Modernisasi Alutsista Polairud Dinilai Dapat Tekan Kejahatan Perairan

Di sela-sela syukuran peringatan HUT ke-68 Polairud di Pangkalan Polairud Korpolairud Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, secara simbolis Kapolri Jenderal Tito Karnavian meresmikan alutsista baru berupa satu unit kapal patroli lepas pantai, lima unit kapal patroli cepat, 15 unit kapal pemburu cepat, satu pesawat CN, dan satu helikopter Bell.

Total alutsista baru dimiliki Polairud sebanyak 23 yang terdiri dari kapal, pesawat serta helikopter.

Kapolri Tito berharap armada ini bisa menekan kejahatan di wilayah perbatasan Indonesia. Kehadiran armada baru sangat diperlukan untuk mendukung mobilitas Polairud karena wilayah Indonesia yang sangat luas berupa kepulauan dan 60 persen adalah perairan.

“Korps Polairud bisa survive selama 68 tahun. Tidak hanya sekadar bertahan tapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Peran di cross border membantu memberantas illegal fishing, smuggling, penyelundupan, human trafficking, serta kejahatan umum konvensional seperti perompakan,” ujar Kapolri.

Saksikan video menarik berikut ini:

Panglima TNI mengapresiasi seluruh uji coba alutsista. Persenjataan tersebut karena sudah sesuai standar dan tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *