Vidic: MU dan Liverpool Punya Pertahanan Solid

Liputan6.com, Manchester – Nemanja Vidic memberi analisanya jelang Manchester United (MU) menghadapi Liverpool di Old Trafford Stadium, Minggu (24/2/2019). Menurut dia tidak benar pertahanan MU lebih keropos ketimbang Liverpool.

Mantan bek tangguh MU ini percaya barisan pertahanan MU juga kuat.Setidaknya dalam 13 pertandingan terakhir, MU jarang kebobolan meski kualitas gelandang bertahan juga cukup berperan.

Pada era Jose Mourinho, pertahanan MU terus jadi titik lemah. Pelatih kawakan itu belum mampu mengentaskan MU dari masalah bek. Nama-nama seperti Chris Smalling, Phil Jones, Victor Lindelof, Eric Bailly belum benar-benar memenuhi harapan fans MU.

Meski demikian, permainan MU meningkat di era Ole Gunnar Solskjaer. Bek-bek MU tampil semakin percaya diri dan tidak sering membuat kesalahan seperti di era Mourinho dahulu.

Kondisi ini menimbulkan spekulasi bahwa sebenarnya bek-bek MU sudah cukup baik, hanya mereka menerapkan taktik yang salah.


2 dari 3 halaman

Sama Baiknya

Sebagai mantan bek MU, Vidic tentu pernah bermain dengan pemain-pemain seperti Chris Smalling dan Phil Jones. Dia memang tidak mengenal Lindelof, Bailly, dan Marcos Rojo, tapi Vidic percaya kemampuan mereka cukup baik.

Tak hanya itu, Vidic bahkan yakin barisan bek MU saat ini tidak kalah baik dari bek-bek Liverpool, Manchester City, atau Chelsea.

“Saya kira, dengan semua bek ini, saya sudah pernah menghadapi pertanyaan ini sebelumnya ketika mereka bertanya soal MU dan bagaimana seharusnya mereka membeli pemain bertahan,” buka Vidic di laman resmi Manutd.

“Saya merasa bahwa ketika saya melihat barisan bek Liverpool, Manchester City, dan Chelsea, saya tidak berpikir bahwa mereka memiliki pemain bertahan yang lebih baik daripada kami. Itulah pendapat pribadi saya.”

3 dari 3 halaman

Keputusan Ole

Oleh sebab itu, Vidic percaya saat ini segalanya ada di tangan Solskjaer. Artinya, Solskjaer harus bisa memilih pemain yang tepat untuk pertandingan tertentu. Bek-bek MU akan tampil baik jika kesempatannya tepat.

“Jadi, saya pikir Ole [Solskjaer] punya pemain-pemain yang berbeda, jenis bek yang berbeda, dan dia harus menemukan pertandingan yang tepat. Ketika tim bermain baik, pada pemain akan mendapatkan kepercayaan diri saat memasuki lapangan.”

“Mereka percaya mereka bisa memenangkan pertandingan dan tidak takut menghadapi pertandingan. Jadi itu penting secara psikologis. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah ketika anda mendekati pertandingan dengan perasaan ragu,” tandas Vidic.

Sumber: Bola.net

Pelatih MU Masa Bodoh dengan Persaingan Liverpool dan Man City

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester United (MU),Ole Gunnar-Solskjaer masa bodoh dengan persaingan perebutan juara antara Liverpool dengan Manchester City musim ini. Bagi Solskjaer, MU wajib finis empat besar.

Tak hanya itu, Solskjaer juga percaya bukan hanya Man City dan Liverpool yang patut diperhitungkan. Dia menyebut Tottenham Hotspur di peringkat ketiga juga patut diwaspadai.

Saat ini, persaingan papan atas Premier League bak terbelah dua. Tiga tim berusaha merebut gelar juara (Man City, Liverpool, Tottenham), dan tiga tim lainnya berebut peringkat keempat (MU, Chelsea, Arsenal).

Bagi Solskjaer, persaingan kedualah yang lebih penting, yakni berusaha menembus empat besar. Peluang MU untuk finis empat besar terbuka kalau bisa kalahkan Liverpool besok malam.


2 dari 3 halaman

Tidak Penting

Menurut Solskjaer, memikirkan balapan gelar juara hanya buang-buang waktu. Dia percaya MU harus mengutamakan prioritas mereka dengan baik, yakni memanfaatkan 12 pertandingan sisa Premier League musim ini untuk mempertahankan posisi di empat besar.

“Saya tidak terlalu fokus pada tim-tim lain dan apa yang mereka lakukan. Saya fokus pada diri kami sendiri dan apa yang harus kami perbuat untuk mencapai posisi yang kami inginkan,” tegas Solskjaer di manutd.com.

“Ada persaingan tiga tim di puncak, dan persaingan tiga tim untuk posisi keempat, jadi itulah fokus saya.”

“Apakah saya ingin Spurs meraih gelar juara? Saya tidak benar-benar terlibat dengan itu. Mungkin!”

3 dari 3 halaman

Hadapi Liverpool

Minggu (24/2 malam WIB besok, MU akan menjamu Liverpool pada laga lanjutan Premier League. Laga itu penting bagi MU untuk menjaga posisi di klasemen sementara, juga sangat penting bagi Liverpool untuk merebut kembali posisi puncak klasemen dari Man City.

“Kami tahu kami menghadapi pertandingan yang sangat sulit. Mereka [Liverpool] tampil sangat fantastis musim ini. Merka juga tahu, datang ke Old Trafford akan sulit.”

“Saya pikir mereka akan menghargai kami dan kami akan menaruh respek terhadap mereka. Mereka adalah tim dengan banyak pemain bagus,” tandas Solskjaer.

Sayangnya, Solskjaer masih harap-harap cemas jelang pertandingan ini. Dia berharap Anthony Martial dan Jesse Lingard bisa pulih tepat waktu untuk bermain.

Sumber: Bola.net

Berkonflik dengan Manusia, Gajah di Botswana akan Dijadikan Pakan Ternak

Liputan6.com, Gaborone – Pemerintah Botswana tengah mempertimbangkan pencabutan larangan berburu gajah, menyusul sejumlah kasus penyerangan hewan tersebut terhadap warga negara. Hal ini disampaikan oleh subkomite peninjau moratorium perburuan pada Kamis, 21 Februari 2019.

Sebuah laporan menteri kabinet juga mengatakan bahwa gajah yang kemudian mati karena diburu, akan digunakan untuk makanan hewan peliharaan, dikutip dari situs abc.net.au, Sabtu (23/2/2019).

Masyarakat yang bertempat tinggal di dekat habitat gajah mendukung pemberlakuan perburuan. Mereka beralasan bahwa jumlah konflik antara manusia dan satwa liar meningkat sejak larangan berburu diterapkan pada 2014.

Namun para konservasionis menyatakan bahwa sektor pariwisata yang menjadi andalan negara di benua Afrika Selatan itu akan menurun. Mengingat, gajah adalah salah satu primadona turis mancanegara.

Saat ini, memang terdapat 130.000 gajah di Afrika Selatan dengan Botswana merupakan habitat bagi sebagian besar hewan tersebut. 

Warga Menolak

Senada dengan konservasionis, beberapa warga Botswana juga menolak diperbolehkannya berburu.

Gajah sama-sama makhluk hidup dan makhluk sosial seperti manusia. Mencabut larangan berburu, maka sama dengan menolak hak-hak mereka. Menembak mereka sama dengan membunuh manusia,” kata Ashwin Kumar dalam balasan terhadap tweet pemerintah.

Sementara itu, pengguna akun @mulalamovement mengatakan bahwa sudah seharusnya berburu dilarang. Menurutnya, berkat pelarangan itu Botswana terdepan dalam menjaga satwa liar.

“Jangan cabut larangan. Tetap di jalur dan terus menjadi juara konservasi,” katanya.

Rencana kontroversial ini akan dibahas oleh kabinet sebelum dikeluarkan sebagai keputusan final, sebagaimana dinyatakan oleh Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi.

Selain itu, menanggapi kritik dari banyak pihak, Masisi menyatakan bahwa perburuan masih dilarang untuk sementara waktu. Hal ini berkaitan dengan beberapa spesies hewan yang tengah menurun.

“Aku berjanji akan mempertimbangkannya,” kata Masisi.

“Kertas putih akan segera dibuat dan akan dibagikan kepada publik,” pungkasnya.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

87 Gajah Botswana Ditemukan Mati Tanpa Gading

Sementara itu, belum lama ini puluhan gajah didapati mati di dekat tempat perlindungan satwa liar yang terkenal di Botswana.

Sebuah penyidikan menemukan sekitar 87 ekor gajah yang diambil gadingnya. Keseluruhan gajah itu terbunuh dalam tiga bulan terakhir.

Tak hanya gajah, ada sekitar lima badak putih yang juga diburu dalam tiga bulan terakhir. Diperkirakan bahwa perburuan ini dilakukan oleh sejumlah orang asing di negara tetangga yang menyeberangi perbatasan ke Botswana, demikian dikutip dari laman ABC Indonesia.

Mike Chase dari grup Elephants Without Borders mengatakan dia terkejut dengan temuan itu.

“Skala perburuan gajah sejauh ini adalah yang terbesar yang pernah saya lihat, atau baca di mana saja di Afrika hingga saat ini,” katanya kepada BBC.

“Ini membutuhkan tindakan segera dari Pemerintah Botswana.”

Populasi gajah Afrika telah merosot dari jutaan menjadi sedikitnya 415.000 hari ini. Di Tanzania saja, populasi gajah menurun 60 persen menjadi 43.000 antara 2009 dan 2014 menurut pengakuan pemerintah.

Bangkai ditemukan di dekat perlindungan satwa liar Okavango Delta yang dilindungi, yang terpencil di Botswana.

“Orang-orang memang memperingatkan kami tentang masalah perburuan yang akan datang dan kami pikir kami siap untuk itu,” kata Dr Chase.

“Para pemburu sekarang mengarahkan senjata mereka ke Botswana. Kami memiliki populasi gajah terbesar di dunia dan musim terbuka bagi para pemburu gelap.

“Jelas kita perlu berbuat lebih banyak untuk menghentikan skala dari apa yang kami rekam pada survei,” pungkas Dr Chase.

Gabung ke Barcelona, De Jong Tak Sabar Main Bareng Messi

Liputan6.com, Amsterdam – Bintang muda asal Belanda, Frenkie De Jong, sudah tak sabar ingin segera memulai kiprahnya bersama Barcelona. De Jong mengaku ingin segera bergabung demi bermain dengan salah satu pemain terbaik di dunia, Lionel Messi.

Frenkie De Jong menarik perhatian dunia dengan performa apiknya bersama Ajax Amsterdam di umur yang masih muda, 21 tahun. Sejak musim 2017-2018, ia sudah memegang peran penting di klub tersebut dan telah mengoleksi 70 penampilan di semua ajang hingga sekarang.

Hal itulah yang membuat Barcelona kepincut dan rela mengeluarkan uang sebesar 75 juta euro untuk mendapatkannya. Meski telah resmi menjadi bagian dari klub raksasa Spanyol itu, namun De Jong baru bisa bergabung pada musim panas nanti.

Bermain di Barcelona artinya De Jong bisa tampil bersama salah satu pemain terbaik dunia saat ini, yakni Lionel Messi. Saat berbicara kepada situs resmi klub, ia menunjukkan rasa tidak sabarnya ingin bermain dengan legenda Argentina tersebut.

“Saya senang [bermain dengan Messi],dan sedang menantikannya. Menurut saya, dia adalah pemain terbaik dalam sejarah,” tutur De Jong.

“Sulit untuk mendefinisikan dirinya. Saya pikir dia adalah pemain yang paling komplit. Dia bisa melakukan segalanya dengan ataupun tanpa bola, dia membuat banyak peluang, kaki kirinya luar biasa dan dia juga cerdas,” jelasnya.


2 dari 3 halaman

Idolakan Barcelona

Beberapa waktu lalu, De Jong sempat mengungkapkan bahwa dirinya pernah dikejar oleh klub besar Eropa lainnya seperti Manchester City dan PSG. Namun ia memilih Barcelona karena telah mengidolakan klub tersebut sejak kecil.

“Saya selalu memimpikan Barcelona waktu masih kecil. Saya hanya ingin bermain untuk Barca. Saya suka dengan para pemainnya, saya suka gayanya. Saya pikir Barca adalah tim impian saya,” ungkap De Jong.

3 dari 3 halaman

Banyak Trofi

“Cita-cita saya adalah menjadi pemain yang penting untuk Barcelona, harapannya saya bisa menjadi starter dan memenangkan banyak trofi bersama Barcleona. Itu adalah tujuan saya pada saat ini,” tuturnya.

Tentunya, mendapatkan status inti reguler di Barcelona bukanlah perkara yang mudah bagi De Jong. Sebab, klub berjuluk Blaugrana itu dikenal memiliki barisan gelandang hebat seperti Ivan Rakitic, Sergio Busquets, hingga Arturo Vidal.

Sumber: Bola.net 

Saksikan video pilihan di bawah ini

Gelandang Napoli Bantah Pernah Bicara dengan Klopp

Liputan6.com, Jakarta Liverpool tengah mengincar gelandang andalan Napoli, Piotr Zielinski. Bahkan, kabarnya pemain 24 tahun itu sempat menggelar pembicaraan langsung dengan manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Namun, kabar tersebut langsung dibantah Zielinski. Ia menegaskan dirinya tak pernah menerima pendekatan dari Liverpool.

“Saya tak pernah berbicara dengan Klopp. Tak ada yang perlu dikatakan mengenai Liverpool atau siapa pun tim lainnya,” ujar Zielinski kepada sportowefakty.

Zielinski musim ini memasuki musim ketiganya bersama Napoli. Sejauh ini, pemain asal Polandia itu selalu menjadi pemain yang konsisten saat bermain di lini tengah Napoli.

2 dari 3 halaman

Bantahan Zielinski

Performa apik Zielinski ini, disebut-sebut menarik perhatian Liverpool. Klub Merseyside itu sudah cukup lama mengamati perkembangan Zielinski di Napoli.

“Saya bahagia di Napoli. Saya bekerja dengan pelatih yang membuat saya belajar banyak darinya. Saya ingin menampilan permainan sepakbola terbaik saya di sisa musim ini dan kita akan lihat apa yang terjadi,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Perpanjangan Kontrak

Lebih lanjut, Zielinski juga mengungkapkan bahwa dirinya kini tengah menggelar negosiasi perpanjangan kontrak dengan kubu Napoli.

“Perwakilan saya tengah membicarakan perpanjangan kontrak dengan Napoli dan saya hanya fokus bermain sepakbola,” tutur Zielinski.

“Ada kalanya ketika saya sering memikirkan masa depan saya, dan itu terlihat dari mental dan penampilan saya. Sekarang saya menyerahkan hal tersebut kepada agen saya,” sambungnya.

“Saya bahagia di Napoli, saya masih memiliki dua tahun sisa kontrak dan saya ingin memenangi sesuau bersama klub ini. Itu akan sangat berarti bagi fans dan saya sendiri. Selain itu, akan menyenangkan jika bisa menuliskan saya dalam sejarah Napoli,” tukasnya.

Sumber: bola.net

Persija Jakarta Kurang Puas Kualitas 2 Pemain Asing

Liputan6.com, Jakarta – Persija Jakarta tidak puas dengan kinerja dua pemain. Vinicius Lopes dan Jakhongir Abdumuminov terancam dicoret karena kualitasnya tidak memenuhi ekspektasi. 

CEO Persija Ferry Paulus berencana mencari pengganti Vinicius. Macan Kemayoran sudah memastikan merekrut kembali Rohit Chand untuk menggantikan Abdumuminov. 

Penampilan Vinicius dan Jakhongir sejauh ini dinilai kurang memuaskan. Terutama Vinicius yang dalam sorotan tajam karena kerap melakukan kesalahan.

“Saya jujur belum tahu ya. Artinya mungkin itu ada pembicaraan head coach (Ivan Kolev) dengan manajemen saya belum tahu,” ujar asisten pelatih Persija, Mustaqim di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (20/2/2019).

2 dari 2 halaman

Konsentrasi 

Saat ini, Persija tengah fokus melawan Tira-Persikabo pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia 2018/2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (21/2/2019). Pada pertemuan pertama, tim berjuluk Macan Kemayoran itu ditahan imbang 2-2.

“Persija datang ke Bekasi dan sebagai tuan rumah yang jelas kita siap untuk memenangkan pertandingan pada besok,” tutur Mustaqim.

“Motivasi pemain sangat tinggi karena pertandingan ini juga akan menentukan buat lolos ke babak selanjutnya,” imbuhnya.


Sumber: Bola.net

Liverpool vs Bayern Munchen: Reaksi Hummels Redam The Reds di Anfield

Liputan6.com, Liverpool – Bek Bayern Munchen, Mats Hummels gembira bisa meraih hasil imbang melawan Liverpool pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Anfield. Hasil imbang ini justru membuka peluang bagi Munchen yang akan main di kandang pada leg kedua.

Bayern Munchen gagal memetik kemenangan di pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini. Mereka hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Liverpool di Anfield.

Dengan hasil imbang ini, kelolosan Bayern ke babak perempat final Liga Champions akan ditentukan di leg kedua nanti. Namun mereka berada dalam posisi yang cukup menguntungkan karena mereka akan bermain di depan puluhan ribu supporter setia mereka di Allianz Arena.

Hummels sendiri merasa hasil imbang ini merupakan hasil yang apik bagi timnya. “Kami bisa merasa senang dengan hasil ini,” kata Hummels kepada Sky Sports.

Liverpool berikutnya harus mempertaruhkan nasib di markas Munchen pada leg kedua nanti. Bagaimana kans Munchen?


2 dari 3 halaman

Performa Apik

Hummels sendiri menilai hasil imbang yang diraih timnya di Anfield ini merupakan hasil yang adil bagi kedua tim.

Ia menilai timnya bermain dengan sangat baik sejak awal laga sehingga mereka mampu meredam permainan menyerang yang dilancarkan tuan rumah.

“Hari ini kami bermain dengan sangat baik. Kami bermain dengan sangat disiplin dan kami menerapkan taktik yang disiapkan pelatih dengan sangat baik.”

3 dari 3 halaman

Optimis Lolos

Hummels sendiri merasa optimis timnya mampu lolos ke perempat final Liga Champions nanti.

Ia merasa bermain di Allianz Arena akan memperbesar peluang mereka untuk lolos karena mereka mendapatkan dukungan penuh dari para pendukung mereka.

“Kemungkinan kami untuk lolos masih 50:50 tetapi kami akan bermain di kandang kami sendiri dan kemenangan di sana akan memastikan satu tempat bagi kami di perempat final.” tandasnya.

Pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions ini nantinya akan digelar pada tanggal 14 Maret 2019 mendatang di Allianz Arena.

Sumber: Bola.net

Lyon vs Barcelona: Tuan Rumah Belum Puas

Liputan6.com, Lyon- Pelatih Lyon, Bruno Genesio mengaku belum puas bisa menahan imbang Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions,Rabu (20/2) dini hari WIB. Lyon seperti diketahui harus puas dengan skor 0-0 melawan klub asal Katalunya itu.

Lyon memberikan perlawanan spartan kepada Barcelona di groupama stadium. Meski tidak diunggulkan, Lyon sukses membuat Barcelona mati kutu saat hendak mencetak gol ke gawang mereka.

Ada perasaan campur aduk bagi skuat Lyon usai pertandingan ini. Di satu sisi mereka puas dengan tidak kebobolan, di sisi lain mereka merasa frustrasi karena seharusnya bisa mencetak gol melawan Barcelona.

Lyon membuktikan tidak takut melawan Barcelona.Terbukti, di babak pertama pertandingan berjalan cukup ketat. Meski lebih banyak bertahan, Lyon juga meluncurkan serangan-serangan cepat yang berbahaya.

Di babak kedua, Barcelona memang tampil lebih dominan.Genesio yakin duel ini masih terbuka, ada banyak kemungkinan di leg kedua nanti.


2 dari 3 halaman

Campur Aduk

Bermain melawan Barca di Liga Champions jelas tidak mudah, tapi Lyon berhasil melakukannya dengan sangat baik. Mereka berhasil mencatatkan clean sheet. Artinya, di leg kedua nanti, Barca akan kesulitan jika Lyon mampu mencuri gol.

“Duel ini masih terbuka. Kami merasakan campuran rasa puas dan frustrasi karena tidak berbuat lebih. Bagus bisa mencatatkan clean sheet dan bisa bertahan melawan Barcelona yang hebat,” tutur Genesio di Marca.

“Kami tidak bisa menyerang seperti yang kami inginkan di babak kedua, kami tidak punya kualitas untuk membuat Barcelona lebih kerepotan”

3 dari 3 halaman

Masih Separuh

Lebih lanjut, Genesio percaya timnya masih punya peluang besar untuk lolos ke fase berikutnya. Mereka hanya perlu mengamati kesalahan mereka dan berusaha tidak mengulanginya di leg kedua nanti.

“Kami terlalu mudah kehilangan bola dan itu berarti kami lebih sering menerima gelombang serangan. Kami masih hidup di paruh pertama duel ini.”

“Saya pikir terkadang kami kekurangan teknik, khususnya di babak kedua. Kami puas dengan pertahanan kami dan kami tampil berani. Saya kira seharusnya kami bisa lebih banyak bermain dari belakang untuk membuat mereka kesulitan,” katanya.

Sumber: Bola.net

Pogba Bertekad Bantu MU Menangkan Trofi Musim ini

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) finis di posisi kedua Liga Inggris musim 2017/18. Ini adalah kali pertama Setan Merah menjadi runner up dalam lima tahun terakhir.

Namun, musim lalu MU gagal meraih satupun trofi juara. Sebab, Paul Pogba dan kawan-kawan takluk 0-1 dari Chelsea di final Piala FA.

Kekalahan tersebut dibalas MU pada putaran kelima FA musim ini di Stamford Bridge, Selasa (19/2/2019) dini hari WIB. Skuat racikan Ole Gunnar Solskjaer menang 2-0 atas Chelsea.

Pogba berharap MU bisa melaju jauh di Piala FA dan menjadi juara di kompetisi ini. “Semua kompetisi itu sama pentingnya,” katanya dalam wawancara kepada MUTV.

2 dari 3 halaman

Ingin Juara

Pogba menyebut timnya enggan paceklik gelar juara lagi musim ini setelah musim lalu tidak memenangkan satu trofipun. Untuk itu, dia berharap timnya bisa terus meraih kemenangan di Piala FA sehingga mereka bisa mengangkat trofi itu di akhir musim nanti.

“Tahun ini kami ingin memenangkan trofi juara setelah musim lalu kami tidak memenangkan satupun trofi. Kami mengingat fakta itu dengan baik, sehingga untuk tahun ini kami ingin memenangkan sesuatu,” ucap Pogba.

3 dari 3 halaman

Puji Fans

Pada kesempatan ini Pogba juga memberikan pujian setinggi langit untuk para pendukung Manchester United. Ia menilai berkat dukungan tanpa henti dari para fans MU, Setan Merah mencuri kemenangan di Stamford Bridge.

“Para fans kami selalu berada di sana untuk mendukung kami. Mereka selalu mendorong kami dan mereka selalu membantu kami. Dan kami sangat bersyukur atas apa yang mereka lakukan bagi kami.” tandasnya.

Berdasarkan undian yang dilakukan FA, MU akan menghadapi Wolverhamtpon Wanderers di perempat final FA Cup musim ini.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Liga Champions: Data dan Fakta Schalke vs Manchester City

Liputan6.com, Jakarta – Manchester City bersua Schalke 04 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (21/2/2019) dini hari WIB. Inilah data dan fakta duel di Veltins-Arena ini.

* Schalke menang sekali dan Manchester City menang dua kali dalam tiga pertemuan mereka sebelumnya. Agregat golnya 2-7.

* Pertemuan pertama Schalke dan Manchester City tersaji di semifinal Piala Winners 1969/70. Manchester City memenangi partai itu dengan agregat 5-2 (0-1 tandang, 5-1 kandang).

* Pertemuan berikutnya adalah di fase grup UEFA Cup 2008/09. Manchester City mengalahkan Schalke 2-0 di Gelsenkirchen. Vincent Kompany bermain 90 menit untuk Manchester City, dan dia merupakan satu-satunya pemain dari waktu itu yang masih saat ini masih bersama klubnya.

2 dari 3 halaman

Statistik Schalke

* Tiga partisipasi terakhir Schalke di Liga Champions selalu terhenti di babak 16 besar. Schalke dihentikan Galatasaray dengan agregat 3-4 di babak ini pada musim 2012/13, kemudian dua edisi beruntun disingkirkan Real Madrid pada 2013/14 (agregat 2-9) dan 2014/15 (agregat 4-5).

* Tujuh dari 11 poin yang dikumpulkan Schalke untuk menjadi runner-up Grup D mereka raih dari laga-laga kandang: 1-1 vs Porto, 2-0 vs Galatasaray, 1-0 vs Lokomotiv Moscow.

* Schalke hanya menang tiga kali dalam delapan laga kandang terakhirnya di Liga Champions, kebobolan 18 gol.

* Namun Schalke tak terkalahkan dalam sembilan laga kandang terakhirnya di kompetisi Eropa (M6 S3 K0).

* Schalke tanpa kemenangan dalam lima laga terakhirnya melawan tim-tim Inggris (M0 S2 K3), sejak mengalahkan Arsenal 2-0 pada Oktober 2012.

* Dalam laga kandang terakhirnya melawan tim asal Inggris, Schalke dihajar Chelsea 0-5 di fase grup Liga Champions 2014/15.

* Schalke tanpa kemenangan dalam enam laga kandang terakhirnya melawan tim-tim Inggris (M0 S2 K4), kebobolan 14 gol dan hanya mencetak dua gol, sejak mengalahkan Arsenal pada Oktober 2001.

* Nabil Bentaleb adalah top scorer sementara Schalke di semua kompetisi musim ini dengan torehan enam gol.

3 dari 3 halaman

Statistik Manchester City

* Manchester City tak terkalahkan dalam tiga laga tandangnya di fase grup Liga Champions musim ini: 2-1 vs Hoffenheim, 3-0 vs Shakhtar Donestk, 2-2 vs Lyon.

* Manchester City sudah berhadapan dengan tim Jerman di fase grup Liga Champions musim ini, yakni Hoffenheim. Manchester City menang dengan skor identik 2-1 tandang dan kandang. Sergio Aguero dan David Silva mencetak gol di kandang Hoffenheim, kemudian Leroy Sane memborong dua gol di Etihad Stadium.

* Manchester City menang tiga kali dan hanya kalah sekali dalam lima lawatan terakhirnya ke Jerman (M3 S1 K1).

* Manchester City hanya menang lima kali dalam 11 laga terakhirnya di Eropa, kandang dan tandang.

* Manchester City meraih tiga kemenangan dalam enam laga tandang terakhirnya di Eropa (M3 S1 K2).

* Leroy Sane adalah pemain Schalke periode 2014-2016, sebelum bergabung dengan Manchester City. DIa mencetak 11 gol dalam 47 penampilan untuk Schalke di Bundesliga.

* Manchester City memenangi 12 dari 13 laga terakhirnya di semua kompetisi, kalah sekali, mencetak 49 gol dan hanya kebobolan enam.

* Sergio Aguero mencetak sembilan gol dalam enam penampilan terakhirnya untuk Manchester City.

* Rekor tandang Manchester City di semua kompetisi musim ini adalah M13 S4 K3.


Sumber: Bola.net