Miguel Oliveira Bisa Bikin Portugal Kembali Gelar MotoGP

Liputan6.com, Jakarta – Miguel Oliveira bisa membuat kampung halamannya, Portugal kembali masuk kalender MotoGP. Ini seiring keberhasilannya tembus MotoGP pada 2019 ini.

Sejak nama Miguel Oliveira menjadi buah bibir di paddock pada 2015 atas prestasinya yang gemilang di Moto3, Portugal kerap digosipkan berencana kembali menjadi penyelenggara balapan. Musim ini, ketika Oliveira dipastikan naik ke MotoGP, rencana ini tampaknya bakal dimatangkan lebih jauh.

Oliveira, yang menjalani debut Grand Prix di kelas 125cc pada 2011, tampil menggebrak di Moto3 2015 bersama Red Bull KTM Ajo. Ia tercatat sebagai rider Portugal pertama dalam sejarah yang mampu meraih kemenangan di arena Grand Prix, dan mengakhiri musim itu sebagai runner up.

Oliveira kembali menegaskan bahwa dirinya merupakan rider yang layak diperhitungkan ketika kembali membela Red Bull KTM Ajo pada 2017, yakni tahun keduanya di Moto2.

Ia menduduki peringkat ketiga, dan tahun lalu kembali menjadi runner up usai menjadi ancaman serius bagi Francesco Bagnaia.


2 dari 3 halaman

Siapkan 1,5 Juta Euro

Musim ini, rider 24 tahun tersebut dipastikan naik ke MotoGP bersama Red Bull KTM Tech 3, dan menjadi rider Portugal pertama yang mendapatkan kontrak penuh di kelas tertinggi. Ia akan bertandem dengan Hafizh Syahrin dan akan mendapatkan motor RC16 spek pabrikan.

Berkat prestasi Oliveira yang gemilang, pemerintahan Portugal pun memiliki rencana untuk kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Portugal terakhir kali menggelar kejuaraan balap motor terakbar tersebut pada 2012, yakni di Sirkuit Estoril. Kini, Autodromo Internacional do Algarve, atau yang lebih dikenal dengan nama Sirkuit Portimao, tengah dipersiapkan untuk menyambut MotoGP.

Menurut Speedweek, pemerintahan Portugal tengah berupaya menggelontorkan dana sebesar 1,5 juta euro untuk mendukung Portimao menjadi tuan rumah MotoGP selama tiga musim terhitung mulai 2020. “Negosiasi sedang dalam progres,” ungkap Walikota Portimao, Isilda Gomes, yang meyakini MotoGP akan menguntungkan sektor pariwisata Algarve.

3 dari 3 halaman

Fakta Sirkuit Portimao

Sirkuit Portimao selesai dibangun pada 2008 dan sejak itu selalu menjadi tuan rumah ajang balap WorldSBK. Melihat antusiasme penggemar motorsport, mereka juga sempat mempertimbangkan peluang menggelar Formula 1 di masa mendatang.

Kini Portimao berencana melakukan diskusi dengan promotor MotoGP, Dorna Sports, yang belakangan lebih condong menambah seri balap di luar Eropa, khususnya di Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Saat ini, MotoGP memiliki 19 seri balap per musim, dengan Thailand bergabung mulai 2018.

Sumber: Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *