Data Soal Produksi Beras dan Jagung Dinilai Memuaskan

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai telah cukup berhasil membenahi tata kelola informasi produksi pertanian dibandingkan era sebelumnya.

Demikian dikemukakan anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip, Sabtu (16/8/2019).

Urip menuturkan, penataan informasi pertanian itu terbukti dengan ketegasan Presiden Joko Widodo mengembalikan segala sumber datanya kepada Badan Pusat Statistik (BPS).

“Misalnya data beras, kan tetap stoknya lebih. Perbedaannya kan cuma hitungan kuantitasnya sebelum disampaikan resmi oleh BPS,” ucap Urip.

Menurut Urip, kalaupun terjadi selisih akurasi jumlah ketersediaan beras nasional, lebih kepada aspek teknis menyangkut metodologi perhitungan di lapangan saja.

Namun untuk yang pembahasan substantif terkait ketersediaan serta hasil produksinya, secara nyata telah terbukti memuaskan dengan surplus beras di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Yang terjadi kan sudah lama sebelum pemerintahan Joko Widodo banyak data, ternasuk pertanian, tidak terungkap jelas. Justru sekarang kita semua tahu,” ujar Urip.

Oleh sebab itu, Urip menampik tudingan bahwa pada masa pemerintahan Joko Widodo terjadi kesemrawutan data pertanian subsektor beras.

“Pikiran keliru kalau mengatakan data pertanian, seperti beras, tidak akurat. Sekarang kan justru semua transparansi informasi datanya,” kata Urip.

Sedangkan Dekan Fakultas Pertanian IPB Suwardi menyoroti mengenai pembahasan impor jagung yang menjadi polemik beberapa waktu lalu.

Suwardi mengungkapkan, data produksi jagung memang menunjukkan surplus. Kendati begitu, bukan jaminan bahwa surplusnya stok jagung mampu memenuhi segala kebutuhan konsumsi nasional.

2 dari 2 halaman

Kendala Distribusi

Dia berpendapat, ada faktor distribusi yang dapat saja menjadi kendala. Sedangkan kebutuhan jagung, misalnya untuk pakan ternak, memerlukan kuota amat besar dan cepat.

“Distribusi memerlukan waktu dan juga harga mungkin lebih mahal dari pada impor. Ini kebutuhan khusus yang mungkin perlu impor. Jadi impor untuk tujuan tertentu bisa diperlukan supaya industrinya baik,” kata Suwardi.

Sementara itu, pengamat ekonomi pertanian IPB Adi Hadianto beranggapan, impor pangan strategis seperti beras dan jagung dapat saja merupakan cara harus dilakukan pemerintah untuk memenuhi permintaan ketika pasokan dalam negeri tidak cukup. 

Sebelumnya, calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan pasangannya Sandiaga Uno mulai kerap mengkritik pemerintahan Joko Widodo jelang debat calon Presiden kedua tanggal 17 Februari yang membahas energi, pangan, infrastruktur, SDA dan lingkungan.

Untuk sektor pertanian, Prabowo dan Sandiaga mengatakan bahwa pemerintah tak mempunyai data akurat sehingga gemar impor pangan, seperti beras dan jagung yang padahal disebutkan surplus.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Inspirator Pelestarian Lingkungan, Pemkot Bitung Resmikan Monumen Alfred Russel Wallace   

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bitung beserta segenap elemen masyarakat pencinta lingkungan, menyelenggarakan kegiatan perayaan 100th Natuurmonument Goenoeng Tangkoko Batoeangoes pada tanggal 20 – 21 Februari 2019, bertempat di lapangan Singkanaung – Kampung wisata Batuputih. Kegiatan perayaan dikemas dalam berbagai kegiatan tontonan yang penuh tuntunan yang terdiri dari Workshop masyarakat & Komunitas, Talkshow, Pameran dan Konser Musik Alam.

Kegiatan talkshow akan menampilkan narasumber ahli diantaranya : Harry Hisler – UK; Dou Van Hoang – Vietnam ; Khouni Lomban Rawung dan Rahmi Handayani yang akan mengupas terkait pendekatan kampanye dan pelestarian lingkungan hidup melalui berbagai perspektif yang berbeda.

Kegiatan pameran akan melibatkan 24 komunitas lingkungan dan pariwisata yang bersama sama akan melandasi pengembangan kampung wisata Batuputih sebagai kampung wisata berbasis konservasi. Musisi Nugie dan Tanita bersama The early bird, lamp of bottle, jarank pulang dan 4play akan menyajikan konser alam yang mengajak seluruh pengunjung menghargai dan merawat alam melalui alunan musik.

Sebagai puncak kegiatan, akan diresmikan monumen Alfred Russel Wallace sebagai sosok inspirator dalam gerakan pemuliaan lingkungan bertempat di dalam Taman Wisata Alam Batuputih dan Batuangus. Monumen ini juga sekaligus menjadi simbol keunikan satwa endemik di Sulawesi serta menjadi peringatan bahwa mengkonsumsi satwa liar asli secara berlebihan bisa berujung pada kepunahan. Pada acara ini akan dihadir bapak Paul Smith OBE, Country Director British Councill Indonesia sebagai perwakilan negara sahabat.

Kota Bitung merasa bangga karena sejak kunjungan Wallace hingga hari ini, Batuputih mampu menarik para ilmuwan dan pelajar dari seluruh belahan dunia untukmempelajari keunikan dan kekayaan serta keanekaragaman hayati Sulawesi Utara di Tangkoko. Kehadiran monumen ini diharapkan dapat melindungi dan menghormati warisan alam kita sampai ke generasi yang akan datang.

Walikota Bitung, Max Lomban menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan keteladanan para pendahulu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, namun juga turut mendorong percepatan pembangunan pariwisata di kawasan Batuputih. Akan turut diluncurkan paket wisata “Jelajah Tangkoko” sebagai paket unggulan bagi para wisatawan untuk dapat menjelajahi keunikan alam dan budaya di kawasan Tangkoko.

Hutan Tangkoko-Batuangus

Hutan Tangkoko-Batuangus, merupakan salah satu hutan konservasi tertua di Indonesia yang ditetapkan melalui surat keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda pada tahun 21 Februari 1919. Pada tanggal 24 Desember 1981, kementrian pertanian Republik Indonesia merubah status Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus seluas 1.250 Ha menjadi Taman Wisata Alam Batuputih (615 Ha) dan TWA Batuangus (635 Ha).

Sesuai dengan penetapan awalnya, tujuan pengelolaan kawasan ini adalah untuk perlindungan dan pelestarian satwa endemik, dan kegiatan wisata. Dalam perkembangannya, cagar alam Gunung Tangkoko-Batuangus mengalami perubahan berdasarkan SK Mentri Kehutanan RI No SK/1826/Menhut-VIII/KUH/2014 tentang penetapan kawasan hutan pada kelompok hutan Dua saudara seluas 8.5045.07 Ha. Kawasan ini terdiri dari Cagar Alam Dua Saudara (7.247,46 Ha) TWA Batu putih (649 ha), TWA Batuangus ( 648.57 Ha)

Terlepas dari penamaan yang berganti, dunia tetap mengenal kawasan TANGKOKO sebagai salah satu laboratorium hidup dengan tempat keragaman ekologi yang menawan. Adalah Alfred Russel Wallace, seorang naturalis berkebangsaan Inggris yang memulai perjalanan dan pengamatannya dengan meneliti fauna di kepulauan Indonesia bagian timur. Hasil pengamatannya dituliskan dalam sebuah buku bertajuk “THE MALAY ARCHIPILAGO”. Sebuah buku yang menginspirasi jutaan generasi setelahnya tentang kekayaan biogeografi untuk sekelompok pulau yang dipisahkan oleh selat yang dalam yang memisahkan lempeng ASIA dan AUSTRALIA”.

Sepak Terjang Alfred Russel Wallace

Alfred Russel Wallace dikenal sebagai penemu teori evolusi melalui seleksi alam dan membuat tulisan bersama Charles Darwin yang membahas subjek tersebut. Beliau dianggap sebagai “Bapak dari Biogeografi”- sebuah studi mengenai distribusi secara geografi dari flora dan fauna.

Alfred Russel Wallace yang lahir pada 8 Januari 1823 dan meninggal pada 7 November 1913) adalah seorang naturalis, ahli biologi, penjelajah, geografer dan antropolog dari Britania Raya. Ia paling dikenal akan pemahamannya tentang teori evolusi melalui seleksi alam. Tulisannya yang membahas tentang subjek tersebut diterbitkan bersamaan dengan beberapa tulisan Charles Darwin pada tahun 1858. Hal ini mendorong Darwin untuk mempublikasikan gagasannya sendiri dalam bukunya yang berjudul “Origin of Species”(Asal Usul Spesies).

Wallace banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di lembah Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara),termasuk Celebes (Sulawesi). Observasinya yang tajam menyoroti keunikan dari biogeografi Sulawesi.

Di Indonesia, Wallace mengidentifikasi pembagian flora dan fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Garis tak kasat mata ini melintang melewati di antara Bali dan Lombok ke arah utara di antara Borneo dan Sulawesi. Garis Wallace membagi kepulauan Indonesia menjadi dua bagian flora dan fauna yang berbeda, bagian barat terdiri dari fauna yang berasal dari Asia (primata, macan, harimau, gajah, badak, dsb) dan bagian timur terdiri dari fauna asal Australia (kakaktua, perkici, cendrawasih, marsupial, dsb).

Garis Wallace dan batasan biogeografi antara Papua dan Maluku kini didefinisikan sebagai area ekologis yang dikenal sebagai Wallacea. Wallacea dideskripsikan sebagai zona dengan persilangan flora dan fauna yang unik antara Asia dan Australia. Zona ini terdiri dari Sulawesi dan Kepulauan Maluku bagian utara, dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian selatan.

Sekarang ini, zona tersebut dianggap sebagai salah satu dari titik dengan keanekaragaman hayati yang terkaya di dunia, dimana spesies baru yang bahkan belum pernah ditemukan oleh peneliti sebelumnya masih bermunculan sampai hari ini. Dalam sejarah taksonomi, penamaan spesies hewan berdasarkan nama Wallace jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan nama-nama yang lain.

Wallace melakukan perjalanan ke wilayah Minahasa dari bulan Juni sampai September 1859. Ia mengunjungi Batu putih selama seminggu pada pertengahan September tahun 1859 untuk mencari spesimen Maleo – burung endemik Sulawesi – sebagai bahan koleksi di museum sejarah alam di Inggris. Populasi Maleo di Batuputih sekarang sudah punah karena telur-telur mereka diambil oleh masyarakat untuk dikonsumsisecara berlebihan. Namun sampai saat ini sebagian masyarakat masih mengingat tempat bersarang Maleo yang terletak di sepanjang garis pantai ini di masa lampau.

Wallace mencatat bahwa masyarakat setempat biasanya berjalan sejauh 50 km untuk mengumpulkan telur Maleo di Batuputih, sebuah desa nelayan yang didirikan oleh warga keturunan Kepulauan Sangihe-Talaud. Burung Maleo, termasuk sarang dan telur mereka, kini sudah dilindungi hukum Republik Indonesia.

35 tahun setelah kunjungan Wallace, seorang Belanda ahli botani Dr. Sijfert Koorders melakukan survei di hutan Minahasa secara ekstensif pada tahun 1894-1895,tetapi ia sendiri tidak sempat mejelajahi Tangoko. Beliau sudah mempelajari publikasi dari Wallace dan mereka berdua surat-menyurat menggenai beberapa hal. Koorders juga sempat memberi nama sekelompok pohon di Sulawesi Wallaceodendron, sebagai tanda untuk menghormati Wallace. Dr. Koorders menjabat sebaga iketua Perkumpulan Perlindungan Alam Hindia Belanda (Nederlandsch-Indische Vereeniging tot Natuurbescherming), yang mengusulkan beberapa kawasan konservasidi Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Papua. Meskipun Koorders tidak pernah survei hutannya sendiri, “Goenung Tongkoko-Batoeangoes” di resmikan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai cagar alam pada 1919 karena memiliki “nilai ilmiah” berdasarkan flora dan fauna (Anoa, Babirusa dan Maleo).

Wallace sangat terpukau dengan Sulawesi karena keunikan formasi geologinya yang terbagi atas dua kawasan ekologi. Berdasarkan penelitiannya terhadap burung, serangga, mamalia, tumbuhan dan biota lainnya, ia bisa menjelaskan secara detail mengenai apa yang disebutnya sebagai “anomali dan eksentriknya sejarah alam di Sulawesi” Kata beliau, Sulawesi merupakan “..pulau yang kaya akan makhluk yang khas, banyak keistimewaan dan keindahan… sejumlah fauna disini begitu luar biasa dan tidak ada duanya di belahan dunia yang lain”

Sulawesi adalah satu-satunya wilayah di Asia yang mempunyai baik primata (seperti ragam spesies tarsius dan macaca) dan marsupial (seperti ragam spesies kuse kerdil dan kuskus beruang). Kita bisa melihat apa yang menjadi inspirasi di balik konsep biogeografi Wallace dan evolusi dari seleksi alam: “Maka dari itu, Sulawesi menunjukkan kepada kita bukti nyata mengenai pentingnya kita mempelajari distribusi geografis fauna.”


(*)

Optimis Menang, Ma’ruf Amin Targetkan 70 Persen Suara di Jawa Barat

Jakarta – Barisan Nusantara (Barnus) melantik pengurusnya untuk menggerakkan pemenangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jawa Barat. Mendapat dukungan Barnus, Ma’ruf optimistis bisa meraup suara 70 persen di Jawa Barat.

“Saya ingin sampaikan terima kasih karena Barnus Jabar dengan seluruh pengurus DPC Jawa Barat telah menyatakan dukungannya kepada paslon nomor 01. Karena itu saya yakin dengan dukungan Barnus, calon capres no 01 akan memenangkan pilpres di Jawa Barat,” ujar Ma’ruf dalam sambutannya di gedung Cimahi Convention Hall, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/2/2019).

“Karena itu minimal menangnya di Jawa Barat harus 70 persen. Sanggup atau tidak? Yakin atau tidak? Pasti atau tidak? Ini harus dipegang, minimal 70 persen,” sambungnya.


Ma’ruf yakin Barnus dapat menaikkan elektabilitasnya lantaran gerakan itu sudah didukung oleh 11 komunitas di Jawa Barat. Sehingga, lanjutnya, dapat menaikkan suara Jokowi yang diketahui kalah pada tahun 2014.

“Tahun 2014 Jokowi kalah di Jawa Barat, betul? Apa tahun 2019 mau kalah lagi? Mau kalah apa tidak? Pasti menang, karena itu 2019 harus menang. Dengan Barnus yang terkonsolidasi di Jabar dan didukung oleh 11 komunitas, maka elektabilitas 01 akan naik lagi. Sekarang sudah di 53 persen, kita harapkan akan naik terus, kalau bisa sampai 70 persen,” ucapnya.

Terlebih lagi jelas Ma’ruf, pihaknya didukung oleh 10 partai besar, lalu ia juga menyinggung seluruh capaian pada pemerintahan Jokowi. Ia pun menegaskan agar seluruh relawan dapat memanfaatkan potensi itu untuk menarik suara.

“Pak Jokowi bukan hanya janji tapi sudah bukti nyata, makanya pantas menang. Nah ini saya bilang banyak hal ya, tapi semua itu kalau kita tidak mampu mengonversi potensi yang kita miliki tidak ada artinya kalau kita tidak bisa konversi jadi elektabilitas,” tuturnya.
(eva/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Jokowi Nilai Pidato Kebangsaan Prabowo Klise dan Tanpa Solusi

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menilai pidato kebangsaan yang disampaikan oleh capres Prabowo Subianto klise dan tidak menawarkan solusi. Materi pidato yang dipaparkan Prabowo di Semarang, Jawa Tengah juga disebut minim substansi.

“Pidato kebangsaan Prabowo di Semarang kembali mempertontonkan seperti biasa: penuh retorika, klise dan tanpa solusi. Prabowo menyampaikan akan menurunkan harga pangan tapi tak menjelaskan bagaimana cara menurunkan harga pangannya tersebut. Apa yang disampaikannya tidak ada substansi yang mendalam dan solutif,” kata jubir TKN, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Sabtu (16/2/2019).

Ace kemudian menyoroti isi pidato Prabowo tentang uang Indonesia yang lebih banyak beredar di luar negeri. Secara tidak langsung, menurut Ace, Prabowo sedang memuji kinerja Jokowi atas program tax amnesty.

“Prabowo mengatakan uang Indonesia banyak ke luar negeri tapi mengakui adanya program yang spektakuler dari Pak Jokowi tentang tax amnesty,” imbuh dia.

Hal lain yang disorot Ace adalah keinginan Prabowo untuk menurunkan harga pangan. Menurut Ace, tindakan nyata justru sudah dilakukan Jokowi dengan membuat harga stabil dalam empat tahun pemerintahannya.

“Prabowo mengatakan soal harga pangan akan dia turunkan, tapi tak jelaskan bagaimana cara menurunkannya. Padahal pemerintahan Jokowi telah mampu menstabilkan harga dengan sangat baik yang terbukti dengan angka inflasi yang sangat rendah selama 4 tahun terakhir ini,” papar dia.

Ace lalu menyinggung soal strategi firehood of falsehood. Bagi Ace, pidato Prabowo seolah-olah paradoks sebab di awal menyatakan tidak pesimis tetapi di bagian akhir pidato, Prabowo menyinggung soal negara hancur.

“Substasinya lebih banyak menyampaikan kecemasan seperti membenarkan strategi firehood of falsehood dengan mengatakan bahwa Indonesia seperti badan yang sakit. Padahal apa yang dikatakannya sakit, tak jelas. Apanya yang sakit? Semua baik-baik saja,” tuturnya.

“Apalagi di saat pidato penutupan Prabowo mengatakan lebih baik hancur daripada dijajah kembali? Ini sebuah paradoks. Di awal mengatakan tidak pesimis, tetapi di akhir bilang hancur. Ini mengulangi kembali narasi pesimismenya,” sambungnya.

Karena itu, Ace menegaskan tak ada hal yang baru dari pidato kebangsaan Prabowo. Menurut Ace, Prabowo justru kembali memperlihatkan kecemasan kepada rakyat.

“Dari apa yang disampaikan Prabowo dalam pidato kebangsaannya, tidak ada yang baru. Tak ada tawaran program yang konkret dan solutif. Kembali mempertontonkan kecemasan untuk meraih simpati. Tapi gagal memberikan tawaran yang dapat meyakinkan rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan pidato kebangsaannya tentang swasembada energi pangan dan air. Prabowo berbicara tentang badan Republik Indonesia yang disebutnya tengah sakit.

“Saudara-saudara sekalian, kita tadi mendengarkan masukan-masukan, temuan-temuan tentang kondisi yang dihadapi oleh bangsa kita saat ini dan sudah berapa kali saya sampaikan bahwa kalau kita ingin dengan jujur, dengan realistis, dengan berani untuk meneliti diri kita sendiri, meneliti badan kita sendiri,” kata Prabowo di Semarang, Jumat (15/2/2019).

Prabowo juga bicara banyak hal mengenai kondisi bangsa. Mantan Danjen Kopassus ini berjanji mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

“Demikian yang ingin saya sampaikan, para pakar rela berjuang dengan keahlian masing-masing, kita akan mencari solusi-solusi dari masalah-masalah kesulitan-kesulitan bangsa kita. Insyaallah kita akan mencapai, kita yakin Indonesia menang,” kata Prabowo.
(knv/aud)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pornografi Bikin Disfungsi Ereksi?

Liputan6.com, Jakarta Disfungsi ereksi biasanya memang tidak hanya diakibatkan oleh satu penyebab saja. Namun, studi tentang keterkaitan kondisi tersebut dengan melihat pornografi banyak dilakukan dan menuai beragam tanggapan.

Mengutip Medical News Today pada Jumat (15/2/2019), beberapa organisasi mendukung gagasan tersebut. Sebuah studi tahun 2016 yang ditulis oleh Gary Wilson dari organisasi Your Brain on Porn mengklaim bahwa banyak pria yang mencari pertolongan karena disfungsi ereksi, akibat efek desensitisasi dari pornografi “hardcore.”

Studi itu berpendapat bahwa pornografi mungkin diperlukan untuk meningkatkan rangsangan seksual untuk merasa tetap terangsang. Namun, artikel itu menyatakan bahwa hal itu bisa menurunkan kepuasan pria terhadap tubuh mereka sendiri, memicu kecemasan saat berhubungan seks.

Wilson menyatakan bahwa penggunaan pornografi bisa mengubah cara otak bereaksi terhadap rangsangan. Membuat pria merasa tidak terlalu terangsang oleh pasangan di kehidupan nyata.

Namun, studi ini menimbulkan bias. Beberapa penelitian lain menemukan lemahnya hubungan antara pornografi dengan disfungsi ereksi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pornografi mungkin bisa menjadi penyebab kasus disfungsi ereksi, namun bukan satu-satunya faktor.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tidak ada bukti ilmiah

Para pakar lain menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan terjadinya disfungsi ereksi akibat pornografi.

“Ada tiga studi laboratorium yang menunjukkan bahwa menonton film seks tidak berhubungan dengan fungsi ereksi,” kata perusahaan riset seks di Los Angeles bernama Liberos, Dr Nicole Prause sepeti dikutip dari Health24.

“Para terapis secara harfiah membuat gagasan bahwa ini terhubungan pada pasien mereka,” tambah Prause.

“Dalam pengalaman klinis saya, saya tidak menemukan porno sebagai penyebab langsung (kelainan ereksi, ejakulasi dini, dan ejakulasi tertunda),” kata psikoterapis Ian Kerner.

Kerner mengatakan bahwa mungkin, pornografi bisa memberikan Anda harapan yang tidak realistis tentang seks dan bisa menimbulkan kecemasan. Namun, seringkali hal tersebut dikesampingkan dan orang menyalahkan pornografi.

“Saya belum melihat penelitian yang baik untuk menunjukkan bahwa porno entah bagaimana, mengembalikan otak laki-laki menjadi disfungsi seksual,” kata Kerner.

Kerner mengatakan, salah satu yang membuat disfungsi ereksi kemungkinan adalah stimulus tertentu saat masturbasi. Ada jenis tekanan dan gesekan yang sulit ditiru saat berhubungan seks. Sehingga, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk memberikan orgasme pasangan.

“Ini akan menjadi masalah masturbasi, bukan porno, dan lebih mudah diselesaikan,” kata Kerner.

Mitos Atau Fakta, Tangkur Buaya Bikin Pria Ganas di Atas Ranjang

Liputan6.com, Purwokerto – Seorang kawan mengarahkan saya untuk membelokkan kendaraan ke sebuah sudut di Kota Purwokerto. Dia bilang, di toko obat tradisional itu, mungkin masih ada tangkur buaya, kelamin buaya jantan yang konon berkhasiat meningkatkan vitalitas pria.

Sedikit malu-malu, kami pun bertanya apakah ada stok tangkur buaya di toko itu. Si pelayan toko, yang kebetulan perempuan, tersenyum. Tapi lantas menggeleng.

“Tidak ada. Kalau dulu ada,” ucap dia.

Pencarian tangkur buaya kemudian berlanjut di internet. Inilah jalan pintas yang kebanyakan digunakan saat dunia nyata buntu. Maka terpampanglah berderet-deret iklan obat kuat lelaki, obat oles untuk kejantanan pria dan lain sebagainya.

Ada satu nomor telepon yang tersanding. Maka, saya pun menghubunginya.

Tetapi, kembali saya dibuat kecewa. Responnya pun berbelit-belit. Di seberang sana, orang yang mengiklankan tangkur buaya dengan harga Rp200 ribu itu mengaku tangkur buaya itu bukan miliknya, melainkan temannya.

Dan si teman, sudah lama tak berhubungan. Kembali buntu.

Saya lantas teringat dengan seorang kawan, pemilik penangkaran buaya berizin satu-satunya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namanya, Fatah Arif Suyanto. Saya memanggilnya Mas Yanto, terkadang Mas Fatah.

“Saya percaya kalau sebagian besar orang (yang belum pernah mencobanya) rata-rata percaya hal tersebut. Sebab di semua artikel media bacaan hanya ada keterangan membenarkan hak tersebut,” ucap Yanto, saat ditanya apakah ia percaya khasiat tangkur buaya untuk meningkatkan vitalitas pria.

Tetapi, sebagaimana misteriusnya fosil hidup zaman Dinosaurus ini, Yanto pun meyakini ada sisi-sisi tubuh buaya yang bermanfaat bagi manusia. Sebabnya, bangsa buaya mampu bertahan hidup berjuta-juta tahun. Ini tentu berbeda saudara tuanya, spesies lain sezaman yang akhirnya punah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Pawang Buaya: Antara Mitos dan Fakta Khasiat Tangkur Buaya

Namun, ia sendiri mengaku belum pernah mencoba. Karenanya, ia tak bisa memastikan apakah tangkur buaya memang benar berkhasiat atau tidak.

Yanto, yang juga pawang buaya berlisensi ini mengakui, di komunitasnya pernah ada perbincangan soal tangkur buaya jantan. Namun, informasinya yang berkhasiat adalah kelamin buaya jantang yang mati karena usia.

Artinya, tangkur buaya yang didapat dari peternakan atau tangkapan alam yang buaya dibunuh, tak berkhasiat apa pun. Hanya saja, secara ilmiah, itu pun tak pernah dibuktikan.

Sedangkan di Indonesia, buaya tua yang mati secara alamiah mesti dilaporkan. Seluruh bagian tubuhnya diperiksa sehingga tak memungkinkan untuk mengambil bagian tubuh yang terkecil sekalipun, apalagi kelaminnya.

“Biasanya ada proses verbal hukum. Tidak ada yang sempat mengambil tangkur, kalaupun diambil mngkin tidakk bisa tahu persis cara pneggunaannya,” kata Yanto lagi.

Ia menganggap fenomena tangkur buaya yang dipercaya meningkatkan vitalitas pria telah bercampur antara fakta dengan mitos. Sebab, rata-rata pembelinya adalah orang yang belum pernah mencoba.

Celakanya, terkadang, ada obat-obatan tradisional atau jamu tertentu yang memasang foto tangkur buaya yang disebut sebagai salah satu bahannya. Padahal, belum tentu juga di dalam obat itu terkandung zat yang berasal dari kelamin buaya jantan.

“Obat-obatan vitalitas biasanya dijual kepada konsumen yang punya khayalan seksual berlebihan. Hanya menguntungkan si penjual,” Yanto menarik kesimpulan.

3 dari 3 halaman

Salah Kaprah Penyebutan Tangkur Buaya Versi Pengobatan Tradisional

Penjelasan lebih gamblang soal tangkur buaya dikemukakan oleh Kepala Laboratorium Biologi Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Dr Diniatik. Ternyata, ada perbedaan tangkur buaya versi pengobatan tradisional dengan tangkur buaya versi awam.

Dalam versi pengobatan tradisional, tangkur buaya yang dimaksud adalah hewan sejenis ikan laut dari keluarga Syngnathoides ordo Solonichtyes, dengan nama latin Syngnathoides biaculoatus. Sepintas lalu penampakannya mirip dengan kuda laut.

Hewan ini lah yang masuk dalam daftar bahan obat tradisional Tiongkok dan banyak diteliti secara ilmiah. Dari berbagai literatur, tangkur buaya atau Syngnathoides biaculoatus itu mengandung banyak asam amino.

Tentu saja, asam amino bermanfaat untuk kesehatan, Akan tetapi, dalam penelitian-penelitian yang telah dilakukan itu tak ada satu pun yang mengarah secara spesifik ke kemampuan seksual.

“Misalnya steroid, alkaloid atau afrodisiak. Itu belum ada,” ucap Diniatik.

Kandungan hewan laut yang disebut itu hanya bersifat tonikum, atau penambah stamina. Bisa dikonsumsi segar, berbentuk olahan, atau dibuat tablet dan kapsul.

Berbeda dengan tangkur buaya yang hewan laut yang banyak dipublikasikan secara ilmiah, tangkur buaya kelamin buaya jantan sulit ditemukan. Yang ada, adalah publikasi penelitian pengobatan dengan memanfaatkan sampel organ dalam buaya.

“Ini penelitian yang saya dapat tentang aktivitas antiamuba dan antitumor dari lisat organ jantung dan organ kandung empedu dari buaya crocoadylus palustris,” dia menerangkan.

Dan ampel yang diambil pun bukan lah testis buaya, melainkan darah buaya. Dan itu diperkuat banyak artikel penelitian tentang antikanker dari Crocodylus siamensis.

Soal pemanfaatan tangkur buaya sebagai penambah vitalitas, Dini justru memperingatkan kemungkinan munculnya toksin atau racun. Pasalnya, bahan tersebut berasal dari benda hidup yang telah mati.

Kalau pun ada zat yang efektif untuk meningkatkan stamina atau vitalitas, ia tak yakin metode yang digunakan, seperti merendam tangkur buaya dalam air dan minyak, mampu mengikat senyawa yang diperlukan.

“Menurut saya masih perlu penelitian lagi,” dia menambahkan.

Identik dengan Drakula, Ternyata Transylvania adalah Kota yang Ramah

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mengira bahwa Transylvania adalah tempat fiksi. Namun, Translyania adalah daerah pegunungan yang nyata adanya. Transylvania adalah sebuah kota yang terletak di barat Rumania. Kota ini terkenal dengan legenda asal mula Count Dracula yang terdapat sebuah kastil tua sebagai Kastil Drakula atau disebut Kastil Bran.

Selain identik dengan vampir dan drakula ternyata kota Transylvania dekat dengan hutan Hoia Baciu yang menurut legenda dikenal dengan hutan paling seram di dunia.

Sehingga banyak orang yang menganggap bahwa kota Transylvania sarat dengan kesan seram dan tempat yang mengerikan.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (12/2/2019) dari Boredpanda, seorang fotografer, Aurel Paduraru, pergi ke kota Transylvania dan berharap untuk mendapatkan jepretan foto drakula di sana. Sampai di kota Trasylvania, ia justru mendapati bahwa kota tersebut jauh dari kesan menyeramkan.

2 dari 8 halaman

Penduduk Transylvania yang Bahagia

Di sana, ia menemukan kehidupan yang kontras dengan ‘ke-identik-kan” Transylavania yang seram. Ia menyadari orang-orang di sana memang memiliki kehidupan yang tak banyak memiliki kekayaan, namun kehidupan mereka lebih bahagia dari lainnya.

“Saya mengambil foto beberapa pemandangan menakjubkan yang dapat ditemukan di seluruh wilayah, sehingga anda dapat melihat bahwa disini masih ada tempat di masa lalu,” tulisnya dikutip dari Boredpanda.

Ketenaran Transylvania yang mulai dibawa ke dalam film Hollywood, membuat kota ini kerap dikunjungi orang-orang yang penasaran. Kepopuleran film Dracula dan Van Hellsing serta beberapa judul film kartun lainnya menjadi daya tarik.

Penduduk di sana menjadi lebih terbuka dan bergantung pada wisatawan asing yang datang. Keramahan penduduk Transylvania membuat pemerintah setempat menjadikan kawasan tersebut objek wisata.

3 dari 8 halaman

1. Potret keindahan rumah penduduk di Transylvania

4 dari 8 halaman

2. Seorang anak dengan seekor anjingnya

5 dari 8 halaman

3. Peternakan domba di desa

6 dari 8 halaman

4. Penduduk yang membuat cindera mata khas Transylvania

7 dari 8 halaman

5. Peternakan sapi di desa

8 dari 8 halaman

6. Keramahan penduduk Transylvania

Alasan Ilmiah Berbelanja Bisa Atasi Rasa Sedih Hingga Kiat Ampuh Amankan Isi Dompet

Liputan6.com, Jakarta Suasana hati manusia tiap harinya selalu berbeda-beda. Seperti roda yang berputar, terkadang hari ini perasaan hati sedang bahagia. Namun, di hari berikutnya mungkin tiba-tiba awan gelap melanda. Tak jarang juga dalam sehari perasaan hati akan berubah-ubah.

Saat sedang senang, biasanya orang akan sering tersenyum dan cenderung banyak bicara. Sebaliknya, jika suasana hati sedang buruk, berdiam diri di kamar dianggap menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Namun, ada juga yang mengatasi perasaan sedih dengan pergi berbelanja, lho.

Berbelanja memang identik dilakukan oleh kaum Hawa, tapi jangan salah, kaum Adam pun gemar berbelanja. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang pergi belanja untuk mengatasi suasana hati yang sedang buruk. Entah itu jalan-jalan ke mall, window shopping, maupun online shopping seperti yang banyak dilakukan belakangan ini.

Ternyata, ada alasan ilmiah di balik tokcernya berbelanja untuk atasi rasa sedih maupun stres. Penasaran ingin tahu bagian tubuh mana yang berperan mendongkrak mood kamu? Yuk simak selengkapnya tentang penjelasan ilmiahnya, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari Neuro Tracker, Kamis (14/2/2019).

2 dari 3 halaman

Alasan ilmiah di balik ampuhnya belanja untuk atasi sedih

Retail Therapy adalah istilah khusus yang berarti suatu aktivitas yang dilakukan seseorang untuk melepaskan diri dari tekanan hidup dengan cara berbelanja. Hadirnya istilah tersebut bukan tanpa sebab, mengingat berbelanja terbukti dapat mengatasi rasa sedih maupun stres.

Para peneliti di Stanford menemukan bahwa ketika seseorang melihat gambar item yang ingin dibeli, sebuah organ di otak bernama reseptor dopamin secara langsung akan aktif. Pada dasarnya, reseptor dopamin aktif ketika kamu mengalami kejadian baru, atau kejadian menarik serta menantang. Contoh mudahnya adalah ketika kamu makan makanan kesukaan.

Dopamin adalah senyawa alami tubuh yang membantu mengendalikan pikiran, lebih tepatnya mengatur proses pengiriman sinyal ke dalam otak ketika melihat benda yang menarik perhatian. Pengiriman sinyal tersebut kemudian mempengaruhi gerak motorik tubuh untuk bergerak ke arah sumber yang mengaktifkan dopamin.

Pemeriksaan medis terhadap aktivitas otak berupa MRI juga menunjukkan bahwa peningkatan kadar dopamin lebih berkaitan dengan antisipasi terhadap pengalaman ketimbang saat kejadian yang nyata. Maksudnya adalah membayangkan akan berbelanja saja sudah membuat kadar dopaminmu melonjak drastis, daripada momen belanja di tempat.

3 dari 3 halaman

Kiat ampuh mengatur keuangan saat belanja

Meski demikian, bukan berarti kamu boleh berbelanja sepuasnya saat suasana hati sedang keruh. Kamu tetap harus mengatur isi dompetmu agar tidak menyesal nantinya. Pasalnya, jika kamu menghambur-hamburkan uang saat stres atau sedih, justru itu bukanlah tindakan yang sesuai untuk atasi stres, karena malah berdampak pada kerugian materiil.

Untuk itu, berikut lansiran Liputan6.com dari berbagai sumber terkait kiat ampuh untuk menghindari Retail Therapy berakhir jadi malapetaka, Kamis (14/2/2019).

1. Buat anggaran

Menyusun anggaran atau budget menjadi kunci untuk menghindari pemborosan. Meskipun kamu sedang mencoba atasi rasa sedih atau stres, usahakan untuk membeli barang-barang yang kamu rasa penting.

2. Window shopping

Window shopping juga bisa dijadikan alternatif untuk mengamankan isi dompet, lho. Cara ini dianggap manjur karena dengan melihat-lihat barang yang dipanjang, suasana hatimu juga akan berangsur-angsur membaik. Apalagi kamu melihat orang di sekitarmu yang terlihat bahagia. Dengan itu, mereka akan menularkan virus positif kepada dirimu yang sedang down.

3. Wisata kuliner

Selain berbelanja barang-barang, kamu juga bisa berwisata kuliner. Jika dirasa sudah cukup berbelanja, kamu bisa mampir ke restoran ataupun kafe yang menyediakan makanan ringan yang unik. Makanan atau minuman manis seperti coklat bisa membuat suasana hati sekaligus perut menjadi bahagia kembali.

4. Hindari mengunjungi tempat yang punya kenangan buruk

Selain 3 kiat ampuh di atas, kamu juga perlu menghindari tempat-tempat yang mengingatkan pada kenangan buruk. Misalnya, jangan pergi ke toko baju yang pegawainya menyebalkan. Pergilah ke butik atau tempat lain yang belum pernah kamu kunjungi agar kamu mendapat pengalaman berbelanja yang baru.

Misteri Times New Roman Terbalik di Hati Ayam yang Bikin Geger

Jakarta – Munculnya huruf dan angka di hati ayam yang hendak dikonsumsi jemaat gereja GMIT Sonaf Neka Huilelot di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih jadi misteri. Pendeta gereja menyebut, font tulisan di hati ayam tersebut adalah times new roman. Kok bisa?

Kasus ini benar-benar membuat heboh warga, khususnya jemaat Gereja Sonaf Neka Huilelot di Desa Huilelot, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sampai-sampai Ketua Majelis Jemaat GMIT Sonaf Neka Huilelot, Pendeta Viktor Paulus Boru STh, menggelar jumpa pers memberi penjelasan karena banyak yang penasaran.

Viktor mengisahkan, peristiwa ini bermula saat gereja mengadakan rapat atau sidang majelis jemaat untuk membahas program dan anggaran tahun 2019, Senin (11/2) sekitar pukul 11.00 Wita. Karena rapat berlangsung cukup lama, pihak gereja menyiapkan konsumsi. Selain ikan dan sebagainya, ada 2 ekor ayam hidup yang dibeli untuk dimasak dan disantap bersama.

Misteri Times New Roman Terbalik di Hati Ayam yang Bikin GegerFoto: Pendeta Viktor Paulus Boru STh (paling kiri) jumpa pers soal hati ayam bertuliskan huruf dan angka (ist)

Ayam tersebut disembelih oleh Ibu Yohana, yang bertugas memasak bersama sejumlah ibu-ibu lainnya. Namun Yohana kaget karena ada semacam tulisan di hati salah satu ayam. Dia pun mencoba mencuci hati ayam tersebut dan kemudian terperanjat karena makin jelas ada huruf dan angka terlihat.

“Dia curiga apa ini, seperti ada huruf dan sebagainya. Dia coba membersihkan lagi, dia cuci beberapa kali. Semakin dicuci, huruf atau angka-angka ini semakin jelas. Dia sempat bicara sama teman-temannya saking paniknya, mereka semua lihat. Begitu mereka lihat mereka jadi takut,” jelas Viktor.

Karena takut, Yohana dan beberapa ibu lainnya langsung bergegas ke tempat persidangan di gereja. Mereka lantas menunjukkan kondisi hati ayam tersebut kepada pendeta dan majelis gereja.

“Ketika saya lihat itu saya juga sempat panik juga takut juga karena memang tulisannya sangat jelas,” ujar Viktor.

Misteri Times New Roman Terbalik di Hati Ayam yang Bikin GegerFoto: Hati ayam bertuliskan huruf dan angka (ist/Pdt Viktor Paulus Boru STh)

Dalam jumpa pers, Viktor memperlihatkan hati ayam tersebut kepada wartawan. Dia mengatakan huruf dan angka di hati ayam tersebut sangat jelas tertulis, seperti tulisan komputer.

“Jadi di sini ditulis 10D2E01 terus di bagian bawahnya kurang-lebih 2 cm itu ada angka 2020. Jadi yang anehnya lagi bahwa huruf-huruf ini semua ditulis atau tercetaknya terbalik. kami coba mencari di komputer tulisan apa yang dipakai, ini dipakai kalau tidak salah adalah Times New Roman, tapi semua angka-angkanya terbalik. Kalau dibaca dengan cermin baru bisa terlihat normal,” katanya.

Viktor menegaskan tulisan di hati ayam itu sudah ada saat ayam baru disembelih. Ayam tidak diletakkan di wadah yang memungkinkan hati ayam ini bersentuhan dengan benda lain, semisal koran. Soal apa makna huruf dan angka di hati ayam itu, Viktor tidak mau berandai-andai. Sebagian masyarakat memang ada yang mengaitkan kejadian ini dengan bencana atau hal baik.

“Untuk arti atau angka-angkanya sendiri bagaimana tafsirannya kami terus terang tidak akan menafsir apa pun itu. Tetapi ini nyata dan kami juga sudah menyimpannya dari hari Senin sekitar jam 12.00 sampai hari ini, ini adalah hari kedua. Itu tidak ada perubahan apa-apa,” jelas Viktor.

Viktor menambahkan, dirinya sebenarnya berharap misteri angka dan huruf di hati ayam ini bisa terjawab. Dia mempersilakan jika ada pihak ahli yang mau datang untuk meneliti kenapa hal ini bisa terjadi.

“Kalau kita kan sifatnya, kalau ada orang-orang ahli dari peternakan atau kedokteran, mereka mau meneliti, ya terserah mereka, silakan,” sambung Viktor.
(hri/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hary Tanoe Ingin Jadikan Sulsel Daerah Percontohan Pembangunan Indonesia Timur

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengaku akan menjadikan Sulawesi Selatan percontohan pembangunan daerah. 

Hal itu disampaikan Hary Tanoe usai konsolidasi dan pemberian pembekalan kepada caleg dan di Makassar.

“Sulsel akan menjadi percontohan Perindo, agar masyarakat Indonesia Timur melihat bagaimana Perindo berjuang untuk kesejahteraan masyarakat dengan programnya yang konsisten,” ucap Hary Tanoe dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/2/2019).

Menurut Hary, posisi Sulsel secara geografis sangat strategis, karena merupakan pintu gerbang Indonesia Timur, selain itu sebanyak 24 kabupaten dan kota di provinsi ini memiliki potensi daerah unggulan masing-masing. 

“Ada yang potensial di bidang UMKM, ada yang kuat dari segi pertanian, perkebunan atau perikanan. Partai Perindo akan membangun setiap kabupaten/kota sesuai dengan potensinya,” ucap dia. 

Dengan mengoptimalkan potensi daerah, Hary yakin kesenjangan kesejahteraan masyarakat bisa teratasi. Bukan hanya di Sulsel, tetapi juga di daerah-daerah lainnya di Tanah Air.

“Fokus Perindo meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menciptakan lapangan kerja secara masif dan meningkatkan pendidikan tinggi masyarakat,” ucap Bos MNC Grup itu.

Dia pun menawarkan sejumlah program tepat sasaran seperti akses dana murah, dan pelatihan dalam berwirausaha. Dengan melaksanakan program itu, dia yakin tiingkat perekonomian masyarakat semakin meningkat. 

“Saya yakin semakin banyak masyarakat produktif yang menciptakan lapangan kerja, membayar pajak dan ikut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” kata Hary Tanoe.

 

2 dari 2 halaman

Pesan Khusus Bagi Caleg

Untuk itu, dalam setiap kunjungannya ke dapil, Hary tanoe selalu menyerukan kepada kader dan caleg untuk turun. Bertemu dengan masyarakat, menyampaikan visi misi dan perjuangan partai, serta melakukan berbagai aksi nyata untuk konstituennya.

Caleg Partai Perindo diharapkan mendapatkan kursi sebanyak-banyaknya di Parlemen, sehingga partai berlambang rajawali ini bisa berperan aktif membuat kebijakan yang tepat sasaran demi kemajuan Indonesia dan kesejahteraan masyarakat.

Sejauh ini, Caleg Perindo tampak aktif turun ke masyarakat, berkampanye dengan kreatif. Berbagai kegiatan yang membantu dan membangun masyarakat dilakukan selama masa sosialisasi.

Mulai dari aksi nyata fogging untuk mencegah DBD, senam zumba bersama, cooking class, berbagai pelatihan keterampilan, menggalakkan apotek hidup, pengobatan gratis, bazar murah, hingga menggemakan gerakan menanam hidroponik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: