Pilu Penyandang Disabilitas Dicabuli Ayah-Kakak-Adik Kandung Ratusan Kali

Jakarta – Sungguh pilu nasib AG (18). Dia jadi korban incest atau hubungan sedarah yang dilakukan ayah, kakak dan adik kandungnya sendiri. Disetubuhi ratusan kali, AG yang juga seorang penyandang disabilitas kini trauma.

AG saat itu tinggal bersama ibu dan neneknya. Saat ibunya meninggal karena sakit, M membawa AG tinggal di rumahnya di wilayah Kabupaten Pringsewu, Lampung. Tidak dijelaskan kenapa ayah dan ibu AG pisah tempat tinggal.

Petaka pun terjadi setelah AG baru tinggal di rumah M sekitar dua bulan. Orang yang seharusnya melindunginya itu justru memperkosanya. Perbuatan itu dilakukan beberapa kali, bahkan dilihat langsung oleh kakak AG berinisial (SA) dan adiknya YF (15).

Melihat kelakuan sang ayah, SA dan YF bukannya menolong. Mereka justru ikut-ikutan memperkosa AG. Perbuatan ini dilakukan berulang, setiap hari sejak Agustus 2018. AG dalam sehari bisa beberapa kali dipaksa melayani nasfsu bejat ketiga orang yang seharusnya melindunginya. AG tidak kuasa melawan karena takut.

“Kakaknya (SA) itu sudah menyetubuhi 120 kali dalam setahun, adiknya (YF) 60 kali. Kalau bapaknya (M) sudah berulang kali, saya yakin sudah sering,” kata AKP Edi saat dihubungi detikcom lewat telepon, Sabtu (24/2/2019). Namun M saat diperiksa penyidik mengaku baru lima kali menyetubuhi korban.

“Korban merupakan penyandang disabilitas atau ada keterbelakangan mental,” sambung AKP Edi menguatkan alasan kenapa AG tidak kuasa melawan saat diperkosa.

M,SA dan YF memang begitu leluasa memperkosa korban. Menurut AKP Edi, AG selama ini terkungkung di dalam rumah. Keluarga ini pun dikenal sangat tertutup sehingga sulit bagi tetangga untuk mengetahui kasus ini.

Namun lama kelamaan, tetangga curiga dengan aktivitas di rumah M. Terlebih karena melihat kondisi AG yang semakin kurus, jauh berbeda dari saat AG pertama kali datang ke rumah tersebut. Entah bagaimana, akhirnya warga pun tahu bahwa AG telah jadi korban kekerasan seksual oleh M dan kedua putranya.

Salah seorang anggota Satgas Merah Putih Perlindungan Anak setempat pun melapor ke polisi. Polisi pun bergerak atas dasar laporan polisi No.Pol: LP/B-18/II/2019/PLD LPG/RES TGMS/SEK SUKO.

M, SA dan YF ditangkap di rumah tanpa perlawanan Kamis (21/2) sekitar pukul 21.00 WIB. Dari lokasi, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa beberapa helai baju dan celana milik M, SA dan YF serta korban. Para terduga pelaku lalu dibawa ke Polsek Sukoharjo untuk diperiksa. Lebih lanjut, kasus ini dan para tersangka dilimpahkan penanganannya ke Unit Perempuan PPA Satreskrim Polres Tanggamus.

Saat diperiksa M, SA dan YF mengakui perbuatannya. Polisi pun langsung menahan dan menetapkan ketiganya tersangka. Mereka dipersangkakan Pasal 76D Pasal 81 ayat (3) UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dan Pasal 8 huruf a Jo Pasal 46 UU RI No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau Pasal 285 KUHPidana.

“Ancaman hukuman untuk Pasal 81 ayat 3 UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak minimal 5 tahun maksimal 15 tahun ditambah 1/3 dari ancaman maksimal apabila dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan darah. Untuk Pasal 46 UU RI No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga ancaman hukuman paling lama 12 tahun. Untuk Pasal 285 KUHPidana ancaman hukuman paling lama 12 tahun,” jelas AKP Edi.

AKP Edi mengatakan, pihaknya masih terus mendalami kasus ini. Baik tersangka dan korban akan diperiksa lebih lanjut pada Senin (25/2) besok dengan mendatangkan ahli dan psikolog. Kondisi kejiwaan M, SA dan YF akan diperiksa terutama YF karena diduga kuat mengalami penyimpangan.

“Keluarga ini ada kelainan sepertinya karena adiknya (YF) ada pengakuan bahwa dia pernah berhubungan juga dengan binatang, kambing, sapi. Nanti mau kami periksakan juga ke psikolog, pemerhati, kenapa keluarga ini bisa seperti ini, kita mau urut ke belakang supaya hal-hal ini tidak terjadi lagi,” kata AKP Edi.

Hal senada juga disampaikan Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Tanggamus Ipda Primadona Laila. Pihaknya terus melakukan pendalaman agar tepat menangani kasus ini.

“Ini lagi coba kita dalami lagi karena bapaknya tahu anak-anaknya itu menyetubuhi anak kandungnya tapi dibiarkan saja. Saling tahu tapi dibiarkan. Waktu itu adiknya yang bungsu ini melihat kalau saudara perempuannya ditiduri bapaknya, dibiarin. Jadi saling tahu mereka ini,” kata Laila saat berbincang dengan detikcom lewat telepon.

Menurut Ipda Laila, secara visual tidak ada keanehan dari tersangka M dan SA. Namun tersangka YF ini memang agak berbeda karena terlihat santai saat diperiksa. Saat ditanya, tidak ada penyesalan terlontar dari mulutnya telah berulangkali memperkosa kakak kandungnya sendiri.

“Memang yang nyeleneh dikit ini yang bungsu, yang kecil. Dia sempat meniduri kambing dan sapi milik tetangga. Kenapa kita bilang agak kelainan karena tidak ada rasa penyesalan. Hanya senyum cengengesan, nggak ada muka menyesal atau merasa malu, merasa berdosa, santai aja. Makanya kita Senin mau melakukan pemeriksaan psikologi, sudah panggil psikolog juga terkait kelakuan tiga pelaku ini,” tutur Laila.

Ipda Dona sendiri merasa sangat prihatin dengan kondisi AG. Menurutnya, AG mengalami keterbelakangan mental. Pihaknya akan terus memonitor kondisi AG.

“Sejauh ini belum kita temukan adanya gejala kehamilan karena korban juga baru mau kita ambil keterangannya Senin besok dengan didampingi ahli bahasa. Korban bukan kategori tunarungu, tunawicara atau tunagrahita tapi dia memang masuk dalam katagori disabilitas karena kalau ditanya harus ada panduan, ada yang mendampingi, jadi bisa jelas,” ujar Ipda Dona.

“Secara visual anaknya sehat. Anaknya putih, cantik malah. Tapi dia keterbelakangan mental. Kurang lebih seperti itu. kondisi korban memang masuk dalam kategori disabilitas. Dia tidak dalam kategori disabilitas tunarungu maupun tunawicara tetapi masih bisa menjelaskan apabila ditanya oleh aparat kepolisian. Mungkin bisa kita katakan kurangnya pendidikan dari si korban sehingga kalau kita lihat secara visual kondisi korban baik, bagus, tetapi dengan pandangan yang kosong. Kami rasa psikisnya mungkin sudah kena,” jelas Dona.

Ipda Dona menambahkan, dirinya berharap pemerintah dan lembaga dan dinas terkait ikut mengawal kasus ini. Dia berharap nasib AG diperhatikan, agar masa depannya jelas. Dia sendiri telah meminta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, (LPAI) Seto Mulyadi meluangkan waktu untuk datang memonitor kasus ini.

“Kejadian ini ada wilayah hukum Kabupaten Pringsewu, sementara di sini polresnya Unit PPA baru ada di Polres Tanggamus. Jadi tujuan kita buat narik kasus tersebut supaya lebih intens ditangani oleh unit PPA yang ada di Polres Tanggamus. Sementara kita di P2TP2A kita maupun Teksos kita yang ada di Tanggamus itu berjalan memang aktif. Tapi P2TP2A di sini tidak mau nanti disalahkan kalau mengambil alih kasusnya untuk menyelamatkan korban sementara P2TP2A Pringsewu ada. Harus koordinasi intinya,” kata Dona.

“Nanti kalau berkenan datang ke sini bisa menekankan ke pemkab setempat untuk bisa memberikan jaminan pemenuhan hak-hak korban ke depannya, masa depannya seperti apa. Apakah masuk Dinsos, atau mendapat pelatihan atau bimbingan. Karena ke depan siapa yang mau jamin? Lebih aman dia jadi anak negara saja,” pungkas Dona.
(hri/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Selain Kakak, Pelaku Incest di Lampung Juga Setubuhi Kambing-Sapi Tetangga

Lampung – Perempuan berinsial AG (18) jadi korban incest atau hubungan sedarah yang dilakukan ayahnya M (45) dan kakaknya SA (24), serta adiknya YF (15). YF diduga mengalami kelainan.

“Keluarga ini ada kelainan sepertinya karena adiknya ada pengakuan bahwa dia pernah berhubungan juga dengan binatang, kambing, sapi,” kata Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas saat dihubungi detikcom lewat telepon, Sabtu (23/2/2019).

“Nanti mau kami periksakan juga ke psikolog, pemerhati, kenapa keluarga ini bisa seperti ini, kita mau urut ke belakang supaya hal-hal ini tidak terjadi lagi,” sambungnya.


Menurut AKP Edi, para tersangka sudah menyetubuhi korban berulang kali sejak 2018. Korban tidak kuasa melawan karena takut dan mengalami keterbelakangan mental.

“Kakaknya itu sudah menyetubuhi 120 kali dalam setahun, adiknya 60 kali. Kalau bapaknya sudah berulang kali, saya yakin sudah sering,” jelasnya.

Selain Kakak, Pelaku Incest di Lampung Juga Setubuhi Kambing-Sapi TetanggaBarang bukti yang disita dari lokasi Foto: Dok. Polres Tanggamus

Hal senada juga disampaikan Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Tanggamus Ipda Primadona Laila. Pihaknya terus melakukan pendalaman agar tepat menangani kasus ini.
“Ini lagi coba kita dalami lagi karena bapaknya tahu anak-anaknya itu menyetubuhi anak kandungnya tapi dibiarkan saja. Saling tahu tapi dibiarkan. Waktu itu adiknya yang bungsu ini melihat kalau saudara perempuannya ditiduri bapaknya, dibiarin. Jadi saling tahu mereka ini,” ujarnya saat berbincang dengan detikcom lewat telepon.

Menurut Ipda Dona, secara visual tidak ada keanehan dari tersangka M dan SA. Namun tersangka YF ini memang agak berbeda karena terlihat santai saat diperiksa. Saat ditanya, tidak ada penyesalan terlontar dari mulutnya telah berulangkali memperkosa kakak kandungnya sendiri.

“Memang yang nyeleneh dikit ini yang bungsu, yang kecil. Dia sempat meniduri kambing dan sapi milik tetangga. Kenapa kita bilang agak kelainan karena tidak ada rasa penyesalan. Hanya senyum cengengesan, nggak ada muka menyesal atau merasa malu, merasa berdosa, santai aja. Makanya kita Senin mau melakukan pemeriksaan psikologi, sudah panggil psikolog juga terkait kelakuan tiga pelaku ini,” ucapnya.
(hri/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mengendarai Sepeda Motor dengan Kaki, Bocah Ini Kena Batunya

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki sebutan kids zaman now, beragam aksi berani dan nekat sekaligus nyeleneh saat ini banyak dilakukan bocah kekinian.

Salah satu yang banyak dilakukan ialah aksi berbahaya saat berkendara sepeda motor. Beredarnya anggapan “ga keren ga bawa motor”, menjadikan sejumlah anak di bawah umur sudah berani membawa kendaraan bermotor tanpa didampingi orang tua.

Sayangnya, karena kurang pengawasan orang tua dan kelalaian di jalan, hal ini justru membahayakan nyawa sang anak dan juga pengendara lain.

Selain itu, banyak kasus kecelakaan kerap terjadi karena pengendaranya sering kali melakukan aksi tak masuk diakal, seperti yang dilakukan dua remaja ini.

Sebuah rekaman video yang di-upload akun Instagram @pandeglang.keras, Kamis (21/02/19) menunjukkan aksi berbahaya dua orang bocah dengan sepeda motor yang dikendarai.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bagaimana tidak, pengemudi motor yang harusnya memegang setang dengan kedua tangan justru menggunakan kaki. Bahkan, kedua remaja tersebut terlihat bercanda dan berliuk-liuk.

Akibat aksi tersebut, keduanya kehilangan keseimbangan dan terjauh dari sepeda motornya. Tanpa menggunakan pelindung kepada atau helm,tak diketahui pasti luka yang dialami keduanya.

Saksikan videonya dibawah ini :


5 Cosplay Konyol Low Budget ala Orang Indonesia, Bikin Tepuk Jidat

Liputan6.com, Jakarta Kelakuan orang Indonesia terkadang memang kelewat kreatif bahkan berujung konyol. Banyak hal bisa dijadikan sebagai bahan guyonan atau candaan. Termasuk dalam menirukan sesuatu baik tokoh ataupun karakter yang disebut dengan cosplay.

Banyak orang Indonesia yang hobi pakai cosplay karakter idola mereka. Untuk melakukan cosplay tentunya kamu perlu membeli kostum yang sama agar sesuai dengan karakter tersebut. Tidak lupa riasan agar cosplaymu nampak nyata.

Namun berbeda dengan tingkah laku beberapa orang di bawah ini. Alih-alih karakter animasi yang mereka tiru, melainkan sesuatu yang tidak kamu bayangkan. Pasalnya, mereka cosplay sebagai hewan ataupun benda mati seperti ikan, kipas angin, tatakan gelas atau bahkan alat fogging nyamuk. Ada-ada saja nih kelakuan netizen.

Penasaran bagaimana tingkah laku cosplay nyeleneh ini? Berikut 4 cosplay konyol orang Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai akun Twitter, Selasa (19/2/2019).

2 dari 6 halaman

1. Alat Fogging Nyamuk

Dalam video tersebut, seseorang memegang alat fogging nyamuk. Tidak perlu media yang ribet untuk memunculkan asap fogging. Cukup dengan asap dari vape, sudah seperti alat fogging nyamuk. Tuh lihat, nyamuk-nyamuknya aja pada kabur. Cosplaynya berhasil!

3 dari 6 halaman

2. Kipas Angin Dinding

Biasanya di dinding rumah, kantor ataupun sebuah ruangan terdapat kipas angin untuk membuat udara lebih sejuk. Kali ini akun @bebetclaluceria mencoba cosplay kipas angin dinding. Ia memanjat dinding dan memutarkan kepala layaknya kipas angin, sudah seperti mirip belum? 

4 dari 6 halaman

3. Pengharum Ruangan

Lagi-lagu pria ini membuat netizen tergelak karena aksinya yang kocak. Ya, usai sebagai kipas angin dinding dan alat fogging, pria ini juga cosplay jadi pengharum ruangan. Sudah mirip belum semprotan pengharum ruangannya?

5 dari 6 halaman

4. Ikan

Dalam video tersebut, terdapat seorang pria yang tampak sedang memancing. Pria ini tidak memegang alat pancing ataupun senar pancing. Namun pria tersebut seolah-olah mendapatkan pancingan, dan muncul pria lainnya yang terlihat berenang serta tertarik pancing. Rupanya pria satunya sedang menyerupai ikan yang dipancing, ia pun menggeliat layaknya ikan yang habis kena pancingan.

6 dari 6 halaman

5. Alas Gelas

Selain untuk tatakan, alas gelas juga bisa kamu jadikan cosplay lho. Jika kamu mau, ternyata sangat mudah caranya. Kamu cuma perlu diam saja dan taruh saja gelas di kepalamu. Kamu sudah seperti alas gelas, seperti pria ini.

7 Terjemahan ‘Cemburu’ dari Berbagai Bahasa Ala Netizen Ini Bikin Senyum Miris

Liputan6.com, Jakarta Perasaan cemburu pasti pernah dirasakan oleh sebagian orang, baik anak muda maupun orang dewasa sekalipun. Cemburu sebenarnya merupakan salah satu luapan rasa kasih sayang dengan alasan seseorang yang kita kasihi tak ingin berpaling pada orang lain.

Cemburu biasanya meliputi perasaan yang buruk seperti takut ditinggalkan, sedih, cemas dan marah. Dan biasanya akan berujung pada perasaan curiga dan tak jarang justru mendatangkan konflik. Cemburu memang wajar dirasakan oleh seseorang yang tak ingin kehilangan.

Namun tak banyak orang yang mampu mengungkapkan rasa cemburu itu sendiri. Dirangkum Liputan6.com dari Twitter, Selasa (19/2/2019). Beberapa netizen pengguna media sosial ini sempat membahas terkait cemburu. Dalam pembahasan netizen di Twitter tersebut, menunjukkan rasa cemburu tak hanya melalui bahasa Indonesia saja namun dengan berbagai bahasa.

Uniknya, saat menggunakan bahasa Indonesia para netizen justru menuliskan ‘perasaan cemburu’ yang terkesan kocak dan nyeleneh. Beberapa netizen menggunakan bahasa Inggirs, Prancis, Jerman, Spanyol, Korea dan bahasa Indonesia. Berikut 7 terjemahan perasaan cemburu melalui berbagai bahasa ala netizen di media sosial Twitter.

2 dari 3 halaman

Karena Cemburu Bikin Kesal

1. Cemburu yang membuat kesal jadi cukup sampaiakan dengan satu huruf doang.

2. Cemburu yang berujung marah-marah.

3. Kata-kata andalan setiap orang.

3 dari 3 halaman

Simpel Tapi Cemburu

4. Dibalik kata cie ada cemburu yang terselip

5. Ini kalau sudah kesel banget.

6. Cukup O saja.

7. Kata-kata andalan cewek, Terserah!

Cowok Ini Menyetrika Sambil Nari Layaknya Girlband, Aksinya Nyeleneh Abis

Liputan6.com, Jakarta Kalau disuruh memilih, banyak orang yang lebih memilih mencuci pakaian ketimbang menyetrika. Menyetrika pakaian memang gampang-gampang susah. Banyak orang menyetrika dengan sembarangan sehingga hasilnya tidak halus.

Padahal menyetrika harus mengetahui jenis bahan, ataupun harus memperhatikan suhu, dan sebagainya. Salah menyetrika bisa menyebabkan pakaian rusak.

Mungkin terdengar remeh, nyatanya cara menyetrika baju bisa memengaruhi seberapa awet pakaian yang kamu miliki. Karena cara kamu menyetrika yang salah, kamu malah terpaksa mengeluarkan pengeluaran ekstra untuk baju baru setiap bulannya.

Ya, pekerjaan rumah yang satu ini memang bisa membuat frustrasi. Walau pun menyusahkan, tetapi kamu harus melakukannya agar baju kamu tidak terlihat kusut.

Nah, kalau kamu merasa malas menyetrika karena begitu membosankan, kamu bisa mendengarkan musik yang asyik sambil menyetrika. Bahkan kamu bisa menyetrika sambil berjoget.

Iya, pasalnya dalam sebuah unggahan video, ada seorang pria menyetrika sambil diiringi musik beat. Ia pun menari dengan sepatu high heels dan wig di rambutnya. Layaknya girlband Korea, dia terlihat lincah menari dengan heels tingginya.

2 dari 3 halaman

Videonya bikin geli netizen

Sambil menyetrika ia pun juga melompat dan berlenggak-lenggok ke sana ke mari, tidak lupa ia menyemprotkan pengharum dan menggosok bajunya. Meskipun dalam akhir video ia terjatuh, namun video ini sukses mengocok perut.

Penasaran kan dengan aksi pria ini? Berikut videonya aksi pria nyeleneh ini, yang bisa membuat kamu ketawa lepas. Liputan6.com kutip dari akun Twitter @pengabdipjy, Minggu (17/2/2019).

Waduh, bosan sih memang hilang, alih-alih pekerjaan menyetrika selesai ini malah rusak semua bajunya. Apa kamu tertarik untuk mempraktekkanya?

Video berdurasi 1 menit 18 detik ini, hingga tulisan ini dirilis Minggu (17/2/2019) telah ditonton sebanyak 356 ribu kali dan mendapatkan 10 ribu retweet dan 7 ribu like di linimasa Twitter.

3 dari 3 halaman

Komentar netizen

Akibat aksi nyeleneh pria ini viral, video ini mendapatkan respons dari sejumlah netizen. Banyak netizen yang rupanya menunggu pria ini terjatuh. Waduh, ada-ada saja nih, seperti akun Twitter @Itsmala95 yang menuliskan

“Akhirnya lega nonton ini sampai habis endingnya dia jatuh jugak. Kan seneng” ungkapnya

Ataupun berkomentar “E kispray jatoh, eh rambutnya copot, eh kejengklak, eh rusak semua” tulis akun Twitter @CeeUNah

Bantah Sewa Indomatrik, BPN Prabowo Singgung Hasil Pilgub DKI

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membantah menyewa lembaga survei Indomatrik untuk menguntungkan pihaknya. Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga juga tak mempersoalkan pimpinan Indomatrik, Husin Yazid yang pernah bermasalah di Pilpres 2014 bersama lembaga survei Pusat Studi Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis).

“Saya ingin tegaskan Indomatrik tidak ada hubungan sama sekali dengan BPN Prabowo-Sandi. Karena kami tidak menyewa jasa konsultan atau lembaga survei dari eksternal karena kami menggunakan dari Internal,” kata Andre Rosiade kepada wartawan, Sabtu (16/2/2019).

Indomatrik sendiri diketahui tak masuk dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi). Pihak Persepi menyoroti soal Direktur Riset Indomatrik, Husin Yazid yang pernah bermasalah di Pilpres 2014. Saat itu Yazid merupakan Direktur Eksekutif Puskaptis, lembaga survei yang dituding manipulatif karena hasil quick countnya memenangkan Prabowo-Hatta Rajasa, meleset dari real count KPU yang memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla.


Akibatnya, Puskaptis dikeluarkan dari keanggotaan Persepi. Puskaptis juga dilaporkan ke pihak kepolisian. Kini nama Yazid kembali diperbincangkan sebab hasil survei Indomatrik juga berbeda dengan banyak lembaga survei lainnya. Jelang Pilpres 2019, Indomatrik menyebut elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin hanya terpaut tipis dari Prabowo-Sandiaga Uno, tak sampai 4%.

BPN Prabowo-Sandiaga Uno tak mempermasalahkan track record Yazid di Pilpres 2014. Andre Rosiade mengungkit soal Indomatrik yang hasil surveinya di Pilgub DKI 2017 sesuai, Anies Baswedan-Sandiaga mengalahkan Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

“Mengenai hasil survei yang meleset di Pilpres 2014, kita juga tahu lembaga-lembaga survei yang sekarang menyatakan Pak Jokowi unggul 20% adalah lembaga-lembaga survei yang menyatakan Ahok juga unggul di 2017,” tuturnya.

Andre pun menyebut lembaga-lembaga survei yang hasilnya menunjukkan keunggulan Jokowi sebagai partisan.

“Ternyata mereka semua juga meleset. Sedangkan Indomatrik waktu Pilkada 2017 prediksinya tepat bahwa Anies dan Sandi akan menang, termasuk hasil quick count nya di Pilkada DKI Indomatrik juga tepat. Ini menunjukkan bahwa lembaga-lembaga survei pendukung Jokowi juga pernah salah,” sebut Andre.

Bantah Sewa Indomatrik, BPN Prabowo Singgung Hasil Pilgub DKIFoto: Husin Yazid. (Dok detikcom).

Meski mengaku tak membela Indomatrik, ia kembali mengungkit soal hasil lembaga survei itu yang bisa sesuai dengan real count KPU di Pilgub DKI. Andre juga menyebut salah satu tokoh riset pemilu yang berpindah dari satu lembaga ke lembaga survei lainnya.

“Dan yang publik harus ketahui bahwa lembaga survei yang menyatakan Jokowi menang ini sama dengan lembaga-lembaga survei yang menyatakan Ahok menang,” ujar politikus Gerindra itu.

“Saya tidak ingin membela Indomatrik tapi saya ingin kita objektif saja. Bahwa lembaga-lembaga survei yang menyatakan Pak Jokowi unggul 20% ini adalah lembaga2-lembaga yang sama menyatakan Ahok unggul 20% juga dan faktanya Ahok kalah dan yang benar ini adalah Indomatrik. Saya rasa enggak ada masalah ya. Dulu juga Saiful Mujani ada di LSI sekarang ada SMRC, kan enggak ada masalah,” tambah Andre.

Yazid juga sudah membantah Indomatrik berafiliasi dengan Prabowo-Sandiaga. Senada dengan Andre, Yazid juga menyinggung hasil Pilgub DKI Jakarta 2017.

“Ada 7-9 lembaga survei yang menjadi konsultannya Ahok terdiri dari Lembaga Survei Indonesia, Indikator, Indo Barometer, Charta Politika, SMRC, Vox Populi, dan lainnya yang mengatakan 6 bulan sebelum pilkada sampai H-1 sebelum pencoblosan mengatakan Ahok menang. Dan LSI Denny JA mengatakan Agus menang. Dan tidak terbukti. Apakah ini abal-abal? Apakah ini bisa dipercaya oleh masyarakat?” ungkap Yazid, Sabtu (16/2).

TKN Jokowi-Ma’ruf meragukan kredibilitas hasil suevi ini. Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menuding Puskaptis dan Indomatrik sama-sama bersamalah.

“Antara Puskaptis dan Indomatrik sama saja. Kedua-duanya memiliki rekam jejak bermasalah. Lembaga survei ini seperti ini dapat membodohi rakyat dengan tujuan penggiringan opini dengan motif bisnis. Publik perlu kritis terhadap hasil survei dari lembaga survei yang partisan. Lihat dulu track record lembaga survei tersebut. Sandingkan dengan hasil lembaga survei yang lain. Kalau hasil surveinya nyeleneh sendiri patut diduga lembaga survei tersebut sedang membangun framing politik,” urai Ace.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kumpulan Video Traveling Nyeleneh ala Warganet, Efek Tiket Pesawat Mahal

Liputan6.com, Jakarta – Pergi berlibur tentu menjadi hal yang kerap dilakukan orang untuk menghilangkan jenuh dari rutinitas sehari-hari. Ya, berlibur biasanya dilakukan untuk melepas penat dari pekerjaan maupun sekolah. Sayangnya tak semua orang bisa dengan mudah pergi berlibur setiap saat.

Hal tersebut tentunya lantaran perlu biaya yang tak sedikit. Terlebih lagi bagi mereka yang hendak pergi berlibur menggunakan pesawat terbang. Harga tiket pesawat terbang memang terbilang tak murah, makanya banyak orang yang harus menabung terlebih dahulu.

Namun, rasa ingin pergi berlibur yang sangat tinggi membuat banyak orang melakukan hal nyeleneh. Seperti deretan video traveling halu ala warganet ini. Dalam video yang banyak beredar di media sosial mereka seolah-olah sedang berada di dalam perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

Salah satu videonya juga sedang menjadi viral yaitu tutorial wanita naik pesawat jet pribadi dengan budget rendah. Awalnya wanita tersebut memang terlihat sedang menikmati pemandangan dari jendela jet pribadi, namun nyatanya wanita tersebut sedang berada di sela kursi plastik.

Nah, berikut deretan video traveling halu ala warganet yang bikin kita pengen liburan.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Tutorial naik jet pribadi dengan budget rendah

3 dari 4 halaman

Ini juga enggak kalah fancy, tapi akhirnya…

4 dari 4 halaman

Liburan dulu ya

Top 3: Potret Tulisan Nyeleneh di Belakang Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Ada saja hal lucu ketika tengah berada di perjalanan. Selain tingkah para pengendara yang menjadi perhatian, namun juga kendaraan yang digunakan. Segelintir orang memilih menempelkan beragam stiker di belakang kendaraan mereka. Uniknya, stiker-stiker yang ditempelkan memiliki pesan super nyeleneh hingga membuat pengendara lainnya gagal fokus saat di jalan.

Artikel tentang tulisan kocak di belakang mobil menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang Hotman Paris siap beri uang untuk guru SMP di Gresik yang diancam siswa. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang cara nyeleneh orang hadapi masalah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Potret Tulisan Kocak di Belakang Mobil, Bikin Fokus Buyar Saat Berkendara

Sudah semestinya para pengendara memperhatikan jalan dengan serius ketika berkendara. Namun ada beberapa hal yang ternyata bisa mengaburkan fokus kita saat berkendara. Contohnya tulisan ataupun stiker super kocak yang ditempatkan di bagian belakang mobil.

Tentu bagi pengendara lain yang melihat tulisan kocak, momen tersebut pasti membuat tertawa hingga tak lupa untuk memotretnya. Selain bikin ngakak, ada juga beberapa tulisan yang terasa menohok diri kita sendiri. 

Selengkapnya…

2 dari 3 halaman

2. Bantu Guru SMP di Gresik yang Diancam Siswa, Hotman Paris Siap Beri Uang dan Baju

Dunia pendidikan kembali heboh dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan aksi tindak kekerasan siswa terhadap seorang guru. Video yang berdurasi 25 detik ini terjadi pada Sabtu, 2 Februari 2019 dan melibatkan seorang siswa berinisial AA (15) dan guru IPS bernama Nur Khalim (30). Kejadian ini berlangsung di SMP PGRI Wringinanom, Gresik, Jawa Timur.

Selengkapnya…

3 dari 3 halaman

3. 12 Cara Nyeleneh Orang Hadapi Masalah, Bikin Gagal Paham

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menemui berbagai masalah atau hambatan dalam menjalani aktivitas, bukan? Oleh sebab itu, orang-orang berusaha mencari cara atau solusi untuk mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

Selengkapnya…

12 Cara Nyeleneh Orang Hadapi Masalah, Bikin Gagal Paham

Liputan6.com, Jakarta – Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menemui berbagai masalah atau hambatan dalam menjalani aktivitas, bukan? Oleh sebab itu, orang-orang berusaha mencari cara atau solusi untuk mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

Namun cara yang dipilih bisa berbeda-beda, ada yang masuk diakal dan juga tidak. Seperti sejumlah orang ini misalnya, mengatasi masalah dengan cara nyeleneh yang malah bikin kita gak habis pikir.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini potret recehnya orang-orang saat cari solusi untuk mengahadapi masalah. Cara orang-orang ini jangan sampai ditiru kecuali untuk lucu-lucuan saja ya.

1. Bisa menghilangkan gerah ya?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 12 halaman

2. Kedinginan? Ya pakai selimutlah

3 dari 12 halaman

3. Malah bikin rusak ponselnya

4 dari 12 halaman

4. Sebuah tutorial mengupas kulit durian

5 dari 12 halaman

5. Sambil menyelam, minum air

6 dari 12 halaman

6. Berisik banget nih

7 dari 12 halaman

7. Saking kepengen punya ayam

8 dari 12 halaman

8. Cara bikin pisang cepat matang

9 dari 12 halaman

9. Sampai tahun depan juga enggak bakal penuh

10 dari 12 halaman

10. Buang-buang tenaga saat banjir

11 dari 12 halaman

11. Airnya cuma cukup memadamkam api cemburu

12 dari 12 halaman

12. Ketika alat tulismu hilang