Jubir Gedung Putih Ditanyai Soal Dugaan Intervensi Rusia dalam Pilpres AS

Washington DC – Sekretaris Pers yang juga juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengakui dirinya telah ditanyai oleh penyidik pada kantor Penasihat Khusus Robert Mueller. Hal itu menjadi bagian dari penyelidikan dugaan keterkaitan antara tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Rusia.

Diketahui bahwa Mueller hingga kini masih terus menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pilpres AS tahun 2016 yang dimenangkan oleh Trump.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (16/2/2019), pengakuan Sanders soal ditanya penyidik kantor Mueller itu pertama kali dilaporkan oleh CNN pada Jumat (15/2) waktu setempat.

“Presiden mendorong saya, sama seperti yang dia lakukan terhadap semua orang dalam pemerintahan, untuk bekerja sama secara penuh dengan Penasihat Khusus. Saya senang untuk secara sukarela duduk bersama mereka (penyidik-red),” ucap Sanders kepada CNN.
Tidak disebut lebih lanjut oleh Sanders soal kapan dia ditanyai penyidik kantor Mueller. Namun laporan menyebut wanita berusia 36 tahun itu ditanyai pada waktu bersamaan saat penyidik kantor Mueller menanyai John Kelly, yang menjabat Kepala Staf Gedung Putih sebelum mundur pada Desember 2018.

Diketahui bahwa Sanders mulai menjabat sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih sejak Juli 2017. Sebelumnya dia bergabung tim kampanye Trump dalam pilpres 2016 sebagai salah satu penasihat.

Badan-badan intelijen AS menyatakan Rusia mencampuri pilpres tahun 2016 dalam upaya menguntungkan Trump dan merugikan rivalnya, Hillary Clinton, capres dari Partai Demokrat.

Mueller sebagai Penasihat Khusus menghabiskan waktu 20 bulan terakhir untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pilpres 2016 dan dugaan kolusi antara tim kampanye Trump dengan Rusia. Semakin lama penyelidikan Mueller itu semakin memfokuskan pada Trump dan orang-orang dekatnya.

Terlebih diketahui bahwa Mueller juga menyelidiki dugaan yang menyebut Trump berupaya menghalang-halangi penyelidikan kasus ini.

Otoritas Rusia sendiri telah berulang kali menyangkal melakukan intervensi dalam pilpres AS. Sedangkan Trump yang kerap menyebut penyelidikan kantor Mueller sebagai ‘witch hunt‘, telah membantah semua tuduhan.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Selain Joko Driyono, 2 Ketua Umum PSSI Ini Sempat Bermasalah dengan Hukum

Jakarta Sejak mendeklarasikan diri sebagai organisasi sepak bola tertinggi Tanah Air pada 19 April 1930, tercatat 17 figur bercokol sebagai Ketua Umum PSSI. Mulai dari Soeratin Sosrosoegondo hingga yang terkini Joko Driyono yang berstatus caretaker menggantikan Edy Rahmayadi yang mengundurkan diri pada saat kongres tahunan awal 2019 ini.

Sejak pertama kali berdiri PSSI sering mencuatkan banyak kontroversial. Mulai dari keberanian PSSI melakukan perlawanan ke penjajah Belanda dan Jepang, kasus-kasus yang melibatkan Timnas di pentas internasional, hingga kisruh internal organisasi yang tak berkesudahan sejak 2011 silam.

Sebagai organisasi yang memayungi sepak bola, olahraga paling populer di Indonesia, merupakan sesuatu hal yang wajar jika PSSI seringkali mendapat sorotan dari banyak pihak. Di sepanjang sejarahnya mencuat sejumlah figur kontroversial yang duduk di singgasana kepemimpinan PSSI.

Joko Driyono yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pengaturan skor oleh Satgas Antimafia Bola bentukan Mabes Polri bukan orang pertama yang tersandung kasus hukum.

Sebelumnya ada dua orang lainnya Ketua Umum PSSI yang juga harus berurusan dengan pihak berwajib. Mereka bahkan sempat merasakan derita ada di balik jeruji besi.

2 dari 3 halaman

La Nyalla Mattalitti

Selama lima tahun terakhir, nama La Nyalla Mahmud Mattalitti begitu nyaring terdengar di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Ia jadi figur sentral kasus dualisme federasi serta kompetisi dan kini pembekuan PSSI. Daftar sikap kontroversialnya banyak semenjak aktif sebagai pengurus teras di PSSI pada tahun 2011 silam.

Figur pria asal Makassar ini sebetulnya bukan orang baru di dunia sepak bola. Tercatat, ia adalah salah satu pendiri Yayasan Suporter Surabaya (YSS) yang saat ini lebih dikenal dengan Bonek YSS. Bersama enam tokoh suporter lainnya, La Nyalla membidani lahirnya kelompok suporter militan asal Surabaya ini pada 3 November 1994 lalu.

Setelah kelahiran YSS, nama La Nyalla seperti hilang ditelan bumi. Ini tak lepas dari kesibukannya mengurusi bisnis kontraktor yang ia geluti. Karena itu, ia memilih berada di belakang layar dan mempercayakan jalannya yayasan ke mendiang Wastomi Suheri.

Setelah tujuh tahun sejak berdirinya YSS, pada 2011 La Nyalla justru muncul lagi di dunia olahraga sebagai wakil ketua KONI Jatim era kepemimpinan Saifullah Yusuf. Dari sinilah cikal bakal La Nyalla menggeluti organisasi sepak bola.

Ada pun konflik Persebaya dengan PSSI era Nurdin Halid yang membuat La Nyalla terpanggil. Ia bersama pelaku sepak bola di Jawa Timur serta mayoritas klub di provinsi paling timur pulau Jawa itulah yang mendorong La Nyalla melakukan perlawanan terhadap PSSI kala itu. Ia mendirikan PSSI tandingan dengan basis di Surabaya.

Tampaknya, perlawanan yang dilakukan La Nyalla ini mengundang simpati klub-klub di Jawa Timur. Tak heran, di awal 2011 La Nyalla didorong maju dalam pencalonan Ketua Pengurus Provinsi (sekarang Asosiasi Provinsi) PSSI Jatim. Ia pun terpilih sebagai Ketua Pengprov PSSI Jatim.


Ketua Umum PSSI 2011-2015, Djohar Arifin Husin (kiri) berbincang dengan La Nyalla Mattalitti saat Kongres Luar Biasa PSSI 2015 di Surabaya, (18/4/2015). Kongres menetapkan La Nyalla sebagai Ketua Umum PSSI 2015-2019. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)


Perlawanan yang ia lakukan semakin getol. Bersama mayoritas voters, La Nyalla pun terus berupaya melengserkan kepengurusan PSSI era Nurdin Halid. Arus besar yang menghendaki pergantian Ketua Umum PSSI inilah yang kemudian membuat FIFA turun tangan dan membentuk Komite Normalisasi yang bertugas menggelar Kongres PSSI.

Melalui Kongres PSSI pada 9 Juli 2011 La Nyalla terpilih sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Namun, tak lama setelah ia menjabat sebagai anggota Exco PSSI bidang hukum, La Nyalla bersama ketiga anggota Exco lainnya, Toni Aprilani, Roberto Rouw, dan Erwin Budiawan didepak oleh Komite Etik PSSI karena dianggap melanggar kode etik.

La Nyalla pun melawan, ia bersama Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) menggelar KLB di Hotel Mercure Ancol pada 18 Maret 2012. Di forum itu, La Nyalla terpilih sebagai ketua KPSI-PSSI untuk menandingi PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin.

Pada 2013, melalui perjanjian antara KPSI dan PSSI yang dimediasi oleh AFC, pria yang menjabat sebagai ketua ormas Pemuda Pancasila Jatim kembali masuk ke PSSI. Melalui Kongres Luar Biasa PSSI pada 17 Maret 2013, La Nyalla pun terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Setelah masa kepengurusan Djohar selesai, La Nyalla maju sebagai calon Ketua Umum PSSI. Ia pun terpilih sebagai ketua umum PSSI lewat Kongres PSSI pada 17 Maret 2015 di Hotel JW Marriot, Surabaya.

Namun, hanya saat setelah ia terpilih, Menpora Imam Nahrawi menjatuhkan sanksi administratif terhadap kepengurusan PSSI pimpinan La Nyalla. Kegaduhan pun terjadi, roda organisasi yang ia pimpin lumpuh akibat hukuman tersebut.

Selain oleh Kemenpora, status PSSI juga dibekukan sejak bulan Mei 2015 oleh FIFA. Otoritas tertinggi sepak bola dunia tersebut menjatuhkan sanksi ke PSSI karena intervensi pemerintah (Kemenpora). Hal yang dinilai tabu oleh FIFA.

Selama setahun ia terpilih sebagai nakhoda PSSI, kepemimpinan La Nyalla tak berhenti digoyang prahara. Ditekan Kemenpora ia sama sekali tak takut. Hingga saat ini klub-klub anggota belum ada yang berani menggoyang kepengurusannya. 

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Kaamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim. Suara-suara yang menginginkan digelarnya Kongres Luar Biasa PSSI untuk mencari pemimpin baru mulai bermunculan.

Gara-gara huru hara antara pemerintah dengan La Nyalla, FIFA sempat menjatuhkan vonis pembekuan keanggotaan selama setahun lebih. Otoritas tertinggi sepak bola dunia menilai pemerintah Indonesia terlalu ikut campur dalam urusan sepak bola.

La Nyalla Mattalitti, tetap keras hati menolak mundur sekalipun jadi tersangka.  Ia minta publik menghormati proses pengadilan hingga memiliki kekuatan hukum tetap. Ia secara kontroversial menuding Menpora, Imam Nahrawi, menjadi dalang penetapan status tersangka di kasus uang hibah Kadin Jatim.

La Nyalla akhirnya terpingirkan dari PSSI karena terkena penahanan oleh kepolisian. PSSI kemudian menggelar Kongres Luar Biasa dengan memunculkan Edy Rahmayadi sebagai nahkhoda baru.

Dalam persidangan pada 17 Desember 2016, La Nyalla diputus bebas. Walau divonis tak bersalah, kursi kekuasaannya di PSSI hilang.

3 dari 3 halaman

Nurdin Halid

Menggantikan Agum Gumelar, Nurdin Halid terpilih sebagai Ketua Umum PSSI pada Rapat Anggota PSSI di Hotel Indonesia tahun 2003. Ia dikenal sebagai sosok kontroversial karena beberapa kali memimpin organisasi dari balik terali besi penjara.

Pada 16 Juli 2004, pria asal Makassar tersebut ditahan sebagai tersangka dalam kasus penyelundupan gula impor ilegal. Ia kemudian juga ditahan atas dugaan korupsi dalam  distribusi minyak goreng.

Pada tanggal 16 Juni 2005, dia dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan tersebut oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan dibebaskan. Hanya saja putusan itu kemudian dibatalkan Mahkamah Agung pada 13 September 2007. MA memvonis Nurdin dua tahun penjara.

Selanjutnya ia kemudian dituntut dalam kasus yang gula impor pada September 2005, namun dakwaan terhadapnya ditolak majelis hakim pada 15 Desember 2005 karena berita acara pemeriksaan (BAP) perkaranya cacat hukum.

Selain kasus ini, ia juga terlibat kasus pelanggaran kepabeanan impor beras dari Vietnam dan divonis penjara dua tahun 6 bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Agustus 2005. Tanggal 17 Agustus 2006 ia dibebaskan setelah mendapatkan remisi dari pemerintah bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Pada 13 Agustus 2007, Nurdin Halid kembali divonis dua tahun penjara akibat tindak pidana korupsi dalam pengadaan minyak goreng. Berdasarkan standar statuta FIFA, seorang pelaku kriminal tidak boleh menjabat sebagai ketua umum sebuah asosiasi sepak bola nasional.

Nurdin Halid (Liputan6.com/Johan Tallo)

Karena alasan tersebut, Nurdin didesak untuk mundur dari berbagai pihak. Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI), Agum Gumelar (Ketua KONI), dan juga FIFA bersuara kritis ke NH.

FIFA bahkan mengancam untuk menjatuhkan sanksi kepada PSSI jika tidak diselenggarakan pemilihan ulang ketua umum. Namun, Nurdin tetap bersikeras untuk tidak mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Kekuasaannya tidak goyah sekalipun ia mengendalikan organisasi dari penjara.

Kontroversi muncul saat ia merubah statuta PSSI, berkaitan dengan status ketua umum. Statuta yang sebelum berbunyi “harus tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal” (They…, must not have been previously found guilty of a criminal offense) diubah dengan menghapuskan kata “pernah” (have been previously).

 Arti harafiah dari pasal tersebut menjadi “harus tidak sedang dinyatakan bersalah atas suatu tindakan kriminal” (must not found guilty of a criminal offense). Para anggota PSSI menyetujui perubahan tersebut. Posisi Nurdin aman sebagai Ketua Umum PSSI.

Sepanjang masa kepemimpinanya sejumlah kasus mencuat. Mulai dari penghilangan status degradasi kompetisi kasta tertinggi, pelanggaran disiplin di pentas kompetisi, hingga kasus-kasus dugaan pengaturan skor.

Nurdin jadi public enemy pencinta sepak bola Indonesia, karena di saat bersamaan prestasi Timnas Indonesia di berbagai event internasional terpuruk. 

Desakan meminta Nurdin lengser dari PSSI seusai Piala AFF 2010. Pengusaha minyak, Arifin Panigoro, terlibat aktif menggoyang kepengurusan PSSI. Ia menggelontorkan dana besar untuk membiayai pelaksanaan kompetisi tandingan, Liga Primer Indonesia.

Walau begitu pria kelahiran 17 November 1958 tetap percaya diri memimpin PSSI. Ia pun bersama Nirwan Dermawan Bakrie kembali mencalonkan diri dalam bursa pemilihan Ketua Umum PSSI pada 2011. Ia menjegal duet George Toisutta-Arifin Panigoro untuk ikut bersaing. Suporter dari berbagai penjuru Tanah Air turun ke jalan mendemo PSSI.

Untuk mengamankan jabatannya ia menggelar kongres di Kepulauan Riau. Sayangnya kongres berakhir ricuh. FIFA kemudian mengambil keputusan tegas melarang Nurdin Halid, Nirwan Dermawan Bakrie, George Toisutta, Arifin Panigoro, ikut serta dalam pemilihan pemimpin di PSSI. Di sisi lain Menpora, Andi Mallarangeng, juga membekukan status kepengurusan PSSI.

Nurdin secara menyakitkan lengser dari PSSI digantikan oleh Djohar Arifin. Sang mantan manajer klub PSM Makassar dan Pelita Jaya tersebut mengaku trauma. Ia kini memilih tak mau lagi jadi pengurus bola untuk kemudian fokus di Partai Golkar.

Kirim Pesan WhatsApp Bisa Diatur Waktunya, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp saat ini menjadi aplikasi andalan banyak orang untuk berkirim pesan. WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk mengirim teks, gambar, suara, video atau dokumen lain secara gratis hanya dengan sambungan internet.

Namun ada kalanya Anda ingin mengirim pesan-pesan tersebut di waktu tertentu. Pesan tersebut mungkin seperti ucapan ulang tahun, ucapan Tahun Baru, ucapan hari raya dan lain sebagainya.

WhatsApp memang belum memiliki fitur untuk mengatur waktu pengiriman pesannya. Namun banyak aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mengatur waktu pengiriman pesan WhatsApp. Dengan begitu Anda tak perlu lagi cemas jika lupa untuk mengirim pesan penting di waktu yang tepat.

Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Play Store dan Appstore. Aplikasi ini tak hanya mampu mengirim pesan berupa teks, namun juga foto dan video serta dokumen lain. Berikut cara mengatur waktu pengiriman WhatsApp seperti Liputan6.com lansir dari Maketecheasier, Sabtu (16/2/2019).

2 dari 3 halaman

Download Aplikasi SKEDit

Download Aplikasi SKEDit di Play Store atau Appstore ponsel Anda. Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut. Pada langkah awal, Anda diminta untuk Login di aplikasi tersebut. Anda dapat membuat akun untuk dapat login di aplikasi tersebut atau juga dapat login menggunakan akun Facebook Anda.

Tak hanya mengatur waktu pengiriman pesan untuk WhatsApp, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur pengiriman pesan untuk WhatsApp bisnis, SMS, email, menelepon, atau membuat status di Facebook.

Cara Mengatur Pengiriman Pesan WhatsApp

· Setelah berhasil login, Anda akan dibawa ke menu utama (Home). Di sini Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang akan Anda atur waktu pengirimannya.

· Pilih WhatsApp

· Setelah itu tap pada ‘Add WhatsApp Recipient(s)’, maka Anda akan diarahkan langsung ke aplikasi WhatsApp untuk memilih kontak atau grup yang akan dikirimi pesan.

· Pilih grup atau kontak yang akan dikirimi pesan, setelah itu Anda akan otomatis diarahkan kembali pada aplikasi SKEDit.

· Setelah kontak atau grup terpilih, Anda dapat mengetik pesan yang akan dikirimkan. Anda juga dapat mengirim foto, video, suara, atau dokumen lainnya dengan men-attach file tersebut melalui ikon klip di pojok kanan bawah kolom pesan.

· Setelah itu atur waktu pengiriman pada bagian ‘scedhule’. Anda bisa mengatur tanggal dan jam yang diinginkan untuk mengirim pesan.

· Untuk dapat mengirimkan pesan pada waktu tertentu secara otomatis, Anda harus menonaktifkan lockscreen pada ponsel. Selain itu Anda juga harus menonaktifkan pengaturan optimasi baterai di ponsel.

· Setelah semua telah teratur, tap pada ikon centang di pojok kanan atas untuk mulai mengirim pesan WhatsApp pada waktu tertentu.

· Pesan Anda akan terkirim secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Fitur-fitur Unggulan WhatsApp

1. Berkirim pesan sederhana

Dengan WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan ke teman dan keluarga secara gratis. WhatsApp menggunakan koneksi internet telepon untuk mengirim pesan sehingga Anda tak perlu memikirkan tarif SMS.

2. Chat grup

Dengan chat grup, Anda dapat membagikan pesan, foto, dan video kepada 256 orang sekaligus di dalam grup. Anda juga dapat memberi nama grup, membisukan, atau menyesuaikan pemberitahuan, dan masih banyak lagi.

3. Panggilan suara dan video

Dengan panggilan suara, Anda dapat berbicara dengan teman dan keluarga secara gratis, bahkan jika mereka berada di negara lain. Dan dengan panggilan video gratis, Anda dapat melakukan pembicaraan tatap muka saat suara atau teks saja tidak cukup.

Panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon, bukan dengan menit panggilan paket seluler Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan biaya panggilan yang mahal.

4. Whatsapp Web dan Desktop

Dengan WhatsApp di web dan desktop, Anda dapat dengan lancar menyinkronkan semua chat ke komputer agar Anda dapat chat pada perangkat apa pun yang paling nyaman untuk Anda.

Anda dapat mengunduh aplikasi desktop atau kunjungi web.whatsapp.com untuk mulai menggunakan WhatsApp Web.

5. Enkripsi End-To-End

Sebagian momen pribadi Anda dibagikan di WhatsApp, oleh karena itu WhatsApp membangun enkripsi end-to-end ke versi terbaru aplikasinya.

Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan Anda akan diamankan. Jadi hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut. Tidak ada orang lain yang mengetahuinya, bahkan pihak WhatsApp sekalipun.

6. Membagikan dokumen dengan mudah

Anda dapat mengirim PDF, dokumen, spreadsheet, slideshow, dan masih banyak lagi, tanpa repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file.

Anda dapat mengirim dokumen dengan ukuran hingga 100 MB yang akan memudahkan Anda untuk membagikan hal yang perlu dibagikan ke orang yang Anda inginkan.

Eden Hazard di Mata Giroud

Liputan6.com, London – Striker Chelsea, Olivier Giroud, memuji Eden Hazard sebagai pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya. Menurut dia, Hazard memiliki potensi menjadi salah satu pemain terbaik di dunia jika terus tampil konsisten.

Giroud baru saja membantu Chelsea mengalahkan Malmo (2-1) pada leg pertama 32 besar Liga Europa 2018/19, Jumat (15/2) dini hari WIB. Dia mencetak gol kemenangan Chelsea di menit ke-58, meski Malmo sempat membalas satu gol ujung laga.

Gol tersebut seakan-akan menjadi pembuktian Giroud bahwa kemampuannya masih mumpuni. Sebab, sejak kedatangan Gonzalo Higuain, Giroud lebih sering mengisi bangku cadangan. Dia hanya dimainkan di laga-laga yang tak begitu penting.

Menurut Giroud, Hazard adalah pemain terbaik yang pernah satu tim dengan dia. Posisi Giroud memang sempat terancam ketika Maurizio Sarri memainkan Hazard sebagai false nine beberapa waktu lalu, tapi baginya hal itu tidak masalah.

“Pelatih membuat Hazard bermain sebagai nomor 9, yang merugikan striker. Tapi dia adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya,” tegas Giroud di Independent.

“Ada sedikit rasa menyesal dan frustrasi. Publik mengharapkan pencetak gol untuk mencetak gol. Saya adalah pencetak gol terbaik nomor empat di sepak bola Prancis, dan tak ada yang bisa mengambil itu dari saya.”

2 dari 2 halaman

Kemenangan Penting

Lebih lanjut, Giroud mengakui kemenangan Chelsea atas Malmo tersebut sangatlah penting bagi kepercayaan diri skuat Chelsea. Sebelumnya, mereka dihajar Man City dengan setengah lusin gol, skuat Chelsea harus memberikan respons.

“Rasanya bagus bisa menang, ini baik untuk kepercayaan diri kami,” sambung Giroud.

Kini, bermodalkan kemenangan tersebut, Chelsea harus berusaha memberikan permainan terbaik mereka ketika melawan Manchester United di putaran kelima FA Cup, Selasa (19/2) mendatang. Laga itu juga penting untuk menjaga momentum Chelsea jelang final Carabao Cup melawan Man City.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menjadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak?

Liputan6.com, Jakarta – Di era sekarang, pekerjaan tidak melulu mengharuskan Anda pergi ke kantor dan berseragam. Anda bisa menghasilkan uang lewat internet, seperti blogging.

Jika dulu blogging hanya dilihat sebagai hobi di waktu senggang, sekarang blogging dapat dijadikan profesi jika Anda menekuninya dengan serius. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini, dikutip dari Daily Mail (06/02/2019), jika ingin menjadi blogger sukses.

Tidak semua blogger memiliki pengaruh atau influence di khalayak umum. Tipe blogger ini biasanya hanya ngeblog untuk menyalurkan hobi mereka. Namun, semakin banyak pengikut aktif seorang blogger, maka semakin besar juga peluang blogger tersebut untuk mendapatkan banyak uang.

Seperti yang dilakukan blogger lifestyle terkenal Huda Kattan yang menghargai satu postingan di blognya senilai 10 ribu euro atau sekitar Rp. 158 juta. Tentu saja ada yang mau menggunakan jasanya karena ia memiliki pengikut yang banyak.

Namun, aktivitas blogging bukan hanya sebatas mencari uang. Lebih luas lagi, aktivitas ini dapat membantu menyebarkan beragam sudut pandang dan opini pada generasi sosial media. Oleh karenanya, Anda harus tetap berhati-hati saat menulis postingan di blog Anda.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Peralatan Tempur Anda

Alat tempur para blogger paling utama adalah komputer atau laptop dengan koneksi internet. Selain itu, para blogger juga harus menyiapkan beberapa akun untuk membuat blog, seperti akun email dan akun blog.

Anda dapat memilih beberapa provider blog yang Anda rasa nyaman sebagai media berbagi. Beberapa diantaranya ialah WordPress, WIXsite, Blogger, Tumbler dan lainnya.

Jika ingin terlihat profesional, Anda dapat menyewa domain yang harganya berkisar tiap tahunnya. Anda juga bisa membenamkan fitur lain di blog Anda dengan biaya tambahan juga tentunya.

Setelah lapangan Anda telah siap, saatnya tentunya apa permainan yang akan Anda isi di lapangan itu. Anda harus menemukan permainan yang menarik yang akan ditonton banyak orang. Sama seperti blog, siapkan topik menarik yang akan dibaca orang.

Kebanyakan, blogger berbayar fokus pada topik kecantikan dan hiburan. Meskipun begitu, Anda tetap bebas menentukan topik yang Anda minati. Seorang blogger bernama James Prestridge, awalnya membuat blog bertema review film yang begitu ia minati. Saat ini, pembacanya telah melewati angka lebih dari 20.000 pembaca.

Ada juga yang setiap harinya menulis review film sepanjang 800 kata dan diposting ke blognya. Jika ditekuni dengan baik, topik apapun akan dibaca oleh orang. Namun, kami sarankan untuk memilih tema yang diminati banyak orang untuk meningkatkan peluang terbacanya artikel.

3 dari 3 halaman

Promosikan Blog Anda dengan Tepat

Mempromosikan blog tidak jauh berbeda dengan mempromosikan produk jualan. Anda harus meyakinkan calon pembaca Anda bahwa isi blog Anda adalah hal yang mereka butuhkan.

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Snapchat, Anda bisa mengenalkan blog Anda kepada orang lain, dimulai dari teman dan kerabat Anda.

Jika sudah memiliki beberapa pembaca, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui iklan atau sponsor. Jasmine Johnson, blogger travel asal Brixton menyewa space untuk mengiklankan blognya di Instagram, yang kemudian terhubung dengan blognya langsung.

Saat ini, Jasmine mendapatkan bayaran 100 euro per artikel yang ia tulis di blog. Dengan strategi periklanan yang ia gunakan, bukan tidak mungkin jumlah bayarannya akan bertambah besar. Anda dapat menggunakan strategi ini.

Setelah mendapatkan pengunjung blog, Anda harus tetap memperhatikan kualitas artikel Anda. Cek akurasi konten sebelum Anda posting, pastikan artikel Anda mengandung informasi dan hiburan yang dibutuhkan para pembaca.

Tampak Bersih, 10 Benda di Rumah Ini Padahal Harus Rutin Dibersihkan

Liputan6.com, Jakarta Rumah menjadi tempat untuk menghabiskan banyak waktu bersama keluarga atau dengan orang-orang terdekat. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya memberikan perhatian lebih untuk perawatan rumahnya. Hal ini dilakukan pemilik agar selalu mendapat kenyamanan di rumah mereka sendiri.

Namun terlepas dari usaha kamu untuk membersihkan, ternyata rumah itu tidak selalu benar-benar bersih seperti apa yang kamu inginkan. Hal ini karena ada area-area penting di rumah yang ternyata kamu abaikan saat proses bersih-bersih.

Berikut benda-benda di rumah yang tampak bersih tapi harus rutin dibersihkan seperti Liputan6.com lansir dari Boldsky, Jumat (15/2/2019).

2 dari 6 halaman

Barang-barang Elektronik dan Gagang Pintu

1. Barang-barang Elektronik

Pasti kamu memiliki sejumlah barang elektronik di rumah seperti handphone atau keyboard pada komputer. Nah, contoh dua alat elektronik ini pasti sering kamu pinjamkan atau dipakai dengan anggota keluarga lainnya.

Terlihat sepele, namun ternyata kamu juga perlu membersihkan barang-baramg elektronik yang sering digunakan bergantian ini, lho. Mengapa? Karena hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dari satu anggota ke anggota keluarga lainnya. Kamu bisa membersihkannya dengan lap basah disinfektan yang dilakukan setiap seminggu sekali.

2. Gagang Pintu

Benda satu ini hampir disentuh oleh semua anggota keluarga maupun orang lain di rumah. Benda inilah merupakan salah satu sarang kuman dan bisa menyebar. Oleh karena itu, kamu perlu secara rutin untuk membersihkan gagang pintu.

Kamu bisa coba membersihkannya dengan disinfektan setiap tiga atau empat hari. Hal ini berlaku juga pada gagang lainnya seperti gagang lemari es dan lain sebagainya. Membersihkannya secara rutin juga dapat menghindari kamu dari penyebaran kuman di dalam rumah.

3 dari 6 halaman

Remot dan Tempat Cuci Piring

3. Remot

Benda ini juga menjadi langgangan bergilir berpindah dari tangan satu ke tangan yang lain. Menyebabkan benda ini menjadi tempat penyebaran kuman. Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan pembersihan secara rutin setidaknya sebulan sekali.

Caranya, lepas baterai remot terlebih dahulu. Kemudian ambil kain lembut dan semprotkan dengan tetasan larutan pembersih ke seluruh badan remot. Selain itu, bersihkan bagian-bagian lainnya yang terdapat noda. Setelah bersih semua, keringkan dan masukkan kembali baterai remot.

4. Tempat Cuci Piring

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya. Tempat mencuci piring juga perlu kamu bersihkan secara rutin. Kamu perlu membersihkan kran terlebih dahulu. Setelah itu kamu bersihkan seluruh bagian tempat cuci piring.

Caranya, taburkan secangkir soda kue ke seluruh bagian tempat mencuci piring, tak terkecuali dengan lubang saluran airnya. Setelah itu, sikat setiap bagiannya dan siram dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Filter Udara dan Spons

5. Filter Udara

Kalau rumah kamu menggunakan filter udara, pastikan kamu juga menggantinya setiap 30 hingga 60 hari. Kalau kamu tidak membersihkan penyaring atau filter udara ini, maka benda itu akan menjadi sarang kuman dan bisa membawa sejumlah penyakit ke dalam keluargamu.

6. Spons

Biasanya, spons digunakan untuk mencuci piring atau mencuci kendaraan. Tak perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk menjaga agar benda ini selalu steril, kamu bisa membersihkannya dengan rutin. Kamu bisa membersihkannya dengan air dan dimasukkan ke dalam microwave. Diamkan spons di dalam microwave sekitar dua menit. Hal ini akan membunuh sekitar 99 persen kuman.

5 dari 6 halaman

Eksterior Toilet dan Saklar

7. Eksterior Toilet

Memberihkan bagian dalam toilet memang harus dilakukan secara rutin. Namun jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luarnya. Bagian luar toilet dapat menjadi sama kotornya dengan bagian lainnya..

Pastikan kamu juga harus membersihkan dudukan, tutup, dan area luar toilet lainnya. Gunakan pembersih disinfektan untuk membersihkan pegangan flush, karena ini merupakan tempat bersarangnya kuman juga.

8. Saklar

Sama seperti pegangan pintu, saklar juga menjadi pusat untuk dipegang oleh semua anggota keluarga bahkan orang lain. Ini membuat saklar menjadi tempat bersarangnya kuman.

Kamu perlu membersihkannya dengan menggunakan lap dan disinfektan. Pastikan kamu melakukannya setidaknya seminggu sekali.

6 dari 6 halaman

Saluran Wastafel dan Wadah Garam

9. Saluran Wastafel

Tak jarang kamu membuang berbagai sisa makanan ke lubang atau saluran wastafel. Hal ini menyebabkan wastafel menghasilkan kuman dan bau. Untuk menghindarinya, kamu perlu mengeringkan saluran setiap dua minggu sekali.

Caranya, alirkan air dan masukkan potongan es batu. Hal ini akan bantu untuk membersihkan saluran pembuangannya. Atau, kamu juga bisa memasukkan kapur kecil ke dalamnya. Setelah itu berikan beberapa tetes perasan lemon agar kuman menghilang dan agar wastafel tetap segar.

10. Wadah Garam dan Merica

Benda satu ini juga menjadi tempat yang menyimpan banyak kuman penyebab flu dan cenderung berkembang di rumah. Tenang, cukup mudah untuk membersihkan bagian ini.

Pastikan kamu menyeka tutup garam dan merica setiap malam sambil membersihkan meja makan. Perlu juga untuk mengosongkan isinya setiap beberapa bulan sekali dan rendam wadah ke dalam air panas yang dicampurkan dengan beberapa tetes disinfektan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih dan keringkan.

Fabio Capello Larang Juventus Boyong Matthijs De Ligt

Liputan6.com, Turin – Ketertarikan Juventus terhadap bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt sudah menjadi rahasia umum. Namun, Fabio Capello menyarankan mantan klubnya untuk tidak merekrut pemain asal Belanda tersebut.

Sosok yang pernah membela dan melatih Juventus itu punya pertimbangan berdasar pengalaman. Dia mengaku tidak percaya terhadap bek dari Negeri Kincir Angin.

Capello menilai Juventus seharusnya mendahulukan produk Italia untuk mengisi sektor tersebut. “Saya tidak pernah suka bek Belanda. Mereka tidak punya kualitas sama seperti bek Italia,” ungkapnya, dikutip Calciomercato.

La Vecchia Signora siap bersaing dengan Barcelona dan Paris-Saint Germain demi mendatangkan De Ligt. Fabio Paratici bahkan memantaunya langsung saat Ajax menghadapi Real Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2/2019).

Direktur Olahraga Juventus itu mencari darah segar untuk menggantikan Daniele Bonera (37 tahun), Giorgio Chiellini (34 tahun), dan Leonardo Bonucci (31 tahun).

2 dari 3 halaman

Alasan Capello

Capello punya dasar berdasar pengalamannya. Menangani Juventus, AC Milan, AS Roma, dan Real Madrid, dia kerap mempercayakan lini belakang ke pemain Italia.

Sosok yang juga pernah melatih Timnas Inggris dan Rusia itu bahkan mendatangkan Fabio Cannavaro Estadio Santiago Bernabeu pada 2006 agar pertahanan Real Madrid tidak mudah ditembus.

3 dari 3 halaman

Talenta Berbakat

Reputasi De Ligt meningkat setelah menembus tim utama Ajax pada musim lalu. Baru berusia 19 tahun, dia kemudian dipercaya menjadi kapten klub dan diandalkan timnas.

Kampanye di Jatim, Sandi Sempatkan Besuk Ahmad Dhani

Sidoarjo – 10 Hari menginap di Rutan Medaeng karena kasus ‘idiot’ pencemaran nama baik, Ahmad Dhani Prasetyo mendapat kunjungan dari Sandiaga Uno.

Cawapres nomor urut 02 itu tiba di Rutan Medaeng sekitar pukul 09.40 WIB, Sabtu (16/2/2019).

Dengan memakai kaus warna biru dan bercelana krem, Sandi juga menyapa pengunjung rutan. Sesekali Sandi menerima ajak swafoto dari pengunjung.
Saat ditanya terkait kunjungannya di tengah kesibukan berkampanye di Jatim, Sandi hanya tersenyum kepada wartawan.
“Nanti saja mas setelah keluar besuk,” kata Sandi kepada wartawan usai turun dari mobil, Jumat (16/2/2019).

Dari pantauan detikcom, para pengunjung juga terlihat mengapresiasi kedatangan Sandi. Mereka menyebut-nyebut nama cawapres Prabowo tersebut.

“Mas Sandi..Mas Sandi,” teriak pengunjung yang disambut lambaian tangan Sandi.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Henhen, Bintang Muda Persib Awali Karier dengan Sepatu Buatan Sendiri

Liputan6.com, Bandung – Bintang muda Persib Bandung, Henhen Herdiana, bercerita tentang perjalanan awal karier sepak bolanya. Bek kanan ini menuturkan, dia mengawali karier dengan penuh perjuangan.

Henhen, 23 tahun, bahkan harus memulai karier dengan sepatu sepak bola buatannya sendiri.

“Saat SD, mungkin kelas 6 atau 5 ada sepatu kulit, saya ganti bawahnya. Bagian bawah sepatu saya beli dan dilem kemudian dijahit sendiri. Kuat juga, lama terpakai walau kurang nyaman,” kata Henhen di situs resmi Persib.

Henhen menuturkan, keluarganya memang hidup sederhana. Maka itu, membeli sepatu bola pun menjadi hal yang susah, lantaran untuk keperluan sehari-hari pun mereka harus berjuang.

Cukup lama, Henhen, yang jebolan akademi sepak bola Persib, mengenakan sepatu buatannya sendiri itu. Bahkan, saat bergabung dengan sebuah sepak bola, dia pun masih mengenakannya.

2 dari 3 halaman

Sepatu Bola Pertama

Sampai akhirnya, sang ayah membelikannya sebuah sepatu baru. Ketika itu, kebetulan sang ayah punya rezeki, dan membelikan Henhen sepatu bola pertamanya. Harganya, Rp 200 ribu.

Henhen pun senang bukan kepalang, sepatu itu terus dia pakai hingga hancur.”Sepatu sampai jebol. Saya masih pakai sepatu itu sampai rusak. Sampai sekarang saya pakai sepatu merek yang sama,” ungkap Henhen.

3 dari 3 halaman

Bersyukur

Maka itu, saat ini, Henhen menyebut dirinya sangat bersyukur karena masa-masa sulit itu sudah dia lalui. Dia pun mengambil banyak hikmah dari pengalamannya di masa lalu.

Kini, Henhen mengaku lebih peduli terhadap sepatu.

Kenangan-kenangan masa lalu tersebut, kata Henhen selalu memotivasinya, sebelum akhirnya dia bergabung dengan Persib.

Berburu BMW Baru Bisa Tukar Tambah di Dealer Resmi

Liputan6.com, Jakarta Teknologi mesin pada kendaraan roda empat dan dua semakin hari semakin berkembang. Beragam inovasi baru serta fitur canggih yang terdapat pada kendaraan baru, membuat konsumen memilih untuk mengganti kendaraannya dengan yang lebih baru.

Namun, beberapa konsumen masih bingung bagaimana menjual kendaraan lama yang sudah tidak digunakan dengan harga yang layak.

Menanggapi hal ini, BMW Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya memfasilitasi konsumen yang ingin mengganti kendaraan mereka dengan kendaraan yang lebih baru, dengan memberikan service facility yang diberi nama BMW Premium Selection.

“Semua dealer BMW memiliki BMW Premium Selection seperti yang saya bilang, dan untuk trade in brand selain BMW akan ada dealer rekanan yang pastinya resmi,” kata Jodie O’tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jumat (15/02/19).

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Jodie menjelaskan, kebijakan terkait usia kendaraan yang hendak dijual melalui dealer resmi, maksimal berusia 7 tahun.

“Skema sudah sangat jelas, usia kendaraan berapa, kondisi kendaraan tentunya akan dicek dengan lengkap. Untuk dealer Astra usia kendaraan bisa sampai 7 tahun. Jadi memang kalau usia kembali lagi ke dealer masing-masing,” ujar Jodie.

Untuk mempermudah konsumen, seluruh dealer BMW diakui Jodie memfasilitasi sistem trade in kendaraan. “Untuk setiap dealer memang ada showroom sendiri (mobil bekas BMW). Bisa di semua dealer resmi BMW,” tutur Jodie.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: