Meski Melelahkan, Masturbasi Bisa Bakar Banyak Kalori

Dia mengatakan, berhubungan seks dengan pasangan membutuhkan banyak gerakan. Hal ini membuat tubuh selalu aktif ketika seseorang berhubungan intim, terutama penetrasi.

Di satu sisi, masturbasi berarti memuaskan hasrat seksual secara solo atau sendirian. Anda mungkin hanya berbaring dengan tangan atau menggunakan alat bantu lainnya. Tidak ada gerakan aktif seperti mendorong atau menekan seperti yang dilakukan saat berhubungan seksual.

Walaupun begitu, sekalipun bermanfaat, masturbasi tidak bisa menggantikan olahraga yang sesungguhnya. Shepherd mengatakan, untuk membakar kalori seseorang perlu meningkatkan detak jantung untuk waktu yang cukup lama.

“Klimaks tidak akan meningkatkan detak jantung ke tingkat yang dianggap sebagai pembakaran lemak,” ujarnya.

Untungnya, masturbasi memicu pelepasan endorfin. Hormon ini bisa menimbulkan perasaan yang lebih baik dan melemaskan tubuh, serta meredakan nyeri. Di satu sisi, produksi oksitosin untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik juga dilepaskan.

Ini Alasan ISIS Masih Jadi Ancaman Dunia Meski Sudah Kalah Total

DamaskusIslamic State of Iraq and Syria (ISIS) diyakini masih menjadi ancaman dunia meski dinyatakan kalah total setelah markas terakhir mereka di Baghouz, Suriah direbut Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Sisa-sisa militan ISIS diyakini masih bersembunyi dan afiliasi di berbagai negara masih aktif.

SDF menyatakan pada Sabtu (23/5) lalu, bahwa ISIS mengalami ‘100 persen kekalahan teritorial’ setelah markas terakhir di Baghouz direbut kembali. SDF yang terdiri atas milisi Kurdi dan Arab di Suriah telah sejak lama bertempur melawan ISIS, dengan dukungan dari koalisi militer pimpinan Amerika Serikat (AS).

Namun, seperti dilansir Reuters, Senin (25/3/2019), meski markas terakhirnya dihancurkan, sisa-sisa militan ISIS yang bersembunyi di area gurun terpencil Suriah dan di kota-kota Irak masih melakukan aksi skala kecil, dengan melakukan serangan penembakan atau penculikan atau menunggu kebangkitan ISIS nantinya.

Presiden AS Donald Trump dalam pernyataannya menegaskan AS akan tetap waspada atas setiap ancaman yang mungkin muncul dari sisa-sisa militan ISIS. “Kita akan tetap waspada terhadap ISIS melalui serangkaian upaya-upaya antiterorisme global untuk memerangi ISIS hingga akhirnya ISIS dikalahkan di mana saja kelompok itu beroperasi,” tegasnya seperti dilansir The Hill dan Bloomberg.
Dalam pernyataan terpisah, komandan koalisi pimpinan AS melawan ISIS, Letnan Jenderal Angkatan Darat AS, Paul LaCamera, mengakui ISIS masih menjadi ancaman berbahaya meski wilayahnya tercerai-berai. LaCamera menegaskan perang melawan ISIS masih jauh dari usai.

“Akhir dari apa yang disebut kekhalifahan fisik menjadi pencapaian militer bersejarah yang menyatukan koalisi terbesar dalam sejarah, tetapi perang melawan Daesh (nama lain ISIS) dan ekstremisme kekerasan masih jauh dari selesai,” tegas LaCamera.

Peringatan soal ancaman ISIS juga diungkapkan pengamat Sami Nader dari Institut Levant untuk Urusan Strategis. “Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana ISIS akan bereaksi? Apa strategi baru mereka sekarang?” ucapnya.

“Hari ini, ISIS dan seluruh kelompok jihad akan mengekspor upaya-upaya militer mereka keluar Levant (Irak dan Suriah-red) dan mereka akan mengubah taktik, dari tadinya membentuk kehadiran geografis menjadi lebih condong pada pertempuran gerilya, baik di kawasan itu atau di lokasi lain,” imbuhnya.

