Jangan Sembarangan, Ini Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Liputan6.com, Jakarta – Meski berada di area tertutup, debu-debu halus tetap bisa masuk melalui celah kecil ke area mesin. Jika dibiarkan, debu akan menumpuk, sehingga mesin tak sedap dipandang karena kotor.

Selain itu, dampak kotoran pada area mesin ternyata mampu membuat kinerja mesin tidak optimal, bahkan rentan merusak komponen kelistrikan.

Meski demikian, membersihkan mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemilik kendaraan harus paham karena adanya beberapa komponen kelistrikan yang rentan korslet, seperti sekring, pin sambungan kabel dan ECU.

Berikut solusi membersihkan mesin yang benar seperti dikutip dari situs resmi Suzuki, Kamis (18/4/2019).

Hal pertama yang harus dilakukan ialah mencari area kelistrikan dalam mobil yang rentan menyebabkan konslet jika terkena air.

Area tersebut harus diamankan dengan dibungkus menggunakan plastik. Agar aman, rekatkan juga lakban atau isolasi.

Setop 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mesin Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Terdapat beragam kebiasaan saat berkendara yang dinilai wajar. Namun, terdapat beberapa kebiasaan yang ternyata memberikan dampak buruk terhadap mesin.

Mungkin, tanpa disadari kebiasaan buruk pun bisa dilakukan. Jika terus-terusan dilakukan, bukan tak mungkin akan merusak mobil. 

Berikut ada lima kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mesin mobil rusak, seperti dikutip dari Cartoq:

1. Asal Tancap Gas

Meskipun ada anggapan mobil modern tak perlu dipanaskan saat pertama kali mesin dinyalakan setiap harinya, ada baiknya untuk tetap memanaskan. Sebab mesin mungkin belum mendapatkan suhu fungsi optimal. 

Jika langsung tancap gas setelah menyalakan mesin, itu bisa menyebabkan keausan pada komponen mesin. 

2. Engine Lugging

Banyak orang yang masih menerapkan engine lugging atau mengemudi dengan kecepatan tinggi pada putaran mesin (rpm) rendah. Ini jelas bisa merusak mesin, apalagi kalau mesin turbo.

Jika Anda tetap melakukan engine lugging, itu artinya memaksa mesin bekerja ekstra. Efeknya, mesin bekerja kurang efisien dan suhu mesin mudah panas. Maka itu turunkan gigi saat putaran mesin turun.

 

Tiongkok Bikin Mesin Pengumpul Sperma, Ini Reaksi Kocak Netizen

Bagaimanapun, video mesin tersebut viral di Twitter dengan banyak netizen bertanya-tanya mengapa harus diciptakan mesin tersebut. Beberapa netizen bingung mengapa seseorang terlalu malu untuk masturbasi di ruangan tertutup di rumah sakit, tapi tak masalah menggunakan mesin dengan vagina pompa.

Menariknya, mesin tersebut dijual secara bebas di Alibaba dalam warna pink dan abu-abu, juga dilengkapi dengan fungsi pelatihan desensitisasi ejakulasi dini.

Di sisi lain, netizen memberikan reaksi beragam terhadap mesin tersebut. Ada yang mengomentari betapa menarik cara kerja mesin tersebut, namun lebih banyak yang mengomentari kalau mereka lebih memilih cara ‘tradisional’ dalam mengumpulkan sperma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Momok dalam memisahkan putih dan kuning telur akan hilang dengan adanya mesin inovatif ini.

Khusus untuk Donor, Perusahaan Ini Ciptakan Mesin Pemerah Sperma

Jakarta – Faktor kenyamanan kerap menjadi kendala bagi donor sperma dalam mengumpulkan donasinya. Sebuah perusahaan di China memahami hal itu dan menciptakan mesin pemerah sperma dengan berbagai keunikannya.

Alat yang dibanderol harga sekitar Rp 91 juta ini berbentuk mesin dengan sebuah corong untuk memasukkan Mr P. Ketinggian alat bisa diatur sesuai kenyamanan, demikian juga gerakannya bisa disesuaikan.

Bagi yang susah terangsang, disediakan pula layar kecil di bagian atasnya. Tidak disebutkan apa fungsinya, tapi kira-kira tahu sendiri lah ya?

Menurut penciptanya, alat ini dirancang untuk mengatasi keengganan para pria menjadi donor sperma. Salah satu alasan mereka enggan menjadi donor adalah ketidaknyamanan mengumpulkan sperma di rumah sakit.

Mesin pemerah spermaMesin pemerah sperma Foto: Reuters

“Rumah sakit umumnya menggunakan masturbasi sebagai metode pengumpulan sperma tanpa memberikan tempat maupun peralatan,” kata Din Guijiang kepada Reuters, dikutip dari The Sun.

The Jiangsu Sanwe Medical Science and Tech Center, perusahaan yang membuatnya, disebut telah menjual sekitar 10 ribu unit alat ini tiap tahun. Pertama kali diperkenalkan pada 2014, kini telah dipasarkan hingga ke Amerika Serikat, Jerman, Russia, dan Prancis.

China sendiri tengah menghadapi kelangkaan donor sperma. Pada 2015, dua klinik disebut menawarkan hadiah seharga iPhone 6s untuk calon donor yang berkenan untuk datang.

(up/up)

Gangguan Mesin, Airbus A330 Cathay Dragon Mendarat Darurat di Taiwan

Taipei – Sebuah pesawat jenis Airbus A330 milik maskapai Cathay Dragon yang terbang ke Hong Kong terpaksa melakukan pendaratan darurat di Taiwan. Penyebabnya, pesawat mengalami ‘masalah teknis’ pada salah satu mesinnya.

Cathay Dragon yang berkantor di Hong Kong ini merupakan anak perusahaan Cathay Pacific. Cathay Dragon yang merupakan maskapai regional ini sebelumnya diketahui bernama Dragonair.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Senin (8/4/2019), pihak Cathay Pacific menyatakan bahwa pesawat Cathay Dragon dengan nomor penerbangan KA451 terpaksa melakukan pendaratan darurat pada Senin (8/4) waktu setempat. Pesawat itu lepas landas dari Kaohsiung, Taiwan dan terbang menuju Hong Kong.

Disebutkan bahwa pesawat Cathay Dragon itu terpaksa melakukan ‘air return‘ atau terbang kembali ke Kaohsiung dan telah mendarat dengan selamat di kota yang ada di Taiwan bagian selatan itu. Namun pihak Cathay Pacific tidak menyebut lebih lanjut soal penyebab pesawat itu mendarat darurat.

Secara terpisah, seorang pejabat Otoritas Penerbangan Sipil Taiwan (CAA) menuturkan kepada AFP bahwa pendaratan darurat disebabkan oleh ‘kegagalan teknis pada salah satu mesin’. CAA juga menyangkal laporan-laporan media yang menyebut pesawat itu ditabrak seekor burung saat mengudara.

Pejabat CAA yang enggan disebut namanya itu menambahkan bahwa penyelidikan secara menyeluruh sedang dilakukan terhadap insiden tersebut.

Laporan lebih detail disampaikan surat kabar lokal, Apple Daily, yang mengutip sejumlah pejabat otoritas penerbangan setempat yang menyebut mesin bagian kanan pada pesawat itu mengeluarkan asap saat proses lepas landas berlangsung. Sejumlah warga setempat dilaporkan mendengar suara ledakan di udara.

Ditambahkan Cathay Pacific dalam pernyataannya bahwa pesawat yang mengalami insiden itu merupakan jenis Airbus A330 dan pengaturan sedang dilakukan agar para penumpang bisa melanjutkan penerbangan dengan pesawat lainnya.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

4 Pesawat Ini Pakai Mesin Motor!

Jakarta – Pesawat dengan menggunakan mesin motor rasanya masih jarang terdengar. Perlu digarisbawahi, saat ini kita tidak sedang membahas jenis Boeing atau Bombardier ya.

Tetapi kita membahas ada beberapa pesawat kecil yang ringan, menggunakan mesin dari motor roda dua, baik dari Honda, Kawasaki, Yamaha, dan BMW. Seperti apa bentuknya? Berikut detikcom kutip dari rideapart.

CGS HawkCGS Hawk Foto: Pool (Rideapart)

1. CGS Hawk dengan mesin Honda GL500 Silver Wing

CGS Hawk menjadi pesawat ultralight tertutup cokcpit pertama yang mencapai landasan pacu pada tahun 1982. Namun pada tahun 2010 seseorang memutuskan untuk menukar mesin dengan Honda GL500 Silver Wing, mesin V-twin 497cc yang digunakan pada awal tahun 80-an.

Pesawat KayuPesawat Kayu Foto: Pool (Rideapart)

2. Pesawat Kayu dengan mesin Kawasaki 400 cc

Hary Doskicz adalah seorang pilot dan mekanik pesawat terbang, karena keahliannya tersebut maka tidak heran bila sedang mengembangkan pesawat kayu yang menggunakan mesin sepeda motor Kawasaki 400 cc dua tak.

“Kami membutuhkan tiga atau empat tahun untuk menyatukannya. Butuh beberapa pengujian terutama untuk mendapatkan kabel yang tepat, dan ada beberapa bagian yang kami tambak untuk memastikan kabelnya tahan. Meskipun [pesawat ini] adalah hal yang sederhana, kita yang bekerja di industri masing-masing membawa kekuatan kita sendiri ke pesawat seperti ini. Ini canggih dengan caranya sendiri. Pesawat bisa menggunakan lebih banyak kekuatan, tetapi sebagaimana adanya, inilah yang seharusnya,” ujar Harry Doskicz kepada Revzilla dikutip detikcom.

Nieuport 12 ReplikaNieuport 12 Replika Foto: Pool (Rideapart)

3. Nieuport 12 Replika dengan Yamaha XV1100

Pada awal 90-an, seorang pria dengan nama Richard Giles membangun replika pesawat tempur Perancis Perang Dunia I, Nieuport 12. Sementara pesawat asli menggunakan 80-hp Le Rhone atau mesin 100-hp, Giles menggunakan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan pesawatnya untuk terbang.

Bangga saat baling-baling pesawat dapat dinyalakan dari mesin V-twin dari Yamaha XV1100, alias Virago. Giles memilih blok ini karena ringan (terbuat dari aluminium).

Replika AlbatrosReplika Albatros Foto: Pool (Rideapart)

4. Replika Albatros L-39 dengan Mesin BMW S 1000 RR

UL-39 Albi merupakan project dari Universitas Teknis Ceko di Praha untuk menguji serat karbon yang digunakan dalam cangkang pesawat.
UL-39 semuanya terbuat dari serat karbon dan beratnya hanya 704 pound. Pesawat terbang ini menggunakan mesin BMW S 1000 R generasi sebelumnya dengan ECU yang disesuaikan.

Motorcyclist menyebut bahwa sebenarnya desainer pesawat mempertimbangkan menggunakan mesin Yamaha R1 tetapi karena pertimbangan, BMW menghasilkan diharapkan rasio power-to-weight yang lebih baik. (riar/lth)


Mesin Berturbo Butuh Perawatan Khusus, Benarkah?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali membuat eksperimen terkait rancang bangun kendaraan di Indonesia. Untuk kali ini, jenama asal Jepang ini membuat modifikasi Daihatsu Ayla turbo, yang merupakan 100 persen hasil pengembangan dari tim research and development (R&D).

Dijelaskan Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, memang jika dilihat dari pasar Negeri Matahari Terbit, Daihatsu telah memiliki banyak model bermesin turbo. Bahkan, teknologi yang mampu menaikan tenaga secara signifikan ini, dipasang di mobil bermesin kecil, seperti Copen.

“Jadi, teknologi turbo bukan suatu teknologi yang baru buat Daihatsu. Tapi itu kan di Jepang, di sini belum ada turbo (produksi di Indonesia),” jelas wanita yang akrab disapa Amel ini, saat berbincang dengan wartawan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/3).

Lanjutnya, perkenalan Daihatus Ayla turbo ini, juga digunakan untuk mengetes pasar. Selain itu, saat ini untuk modifikasi turbo memang sudah banyak dilakukan pecinta roda empat di Tanah Air, namun bagaimana jika turbo ini dikembangkan langsung oleh pabrikan.

“Kalau kami bikin ini, responnya seperti apa. Makanya, nanti kalau yang baca banyak (berita Daihatsu Ayla) dan responnya positif, tidak menutup kemungkinan kami akan jadikan ini sebagai portfolio,” tegas Amel.

Sementara itu, saat ditanyakan, jika teknologi turbo ini memang sudah sempurna, dan siap dicetak massal, apakah bisa diadopsi model selain Daihatsu Ayla?

“Daihatsu selalu membuat model yang sesuai dengan permintaan masyarakat. Kita tidak mau bikin mobil yang asal ada aja, tapi tidak laku. Dan untuk laku, perlu dilakukan survei dan riset. seperti ini adalah bagian dari survei market kita, kalian tulis, terus banyak yang respon, positif, nah itu jadi masukan. Pada waktunya saat indonesia siap kita mau, dan Jepang sudah siap makanya laku (mobil turbo),” tambah Amel.

Jikustik Reunian Jadi Mesin Waktu untuk Pongki Barata

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi, sebagai promotor konser Jikustik Reunian menggandeng Agus Noor sebagai art director.

Seperti yang diketahui, Agus Noor merupakan sutradara handal yang terkenal sukses menggelar berbagai pertunjukan, seperti lakon-lakon di pentas Indonesia Kita. Konsep tata lampu konser ini juga ditangani oleh Yoni Wiyono, yang telah Malang melintang menangani tata lampu konser-konser besar di Indonesia.

“Kami sudah menyiapkan konsep artistik yang dirimu layaknya ruang pertemuan,” ucap Agus Noor.

Sajian visual akan membentuk bermacam ruang dari lagu-lagu yang dibawakan dalam Jikustik Reunian.

Ia mengungkapkan konsep artistik panggung sebagai ruang pertemuan mengesankan konser yang intim. Ruang itu juga menggambarkan ruang pertemuan kembali Jikustik serta ruang dan waktu yang menandai kebersamaan mereka.

(Switzy Sabandar) 

Ramyadjie Priambodo Pelajari Kelemahan Mesin ATM Sejak 2018

Liputan6.com, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Ramyadjie Priambodo sudah sejak 2018 mempelajari mesin ATM yang ditemukan petugas di apartemen milikinya. Ramyadjie ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembobolan mesin ATM melalui atau dengan cara skimming.

“Sejak tahun 2018 ya (pelajari mesin ATM yang ada di kamarnya),” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (20/3).

Mesin ATM tersebut Ramyadjie Priambodo dapat dari seorang temannya. Mesin digunakan untuk mempelajari kelemahan sistemnya. Hal itu ia lakukan juga untuk mempermudah dalam melancarkan aksi.

“Mesin itu untuk dipelajari kelemahannya,” jelasnya.

Sejauh ini, Ramyadjie belum menyebut identitas temannya tersebut. Oleh karena, sampai saat ini polisi masih terus melakukan penyidikan dan penyelidikan atas kasus tersebut.

“Belum mengakui siapa temannya. Masih terus diselidiki,” ujarnya.

Fakta di Balik Ramyadjie Punya Mesin ATM di Kamar yang Bikin Heboh

Jakarta – Pihak kepolisian beberapa hari lalu menangkap Ramyadjie Priambodo yang juga merupakan kerabat keluarga capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Ramyadjie ditangkap karena kasus skimming atau pembobolan ATM. Polisi menyita barang bukti satu unit mesin ATM di rumahnya.

Bagaimana cara memiliki mesin ATM tersebut? Berikut berita selengkapnya: (kil/dna)