Top 3 News: Liburan Romantis Ala Ahok dan Puput Nastiti Devi di Jeju Korea

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 news hari ini mengungkap sejumlah momen romantis seorang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Puput Nastiti Devi di Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. 

Lewat akun Instagram @sanggarguna dan @basuki_btp_lovers, sejumlah foto-foto kebersamaan keduanya tersebar luas di media sosial. Tak sedikit warganet yang dibuat baper karenanya.

Belakangan diketahui, momen romantis itu dilakukan Ahok dan Puput di Pulau Jeju Korea Selatan. 

Sementara itu, sebuah granat aktif meledak di permukiman warga di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 14 Februari 2019. Dua orang bocah meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Sementara, satu orang lainnya kini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD Leuwiliang.

Berawal dari tiga orang bocah belasan tahun yang menemukan sebuah kaleng susu di area lapangan dan membawanya pulang. Kaleng tersebut sempat dibuang orangtua dari salah satu anak, namun kembali diambil untuk dimainkan bersama kedua temannya.

Tanpa tahu jika isi kaleng tersebut berisi granat aktif, Muhammad Ibnu Mubarok (11), Muhammad Doni (11) dan Khoirul Islami (10), memukul kaleng susu tersebut menggunakan batu hingga terjadi ledakan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 15 Februari 2019:

2 dari 5 halaman

1. 3 Pose Ahok Puput di Hari Valentine yang Bikin Baper Netizen

Seiring rencana pernikahan keduanya yang disebut segera digelar, Ahok dan Puput belum lama ini menunjukkan beberapa momen kemesraan di Hari Kasih Sayang, Kamis, 14 Februari kemarin. Tak terlihat lagi rasa canggung di antara kedunya.

Baik Ahok dan Puput nampak kompak dalam balutan baju serba hitam dengan latar belakang hamparan bunga kuning dan laut biru di kejauhan.

Dalam foto yang diposting oleh @sanggarguna di akun Instagramnya, terlihat Ahok merangkul pinggang Puput dengan erat sambil duduk dengan latar pemandangan alam yang indah.

Selain disuguhkan dengan panorama alam, hamparan bunga kuning dan lautan lepas di belakang semakin menambah keromantisan yang terjalin antara Ahok dan mantan ajudan Veronica Tan ini.


Selengkapnya…

3 dari 5 halaman

2. 5 Fakta 2 Bocah di Bogor Tewas Akibat Ledakan Granat Kaleng Susu

Sebuah granat aktif meledak di permukiman warga, tepatnya di Kampung Wangun Jaya RT 02/06, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua bocah tewas dalam kejadian tersebut.

Cerita berawal saat tiga orang bocah tengah asyik bermain di sekitar lapangan tembak yang berada di kampung sebelah. Di sana mereka menemukan sebuah kaleng susu yang belakangan isinya ternyata granat aktif. 

Meski sang ibu telah membuangnya, salah satu korban kembali mengambil kaleng susu tersebut dan memainkannya. Ketiganya memukul-mukul kaleng berisi granat itu dengan menggunakan batu hingga terjadi ledakan.


Selengkapnya…

4 dari 5 halaman

3. Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

From zero to hero mungkin predikat ini sangat pas disematkan untuk sosok Achmad Zaky, sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia, yaitu Bukalapak. 

Sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan pada pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, 32 tahun lalu ini?

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Semasa kuliah, pria berkaca mata ini berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya.


Selengkapnya… 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Putri Pertamina Segel Satu Tempat di Grand Final Proliga

Liputan6.com, Malang – Tim putri Jakarta Pertamina Energi sudah memastikan satu tempat di grand final Proliga 2019 usai mengalahkan Jakarta BNI 46. Tim asuhan Muhammad Anshori itu menang dengan skor 3-1 (25-16, 25-15, 23-25, 25-10) dalam laga putaran kedua final four di GOR Ken Arok Malang, Jawa Timur, Jumat (15/2/2019) malam WIB.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa bermain enjoy. Cuma tadi di set ketiga agak turun karena anak-anak terlalu yakin. Tapi di set keempat kita naik lagi, kita langsung menekan dari receive, blok, defense, akhirnya kita bisa,” ucap Anshori usai laga.

“Dan tim pertama yang memastikan ke grand final (Proliga) itu JPE. Jadi ini kita mengulang empat tahun berturut-turut kita ke final dan mudah-mudahan nanti mereka bisa bermain lebih lepas lagi.”

Meski sudah memastikan lolos ke grand final, Ansori mengatakan akan tetap menurunkan tim terbaiknya di dua pertandingan sisa. “Kita tetap fight untuk besok. Karena di situ juga ada bonus untuk anak-anak, itu penyemangat. Kita tetap ingin memberikan yang terbaik untuk penonton, insya Allah juga untuk putaran final four, supaya pemain asing juga ikut merasakan kebahagiaannya,” ucapnya.

Kalau masalah bonus, Insya Allah bonusnya 10 kali lipat dari waktu di putaran kedua (Proliga),” tambah Anshori.

2 dari 3 halaman

Tidak Sesuai Harapan

Pelatih Jakarta BNI 46 Risco Herlambang mengaku hasil melawan Pertamina Energi tidak sesuai dengan harapannya. Sebab, ia berharap Tri Retno Mutiara mampu mencuri poin untuk bisa mengamankan diri menuju grand final.

“Tak sesuai harapan. Kalau saya lihat hari ini sangat jelek, terutama di pertahanan, receive, defense, apalagi di blok,” paparnya.

“Saya juga tidak mengerti, tapi ini bukan berarti habis. Besok masih ada peluang. Kalau misal nanti dua pertandingan kita bisa mengambil, kita masuk,” kata Risco.

3 dari 3 halaman

Wajib Menang

Putri Jakarta BNI 46 selanjutnya akan menghadapi Jakarta PGN Popsivo Polwan. Pada putaran pertama final four, BNI 46 kalah dengan skor 1-3.

“Kalau ingin bisa ke final, harus menang. Sekarang kita bukan lagi berbicara masalah teknik, tetapi kita lebih ke mempersiapkan mental anak-anak, motivasi, dan tentu tetap fight,” tuntasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Politik Teletubbies Ala Sandiaga

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno kembali mendengungkan ‘Politik Teletubbies’. Sandiaga pernah menggaungkan ‘Politik Teletubbies’ ini setelah momen pelukan dua capres Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

‘Politik Teletubbies’ juga tercermin saat Sandiaga berpelukan dengan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir bertemu. Sandiaga dan Erick yang dikenal bersahabat sejak lama harus pisah jalan karena berbeda pilihan politik.

Jokowi dan Prabowo pelukan merayakan raihan emas pesilat Indonesia di ajang Asian Games 2018.Jokowi dan Prabowo pelukan merayakan raihan emas pesilat Indonesia di ajang Asian Games 2018. Foto: Antara Foto

Kini, Sandiaga memperkenalkan ‘Politik Teletubbies’ kepada warga Bojonegoro, Jawa Timur. Berawal dari peristiwa mobil Sandiaga yang berhenti mendadak di Jalan Rajawali, Bojonegoro.

Sandiaga menghampiri warga yang menyambutnya dengan membawa poster dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Tidak hanya memegang poster dukungan untuk lawan, mereka juga meneriakkan Calon Presiden nomor urut 01, Jokowi.

Sandiaga mengalungkan serban putih ke warga Bojonegoro yang membawa poster dukungan untuk Jokowi.Sandiaga mengalungkan serban putih ke warga Bojonegoro yang membawa poster dukungan untuk Jokowi. Foto: Ainur Rofiq

Tanpa banyak basa-basi Sandiaga lalu menyalami mereka yang berjumlah sekitar 10 orang. Bahkan, Sandiaga sempat mengalungkan serban berwarna putih ke salah seorang dari mereka.

“Terima kasih, terima kasih,” kata Sandiaga di lokasi, Jumat (15/2/2019).

Warga yang diberi serban itu kemudian mengikatkan kain tersebut di kepalanya. Mantan Wagub DKI Jakarta itu kemudian kembali ke mobil sembari melambaikan tangan.

“Kampanye itu harus mempersatukan, bukan memecah belah, kita buat ‘Politik Teletubbies’, politik berpelukan. Yuk kita bikin Pilpres ini pesta demokrasi yang menggembirakan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga sebelumnya berharap ‘Politik Teletubbies’ bisa menurunkan tensi politik. Cawapres nomor urut 02 itu ingin masing-masing pasangan tidak menggunakan kampanye yang menjatuhkan dan diharap bisa saling berpelukan seperti serial kartun ‘Teletubbies’.

“Saya sampaikan, Pak Prabowo dan saya menyatakan kampanye harus sejuk, harus berpelukan, Teletubbies Effect. Janganlah demokrasi yang menjatuhkan, sikut menyikut di medsos, di mana-mana. Saya sama Pak Prabowo sangat menghormati Pak Presiden dan Kiai Ma’ruf,” kata Sandiaga dalam diskusi bersama Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Bogor, Jumat (14/9/2018).

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(zak/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tepis Isu Bertengkar, Al Ghazali Ngaku Masih Cinta Alyssa Daguise

Liputan6.com, Jakarta – Al Ghazali diisukan bertengakar hebat dengan kekasihnya, Alyssa Daguise. Gosip ini mencuat setelah beredar video pertengkaran keduanya di akun gosip Instagram.

Dalam video tersebut, seorang remaja mirip Al Ghazali terlihat keluar mobil dan mendorong seorang wanita mirip Alyssa Daguise.

Namun melalui Instagramnya, Al Ghazali memperlihatkan kemesraan dengan sang pacar. Foto tersebut seolah ingin menunjukkan bahwa hubungan keduanya masih terjalin dengan baik.

I still fall for you everyday,” tulis Al Gahzali sebagai keterangan fotonya di Instagram, Jumat (15/2/2019).

2 dari 3 halaman

Romantisme

Dalam unggahan itu, Al Ghazali tampak merangkul Alyssa Daguise dengan hangat. Keduanya juga memperlihatkan senyuman ke kamera.

Di kolom komentar, warganet pun menasihati Al Ghazali. “Ganteng banget…tangannya digunakan untuk melindungi wanita ya al..bukan untuk menyakiti..sayangi wanita mu,” kata @yara_enterprise.

Please jgn dorong2 perempuan. Bahkan k2 ortunya aja ga pernah kasarin anaknya,” tambah @abelliafrans.

3 dari 3 halaman

Anniversary

Belum lama ini, Al dan Alyssa memang sempat pergi liburan ke Bali untuk merayakan anniversary pacaran mereka yang ketiga tahun. Kebersamaan itu sempat dibagikan keduanya di akun Instagram.

Saat berada di Pulau Dewata merayakan momen yang spesial, Al dan Alyssa sempat jalan-jalan sampai foto bareng gajah. Selain itu, tentu keduanya juga merayakan kebersamaan dengan makan malam romantis.

Rapid Wina vs Inter Milan: Handanovic Semringah Jadi Kapten

Liputan6.com, Milan – Samir Handanovic baru saja ditahbiskan sebagai kapten baru Inter Milan. Dengan jabatan barunya, kiper berusia 34 tahun ini membantu Inter Milan menang tipis 1-0 atas tuan rumah Rapid Wien dalam lanjutan Liga Europa, Jumat (15/2/2019) dinihari WIB.

“Setiap pemain bangga menjadi kapten dari klub besar, tetapi kita sedang membicarakan Inter Milan, bukan personal,” kata Handanovic seperti dilansir Football Italia.

Seperti diketahui, Inter Milan baru saja mencopot jabatan kapten dari Mauro Icardi. Tidak jelas apa alasan di balik keputusan tersebut.

Namun publik menduga, ini ada kaitannya dengan Icardi yang belum juga memperpanjang kontrak. Di saat yang sama, striker asal Argentina ini terus dikaitkan dengan sejumlah klub besar lain seperti Real Madrid.

Inter Milan pun mengambil sikap dengan mencopot ban kapten dari lengan Icardi. Nerrazuri -julukan Inter Milan- akhirnya memilih Handanovic sebagai kapten baru.

2 dari 3 halaman

Hasil Bagus

Terkait pertandingan, Handanovic menilai hasil 1-0 yang dicetak lewat penalti Lautaro Martinez sudah bagus. Pasalnya, Rapid Wien juga memiliki kesempatan untuk membobol gawang Inter Milan.

Namun Inter beruntung memiliki Handanovic yang berhasil mematahkan beberapa peluang. “Untuk itulah saya di sini. Jelas, saya tak ingin membuat banyak penyelamatan, tetapi jika saya di butuhkan saya selalu ada,” kata Handanovic.

“Saya kira, menang 1-0 sudah merupakan hasil bagus, karena pertahanan dimulai dari penyerangan. Jadi setiap pemain berusaha. Sangat penting untuk tidak kebobolan lagi,” ujar Handanovic mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Kedua

Di sisi lain, kemenangan atas Rapid Wien merupakan yang kedua bagi Inter Milan dalam lima laga terakhir. Ya, performa pasukan Luciano Spalletti belakangan kurang bagus.

Inter Milan sempat kalah tiga kali beruntun sebelum menang 1-0 atas Parma pada pekan lalu. Tiga kekalahan itu terjadi masing-masing atas Torino (0-1), Lazio (adu penalti), Bologna (0-1).

Rapid Wina vs Inter Milan: Lautaro Martinez Ingin Jadi Mesin Gol Nerrazuri

Liputan6.com, Milan – Lautaro Martinez menjadi bintang dalam laga Rapid Wien vs Inter Milan di babak 32 besar Liga Europa, Jumat (15/2/2019) dini hari WIB. Gol penalti Martinez membuat Inter Milan menang 1-0.

Ini merupakan gol keempat Martinez sejak bergabung dengan Inter dari Racing Club pada awal musim ini. Ia pun ingin terus menjadi mesin gol bagi Nerrazuri -julukan Inter Milan.

“Striker selalu butuh mencetak gol. Saya ingin terus seperti ini, yang mana itu butuh kerja keras dan totalitas,” ujar Martinez seperti dilansir situs resmi klub.

Inter Milan bertandang ke markas Rapid Wien dengan masalah internal. Ya, mereka baru saja mencopot ban kapten dari Mauro Icardi dan menyerahkannya ke Samir Handanovic.

Kiper asal Slovenia itu pun memulai debutnya sebagai kapten Inter pada laga dini hari tadi. Icardi sendiri sebetulnya ada di dalam tim, namun rumor yang beredar menyebut ia menolak bermain.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti akhirnya mengandalkan Martinez sebagai ujung tombak. Keputusan ini tidak sia-sia lantaran aksi Martinez membuahkan penalti bagi Inter di menit 38.

2 dari 3 halaman

Lebih Tenang

Martinez menilai kemenangan ini membuat atmosfer di ruang ganti Inter kondusif. Menurutnya, semua anggota tim menjadi fokus untuk menghadapi laga selanjutnya.

“Kami berhasil mendapat hasil positif dan sekarang kami bisa berlatih dengan tenang untuk menyiapkan pertandingan selanjutnya,” kata Martinez.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Kedua

Di sisi lain, kemenangan atas Rapid Wien merupakan yang kedua bagi Inter Milan dalam lima laga terakhir. Ya, performa pasukan Luciano Spalletti belakangan kurang bagus.

Inter Milan sempat kalah tiga kali beruntun sebelum menang 1-0 atas Parma pada pekan lalu. Tiga kekalahan itu terjadi masing-masing atas Torino (0-1), Lazio (adu penalti), Bologna (0-1).

Defisit Neraca Perdagangan Januari 2019 Terparah Sejak 2014

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2019 mengalami defisit sebesar USD 1,16 miliar. Defisit ini menjadi yang terparah sejak 2014, untuk periode yang sama.

Pada Januari 2014, neraca perdagangan mengalami defisit USD 443,9 juta, Januari 2015 surplus USD 632,3 juta, Januari 2016 surplus USD 114 juta, Januari 2017 surplus USD 1,4 miliar dan pada Januari 2018 defisit sebesar USD 680 juta.

“Saya punya data (Januari) sampai 2014. Januari ini (2019) defisit paling besar, iya,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Dia menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan defisit neraca perdagangan di Januari 2019 ini begitu besar, salah satunya soal harga komoditas di pasar internasional yang turun seperti untuk CPO. Akibatnya, meski secara volume ekspornya naik, namun secara nilai mengalami penurunan.

“Kalau saya lihatnya berbagai kombinasi tadi. saya sampaikan tadi dari sisi volume beberapa komoditas kita masih bagus. Batubara masih naik, CPO naik tapi karena harganya turunnya jauh, ini jadi tantangan besar buat CPO kita,” kata dia.

Selain itu, juga terjadi penurunan harga karet dunia. Hal ini membuat nilai ekspor komoditas tersebut juga turun.

“Kalau saya akan begitu ya (karena faktor global). Karet juga jeblok ya. Karena itu pemerintah buat berbagai kebijakan, kita sadar ekspor kita terlalu basis komoditas. Sehingga berbasiskan komoditas kita jadi kurang. Karena itu harus industri pengolahan (di dalam negeri), kuncinya disana,” tandas dia.

2 dari 3 halaman

Defisit Neraca Dagang di Januari 2019 Capai USD 1,16 Miliar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit USD 1,16 miliar pada Januari 2019.

Defisit neraca dagang tersebut salah satunya disebabkan oleh turunnya ekspor Indonesia di awal tahun.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada Januari 2019, total ekspor Indonesia sebesar USD 13,87 miliar. Angka ini turun 4,74 persen dibandingkan Januari 2018 yang sebesar USD 14,55 miliar dan Desember 2018 yang sebesar USD 14,33 miliar. 


Sementara untuk impor, pada Januari 2019 tercatat sebesar USD 15,03 miliar. Angka ini juga turun 2,19 persen dibandingkan Desember 2018.

“Maka necara perdagangan pada Januari 2019 mengalami defisit sebesar USD 1,16 miliar,” ujar dia di Kantor BPS Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Suhariyanto menyatakan, defisit neraca dagang pada Januari 2019 ini sedikit meningkat dibandingkan dengan defisit pada Desember 2018 yang sebesar USD 1,03 miliar.

“Defisit di Januari 2019 ini disebabkan oleh defisit migas sebesar USD 454 juta dan juga defisit nonmigas sebesar USD 704 juta,” kata dia.

Selain itu, menurut dia, d‎ari Desember 2018 ke Januari 2019, harga beberapa komoditas nomigas mengalami kenaikan, tapi ada juga yang menurun.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Momen Indah ‘Tawuran’ Emak-Emak Beda Dukungan Politik Ini Bikin Adem Seketika

Liputan6.com, Jakarta – Tinggal beberapa minggu lagi, Indonesia akan merayakan pesta demokrasi serentak. Ya, tanggal 17 April 2019 akan dilaksanakan Pemilihan Umum serentak yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan juga Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg). 

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa santun dan guyub. Sikap seperti itulah yang mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman di Bumi Nusantara. Apalagi demokrasi Indonesia saat ini sudah berkembang dengan baik.

Ajang pemilihan umum ini bisa menjadi wahana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa meski berbeda pilihan politik. Jangan sampai pemilu ini dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang ingin memecah belah bangsa.

2 dari 3 halaman

Momen Indah yang Langka

[embedded content]

Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial, pertemuan tidak sengaja antara pendukung Pasangan Calon Nomor 1 dan Nomor 2. dalam video tersebut tampak keseruan dan momen indah dari pendukung kedua paslon seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka.com, Jumat (15/2/2019).

Koalisi Perempuan Tangguh Pilih Jokowi-Amin (Pertiwi) mengadakan acara temu relawan di Pondok Indah Mall 1, Jakarta, Rabu (13/2/2019) kemarin. Menariknya, dalam acara konsolidasi itu secara tidak sengaja pendukung Jokowi itu bertemu dengan relawan pendukung Prabowo-Sandiaga.

Pendukung Jokowi mengenakan kemeja putih dengan syal merah. Sementara relawan Prabowo-Sandi memakai kemeja biru muda. Hebatnya lagi, bukan perdebatan atau saling ejek yang terjadi. Namun yang membuat semakin hati tentram adalah kedua pendukung ini malah saling berpelukan dan bersalaman.

Dalam video tersebut terlihat jelas emak-emak ini justru saling berpelukan dan bersalaman sebagai dukungan terhadap kampanye damai. Keduanya tampak saling berpelukan dan bernyanyi yel-yel pendukung masing-masing.

3 dari 3 halaman

Pertemuan Tak Sengaja Emak-emak Pendukung Jokowi dan Prabowo

“200 Relawan Pertiwi Goes to Mall berjumpa dengan pendukung 02 dan kami saling peluk dan salaman sambil yel masing2. #PertiwiKampanyeDamai,” kata Ketua Umum Pertiwi, Putri K. Wardhani kepada wartawan, Kamis (14/2/2019) seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka.com, Jumat (15/2/2019).

Putri lantas menjelaskan kehadiran para relawan Jokowi di PIM. Menurut dia, pertemuan dilakukan untuk saling berbagi pengalaman dalam melakukan penetrasi ke berbagai lokasi di Jakarta dan daerah-daerah lain di Tanah Air.

Selain itu, untuk memberikan informasi yang benar mengenai program-program Jokowi-Amin. Selain itu juga memberikan informasi keberhasilan yang telah dicapai Jokowi selama ini, terutama yang dapat dirasakan langsung para perempuan di Indonesia.

Viralnya video emak-emak beda dukungan politik ini namun akur ini tentu saja menjadi momen langka. Ya, dengan munculnya video seperti ini tentu membuat suasana perpolitikan yang memanas menjadi adem seketika. Video yang sudah tersebar luas di media sosial ini pun lantas banjir pujian dari banyak orang.

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Usaha startup kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan adanya usaha ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk berbelanja online sehingga tak perlu repot keluar rumah. 

Salah satunya adalah startup Bukalapak yang namanya sangat familiar di Indonesia. ‘From zero to hero’ mungkin jadi predikat yang cocok untuk Achmad Zaky sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia.

Lantas, sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan di nama Achmad Zaky, yang kesuksesannya kini menjadi inspirasi banyak muda-mudi di Indonesia?

Yuk simak selengkapnya profil pendiri Bukalapak yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019).

2 dari 7 halaman

Kehidupan Pribadi Achmad Zaky

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini mewarisi darah Jawa yang kental akan budayanya. Di usianya yang ke 32 ini, pencapaian Achmad Zaky bukanlah tanpa sebab. Kesuksesannya sekarang tak lain dan tak bukan adalah berkat kedua orangtuanya yang senantiasa mendukung langkahnya.

Di samping itu, di balik keberhasilannya, ada seorang wanita yang berkontribusi siang dan malam untuk dirinya. Dia adalah Diajeng Lestari, wanita yang menjadi tambatan hati Zaky yang mengakhiri masa lajangnya pada 17 Oktober 2010 silam.

Keduanya pun berkarier di bidang yang sama dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tak mau kalah dari suaminya, pada tahun 2011, Diajeng mencoba peruntungan dengan mendirikan hijup.com. Dari pernikahannya itu, Laiqa Anzani datang untuk melengkapi manisnya kehidupan rumah tangga Achmad Zaky dan istri.

3 dari 7 halaman

Riwayat Pendidikan

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam. Pada saat itu, di usianya yang baru 11 tahun, Zaky sudah bisa mengoperasikan komputer berkat kontribusi pamannya.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer. Bahkan, dirinya menang hingga tingkat nasional.

Ingin menyelami bakatnya lebih dalam di dunia komputer, pada tahun 2004 Zaky pun melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung, tepatnya di jurusan Teknik Informatika. Usut punya usut, Zaky sempat mendapat IPK sempurna di semester pertamanya, lho.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Pasalnya, Zaky menyempatkan waktunya selama kuliah untuk mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di kampusnya. Zaky berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya yang lain.

Tak hanya itu, dia juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang sekarang lebih dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Serta, aktif dalam organisasi Amateur Radio Club (ARC) ITB.

4 dari 7 halaman

Prestasi Achmad Zaky saat Kuliah

Prestasi yang ditorehkan Zaky selama berkuliah juga tidak kalah cemerlangnya. Dirinya sering menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional. Misalnya, pada tahun 2007 Zaky berhasil menyabet juara II dalam perlombaan yang diadakan salah satu operator seluler Indonesia, yaitu Indosat Wireless Innovation Contest.

Dalam ajang tersebut, Zaky menciptakan perangkat lunak yang ia juluki MobiSurveyor, yang berfungsi untuk mempermudah aktivitas manusia khususnya dalam perhitungan survei secara cepat. Berkat kreativitasnya itu, Zaky dianugerahi Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Tak ketinggalan, Zaky juga sempat mengenyam pendidikan di Oregon State University selama dua bulan berkat beasiswa yang dia dapat dari pemerintah Amerika Serikat. Selang satu tahun, suami dari Diajeng Lestari ini kembali terbang ke Amerika Serikat untuk mewakili kampus tercintanya dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

5 dari 7 halaman

Perjalanan Karier

Bakat dan prestasi yang Achmad Zaky peroleh sewaktu mengenyam pendidikan mengantarnya pada kesuksesannya sekarang ini. Ayah satu anak ini mulai merintis kariernya dengan membentuk sebuah usaha startup dengan harapan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

Lantas, Zaky mulai mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha Bukalapak yang secara resmi dibuka tahun 2011. Zaky cukup percaya diri meskipun dia harus membangun usahanya dari bawah. Awal berdirinya usahanya itu mungkin tidaklah begitu pesat. Namun, kepercayaan dirinya membuahkan hasil yang luar biasa.

“Jujur saya memang resah saat mau mendirikan Bukalapak. Orang-orang kira saya bakal gelar lapak di pinggir pasar. Saya sih, enggan bilang ke keluarga, apalagi orangtua saya itu guru. Nah, saya di situ coba untuk lawan, makin percaya diri. Tidak apa-apa gagal, yang penting prosesnya,” ujar Zaky.

6 dari 7 halaman

Melihat Peluang

Zaky awalnya mengajak para pedagang di mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, saat itu usaha startup yang terhitung masih belum familiar rupanya sedikit menyulitkan Zaky. Klien pertama yang ia dapat hanyalah pedagang kecil yang mengaku dagangannya di toko kurang laku.

Pada akhirnya, Zaky mulai melihat peluang dari pedagang yang usahanya belum berkembang untuk bergabung di Bukalapak. Alhasil, berkat boomingnya internet pada saat itu, startup Zaky yang pada awalnya hanya dia rintis di mall menjadi semakin berkembang dengan banyaknya minat investor untuk menanamkan modalnya.

7 dari 7 halaman

Masuk Daftar Pemuda Terkaya di Indonesia

Bukalapak menjadi satu dari beberapa startup unicorn di Indonesia. Tentunya, hal ini tidak lepas dari kerja keras sang pendiri sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Pada pertengahan tahun 2018, majalah Globe Asia mempublikasikan daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Kerja keras Achmad Zaky menuntunnya masuk sebagai satu dari beberapa anak muda pendiri startup yang ada di daftar tersebut.

Mengutip dari daftar yang dibuat Globe Asia, jumlah harta kekayaan Zaky diperkirakan sebanyak US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun saat daftar itu dibuat. Nggak kebayang kan, berapa kekayaan Zaky di tahun 2019 ini?

Terlebih lagi, Zaky sempat tercatat masuk dalam jajaran 10 pengusaha muda berusia di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia Tenggara periode tahun 2015 yang dibuat oleh media online Tech in Asia.

3 Bintang yang Memperbaiki Kinerja Real Madrid

Jakarta – Real Madrid menunjukkan peningkatan dalam beberapa laga terakhir. Usai menaklukkan rival sekota Atletico Madrid, mereka menumbangkan Ajax Amsterdam di Liga Champions.

Pelatih Santiago Solari pun banjir pujian. Dia dikenal sebagai pelatih yang cukup kejam dalam hal pemilihan pemain dan tidak ragu-ragu mencadangkan pemain kunci Zinedine Zidane yang vital saat memenangkan Liga Champions musim lalu.

Nama-nama seperti Gareth Bale, Marcelo, dan Keylor Navas sekarang menunggu giliran mereka di bangku cadangan. Di sisi lain, beberapa pemain yang sebelumnya tidak diperhitungkan menjadi starter reguler.

Berkat Santiago Solari, Real Madrid sekarang penuh dengan pemain muda berbakat yang secara teratur menjadi starter dalam pertandingan penting. Performa mereka pun juga cukup mengesankan di atas lapangan.

Berikut ini tiga pemain yang tak diduga mampu menjadi pemain penting Real Madrid di bawah asuhan Santiago Solari seperti dilansir Sportskeeda:

2 dari 4 halaman

Vinicius Junior

Transfer Vinicius Junior mungkin merupakan perjudian terbesar Florentino Perez di bursa transfer musim panas. Dia punya talenta yang cukup besar, tetapi tidak banyak orang yang memperkirakan dia akan menjadi starter reguler Real Madrid secepat ini.

Banyak yang meragukan kalau Vinicius bisa sukses di Bernabeu setelah diminta untuk bermain di Castilla (tim muda Real Madrid). Ia tidak pernah menjadi starter di bawah Julen Lopetegui dan hanya bermain kurang dari 15 menit ketika pelatih Spanyol itu memimpin.

Nasib Vinicius kemudian berubah setelah Santiago Solari menggantikan Lopetegui. Pemain muda Brasil itu secara bertahap menjadi pemain penting bagi Real Madrid dan bahkan sekarang bisa menggeser Gareth Bale dari posisi starter. Vinicius secara rutin mengisi starting XI Madrid dalam 10 pertandingan terakhirnya dengan mencetak dua gol.

3 dari 4 halaman

Lucas Vazquez

Lucas Vazquez jarang mendapatkan kesempatan bermain di bawah Julen Lopetegui. Setelah tidak terlalu terpakai dalam masa kepemimpinan Zinedine Zidane, Vasquez bahkan di ambang menuju pintu keluar Bernabeu ketika Lopetegui mengambil alih.

Solari kemudian mulai menunjuk Vazquez sebagai starter di Madrid tidak lama setelah pelatih Argentina itu menjadi pelatih kepala. Untungnya, kepercayaan Solari kepada mantan pemain Espanyol itu secara bertahap terbayar.

Vazquez kini sudah menjadi salah satu starter Madrid yang paling penting. Ia sudah mencetak beberapa gol penting dan assist di semua kompetisi sepanjang musim ini.

4 dari 4 halaman

Sergio Reguilon

Beberapa bulan yang lalu, tidak ada yang menyangka Sergio Reguilon bisa menggeser Marcelo di posisi starter Real Madrid. Pemain muda asal Spanyol itu tidak pernah terlihat pada masa kepemimpinan Julen Lopetegui dan Zinedine Zidane.

Pertama kali Reguilon menjadi berita utama mungkin ketika Sergio Ramos menggertaknya saat latihan. Untungnya, Solari secara bertahap memberikan kesempatan kepada bek sayap muda itu dan kepercayaannya terbayar.

Sekarang baik Reguilon dan Sergio Ramos bekerja berdampingan di pertahanan Real Madrid sementara Marcelo hanya mendapat kesempatan di Copa del Rey. Performa Reguilon juga mengesankan dan dia sudah bermain penuh 90 menit dalam empat pertandingan terakhirnya di La Liga dan membuat dua assist.


Sumber: Bola.net