10 Potret Negara dengan Musim Semi Terindah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Musim semi kini tengah dialami beberapa negara yang berada di bagian utara bumi. Musim semi diperkirakan akan berlangsung mulai 21 Maret hingga 21 Juni.

Musim semi menjadi salah satu musim yang ditunggu-tunggu masyarakat di negara bagian utara Bumi. Pada musim ini, pohon dan bunga-bunga akan mekar kembali setelah beberapa bulan mengalami musim dingin. Bisa dibayangkan, betapa indahnya pemandangan yang terlihat pada musim semi, bukan?

Nah, penasaran seperti apa pemandangan musim semi di seluruh dunia? Berikut potretnya seperti melansir dari Buzzfeed, Selasa (26/3/2019).

1. Lake Elsinore, California

Van Dijk: Duel Liverpool dengan City Berjalan Sampai Akhir Musim

Intinya, Van Dijk ingin Liverpool tetap dianggap sebagai tim yang kuat dan telah memberikan salah satu permainan terbaik di Liga Inggris musim ini. Sebab itu, jika pada akhirnya mereka gagal menjadi juara, Van DIjk ingin skuat Liverpool tetap berjalan dengan kepala tegak.

“Jika tidak [juara] maka kami harus tetap menegakkan kepala kami dan mencoba lagi, tetapi saat ini itu bukanlah fokus kami.”

“Kami telah tampil di liga dengan fantastis. Itu bagus untuk dilihat pecinta sepak bola. Saya merasa duel ini akan melaju terus sampai akhir. Kami akan memberikan segalanya, juga mereka [Man City],” tutup dia.

Sumber: Bola.net

CLS Finis di Posisi Empat Musim Reguler ABL 2018-2019

Liputan6.com, Jakarta – CLS Knights Indonesia berhasil finis di urutan empat pada musim reguler ASEAN Basketball League (ABL) 2018-2019. Peringat empat dikunci CLS setelah di laga terakhir musim reguler menang atas tuan rumah Hongkong Eastern 98-97 di Southorn Stadium, Wan Chai, Jumat (22/3/2019).

Pada laga ini, pemain lokal CLS Brandon Jawato menjadi bintang lapangan. Eks pemain Pelita Jaya ini membuat 25 poin, delapan rebound, tiga assist dan dua steal. 

Sedangkan dua pemain asing CLS Knights yakni Douglas Herring Jr dan Maxie Esho sama-sama mencetak double-double. Douglas mengemas 24 angka dan 11 assist, sedangkan Esho 21 poin dan 14 rebound.

Sementara pemain tuan rumah O Darien Basset menjadi topskor untuk timnya dengan raihan 32 poin, di susul rekannya Marcus Elliott 19 poin.

Meski cuma membuat 21 poin, Esho memainkan peran penting di laga ini. Dia menjadi penentu kemenangan. Esho mencetak dua poin terakhir CLS di detik-detik akhir jelang laga usai.

Putu Wijaya dan Dongeng Masa Kecil tentang Musim Semi

Liputan6.com, Jakarta – Putu Wijaya kecil pernah dimarahi gurunya lantaran menulis cerita tentang musim semi saat ditugaskan mengarang di sekolah. Sang guru berkata, di Indonesia tidak ada musim semi. Sang guru menilai Putu Wijaya terlalu jauh berkhayal.

“Pada saat itu saya diam saja, saya tidak berani melawan karena dia guru,” begitu kata Putu Wijaya menceritakan sepotong kisah di masa kecilnya.

Besar sebagai sastrawan serba bisa, ternyata Putu wijaya terlahir dari keluarga yang bukan seniman. Hanya saja keluarganya suka membaca, dan kebiasaan itu yang menular kepada dirinya.

“Saya membaca apa saja, saya juga membaca koran nasional Star Weekly yang diberikan kakak saya, di dalamnya ada cerita pendek, cerita bersambung, cerita detektif, dan cerita silat,” begitu kata Putu Wijaya menambahkan.

Dari kegemaran membaca sejak kecil, memunculkan keinginan untuk menulis dan menghasilkan buku seperti apa yang dibacanya. Awalnya Putu Wijaya tidak mendapat dukungan, mengingat orangtua di zaman dulu tidak merasa bahwa kesenian sesuatu yang bisa memberikan janji kesejahteraan, termasuk di Bali, yang dahulu masyarakatnya masih beranggapan kesenian hanyalah sambilan.

Putu Wijaya juga mengagumi beberapa sastrawan, seperti Chairil Anwar dan Pramoedya Ananta Toer. Di awal-awal pencarian, Putu Wijaya menulis dengan cara meniru-niru gaya bahasa karya sastrawan yang dibacanya. Kemudian proses kreatif Putu Wijaya berkembang, sehingga dirinya ingin sekali menulis dengan caranya sendiri, yang orang lain tidak suka, menulis berdasarkan keinginannya yang paling jujur. Dari hal tersebut kemudian Putu Wijaya menuliskan sesuatu “semaunya” sendiri, sesuatu yang berdasarkan pengalamannya.

Bagi Putu Wijaya, menulis “semaunya” merupakan pengakuan jujur kepada diri sendiri yang tidak dimiliki orang lain. Menulis semaunya tentang pengalaman pribadi yang konyol tentu menjadi sesuatu yang khas jika dibaca orang lain.

Kemudian dari tahap itu, pencarian Putu Wijaya makin berkembang dan tidak lagi menuliskan hal-hal yang bersifat pribadi, tetapi menulis tentang lingkungan di sekitarnya. Kemudian lebih berjarak lagi dengan menuliskan tentang orang lain, menuliskan tentang isu-isu terhangat dari berita yang diendapkan, sehingga menjadi sebuah tulisan fiksi yang bisa diterima banyak orang. Sampai pada akhirnya Putu Wijaya menemukan gaya kepenulisannya sendiri.

Putu Wijaya menilai perkembangan sastra di Indonesia saat ini sangat baik. Hanya saja kadar sastra dalam sebuah karya sastra kini malah menjadi berkurang. Menurutnya ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut, yang pertama adalah makin banyaknya penerbitan.

“Kalau dulu, bacaan sastra itu penerbitnya kurang sekali, sekarang gencar. Kalau dulu buku kita diterbitkan kita merasa bangga, karena dia melalui suatu seleksi. Tapi sekarang siapa pun bisa melakukan sesuatu (menerbitkan buku), gampang kan? Jadi sekarang sesuatu yang diterbitkan bukan jaminan bahwa isinya bagus,” kata Putu Wijaya.

9 Pemain yang Berpotensi Dibeli Real Madrid di Bursa Musim Panas

Jakarta – Kedatangan Zinedine Zidane diyakini akan diikuti dengan pembelian pemain anyar untuk memperkuat skuat Real Madrid. Ini daftar pemain yang bisa dibeli El Real.

Di lini belakang, Madrid butuh pemain pelapis untuk Sergio Ramos dan Raphael Varane. Matthijs De Ligt adalah pilihan paling ideal, meski persaingan mendapat bek Ajax Amsterdam itu akan berat karena beberapa klub besar Eropa juga meminatinya. (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Masihkah Alderweireld di Tottenham pada Musim Depan?

BrusselsToby Alderweireld mengaku tak tahu apakah masih akan bertahan atau tidak di Tottenham Hotspur di musim depan. Alderweireld cuma ingin memastikan Spurs menyudahi musim ini sebaik mungkin.

Bek tengah Tottenham itu masih terikat kontrak sampai 2020, setelah sebuah klausul di kontraknya diaktifkan. Namun demikian, hal itu berarti turut mengaktifkan klausul pelepasan Alderweireld sebesar 25 juta pound sterling di bursa musim panas.

Menurut spekulasi yang berkembang, bek berusia 30 tahun itu menolak memperpanjang kontraknya dengan Tottenham. Disebutkan pula, Spurs bahkan akan melego Alderweireld di dua pekan terakhir bursa.


Manchester United menjadi klub yang paling santer dikaitkan dengan Alderweireld, sekalipun Barcelona dan Juventus juga dikabarkan berminat.

“Masih ada banyak pertandingan untuk dimainkan di musim ini. Dan pada akhirnya aku masih punya sisa setahun kontrak di Spurs, jadi aku tidak melihat lebih jauh daripada musim ini,” Alderweireld mengatakan kepada Sky Sports News.

“Hal-hal lainnya aku tidak tahu. Aku sangat bahagia sih di Spurs. Jadi kita lihat saja bagaimana masa depan.”

Alderweireld bergabung Tottenham dari Atletico Madrid pada 2015. Hingga kini Aldeweireld telah membuat nyaris 150 penampilan yang turut membantu Spurs konsisten finis tiga besar dalam tiga musim terakhir.

(rin/yna)

Para Pemain Manchester City Rasakan Musim yang Spesial

Liputan6.com, Jakarta Manchester City berpeluang meraih gelar quadruple pada musim ini. Sama halnya dengan pemain The Citizens lainnya, Bernardo Silva, merasa musim ini sanga spesial bagi mereka. 

Manchester City memasuki musim ini setelah menjuarai Premier League musim lalu. Musim tersebut memang spesial, sebab Man City memecahkan banyak rekor ketika menjadi juara. Biar begitu, Bernardo Silva menjelaskan bahwa musim ini jauh lebih spesial.

Manchester City sudah mengamankan trofi Carabao Cup. Mereka juga menembus semifinal FA Cup, bermain di perempat final Liga Champions, juga bersaing di papan atas Premier League. Artinya, peluang quadruple itu masih ada.

Bernardo Silva menyadari hal itu, dan karena itulah musim Man City jadi terasa spesial.

Menurut Silva, banyak pemain Man City yang menyadari musim ini begitu spesial. Mereka sudah meraih satu trofi dan berpeluang meraih tiga trofi lainnya. Bayangan meraih quadruple membuat mereka kian bersemangat untuk bermain sebaik mungkin.

“Saya rasa semua pemain bisa merasakan bahwa musim ini spesial,” ungkap Bernardo Silva kepada Manchester Evening News.

“Musim lalu spesial karena kami menjuarai Premier League, musim ini bisa jadi musim yang spesial karena kami sudah menjuarai satu kompetisi, kami masih bermain di tiga lainnya.”

5 Momen Kemenangan Pesta Gol Manchester City Musim Ini

Pada leg pertama semifinal EFL Cup, Manchester City mengalahkan Burton Albion dengan skor 9-0. Ini adalah kemenangan terbesar City musim ini.

Burton Albion bermain di League One (divisi ketiga) dan mereka bisa mencapai semifinal setelah mengalahkan Middlesbrough di perempat final. City sangat difavoritkan untuk memenangkan pertandingan, tetapi tidak ada yang menyangka pertandingan berakhir dengan skor 9-0.

Kevin De Bruyne mencetak gol pembuka di menit kelima dan Gabriel Jesus mencetak empat gol di pertandingan tersebut. Oleksandr Zinchenko, Phil Foden, Kyle Walker dan Riyad Mahrez menyumbang satu gol untuk City.

Formasi Terbaru Toyota Team Indonesia Menghadapi Musim 2019

Herdiko diplot untuk menggantikan Demas Agil yang akan fokus untuk ajang balapan ISSOM. Sementara Sabrina, rencananya akan diplot untuk menggantikan peran dari pembalap wanita TTI sebelumnya yang memutuskan untuk pensiun dari dunia balap yaitu Alinka Hardianti.

“Dengan masuknya Sabrina Sameh dan Herdiko Setya Putra, saya berharap mereka bisa dengan cepat beradaptasi terhadap tim. Semangat dan kerja keras yang tinggi dari kedua pembalap tersebut, saya yakin dapat memberikan kekuatan penuh untuk TTI pada musim 2019,” sambung Memet Djumhana.

Untuk ajang ISSOM, TTI musim ini akan mengandalkan 2 pembalapnya yaitu Haridarma Manoppo dan Demas Agil, serta ada juga satu pembalap wanita asal Jepang yaitu Sakikawa. Selain menghadirkan pembalap baru, TTI juga turut merekrut mantan pembalap F1 Rio Haryanto. Namun, Rio direkrut bukan sebagai pembalap, melainkan sebagai penasihat teknis TTI.

“Masuknya Rio Haryanto diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik untuk semua pembalap TTI dengan segudang pengalaman yang dimilikinya,” jelas Memet Djumhana.

Dalam mengikuti dua ajang balapan tersebut, rencananya TTI akan mengandalkan dua mobil andalan Toyota yaitu New Yaris dan New Agya 1.200 cc. Kedua mobil tersebut dipilih oleh TTI dan tim development TRD karena dinilai memiliki performa yang baik dan sudah terbukti prestasinya pada tahun-tahun sebelumnya.

Laga Kandang Terakhir Musim Reguler ABL, CLS Kalahkan Saigon Heat

SurabayaBTN CLS Knights Indonesia menutup laga kandang musim reguler dengan kemenangan. Menjamu Saigo Heat, CLS menang dramatis 90-91.

Meski sudah memastikan diri lolos ke babak playoff, CLS tetap bermain serius pada laga di GOR Kertajaya, Rabu (13/3/2019). Pasalnya ini adalah laga kandang terakhir mereka di musim reguler ASEAN Basketball League (ABL). Sayangnya, pelatih Brian Rowsom tak bisa ikut mendampingi karena skorsint satu gim.

CLS memulai dengan lambat di kuarter pertama ketika mereka tertinggal 0-7 dan lantas berbalik unggul 14-13. Saling kejar-mengejar skor terjadi di kuarter pertama hingga akhirnya CLS unggul tipis 23-22.

Masuk di kuarter kedua, CLS sempat tersendat perolehan poinnya hingga tertinggal 33-38. Tapi, CLS bangkit lewat dua kali free thrwo Darryl Watkins dan aksi lay-up Brandon Jawato di 32 detik tersisa untuk membawa CLS unggul 47-44. Heat sempat memperkecil ketertinggalan di paruh pertama lagi dengan 46-47.

Laga semakin berjalan ketat di kuarter ketiga ketika skor sama kuat 66-66. Masuk di kuarter keempat, kejar-mengejar angka kembali terjadi sebelum lay-up Douglas Herring Jr di sisa enam detik memberikan kemenangan 91-90 untuk CLS. Ini adalah kemenangan ke-14 CLS selama musim reguler.

Herring JR jadi pemain terbaik dengan torehan 20 poin, tujuh rebound, dan empat assist. Watkins menopang dengan 21 poin dan lima rebound, lalu Brandon Jawato (19 poin), Maxie Esho (17 pooin), dan Wong Wei Long (14 poin). Dari Heat ada De Angelo Hamilton yang menyumbangkan 27 angka disusul Kyle Barone dengan 21 angka.

“Pemain saya tidak pernah menyerah meski sempat tertinggal sembilan poin di akhir kuarter keempat. Saat time out di kuarter akhir 2 menit 40 detik, saya cuma bilang fokus saja ke defense apapun yang terjadi, nyatanya mereka memberikan best effort 100% dan comeback yang sangat luar biasa. Mungkin evaluasinya cuma di masalah konsistensi saja,” ujar asisten pelatih Koko Heru Setyonugroho dalam rilis kepada detikSport.

Selanjutnya CLS akan menyudahi kiprah mereka di regular season ini dengan bertandang ke markas Hongkong Eastern, Jumat (22/3/2019). CLS kini ada di posisi keempat klasemen dengan rekor 14-11 dan sudah mengoleksi empat kemenangan beruntun dari lima gim terakhir.

“Saya bangga dan speechless, ending yang sangat luar biasa menutup partai kandang musim ini. Ada dua pembuktian di sini, yang pertama Wong Wei Long yang saat bermain di Singapura mendapat cemooh dari publik di sana, nyatanya hari ini dia bermain luar biasa. Dua tembakan tiga angkanya mengangkat moral tim, selain itu pembuktian kedua untuk coach Koko, yang dulu juga kerap dikecam dan diremehkan. Dia berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pelatih muda yang hebat dengan strategi yang tidak mudah ditebak,” papar Christopher Tanuwidjaja selaku Managing Partner CLS Knights.

(mrp/ran)