Lion Air Kandangkan 737 Max 8, Bagaimana Nasib Penumpang?

Jakarta – Lion Air Group telah mengikuti larangan pemerintah untuk tidak menerbangkan pesawat Boeing 737 max 8. Setidaknya ada 10 pesawat jenis tersebut milik Lion Air yang telah dikandangkan.

Pihak maskapai penerbangan berlogo singa merah itu mengatakan akan mengalihkan penerbangan yang dijadwalkan dengan Boeing 737 max 8 ke pesawat jenis lain. Namun, saking banyaknya pesawat yang dikandangkan pihak Lion tidak menampik kemungkinan akan adanya delay penerbangan.

Selain itu, Lion Group pun telah menahan pemesanan 200-an lebih pesawat Boeing 737 max 8 ini. Lalu, bagaimana informasi selengkapnya? Simak rangkumannya hanya di detikFinance. Klik halaman berikutnya.

(ang/ang)

Demokrat Tentukan Nasib Andi Arief di Partai Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi pada Minggu 3 Maret 2019 malam karena penggunaan narkotika. Demokrat pun masih membahas status Andi Arief dalam partai.

Status Andi akan ditentukan pada hari ini, Selasa (5/3/2019).

Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Demokrat, Ferdinand Hutahaean usai menggelar rapat bersama pejabat partai mengatakan, keputusan soal Andi Arief baru bisa diambil hari ini karena masih menunggu kedatangan sekjen partai.

“Besok kami akan sampaikan lebih lengkap. Kami akan mendalami langkah-langkah berikutnya. Bahwa sekjen masih di dapil kembali besok ke Jakarta,” kata Ferdinand di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin 4 Maret 2019.

Menurut dia, pihaknya pun akan mendalami terlebih dahulu penangkapan Andi Arief. Demokrat juga akan menemui Andi Arief untuk mendengar penjelasannya.

“Kami sampai sekarang belum bisa koordinasi dengan Andi Arief, maka kami mohon waktu untuk mendalaminya lebih jauh supaya tidak terjadi salah penyapainyan sehingga membuat semua jadi salah paham,” ujar Ferdinand.

2 dari 3 halaman

Pengguna

Politikus Andi Arief, ditangkap karena penggunaan narkoba. Polisi menyebut politikus Demokrat itu sementara ini masih berstatus sebagai pengguna.

“Diduga kuat sodara AA hanya pengguna,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Namun, lanjut dia, polisi masih memeriksa Andi Arief. Polisi juga sedang meminta keterangan sejumlah saksi.

“Proses scientific akan dirampungkan secepatnya,” ujar Iqbal.

Menurut dia, polisi menyita sejumlah barang bukti pada penangkapan itu. Barang bukti ini pun digunakan untuk melengkapi penyelidikan kasus ini.

Iqbal mengatakan, Andi Arief ditangkap pada 18.30 WIB, Minggu 3 Maret 2019 di salah satu kamar hotel di Jakarta Barat.

“Petugas kami dapat info dari masyarakat bahwa ada pemakai narkoba di salah satu kamar,” tutur Iqbal.


Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Nasib Korban Longsor Tambang Emas di Bolaang Mongondow Tertimbun Hampir Sepekan

Liputan6.com, Bolaang Mongondow – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow menyiapkan 60 kantong jenazah untuk mengevakuasi korban longsor Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Desa Bakan, Kecamatan Lolayan.

“Awalnya yang disiapkan hanya sebanyak 30 kantong jenazah,” kata Kepala Seksi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Abdul Muin Paputungan melalui sambungan telepon genggam di Manado, Senin (4/3/2019), dilansir Antara.

Bertambahnya jumlah kantong jenazah, kata Muin, karena ada kemungkinan jumlah korban lebih banyak dari dugaan sebelumnya.

“Dari informasi masyarakat diperkirakan masih banyak penambang emas yang tertimbun atau lebih dari dugaan awal sekitar 60 penambang,” katanya.

Meski begitu, kata dia, data pasti berapa banyak yang menjadi korban termasuk yang masih tertimbun di dalam lubang, belum bisa dipastikan.

“Kita akan lanjutkan proses evakuasi pada pagi ini,” katanya.

Diperkirakan 60 penambang emas masih berada dalam lubang pascalongsor yang terjadi pada Selasa, 28 Februari 2019, pukul 21.10 Wita.

Kronologinya, saat warga menambang emas tiba-tiba tiang dan papan penyanggah lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil serta banyaknya lubang galian tambang.

Hingga Jumat, 1 Maret 2019, pukul 12.00 Wita atau hari kelima proses evakuasi, korban meninggal dunia tercatat sebanyak delapan orang, dan 20 orang dinyatakan selamat.


Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Proses Evakuasi

Evakuasi puluhan korban yang tertimbun material longsor di lokasi Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, dilanjutkan pagi hari ini, Senin, 4 Maret 2019.

“Kemarin (Minggu) sudah terlihat beberapa korban yang terjepit bebatuan, jaraknya sekitar 15 meter,” kata Abdul Muin.

Dia mengatakan, proses evakuasi selama dua hari sejak Jumat, 1 Maret 2019 belum membuahkan hasil karena alat berat kesulitan mengakses lokasi di mana puluhan penambang emas tertimbun.

Awalnya, evakuasi korban akan dilakukan setelah mengeluarkan material batu yang menutupi pintu utama lubang, tetapi diurungkan karena kondisi tanah labil dan mudah longsor.

Alternatif yang dilakukan adalah alat berat menggali lobang di bagian atas bukit sebagai pintu akses tim SAR gabungan melakukan evakuasi.

“Jadi sudah ada lubang besar sebagai akses masuk, korban yang terhimpit batu memang sudah terlihat dan tinggal dievakuasi pagi ini,” ujar Muin.

Evakuasi korban, lanjut dia, sebelumnya direncanakan dilakukan pada Minggu, 3 Maret 2019, pukul 22.00 Wita. Hanya saja, rencana itu tidak dilaksanakan karena memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

“Kami berharap pagi ini cuaca cerah sehingga dapat memudahkan proses evakuasi,” ujarnya.

Donald Trump Tinggalkan Sesi Makan Malam KTT Vietnam Lebih Dulu

Liputan6.com, Hanoi – Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja meninggalkan Metropole Hotel, Hanoi, Vietnam usai melakukan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menurut laporan dari CNN, Rabu (27/2/2019), Donald Trump meninggalkan Metropole Hotel setelah melangsungkan makan malam bersama rombongan dari kedua negara.

CNN juga menyebut, Trump meninggalkan lokasi pertemuan 1 jam 42 menit setelah makan malam bersama.

Suasana makan malam dilaporkan berjalan baik, percakapan keduanya dinilai hangat. Donald Trump mengatakan bahwa sebelum makan malam dimulai, ia telah memegang tangan Kim Jong-un dengan penuh rasa bahagia.

“Jika Anda bisa mendengarkan dialog kami, itu semua adalah hal baik…”, ujar Trump.

Agenda selanjutnya akan kembali dilaksanakan keesokan harinya, Kamis 28 Februari 2019, yaitu pertemuan bilateral untuk membahas sejumlah agenda yang hingga kini belum dapat dipastikan.

Sementara itu, laman The Guardian menyebut bahwa agenda yang akan dibahas keesokan hari adalah upaya denuklirisasi, sebelum akhirnya Donald Trump meninggalkan Hanoi menuju Washington. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Trump Sebut Ada Kemajuan

Menurut laporan CNN yang dikutip Rabu (27/2/2019), keduanya mengobrol sekitar 20 menit sebelum duduk bersama di meja makan bundar untuk makan malam. Kim Jong-un dan Donald Trump disebutkan “berbagi banyak cerita menarik”.

“Kami membuat banyak kemajuan,” kata Trump tentang pertemuan puncak pertama mereka. “Saya pikir kemajuan terbesar adalah hubungan kami, benar-benar bagus.”

Ditanya apakah KTT ini akan menghasilkan deklarasi politik untuk mengakhiri Perang Korea, Trump mengatakan: “Kita akan lihat.”

Kim mengatakan dia “yakin akan mencapai hasil yang luar biasa yang akan disambut oleh semua orang.”

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melangsungkan KTT di Ibu Kota Vietnam, Hanoi pada 27 dan 28 Februari, di mana ini akan menjadi pertemuan puncak kedua mereka setelah KTT Singapura, Juni lalu.

Masalah-masalah utama yang akrab dibahas dalam KTT kedua itu adalah kelanjutan denuklirisasi Semenanjung Korea, serta nasib sanksi terhadap Pyongyang, yang telah merugikan perekonomian Korea Utara.

Akal Bulus Kakek Cabul di Kebumen, Mangsa Teman Cucunya

Liputan6.com, Kebumen – Orang tua NN (9), warga Kebumen, merasa nyaman anaknya hanya bermain di sekitaran rumah. Selain mudah dipantau, di dekat rumah mereka tinggal seorang kakek, TF (55) yang cucunya seumuran dengan anak mereka.

Layaknya, seorang kakek, kelihatannya TF sangat menyayangi cucu dan memperhatikan teman-teman sang cucu. Mereka tak menyangka, kedekatan NN dengan cucu sang kakek bakal berujung sengsara. NN menjadi korban pencabulan.

Bahkan, tanpa orang lain menyadari, pencabulan anak itu pun terjadi berulangkali. Modusnya nyaris selalu sama. Ketika NN bermain dengan cucu atau sedang berada di sekitar rumahnya, TF memanggilnya.

Lantas, TF mengajak NN masuk kamar. Di dalam kamar itu lah, TF mencabuli gadis di bawah umur ini.

“Tersangka diduga telah mencabuli korban sekitar tahun 2018 di rumahnya. Tersangka membujuk korban masuk ke kamar, selanjutnya perbuatan cabul terjadi di situ,” kata Kasatreskrim Polres Kebumen, AKP Edy Istanto, Selasa (26/02/2019.

Borok TF akhirnya terkuak. Sabtu, 19 Februari 2019, TF kembali mencabuli NN di rumah tersangka yang tak sebegitu jauh dari rumah korban. Rupanya, kali ini korban melaporkan perbuatan tak senonoh itu kepada orangtuanya.

Korban mengalami trauma. Mendengar apa yang dialami anaknya, orangtua korban tak terima dan lantas melaporkan TF ke Polres Kebumen.

“Modusnya, saat korban bermain bersama dengan cucunya, korban ini dipanggil oleh tersangka. Selanjutnya, tersangka melakukan perbuatan pencabulan tersebut,” dia menjelaskan.


2 dari 2 halaman

Waspada Orang Terdekat

Penyidik Unit PPA Sat Reskrim Polres Kebumen menjerat tersangka dengan pasal 82 ayat (1) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang perlindungan anak, dengan ancaman paling lama 15 tahun kurungan penjara dan denda paling banyak Rp5 Miliar.

Kasus pencabulan anak atau kekerasan telah menjadi bahaya laten yang nyaris terjadi di seluruh daerah. Yang berbahaya, ternyata kekerasan itu kebanyakan dilakukan oleh orang-orang terdekat.

Entah masih satu keluarga, tetangga atau orang yang kerap berinteraksi dengan sang anak. Misalnya, guru di sekolah atau bahkan pedagang mainan di lingkungan sekolah. Tak terkecuali di Cilacap.

Sekretaris P2TP2A Citra, Nurjanah Indriyani menjelaskan, ada tren kenaikan kasus kekerasan terhadap anak dari tahun ke tahun. Kenaikan ini bisa diartikan dua hal, antara kesadaran orang untuk melapor atau peristiwanya yang memang bertambah.

Dia pun memperingatkan, dari puluhan kasus pencabulan anak yang terjadi di Cilacap, nyaris seluruhnya dilakukan oleh orang-orang terdekat. Ayah tiri, paman, kakek, tetangga, guru sekolah, guru ngaji, adalah beberapa pihak yang tercatat sebagai pelaku.

“Hampir semuanya dilakukan oleh orang terdekat,” ucapnya, dalam keterangan terpisah.

Menurut dia, sebagian besar kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi pada keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Paling banyak, kata dia, terjadi pada keluarga miskin.

Sebab itu, P2TP2A Citra mengintensifkan sosialisasi pencegahan tindak kekerasan terhadap anak di hampir semua lini, mulai sekolah, pemerintah desa, ibu PKK, kelompok pengajian, dan komunitas-komunitas perempuan lainnya.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Di Depan Ulama Sumenep, Prabowo Ajak Kawal Pemilu Bersih, Jujur dan Adil

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kembali menyinggung proyek infrastruktur era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang menurutnya dibangun bukan untuk rakyat kecil. Hal itu disampaikan Prabowo saat menggelar silaturahmi dengan alim ulama, kiai dan habaib di Pondok Pesantren Assadad, Sumenep, Madura, Selasa (26/2/2019).

Prabowo mengakui, pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan bangsa ini. Namun, infrastruktur yang dibangun harus bisa diakses oleh rakyat.

“Kalau yang pakai infrastruktur hanya pengusaha untuk membawa barang dari luar negeri (impor), ya untuk apa infrastruktur itu,” kata Prabowo melalui siaran pers Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Kepada rakyat Sumenep, Prabowo berjanji, pemerintahan yang ia pimpin ke depan akan membangun infrastruktur yang memberi nilai tambah bagi masyarakat.

“Kita akan bangun ratusan pabrik-pabrik, anak-anak kita harus mendapatkan pekerjaan yang baik, kita tidak mau anak kita hanya jadi babu. Anak petani harus jadi insinyur, harus jadi dokter,” kata Prabowo.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga berkomitmen untuk membentuk pemerintahan yang bersih dari korupsi. Ketua Umum Partai Gerindra itu memastikan dirinya akan menunjuk putra putri terbaik untuk duduk di kabinet pemerintahannya.

“Tak hanya pintar, tapi juga yang miliki nurani. Yang bersedia tidak memperkaya diri sendiri, saudara, teman, atau saudaranya,” kata capres yang berpasangan dengan cawapres Sandiaga Uno ini.

Atas dasar itu, Prabowo mengajak rakyat Sumenep khususnya dan warga Madura pada umunya untuk menggunakan hak pilihnya di pemilu 17 April 2019. Prabowo juga mengajak masyarakat untuk mengawal jalannya pemilu agar berlangsung jujur dan adil.

“Kita berada di penghujung perubahan besar. 17 April 2019, 50 hari lagi kita bisa mengganti arah dari negara yang lemah ke negara yang lebih kuat. Bangsa makmur yang rakyatnya sejahtera. Karena itu, mari kita tidak lengah, mari berbondong-bondong TPS dan jaga sampai selesai,” seru Prabowo.

2 dari 3 halaman

Kiai dan Alim Ulama Sumenep Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Sementara kedatangan Prabowo di Ponpes Assadad disambut meriah para ulama, santri, dan masyarakat. KH Moh Yazid selaku perwakilan tuan rumah menerangkan, acara silaturahmi dengan Prabowo ini dihadiri oleh ulama-ulama dari berbagai penjuru Madura. Kehadiran mereka adalah pertanda Madura siap memenangkan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

“Mereka para ulama ini waktunya sudah habis untuk berkhidmad untuk umat, untuk mendidik para santri, tapi kenapa mereka masih sempat hadir di sisi, tujuannya hanya satu, yakni untuk memenangkan Prabowo Subianto,” kata KH Yazid, Selasa (26/2/2019).

KH Yazid mengatakan, para ulama sumenep telah menetapkan pilihan dukungan kepada paslon nomor urut 02. Pilihan itu didapat memlaui ikhtiar dan doa memohon petunjuk kepada Tuhan.

“Kami para ulama tentunya sudah berfikir panjang. Selain telah ada hasil ijtima ulama di Jakarta, para ulama dan kiai sepuh di Sumenep telah beristiharah meminta petunjuk kepada Allah. Kami punya cara sendiri untuk menentukan pilihan dan alhamdulillah hasilnya sama dengan hasil ijtima ulama yang di Jakarta,” terang KH Yazid.

Kepada Prabowo, para alim ulama serta kiai Sumenep menitipkan mandat dan aspirasi. Mereka juga berdoa agar gerakan menuju Indonesia adil makmur ala Prabowo-Sandiaga Uno selalu mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa.

“Pak Prabowo dan Pak Sandi semoga menjadi pemimpin yang bisa menghadirkan keadilan untuk bangsa indonesia, bisa wujudkan kemakmuran bagi rakyat. Semoga jadi pemimpin yang adil dan memakmurkan,” ucap KH Yazid.

Masih di kesempatan yang sama, KH Yazid juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan pemilu jujur, adil, damai, dan saling menghormati perbedaan pilihan.

“Mari jaga pemilu ini tetap damai, mohon tidak ada kata netral, suara anda akan menentukan nasib Indonesia lima tahun yang akan datang. Misalnya di luar sana ada ulama kiai yang beda pilihan politik, tolong jangan dicaci, jangan dibenci, kita jaga ukhwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah kita supaya terwujud Indonesia yang adil dan makmur,” kata KH Yazid.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sulawesi Tengah Kembali Kehilangan Duta di LIDA 2019

Liputan6.com, Jakarta – Konser LIDA 2019 telah memasuki lanjutan fase top 48. Senin (25/2/2019), Konser LIDA 2019 menampilkan empat duta dari grup 8.

Keempat duta yang tampil dalam LIDA 2019 semalam adalah Yusuf (Maluku), Faul (Aceh), Iwan (Sumatera Barat) serta Endang (Sulawesi Tengah). Keempat Duta Provinsi memang telah memberikan penampilan terbaik mereka masing-masing, namun satu orang Duta harus tersisih dan meninggalkan panggung LIDA 2019.

Endang, duta Sulawesi Tengah harus terpaksa tersenggol karena hanya memperolah skor terendah sebesar 18.60. Dengan tersenggolnya Endang, membuat Provinsi Sulawesi Tengah kehilangan seluruh Duta Provinsinya dari LIDA 2019.

Sulawesi Tengah menyusul provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Papua, Sulawesi Barat, Riau dan Kalimantan Tengah yang telah terlebih dahulu tereliminasi di LIDA 2019.

2 dari 3 halaman

Pujian

Berbeda dengan Endang, nasib baik diperoleh Faul, Duta Provinsi Aceh, saat menyanyikan lagu “Bunga Dahlia”. Alhasil, Faul mendapat pujian dari Nassar.

“Penampilan Faul malam ini membuat saya tercengang dan saat interlude Faul bernyanyi beda dari seluruh penyanyi yang pernah menyanyikan lagu Bunga Dahlia,” kata Nassar di Panggung LIDA 2019, Senin (25/2/2019).

3 dari 3 halaman

Grup 9

Faul (Aceh) yang mendapatkan skor tertinggi 32.76 berhasil maju ke Top 36, begitu juga dengan Yusuf (Maluku) 28.39 dan Iwan (Sumatera Barat) 20.25. Konser Top 48 akan terus berlanjut ke Group 9 pada malam ini Selasa, 26 Februari 2019 dengan menampilkan Angga (Sumatera Utara), Haji (Bengkulu), Hanan (Jawa Barat) dan Waode (Sulawesi Tenggara).

Kini, LIDA 2019 hanya menyisakan 27 Provinsi yang masih semangat bersaing maju ke babak Top 36 untuk memperebutkan gelar juara dan mengharumkan nama provinsinya. Saksikan terus LIDA 2019 setiap hari LIVE pukul 19.00 WIB hanya di Indosiar, Luar Biasa!

Ternyata Vietnam Jadi Panutan Korea Utara soal Reformasi

Liputan6.com, Hanoi – Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Korea Utara diketahui telah mempelajari dengan seksama keberhasilan reformasi di Vietnam, yang berdampak pada kemajuan ekonomi dan sosial, kata seorang penasihat pemerintah Vietnam.

Delegasi dari Korea Utara telah mengunjungi Vietnam selama tiga tahun terakhir, dan mereka diketahui “sangat tertarik” pada transisi ekonomi negara Asia Tenggara itu, kata Le Dang Doanh, mantan penasihat perdana menteri Vietnam.

Dikutip dari CNBC pada Senin (25/2/2019), tim Korea Utara ingin tahu bagaimana Hanoi mempersiapkan dan melakukan reformasi, serta implikasi politik yang dibawa oleh perubahan tersebut.

Delegasi Korea Utara juga mempelajari bagaimana Vietnam berhasil menormalkan hubungan politik dan ekonomi dengan Amerika Serikat (AS), kata Doanh, yang sekarang menjadi rekan senior di perguruan tinggi ekonomi Universitas Nasional Hanoi.

Serangkaian reformasi yang dilakukan pada 1980-an dan 1990-an membuka jalan bagi Vietnam –yang dikuasai komunis– untuk memasuki kembali pasar global, dan menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Bahkan di tengah reformasi, Vietnam telah berhasil mempertahankan kontrol ketat atas rakyat dan ekonominya, dan secara luas disebut-sebut sebagai model potensial yang ingin diikuti oleh Korea Utara.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Reformasi adalah Proses yang Sulit

Menurut Doanh, transisi ekonomi Vietnam telah berhasil “memobilisasi seluruh dinamisme, kreativitas, dan memberikan tekad rakyat Vietnam untuk berkembang”.

“Saya pikir ini adalah pengalaman yang sangat bagus untuk Korea Utara,” lanjutnya.

Namun, ia memperingatkan: “Reformasi adalah proses yang sulit, di mana beberapa keuntungan atau manfaat, bisa saja sebatas harap.

Di lain pihak, pemerintahan Kim Jong-un di Korea Utara disebut telah memungkinkan terbukanya kesempatan pasar berkembang di negaranya.

Salah satunya adalah dengan cara memperkenalkan lebih banyak zona ekonomi khusus, dan meminta pabrik untuk memperluas jangkauan produk mereka guna memenuhi selera konsumen yang beragam.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan bertemu di Hanoi pada 27 dan 28 Februari, di mana ini akan menjadi pertemuan puncak kedua mereka setelah KTT Singapura, Juni lalu.

Masalah-masalah utama yang akab dibahas dalam KTT kedua itu adalah kelanjutan denuklirisasi Semenanjung Korea, serta nasib sanksi terhadap Pyongyang, yang telah merugikan perekonomian Korea Utara.

3 Pemain Chelsea yang Memiliki Hubungan Buruk dengan Maurizio Sarri

Liputan6.com, Jakarta – Usai tancap gas pada awal karier bersama Chelsea, Maurizio Sarri mulai merasakan panasnya kursi manajer di Stamford Bridge. The Blues kini berada di luar zona Liga Champions serta kurang meyakinkan saat mengikuti Piala FA. 

Hubungan Sarri dengan beberapa pemain Chelsea pun dikabarkan kurang bagus sepanjang musim ini. Puncaknya terjadi dalam final Carabao Cup melawan Manchester City.

Hal ini bukan kejutan mengingat skuat Chelsea saat ini berisi pemain yang ‘memaksa’ Jose Mourinho keluar dari klub tiga tahun lalu. Sarri sepertinya bisa mengalami nasib yang sama.

Ada masalah yang cukup di rumit di ruang ganti Chelsea saat ini. Berikut ini tiga pemain yang punya hubungan kurang bagus dengan Sarri seperti dilansir Sportskeeda:

2 dari 4 halaman

Marcos Alonso

Setelah diangkat sebagai manajer Chelsea musim panas lalu, Sarri menyatakan Marcos Alonso sebagai bek sayap terbaik di Eropa. Pemain Spanyol itu memulai musim 2018/19 dengan performa biasanya dam mencetak gol kemenangan Chelsea saat melawan Arsenal.

Namun, pemain berusia 28 tahun itu kini gagal mencetak gol selama hampir lima bulan. Performa yang buruk juga mengakibatkan mantan pemain Sunderland itu kehilangan posisinya di starting XI Chelsea sejak tiba di klub pada 2016. Alonso pun mempertanyakan gaya permainan Sarri.

Saat kalah melawan Manchester City di final Carabao Cup, Alonso tidak masuk skuat Chelsea, dan sepertinya sudah tidak mungkin kembali ke starting XI. Semua tanda-tanda mengisyaratkan ada masalah dan Alonso mungkin akan menghabiskan sisa musim dengan tanpa bermain.

3 dari 4 halaman

Cesar Azpilicueta

Sejak pindah ke Chelsea selama musim panas 2012, Cesar Azpilicueta perlahan-lahan berubah menjadi pemain bertahan paling konsisten di timnya. Pemain Spanyol itu menjadi sosok yang solid di belakang untuk Chelsea dan Azpilicueta juga menjabat sebagai kapten pada sebagian besar musim 2018/19.

Meskipun begitu, pemain Spanyol itu dikabarkan sempat cekcok dengan dengan manajernya di tempat latihan setelah Chelsea menelan kekalahan 2-0 dari Arsenal di bulan Januari. Selama empat musim terakhir, Azpilicueta hanya melewatkan dua pertandingan di Liga Inggris dan mengingat baru berusia 29 tahun, Azpilicueta punya potensi untuk menjadi starter reguler di London selama lima tahun ke depan.

Meski Sarri dan Azpilicueta tidak sepaham tentang arah tim, wakil kapten Chelsea itu secara terbuka menyatakan bahwa dia dan sang manajer sudah berhasil mengesampingkan semua maslah mereka. Untuk ke depan, Azpilicueta kemungkinan akan tetap menjadi salah satu pemain penting Sarri.

4 dari 4 halaman

Kepa Arrizabalaga

Final Carabao Cup 2019 antara Chelsea vs Manchester City diwarnai drama antara Kepa Arrizabalaga dengan Maurizio Sarri. Saat menjelang adu penalti, Sarri ingin mengganti Kepa dengan Willy Caballero. Namun, Kepa menolak untuk meninggalkan lapangan dan hal itu membuat Sarri berang.

Sulit untuk membayangkan bagaimana Kepa akan memperbaiki hubungannya dengan Sarri setelah kiper Spanyol itu menunjukkan tindakan yang tidak terpuji kepada manajernya. Meski Sarri juga berpotensi didepak atas insiden tersebut.

Kepa bergabung dengan Chelsea dengan biaya yang mencapai 71 juta pounds, dan setelah serangkaian penampilan buruk, nilai transfer pemain berusia 24 tahun itu baru saja turun. Pada akhirnya, Sarri dan Kepa mungkin akan dipaksa untuk bekerja bersama sampai akhir musim, kendati salah satu dari mereka mungkin harus pergi pada akhir musim.


Sumber: Bola.net

Nasib LRT Jakarta yang Tak Kunjung Operasi Pasca Asian Games 2018

Jakarta – Kereta lintas rel terpadu atau LRT di Jakarta yang dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tak kunjung beroperasi. Padahal, moda kereta ringan yang menghabiskan dana Rp 6,8 triliun ini awalnya ditargetkan beroperasi saat gelaran Asian Games 2018 pada Agustus tahun lalu.

Jalur kereta yang membentang dari Kelapa Gading di Jakarta Utara hingga Velodrome Rawamangun di Jakarta Timur sepanjang 5,8 km ini pun masih belum dinikmati oleh masyarakat hingga sekarang. Padahal kereta jauh-jauh dipesan langsung dari Korea Selatan agar pengoperasian bisa dikebut pada saat Asian Games 2018 lalu. Kenapa?

Kini sebuah anak usaha baru pun dilahirkan Jakpro untuk mengoperasikan kereta ini yakni PT LRT Jakarta. Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono berbagi cerita bersama detikFinance mengenai kondisi terkini salah satu proyek prestisius Pemprov DKI Jakarta tersebut dan alasan kenapa proyek ini tak kunjung dioperasikan.

Berikut wawancara lengkapnya: (eds/zlf)