Fitur Canggih Ini Bikin Maling Mobil Kebingungan, Lihat Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta – Maling mobil selalu mencari cara untuk melakukan tujuannya. Bahkan mobil yang mengadopsi fitur keyless-entry tak luput dari aksi pencurian.

Meskipun demikian, maling bisa dibuat kebingungan oleh Tesla Model 3 yang disebut anti maling. Sebab, Tesla baru saja membekali Model 3 dengan fitur baru yang membuatnya lebih aman saat parkir.

Dilansir Carscoops, fitur itu bisa ditemukan pada menu Safety & Security, pada central touchscreen di dalam kendaraan. Lalu, pemilik bisa mengaktifkan Pin To Drive, yang mana fitur ini harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Selain itu juga ada mode manual entry dari Tesla App, yang membutuhkan keycard. Serta, ada Security Alarm baru yang bisa aktif dan berbunyi saat pintu dibuka menggunakan kunci yang salah.

Tesla juga mengenalkan fitur Sentry Mode. Fitur ini akan memonitor sekitaran tempat parkir. Jika sensor mendeteksi kemungkinan ancaman, kamera pada mobil akan merekamnya dan sistem alarm akan diaktifkan.

Dengan sistem yang sangat ketat ini, diharapkan Tesla Model 3 tak menjadi sasaran maling.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

4 Cara Mudah Mencegah Motor Kemalingan

Meningkatnya minat dan kebutuhan akan sebuah kendaraan, membuat tindak kejahatan berupa pencurian motor sebagai peluang mendapatkan dana dengan mudah.

Faktanya, kasus tindak kejahatan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) hingga saat ini semakin meningkat. Umumnya para oknum dan pelaku curanmor dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan dengan terlebih dulu mengawasi gerak gerik korban.



Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Selasa (29/01/19), tindak kejahatan pencurian biasanya terjadi dengan cepat dan tepat. Untuk mencegah kasus tersebut, berikut beberapa tips untuk mencegah motor menjadi sasaran para pelaku curanmor.

Kunci Setang

Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Terkadang pemilik lupa dan kurang teliti saat memparkirkan kendaraan. Motor yang diparkir dengan kondisi tidak terkunci setang akan sangat mudah menjadi sasaran eksekusi.

Pasang Pengaman Tambahan

Menambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit pencuri untuk membawa motor yang dinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan.

Pasang Stiker Tanda Pengenal dan Alarm

Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangan. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Anda bisa memasangnya melalui bengkel resmi.

Pasang Sistem Keyless Ignition System

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Marc Marquez Ungkap Target Balapan di Musim 2019

Liputan6.com, Bandung – Marc Marquez menghabiskan waktunya di kota Bandung pada pekan lalu (9-10 Februari 2019). Pada kesempatan tersebut, Marc Marquez menjalankan serangkaian acara bersama Repsol Honda Team dan juga berbincang-bincang bersama wartawan nasional.

Marc Marquez yang juga berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2018 lalu buka-bukaan soal targetnya di tahun 2019. ” Tentu saja bukan sekedar berapa banyak balapan yang bisa saya menangkan (di tahun 2019), belajar dari Jepang 2015 saya menang lebih banyak dari balapan 2016. Dan saya tidak menjadi juara dunia karena saya tidak konsisten,” ungkap Marquez.

Baginya, memenangkan balapan merupakan hal yang penting tapi bukanlah yang utama. ” Jadi yang terpenting adalah konsisten meraih podium, dan balapan meraih posisi tertinggi. Dan untuk menjadi juara dunia, minimal harus menang 6-7 balapan,” sambungnya. 

Meski tahun lalu berhasil meraih gelar juara dunia, Marquez merasa masih ada beberapa kesalahan kecil dan hal tersebut akan diperbaiki pada tahun ini.

Marquez dijadwalkan akan kembali mengikuti tes pramusim pada 20 Februari mendatang di sirkuit Jerez, Spanyol. MotoGP musim ini akan dimulai 10 Maret mendatang.  

2 dari 3 halaman

Terkait MotoE, Marc Marquez: Saya Masih Menikmati MotoGP

Kendaraan listrik merupakan masa depan dari perkembangan dunia otomotif. Mobil atau motor listrik dinilai bisa mengurangi polusi sekaligus meningkatkan efisiensi berkendara. Bahkan tren ini pun mulai menjalar ke dunia balap, khususnya FIM Enel MotoEWorld Cup yang akan diluncurkan tahun ini oleh Dorna Sports.

Rencananya MotoE akan digelar di lima sirkuit Eropa yang diikuti oleh 18 sepeda motor. 7 tim independen masing-masing akan mendapatkan dua sepeda motor, dan empat sepeda motor diperuntukkan untuk tim Moto2 dan Moto3 yang memutuskan untuk mengikuti.






Terkait dengan hal ini, Tetsuhiro Kuwata, Honda Racing Corporation (HRC) Director pun angkat bicara. ” MotoE adalah pendekatan yang berbeda terhadap dunia balap motor. Dan ini baru menjadi titik awal pendekatan ini. Kami butuh mempertimbangkan pendekatan ini di masa depan, tapi ini terlalu cepat bagi kami. Jadi kita akan lihat apa yang terjadi di MotoE dan kami akan mempertimbangkannya di masa depan,” ungkap Kuwata saat sesi interview di hotel Harris, Bandung.

Marc Marquez pun ikut mengomentari soal MotoE. “Saya pikir atau saya harap masa depan itu masih jauh, karena saya menikmati motor ini. Saya belum mencoba motor listrik, jika disiapkan saya akan mencobanya. Tapi saat ini kita akan menjalankan MotoGP yang saya nikmati,” ungkap Marc Marquez ke wartawan.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, suara dari MotoE akan memiliki keunikan tersendiri dan sangat berbeda. Motor elektrik akan lebih senyap, namun akan menyajikan suara yang biasanya tak terdengar akibat tertutup suara mesin konvensional. Suara yang terdengar adalah suara motor listrik membelah udara dan suara decitan akan memberikan pengalaman berbeda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Berburu BMW Baru Bisa Tukar Tambah di Dealer Resmi

Liputan6.com, Jakarta Teknologi mesin pada kendaraan roda empat dan dua semakin hari semakin berkembang. Beragam inovasi baru serta fitur canggih yang terdapat pada kendaraan baru, membuat konsumen memilih untuk mengganti kendaraannya dengan yang lebih baru.

Namun, beberapa konsumen masih bingung bagaimana menjual kendaraan lama yang sudah tidak digunakan dengan harga yang layak.

Menanggapi hal ini, BMW Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya memfasilitasi konsumen yang ingin mengganti kendaraan mereka dengan kendaraan yang lebih baru, dengan memberikan service facility yang diberi nama BMW Premium Selection.

“Semua dealer BMW memiliki BMW Premium Selection seperti yang saya bilang, dan untuk trade in brand selain BMW akan ada dealer rekanan yang pastinya resmi,” kata Jodie O’tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jumat (15/02/19).

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Jodie menjelaskan, kebijakan terkait usia kendaraan yang hendak dijual melalui dealer resmi, maksimal berusia 7 tahun.

“Skema sudah sangat jelas, usia kendaraan berapa, kondisi kendaraan tentunya akan dicek dengan lengkap. Untuk dealer Astra usia kendaraan bisa sampai 7 tahun. Jadi memang kalau usia kembali lagi ke dealer masing-masing,” ujar Jodie.

Untuk mempermudah konsumen, seluruh dealer BMW diakui Jodie memfasilitasi sistem trade in kendaraan. “Untuk setiap dealer memang ada showroom sendiri (mobil bekas BMW). Bisa di semua dealer resmi BMW,” tutur Jodie.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kapolri: Isu Serbuan Pekerja Asing di Morowali Hoaks

Liputan6.com, Bandung – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan isu tenaga kerja asing yang menyerbu ke pelbagai daerah dipastikan tidak benar alias hoaks.

Meski begitu, ia membenarkan bahwa investasi sejumlah kawasan industri mayoritas dimiliki pihak asing, seperti China.

Tito mengaku sudah melakukan pengecekan langsung ke tempat yang disebut diserbu tenaga kerja asing di antaranya di sebuah kawasan industri yang mengolah stainless steel menjadi baterai lithium di wilayah Morowali, Sulawesi Tenggara. Ternyata dari jumlah 32.000 karyawan yang bekerja di sana, 10 persen berstatus tenaga kerja asing.

“Saya dengan panglima datang ke sana bersama segenap pejabat Mabes Polri, TNI, Menaker, Ditjen Imigrasi, semua hoaks semua. Memang investasi dari China, karena mereka punya teknologi dan uang,” kata Tito saat memberi sambutan peresmian masjid di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Jumat (15/2/2019). 

Kondisi fasilitas dan hubungan antar pegawai ia klaim kondusif. Semua hak pekerja diberikan dengan baik, seperti pemenuhan makan sebanyak tiga kali sehari. Pegawainya bukan hanya dari lokal Morowali, tapi dari seluruh Indonesia.

Para pegawai dari asing dipekerjakan untuk mengurusi mesin yang kompleks, sekaligus mengajarkan pekerja dalam negeri.

Konsep itu dilakukan seperti di Freeport, Papua di mana pada tahun 1967 tenaga kerja dikuasai tenaga kerja asing, terutama asal Amerika. Seiring berjalannya waktu, teknologi di freeport dikuasai tenaga kerja lokal.

“Sekarang kalau datang cuma satu persen. Dan direkturnya semua orang Indonesia. Bahkan wakil direkturnya orang papua asli. Direkturnya orang manado, dan komisarisnya senior saya mantan pangdam,” ucap Tito.

Isu lain yang ternyata hoax adalah soal tentara dari Tiongkok yang sudah masuk ke wilayah Morowali. Ia memastikan bahwa tenaga kerja asing yang ada di sana merupakan staf ahli. Adapun manajer keamanannya adalah seniornya berpangkat bintang tiga.

“Saya juga ketemu, mantan kapolda sulteng, itu bintang tiga, Komjen setingkat dengan kang Irwan. Dia adalah manager security di sana. Dia adalah kepala badan intelejen kepolisian, mana mungkin dia punya kemampuan untuk membaca,” terang dia.

Faktor lain adalah bahwa perusahaan batu bara yang disana tidak menjualnya produknya ke luar negeri. Karena pabrik di sana pun perlu batu bara sebagai bahan baku utama.

2 dari 2 halaman

Tumbuhkan Ekonomi Daerah

Tito menambahkan, adanya kawasan industri itu, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah tumbuh 19 persen.

“Itu pertumbuhan ekonomi dengan adanya investasi hampir Rp 100 triliun, 2 tahun lagi Rp 123 triliun, itu pertumbuhan ekonominya 38 persen. Jadi kita jangan hanya mimpi 5 persen. Saya berbicara ini ada media, enggak mungkin bohong,” terangnya.

Polisi dalam hal ini bertugas untuk menjaga kondusivitas negara. Implikasinya bisa menyentuh pertumbuhan ekonomi. Kalau sebuah negara atau wilayah itu tidak damai, maka investor tidak akan berminat menanamkan modal.

Menurutnya, banyak investor yang menanamkan modalnya di Indonesia maka roda dan pertumbuhan ekonomi akan terus melaju.

Sebaliknya, jika tidak ada investor, maka terjadi pemabatan pertumbuhan ekomomi. Hal itu akan berefek pada meningkatnya angka kriminalitas.

“Ketika terjadi ketidakamanan, semua pengusaha kabur. Untuk itu, stabilitas politi kemanan jadi kunci bagi kita untuk buat negara maju. Keamanan ini sama dengan kesehatan, harus dirawat,” imbuhnya.

 

Reporter: Aksara Bebey

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

Inter Milan Antisipasi Kepergian Mauro Icardi

Jakarta Inter Milan telah siap kehilangan striker Mauro Icardi. La Beneamata dikabarkan sudah mencari striker baru untuk musim depan.

Situasi Icardi di Inter Milan menjadi tidak menentu setelah ia dicopot dari posisi kapten tim. Setelah itu, Icardi dikabarkan menolak untuk berangkat ke Wina, Austria bersama Inter Milan untuk menghadapi Rapid Wina.

Kondisi itu menjadi pertanda kalau kebersamaan Icardi di Inter Milan berpotensi berakhir. Nerazzurri bisa membuat keputusan untuk menjual Icardi jika permasalahan antara kedua belah pihak tak kunjung selesai.

Nerazzurri pun harus mencari pengganti yang pas untuk Icardi. Sejauh ini, Inter Milan telah mempertimbangkan empat nama, yaitu Romelu Lukaku, Duvan Zapata, Edin Dzeko dan Timo Werner.

Romelu Lukaku tak bisa memenuhi ekspektasi di Manchester United. Ia berpeluang dilepas klub pada akhir musim 2018-19.

Sebelumnya, Lukaku pernah menyatakan tertarik untuk bermain di Italia, tetapi bersama Juventus. Edin Dzeko (AS Roma) dan Duvan Zapata (Atalanta) menjadi kandidat yang realistis karena keduanya sudah berada di Italia.

Timo Werner disebut menjalani musim terakhir bersama RB Leipzig, namun ia disebut lebih tertarik hijrah ke Premier League.

Jika gagal mendapat pemain incarannya itu, Inter Milan masih memiliki Lautaro Martinez yang siap menjadi mesin gol pengganti atau Gabigol yang masih menjalani masa peminjaman di Flamengo dan berharap bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk membuktikan diri di Italia.

2 dari 2 halaman

Mauro Icardi Menuju Real Madrid?

Konflik yang terjadi antara Inter Milan dan Mauro Icardi berawal dari diskusi perpanjangan kontrak sang pemain. Agen dari Icardi yang merupakan istrinya sendiri, Wanda Nara, disebut mempersulit proses negosiasi.

Saat ini, Mauro Icardi masih terikat kontrak dengan Inter Milan hingga Juni 2021 dengan klausul penjualan sebesar 110 juta euro. Harga tersebut dianggap masih belum cukup untuk memagari Icardi, karena itu Inter Milan berniat memberikan kontrak baru.

Tetapi, Wanda Nara menggunakan kesempatan tersebut untuk meminta kenaikan gaji yang tinggi di Inter Milan.

Sumber: Calcio Mercato

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Hasil Jagung Melimpah di Tuban, Mentan: Saya Senang Lihat Para Petani Tersenyum

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur merupakan sentra jagung nasional. Ada tujuh kabupaten mulai gelaran panen raya, seperti di Tuban, Lamongan, Lumajang, Jember, Kediri, Mojokerto, dan Pasuruan. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ikut hadir dalam panen raya jagung di desa Talun, Kecamatan Montong, Tuban, Jumat (15/2).

Amran tampak sumringah melihat hasil panen jagung melimpah di Tuban. Dengan penuh rasa gembira, Amran pun ikut berdialog langsung dengan para petani. “Saya senang lihat para petani tersenyum dengan hasil panennya. Di sini kami memang untuk melayani, jadi kami datang tidak dengan tangan kosong,” kata Amran. 

Pada Februari ini, Desa Talun, Kecamatan Montong memanen sekitar 10 ribu hektare lahan jagung. Lalu untuk Kabupaten Tuban keseluruhan memanen lebih dari 50 hektare lahan jagung.

Dengan tibanya masa panen jagung ini, Amran berharap para petani dapat mensuplai kebutuhan jagung peternak, baik yang berada di wilayah Tuban, maupun di kabupaten lainnya.

“Kami berharap Bulog dapat membantu menyerap jagung petani saat panen raya seperti ini, sehingga dapat menjadi buffer stock. Kalau mekanisme ini berjalan baik, petani tak akan lagi terjerat tengkulak,” kata Amran.

Amran berharap petani jagung dan peternak ayam mandiri dapat menikmati masa panen raya jagung saat ini melalui mekanisme distribusi dan stok yang baik. Sukses panen jagung ini tak lepas dari kerjasama semua pihak.

Mulai dari mulai stakeholder pertanian tingkat pusat hingga daerah, kelompok-kelompok usaha tani, perbankan dan masyarakat petani. Salah satu yang ikut mendorong sukses panen ini adalah Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan lewat bantuan alsintannya kepada petani.

Secara terpisah Dirjen Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan, Sarwo Eddy mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban pihaknya, untuk membantu petani jagung dalam usaha meningkatkan hasil pertanian mereka.

“Produksi jagung harus ditingkatkan ke depan. Kami akan terus membantu para petani untuk mewujudkan hal tersebut. Saya juga mengharapkan para petani tetap semangat melakukan usaha tani dengan memproduksi pangan lokal, serta mencintai produk dalam negeri,” kata Sarwo Eddy.

Ditambahkan Sarwo Eddy Ditjen PSP sendiri akan melanjutkan program mekanisasi pertanian. Untuk tahun 2019, Kementan akan mengalokasikan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 40.390 unit

Alsintan tersebut berupa traktor roda dua sebanyak 13.911 unit, traktor roda empat 200 unit, pompa air 19.279 unit, rice transplanter 2.000 unit, cultivator 4.970 unit, dan excavator 30 unit.

Untuk Kabupaten Tuban tahun ini mendapat bantuan pompa 4 dim 15, pompa 6 dim 16, tracktor roda empat sejumlah lima buah, tracktor roda dua ada 19, dan cultivator 5.

Dikonfirmasi terpisah, informasi tentang panen jagung pada Februari-Maret ini, juga sempat diutarakan oleh Ketua Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) Sholahuddin. Ia yakin bahwa produksi jagung bulan Februari-Maret bisa mencapai target yang ditetapkan pemerintah. Terlebih panen di tahun ini mencakup lahan yang luas.

Hasil produksi itu juga turut menegaskan bahwa kebutuhan jagung di Jawa Timur akan tercukupi. “Harga jagung di Tuban selama ini tidak pernah di bawah Rp 3.000,” ujar Bupati Tuban Fathul Huda.

Ia menginformasikan bahwa harga jagung saat ini Rp 4.500 per kilogram. Harga ini, kata dia cukup menggembirakan dan menguntungkan bagi petani jagung maupun peternak.

“Petani tersenyum karena harga jagung tidak pernah di bawah Rp 3.000. Kami juga berterima kasih kepada Kementerian Pertanian karena telah banyak membantu,” tambahnya.



(*)

Rapid Wina vs Inter Milan: Lautaro Martinez Ingin Jadi Mesin Gol Nerrazuri

Liputan6.com, Milan – Lautaro Martinez menjadi bintang dalam laga Rapid Wien vs Inter Milan di babak 32 besar Liga Europa, Jumat (15/2/2019) dini hari WIB. Gol penalti Martinez membuat Inter Milan menang 1-0.

Ini merupakan gol keempat Martinez sejak bergabung dengan Inter dari Racing Club pada awal musim ini. Ia pun ingin terus menjadi mesin gol bagi Nerrazuri -julukan Inter Milan.

“Striker selalu butuh mencetak gol. Saya ingin terus seperti ini, yang mana itu butuh kerja keras dan totalitas,” ujar Martinez seperti dilansir situs resmi klub.

Inter Milan bertandang ke markas Rapid Wien dengan masalah internal. Ya, mereka baru saja mencopot ban kapten dari Mauro Icardi dan menyerahkannya ke Samir Handanovic.

Kiper asal Slovenia itu pun memulai debutnya sebagai kapten Inter pada laga dini hari tadi. Icardi sendiri sebetulnya ada di dalam tim, namun rumor yang beredar menyebut ia menolak bermain.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti akhirnya mengandalkan Martinez sebagai ujung tombak. Keputusan ini tidak sia-sia lantaran aksi Martinez membuahkan penalti bagi Inter di menit 38.

2 dari 3 halaman

Lebih Tenang

Martinez menilai kemenangan ini membuat atmosfer di ruang ganti Inter kondusif. Menurutnya, semua anggota tim menjadi fokus untuk menghadapi laga selanjutnya.

“Kami berhasil mendapat hasil positif dan sekarang kami bisa berlatih dengan tenang untuk menyiapkan pertandingan selanjutnya,” kata Martinez.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Kedua

Di sisi lain, kemenangan atas Rapid Wien merupakan yang kedua bagi Inter Milan dalam lima laga terakhir. Ya, performa pasukan Luciano Spalletti belakangan kurang bagus.

Inter Milan sempat kalah tiga kali beruntun sebelum menang 1-0 atas Parma pada pekan lalu. Tiga kekalahan itu terjadi masing-masing atas Torino (0-1), Lazio (adu penalti), Bologna (0-1).

Selain Toyota Corolla, Land Cruiser Bakal Menggunakan Mesin Hybrid

Liputan6.com, Jakarta – Toyota Land Cruiser generasi terakhir telah berumur sebelas tahun. Mengingat umurnya sudah cukup panjang, Toyota berencana untuk melahirkan all new Toyota Land Cruiser di Jepang pada tahun mendatang.

Sedangkan versi preview-nya akan dipamerkan saat Tokyo Motor Show akhir Oktober tahun ini.

Menurut Best Car, Land Cruiser 2020 akan mendapatkan chassis baru. Begitu juga dengan mesinnya yang juga baru.

Mesin 5.7L V8 akan diganti oleh mesin twin turbocharger 3.5L V6. Mesin baru itu akan dipadukan dengan transmisi otomatis 10-percepatan yang menggantikan gearbox 8-percepatan.

Menariknya lagi, Land Cruiser 2020 juga akan memiliki versi hybrid.

Sedangkan fitur keselamatannya, ada Toyota Safety Sense. Paket teknologi keselamatan itu termasuk bisa membuat Land Cruiser 2020 mendeteksi pedestrian saat malam hari dan juga bisa meminimalisir kecelakaan.

Selain Land Cruiser, Toyota sebenarnya juga sedang menyiapkan Lexus LX 2020. Toyota pun berusaha untuk membuat kedua SUV itu memiliki perbedaan.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Toyota Corolla Hybrid Meluncur Tahun Depan, Intip Spesifikasinya

Setelah Toyota Camry, rupanya Toyota akan menyematkan sistem hybrid pada Corolla. Toyota Corolla hybrid sebelumnya diperkenalkan pada Los Angeles Auto Show 2018.

Dilansir Caranddriver.com, Toyota Corolla hybrid akan masuk pasar otomotif Amerika Serikat (AS) pada tahun 2020 mendatang. Hal itu tak terlepas dari popularitas sedan tersebut di negeri Paman Sam.






Nantinya, Toyota Corolla hybrid dibekali mesin yang sama dengan Toyota Prius hybrid. Dengan kata lain, mobil itu mengandalkan dapur pacu 4-silinder 1.800cc yang dipadu sepasang motor listrik.

Tentu tenaga yang dihasilkan pun sama seperti Toyota Prius hybrid, mencapai 121 Tk. Jantung penggerak Toyota Corolla hybrid pun dikawinkan dengan penggerak roda depan.

Selain itu, Toyota Corolla hybrid juga dilengkapi 3-mode berkendara, yaitu Normal, Eco, dan Sport. Pembeda antara ketiganya adalah sensitifitas respon mesin terhadap injakan pedal gas.


Dapur pacu ini juga memiliki EV (electric vehicle) mode. Dengan kata lain, Toyota Corolla hybriddapat berjalan hanya dengan motor listriknya saja, layaknya BMW i8 Roadster.

Supaya berbeda dengan versi konvensionalnya, Toyota Corolla hybrid akan dibekali berbagai komponen baru, seperti pelek aluminium 15 inci dan emblem special. Selebihnya, eksterior mobil ini tetap sama.

Selain itu terpasang pula instrumen panel touchscreen 8-inci baru. Layar tersebut memiliki fitur baru untuk memantau pengisian dan kapasitas baterai motor listrik, sistem hybrid, dan eco accelerator guidance.

Sayangnya, masih belum ada bocoran terkait harga Toyota Corolla hybrid. Yang jelas, nominalnya akan jauh lebih besar dibanding versi mesin konvensionalnya lantaran berbagai fitur tambahan tersebut.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta – Saat akan berkendara motor, hal utama agar motor dapat melaju ialah memuntir handle gas. Namun apabila pada saat menarik handle gas terjadi ketidakstabilan seperti motor akan mogok, pasti pengendara akan merasa tak nyaman.

Terlebih bagi anda yang sudah memiliki motor berteknologi injeksi dan kurang mengerti apa penyebab dan cara memperbaiki motor agar nyaman digunakan kembali.

Berikut 6 penyebab gas motor injeksi tidak stabil seperti dilansir Honda Cengkareng, Jumat (15/2/2019).

1. Saringan Udara Tidak Berfungsi

Fungsi utama saringan atau filter udara ialah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu. Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan tidak stabil.

Motor juga akan mendadak mati atau mogok bila filter udara yang kotor tetap digunakan. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan lingkungan yang berdebu dan usia pemakaian. Pastikan pemilik kendaraan sering cek kondisi saringan udara.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Jarak Renggang Busi Tidak Tepat

Busi dengan pengaturan kerenggangan yang sesuai dapat bekerja dengan baik. Ukuran kerenggangan mempengaruhi suhu pengapian busi, sehingga akan berpengaruh terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin.

Memperbesar kerenggangan busi akan menghasilkan percikan api yang lebih besar, sehingga beberapa mesin yang dimodifikasi biasanya bisa lebih maksimal.

Meski demikian, pemasangan busi yang tidak tepat dapat menyebabkan insulator retak sedangkan cara pengencangan busi yang terlalu keras dapat menyebabkan ulir patah. Hal inilah yang menyebabkan tarikan gas tidak stabil pada motor injeksi.

3. Setelan Klep Tidak Sesuai

Penyebab gas tidak stabil dapat juga diakibatkan oleh setelan klep yang tidak sesuai. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan klep atau valve.

Jika setelan klep terlalu rapat tidak sesuai standar, klep akan cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk.

Apabila setelan klep terlalu renggang berarti klep terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada klep masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.

4. Putaran Stasioner Mesin Kurang Dari Standar

Terlihat sepele namun bila diabaikan dapat berakibat tidak baik pada motor khususnya pada tarikan gas. Apabila putaran stasioner terlalu rendah, dapat menyebabkan tarikan gas tidak stabil.

Setelan putaran stasioner kurang dari standar menjadi penyebab utama dari tarikan gas tidak stabil.

5. Terjadi Kerusakan Sensor Injeksi

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar, dengan mengubah partikel-partikel menjadi kabut. Injektor pada sistem PGM-FI bisa menciptakan partikel bahan bakar terhalus di dunia.

Namun bila injektornya kotor akibat mengkonsumsi bensin yang kurang bagus, dapat mempengaruhi kualitas semprotan bensinnya. Efeknya, tarikan gas motor menjadi tidak stabil.

6. Kurang Tekanan Bahan Bakar

Setiap motor Honda injeksi dilengkapi dengan pompa bahan bakar atau fuel pump. Tekanan pada pompa bahan bakar dapat diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan fuel pressure gauge.

Ukuran tekanan bahan bakar ini disesuaikan dengan tipe dari masing-masing sepeda motor itu sendiri. Apabila tekanan bahan bakar kurang dari standar, penyebabnya ialah tarikan gas tidak stabil.



Penantang Toyota Rush dari DFSK Pakai Mesin 1,5 Liter Turbo?

Liputan6.com, Jakarta – Berbagai bocoran di media sosial terkait model baru DFSK, yang bakal diposisikan sebagai ‘adik’ Glory 580 terus bermunculan di media sosial. Setelah tampilan wajah depan yang masih terbungkus kamuflase, kini foto mesin penantang Toyota Rush dan Daihatsu Xenia ini juga terpampang dengan jelas.

Berdasarkan unggahan dari akun instagram @deadanella, sport utility vehicle (SUV) baru DFSK ini bakal menggunakan mesin turbo. Namun, tidak jelas unit berapa liter yang bakal disematkan, karena dalam foto tersebut hanya bertuliskan Euro-SFG Turbo.

“Sama gak ya spek engine nya kayak yg di china ?? 🙄🤔–#suvjamannow #suvmasakini #dfskindonesia,” tulis pemilik akun sebagai caption fotonya, saat dilihat Liputan6.com, Jumat (15/2/2019).

Sementara itu, mencoba mengkonfirmasi kepada Arviane D.B, PR Digital Manager & Marketing DFSK Indonesia, mesinnya memang menggunakan unit berkapasitas 1,5 liter turbo.

Namun, dengan dimensi yang lebih kompak, mobil ini bakal memiliki power yang lebih besar dibanding ‘sang kakak’ Glory 580.

“Sama mesin 1,5 liter turbo, tapi kalau spesifikasi dalemannya belum bisa diinfo saat ini,” jelas wanita yang akrab disapa Ane ini ketika dikonfirmasi Liputan6.com, melalui pesan elektronik.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, sebelumnya memang sempat dibahas terkait model yang bakal berdasarkan Dongfeng S560. Di negara asalnya, mobil ini telah diluncurkan pada November 2017.

Model ini dibekali dua pilihan mesin bensin, berkapasitas 1,5 liter turbo dan 1,8 liter naturally aspirated. Jantung mekanis turbo memberi tenaga 150 Tk, dengan torsi maksimum 220 Nm.

Sedangkan engine 1,8 liter menyuplai daya 139 Tk dan torsi 187 Nm. Kedua mesin, sama seperti yang dimiliki Glory 580.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini: