Netanyahu Ingatkan Jet-jet Tempur Israel Bisa Mencapai Iran

Tel AvivPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melontarkan peringatan pada Iran. Diingatkannya, jet-jet tempur Israel bisa mencapai ke mana pun di Timur Tengah, termasuk Iran.

“Baru-baru ini, Iran telah membuat ancaman soal kehancuran Israel,” ujar Netanyahu di pangkalan udara Nevatim di Israel selatan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (10/7/2019).

Netanyahu mengunjungi pangkalan Angkatan Udara Israel tersebut pada Selasa (9/7) waktu setempat untuk menginspeksi jet-jet tempur F-35 yang diproduksi perusahaan Amerika Serikat, Lockheed Martin.
“Sebaiknya diingat bahwa pesawat-pesawat ini bisa mencapai ke mana saja di Timur Tengah, termasuk Iran dan tentunya Suriah,” imbuh pemimpin negeri Yahudi itu.
Sebelumnya, Netanyahu telah mengeluarkan serangkaian statemen keras terhadap Iran dalam beberapa pekan terakhir. Pernyataan itu dilontarkan setelah pemerintah Iran memutuskan untuk melanggar sejumlah komitmen sesuai kesepakatan nuklir tahun 2015 dengan negara-negara besar di dunia. Juga setelah serangkaian serangan terhadap kapal-kapal tanker minyak di kawasan Teluk yang menurut Israel dan Amerika Serikat, didalangi oleh Iran. Pemerintah Iran telah membantah tudingan tersebut.

Pada Minggu (7/7) lalu, Netanyahu menyebut keputusan Iran untuk melampaui batasan pengayaan uranium yang ditetapkan dalam kesepakatan nuklir 2015 sebagai “langkah yang sangat berbahaya”. Dia pun menyerukan negara-negara Eropa untuk merespons dengan menjatuhkan sanksi pada Iran.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *