Menanti Adu Peluru Capres-Cawapres di Debat Perdana

Liputan6.com, Jakarta – Tahapan pemilihan presiden (pilpres) 2019 akan memasuki tahapan baru. Menunggu hitungan jam, debat pilpres perdana akan digelar Kamis 17 Januari 2019. KPU memastikan persiapan untuk itu telah rampung 100 persen. Lokasi, rundown acara, tamu undangan, hingga moderator dan panelis sudah siap semuanya. 

Tak hanya KPU, pihak yang akan bertarung juga menyatakan kesiapannya. Baik pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin, maupun penantangnya paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Keduanya menyatakan siap tempur dan telah menyiapkan sejumlah amunisi yang siap digeber di panggung debat pilpres nantinya.  

Koordinator tim debat Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, pihaknya telah menyiapkan senjata ‘khusus’ yang akan dipakai dalam debat perdana.  Dua peluru itu adalah kasus HAM dan korupsi.

Karding menyebut, kasus pelanggaran HAM yang diduga dilakukan Prabowo Subianto bakal dibawa Jokowi-Ma’ruf Amin. Selama ini, nama Prabowo kerap diseret dalam dugaan penculikan aktivis saat menjadi Danjen Kopassus.

“Yang pertama soal kasus pelanggaran HAM dan penghilangan orang yang diduga dilakukan Pak Prabowo,” ujar Karding melalui pesan singkat, Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Kasus kedua, diduga mengkaitkan nama sang cawapres Sandiaga Uno. Nama bekas Wagub DKI Jakarta itu pernah disebutkan sebagai pemilik PT Duta Graha Indah (DGI) oleh mantan Bendum Partai Demokrat Nazaruddin.

“Kedua tentu, kita melihat bahwa KPK telah bekerja menggunakan kewenangannya untuk mengusut kejahatan atau korupsi korporasi. Saya kira salah satu yang mesti menjadi pertanyaan publik selama ini adalah kasus yang menimpa PT DGI di mana semua orang tahu komisarisnya adalah pasangan paslon 02,” kata Karding.

KPK masih mengusut kasus kejahatan korupsi korporasi PT DGI. KPK menetapkan PT DGI sebagai tersangka dalam kasus proyek pembangunan Rumah Sakit Khusus Infeksi dan Pariwisata RS Universitas Udayana sejak 5 Juli 2017. Proyek tersebut diduga memakan kerugian negara hingga Rp 25 miliar. Diduga ada enam proyek yang terlibat.

Perusahaan yang kini berganti nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring ini diketahui bermitra dengan Permai Grup milik terdakwa korupsi Wisma Atlet Muhammad Nazaruddin.

Karding menilai momentum debat itu menjadi tempat Prabowo dan Sandiaga untuk menjelaskan dua hal tersebut ke publik.

“Jadi ini tentu ruang dan hal strategis untuk kita minta penjelasannya kepada Pak Sandiaga Uno dan Pak Prabowo,” tandasnya.

Seakan tak mau kalah, tim pasangan calon nomor 02 juga telah menyiapkan hal yang sama. Mereka mengaku sudah menyiapkan setidaknya empat peluru yang akan digunakan menyerang kubu lawan di debat pilpres perdana ini.

Pertama adalah kasus penyelesaian HAM masa lalu. Juru bicara Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN), Nasir Djamil menyatakan, ini merupakan bahan materi debat yang akan disampaikan.

“Bagaimana menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu. Kemudian kasus-kasus terkait orang hilang,” kata Nasir saat dihubungi Merdeka.com.

Menurut dia, sampai sekarang sudah ada tujuh kasus pelanggaran HAM yang diberikan kepada Kejaksaan Agung dari Komnas HAM yangdimana belum ditindaklanjuti.

Selain itu, senjata lain adalah soal  kasus penyerangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Cawapres Sandiaga mengungkapkan peluang mengangkat kasus tersebut di debat perdana terbuka lebar. Karena menurutnya, ini berkaitan dengan masalah korupsi yang sudah akut.

“Ada kemungkinan (bahas kasus Novel Baswedan) karena masalah korupsi itu kan sudah sangat akut ada di stadium 4 kalau kanker, kalau penyakit sudah sangat kronis,” kata Sandiaga, Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Dia menuturkan, dengan mengangkat kasus-kasus yang sedang berjalan, justru akan lebih mudah. Karena akan langsung bersinggungan dengan rakyat.

Ketiga, Prabowo Sandi juga akann menjadikan isu teroris sebagai satu amunisi yang akan ditujukan ke kubu lawan,

Terakhir, untuk masalah hukum, soal transparansi dan akuntabilitas para penegak hukum juga menjadi fokus pihak Prabowo-Sandi di debat nanti.

Juru bicara Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN), Nasir Djamil menyebut pihaknya, akan lebih menekankan dalam penegakan hukum yang adil juga ditentukan dari sikap pemimpin negara. Pasalnya, jika penguasanya tegas, maka hukum akan adil.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Beri Solusi

Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengatakan, debat Pilpres perdana pada 17 Januari mendatang akan menjadi daya tarik tinggi bagi publik.

“Publik jenuh dengan model kampanye kita tiga bulan belakangan ini tidak bicara soal isu-isu publik. Tidak bicara kepentingan besar publik. Tapi soal-soal yang kontroversial, yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan publik,” ucap Arya di kantornya, Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Dia mengingatkan agar penantang, yakni Prabowo-Sandiaga menghadirkan alternatif. Bukan hanya kritik semata.

“Kita sebagai pemilih tentu berharap dalam debat nanti, bagi penantang dulu deh, bagi penantang harus menawarkan sesuatu alternatif. Bukan soal narasi-narasi, bukan soal kritik-kritik semata. Tetapi harus ada narasi alternatif atau solusi,” ungkap Arya.

Dia merujuk pada pidato kebangsaan Prabowo yang sangat emosional. Topik yang dibicarakannya juga sangat besar.

Padahal kalau penantang itu fokus pada beberapa isu yang kuat, Misalnya isu-isu ekonomi.

“Mungkin pidatonya sangat menarik. Tetapi kan isu yang dibicarakan sangat luas itu. Mungkin juga ingin menargetkan masa pemilih yang luas. Padahal menurut saya sebagai penantang lebih baik menggunakan isu-isu strategis, fokus isu penting,” jelas Arya.

Dia menyayangkan pidato Prabowo sangat emosional, penuh kritik kepada pemerintah. Menurutnya, apa yang disampaikan Prabowo tak akan berpengaruh besar untuk menggaet massa mengambang atau swing voters.

“Kalau dari sisi efek, bagi pemilih yang swing atau yang belum menentukan pilihan, efek pidato itu tidak terlalu besar,” jelas Arya.

Salah satunya, karena isu yang dipilih. Menurutnya, apa yang disampaikan Prabowo adalah isu Pemilu 2014.

“Soal utang, soal sumber daya dan isu-isu lainnya. Nah bagi pemilih yang dua tipikal, pemilih baru dan masih mungkin berubah dan yang belum menentukan pilihan, mereka sudah dengar itu juga sebelumnya. Dan mereka mungkin kurang tertarik,” jelas Arya.

Sedangkan untuk Jokowi-Ma’ruf, masih kata dia, harus juga bisa membangun dan menjawab pertanyaan publik mengapa mereka layak dipilih kembali. Apa capaiannya dan prestasinya. Itu yang menjadi penting bagi publik.

“Karena debat ini sebenarnya kalau kontestasinya ketat, yang sangat memperngaruhi adalah justru isu-isu yang, bukan isu-isu yang normatif tapi isu-isu yang punya daya pukul yang kuat,” tukas Arya.

Dia menilai, isu korupsi akan lebih seksi daripada yang lain. Dimana di 2018 banyak OTT yang dilakukan KPK.

“Jadi publik punya intensi yang sangat besar untuk mengetahui apa prioritas pemerintah terhadap pemberantasan korupsi,” kata Arya.

Selain itu, masih kata dia, korupsi yang dicermati adalah korupsi politik. Jadi ini yang ditunggu masyarakat.

“Terutama korupsi dari sisi korupsi politik. Apa yang ingin pemerintah lakukan untuk menangani tindak pidana korupsi itu. Saya kira isu korupsi tanpa menegasikan isu lainnya, jauh punya magnitude yang besar,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menyebut, kasus penculikan aktivis ’98 dan kasus penyidik KPK Novel Baswedan harus di angkat di debat capres-cawapres pada 17 Januari nanti. Pasalnya, kedua kasus ini menyangkut masa depan pemerintahan Indonesia.

“Ini (kasus penculikan aktivis 98 dan kasus Novel Baswedan) menjadi tema penting yang harus diungkap kepada publik. Karena keduanya menyangkut masa depan pemerintahan Indonesia. Keduanya, menyangkut pada calon-calon presiden,” ujar Boni Hargens saat dihubungi, Selasa 15 Januari 2019.

Boni menilai, kasus penculikan aktivis 98 selama ini dikaitkan dengan capres Prabowo Subianto. Oleh karena itu, komitmen Prabowo soal penuntasan masalah HAM wajib ditanyakan.

Bukan cuma Prabowo, kata Boni, Jokowi sebagai capres juga mesti tegas dalam mengusut kasus penghilangan paksa 13 aktivis ’98 yang hingga kini belum jelas penuntasannya.

“Bukan karena nama Prabowo Subianto ada di pusaran kasus itu, dengan tanpa penjelasan status hukum atau perannya, kecuali diberhentikan dari jabatan dan dipecat dari keanggotaannya sebagai TNI, melainkan karena ini beban sejarah yang berat maka harus dituntaskan,” tuturnya.

Selain itu, dalam forum debat, kedua capres harus dimintai komitmen untuk menuntaskan kasus Novel Baswedan. Menurutnya, meski kasus Novel terjadi pada era pemerintahan Jokowi, namun beban sejarahnya berbeda.

“Hal yang membedakan secara signifikan adalah kasus penghilangan paksa atas aktivis ‘98 sudah terjadi selama hampir 20 tahun sejak reformasi. Sementara, kasus Novel Baswedan terjadi dua tahun setelah pemerintahan Jokowi,” terangnya.

“Kasus Novel Baswedan memang terjadi pada era Jokowi, tetapi sudah ada lembaga yang bekerja. Saya mengapresiasi langkah Polri yang telah membentuk Tim Gabungan Investigasi untuk mengusut kasus Novel Baswedan,” tegas Boni.

Boni pun berharap Presiden Jokowi juga berani membentuk tim gabungan investigasi untuk menuntaskan kasus penculikan dan penghilangan aktivis 1998. Pasalnya, sampai saat ini, kasus itu masih dalam posisi terkatung-katung.

“Membiarkan kasus ini (kasus penculikan dan penghilangan aktivis 1998) tanpa solusi, tanpa komitmen, dan tanpa kerangka penyelesaian yang jelas, sama saja dengan menyimpan belati di tubuh kekuasaan. Sewaktu-waktu akan melukai, menciderai bahkan menyayat demokrasi kita,” pungkas Boni.

3 dari 3 halaman

6 Segmen

Debat perdana pilpres akan mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. KPU memastikan sudah menyiapkan segela keperluan untuk acara tersebut.

Ira Koesno dan Imam Priyono dipilih sebagai moderator. KPU juga telah menunjuk enam nama panelis. Mereka adalah Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, dan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik. Selanjutnya, ada nama Bivitri Susanti dan Margarito Kamis yang merupakan ahli tata negara. Terakhir adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

“Sudah, sudah beres, secara teknis dapat kami sampaikan bahwa persiapan debat pertama lancar tidak ada kendala yang berarti,” kata Komisioner KPU Wahyu di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin 14 Januari 2019.

Persiapan lainnya, KPU juga sudah memberikan kisi-kisi debat. jumlah kisi-kisi soal debat capres cawapres mencapai 20 pertanyaan terkait tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan, sebagai pihak penyelenggara, keputusan KPU terkait bocoran daftar pertanyaan di debat perdana ini bukan keputusan pribadi. Keputusannya disepakati bersama kedua kubu capres.

“Karena pengalaman di banyak tempat sering terjadi, jadi kami ambil putusan itu. Pesan penting kami tidak ingin ada paslon yang dipermalukan,” jelas Arief.

Debat perdana akan diisi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari para pakar.

Segmen keempat dan kelima adalah debat antarkandidat dengan pertanyaan yang diajukan masing-masing paslon. Dan terakhir segmen keenam ada closing statement dari masing-masing paslon.

Sebelum hari H coblosan 17 April mendatang, KPU rencananya akan melaksanakan debat hingga lima kali.

Debat perdana digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Debat akan disiarkan langsung oleh TVRI, RRI, KOMPASTV, dan RTV.

Debat kedua, akan dilakukan satu bulan setelahnya atau pada 17 Februari 2019. Debat kedua merupakan debat antarcapres saja dan akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Debat akan disiarkan oleh RCTI, GTV, MNC, dan INEWS.

Debat ketiga akan dilaksanakan satu bulan setelahnya, yaitu 17 Maret 2019. Debat masih akan diadakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Debat ketiga ini merupakan debat antarcawapres. Stasiun televisi yang akan menyiarkan adalah TransTV, Trans7, dan CNN.

Lalu, debat keempat akan berlangsung pada 30 Maret 2019 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan. Debat ini kembali dilakukan antarcapres. SCTV, Indosiar, dan MetroTV akan menjadi stasiun televisi yang menyiarkan debat.

Terakhir, debat kelima akan dilangsungkan pada awal April 2019 dengan tanggal yang belum ditentukan.

Lokasi debat juga belum diputuskan. Namun, ada empat stasiun televisi yang akan menyiarkan debat, yaitu TVOne, ANTV, BERITASATU, dan NET.

Gelaran debat kelima atau terakhir ini akan kembali dilakukan berpasangan, yaitu capres dan cawapres.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ada Pilihan Mesin 1.500 Cc, Ini Target Daihatsu Grand New Xenia

Liputan6.com, Tangerang – Daihatsu Grand New Xenia resmi hadir di Tanah Air dengan harga mulai dari Rp 183,35 juta hingga Rp 228,95 juta. Menariknya, Xenia kini memiliki varian baru dengan pilihan mesin 1.500 cc berteknologi Dual VVT-i.

Dengan begitu, Xenia terbaru kini tersedia dalam 10 varian. Pilihan yang semakin banyak ini membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mematok target penjualan Xenia sebanyak 3.000 unit per bulan. Xenia 1.300cc diperkirakan masih mendominasi.

“Itu target selama periode launching. Nantinya akan kami monitor dan observasi lagi. Untuk varian baru 1.500 cc sekitar 10 persen dari total penjualan, karena masih perdana. Setelah itu akan bertambah atau tetap, kita akan putuskan dari hasil evaluasi,” kata Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto di sela-sela peluncuran Grand New Xenia di Astra Biz Center, BSD City, Serpong, Tangerang, Banten, Selasa (15/1/2019).

Dirinya optimistis, hadirnya model baru ini mampu merangsang penjualan. Berdasarkan pengalaman, setiap lahir model baru selalu terjadi peningkatan penjualan.

“Begitu pula saat ini. Kami berharap dan memperkirakan akan terjadi peningkatan penjualan pada Xenia baru ini,” katanya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lebih lanjut Supranoto menyampaikan, kehadiran Xenia kali ini tidak untuk membendung penetrasi produk kompetitor yang berusaha mendominasi pasar low MPV.

“Kehadiran Xenia baru ini tidak dimaksudkan untuk menekan penjualan brand lain yang baru hadir di segmen ini, tetapi lebih kepada pemenuhan kebutuhan di segmen Xenia sendiri,” ujarnya.

Sebagai informasi, baik Xenia dan Avanza diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat.

Sama Seperti Avanza, New Xenia Juga Tidak Naik Harga

Tangerang – Setelah lama ditunggu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Grand New Xenia di Astra Biz Center BSD, Tangerang, Selasa (15/1/2019).

Grand New Xenia hadir dalam 10 varian, dan yang menarik sudah ada varian 1.500 cc-nya. Selain itu, dari sisi harga tidak ada kenaikan dari Xenia generasi sebelumnya. “Tidak ada kenaikan harga untuk mengapresiasi loyalitas konsumen,” ujar Xenia Product Planning PT Astra Daihatsu Motor Rian Ferdiean Tirto.

Sama Seperti Avanza, New Xenia Juga Tidak Naik HargaFoto: Luthfi Anshori

Grand New Xenia dibanderol dengan harga paling murah mulai dari Rp 183.350.000 sampai yang paling mahal, Rp 228.950.000.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu. Sebagai Sahabat Keluarga, Xenia terbukti keistimewaannya dan keandalannya selama 15 tahun. Kami berharap, Grand New Xenia dapat menjadi mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia,” ujar President Director of PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura.

Sebagai informasi, Grand New Xenia hadir dengan konsep modern, tough dan sporty. Pada sisi eksterior, Grand New Xenia tampil dengan desain baru pada sisi bumper depan, belakang, serta alloy wheel.

Sementara dari segi pencahayaan, Grand New Xenia hadir dengan lampu depan dan lampu belakang LED, sehingga pencahayaan lebih terang, fokus, namun tetap hemat daya.

Tidak hanya eksterior, sisi interior Grand New Xenia juga dirombak. Pada sisi interiornya ada suasana kabin berbeda, yakni new 2 tone colors, desain center cluster dengan sentuhan black piano, dipadu teknologi digital AC. Pada sisi audio, Grand New Xenia menawarkan 2-DIN touchscreen audio di semua varian. Dan pada beberapa varian, audio sudah didukung oleh teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone.

Grand New Xenia juga mendapat tombol pengaturan audio pada posisi setir kemudi, power outlet pada baris pertama dan kedua, dan audio speakers di 6 titik. Kualitas suara juga diklaim lebih jernah berkat adanya shark fin antena.

Untuk fitur keamanan, Grand New Xenia sudah dilengkapi dengan rear camera. Tak hanya itu, khusus untuk Grand New Xenia 1.5, dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih advanced, seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Grand New Xenia punya 8 pilihan warna, yang diantaranya terdapat 3 pilihan warna baru, yaitu Pearl White, Bronze Metallic, dan Blue Metallic. Disusul 5 warna lainnya, yakni Icy White, Classic Silver, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic, dan Midnight Black.

Selama 15 tahun menguasai pasar MPV dengan total penjualan 643 ribu unit, Xenia sudah mengalami berbagai perubahan. Perubahan terbesar dialami pada tahun 2011 ketika menghadirkan full model change dari generasi pertamanya.

“Sudah banyak perubahan yang dialami Xenia sejak pertama kali hadir di tahun 2004. Pada tahin 2006 menggunakan VVTi, tahun 2008 perubahan eksterior, tahun 2011 full model change, dan 2015 mesin dual VVTi,” lanjut Miura saat memberikan kata sambutan,” lanjut Miura.

Dengan hadirnya model baru ini, Miura yakin tetap bisa menjadi pilihan utama pasar Indonesia. “Kami percaya Grand New Xenia akan melanjutkan kesuksesannya sebagai mobil keluarga paling cocok untuk masyarakat Indonesia,” ujar Miura. (ddn/ddn)

Pidato Prabowo Dinilai Tak Punya Efek Besar pada Swing Voter

Jakarta – Pidato politik capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang disampaikan tadi malam dinilai masih belum punya efek besar untuk menggaet pemilih pemula ataupun mereka yang belum menentukan pilihan (swing voter). Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menilai pidato Prabowo hanya mengulang isu yang pernah diangkat saat Pilpres 2014 lalu.

“Kalau dari sisi efek, bagi pemilih yang swing atau pemilih yang belum menentukan pilihan, efek pidato itu tidak terlalu besar. Karena pertama, isu-isunya lebih banyak isu-isu yang digunakan pada pemilu sebelumnya. Soal hutang, soal sumber daya, dan isu-isu lainnya,” kata peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes di Pakarti Centre, Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

“Bagi tipikal pemilih baru atau pemilih yang masih mungkin berubah, orang yang belum menentukan pilihan, mereka sudah dengar itu juga sebelumnya dan mereka mungkin kurang tertarik,” imbuhnya.
Menurut Arya, pidato emosional Prabowo semalam membahas beragam isu secara umum. Padahal, menurutnya, jika Prabowo lebih fokus pada isu strategis, misalnya isu ekonomi, pidatonya akan lebih menarik.

“Padahal menurut saya sebagai penantang itu lebih baik menggunakan isu-isu strategis, fokus pada beberapa isu penting. Mereka sejak awal menggunakan isu ekonomi dan dalam pidato semalam isu ekonomi tidak begitu diperdalam. Kalau oposisi bisa fokus pada isu-isu ekonomi, mungkin pidato itu lebih punya daya dongkrak yang kuat,” papar Arya.

Arya menilai publik saat ini membutuhkan program dan visi misi yang jelas dan bukan hanya retorika. Pidato Prabowo dipandang masih terlalu banyak jargon dan belum mengedepankan solusi.

“Jadi publik nggak butuh retorika, makanya visi misi diturunkan pada program yang jelas, misalnya fokus ingin tingkatkan kesejahteraan masyarakat, nah itu bagaimana meningkatkannya, itu yang harus diturunkan dalam operasionalisasi programnya,” jelasnya.

Pidato Prabowo Dinilai Tak Punya Efek Besar pada Swing VoterArya Fernandes (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)

“Nah, pidato semalam itu banyak jargon dan itu pelajaran oposisi ke depan, agar pidato membumi dan harus ada solusi. Jadi kalau kerangkanya kritikan, data, setelah data, apa tawaranya? Kalau semalam baru kritik dan data, tawarannya masih… Proporsi antar 3 itu masih di (pembahasan) kritik. Proporsinya belum seimbang,” sambung Arya.

Terkait dengan debat capres-cawapres yang akan digelar pada Kamis (17/1) mendatang, Arya memprediksi isu korupsi akan menjadi isu yang paling menarik bagi masyarakat. Hal itu diperkuat dengan banyaknya kepala daerah yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

“Jadi publik punya intensi yang sangat besar untuk mengetahui apa proritas pemerintah terhadap agenda pemberantasan korupsi, terutama dari sisi korupsi politik. Apa yang ingin pemerintah lakukan untuk menangani tindak pidana korupsi itu. Saya kira isu korupsi, tanpa menegasikan isu lainnya, jauh punya magnitude yang besar,” papar Arya.

Arya mengimbau kedua pasangan capres-cawapres menghindari narasi-narasi yang kontroversial dan lebih fokus pada pemaparan solusi dalam debat nanti. Publik dinilainya sudah jenuh dengan isu-isu negarif yang selama ini mewarnai kampanye pilpres.

“Kira berharap dengan debat, model-model kampanye itu bisa berkurang, karena dalam debat orang lihat secara utuh, melihat visi misi kandidat, melihat kandidat secara komprehensif. Dan kita berharap sesuatu yang baru di debat dan mudah-mudahan isu negatif bisa hilang. Dan kita tunggu komitmen 2 pasangan ini untuk sajikan yang baru,” ujarnya.

Prabowo sebelumnya menyampaikan pidato kebangsaan di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/1). Dalam pidato tersebut, Prabowo memaparkan visi-misi koalisinya dan mengkritik beberapa kebijakan pemerintah dari ekonomi hingga sikap aparat negara.
(azr/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fitur Baru di Avanza-Veloz 2019 yang Bikin Kaget

Jakarta – Meski bukan generasi baru, Toyota memberikan fitur-fitur baru pada Toyota Avanza dan Veloz model 2019. Beberapa fitur bikin detikOto terkejut karena sebelumnya tidak pernah ada di mobil Low MPV yang diproduksi oleh Daihatsu untuk Toyota itu.

Apa saja? Yuk kita lihat satu per satu:

1. Pintu sudah keyless

Fitur Baru di Avanza-Veloz 2019 yang Bikin KagetFoto: Ari Saputra

Pada kelas tertinggi yakni Veloz, sudah menggunakan smart entry. Jadi anda tak perlu pijit-pjit tombol remote untuk membuka atau menutup pintu mobil. Cukup simpan saja kuncinya di mobil, dan sentuh pintu maka pintu mobil akan terbuka otomatis.

2. Spion melipat sendiri

Fitur Baru di Avanza-Veloz 2019 yang Bikin KagetFoto: Ari Saputra

Spion Veloz saat mengunci mobil akan terlipat otomatis. Kemudian akan terbuka lagi saat kita menyalakan mesin mobil.

3. Suspensi lebih oke

Kolong kaki VelozKolong kaki Veloz Foto: Ari Saputra

Avanza dan Veloz menggunakan suspensi yang sudah disempurnakan, seperti halnya Rush. Toyota mengklaim suspensi itu membuat Avanza lebih minim body roll, saat mobil menikung. Toyota melakukan penyesuaian pada sistem suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-link lateral rod untuk meningkatkan stabilitas mobil.

4. Antena Sirip Hiu

Avanza menghilangkan antena standar yang membosankan, Avanza kini sudah menggunakan sirip antena hiu yang ditempatkan di bagian belakang.

Antena sirip hiuAntena sirip hiu Foto: Ari Saputra

5. Audio milenial banget

Fokus lain pengembangan Avanza adalah infotainmentnya. Audio mobil Avanza pun sudah milenial. Mobil bisa dipadukan dengan HP, bisa mirroring (memindahkan layar HP ke layar audio mobil dengan aplikasi T-Link). Dan saat menonton video pun, layar audio mobil dalam kondisi mirroring masih bisa beroperasi dengan layar sentuh. Biasanya kalau dalam kondisi mirroring, kita harus menekan layar HP agar layarnya berubah.

Bisa langsung mirroring dengan aplikasi T-LinkBisa langsung mirroring dengan aplikasi T-Link Foto: Ari Saputra

Audionya bisa terpisah. Jadi kalau pengendara di depan ingin mendengarkan radio, sementara yang di belakang ingin mendengarkan audio dari bluetooth bisa memilih opsi split zone di audio mobil.

Monitor yang mirip dengan mobil lebih mahal seperti InnovaMonitor yang mirip dengan mobil lebih mahal seperti Innova Foto: Ari Saputra

Bagi penggila gadget pun jangan ketakutan habis baterai, karena ada colokan pengisi baterai sampai baris ketiga. Namun untuk baris pertama dan kedua harus pakai lighter adapter dulu. Sementara untuk baris ketiga sudah bisa tinggal colok. Di baris tengah juga ada tempat untuk botol minum.

Fitur Baru di Avanza-Veloz 2019 yang Bikin KagetFoto: Ari Saputra

6. Start stop buttonYang terakhir dan mungkin paling bikin kaget adalah adanya tombol start stop button di Avanza. Tak perlu lagi memutar anak kunci, cukup colok saja untuk menyalakan mesin.

Fitur Baru di Avanza-Veloz 2019 yang Bikin KagetFoto: Ari Saputra

Penasaran dengan perubahan Avanza lebih lanjut? Yuk lihat videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ruk)

Avanza 2019 Pakai Mesin Lama, Ini Alasan Toyota

Liputan6.com, Jakarta – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Avanza dan Veloz terbaru dengan perubahan dari sisi interior dan eksterior.

Tak ada perubahan dari sisi dapur pacu, TAM mengaku mesin lama Avanza masih sangat layak digunakan saat ini.

“Prinsipnya saat membuat Avanza baru ini kita melihat kebutuhan masyarakat kita. Jadi kita lihat secara engine, full performance dan efisiensi saya rasa sangat diterima masyarakat Indonesia,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto di Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Saat disinggung kapan dan faktor apa saja yang membuat Avanza dan Veloz akan mendapatkan mesin baru, Henry menegaskan masukan dari konsumen adalah hal utama terkait model dan fitur baru yang akan disematkan, termasuk dari sisi dapur pacu.

“Selama ini masukan masyarakat seperti itu. Kalau ditanya sampai kapan kita juga melakukan riset dan mendengarkan feedback dari konsumen, pokoknya kita ini selalu mendengarkan masukan dari semua pihak,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebagai informasi, seluruh varian Avanza dan Veloz terbaru telah menggunakan console box yang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2), dan USB port (row 3).

Terkait harga, Avanza terbaru dibanderol mulai dari Rp188.6 juta hingga Rp221.25 juta, sedangkan Veloz mulai dari Rp215.65 juta sampai Rp239.45 juta on the road Jakarta.

PDIP Kritik Konten Pidato Indonesia Menang, Tapi Puji Vokal Prabowo

Jakarta – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik pidato ‘Indonesia Menang‘ capres Prabowo Subianto. Hasto menilai pidato Prabowo bernada pesimistis dan mencerminkan kegagalan diri eks Danjen Kopassus itu sendiri.

“PDI Perjuangan sudah menduga isinya akan seperti itu. Sebab, di mata Pak Prabowo semua adalah kegagalan sesuai pengalamannya sendiri,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Selasa (15/1/2019).

Menurut Hasto, pidato Prabowo itu terkesan menihilkan prestasi Indonesia. Ia pun menyebut pidato penuh ilusi itu disampaikan dengan teleprompter.
“Menihilkan prestasi Pak Jokowi dan Pak JK (Jusuf Kalla) hanya akan mengurangi elektoral Pak Prabowo-Sandi. Tidak hanya di Jawa dan Sulawesi. Masyarakat Sumatera, Kalimantan, NTT, Papua, dan Indonesia Timur lainnya yang telah merasakan sentuhan kebijakan Pak Jokowi-JK kami pastikan kurang respek dengan pidato retorik-telepromter tersebut,” sebut Hasto.

Dia mengatakan kini skor Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019 sudah 3-0. Hasto menyebut pidato Prabowo hanya retorika belaka.

“Dengan demikian, jika pidato visi misi Prabowo-Sandi tersebut dilihat dalam perspektif kemanusiaan, kerakyatan, dan komitmen terhadap apa yang telah dilakukan oleh Pak Prabowo dan Partai Gerindra, maka skornya 3-0 untuk kemenangan Pak Jokowi,” ujarnya.

Hasto pun menambahkan, Indonesia dibangun berlandaskan niat baik dan pemikiran positif. Menurut dia, strategi yang digunakan Prabowo dalam berpidato malah menjadi serangan balik bagi dirinya.

Namun, ada satu hal yang Hasto apresiasi dari pidato ‘Indonesia Menang’ Prabowo. Apa itu?

“Strategi model menyerang justru menjadi arus balik, yang justru malah mengingatkan masa lalu Pak Prabowo. Hal yang kami apresiasi dari pidato tersebut adalah vokal dan intonasi Pak Prabowo jauh lebih baik,” tutur Hasto.

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menyampaikan pidato kebangsaan di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/1). Dalam pidato tersebut, keduanya memaparkan visi-misi koalisinya dan mengkritik beberapa kebijakan pemerintah dari ekonomi hingga sikap aparat negara.
(tsa/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bos Alibaba Beri Penghargaan ke 100 Guru dari Kampung

Liputan6.com, Sanya – Miliarder Jack Ma memberikan penghargaan ke 100 guru yang berasal dari daerah kampung. Para guru pun tampak berbahagia dapat bercengkerama bersama sang bos Alibaba.

Dilansir China Daily, acara diadakan di kota Sanya, provinsi Huinan, yang terletak jauh di selatan China. Selain memberi apresiasi berupa Rural Teacher Award, acara bertajuk “Kembali ke Ruang Kelas” menyingkap inovasi model ruang boarding school perkampungan yang didukung oleh Jack Ma serta 100 entrepreneur. 

Ruang kelas boarding school yang Jack Ma dukung memiliki luas 20 meter persegi, berlantai kayu, muat untuk enam orang murid, serta tersambung kamar mandi. Harga tiap ruang ditaksir 40 ribu yuan atau Rp 83,5 juta (1 yuan = Rp 2.088).

Dalam acara itu, bos Alibaba ditemani beberapa tokoh pendidikan, serta tampak juga Hui Ruoqi, mantan kapten tim nasional voli wanita China sekaligus pemenang medali emas Olimpiade.

Penghargaan khusus guru di daerah perkampungan ini telah dianugerahkan Jack Ma sejak tiga tahun lalu. Ia sendiri juga merupakan guru Bahasa Inggris sebelum mendirikan Alibaba.

Jack Ma pun sudah sering membahas pentingnya dunia pendidikan serta butuhnya upaya inovatif untuk meningkatkan cara mengajar. Bila tidak, Jack Ma menyebut anak sekolah akan kalah dengan kecerdasan.

Rencananya, tahun ini Jack Ma akan resmi turun takhta sebagai pemimpin Alibaba. Tujuan Jack Ma berikutnya adalah kembali aktif di dunia pendidikan.

2 dari 2 halaman

Indonesia Jadi Negara Pertama dengan Program Pendidikan Alibaba

Beberapa waktu lalu, menyebut pihaknya akan mendirikan institut untuk melatih ribuan entrepreneur bidang teknologi di Indonesia.

Kini, melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com pada Oktober lalu, salah satu anak usaha Alibaba, Ant Financial Service Group (Alipay) bersama dengan International Financial Corporation (IFC) mengumumkan program 10×1.000 Tech for Inclusion.

Program Tech for Inclusion ini sebelumnya memang diumumkan oleh Jack Ma di Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia 2018 di Bali, beberapa waktu lalu.

Kalau ditotal, 10.000 ahli teknologi dari sektor swasta dan publik dalam 10 tahun ke depan bakal dilatih dalam program ini.

Pendiri dan Executive Chairman ALibaba Group Jack Ma mengatakan, program ini bertujuan untuk membangun platform yang interaktif dan terbuka dalam meningkatkan dukungan bagi pemimpin di bidang teknologi, guna mengurangi angka kemiskinan di negara-negara berkembang.

Nah, Indonesia merupakan negara pertama yang dilibatkan dalam program ini.

“Saya percaya, berinvestasi pada masyarakat berarti berinvestasi untuk masa depan. Membangun talenta merupakan salah satu tindakan penting yang dapat dilakukan oleh ekosistem Alibaba,” kata Jack Ma.

Chevrolet Trax Dibuat Lebih Bongsor

Liputan6.com, Jakarta – General Motors mulai menguji calon model terbaru dari crossover mereka, Chevrolet Trax. Saat pengujian, mobil tersebut tertutup kamuflase.

Dilansir Carscoops.com, dalam foto tersebut terlihat tampilan mobil tampak menyerupai bayi Blazer dengan desain model yang memiliki gril ramping yang berada di atas lubang udara besar. Serta desain lampu depan yang ramping pada kedua sisinya yang dilengkapi juga dengan LED DRL

Pada bagian samping, mobil ini memiliki fender depan yang khas yang menampilkan desain ‘kurva tersembunyi’ yang sama dengan Silverado 2019. Crossover ini juga memiliki garis bahu menyapu ke atas yang menyerupai dynamic greenhouse.

Fitur gaya terkenal lainnya yang terdapat di mobil ini yaitu desain atap miring dan cover spion yang tipis. Selain itu, mobil ini juga tampil lebih agresif.

Tidak ada bocoran terkait detail dari crossover ini, namun mobil ini diprediksi akan menggunakan platform Vehicle Set Strategy (VSS) terbaru.

Platform ini diharapkan mampu menggantikan arsitektur Gamma II yang menua dan mendukung Buick Encore generasi baru serta crossover kompak terbaru dari GMC.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Urusan dapurpacu juga masih belum diketahui terkait mesin apa yang digunakan, namun jika berkaca pada Trax saat ini memiliki mesin empat silinder berkapasitas 1.4 liter turbocharger yang menghasilkan tenaga 138 hp dan torsi 200 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke sistem All Wheel Drive melalui transmisi otomatis enam percepatan.

Jika Trax 2020 ini masih menggunakan mesin yang sama serta dengan output yang sama juga, maka kita hanya berharap Trax ini hadir dengan sistem transmisi baru yang lebih modern.

Sumber: Otosia.com

Dapat Order dari 2 Pria di Singapura, Tarif Artis VA Tetap Rp 80 Juta

Liputan6.com, Jakarta – Artis VA, bintang Film Televisi (FTV) yang terlibat prostitusi online di Surabaya, ternyata juga pernah mendapatkan order dari dua lelaki di negara Singapura.

“VA difasilitasi enam muncikari saat dapat order di Singapura, termasuk muncikari ES dan T,” ujar Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan di Mapolda Jatim, Senin (14/1/2019) menjelaskan perihal muncikari artis VA.

Yusep menuturkan, penemuan baru tersebut didapat dari hasil pembuktian rekam jejak digital sinkronisasi dari percakapan artis VA dengan muncikari T dan ES.

“Data digital forensik sinkronisasi alibi fokus dari VA, muncikari ES dan muncikari T melalui chatting, rekening keuangan, dan tempat, VA dua kali menerima order di Singapura,” kata Yusep.

2 dari 4 halaman

Penghubung

Yusep mengatakan, selain mendapat order di Singapura, VA juga menerima order di Jakarta dan Surabaya. “Terima order di Singapura tarifnya sama saja dengan tarif di Jakarta dan Surabaya. Tarifnya Rp 80 juta,” ucap Yusep.

“Dari muncikari T nominalnya Rp 80 juta kemudian didistribusikan ke muncikari lainnya sebagai penghubung hingga sampai ke VA sebagai penerima order,” ujar Yusep.

Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim telah melakukan penangkapan artis inisial VA dan model majalah dewasa AS pada pukul 12.30 WIB, di salah satu hotel di Surabaya Jawa Timur, Sabtu (5/1/2019).

Dengan memasang tarif Rp 80 juta, VA diciduk di kamar Hotel di Surabaya, saat sedang melayani pelanggannya. Sedangkan artis AS mematok harga Rp 25 juta.

3 dari 4 halaman

Pengusaha

Kasubdit Syber Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harisandi mengatakan, pria yang memesan VA adalah seorang pengusaha. Namun, ia enggan menyebutkan secara rinci soal pria yang dimaksud. “Ia pengusaha (yang memesan),” tutur Harisandi di Mapolda Jatim, Sabtu (5/1/2019) malam.

Wadir Reskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengungkapkan, dua artis VA dan AS diciduk di dua kamar Hotel di Surabaya. Mereka terlihat sedang melayani pelanggannya. “Berbeda kamarnya, di salah satu hotel di Surabaya, sedang berhubungan badan. Ini masih proses penyidikan,” tutur Arman.

Arman mengatakan bahwa dalam penyelidikan oleh anggota Subdit Cyber Ditreskrimsus, tarif yang diterima kedua artis berbeda. Satu artis tarifnya Rp 80 juta, sedangkan satunya Rp 25 juta. “Ini sudah kami penyelidikan satu bulan, artis bolak-balik Jakarta-Surabaya,” kata Arman.

4 dari 4 halaman

Informasi Masyarakat

Arman juga menyebut bahwa yang digelandang ke Polda Jatim ada 6 orang. “Ya tadi kami on the spot (TKP) mengamankan empat orang saksi, dua artis, dua manajemen, satu tersangka yang diduga melaksanakan transaksi elektronik prostitusi,” ucap Arman.

Arman menegaskan, kasus ini bisa dibongkar bermula dari informasi masyarakat bahwa ada kegiatan transaksi prostitusi di wilayah hukum Polda Jatim. Transaksi prostitusi itu dilakukan oleh dua orang sementara sebagai korban dan ada empat saksi sementara satu muncikari. “Setelah itu, melakukan penyelidikan melalui media sosial,” ujar Arman.