Berikut beberapa alasan ISIS masih dianggap sebagai ancaman dunia:

100 Persen Kekalahan Teritorial, Apa Dampaknya bagi ISIS?

ISIS awalnya menguasai wilayah seluas 88 ribu kilometer persegi di Irak dan Suriah sejak tahun 2014. Wilayah itu menyusut cukup drastis pada akhir tahun 2016 menjadi hanya 60 ribu kilometer persegi. Kini, ISIS telah kehilangan seluruh wilayah tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan, menegaskan ISIS ‘tidak lagi menguasai area-area berpenduduk’ di Irak dan Suriah.

Hancurnya wilayah yang diklaim sebagai ‘kekhalifahan’ oleh ISIS telah menghilangkan alat propaganda dan perekrutan serta basis logistik kelompok radikal tersebut. Praktik-praktik kekejaman ISIS seperti eksekusi brutal dan hukuman keji untuk setiap pelanggaran, kemudian praktik pembantaian dan perbudakan seks juga hilang.

Kehilangan wilayah membuat ISIS tidak lagi mendapatkan sumber daya, khususnya secara finansial, untuk mendanai setiap aktivitas teror mereka. Sebelumnya ISIS bergantung pada pajak di wilayah dan hasil penjualan minyak di wilayah-wilayah yang dikuasainya.

Usai Kalah Total, ISIS Masih Bisa Bangkit Lagi

Pada awal kemunculan sebagai pecahan Al-Qaeda di Irak beberapa dekade lalu, ISIS bergerak melalui jaringan bawah tanah sebelum akhirnya muncul ke permukaan. Sejak kehilangan sebagian besar wilayah tahun 2017, ISIS kembali menggunakan taktik serupa. Sel-sel tidur di wilayah Irak telah melancarkan serangan bersenjata dalam skala kecil, yang melibatkan penculikan dan pembunuhan demi mengancam pemerintahan Irak.

Di Suriah, sisa-sisa militan ISIS diyakini masih ada di wilayah jarang penduduk yang ada di sebelah barat Sungai Eufrat, yang tidak dikuasai pemerintah Suriah.

Laporan tim pengawas internal Pentagon AS, yang dirilis bulan lalu, menyebut ISIS melakukan regenenerasi fungsi dan kemampuan lebih cepat di Irak daripada Suriah. “Dengan tidak adanya tekanan (antiterorisme) berkelanjutan, ISIS kemungkinan besar akan lahir kembali di Suriah dalam 6-12 bulan dan kembali menguasai wilayah terbatas,” sebut laporan itu.
<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

Ini Penyebab Jasad Kiai di Blitar Utuh Meski 31 Tahun Dikubur

Blitar – Jasad Kiai Anwar Sudibyo tampak masih utuh walaupun telah terkubur 31 tahun lamanya. Menurut kesaksian sang putra, Moch Munib, keseharian kiai semasa hidup tidak pernah lepas dari zikir.

“Ya mungkin karena abah itu tak pernah lepas zikir ya jadi jasadnya masih utuh seperti itu,” ujar Munib saat dihubungi detikcom, Selasa (19/3/2019).

Kiai Anwar merupakan Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar periode 1982-1987. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan sesepuh Tarekat Kodiriyah wa Nasyabandiah.


Yang mana, kedua tarekat tersebut rutin menggelar zikir bersama. Yakni usai salat subuh dan magrib.

Tentang ibadah lain yang dilakukan sang ayah, Munib mengaku tidak memperhatikan secara khusus. Termasuk ibadah puasa yang setahu Munib hanya dilakukan saat Ramadan saja.

“Abah itu setahu saya gak pernah ibadah yang khusus begitu ya. Beliau hanya sering memimpin zikir di jemaah tarekatnya. Beliau dalam setiap aktivitas juga selalu berzikir. Itu juga yang diajarkan pada kami anak-anaknya,” imbuhnya.

Jasad Kyai Anwar Sudibyo dipindahkan ke makam keluarga pada Kamis (14/3). Pemindahan makam itu atas inisiatif Banser yang ingin makam ulamanya tidak berhimpitan dengan makam warga sekitar di TPU desa itu.

Atas izin keluarga almarhum, pemindahan makam dilakukan dengan menggali kubur dan mengangkat jasad sang kiai yang telah terkubur selama 31 tahun. Saat diangkat, banyak warga yang menyaksikan jasad tersebut dalam kondisi utuh. Tidak lama kemudian, kejadian tersebut viral di media sosial.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Sosok Kiai di Blitar yang Jasadnya Utuh Meski Terkubur 31 Tahun

Ini Sosok Kiai di Blitar yang Jasadnya Utuh Meski Terkubur 31 Tahun Almarhum Kiai Anwar Sudibyo/Foto: Erliana Riady

Blitar – Jasad Kiai Anwar Sudibyo yang masih utuh meski telah terkubur selama 31 tahun viral di media sosial. Seperti apa sosok Kiai Anwar Sudibyo?

Seperti data yang dihimpun detikcom, Kiai Anwar bernama lengkap Mochd. Anwar Sudibyo. Ia menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Cabang Blitar pada 1982-1987. Sang ulama juga dikenal sebagai pendiri pondok pesantren Tambakan di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

“Selain pernah sebagai Rais Syuriah PCNU, abah juga Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan tokoh Tarekat Kodiriah wa Nasyabandiyah Blitar,” kata putra Kiai Anwar, Moch Munib saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (19/3/2019).


Kiai Anwar meninggal pada 1988, saat menjadi imam jemaah salat subuh di Masjid Baitul Rauf. Masjid itu merupakan bagian ponpes Tambakan yang didirikannya.

Terlepas dari itu, Kiai Anwar tercatat sebagai santri pertama di Ponpes Asrama Perguruan Islam Salawiyah (APIS) Gondang, Gandusari. Ponpes Apis Sanan Gondang didirikan KH Shodiq Damanhuri yang masa kecilnya bernama Muhammad Jamhuri.

“Abah itu termasuk salah satu pendiri ponpes Apis Sanan Gondang bersama Kyai Jamhuri. Menurut cerita tahun 1923,” imbuhnya.

Cerita tersebut diakui pengasuh Ponpes Apis Sanan Gondang, Moch Subhan Anshori. Tak hanya sebagai santri pertama di Pondok Salawiyah itu, Kiai Anwar juga mengembangkan ajaran tarekat dengan mendirikan Ponpes Tambakan.

Bagi Subhan, cerita keistimewaan jasad santri sudah sering dia dengar selama ini. “Menyaksikan langsung belum pernah. Tapi saya sudah sering mendengar cerita jenazah atau santri di sini yang khusnul khotimah. Ada yang jasadnya utuh, ada yang menyebarkan aroma wangi. Semoga saja kita nantinya akan seperti itu juga. Aamiin,” pungkasnya.

Sebelumnya, tentang jasad Kiai Anwar yang masih utuh viral di media sosial. Banyak netizen yang merasa heran karena jasad tersebut sudah terkubur puluhan tahun. Jari kaki hingga kepala masih menyambung. Kemudian kain kafan pun tidak ada yang robek.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Piala FA: Man City Kalahkan Swansea Meski Tertinggal Dulu Dua Gol

SwanseaManchester City melakukan comeback dramatis di Piala FA. Tertinggal dua gol lebih dulu saat bertamu ke Swansea City, The Citizens akhirnya menang 3-2 dan lolos ke semifinal.

Bermain di Liberty Stadium, Minggu(17/3/2019) dinihari WIB, City dibuat kesulitan oleh Swansea di babak pertama. Saat turun minum, sang juara bertahan Premier League dalam posisi tertinggal 0-2.

Swansea unggul lebih dulu melalui penalti Matt Grimes. Suporter tuan rumah kembali bergelora saat Bersant Celina menjebol gawang Ederson Moraes lewat sebuah serangan cepat yang mematikan.

City bangkit di babak kedua. Masuknya Raheem Sterling dan Sergio Aguero membuat City lebih banyak memiliki variasi serangan di lini depan. Comeback City diawali gol indah Bernardo Silva, sementara gol bunuh diri kiper Kristoffer Nordefeldt menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Adalah Sergio Aguero yang menjadi penentu kemenangan City sekaligus didapatnya tiket ke semifinal. Tandukan kepala striker asal Argentina itu mengubah kedudukan jadi 3-2.

Kemenangan dramatis Man City diwarnai kontroversi. Dalam tayangan lambat, Sergio Aguero terlihat dalam posisi offside sebelum menanduk bola. Sementara gol bunuh diri kiper, yang terjadi akibat penalti Aguero, juga dinilai berbau kontroversi.
(din/ran)

Anies Pilih Pasif Meski Diserang Faizal Assegaf

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih pasif meski dirinya diserang eks Alumni 212 Faizal Assegaf. Anies menyatakan dirinya enggan berkomentar terkait serangan dari Faizal tersebut.

Kasus ini berawal dari cuitan Faizal di akun Twitter-nya @faizalassegaf yang ditujukan terhadap Anies. Cuitan itu kemudian membuat Faizal dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan cuitan Faizal mengandung unsur ujaran kebencian terhadap Anies.

“Faizal Assegaf ini membawa nama baik Assegaf dan kita semua dari keluarga besar marga Assegaf tidak terima. Intinya ini salah satu ujaran kebencian yang mana dia berbicara membawa ras dan intinya memecah belah,” kata pelapor Fikri Assegaf saat dimintai konfirmasi, Jumat (15/3/2019).

Fikri mengaku tidak terima atas cuitan itu karena merasa Faizal mengatasnamakan keluarga besar Assegaf saat menulis tweet tersebut. Atas dasar itulah, dia melaporkan Faizal ke Polda Metro Jaya dengan membawa barang bukti berupa screenshot 6 cuitan dari akun Twitter Faizal.

“Tidak ada hubungan kita (hubungan keluarga antara Fikri dan Faizal). Justru karena di situ dipakai Assegaf saya sebagai keluarga besar Assegaf tidak terima seperti itu. Makanya saya penasaran juga siapa dia ini, Faizal Assegaf ini,” ujar Fikri.

Pengacara Fikri, Muhammad Daniel, menyebut kliennya merasa tersinggung oleh cuitan Faizal. Daniel menyebut Faizal dilaporkan dengan Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang ITE.

Laporan itu tertuang pada Nomor Laporan LP/1585/III/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 14 Maret 2019. Terlapor dalam hal ini bernama Faizal Assegaf.

Screenshot cuitan Faizal Assegaf Foto: Screenshot akun Twitter @faizalassegaf (dok.istimewa)

Selain itu, Daniel menjabarkan barang bukti yang sempat ia dibawa saat membuat laporan itu. Cuitan-cuitan Faizal itu hingga Jumat (15/3) masih terlihat di akun Twitter Faizal.

“Inget bung @aniesbaswedan, kita ini warga keturunan Arab, tahu dirilah! Jgn pernah menghidupkan kembali politik busuk primordialisme kakekmu di bumi NKRI. Jgn pernah jadikan Kantor Gubernur DKI JKT sbg markas politik kaum intoleran HTI & PKS. Goblok kamu, penghianat NKRI !,” tulis akun @faizalassegaf seperti dilihat detikcom.

Faizal kemudian merespons pelaporan atas dirinya. Respons tersebut disampaikan Faizal lewat akun Twitter-nya, @faizalassegaf.

“@aniesbaswedan nanti saya akn buka kedok busukmu yg menipu ulama, habaib & umat. Diduga Dicemarkan Nama Baik, Habib dan Ulama Jakarta Laporkan Faizal Assegaf ke Polda Metro Jaya,” cuit Faizal, seperti dilihat detikcom, Jumat (15/3).

Meski dilaporkan ke polisi, Faizal tidak berhenti menyerang Anies. Faizal bahkan menyebut Anies seorang penipu yang berlindung di balik pencitraan politik santun.

Anies sendiri seolah tak mempermasalahkan cuitan Faizal itu. Dia mengatakan, dirinya sebagai pejabat publik enggan mengomentari hal tersebut.

“Saya nggak mau komentar ah. Saya ini pejabat publik, silakan orang ngomong apa saja,” ujar Anies di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Janjikan KIP Kuliah Meski Sudah Ada Bidik Misi, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Jakarta – Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah milik calon presiden petahana, Joko Widodo kerap menjadi perbincangan. Sebab, banyak dari masyarakat yang masih belum memahami perbedaan antara KIP Kuliah dengan program Bidik Misi.

Menanggapi hal itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menjelaskan, KIP Kuliah sama sekali berbeda dengan Bidik Misi.

“Kalau Bidik Misi kan (yang diberikan) uang hidup, biaya hidup. Tapi kalau untuk KIP, saya mengusulkan kalau SPP saya minta gratis,” tutur Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Jum’at (15/3/2019).

Nasir menegaskan, penerima program Bidik Misi selama ini mendapatkan biaya hidup. Yaitu yang tadinya hanya 650 ribu sekarang sudah dinaikkan menjadi 700 ribu rupiah per bulan.

Sedangkan, KIP Kuliah diusulkan untuk memberikan biaya SPP dan buku kuliah gratis bagi penerima program tanpa adanya biaya hidup. Meski begitu, bila anggaran dirasa cukup, Nasir berharap biaya hidup juga dapat diberikan kepada penerima program KIP Kuliah.

“Saya memohon, kalau bisa diberikan uang buku lah minimal, kalau nggak bisa (biaya hidup) ya uang buku. Dan kalau bisa lebih besar dananya, ya uang hidup juga,” jelas Nasir.

Boeing Akan Tetap Produksi 737 MAX Meski Dilarang Banyak Negara

Washington – Pihak Boeing menyatakan akan tetap merakit pesawat tipe 737 MAX meskipun banyak negara melarang operasionalnya di wilayah udara masing-masing. Raksasa penerbangan Amerika Serikat itu bertekad akan mempertahankan produksi pesawat setiap bulan di tengah persoalan yang muncul terkait tipe 737 MAX.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Jumat (15/3/2019), berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat (AS), telah menangguhkan operasional setidaknya 371 unit pesawat tipe Boeing 737 MAX. Penangguhan dilakukan usai insiden jatuhnya pesawat Boeing 737 MAX milik Ethiopian Airlines pada 10 Maret lalu.

Sementara itu, nyaris 5 ribu unit Boeing 737 MAX telah dipesan. Itu berarti dampak finansial yang dirasakan usai kecelakaan itu Boeing sangatlah besar.

“Kami terus merakit pesawat-pesawat 737 MAX sambil menganalisis bagaimana situasinya, termasuk potensi kendala kapasitas, yang akan berdampak pada sistem produksi kami,” ucap juru bicara Boeing, Chaz Bickers, dalam pernyataannya.
Disebutkan Boeing bahwa pihaknya akan mempertahankan angka produksi sebanyak 52 pesawat per bulan. Tipe MAX yang menjadi versi terbaru Boeing disebut menjadi bagian terbesar dalam produksi itu. Namun jumlahnya tidak diungkapkan lebih lanjut oleh Boeing.

Di sisi lain, pengumuman terus dilanjutkannya produksi Boeing 737 MAX ini menjadi kabar baik bagi ribuan karyawan Boeing — pembuat mesin, pegawai dan pengawas teknis — yang bekerja di pabrik perakitan di Renton, Washington.

Boeing tidak menyebut jumlah pasti pegawai yang secara spesifik bekerja untuk tipe MAX. Diketahui bahwa Boeing memiliki 70 ribu pegawai di Washington, namun tidak semuanya terlibat dalam proses produksi dan kebanyakan bekerja untuk tipe selain 737 MAX.

Keputusan Boeing tetap melanjutkan produksi ini tidaklah mengejutkan. Pengamat dirgantara, Cai Von Rumohr, dari manajemen investasi Cowen menyebut penghentian produksi karena banyaknya negara yang meng-grounded 737 MAX akan memberikan gangguan besar bagi Boeing.

Para pemasok juga akan terkena dampak jika mereka tidak bisa memproduksi dan mengantarkan suku cadang dan komponen yang dipakai Boeing. Terlebih, sebut Rumohr, Boeing sedang berupaya meningkatkan produksi agar bisa segera mengantarkan pesawat-pesawat itu ke konsumen mereka sesegera mungkin.

Terlepas dari itu, diketahui bahwa Boeing dan Otoritas Penerbangan Federal (FAA) sedang menyusun finalisasi software update yang dirancang untuk menjadikan Boeing 737 MAX lebih aman. Diperkirakan penyusunan itu akan selesai bulan depan. Namun untuk sementara waktu, seluruh Boeing 737 MAX yang ada di AS — jumlahnya 371 unit — akan di-grounded untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Europa: Meski Dikalahkan Salzburg, Napoli Lolos ke Perempatfinal

SalzburgNapoli takluk dengan skor 1-3 dalam lawatannya ke markas Red Bull Salzburg. Tapi, Il Partenopei tetap lolos ke perempatfinal Liga Europa.

Pada leg kedua 16 besar yang dihelat di Red Bull Arena, Jumat (15/3/2019) dinihari WIB, Salzburg bermain agresif dengan menciptakan 13 attempts, lima di antaranya on goal. Itu semua dilakukan untuk mengejar defisit 0-3 dari leg pertama. Sementara Napoli dipaksa bertahan dengan hanya bikin tujuh attempts, dua tepat sasaran.

Napoli unggul duluan lewat Arkadiusz Milik pada menit ke-14 sebelum disamakan Munas Dabbur pada menit ke-25. Pada babak kedua Salzburg menambah gol lewat Fredrik Guldbransen dan Christoph Leitgeb.

Meski menang 3-1, Salzburg tak bisa menahan laju Napoli ke perempatfinal karena mereka unggulgl agregat 4-3.

Jalannya pertandingan

Napoli tandang ke markas Salzburg tanpa dua pemain intinya, Kalidou Koulibaly dan Nikola Maksimovic, yang menjalani skorsing. Raul Albiol masih cedera sehingga Napoli menurunkan duet Vlad Chiriches dan Sebastiano Luperto di lini belakang.

Napoli mengancam lebih dulu ketika crossing Fabian Ruiz disambut tandukan Arkadiusz Milik tapi bola menyamping di sisi gawang Salzburg di awal laga.

Napoli akhirnya mampu unggul duluan pada menit ke-14 dan Milik kali ini tak membuang peluang untuk bikin gol. Mario Rui mengirim umpan silang yang dihalau kurang sempurna oleh barisan belakang Salzburg dan bola liar langsung disambar Milik jadi gol.

Salzburg tersentak dengan gol itu dan balik menekan Napoli. Tekanan yang intens membuat Allan melakukan salah umpan pada menit ke-25 ketika bola malah mengarah ke pemain tuan rumah. Bola kemudian dioper kepada Munas Dabbur yang mengecoh Chiriches sebelum menjebol jala Meret.

Napoli setelahnya punya peluang lewat Milik tapi sepakannya masih melebar usai memanfaatkan umpan Dries Mertens. Demikian juga dengan tembakan jarak Ruiz yang membentur tiang gawang.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Salzburg gantian menekan pertahanan Napoli dan membuat wakil Italia itu kerepotan menghalau setiap serangan. Tuan rumah akhirnya unggul pertama kalinya di laga ini ketika pemain pengganti Frederik Gulbrandsen mencetak gol pada menit ke-65.

Hanya empat menit setelah masuk, Gulbrandsen menyontek bola crossing dan mendahului Meret untuk membobol jala Napoli. Salzburg masih tertinggal agregat 2-4.

Gol tersebut membuat Salzburg makin bernafsu menyerang Napoli. Peluang demi peluanga didapat, salah satunya lewat sepakan jarak jauh Takumi Minamino yang memaksa Meret menepis dengan susah payah pada menit ke-75.

Gawang Napoli kebobolan lagi di menit ke-91 ketika pertahanan mereka gagal mengantisipasi bola sepakan bebas Salzburg. Si kulit bundar jatuh di kaki Christoph Leitgeb yang menembak kencang tanpa bisa dihalau Meret.

Salzburg sudah kehabisan waktu untuk mencetak dua gol tambahan sehingga kemenangan 3-1 tetap bertahan hingga laga usai. Napoli tetap lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

Susunan pemain

RB Salzburg: Walke; Lainer, Onguene, Ramalho, Ulmer; Mwepu (Guldbrandsen 5’9), Samassekou, Wolf, Szoboszlai (Leitgeb 74′); Minamino (Haland 86′), Dabbur

Napoli: Meret; Hysaj, Chiriches (Malcuit 78′), Luperto, Mario Rui; Callejon, Allan, Fabian Ruiz, Zielinski (Diawara 74′); Milik, Mertens (Younes 88′)

(mrp/ran)

Meski Ungguli Prabowo dalam Survei, Jokowi – Ma’ruf Diingatkan Tak Puas Diri

Liputan6.com, Jakarta – Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) merilis hasil survei bila pemilihan presiden, dilakukan hari ini. Data yang diolah akhir Januari 2019 didapati pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul 54,9 persen dari pasangan Prabowo-Sandi yang hanya mendapatkan suara 32,1 persen.

“Survei dilakukan pada akhir Januari ini selisih 23 persen dan 13 persen masih tak menjawab (undecided) selisih ini secara statistik signifikan dan nyata, calon satu unggul atas calon yang lain, tapi preferensi politik tak pernah stabil bisa berubah tergantunng sitatuasi kondisi,” kata kata Direktur Riset SMRC, Denny Irfan, saat rilis hasil survei di Kantor SMRC, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2019).

Terkait undecided voters sebanyak 13 persen, menurut Denny, jumlah tersebut tidak dapat berbuat banyak sekali pun seluruhnya bermuara ke Prabowo-Sandiaga. SMRC melihat Jokowi-Ma’ruf masih tetap unggul dengan selisih 10 persen.

“Bila 13 persen undecided semuanya ke Prabowo maka Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul sekitar 10 persen. Angka ini lebih besar dari selisih Pilpres 2015 yang sekitar 6 persen,” beber dia.