KPK Sita 2 Ruko di Manado Terkait Kasus Suap Proyek Air Minum

JakartaKPK menyita dua ruko di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) milik tersangka dugaan suap proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Anggiat Simare-mare. Dua ruko itu diduga dibeli menggunakan uang suap.

“Dalam proses penyidikan ini, KPK juga telah melakukan penyitaan terhadap 2 unit Ruko di Manado yang diduga milik tersangka ARE (Anggiat Simare-mare) yang diduga dibeli dari suap terkait proyek sistem penyediaan air minum,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Selain penyitaan, hari ini KPK juga memeriksa anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil sebagai saksi untuk Anggiat. Lewat Rizal, KPK menelusuri soal hasil audit BPK terkait proyek SPAM di Kementerian PUPR.

“Terhadap Saksi dari BPK, penyidik mendalami Informasi tentang proses dan hasil audit yang pernah dilakukan BPK untuk proyek SPAM,” ujar Febri.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan 8 orang sebagai tersangka dalam kasus ini. Mereka ialah:

– Diduga sebagai pemberi:

1. Budi Suharto (BSU) selaku Direktur Utama PT WKE;
2. Lily Sundarsih (LSU) selaku Direktur PT WKE;
3. Irene Irma (IIR) selaku Direktur PT TSP; dan
4. Yuliana Enganita Dibyo (YUL) selaku Direktur PT TSP.

– Diduga sebagai penerima:

5. Anggiat Partunggul Nahot Simaremare (ARE) selaku Kasatker SPAM Strategis/PPK SPAM Lampung;
6. Meina Woro Kustinah (MWR) selaku PPK SPAM Katulampa;
7. Teuku Moch Nazar (TMN) selaku Kepala Satker SPAM Darurat; dan
8. Donny Sofyan Arifin (DSA) selaku PPK SPAM Toba 1.

Para PPK yang menjadi tersangka diduga menerima suap dalam jumlah berbeda agar PT Wijaya Kusuma Emindao (WKE) dan PT Tashida Sejahtera Perkasa (TSP) memenangi lelang proyek SPAM 2017-2018. Hasilnya, kedua perusahaan itu menang lelang 12 proyek dengan nilai Rp 429 miliar.

Dalam proses penyidikan, KPK juga menemukan indikasi aliran suap ke 59 orang PPK proyek SPAM. Ada duit Rp Rp 22 miliar, USD 148.500, SGD 28.100, rumah dan emas batangan 500 gram yang telah disita KPK terkait kasus ini.
(haf/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Terlalu Banyak Minum Soda Bikin Osteoporosis?

Liputan6.com, Jakarta Kalsium diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kekuatan tulang serta menghindarkan dari risiko osteoporosis. Namun, ada beberapa kebiasaan seperti menghindari sinar matahari hingga sering mengonsumsi makanan tidak sehat yang bisa membuat seseorang terkena osteoporosis.

Seperti dikutip dari Reader’s Digest, beriktu beberapa hal yang bisa membuat seseorang terkena osteoporosis.

1. Menghindari sinar matahari

Vitamin D pada sinar matahari diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium. “Vitamin D diperlukan agar tubuh berhasil menyerap dan menggunakan kalsium, salah satu bahan pembentuk tulang yang paling utama.” kata seorang dokter spesialis ortopedi bernama Jonathan Lee.

Bukan hanya itu, menurut penelitian dari National Osteoporosis Foundation, orang dewasa di bawah 50 tahun membutuhkan 400-800 kandungan vitamin D setiap hari dan 800-1.000 kandungan vitamin D untuk orang dewasa di atas 50 tahun. Oleh karena itulah, sinar matahari diperlukan agar proses kalsium ke tulang dapat berjalan dengan baik.

2. Terlalu banyak minum soda

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa soda, khususnya cola, menyebabkan keropos tulang. Klinik Cleveland mengatakan bahwa hal ini bisa juga terjadi karena kafein atau kadar asam fosfat.

“Para ahli merasa bahwa soda menghambat aupan kalsium bagi tubuh. Jika Anda suka minum soda, pastikan juga bahwa tubuh mempunyai cukup kalsium agar terhindar dari osteoporosis,” kata Lee.

Minum Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat untuk Menemani Sarapan?

Liputan6.com, Jakarta – Apa yang Anda minum saat sarapan pagi? Selain air putih, banyak yang meminum susu, kopi atau teh. Secangkir teh juga bisa ditambahkan susu, sedikit madu, atau lemon. Begitu pula dengan kopi. Ada yang suka kopi espresso hitam pahit, atau kopi manis dengan susu dan krim.

Kedua minuman tersebut adalah stimulan pagi yang membuat ketagihan. Seperti diketahui, kopi dan teh sama-sama mengandung kafein yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kalau dikonsumsi berlebihan.

Minum terlalu banyak kafein setiap hari dapat menimbulkan sejumlah masalah, seperti rasa cemas, gugup, cepat marah, sakit perut dan produksi gas berlebih, bahkan sampai detak jantung yang tidak teratur. Jad manakah yang terbaik diminum pagi hari?

Dilansir dari NDTV, 16 April 2019, sebagian besar ahli kesehatan meminta untuk menghindari kelebihan kafein. Badan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA/Food and Drug Administration) telah menetapkan batas konsumsi kafein yang aman yaitu 400 miligram, yaitu setara empat sampai lima cangkir kopi kecil dalam sehari.

Mengonsumsi teh dan kopi tanpa susu dan tanpa gula dianggap lebih sehat daripada memakai gula dan susu. Kopi hitam memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam yaitu sekitar 100 miligram per delapan ons.

Sementara teh hitam mengandung 55 miligram kafein dalam setiap porsi delapan ons. Jadi, kalau Anda memiliki sensitivitas terhadap kafein atau masalah lambung karena kafein, maka harus beralih ke teh hitam terutama untuk sarapan.

11 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

6. Terhindar dari penyakit stroke

Bila kamu mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, maka hal itu bisa membuat kemungkinan kamu terserang penyakit stroke 20% lebih rendah dari pada orang yang tidak mengonsumsinya. Manfaat minum kopi satu ini tentunya sangatlah besar, karena stroke adalah penyakit yang sangat mematikan.

7. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, tentunya akan berdampak positif bagi tubuh bukan? Salah satunya kopi, jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, maka kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh lo.

Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

8. Meningkatkan daya ingat

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya juga akan semakin berkurang. Mengonsumsi kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat.

Minum Segelas Air Hangat Sebelum Tidur Punya Banyak Manfaat

Liputan6.com, Jakarta – Minum air sering kali diabaikan oleh orang karena dianggap remeh dan tidak terlalu berdampak. Padahal tubuh manusia pada dasarnya lebih banyak mengandung cairan.

Kalau cairan di dalam tubuh tidak tercukupi maka akan timbul beragam masalah yang bisa mengganggu aktivitas, bahkan mengganggu kesehatan. Banyak minum air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan.

Cukup minum air putih bisa membuat tubuh terhidrasi sepanjang hari. Meski begitu, akan lebih baik jika meminum air putih hangat, apalagi sebelum tidur di malam hari.

Dilansir dari NDTV, 10 April 2019, para ahli kesehatan menganjurkan minum air hangat di pagi hari. Alasannya, karena berperan penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh serta meningkatkan kesehatan dan kecantikan.

Namun, tahukah Anda kalau kita mengadaptasi kebiasaan yang sama juga baik jika dilakukan sebelum tidur? Banyak orang menghindari minum air pada waktu tidur agar mereka merasa tidak perlu buang air kecil di malam hari. Padahal minum air hangat sebelum tidur bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Salah satunya adalah melawan depresi dan kecemasan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dalam tubuh bisa meningkatkan kadar stres dan menyebabkan depresi.

Top 3 Berita Hari Ini: Waspada, Ini 3 Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini yang ramai dibicarakan seputar dampak terlalu banyak minum kopi. Selain itu, tentang gaya Yuni Shara memakai turban dan jasa unik bocah fotografer.

Bicara kopi selalu ramai jadi bahan perbincangan. Pro dan kontra tak jarang mewarnai saat membicarakan tentang kopi. Salah satunya, mereka yang menderita gangguan kecemasan direkomendasikan untuk menghindari kafein.

Lain halnya dengan Yuni Shara. Sosoknya banyak dikagumi orang karena kecantikannya, seperti saat memakai turban. Pada 9 Januari 2019, Yuni terlihat memakai turban berwarna kuning kecokelatan dengan anting besar berwarna kuning.

Sementara, di Tanjung Aan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, lain lagi. Di sana ada jasa memotret yang cukup unik dari seorang anak karena kamera yang digunakan bukan milik si anak, tapi kamera pengunjung.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman Liputan6.com selengkapnya berikut ini.

Waspada, Ini 3 Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi

Minum kopi tidak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, tetapi juga telah masuk dalam gaya hidup masyarakat saat ini. Saat nongkrong, meeting, hingga sekadar bersantai kopi selalu menjadi teman setia.

Kafein yang terkandung dalam kopi memang dapat diandalkan untuk memacu fokus dan membangkitkan energi. Namun ternyata, terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat berdampak tidak baik pada kesehatan.

Selanjutnya…

Gaya Yuni Shara Memakai Turban, Dipuji Makin Cantik dan Awet Muda

Nama Yuni Shara dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu nostalgia. Memulai karier sejak akhir 1980-an, ia dikenal lewat beberapa lagu seperti Hilang Permataku dan Desember Kelabu.

Yang menarik, perempuan berusia 46 tahun ini masih terlihat cantik dan awet muda. Selain karya-karyanya di dunia hiburan, sosok kakak dari Krisdayanti ini banyak dikagumi banyak orang karena kecantikannya.

Selanjutnya…

Jasa Unik Bocah Fotografer di Pantai Tanjung Aan Lombok, Kamera Ditanggung Wisatawan

“Om mau difoto…Om mau difoto, bantu-bantu Om buat jajan sekolah,” demikian celotehan dua bocah di Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat siang itu.

Dengan percaya diri, mereka menawarkan bukan kepada turis domestik saja, tetapi juga menawarkan jasa kepada turis asing. Yang menjadikannya unik adalah kamera yang digunakan bukan milik si anak, tetapi kamera ponsel milik pengunjung sendiri.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Setelah Minum Jus dari Terapis, Wanita Ini Justru Alami Hal Tak Terduga

Wanita tersebut menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Ia mengunjungi terapis untuk berkonsultasi. Setelah mendapatkan resep untuk melakukan diet jus, 3 minggu berselang ia dibawa ke rumah sakit.

Ia menderita beberapa gejala secara tak normal seperti mual dan muntah, sakit kepala, kehilangan energi, kelelahan, kelemahan otot, kram dan kejang.

Ia dirawat dirumah sakit selama beberapa hari dan memiliki berat badan kurang dari 40 kg setelah hanya mengonsum si jus saja. Wanita itu diyakini menderita hiponatremia atau “keracunan air”.

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana kandungan natrium dalam darah terlalu rendah, dan terlalu banyak mengonsumsi air disebut-sebut sebagai salah satu penyebabnya. Ini dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh membengkak.

KPK Terima Pengembalian Uang Suap Proyek Air Minum Rp 40 Miliar Lebih

Pada kasus ini, KPK menetapkan delapan orang sebagai tersangka kasus dugaan suap ‎terhadap pejabat Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun anggaran 2017-2018.

Delapan tersangka tersebut yakni, ‎Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE) Budi Suharto, Direktur PT WKE Lily Sundarsih Wahyudi, Direktur Utama PT Tashida Sejahtera Perkasa (PT TSP) Irene Irma, dan Direktur PT TSP, Yuliana Enganita Dibyo. Keempatnya diduga sebagai pihak pemberi suap.

Sedangkan sebagai penerima suap, KPK menjerat empat pejabat Kementerian PUPR, yakni Kepala Satuan Kerja (Satker) SPAM Anggiat Partunggul Nahot Simaremare, PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah, Kepala Satker SPAM Darurat Teuku Moch Nazar, serta PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin.

Diduga, empat pejabat Kementerian PUPR menerima suap untuk mengatur lelang terkait proyek pembangunan sistem SPAM tahun anggaran 2017-2018 di Umbulan 3-Pasuruan, Lampung, Toba 1 dan Katulampa. Dua proyek lainnya adalah pengadaan pipa HDPE di Bekasi dan daerah bencana Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. 

5 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Setelah Minum Obat, Malah Menambah Penyakit

Jeruk juga merupakan salah satu buah-buahan yang sering dibawa ketika mengunjungi orang sakit. Sama juga seperti apel, jeruk sebaiknya dihindari ketika sedang minum obat, terutama jeruk bali.

Hanya dengan satu gelas jus jeruk dapat mengganggu enzim usus yang penting, akibatnya mengubah cara tubuh dalam metabolisme obat-obatan tertentu. Jeruk Bali sebaiknya dihindari oleh pasien yang menggunakan obat resep tertentu seperti statin, imunosupresan, penghambat saluran kalsium dan benzodiazepines. Bila Anda mengonsumsi jeruk bali ini, akan menyebabkan efek samping dari obat-obat tersebut menjadi semakin besar.

Jadi walaupun sebenarnya jeruk bali merupakan buah yang mengandung banyak sekali vitamin c dan serat, Anda harus menghindarinya ketika sedang mengonsumsi obat.

Cara Sederhana tapi Nikmat Minum Yogurt

Ilmuwan nutrisi Matthew Lantz Blaylock memaparkan, kandungan nutrisi pada yogurt. Kandungan kalsium dan fosfor dalam yogurt termasuk tinggi.

“Dua nutrisi itu untuk pembentukan dan memperkuat tulang. Yogurt juga mengandung kultur hidup (prebiotik) yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, daya tahan tubuh, dan memperlancar pencernaan,” papar Matthew.

National Nutrient Database for Standard Reference Amerika Serikat menunjukkan, kandungan mineral pada yogurt,  seperti kalium (255,75 mg), kalsium (199,65 mg), dan fosfor (156,75 mg) sangat tinggi.

Anda juga bisa merasakan manfaat dari yogurt meliputi sistem pencernaan lancar, menguatkan sistem daya tahan tubuh, mengontrol berat badan, mencegah osteoporosis, menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan tensi darah, mencegah kanker, dan mengatasi intoleransi laktosa.