Ma’ruf Amin Ngobrol Santai dan Makan Siang Bareng Jelang Debat

Jakarta – Jelang debat cawapres Pilpres 2019, Ma’ruf Amin terlihat santai dan makan siang bersama istri, Nyai Wury Estu Handayani. Mereka terlihat santai dan berbicara berbagai hal.

Pantauan siang ini di kediaman Ma’ruf, Jalan Situbondo, Menteng Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019) tampak Ma’ruf Amin sedang makan siang bersama tim KMA dan TKN.

Hidangan yang tersedia dengan menu utama ikan bawal, sayuran, jus pepaya dan air putih. Ma’ruf Amin tidak membahas isu terkait debat dalam perbincangan itu, namun hanya membicarakan hal-hal santai saja.
Setelah itu, Ma’ruf Amin menonton televisi yang saat itu sedang menyiarkan berita banjir bandang di Sentani. Ma’ruf merasa prihatin dengan bencana tersebut dan berharap pemerintahan daerah segera mengevakuasi korban.

“Korban sampai 50 orang. Kita sampaikan keprihatinan. Semoga Pemda dan Tim SAR memberikan bantuan tanggap darurat yang terbaik untuk para korban,” ucap Ma’ruf saat menonton televisi seperti yang disampaikan tim.

Ma’ruf tidak memiliki aktivitas khusus jelang debat. Namun dijadwalkan pukul 16.00 WIB, mantan Rais Aam PBNU itu akan menerima tamu dari sejumlah kiai.

Debat ketiga ini nantinya akan membahas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Debat ini akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom.
(gbr/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bertemu di Istana, Jokowi-Ma’ruf Amin Ngobrol soal Kebangsaan

Jakarta – Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta. Apa yang dibahas keduanya?

Pertemuan itu dibenarkan oleh Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily. Dia mengatakan pertemuan itu bentuk kebersamaan dan keakraban keduanya.

“Presiden Joko Widodo selalu menunjukkan kebersamaannya dengan Abah Kiai Ma’ruf Amin,” kata Ace kepada detikcom, Selasa (12/3/2019).


Ace mengatakan pertemuan seperti ini rutin dilakukan jauh sebelum keduanya resmi ditetapkan sebagai capres dan cawapres untuk Pilpres 2019. Dalam pertemuan yang berlangsung malam ini, Jokowi dan Ma’ruf membahas isu yang berkaitan dengan kenegaraan dan kebangsaan.

“Ini menunjukkan keakraban Pak Jokowi dengan ulama. Dalam pertemuan ini diperbincangkan persoalan-persoalan kenegaraan dan kebangsaan,” kata Ace.

Informasi yang dihimpun, pertemuan Jokowi dan Ma’ruf Amin berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB. Pertemuan berlangsung santai.

Dari foto yang didapat detikcom, Jokowi tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat. Sementara Ma’ruf Amin terlihat mengenakan kain sarung dan jas. Dia juga mengenakan kain sorban dan peci warna hitam. Keduanya tampak santai berbincang dan tertawa.
(rjo/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Bertemu Ma’ruf Amin di Istana, Ngobrol Santai

Jakarta – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) bertemu calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin. Pertemuan berlangsung tertutup di Istana Kepresidenan Jakarta.

Informasi yang dihimpun, pertemuan berlangsung sejak pukul 19.00 WIB, Selasa (12/3/2019) di salah satu ruang di Istana Kepresidenan Jakarta. Hingga pukul 20.00 WIB, pertemuan masih berlangsung.

Belum diketahui apa saja yang dibahas dalam pertemuan itu. Dari foto yang didapat detikcom, Jokowi dan Ma’ruf Amin tampak berbincang santai.
Jokowi tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat. Sementara Ma’ruf Amin tampak mengenakan jas warna hitam, dengan kain sarung di bagian bawah. Ma’ruf juga mengenakan kain sorban yang melingkar di pundak dan peci warna hitam.

Keduanya juga tampak tertawa saat berbincang.
(jor/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

8 Aktivitas untuk Usir Rasa Bosan Sepanjang Perjalanan di Tol Trans Jawa

Liputan6.com, Jakarta Tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya sejak akhir tahun lalu memicu euforia masyarakat untuk memanfaatkan jalur ini. Bagaimana tidak menarik menjajal jalan tol trans jawa, semula Jakarta – Surabaya bisa menghabiskan waktu 18-20 jam perjalanan, kini bisa dipangkas setengah waktu hingga sekitar 10 jam saja. Begitu juga ketika dari Jakarta menuju Semarang yang cukup ditempuh dengan waktu sekitar 5-6 jam saja.

Meskipun waktu perjalanan bisa dipangkas, rasa bosan tetap saja masih bisa muncul sepanjang perjalanan di tol trans jawa. Apalagi misalnya di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek yang sering mengalami kemacetan. Kemudian memasuki tol cipali, pemandangan yang dapat dilihat hanya persawahan. Begitu selanjutnya hingga baru bisa menemukan pemandangan menarik ketika di kawasan jalan tol Bawean yang jaraknya masih ratusan kilo dari kota Jakarta.

Jadi, untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan di jalan tol Trans Jawa, kamu bisa lakukan 8 kegiatan ini.

1.       Putar Musik dari ponsel atau audio mobil

Kegiatan pertama dan paling popular dilakukan banyak orang adalah mendengarkan musik. Putar lagu-lagu kesukaan kamu dari ponsel, atau kalau tidak ingin menggunakan headset kamu bisa hubungkan dengan audio mobil. Manfaatkan fasilitas sound system mobil kamu untuk mendengarkan musik yang lebih asyik. Selain itu, kamu juga bisa memutar radio untuk mendengarkan siaran-siaran di daerah yang kamu lalui sepanjang perjalanan.

2.       Menonton Film

Aktivitas ini selalu sukses untuk mengusir rasa bosan. Menonton film yang memiliki durasi 2 jam tentu membuat perjalanan jadi tidak terasa. Kalau mau menonton film dari ponsel, pasti kamu download terlebih dahulu supaya tak alami gangguan dan menguras kuota. Semakin mudah dan menyenangkan, kalau mobil kamu sudah dilengkapi dengan layar mini untuk menonton film.

3.       Aktif di Instagram

Berselancar di dunia maya dengan main instagram jadi aktivitas yang ampuh untuk mengusir rasa bosan. Bahkan sebelum rasa bosan itu muncul kita sudah sibuk bermain instagram. Kalau ada berita dan isu menarik, bisa berjam-jam main instagram dan tak sadar tiba-tiba sudah sampai tujuan. Aktif bermain instagram juga mendorong kita untuk aktif membaca sehingga baik juga untuk menambah pengetahuan.

4.       Main Game di Smartphone

Ini dia salah satu cara yang paling mengasikkan saat menghabiskan waktu selama perjalanan. Berbagai permainan seru mungkin tersimpan dalam smartphone, tablet, notebook, atau jenis gadget lainnya. Begitu serunya hingga kamu bisa tidak menyadari telah melewati banyak waktu. Tak hanya disukai anak-anak, main game di gadget juga jadi kegemaran orang-orang dewasa.

5.       Makan dan Minum

Sebelum berangkat pastikan kamu sudah membawa bekal makanan dan minuman. Supaya selama perjalanan tidak merasa lapar maupun kehausan. Nikmati makanan kamu sambil mendengarkan musik, menonton dan bermain game. Kalau perut sudah kenyang pasti rasa bosan dan jenuh selama perjalanan bisa hilang.

6.       Mengobrol

Selama perjalanan jangan sibuk sendiri dengan mendengarkan musik, main game dan gadgetan terus-terusan, kamu juga perlu mengobrol dengan keluarga dan rekan seperjalanan. Biasanya kaum wanita yang begitu senang dengan kegiatan yang satu ini hingga lupa waktu. Para pria juga kalau sudah ngobrol enak bisa berlama-lama juga.

7.       Tidur

Rasa bosan bercampur lelah, sudah pasti aktivitas yang paling pas dilakukan adalah tidur. Jadi, kalau sudah tahu perjalanan panjang kamu bisa siapkan bantal dan alat penutup mata supaya bisa nyaman dan enak tidur. Kenyamanan menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh. Anda perlu duduk senyaman mungkin di dalam mobil agar tetap fit dan segar sampai di tempat tujuan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merasa nyaman di dalam perjalanan adalah duduk di jok model captain seat. Kursi ini mampu memberikan kenyamanan ekstra karena jok model Captain seat ini hanya diperuntukan untuk satu orang penumpang dan memiliki busa yang lebih empuk. Kursi jenis ini memiliki arm rest dan tambahan bantalan untuk kepala. Umumnya kursi jenis captain seat tersedia di mobil-mobil premium keluarga.

Saat ini, fasilitas tersebut dapat ditemukan pada mobil van komersial. Bukan modifikasi semata, melainkan sudah tersedia pada lini produk Toyota. Toyota Hiace Luxury dilengkapi dengan jok model captain seat, kursi ini terletak di row ke-dua atau ke-tiga dari Hiace Luxury.

Kenyamanannya pun tak perlu diragukan. Captain seat dalam Toyota Hiace Luxury terbuat dari kulit ottoman yang lembut dan empuk. Lebih nyamannya lagi, bagian kakinya bisa diangkat dan sandarannya dapat direbahkan ke belakang. Anda pun bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan.

8.       Keluar dari Mobil

Tak bisa dipungkiri kalau terlalu lama di dalam mobil pasti rasa bosan itu muncul juga. Kalau sudah begini, cara lain yang perlu kamu lakukan adalah beristirahat di rest area maupun restoran yang kamu temui. Keluar sejenak dari mobil untuk sekedar mencari angin, makan maupun pergi ke toilet sangat penting. Tak hanya bagi penumpang, pengemudi juga sangat membutuhkannya.



(Adv)

Setop Mengobrol dengan Pengendara Lain Saat Berkendara, Itu Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta – Secara pengelompokan, kecelakaan sepeda motor melibatkan tiga hal, yaitu dari dalam diri manusia, kendaraan yang digunakan, dan faktor lingkungan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (Wahana) main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang menjelaskan dalam acara safety riding untuk jurnalis bahwa bicara faktor dari dalam diri manusia, sejumlah penyebab itu bisa berupa hal-hal umum, seperti mengantuk, emosi, hingga bercanda.

“Misalnya ketemu teman sama teman di jalan. Ngobrol. Ini kan pelan sebenarnya. Ini juga bisa menjadi penyebab kecelakaan. Karena apa? Kemungkinan dari arah belakang ada kendaraan yang lebih cepat,” ujarnya.

Untuk faktor kendaraan, hal tersebut tetap kembali pada kelalaian manusia. Ia beranalogi bahwa kendaraan membawa nyawa kita sampai ke tujuan. Misalnya lampu mati saat malam.

“Tapi kadang kita sering mengabaikan. Misalnya tidak pernah cek kendaraan, misalnya kondisi ban, jarak main rantai masih aman atau enggak. Lampu mati saja bisa menyebabkan kecelakaan. Saat malam, lampu tidak nyala, kendaraan lain akan kurang waspada terhadap kendaraan kita,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Adapun faktor lingkungan meliputi hujan lebat hingga jalan berlubang. Dalam hal ini, kesalahan manusia terletak pada kelalaian saat menghadapi kondisi tersebut dan cenderung terlampau percaya diri tanpa mempertimbangkan penyebab lain dalam bahaya berkendara di kala hujan.

“Misalnya punya raincoat baru, helm full face, sepatu anti air. Kita merasa bahwa hujan itu hanya air yang jadi masalah. Sangat pede melanjutkan perjalanan. Padahal saat hujan, bukan hanya air yang menjadi masalah. Misalnya pohon roboh, billboard terbang,” ujarnya.

Oleh karena itu, saat hujan lebat, ia menyarakan agar pengendara menepi dulu sampai kondisi aman.

“(Maksud aman di sini yaitu ketika) kondisi kondusif. Misalnya sudah tidak ada angin, tidak ada petir, boleh melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Shafeea Besok Ulang Tahun, Kadonya Minta Ahmad Dhani Cepat Pulang

Sidoarjo – Di dalam Rutan Medaeng, Ahmad Dhani memeluk hangat putri pertamanya bersama Mulan Jameela, Shafeea Ahmad. Dalam kesempatan itu, Dhani juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Shafeea yang akan genap berusia 8 tahun.

“Tadi mas Dhani sempat mencium dan memeluk Shafeea serta mengucapkan semalam ulang tahun,” kata Kuasa Hukum Dhani, Sahid kepada wartawan di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Senin (25/2/2019).

Menurut Sahid, Dhani dan Shafeea juga berbicara banyak di dalam rutan. “Tadi sempat lama ngobrol sama anaknya, itu yang membuat lama jelang mereka balik,” imbuh Sahid.
Saat Shafeea dan Dhani tengah asyik mengobrol, Mulan mengingatkan sang bocah untuk meminta kado ulang tahun kepada ayahnya. Dari mulut Shafeea, Dhani dan Mulan mendengar harapan anaknya yang menginginkan pentolan Band Dewa 19 itu segera bebas.
“Minta apa kepada ayah? Kemudian langsung dijawab anaknya, agar ayahnya cepat pulang,” lanjut Sahid sembari menirukan perkataan Mulan dan Shafeea.

Itu menjadi kunjungan kedua Shafeea ke Rutan Medaeng. Sabtu (23/2), Dhani juga memeluk erat Shafeea. “Mas Dhani selalu senang ketika disambangi oleh anak-anaknya dan selalu memeluk Shafeea,” tandasnya.

Shafeea akan merayakan ulang tahun yang ke-8, Selasa (26/2). Tepat saat Dhani harus menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Dalam sidang nanti, Dhani yang merupakan terdakwa kasus pencemaran nama baik atau kasus ‘idiot’ dengan agenda mendengarkan keterangan 3 saksi yang disediakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).
(sun/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

JK: Hampir 4,5 Tahun Bersama, Jokowi Tidak Pernah Bicara Proyek Pribadi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memuji sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi. JK mengatakan, bahwa Jokowi tak penah membicarakan soal proyek atau hal hal yang menguntungkan pribadi kepadanya.

Hal itu disampaikan JK dalam acara Silaturahmi Nasional Institut Lembang Sembilan Sembilan Tahun 2019 di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019) malam.

“Saya ingin menyampaikan pada Anda semua seperti contoh, saya sudah hampir 4,5 tahun dengan Pak Jokowi. Dan 4,5 tahun tidak pernah sekalipun kita berbicara tentang proyek pribadi. Tidak ada. Tidak pernah. Dan setahu saya juga dia tidak pernah berbicara pada saya tentang hal-hal tersebut,” kata JK.

Menurut JK, suatu negara akan rusak bila presiden dan keluarga melakukan nepotisme. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh Jokowi. Padahal, Jokowi sangat mudah bila ingin memberikan proyek kepada keluarganya.

“Anda tentu tahu putra beliau 2, satu jual martabak dan katering, cukup baik, satu jual pisang. Tidak ada yang proyek jalan atau proyek industri, ndak ada. Artinya tidak akan terjadi nepotisme. Apa susahnya sebenarnya beliau menunjuk suatu proyek, tapi tidak,” terangnya.

Selain itu, kata JK, Jokowi adalah sosok yang demokratis. JK bercerita bahwa Jokowi selalu memutuskan semua hal lewat mekanisme rapat. Kata dia, Jokowi sering menggelar rapat kabinet hampir tiap hari. Terkadang, sehari bisa sampai 2-3 kali. Menurutnya, hal tersebut untuk mencerminkan bila Jokowi selalu berusaha untuk adanya kebersamaan.

“Sehingga tiap tahun lebih dari 200x rapat tiap tahun. Jadi bayangkan kenapa saya harus pindah kantor dekat presiden, supaya mudah keluar rapat saya datang. Kalau di Merdeka Selatan itu mesti naik mobil lagi ke seberang,” ungkap JK.

“Itu artinya beliau sangat demokratis. Ingin demokratis, menjalankan demokrasi. Tanpa ingin memaksakan kehendak. Jadi, kemungkinan untuk otoriter tidak akan terjadi,” sambungnya.


2 dari 2 halaman

Tak Jerumuskan Bangsa

Politikus senior Partai Golkar itu menambahkan, dalam menjalankan kenegaraan wajib diusahakan secara demokratis dan tidak melanggar aturan. Hal itu pun tercermin dari sikap Jokowi yang ingin memajukan bangsa.

“Maka, kenapa saya di mana-mana juga berbicara saya memilih pasangan 01, karena itu bahwa itu tidak akan menjerumuskan bangsa,” ucap JK.

Menurut JK, pemimpin otoriter dan nepotisme bisa membuat negara hancur. Dia mencontohkan negara Venezuela yang dikenal mempunyai cadangan minyak terbesar di dunia kini menjadi negara miskin karena pemimpinnya nepotisme dan otoriter. Hal itu pun juga terjadi di negara-negara Timur Tengah. Terlebih, Indonesia pernah mengalami masa kepemimpinan yang otoriter.

“Karena itulah mengapa kita mempunyai dasar kita mendukung siapa. Bukan untuk kepentingan kita, tapi kepentingan secara keseluruhan dan pilihan pilihan itu harus objektif. Tidak hanya sekadar baik sehingga tidak mau mendukung sesuatu,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra


Saksikan video pilihan berikut ini:

Selain Jokowi dan Fadli, Ternyata Ada yang Lain Incognito ke Tambak Lorok

Semarang – Selain Presiden Joko Widodo dan Fadli Zon, ternyata ada beberapa pejabat yang pernah melakukan perjalanan tanpa rombongan ke kampung nelayan Tambak Lorok Semarang. Nelayan setempat menyebut kampung itu memang sering dikunjungi apalagi menjelang Pemilu.

Salah seorang nelayan di Tambak Lorok, Sudarso (59) mengatakan Pemilu kali ini memang calon legislatif yang datang tidak sebanyak periode sebelumnya. Namun ia mengakui kampungnya sering jadi sasaran kunjungan politik.

“Ya kalau mau pemilu banyak yang berkunjung. Tapi tahun ini lebih sedikit,” kata Sudarso sembari menjahit jaringnya di dermaga Tambak Lorok.

Soal kunjungan, memang ada beberapa yang datang sendirian walau tidak hanya untuk kepentingan politik. Ia mencontohkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang melihat kondisi nelayan, memberikan bantuan, dan melihat proyek kampung bahari di sana.
“Saya ingat yang datang sendirian, Pak Wiranto sekitar tahun 2014, Pak Hidayat Nurwahid dulu pas pertama ada PKS. Terus Bu Susi 2 bulanan lalu, Desember berarti. Bu Susi itu kan bantuin kita, nelayan,” ujar Sudarso.

Suasana politik memang cukup terasa di kampung Tambak Lorok karena banyaknya bendera partai terpasang di dermaga dan di atas perahu.

Nelayan lainnya, Munaim (43) bahkan sempat ditanya Fadli Zon soal bendera partai di dermaga ketika Waketum Gerindra itu incognito bersama 4 orang di Tambak Lorok hari Rabu (20/2) kemarin.

“Dia bilang, banyak bendera partainya ya,” ujar Munaim menirukan Fadli.

Saat itu ditanya Fadli soal bendera, Munaim menceritakan Jokowi pernah datang malam-malam sendirian hanya ditemani sopir. Munaim tidak mengutarakan jelas bagaimana tanggapan Fadli Zon.

“Saya bilang Pak Jokowi datang sendirian malam-malam. Ya agak gimana gitu,” ujarnya.

Untuk diketahui, perjalanan incognito Jokowi pada 2 Februari 2019 lalu terungkap saat debat Capres hari Minggu (17/2) lalu. Para nelayan membenarkan Jokowi datang sekitar pukul 23.00 WIB hanya dengan sopir yang menunggu di mobil.

“Ada teman saya yang gemetar sampai pingsan saking tidak percayanya dikunjungi presiden malam-malam,” lanjut Sudarso sembari tertawa.

Setelah kunjungan itu ramai diperbincangkan, giliran Fadli Zon datang ke Tambak Lorok lewat jalan yang dilalui Jokowi dan juga berhenti di dekat perahu yang sama. Kunjungannya itu ia posting di akun Twitter dilengkapi dengan dua foto.

“Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan,” tulis Fadli.
(alg/sip)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ada Apa dengan Tambak Lorok yang Didatangi Jokowi dan Fadli?

Jakarta – Kampung Tambak Lorok tengah mencuri perhatian. Nama dari kampung yang berada di kawasan Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah itu ramai menjadi bahan perbincangan belakangan ini.

Adalah capres petahana Joko Widodo (Jokowi) yang pertama kali membawa-bawa nama perkampungan nelayan di Semarang itu. Jokowi menyebut nama Tambak Lorok saat debat capres kedua pada Minggu (17/2) lalu. Kala itu, dia mengungkap aksi incognitonya ke kawasan yang saat ini tengah dalam proses penataan untuk menjadi kawasan wisata bahari itu.

Jokowi mengaku pada tengah malam hanya berdua dengan sopirnya melakukan sidak di Tambak Lorok. Hal itu dilakukannya demi memastikan kondisi para nelayan yang sebenarnya. Bukan hanya dari laporan jajarannya di pemerintahan.

Aksi incognito itu pun dibenarkan oleh Ketua RW setempat. Ketua RW 13 di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang, Ahmad Sueb mengaku bersama warganya menyaksikan sendiri kedatangan sang presiden ke kampung mereka.

“Beliau lihat-lihat kondisi pekerjaan proyek yang dulu beliau datangi pada 2014 dan tanya-tanya warga terkait ekonominya gimana, sesudah ada proyek ini gimana,” tutur Sueb kepada wartawan, Senin (18/2).

Aksi tersebut kemudian menjadi kontroversi. Tuduhan pencitraan hingga mempertanyakan persoalan keamanan presiden pun dilontarkan oposisi. Termasuk oleh Waketum Gerindra Fadli Zon yang kemudian meniru melakukan aksi incognito ke kawasan yang akan berdiri pembangkit listrik tenaga uap (PLTGU) itu.

Momen incognito Fadli itu pun dia unggah di akun Twitter-nya pada Rabu (20/2/2019). Dua foto disertakan dalam unggahannya.

Ada Apa dengan Tambak Lorok yang Didatangi Jokowi dan Fadli?Foto: Twitter Fadli Zon

Foto pertama, tampak Fadli yang mengenakan topi, kemeja hitam, dan berkacamata hitam berpose di depan tembok rumah warga yang memasang banner pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan di foto kedua, Fadli tampak tengah berbincang dengan warga di kampung bahari itu.

“Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan,” tulis Fadli.

Tak rela sang capres disindir, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin pun ramai-ramai angkat suara. TKN Jokowi-Ma’ruf menyebut Wakil Ketua DPR itu miskin gagasan dan hanya bisa menjiplak ide orang.

“Ngekor, nggak punya ide orisinil. Kalau kunjungan siang bukan senyap, bukan incognito, tapi pamer. Apa yang dilakukan Fadli Zon hanyalah memamerkan gaya politik murahan yang tak substansial. Sekaligus ini menunjukkan miskinnya kreativitas,” ujar Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf, Achmad Baidowi, kepada wartawan, Rabu (20/2/2019).

“Fadli Zon kunjungan ke nelayan? Siang hari, tidak malam? Nggak kreatif, nyontoh-nyontoh doang itu,” ucap Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy di Hotel El Royal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).
(mae/elz)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Luhut Soal Kunjungan Incognito Jokowi: Dari Dulu Gayanya Begitu

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberi penjelasan soal kunjungan incognito Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tambak Lorok, Semarang. Luhut mengatakan sikap Jokowi yang dekat dengan rakyat kecil memang telah ada sejak dulu.

“Dan dia selalu bilang bukan orang kaya juga, dari bawah. Gayanya begitu dari dulu, di Solo juga begitu, waktu gubernur juga begitu. Sekarang presiden sama aja,” ujar Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Kunjungan incognito Jokowi pun juga ditiru oleh Waketum Partai Gerindra Fadli Zon. Luhut tak mempermasalahkannya dan mengatakan Jokowi tak perlu ‘diajari’ soal kemiskinan.

“Kamu pun niru boleh. Tapi kamu harus lihat, ini menurut saya, karena beliau itu bilang ‘Pak Luhut, saya itu orang miskin, jadi kalau orang ngajarin-ngajarin saya soal miskin, soal apa, ya ndak usah lah. Saya berapa kali pindah tempat, saya setelah nikah dengan Ibu (Iriana) kan di Aceh, di daerah terpencil, jadi saya paham betul’,” jelas Luhut saat menirukan ucapan Jokowi.

Karena berasal dari kalangan bawah itulah, menurut Luhut, Jokowi sangat memahami masalah rakyat kecil. Hal itulah yang membuat Jokowi sangat peduli.

“Makanya Presiden selalu ngotot dengan dana desa. Jadi kalau orang bicara masalah tadi, harga pangan, mengenai kemiskinan, presiden itu pernah ngalamin. Jadi dia sangat care dengan itu,” tegasnya.

Soal kunjungan Jokowi seorang diri yang seolah tanpa pengawalan, Luhut pun menampiknya. Menurutnya, Paspampres tetap berjaga meskipun bukan dalam jarak dekat.

“Ya saya pikir seperti Presiden Clinton bilang ‘tugas kamu ngawal, tugas saya ninjau’. Pasti lah ada saya pikir Paspampres, nggak mungkin nggak lah. Tapi memang ini aja, jaraknya aja,” ungkapnya.

Aksi incognito ke Tambak Lorok, Semarang, sebelumnya dilakukan oleh Jokowi. Aksi tersebut diungkapkan Jokowi dalam debat capres kedua pada Minggu (17/2) lalu.

Blusukan Jokowi saat tengah malam di Tambak Lorok itu kemudian dibenarkan oleh ketua RW setempat. Ketua RW 13 Kelurahan Tanjung Mas, Ahmad Sueb, mengaku kaget dan mengira Jokowi sebagai pekerja proyek.

Sueb mengatakan saat itu Jokowi sendirian. Bahkan sopirnya yang mengantarkannya ada di dalam mobil. Sueb mengaku tidak melihat ada Paspampres di lokasi sehingga ia menjadi ‘Paspampres’ dadakan.

“Lha malam-malam, saya kira pekerja proyek, saat menghampiri baru tahu itu Pak Jokowi,” ujar Sueb kepada wartawan, Senin (18/2).

Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, menirukan kunjungan senyap Presiden Jokowi ke Tambak Lorok. Fadli memamerkan kunjungannya itu dengan mengunggah dua foto di akun Twitter miliknya.

Dalam foto pertama, tampak Fadli, yang mengenakan topi, kemeja hitam, dan berkacamata hitam, berpose di depan tembok rumah warga yang memasang banner pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan di foto kedua, Fadli Zon tampak tengah berbincang dengan warga.

“Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan,” tulis Fadli.
(azr/dhn)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>