Mengenal Sibina, Penangkis Ponsel BM Andalan Kemenperin

Jakarta – Dalam penerapan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI), database Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional (Sibina) akan berperan penting untuk mengidentifikasi ponsel BM atau black market. Apa kabarnya Sibina?

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang mengoperasikan Sibina mengatakan kesiapan sistem database tersebut dari sisi infrastruktur. Soal sisi teknisnya tinggal menunggu regulasi.

“Sistem Sibina sudah on dan sudah siap digunakan. Tinggal menunggu teknis regulasi,” ungkap Janu Suryanto, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Diketahui, Sibina merupakan bantuan cuma-cuma dari Qualcomm. Sebelumnya perusahaan yang bermarkas di San Diego, AS itu menamainya sebagai Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS).

Kemenperin sendiri terhitung dari tahun 2012 hingga sekarang memiliki 1,6 miliar nomor IMEI dari perangkat ponsel dan tablet. Nomor-nomor tersebut tentunya didaftarkan terlebih dahulu oleh importir atau produsen smartphone yang ada di Indonesia.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)

Heboh Ular ‘Berkaki’ Jadi Korban Kebakaran Hutan di Riau

Jakarta – Baru reda cerita raja piton mati karena kebakaran hutan Kalimantan. Kini ada lagi cerita ular berkaki mati hangus di hutan Riau.

Cerita heboh ini berasal dari video yang beredar di Youtube. Video ini direkam oleh Tim 1 Subsatgas Gab II Dim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Rabu 18 September 2019.

Lokasi kejadian ada di Kelurahan Sekip Hilir, Rengat, Kabupaten Indagiri Hulu. Video berdurasi 2:07 menit ini saat ditonton detikcom, Jumat (20/9/2019) menunjukan seekor ular yang mati hangus akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau. “Ditemukan ular berkaki di lahan kebakaran di Kelurahan Sekip Hilir, ini dia kakinya,” demikian suara petugas di dalam video.

Ia menunjukan semacam kaki di tubuh ular yang sudah dekat dengan bagian ekor. Apakah itu sungguhan kaki? Atau organ tubuh yang keluar akibat si ular terbakar? Belum jelas betul jawabannya.

Yang jelas, netizen pun meragukan itu kaki ular. Karena posisinya ada di dekat ekor, mereka menduga itu organ pencernaan atau alat reproduksi.

“Kayaknya king cobra bang. Terus ‘kakinya’ itu bagian isi perut/bagian reproduksi,” ujar Barnacel Boy. Masih misterius memang…

Simak Video “Puncak Merbabu Berselimut Asap Gegara 150-an Hektare Hutan Terbakar
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

iOS 13 dan Serba-serbi yang Wajib Diketahui Sebelum Update

Jakarta – Setelah diumumkan bersamaan dengan peluncuran iPhone 11, iOS 13 akhirnya sudah bisa didapatkan oleh pengguna iPhone dan iPod Touch lainnya sejak Kamis (19/9/2019). Sistem operasi ini sudah langsung bisa dicicipi oleh pengguna trio iPhone 11, tapi untuk pengguna iPhone seri lainnya harus mengupdate secara manual.

Sistem operasi anyar ini pun membawa sejumlah fitur baru dan keunggulan yang dapat meningkatkan experience pengguna seperti fitur Dark Mode. Sama seperti versi sebelumnya, iOS 13 hanya tersedia untuk beberapa perangkat saja.

Ingin tahu seri iPhone apa saja yang bisa mencicipi iOS 13? Atau penasaran fitur-fitur baru apa saja yang dibawa? Berikut serba-serbi iOS 13 yang harus kalian tahu sebelum meng-update perangkat kalian.

1. Fitur-fitur Baru

Fitur terbaru yang paling ditunggu di iOS 13 tentu saja Dark Mode. Fitur ini bisa ‘menggelapkan’ hampir semua bagian iPhone kalian, kecuali aplikasi pihak ketiga.

Pembaruan lain dapat dilihat dari keyboard yang saat ini sudah mendukung fitur swipe yang disebut Quickpath. Fitur ini mirip dengan fitur yang telah ada di keyboard Swiftkey dan Gboard dan menjanjikan pengetikan yang lebih cepat.

Aplikasi bawaan iPhone seperti Mail, Note dan Safari juga mendapat sejumlah pembaruan. Demikian pula dengan Apple Maps yang disebut lebih komprehensif dan kini memiliki fitur Apple Street View.

FaceTime dan Face ID juga mendapat sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kemampuan deteksi wajah. Kalian juga mendapatkan sejumlah Memoji baru yang lebih customizable untuk dicoba.

Aplikasi Reminders mendapat pembaruan yang cukup signifikan. Selain menghadirkan desain baru, Reminders kini bisa digunakan untuk menaruh lampiran dan bisa menyusun pengingat dengan lebih baik.

Pembaruan signifikan juga diterima aplikasi Photos yang kini dilengkapi machine learning untuk menghapus foto duplikat. Tapi yang lebih menarik, aplikasi ini turut menghadirkan fitur edit foto dan video yang lebih mutakhir.

Aplikasi Find my iPhone dan Find my Friends kini disatukan dalam satu aplikasi. Apple juga menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mencari perangkat mereka yang offline dari iPhone atau iPad lain.

iOS 13 juga bisa meningkatkan umur baterai karena fitur charging-nya yang lebih pintar dan bisa mengurangi input daya pada waktu yang tepat.

Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan fitur privasi di iOS 13. Pengguna bisa login menggunakan Face ID dan membuat akun baru tanpa memberikan data pribadi mereka. Selain itu, Apple juga akhirnya memperkenalkan fitur Sign in with Apple untuk membuat pengguna berinternet lebih nyaman.

2. Perangkat yang Bisa Cicipi iOS 13

iOS 13 bisa dicicipi oleh iPhone 6S dan iPhone SE ke atas serta iPod Touch generasi 7. Ini artinya, kalian yang menggunakan iPhone 5S atau iPhone 6 tidak berkesempatan mencicipi sistem operasi anyar ini.

Selain itu, iPad juga tidak akan mendapatkan iOS 13 karena akan mendapat iPadOS yang akan meluncur pada 30 September mendatang. Berikut daftar lengkap perangkat yang mendapatkan iOS 13:

– iPhone 11
– iPhone 11 Pro
– iPhone 11 Pro Max
– iPhone XS
– iPhone XS Max
– iPhone XR
– iPhone X
– iPhone 8
– iPhone 8 Plus
– iPhone 7
– iPhone 7 Plus
– iPhone 6s
– iPhone 6s Plus
– iPhone SE
– iPod touch (7th generation)

3. Cara Update iOS 13

Apple akan mengirimkan update iOS 13 secara OTA (over-the-air). Sebelum meng-update perangkat kalian, ada beberapa hal yang perlu diingat yaitu pastikan baterai perangkat terisi minimal 50% atau terhubung dengan charger. Selain itu, patut diperhatikan bahwa update ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung kecepatan koneksi internet.

Cara update iOS 13 sendiri cukup mudah yaitu:

– Buka aplikasi Settings
– Pilih menu General
– Pilih Software Update
– Jika update sudah tersedia untuk perangkat kalian, klik Download and Install.

Simak Video “Fitur Baru iOS 13 untuk iPhone 6S hingga Versi Terbaru
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)