Mobil Offroad Listrik Mahasiswa Tunda Ikuti Reli Dakar

Jakarta – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan dua mobil listrik. Mobil pertama disebut dengan BLITS, memiliki kelebihan murni bertenaga listrik. Sedangkan mobil kedua adalah Hybrid Series Kasuari yang menggunakan tenaga listrik dari bahan bakar minyak goreng bekas.

Rencananya mobil tersebut akan mengikuti ajang kejuaraan internasional, yakni Reli Dakar 2019. Namun Project Leader BLITS, Yoga Uta Nugraha mengatakan untuk menunda mengikuti kejuaraan tersebut.

“Akhirnya karena kita fokus nguji dulu nih muter Indonesia kebetulan disponsori sama PLN untuk pengujian ini,” ungkap Uta.

“Kita ingin pastikan bahwa drive train, controller, ECU, baterai packnya itu aman,” kata Uta.

Rencananya hanya mobil listrik BLITS akan mengikuti Reli Drakar di tahun 2021. Sembari menunggu kejuaraan, pihaknya tengah menguji untuk berkeliling Indonesia sejauh 15.000 km dengan waktu tempuh 100 hari.

PLN sendiri mensponsori kegiatan tersebut dengan bentuk pendanaan sebesar Rp 1 miliar serta menggratiskan pengisian ulang daya baterai di SPLU.

Sebanyak 12 orang akan mengikuti tour uji coba mobil BLITS dan Kasuari untuk keliling Indonesia. Selain dua mobil listrik tersebut, akan diiringi oleh mobil konvensional yang terbagi menjadi para awak media, dan spare part mobil. (riar/ddn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *