Cerita Pilu TKI Siti Aisyah Jadi ‘Artis’ Reality Show di Negeri Jiran

Liputan6.com, Banten – Siti Aisyah telah bebas dari dakwaan hukuman mati di Pengadilan Tinggi Malaysia, atas tuduhan meracun Kim Jong-nam, saudara tiri dari Kim Jong-un, pimpinan tertinggi Korea Utara (Korut).

Aisyah bercerita di tahun 2017, tak hanya di Indonesia, tapi juga di Malaysia, marak acara reality show yang ‘ngerjain’ orang, kalau kini kerap disebut ‘prank’.

“Lagi (tahun) 2016 itu kan lagi musim yang jail itu, di Malaysia lagi musim juga,” kata Siti Aisyah, di kediamannya beberapa waktu lalu.

Aisyah tak pernah terpikirkan ia dijebak oleh orang yang baru dikenalnya dan menawarkan tampil di acara reality show, yang berakhir ke meja hijau.

Orang yang menawarkan dia sebagai ‘artis’ pun baru dikenalnya di Malaysia.

“Saya (baru) kenal sama orang yang ngajak. (Pelaku asal Vietnam) saya kenal dia di kantor polisi, ketemu sama dia disana. Saya kenalnya setelah ditangkep, dia duluan yang ditangkep,” ujarnya.

Aisyah bersukur Jaksa Penuntut Umum (JPU) di pengadilan tinggi Malaysia mencabut tuntutannya. Meski begitu, wanita desa yang tak mengerti hukum ini, berharap tidak lagi berhadapan masalah hukum di negeri Jiran maupun Indonesia.

“Selama dua tahun di Malaysia, pemerintah selalu mendampingi saya. Dari Indonesia yang dari kedutaan Indonesia,” terangnya.

Selama menjalani proses hukum di Malaysia, Siti Aisyah merasa sedih. Lantaran baru pertama kali menghadapi kasus hukum.

Meski orang tuanya ingin bertemu Siti di penjara, namun dia melarangnya karena tak ingin membuat semakin sedih kedua orangtuanya.

“Saya banyakin berdoa, dapat dukungan dari pihak kedutaan, pihak pengacara,” jelasnya.

Siti berpesan untuk siapapun warga Indonesia, terutama yang bekerja diluar negeri, untuk tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenalnya.

Kini, Siti hanya ingin menghabiskan waktu nya bersama keluarga besar dan teman karibnya dikampung halaman.

“Mungkin bisa lanjut sekolah. Saya ingin istirahat aja dulu, karena hobinya saya jalan-jalan,” ucap Siti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Presiden Jokowi menerima Siti Aisyah di Istana usai dinyatakan bebas oleh majelis hakim di Malaysia.

Pakai Siger, Syahrini Bangga Bawa Tradisi Sunda ke Negeri Sakura

Liputan6.com, Jakarta – Pernikahan Syahrini dan Reino Barack di Tokyo, Jepang, telah berlalu. Namun, cerita mengenai pernikahan mereka belum juga berakhir.

Dalam unggahan terbarunya, Syahrini mengungkapkan kebanggaannya sebagai wanita Sunda. Hal itu diungkapkan perempuan kelahiran Bogor itu dengan mengunggah sebuah foto saat dirinya memakai siger (mahkota) putih di kepalanya dengan rambut disanggul.

“Aku Bangga Menjadi Wanita Sunda, Membawa Tradisi Sunda Ke Negara Sakura, Memakai SIGER Kebanggaan Orang Sunda,” tulis Syahrini, Kamis, 14 Maret 2019.

Syahrini menulis, siger merupakan mahkota pengantin wanita Sunda. Siger tersebut dibuat secara khusus oleh desainer Rinaldy Yunardi.

“SIGER ( Mahkota Pengantin Wanita Sunda ) Di Buatkan Khusus Nan Indah Penuh Cinta, Sehingga Tampak Istimewa Dan Sempurna Oleh Sang MAESTRO The One And Only @rinaldyyunardi Terimakasih Atas Cintanya Untukku, I Love You Koko Sayang !” sambung Syahrini.

Hingga Kamis malam, 14 Maret 2019, unggahan Syahrini tersebut sudah disukai lebih dari 600 ribu followers-nya. Namun, ia tak mengaktifkan kolom komentarnya.

Sementara itu, Rinaldy Yunardi yang membuatkan siger tersebut mengunggah ulang unggahan Syahrini. Ia berterima kasih atas kepercayaan Syahrini pada dirinya.

“Terima Kasih kesayanganku @princessyahrini atas kepercayaannyaLove You So Much !” tulis Rinaldy.

Sementara itu, dalam kolom komentarnya, warganet memuji penampilan Syahrini dan juga siger yang dipakainya.

“Cantek incesssšŸ’•,” seru akun @enieviani. “Dilihat dari dekat detail mahkotanya bagusss.. Dan GA to muchhhhhh šŸ˜@rinaldyyunardi,” tulis akun @i_liv_a.

Selain Syahrini, siger pun dipakai perempuan di daerah lain saat pernikahan, salah satunya di Lampung. Di Lampung siger berbentuk segitiga, berwarna emas, dan biasanya memiliki lekuk berjumlah sembilan atau tujuh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Syahrini akhirnya merilis video proses lamarannya dengan Reino Barack. Syahrini dan Reino nampak serasi dengan paduan warna peach dan abu-abu.

Ini Dia Musisi Indonesia yang Sukses di Luar Negeri, Siapa Saja?

Penyanyi wanita Indonesia kelahiran 29 April 1974 merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu. Karyanya tidak hanya dinikmati masyarakat Indonesia saja, lo. Bahkan, sampai go internasional.

Penyanyi berusia 44 tahun ini mengawali kariernya pada tahun 1994. Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan mimpinya untuk go internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser asal Prancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya bertajuk Snow on the Sahara (1997). Album tersebut dirilis di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat yang merupakan kiblat musik dunia. Sejak saat itulah Anggun mulai meraih kesuksesannya. Ia bahkan sudah menghasilkan sebanyak tujuh album studio dan satu album soundtrack untuk film Denmark yang berjudul Open Hearts (2002).

Anggun juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dunia, seperti Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), II Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls).

Selain sukses menjadi penyanyi, Anggun juga didaulat menjadi salah satu juri untuk Asiaā€™s Got Talent, ajang pencarian bakat yang diikuti oleh peserta dari 27 negara di Benua Asia.

Kesuksesannya sebagai penyanyi membawanya meraih berbagai penghargaan bergengsi di beberapa negara Eropa, di antaranya anugerah prestisius ā€œChevalier des Arts et Lettersā€ yang didapat dari pemerintah Prancis dan ā€œWorldā€™s Best Selling Indonesian Artistā€ dari World Music Awards.

Anggun juga menjadi wanita Indonesia pertama yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand.

Anggun saat ini menetap dan sudah menjadi warga negara Prancis. Meskipun begitu, Anggun tidak melupakan negara asalnya, yaitu Indonesia.

JK: Pemerintah Selalu Berusaha Bebaskan WNI Bermasalah di Luar Negeri

JakartaWakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan pemerintah selalu berusaha membebaskan WNI yang terjerat masalah hukum di luar negeri, bukan hanya Siti Aisyah.

“Kalau (WNI bermasalah hukum) yang lainnya tergantung kasusnya, pemerintah selalu berusaha untuk membebaskan, ataupun setidak-tidaknya mengurangi hukumannya, tergantung kasusnya,” kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

“Kalau kasusnya ada bukti bahwa dia membunuh ya (salah), tapi kalau tidak ada bukti pemerintah selalu melobi (agar bebas),” lanjut JK.

JK awalnya ditanya terkait masih ada WNI lainnya yang terjerat masalah hukum di luar negeri. Menurut JK, kasus Siti Aisyah memang menjadi sorotan karena terkait 3 negara, yakni Malaysia, Korea Utara, dan Indonesia.

“Kalau kasus Siti Aisyah memang kasus hot karena menyangkut 3 negara, Indonesia, Malaysia, Korea Utara. Dia sebagai warga negara Indonesia yang kerja di Malaysia yang terbunuh orang Korea Utara,” ujarnya.

Selain itu, pengadilan Malaysia juga menyatakan Siti Aisyah tidak bersalah atas kasus pembunuhan kakak tiri pemimpim Korea Utara Kim Jong UN, Kim Jong Nam di Malaysia.

“Nah kita menghormati keputusan pengadilan yang menyatakan (Sitti Aisyah) tidak terbukti bersalah, ya sudah selesai, dia bebas karena tidak terbukti,” imbuhnya.

Siti Aisyah sudah berada di Indonesia pada Senin (11/3). Siti Aisyah hari ini sditerima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
(nvl/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

First Impression Warga DKI Jajal MRT: Keren, Kayak di Luar Negeri!

Jakarta – Uji coba MRT Jakarta dimulai hari ini dan warga bisa menjajal moda transportasi di ibukota ini. Beberapa warga DKI Jakarta merasa bagai di luar negeri ketika naik MRT.

Uji coba MRT Jakarta gratis ini diikuti oleh warga yang sebelumnya sudah lebih dahulu mendaftarkan diri. Warga bisa memilih waktu dan lokasi stasiun keberangkatan.

Pantauan detikcom di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019), warga yang sudah mendaftar menunjukkan barcode pendaftaran kemudian bisa masuk ke stasiun hingga naik kereta MRT. Tidak ada antrean maupun kepadatan di dalam stasiun. Pengguna kemudian mendapatkan stiker aneka warna sesuai waktu uji coba yang mereka ikuti.

First Impression Warga DKI Jajal MRT: Keren, Kayak di Luar Negeri!Foto: Warga DKI ikut uji coba MRT Jakarta (Jefrie Nandy/detikcom)

Beberapa fasilitas seperti gate masuk masih ditutup plastik berwarna biru. Eskalator menuju peron naik MRT telah berfungsi dan para pengguna tertib berdiri di sebelah kiri eskalator.

First Impression Warga DKI Jajal MRT: Keren, Kayak di Luar Negeri!Foto: Warga DKI ikut uji coba MRT Jakarta (Jefrie Nandy/detikcom)

Dua orang mahasiswa bernama Audi dan Rizki baru saja turun dari kereta MRT di Stasiun Bundaran HI. Mereka naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus dan terkesan selama perjalanan.

“Keren banget sih ya, bersih, tepat waktu banget, nyaman juga. Kalau tadi sih first impression kita pas naik luas ya, kayaknya kursinya lebih kecil dari MRT di luar,” kata Rizki.

“Sebenarnya pengen nyoba dulu ya kan. Kayak gimana sih rasanya, sama kayak di luar negeri, di Singapura? Ternyata emang sama. Halus banget ya tarikannya, tepat waktu, sama deh kayak yang di Singapura,” ucap Audi menambahkan.

First Impression Warga DKI Jajal MRT: Keren, Kayak di Luar Negeri!Foto: Warga DKI ikut uji coba MRT Jakarta (Jefrie Nandy/detikcom)

Keduanya berharap kebersihan, kenyamanan, dan ketepatan waktu MRT Jakarta dapat terjaga hingga nanti ketika sudah beroperasi normal. Secara umum, Audi dan Rizki puas usai mendapat kesempatan menjajal moda transportasi ini.

“Memuaskan banget,” ucap Audi.

First Impression Warga DKI Jajal MRT: Keren, Kayak di Luar Negeri!Foto: Warga DKI ikut uji coba MRT Jakarta (Jefrie Nandy/detikcom)

Kesan senada juga datang dari pengguna MRT lain, Oktaliani dan Dhany yang naik MRT dari Stasiun Lebak Bulus. Keduanya menilai fasilitas di MRT mulai dari kursi hingga pegangan sudah pas.

“Kalau dari saya sendiri sih MRT sudah kayak yang di luar negeri gitu ya, nyaman,” ucap Oktalia.

“Saya sih excited banget proyek MRT di Jakarta ini. Senanglah ibaratnya jadi orang Jakarta yang mencoba mode transportasi baru ini,” tambah Dhany.

First Impression Warga DKI Jajal MRT: Keren, Kayak di Luar Negeri!Foto: Warga DKI ikut uji coba MRT Jakarta (Jefrie Nandy/detikcom)

Keren! 13 Stasiun MRT Punya Tema yang Berbeda, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/hri)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Suzuki APV Buatan Indonesia Laris di Negeri Orang

Liputan6.com, Jakarta – Kinerja ekspor Suzuki tahun 2018 diklaim mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hingga akhir 2018, perusahaan otomotif asal Jepang itu berhasil mengirimkan kendaraan roda empat beserta suku cadang ke 71 negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, Oseania, dan Karibia.

Tercatat sepanjang tahun 2018, Suzuki berhasil mengirim 63.868 unit kendaraan dalam bentuk utuh dan terurai. Merupakan produksi pabrik yang berada di Cikarang dan Tambun, raihan angka itu mampu memberikan kontribusi hingga 35% terhadap total penjualan kendaraan roda empat Suzuki.

Pada tahun 2018, Suzuki mengekspor 24.924 unit kendaraan dalam bentuk utuh (Completely Built Up/CBU). APV menjadi kendaraan dengan jumlah ekspor CBU tertinggi, yakni sebanyak 13.891 unit.

Performa ekspor Suzuki tidak bisa dianggap remeh karena keberhasilan Suzuki mengapalkan 1.418 APV dalam bentuk utuh ke Vietnam di tengah ketatnya regulasi pemerintah Vietnam tentang ekspor kendaraan CBU.

Sedangkan all new Ertiga yang mulai diekspor sejak September 2018 dalam bentuk utuh telah mencapai 4.645 unit hingga akhir tahun lalu.

Moeldoko: Pertimbangan Politik Luar Negeri untuk KKB Jangan Korbankan TNI

Jakarta – Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan ada pertimbangan implikasi politik luar negeri dalam menaikkan status penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Namun Moeldoko mengingatkan, jangan sampai pertimbangan itu membuat prajurit TNI menjadi korban KKB.

“Ya memang ada mempertimbangkan implikasi politik luar negeri, tapi jangan sampai pembatasan itu mengobankan prajurit (TNI),” kata Moeldoko di Gedung Bina Graha KSP, Jumat (8/3/2019).

Moeldoko pun mengingatkan banyaknya prajurit TNI yang gugur akibat serangan KKB Papua. Terbaru, 3 prajurit TNI gugur dalam serangan KKB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mugi, Nduga, Papua pada Jumat (7/3) lalu.

“Berapa prajurit jadi korban, beberapa waktu lalu korban, sekarang korban lagi. Nah ini perlu ada sikap baru yang perlu dikonsultasikan, pasti melibatkan Menteri Dalam Negeri, Menlu, (Menteri) Pertanahanan, Menkopolhukam dan seterusnya,” ujarnya.
Sebelumnya, Moeldoko ingin agar nama kelompok kriminal bersenjata dipertegas menjadi kelompok separatis. Menurutnya, pemberian nama kelompok separatis dapat menaikkan status operasi penumpasan KKB di Papua.

“Saya dulu sudah pernah menyampaikan perlunya mengevaluasi lagi nama itu, kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pertanyaannya, benar nggak mereka kelompok kriminal? Kalau saya mengatakan tegas saja, kalau kelompok separatis ya kelompok separatis sehingga status operasinya ditingkatkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kodam XVII/Cenderawasih meminta Egianus Kogoya cs segera menyerah atau ditangkap hidup atau mati.

“Tidak ada batas waktu pengejaran, batas waktunya adalah tertangkap hidup atau mati. Atau dia dengan sukarela menyerahkan diri, menyatakan setia kepada NKRI, kita ampuni. Kalau melakukan perlawanan, risiko tentunya kita hadapi sama-sama. Target kita mereka tertangkap hidup atau mati,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi saat dihubungi, Jumat (8/3).

Pada awal Desember 2018, kelompok Egianus jadi dalang penyerangan pekerja proyek Trans Papua. Mulanya disebut ada 31 pekerja yang tewas. Namun Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut korban tewas sebanyak 20 orang. Sebanyak 19 orang merupakan pekerja proyek dan 1 orang adalah prajurit TNI.

Kolonel Aidi menegaskan saat ini sudah ada 600 personel TNI yang diterjunkan untuk pengamanan dan melanjutkan pembangunan jembatan. TNI akan bertindak tegas jika ada pihak mana pun yang mengganggu pembangunan.

“Mereka (Egianus Kogoya cs, red) sudah mengultimatum tidak menerima pembangunan karena menurut mereka pembangunan akan mempersempit ruang gerak mereka. Sementara kalau kita berpikir ini untuk menjaga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sampai ke pedalaman tersentuh pembangunan,” ujar Kolonel Aidi.
(nvl/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kampanye Aku dan Korea, Jelajah Lebih Banyak Destinasi di Negeri Ginseng

Liputan6.com, Jakarta – Korea Tourism Organization (KTO) mengungkap, kini makin banyak wisatawan asal Indonesia yang melakukan perjalanan secaraĀ independen atau Free Independent Travelers (FIT) ke sejumlah destinasi di Korea.

Memahami tren itu, KTO berusaha jadi ‘teman perjalanan’ bagi para wisawatan asal Indonesis lewat kampanye #AkudanKorea. Penyelenggaraannya fokus paraĀ ragamĀ aktivitas promosi, baik secaraĀ onlineĀ maupunĀ offline.

AktivitasĀ offlineĀ diwujudkan lewat gelaran Korea Travel Fair 2019 pada 15-17 Maret 2019 mendatang di Laguna Atrium, Central Park, Jakarta.Ā EventĀ ini akan berisi ragam penawaran menarik bagiĀ travelerĀ yang hendak melakukan perjalanan ke Korea.

Mulai dari tiket pesawat, pilihan berbagai aktivitas seru selama berada di Negeri Gingseng, sampai rentetan privilegeĀ lain untuk dinikmati, semua ada. Pemegang Kartu Mandiri, baik debit maupun kredit, akan mendapat keuntungan lebih di acara ini.

Sedangkan promosi secaraĀ onlineĀ diwujudkanĀ KTO lewat situs akudankorea.com dengan wajah baru. Terdapat beberapa kanal utama untuk memudahkan wisatawan memperoleh seba-serbi informasi tentang Korea.

Pertama, Event Terbaru. Sesuai namanya, di sini Anda akan menemukan informasi terkait ragam acara seperti feastival, acara terbaru yang bakal diselenggarakan di Korea, atau acara di Indonsia yang dihelat KTO Jakarta.

Kemudian, Destinasi. Kanal ini memungkinkan Anda menemukan informasi destinasi baru, destinasiĀ anti-mainstream,Ā dan info wisata menarik seperti wisata Hallyu, tradisional, juga destinasi unik yang cocok bagi FIT.

Kanal Penawaran Khusus berisi informasi promosi atau diskon yang ditawarkan ragam pelaku wisata seperti hotel, restoran, transportasi, toko-toko, dan tiket pesawat. Terakhir, Testimoni. Di sini Anda akan melihat kesan dan saran dari teman-teman travelerĀ yang sudah melakukan perjalanan ke Korea.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

10 Destinasi Terbaru di Korea yang Tengah Digaungkan KTO

Aktivitas onlineĀ yang dilakukan KTO tahun ini fokus pada pengenalan 10 destinasi baru untuk disambangi di Korea.Ā Mulai dari wisata dengan pemandangan alam memukau, sampai surga jajanan kaki lima, semua ada.

Mereka adalah Incheon, Gyeonggi, Gangwon, Daegu, Busan, Gyeongnam, Jollanam, Jeollabuk, Chungcheongbuk, Daejon, dan Chungcheongnam, di mana kesepuluhnya merupakan wilayah cantik yang belum terekspos secara luas.

Di samping informasi tentang destinasi-destinasi tersebut, situs akudankorea.com juga bakal jadi pusat aktivasiĀ onlineĀ seperti trivia kuis,Ā photo challenge,Ā dan aktivitasĀ onlineĀ lainnya.

Dengan semua tawaran aktivitas yang tadi telah disebutkan, KTO mengajak wisatawan FIT Indonesia untuk tak semata berwisata di Korea, tetapi juga merasakan dan menjelajah Negeri Gingseng yang sesungguhnya.

Kampanye #AkudanKorea dinilai sebagai bukti bahwa Korea akan semakin ramah terhadap wisaawan dan sangat mudah dijelajahi meraka yang inginĀ travelingĀ secara inpeneden, tak terkecuali FIT dari Indonesia.

Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas diā€Ž ā€ŽBlok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“ā€ŽUntuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDMā€Ž, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan.Ā 

“Enggak akan lebih. ā€ŽKita dalam kebutuhan untuk negeri. ā€ŽInfrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ā€ŽSatuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyolā€Ž tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ā€Žujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Anggota DPRD yang Kena OTT Pungli Gempa NTB Divonis 2 Tahun Bui

Mataram – H Muhir yang kena OTT pungli dana rehabilitasi sekolah pasca gempa NTB, divonis 2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta. Muhir yang ditangkap saat menjabat anggota DPRD Mataram fraksi Golkar itu terbukti menerima suap atau pungli Rp 31 juta.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar isi dakwaan ketiga karena menerima hadiah dari saksi Sudenom berupa uang,” kata ketua majelis hakim, Isnurul Syamsul Arif, saat sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Mataram, yang dilansir Antara, Jumat (1/3/2019).

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa Muhir terbukti bersalah melanggar Pasal 11 UU No 20/2001 tentang Tipikor. Hakim menjelaskan, uang yang diterima terdakwa Muhir dari Sudenom sebesar Rp 31 juta. Rinciannya, uang tersebut diterima terdakwa Muhir ketika bertemu dengan Sudenom di rumah makan sebesar Rp 1 juta dan di Rumah Makan di daerah Cakranegara Rp 30 juta.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar isi dakwaan ketiga karena menerima hadiah dari saksi Sudenom berupa uang,” kata Isnurul Syamsul Arif.

Terkait dengan perbuatan yang memberatkan, majelis hakim menyatakan terdakwa Muhir melakukan tindak pidana pada saat masyarakat NTB sedang berduka akibat bencana gempa bumi. Kemudian, yang meringankannya, karena terdakwa Muhir selama ini diketahui belum pernah tersangkut masalah hukum serta menjalani hukuman pidana.

Sebelumnya, tim JPU dari Kejari Mataram menuntut terdakwa Muhir dijatuhi pidana penjara selama delapan tahun dengan denda Rp250 juta subsidair enam bulan kurungan.

Muhir terjaring OTT saat melakukan transaksi pemerasan uang sebesar Rp 30 juta terhadap H Sudenom selaku Kadis dan Catur Totok, staf PNS di Disdik Kota Mataram, yang waktu itu diposisikan sebagai calon kontraktor proyek.

OTT yang dilakukan tim dari Kejari Mataram itu dilakukan pada Jumat (14/9) siang di sebuah warung makan di Jalan Rajawali I Cakranegara, Kota Mataram.
(rvk/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>