belakang kepala dan leher. Tahan lima detik, ulangi lima kali.

Latihan punggung

1. Duduklah dengan posisi tubuh yang santai di dalam mobil. Kemudian mulailah menunduk perlahan-lahan menuju ke arah kaki. Tahan lima detik dan luruskan kembali tubuh Anda sampai lurus menempel ke kursi. Ulangi prosesnya beberapa kali.

2. Duduklah tegak kemudian atur napas dengan baik. Saat menarik napas, kencangkan perut Anda ke arah tulang belakang. Pastikan punggung tetap lurus. Tahan lima detik. Hembuskan napas dan lepaskan perut ke posisi semula. Ulangi lima kali.

3. Remas otot bokong Anda untuk mengaktifkan sirkulasi darah. Selain itu cara ini juga akan meredakan mati rasa dan nyeri pinggang. Tahan lima detik dan ulangi lima kali.

Selain dua latihan tersebut, Anda juga perlu latihan tubuh dan lengan. Ambil sikap tubuh yang tegak kemudian putar tubuh ke satu arah. Tahan lima detik kemudian ulangi ke arah lainnya.

Letakan tangan Anda di kemudi dan luruskan siku. Lakukan gerakan menarik dan mendorong seperti sedang push-up. Lakukan dalam lima hitungan. Ulangi sesuai kebutuhan Anda.

Tips lain supaya tidak mengalami nyeri punggung dan leher akibat terlalu lama duduk dan mengemudi adalah dengan tidak terlalu sering mengendarai mobil sendiri. Manfaatkanlah transportasi umum untuk mobilitas Anda sehari-hari. Jika transportasi umum dirasa kurang nyaman, Anda bisa mengandalkan transportasi online. 

Untuk yang transportasi online, Anda bisa mengandalkan Grab. Perusahaan Ride Hailing menghadirkan diskon menarik hingga 70% untuk semua layanan yang diberikan Grab. Diskon ini hadir dalam rangka perayaan status Grab yang menjadi startup level decacorn pertama di Asia Tenggara. 

Decacorn adalah sebutan bagi startup yang nilai perusahannya (valuasi) di atas US$10 miliar atau setara Rp 140 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000). Valuasi level decacorn 10x lipat dari level unicorn (US$1 miliar). Dalam laporan CB Insight hingga Januari 2019, sudah ada lebih dari 300 unicorn di seluruh dunia. Namun baru ada 15 perusahaan yang menyandang status sebagai decacorn. Grab menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara dengan valuasi kisaran 11 miliar dolar AS.

Pencapaian luar biasa Grab sebagai decacorn ini pun tak lepas dari para pengguna setia, mitra pengemudi, dan rekan merchant yang sama-sama bergerak maju demi kehidupan yang lebih baik. Grab dianggap memiliki kualitas pelayanan baik, harga terjangkau dan penggunaan waktu yang efisien. Bukan hanya menawarkan jasa perjalanan, Grab kini menjadi Everyday SuperApp yang memperluas bisnisnya ke pengiriman makanan, dokumen atau paket barang, hingga hiburan.


(Adv)

Dapat Kenaikan Pangkat, Sani Rizki Tak Lupakan Rekan di Timnas U-22

Liputan6.com, Jakarta Anggota Brimob Polda Metro Jaya dan Anggota Timnas U-22 Indonesia, Sani Rizki Fauzi mendapatkan kenaikan pangkat. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Polda Metro Jaya dengan prestasi Sani Rizki yang membawa Timnas U-22 juara di Piala AFF 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Metro, Argo Yuwono menyampaikan pihaknya dan para pimpinan Polri bangga akan keberhasilan Sani bersama Timnas U-22.Berkat prestasinya, Sani pun akan mendapatkan kenaikan pangkat.

“Informasi dari manajer akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa,” ujar Argo di Mako Brimob Kwitang, Jakarta, Jum’at (1/3/2019).

Mendengar hal tersebut, Sani yang juga hadir di Mako Brimob Kwitang sempat meneteskan air matanya karena terharu. Ia mengatakan, kemenangan ini juga berkat kerjasama dari seluruh temannya di Timnas U-22.

“Kami selalu bertekad satu sama lain, untuk selalu memotivasi rekan-rekan satu tim semua agar bisa memberikan hasil yang maksimal, dan alhamdulilah di pertandingan final kemarin kami berjuang keras dan hasilnya pun maksimal,” ujar Sani.

Ayah Sani, Edi Riyadi (49) yang ikut menemani Sani pun menyampaikan rasa syukurnya akan kenaikan pangkat yang akan diterima anaknya itu.

“Ya mudah-mudahan saya harapkan dari anak saya ada rizki lebih saya bisa punya rumah sendiri, itu cita-cita saya. Dan mudah-mudahan anak saya dikasih rizki yang banyak, umur yang panjang, dan mudah-mudahan tambah lagi semangat di bidang olahraganya, apalagi dalam masa tugasnya itu,”ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pilihan Tepat

Manajer Timnas U-22, Sumardji menambahkan, sejak awal ia memang ingin mengorbitkan bintang sepakbola berlatarbelakang Polri. Ia menanggap, dirinya tidak salah pilih untuk melatih Sani.

“Alhamdullilah saya berikan kepercayaan penuh kepada Sani ketika dia berlatih dengan disiplin, terlebih ketika dia secara khusus bersama-sama dengan ofisial saya berikan tanggung jawab penuh kepada Sani untuk debut pertamanya ketika lawan Kamboja,” ucap Sumardji.

Sani Rizki menyumbang satu gol saat Timnas U-22 menang 2-1 atas Thailand di final Piala AFF. Sedangkan satu gol kemenangan Timnas U-22 lainnya dicetak oleh Osvaldo Haay.

3 dari 3 halaman

Seleksi 2016

Pemain Bhayangkara FC itu mengikuti seleksi kepolisian pada 2016 saat Polri dan TNI memberikan kesempatan kepada pemuda berprestasi yang memiliki talenta di berbagai bidang, salah satunya olahraga untuk bergabung di institusinya.

“Jadi bukan hanya Sani saja. Ada banyak (anggota Polri berprestasi) di bidang sepakbola, bola voli, judo, sepak takraw, dan di cabor lain juga diberikan peluang besar, ini bentuk reward dari Polri kepada pemuda-pemudi yang berprestasi di bidang olahraga, maupun di bidang lainnya,” ucap Dedi.

Sani Rizki menjadi salah satu pemain kunci pada laga final Piala AFF U-22 yang digelar di Olympic Stadion, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam lalu. Dia menjadi pencetak gol pertama untuk tim Garuda Muda U-22.

Gol Sani pun membawa Timnas Indonesia U-22 mengimbangi Timnas Thailand yang unggul lebih dulu di babak kedua. Timnas Indonesia membalikkan keunggulan lewat gol sundulan Osvaldo Haay di menit 63. Skor 2-1 bertahan hingga menit akhir sekaligus memastikan kemenangan untuk tim Garuda Muda Indonesia.