Daftar Kota Layak Huni di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

Liputan6.com, Jakarta – Mercer mengeluarkan daftar tahunan kota dengan kelayakan hidup terbaik di dunia. Tahun ini kota Wina di Austria kembali menempati nomor wahid dan Baghdad, Irak berada di peringkat bawah.

Mercer menilai kualitas sebuah kota dari beragam aspek, mulai dari ekonomi, layanan publik dan transportasi, lingkungan, sosial-budaya, pendidikan hingga keamanan.

Pada daftar tahun ini, Mercer juga menilai keselamatan dan kemerdekaan personal, hubungan dengan negara lain, serta kemerdekaan pers ikut dinilai. “Keselamatan personal adalah fondasi stabilitas di kota, tanpa itu bisnis dan talenta tak bisa berkembang,” tulis Mercer.

Bagaimana dengan Jakarta?

Jakarta ada di peringkat 142 dari 231 kota di dunia. Peringkat Jakarta juga lebih rendah dari negara berkembang lain di ASEAN seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Peringkat Jakarta tercatat stagnan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data Mercer selama 5 tahun terakhir, peringkat tertinggi Jakarta berada di posisi 140 pada tahun 2015.

Setahun kemudian Jakarta turun peringkat ke nomor 142, kemudian turun lagi ke 143, dan kembali ke 142 pada tahun lalu hingga sekarang.

Kota ASEAN dengan kualitas hidup terbaik versi Mercer ialah Singapura di nomor 25, kota itu pun juga kota terbaik seantero Asia. Kota ASEAN yang peringkatnya di bawah Indonesia adalah kota dari Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Selengkapnya peringkat kota ASEAN di daftar Mercer, beserta 10 kota terbaik dan terburuk dunia.

Bagi Klopp, Tuhan Nomor Satu, Trofi yang kedua

LiverpoolJuergen Klopp tak menampik hasrat meraih trofi bersama Liverpool. Tapi hidup Klopp bukan tergantung dari trofi melainkan penilaian Tuhan kepada dirinya.

Klopp sudah memasuki musim penuh ketiganya bersama Liverpool setelah diangkat pada Oktober 2015. Sejauh ini Klopp sudah berhasil mengembalikan Liverpool ke papan atas setelah beberapa tahun sempat terpuruk di papan tengah.

Dalam dua musim terakhir Liverpool dibawanya finis empat besar dan lolos ke Liga Champions. Selain itu Liverpool juga dibawanya menerapkan sepakbola aktraktif nan menghibur.

Sayang belum ada satupun trofi yang didapat Klopp meski berhasil membawa Liverpool tiga kali ke final yakni Piala Liga Inggris dan Liga Europa pada 2016 serta Liga Champions musim lalu. Fans tentu tak sabar melihat Klopp mengangkat trofi terutama Premier League.

Peluang terbesar ada di musim ini ketika mereka tengah bersaing dengan Manchester City di puncak klasemen. Hanya berselisih satu poin, peluang Liverpool juara di delapan pekan tersisa masih terbuka lebar. Selain itu mereka juga sudah lolos ke perempatfinal Liga Champions.

Terkait tekanan yang makin besar kepada dirinya untuk meraih trofi, Klopp justru mengaku tak memusingkannya. Sebab trofi itu lebih bermakna untuk para pemain dan juga fans, sementara bagi Klopp, hanya penilaian Tuhan yang penting di matanya.

“Anda bisa bayangkan betapa saya tidak tertariknya dengan hal itu (masuk dalam buku sejarah Liverpool). Tugas saya adalah memastikan saya bisa membantu tim meraih sukses. Saya tidak bernafsu untuk bisa dikenang selama 50 tahun atau apapun itu. Bagi saya itu bukan tekanan, hanya sebuah kesempatan,” tutur Klopp seperti dilansir ESPN.

“Saya menghormati betul hasrat para pemain dan juga fans, dan saya bisa jadi bagian dari itu, saya bisa jadi bagian dari mimpi mereka. Tapi pada akhirnya itu bukan buat saya, tapi untuk orang-orang itu,” sambungnya.

“Saya tidak tertarik dengan penilaian orang. Biarlah Tuhan yang menilai saya suatu hari dan hanya itu yang saya pikirkan. Saya sama sekali tidak tertarik apa kata orang di luar sana.”

(mrp/cas)

Ambisi Jadi Nomor 1, Mitsubishi Hanya Pasang Target 150 Ribu Unit

Liputan6.com, Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak pasang target penjualan tinggi tahun ini. Pasalnya, pabrikan asal Jepang ini melihat kondisi pasar otomotif di tahun babi tanah ini bakal stagnan alias tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dijelaskan Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, target penjualan Mitsubishi sebesar 150 ribu unit. Untuk rinciannya sendiri, mobil penumpang sebesar 108 ribu unit dan niaga ringga 42 ribu unit.

“Untuk tahun 2019, tentunya kami tidak pesimistis tapi kami juga tidak terlalu optimistis dan kami merasa bahwa pasar akan tetap stabil.

Dengan kondisi tersebut, maka kami berkomitmen untuk bisa memberikan kualitas terbaik, kendaraan terbaik dan layanan purna jual yang prima,” jelas Nakamura di sela-sela media gathering, di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Lanjut Nakamura, selain terkait penjualan, tahun ini pabrikan berlambang tiga berlian tersebut juga akan terus mempercepat pengiriman atau mempersingkat waktu tunggu alias inden untuk small MPV andalannya, Xpander.

“Pada 2018, kami menerima banyak sekali permintaan konsumen Xpander agar dapat dikirim secepat mungkin karena waktu itu inden sudah lama. Kami sudah memutuskan untuk meningkatkan produksi dari 120 ribu unit per tahun menjadi 160 ribu unit per tahun. Kami sangat yakin bisa mengantarkan Xpander kepada konsumen tepat waktu,” tambah Nakamura.

Klasemen Liga Inggris: Man City Nomor Satu, Liverpool Kedua

Jakarta – Pergeseran puncak klasemen Liga Inggris akhirnya terjadi di pekan 29. Liverpool gagal merebut kembali posisi teratas setelah diredam Everton. Kini Man City ada di urutan satu.

Memasuki pekan 29 yang digelar pada 2-3 Maret, Liverpool masih berada di posisi teratas. Mereka unggul satu angka dari Manchester City yang terus menguntit dengan ketat selama tiga bulan terakhir.

Bertanding lebih dulu pada Sabtu (2/3/2019) malam WIB, City dengan susah payah mengalahkan Bournemouth 1-0. Hasil pertandingan tersebut mengantar skuat besutan Josep Guardiola bertengger di posisi teratas dengan poin 71.

The Citizens sadar kalau posisi tersebut masih sangat mungkin berubah. Sebabnya, Liverpool baru akan bertanding sehari setelahnya.

Malam tadi, City ternyata batal turun dari puncak klasemen. Liverpool gagal merebut kembali posisi yang mereka miliki setelah hanya bermain 0-0 saat bertamu ke Everton.

The Reds pun kini berada di posisi dua klasemen dengan 70 poin, tertinggal satu dari The Citizens.

Perubahan klasemen di pekan 29 juga terjadi pada urutan empat. Setelah hanya bermain 1-1 dengan Tottenham Hotspur, Arsenal harus turun ke tangga kelima. The Gunners (57) digusur Manchester United (58), yang menang dramatis saat menjamu Southampton.

Sementara Tottenham Hotspur bertahan di posisi tiga. Pun begitu dengan Chelsea (56) di urutan enam yang masih membidik kesempatan masuk empat besar lagi setelah mengalahkan Fulham.

Klasemen Liga Inggris selepas pekan 29:

Klassemen Liga InggrisKlassemen Liga Inggris Foto: ist.

Saksikan juga video ‘Liverpool Jangan Jemawa Dulu, City Masih Menguntitmu’:

[Gambas:Video 20detik]

(din/rin)

Temukan Jual Beli Jabatan di DKI, Laporkan ke Nomor Telepon Ini

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Provisi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan nomor telepon aduan bagi masyarakat untuk melaporkan dugaan jual-beli jabatan. Kerahasiaan pelapor pun akan dijamin.

Nomor aduan terkait jual beli jabatan tersebut tertera dalam Surat Edaran Inspektorat Pemprov DKI Jakarta Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Pelaporan Dugaan Penyalahgunaan Wewenang Atas Penempatan/Perpindahan Pegawai Untuk Menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKl Jakarta.

“Apabila saudara mengetahui adanya dugaan pemberian/permintaan sesuatu atau janji untuk menduduki jabatan tertentu agar melaporkannya kepada lnspektorat Provinsi DKl Jakarta atau lnspektorat Pembantu Wilayah Kota/ Kabupaten Administrasi,” ucap Kepala Inspektorat DKI Jakarta Michael Rolandi melalui surat tersebut, Jumat (1/3/2019).

Rolandi mengatakan, mereka yang melapor akan ditindak sebagai korban pemerasan. Sedangkan, bagi yang tidak melapor akan ditindak sebagai pelaku penyuapan.

“Perlindungan atas kerahasiaan identitas pelapor akan diberikan kepada pelapor sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tukad Rolandi.

Pengaduan atas praktik jual beli jabatan bisa dilakukan melalui laman jakarta.go.id atau email dki@jakarta.go.id dan inspektorat@jakarta.go.id.

Berikut nomor aduan yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta:

Tingkat ProvinsiWA/SMS: (081387000112) Telpon: (021 3822963)

Kota Administrasi Jakarta Timur WA/SMS (089646586260)

Kota Administrasi Jakarta Selatan WA/SMS (081380358890)

Kota Administrasi Jakarta Pusat WA/SMS (081211552121)

KotaAdministrasi Jakarta Barat WA/SMS (0821 19545306)

Kota Administrasi Jakarta Utara WA/SMS (081296757473)

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu WA/ SMS (081287821182)

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kantong Plastik Berbayar Tingkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga menyampaikan dukungannya terhadap penerapan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG).

Dibanding dibiarkan tercecer menjadi limbah, dia mengatakan, Kementerian PUPR sudah berinisiatif mengolah kantong plastik sebagai bahan campuran aspal.

“Kami sangat mendukung. Kalau dulu saya di Balitbang (Kementerian PUPR) sudah proses kantong plastik dicacah bisa dicampur aspal dan perkuat campuran aspal. Istilahnya aspal plastik,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk diketahui, beberapa toko ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar mulai Jumat 1 Maret 2019 ini.

Danis melanjutkan, kantong plastik tetap tergolong sebagai benda yang tak aman bagi lingkungan. “Kalau secara klasifikasi barang tak aman bagi lingkungan seperti ember dan botol mineral, plastik kresek ini nomor 7,” sebutnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat agar lebih memilih membawa tentengan sendiri seperti goodybag saat berbelanja daripada membeli kantong plastik.

“Masalahnya bukan berbayar atau tidak, utamanya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bagaiman kurangi sampah plastik. Dengan bayar kan jadi mikir, lain kali saya bawa goodybag atau apa lah,” pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Mulai 1 Maret, Konsumen Bayar Kantong Plastik Minimal Rp 200 di Toko Ritel

Semua toko ritel modern akan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) mulai Jumat 1 Maret 2019.

Beberapa toko ritel tersebut di antaranya adalah Alfamart, Ramayana, SuperIndo, LotteMart, Informa, Electronic City, Matahari, AlfaMidi, Papaya, Yogya, Borma dan retail lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

Ketua Umum Aprindo, Roy Mande menyebutkan, pihaknya sebagai asosiasi resmi yang menaungi usaha ritel di Indonesia mengambil langkah tersebut sebagai salah satu upaya mendukung visi pemerintah pada 2025  yakni bisa mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik. 

“Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Aprindo menyatakan komitmen bersama untuk mengurangi kantong belanja plastik sekali pakai (kresek) di semua gerai-gerainya. Salah satu caranya adalah dengan kembali menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) secara bertahap mulai 1 Maret 2019,” kata Roy dalam acara konferensi pers di Kuningan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). 


Dia menegaskan, membuat kantong plastik menjadi barang dagangan adalah langkah nyata dari peritel modern untuk mengajak masyarakat agar menjadi lebih bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik sekaligus menanggulangi dampak negatif lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia.

Konsumen yang ingin menggunakan kantong plastik sekali pakai atau kresek akan dikenakan biaya tambahan sebesar minimal Rp 200 per lembarnya.

“Konsumen akan kita sarankan untuk menggunakan tas belanja pakai ulang yang juga disediakan di tiap gerai ritel modern,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas di‎ ‎Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“‎Untuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM‎, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan. 

“Enggak akan lebih. ‎Kita dalam kebutuhan untuk negeri. ‎Infrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ‎Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Gara-gara Nomor KTP Direktur Chen Tertukar

Chen pun akhirnya dipaksa sore hari itu juga harus datang ke Kantor Disnakertrans. Dia akhirnya datang membawa dokumen-dokumen ketenagakerjaan ditemani seorang warga negara China bernama A Wei. A Wei sudah lama di Indonesia dan menetap di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga memiliki peternakan ayam petelur di Cianjur dengan bendera perusahaan PT Saudara Makmur.

Rupanya, setelah dicek, IMTA yang dimiliki Chen berlaku di perusahaan A Wei. Di PT Saudara Makmur itu pula, Chen punya jabatan sebagai direktur keuangan. “Iya benar, Pak, dia direktur keuangan saya,” kata A Wei seperti ditirukan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardi Hikmat, saat pertemuan di kantor Disnakertrans, itu.

Yang mengejutkan juga, saat Chen menyerahkan akta perusahaan peternakan di Cibokor, Chen bukanlah tenaga kerja, melainkan pemilik peternakan. Jabatannya direktur utama  PT Indah Tunggal Alami, yang membuka peternakan itu sejak 2017. Di bawah Chen, ada beberapa direktur yang semuanya warga negara China. Chen pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut.

“Ternyata dia itu direktur utama sekaligus pemegang saham. Dia sih pegang IMTA, tapi bukan di posisi perusahaan yang sedang kita lakukan pembinaan. Jadi dia itu menunjukkan IMTA, tapi IMTA di perusahaan lain (PT Saudara Makmur). Sama, peternakan juga, tapi beda perusahaan,” ujar Ricky.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ricky, dokumen berupa IMTA itu tidak ada masalah karena semua dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan. IMTA milik Chen juga masih berlaku. Hanya sempat terjadi miskomunikasi saja lantaran Chen tidak lancar Bahasa Indonesia sehingga dilakukan klarifikasi. “Makanya kita bingung kok yang ramai malah urusan e-KTP. Dan banyak yang mempertanyakan soal e-KTP Chen ke kami,” jelas Ricky.

Warganet memang ramai mengecek NIK e-KTP milik Chen di sistem Komisi Pemilihan Umum. Nah, ternyata NIK tersebut muncul atas nama Bahar, warga Kelurahan Sayang, Cianjur. Bahar, 47 tahun, yang kesehariannya berdagang bakso keliling, pun bingung namanya muncul di aplikasi KPU dengan NIK milik WNA. “Saya tinggal di sini sejak 1996, tidak ada masalah soal NIK. Baru kali ini saja ada perbedaan. Baru tahu setelah dikabari ketua RT pagi tadi,” begitu kata Bahar, Selasa, 26 Februari 2019.

Bahar bilang selama ini tak ada kendala dalam partisipasi pencoblosan pemilu. Namun, untuk tahun ini, dia sedikit heran karena mendadak NIK-nya berubah di DPT. “Katanya jadi nama China, ya, saya nggak tahu apa-apa. Sebelumnya, nyoblos Pilgub (Jawa Barat) juga nggak ada masalah. Baru kali ini saja tiba-tiba ramai, katanya NIK-nya dipakai orang asing,” ujar Bahar.

TKN Jokowi Sindir Sandiaga: Keluarga Besar Tak Support, Pertanda Buruk!

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyindir Sandiaga Uno. Ini menyusul keluarga besarnya, Keluarga Uno mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf.

“Saya heran Sandiaga bisa-bisanya tidak didukung satu keluarganya sendiri. Katanya politik dimulai dari lingkaran paling dekat, dimulai dari keluarga dan teman terdekat,” ungkap Wakil Ketua Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Raja Juli Antoni kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Pria yang akrab disapa Toni ini menyoroti ikatan alumni sekolah Sandiaga, Pangudi Luhur Jakarta, yang juga mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Ia juga menilai dukungan Keluarga Uno itu bisa menjadi pertanda buruk bagi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lantaran mantan Wagub DKI tersebut tak bisa mengkonsolidasikan dukungan keluarga sendiri.


Toni pun menduga Sandiaga akan kesulitan meraih dukungan masyarakat. Ini mengingat, sebutnya, mengambil hati keluarga sendiri saja tidak bisa.

“Pertanda apa bila teman sesama SMA Saja tidak mendukung, keluarga besar saja tidak mensupport?” ucap Toni.

“Pasti itu pertanda buruk. Orang paling dekat saja menolak, apalagi orang yang jauh,” lanjut Sekjen PSI tersebut.

Soal dukungan Keluarga Uno, Toni memberikan apresiasi. Dukungan itu menurutnya akan menambah amunisi kemenangan bagi pasangan calon nomor urut 01 itu.

“Segala bentuk dukungan kami sukuri. Pasti berkontribusi untuk pemenangan Jokowi-Makruf. Kami ucapkan terima kasih,” sebut Toni.

BPN Prabowo-Sandiaga Anggap Dukungan Hanya Sandiwara

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga kemudian angkat suara soal dukungan itu. Menurut BPN, dukungan keluarga Uno di Gorontalo itu tak mewakili keluarga Uno seluruhnya. Lagipula, BPN meyakini, dukungan keluarga Uno ke Jokowi hanyalah sandiwara semata.

“Kalau misalnya ada yang mendeklarasikan ya bagus, tapi saya tahu keluarga Uno yang di partai Koalisi Indonesia Maju, punya hubungan keluarga dan ‘masa ponakan sendiri nggak dicoblos, masa sepupu sendiri nggak dicoblos’ gitu lho. Kalaupun ada yang mendukung, itu cuma make up aja,” ujar Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dian Fatwa kepada wartawan.

“Saya tahu mereka terikat dengan acting bahwa karena partainya berkoalisi dengan itu, jadi tentu saja harus tampak di publik mendukung pasangan Jokowi. Saya tahu itu. Tapi kami biasa saja, ini sebuah realita, kalau tidak, kita tahu lah, kalau nggak dosa-dosa politik akan dibuka, atau diproses secara hukum, karena hukum sekarang kan tumpul ke atas tajam ke bawah,” imbuh Dian.
(elz/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Safari Nonstop di Jabar, Ma’ruf Amin Optimistis Raih Suara 60 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengakhiri safari politik 5 hari nonstop, Jumat (1/3/2019). Safari sang kiai lebih banyak mendatangi kota dan kabupaten di Jawa Barat, diawali di Cirebon, menyusuri Kuningan, Banjar, Pangandaran, sampai Ciamis.

Dengan adanya safari politik ini, Ma’ruf optimistis target 60 persen yang telah ditetapkan tim kampanye Jawa Barat.

“Saya kok optimis ya melihat trennya itu terus naik. Tren di Jabar terus naik,” kata Ma’ruf di Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (1/3/2019).

Ma’ruf Amin menuturkan kekalahan petahana Joko Widodo (Jokowi) saat Pilpres 2014 lalu karena banyak masyarakat Jawa Barat termakan hoaks. Karenanya, Mustasyar PBNU itu menyampaikan klarifikasi dan bantahan atas fitnah dan kabar bohong kepada masyarakat. Adapun hoaks yang kerap menyerang Jokowi adalah isu-isu agama.

“Sebab bagaimanapun masyarakat itu kalau diberi pencerahan dia bisa dapat memahami gitu. Karena itu sangat optimis,” katanya.

2 dari 3 halaman

Rebut Swing Voters

Selain itu, safari politik ini untuk menjaga suara yang sudah dipegang. Ketum MUI itu menyebut menjaga masyarakat agar tidak terprovokasi.

Kedua, untuk merebut suara yang masih mengambang atau belum tentukan pilihan. Caranya dengan kampanye keberhasilan Jokowi dan kembali menepis isu-isu hoaks.

“Tentu saja kita tidak ingin apa yang sudah kita ada di tangan kemudian diambil orang apalagi caranya dengan cara hoaks, nah ini yang kita hilangkan,” imbuhnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: