Fungsi Pasar Modal dan Peran dalam Perekonomian Nasional

1. Menambah Modal Usaha

Fungsi pasar modal adalah membantu perusahaan mendapatkan dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Saham-saham tersebut akan dibeli oleh masyarakat umum, perusahaan lain lembaga atau pemerintah. 

2. Pemerataan Pendapatan

Dalam jangka waktu tertentu, saham-saham yang sudah dibeli akan memberikan deviden atau bagian dari keuntungan perusahan terhadap para pembelinya. Untuk itu, Fungsi pasar modal bisa dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.

3. Sarana Peningkatan Kapasitas Produksi

Dengan adanya tambahan modal yang didapatkan dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan menjadi tinggi atau meningkat.

4. Sarana Menciptakan Tenaga Kerja

Fungsi pasar modal bisa menjadi pendorong muncul dan berkembangkan industri lain yang dampaknya bisa untuk menciptakan lapangan kerja baru.

5. Sarana Meningkatkan Pendapatan Negara

Masing-masing dividen yang diberikan kepada para pemegang saham akan dikenai pajak oleh pemerintah. Adanya tambahan pemasukan dengan pajak ini akan meningkatkan pendapatan untuk negara.

6. Indikator Perekonomian Negara

Kegiatan dan volume penjualan atau pembelian di pasar modal yang meningkat dapat memberikan indikasi bahwa kegiatan bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya.

Keren, April Nanti Ada Kejuaraan Freestyle Motor Tingkat Nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menerima kunjungan Indonesia Stuntride Association (ISA) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/3) sore. Dalam pertemuan tersebut, pengurus ISA menyampaikan akan menggelar kejuaraan freestyle motor.

Menpora tampak antusias mendengar pemaparan dari Ketua ISA Royke Laluw yang hadir bersama Sekjen ISA, Andi, Ketua ISA DKI Jakarta Rully dan Bendahara ISA Okti. Kejuaraan freestyle motor tingkat nasional rencananya berlangsung pada 6 April 2019.

Menpora menyambut baik adanya rencana kejuaraan freestyle motor. Ia pun berpesan kepada penyelenggara agar menjaga kebersihan hingga keamanan selama kejuaraan berlangsung.

“Keren, semoga berjalan dengan baik. Kebersihan dan keamanan tetap terus dijaga selama acara berlangsung nantinya,” ujar Menpora.

Ketua ISA Royke Laluw menjelaskan kejuaraan freestyle motor rencananya akan diikuti sekitar 300-an peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Ia juga menyebutkan bahwa freestyle motor di lndonesia termasuk salah satu yang terbaik di level Asia.

“Kita ingin membuat kejuaraan freestyle dan minta dukungan dari Bapak Menpora. Indonesia salah satu yang terbaik di Asia. Acara rencananya diselenggarakan di Kemenpora pada 6 April mendatang. Para freestyle motor sudah kita infokan,” jelas Royke.

Ia berharap, freestyle motor bisa menjadi kebanggan Indonesia. Royke juga ingin, freestyle motor Indonesia bisa ikut pada ajang kejuaraan dunia. Dalam pertemuan ini, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Sesdep Pemberdayaan Pemuda Esa Sukmawijaya mendampingi Menpora.

Jadwal Ujian Nasional 2019

Liputan6.com, Jakarta – Ujian Nasional 2019 di pelupuk mata. Para siswa harus giat belajar demi lulus. Kisi-kisi pun tersedia.

Tidak hanya kisi-kisi UN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menyertakan Buku Tanya Jawab. Tinggal buka situs un.kemdikbud.go.id.

“Persiapkan diri kalian dan tetap semangat belajar.” Begitu pesan Kemdikbud dalam situsnya. Sekaligus menekankan “Prestasi penting, jujur yang utama!”

UN 2019 meliputi SMK dan SMA/MA sederajat, SMP/MTs, Paket C/Ulya, dan Paket B/Wustha. Kapankah UN 2019 berlangsung dan mata pelajaran apa saja? Simak dalam Infografis berikut ini:

Sandiaga: Ujian Nasional Pemborosan Tidak Berkeadilan

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyatakan bahwa penyelenggaraan Ujian Nasional atau UN hanya menghabiskan anggaran negara dalam sistem pendidikan di Indonesia.

“UN itu salah satu bagian dari pemborosan tidak berkeadilan. Karena sistem pendidikan kota tidak sama disetiap wilayah,” tutur Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Untuk itu, Sandiaga bersama Prabowo Subianto akan menghapus UN jika menang Pilpres 2019. Mereka akan menggantinya dengan sistem penelusuran minta dan bakat.

“Kita bisa hitung dan cukup signifikan (pemborosannya). Dan bagi kami, UN itu kita akan ganti dengan penelusuran minat bakat. Itu lebih cocok untuk sekarang,” jelas dia.

Dalam debat, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan, bahwa pihaknya akan meningkatkan kualitas pendidikan dengan peningkatan kesejahteraan guru, khususnya honorer.

“Meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kesejahteraan guru, terutama guru honorer. Kami akan tingkatkan kesejahteraan dan pastikan meningkatkan status guru,” kata Sandiaga.

Ada juga program link and match yang mempertemukan antara pencipta lapangan kerja dengan penyedia lapangan kerja, sehingga tersambung dengan sistem pendidikan.

Lebih lanjut, dia menyebut akan memperbaiki kurikulum agar sesuai dengan akhlakul karimah.

Ma’ruf Amin Akan Bentuk Badan Riset Nasional

Debat ketiga Pilpres 2019](3918916 “”) di gelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat kali ini hanya menampilkan calon wakil presiden (cawapres), Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Pada debat Cawapres ini, tema yang diangkat soal Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan. Tak seperti dua debat sebelumnya, pada debat cawapres akan ada beberapa perbedaan.

Hal ini memang sengaja dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperbaiki kekurangan pada debat-debat sebelumnya. Salah satunya adalah pembentukan Komite Damai yang baru muncul pada debat ketiga Pilpres 2019 nanti.

Selain itu, format debat juga berubah dan jumlah penonton yang hadir akan berkurang.

Kisah Sedih di Balik Gaun Megah yang Masuk 10 Besar Kostum Nasional di Miss Eco International 2019

Liputan6.com, Jakarta – Ratu Vashti, perwakilan Indonesia di Miss Eco International 2019 membawa kabar baik dari Kairo, Mesir. Kostum nasional yang dikenakannya masuk jajaran 10 besar bersama Filipina, Thailand, dan China.

Top 10 for national costume! Indonesia I am so proud to represent a nation with beautiful and diverse culture! This one specifically is from West Sumatra where it represented the sorrow and longing Puti Julian, a side of love rarely portrayed,” tulis Vashti lewat akun Instagramnya @ratuvashti, Jumat (15/3/2019).

Kostum bernuansa abu-abu kehitaman dengan suntiang gadang itu mengusung cerita tentang seorang putri saudagar kaya di Tanah Minang. Inggi Kendran, sang perancang menceritakan kisah cinta sang putri yang berakhir tragis.

Putri Minang itu dikisahkan bernama Puti Juilan, seorang saudagar kaya raya yang juga merupakan putra dari pemimpin Kerajaan Pagaruyung bernama Tuanku Raja Kecik. Sang gadis kaya itu tinggal di Kampung Alai, Kabupaten Agam, pesisir utara Sumatera Barat.

Puti Juilan sedih karena karena tak ada seorang pun berani mempersuntingnya karena ia anak orang kaya. Kesedihan itu diketahui sang kakek yang kemudian memutuskan membuat pesta besar untuk membahagiakannya.

Dalam akun Instagram Inggi @inggikendran dituliskan, sebelum berlangsungnya pesta tersebut, Puti bermimpi bertemu dengan seorang pemuda bernama Sutan Rumandang. Mimpinya terwujud setelah kapal besar yang dikemudikan Sutan terdampar di wilayah kerajaannya.

Orang-orang pun bersuka cita menyambutnya. Hingga dimintalah kesediaan sang pemuda untuk menikahi sang Puti Juilan. Namun karena merasa belum pantas dan harus mencari harta yang banyak, sang pemuda saat itu hanya berkenan untuk bertunangan dan kembali melakukan pelayaran,” tulisnya.

Puti kemudian bersumpah akan menanti sang pujaan hati. Tetapi karena terlalu lama ditinggal, sang putri Minang lupa akan sumpahnya dan jatuh cinta kepada seorang saudagar. Ia bahkan menikahinya.

Akibatnya, ia pun terkena kutukan akibat sumpah yang diucapnya. Dalam kutukan itu membuatnya menjadi amat sedih dan menanti Sutan Rumandang di tepi pantai. Namun malang, penantian tersebut harus ia lalui hingga ajal menjemput,” tulisnya lagi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina, tampil memukau saat parade kostum nasional di Miss Universe 2018.

KPPU Terus Teliti Dugaan Kartel Tiket Pesawat Maskapai Nasional

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan masih terus menyelidiki dugaan permainan harga atau kartel dalam penetapan tarif tiket pesawat penerbangan dalam negeri.

Wakil Ketua KPPU Ukay Karyadi mengatakan, pihaknya kini tengah fokus dalam proses persidangan pada kegiatan kartel di sektor industri garam. Untuk kasus lainnya, baru tahap indikasi.

“Seperti kasus maskapai, pesan tiket maskapai kargo segala macam. Itu sedang kami masuk dalam tahap penyidikan,” sebut dia di Gedung KPPU, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Beberapa waktu lalu, KPPU mengaku telah memanggil sejumlah pihak maskapai nasional guna meminta keterangan lebih lanjut soal dugaan kartel ini.

Maskapai yang mulanya hendak dipanggil antara lain Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Ukay menyerukan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan tinggal memasuki tahap penguatan saja untuk kemudian dinaikan menjadi pemberkasan. Namun, ia belum mau berkomentar lebih banyak.

“Nanti tunggu di persidangan aja. Yang paling merasakan sebenarnya konsumen kan ya. Itu BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) yang bisa menjelaskannya bagaimana,” cetus dia.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua BPKN Ardiansyah Parman menyampaikan, baru-baru ini timnya sudah mengundang para pihak terkait untuk dimintai keterangan tentang hal yang sesungguhnya terjadi, sambil KPPU juga melakukan penelitian.

“Kalau BPKN akan mengeluarkan dalam bentuk rekomendasi kepada pemerintah, apakah itu perbaikan terhadap regulasi, atau mungkin juga implementasinya yang perlu diperbaiki,” ujar dia.

Empat Orang Terbunuh Saat Pemadaman Nasional di Venezuela

Caracas – Sebanyak empat orang terbunuh dan setidaknya 300 ditahan akibat protes soal penjarahan yang terjadi selama pemadaman nasional Venezuela. Hal itu disampaikan oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia Kamis (14/3).

Venezuela mengalami pemadaman terburuk dalam sejarah sejak pekan lalu. Pemadaman itu terjadi setelah masalah teknis yang oleh pemerintah Presiden Nicolas Maduro disebut sebagai tindakan sabotase yang didukung AS.

Dilansir dari Reuters, Kamis (14/3/2019), Kelompok-kelompok hak asasi manusia Provea dan Observatorium Sosial Konflik Venezuela melalui Twitter-nya menyebut ada tiga orang tewas di negara bagian tengah Lara dan satu orang tewas di negara bagian barat Zulia. Namun, belum diketahui penyebab kematiannya.

Sedangkan kelompok hak asasi manusia Foro Penal, Alfredo Romero, dalam konferensi pers mengatakan ada 124 orang telah ditahan. Lantaran protes dengan adanya pemadaman sejak 8 Maret 2019 dan 200 lainnya ditangkap karena penjarahan.

Akibat dari pemdaman ini seluruh rumah sakit berjuang menjaga peralatan tetap berjalan. Organisasi nonpemerintah, Dokter untuk Kesehatan mengatakan, 26 orang meninggal di rumah sakit umum selama pemadaman listrik.

Tidak hanya itu, negara bagian barat Zulia juga mengalami penjarahan hebat yang melanda sekitar 350 usaha.
(eva/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Bakal Hadiri Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional di Bandung

Di samping itu, pada 19-20 Maret 2019, di kota Bandung akan diadakan pameran Edukasi Konsumen yang diikuti oleh Kemendag, BPKN, serta pelaku usaha dari sembilan sektor prioritas yang tercantum dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

Kesembilan sektor tersebut adalah obat dan makanan, listrik dan gas rumah tangga, perumahan, ritel, niaga-el, barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor, jasa kesehatan, jasa transportasi, jasa keuangan, dan jasa telekomunikasi.

“Pameran juga akan diisi dengan produk unggulan dari masing-masing kota/kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Di saat yang sama, yaitu pada 19 Maret 2019, Kemendag juga akan meresmikan 243 kantor Unit Metrologi Legal (UML) melalui penandatanganan 243 prasasti oleh Menteri Perdagangan di kota Bandung. Puncak peringatan Harkonas sendiri akan diselenggarakan pada 20 Maret 2019 di halaman lapangan Gasibu, Bandung dan direncanakan dihadiri Presiden Jokowi.

Dalam acara tersebut akan dilakukan penyerahan penghargaan pemerintah provinsi terbaik di bidang Peduli Konsumen dan penyematan rompi Tukang Ukur Takar Timbang (Kang Ujang).

“Harkonas diperingati setiap tahun dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan keberdayaan konsumen. Untuk itu, diharapkan semua pemangku kepentingan beserta pelaku usaha turut berpartisipasi aktif mengedukasi konsumen,” tandas Veri.