Motor Kecil dengan ABS Mengurangi Risiko Kecelakaan?

Liputan6.com, Jakarta – Berdasarkan data Kepolisian Negara Republik Indonesia, pada 2017 kecelakaan kendaraan bermotor roda dua (motor) dan tiga di Indonesia mencapai 72 persen dari jumlah keseluruhan kecelakaan di Indonesia. Sementara persentase mobil, truk, dan bus masing-masing hanya sebesar 11, 12, dan 1 persen.

Meski populasinya terbesar, saat ini motor ber-cc kecil tidak dilengkapi teknologi keselamatan mumpuni. Menurut riset Universitas Indonesia dan Bosch, 27 persen dari seluruh kecelakaan sepeda motor dapat dihindari dengan ABS.

“Keselamatan menjadi salah satu tantangan paling mendesak di pasar sepeda motor,” ujar Managing Director Bosch di Indonesia, Andrew Powell.

Riset terkini Bosch bersama dengan Universitas Indonesia menunjukkan bahwa jika semua sepeda motor di Indonesia telah dilengkapi dengan ABS, 27 persen dari keseluruhan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dapat dihindari.

“Dengan keahlian mengenai ABS selama lebih dari 30 tahun, kami percaya bahwa implementasi teknologi ini dapat memberikan dampak positif di Indonesia – membantu menyelamatkan hingga sekitar 5.000 nyawa per tahun untuk penggunaan di negara ini saja,” lanjut Powell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *