HEADLINE: Shutdown Terlama dalam Sejarah AS, Ego Donald Trump Semata?

Liputan6.com, Washington, DC – Meja prasmanan disiapkan di Gedung Putih, aneka makanan ditata di atas nampan perak mewah, lilin-lilin panjang pun dinyalakan. Senin petang, 14 Januari 2019, Presiden Amerika Serikat Donald Trump siap menjamu tim Clemson University yang baru saja memenangkan ajang College Football Playoff National Championship.

Menurut Trump, makan malam saat itu bertema ‘Great American Food’.

Menunya terdiri atas 300 burger yang dipesan dari McDonald’s, Wendy’s dan Burger King’s; sejumlah piza; dan kentang goreng yang ‘naik kelas’ setelah ditempatkan di gelas-gelas kertas yang menyandang cap kepresidenan AS. Mangkuk-mangkuk perak mengkilat, yang berisi berbagai macam saus, diletakkan di tengah.

Satu-satunya makanan sehat yang ada di atas meja adalah salad sayuran, yang masih dikemas dalam wadah-wadah plastik transparan. 

Donald Trump menjamu tim Clemson Tigers dengan makanan cepat saji (AP Photo/Susan Walsh)

“Karena shutdown…kami keluar dan memesan makanan cepat saji ala Amerika. Aku yang bayar,” kata Donald Trump pada sejumlah reporter di State Dining Room, seperti dikutip dari BBC News, Selasa (15/1/2018).

“Ada piza, 300 hamburger, dan banyak kentang goreng, makanan favorit kita,” tambah sang miliarder nyentrik. Menurutnya, itu pilihan yang lebih baik ketimbang opsi lain, menghidangkan salad racikan ibu negara Melania Trump. 

Saat ditanya, apa makanan cepat saji favoritnya, Trump mengaku suka semuanya. Itu pilihan menu yang ‘patriotris’ — versi dia tentu saja.

“Selama buatan Amerika, saya suka. Ini semua adalah produk Amerika,” kata Trump.

Presiden AS Donald Trump menghidangkan makanan cepat saji di Gedung Putih , sebagai dampak dari penutupan sementara pemerintahan negeri itu (AP/Susan Walsh)

Belum jelas berapa duit yang dikeluarkan Trump untuk membayar orderan makanan cepat saji itu.

Ia mengaku tak ingin membatalkan acara makan malam hanya karena shutdown yang membuat para staf Gedung Putih dirumahkan atau dipaksa cuti.

Meski dengan menu seadanya, makan malam berjalan lancar. Satu per satu anggota tim Clemson Tigers yang berjas necis bergiliran mengambil hidangan. Menumpuk kotak karton berisi burger dan makanan lain di atas piring porselen putih.

Sejumlah warganet mengomentari reaksi para atlet saat melihat ke arah meja prasmanan. Ada yang memasang wajah lempeng, tersenyum, nyengir. Ekspresi wajah Matt Bockhorst, pemain bertahan, saat menumpuk dua Big Macs di piringnya pun memancing tanda tanya.

Matt Bockhorst kemudian merespons tanda tanya itu lewat akun Twitternya.

Sejumlah warganet juga membandingkan menu yang dihidangkan Donald Trump dengan pendahulunya.

“Presiden kita, @realDonaldTrump, yang paling luar biasa. Ia menyajikan McDonald’s dan Wendy’s untuk tim sepak bola Clemson. Sementara Obama pasti menyajikan salmon kukus dan asparagus untuk mereka!,” tulis pengguna Twitter, @RickySunnyvale1.

Para atlet yang berkunjung biasanya ditawari makan dari dapur Gedung Putih. Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders mengatakan penutupan pemerintahan atau shutdown memaksa menu baru disajikan.

“Karena kubu Demokrat menolak untuk bernegosiasi tentang keamanan perbatasan, banyak staf di Gedung Putih cuti, sehingga presiden secara pribadi mengeluarkan uang untuk hidangan beberapa makanan cepat saji favorit semua orang,” kata dia seperti dikutip dari New York Times

Yang pasti, dampak kebijakan Donald Trump tak hanya berhenti hingga junk food yang ditata mewah untuk menjamu para tamu negara.

Tak hanya staf rumah tangga Gedung Putih, sekitar 800 ribu pekerja sektor publik terdampak shutdown. Mereka diminta cuti. Opsi lain, kerja tanpa dibayar.

Penutupan pemerintahan AS pernah terjadi pada masa lalu. Namun tak pernah sepanjang ini. Shutdown bermula pada 22 Desember 2018 dan telah berlangsung setidaknya selama 25 hari.

Shutdown kedua dalam pemerintahan Donald Trump — pertama terjadi Januari 2018 lalu — adalah yang terlama sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Shutdown dipicu penolakan Donald Trump untuk menyetujui anggaran federal, kecuali jika menyertakan dana pembangunan tembok di sepanjang perbatasan Meksiko. Namun, House of Representatives (lower-chamber Kongres AS) yang dikuasai kubu Demokrat ogah meloloskan dana US$ 5,7 miliar yang diajukan pemerintah untuk membangun tembok perbatasan. 

Sekitar seperempat bagian pemerintah federal terus tutup. Entah sampai kapan. Sementara, sejumlah karyawan sektor penting seperti petugas lalu lintas udara dan agen Secret Service tetap bekerja tanpa menerima gaji hingga skema anggaran pengeluaran disepakati.

Saat menghadiri konvensi American Farm Bureau Federation di New Orleans, Senin 14 Januari 2019, Donald Trump berkoar akan memperjuangkan tembok perbatasan yang dijanjikannya sepanjang kampanye Pilpres AS.

“Jika alasannya untuk menjaga keamanan orang-orang Amerika, aku tidak akan pernah mundur,” kata dia di hadapan para petani yang juga ikut terpukul akibat shutdown. Mereka tak bisa mengakses informasi yang penting bagi pertanian, pinjaman dibekukan, pun dengan dana talangan yang dijanjikan. 

Presiden AS, Donald Trump berbincang saat melakukan perjalanan untuk melihat prototipe tembok perbatasan AS dan Meksiko di San Diego, Selasa (13/3). Tembok ini adalah perwujudan dari janji Trump pada kampanye presiden 2016 lalu. (AP/Evan Vucci)

Kebijakan anti-imigran Donald Trump juga membuat sektor pertanian kekurangan tenaga kerja. Yang mengejutkan, dalam pidatonya Trump berjanji akan membuat aturan yang lebih mudah bagi para imigran untuk datang ke AS. Untuk dipekerjakan di ladang. “Anda butuh orang-orang itu,” kata dia.

Sementara itu, di luar lokasi konvensi, ratusan demonstran menggelar aksi. Membawa poster berisi tuntutan dan patung Donald Trump berwarna emas, mereka berseru, “Lock him up” — Penjarakan dia. 


Saksikan video terkait Donald Trump berikut ini:

2 dari 3 halaman

Dampak Mengerikan

Tak ada yang tahu kapan penutupan pemerintah AS atau shutdown bakal berakhir. 

Donald Trump sejauh ini menolak saran untuk membuka kembali pemerintahan, selama setidaknya beberapa pekan, sementara negosiasi terus dilanjutkan dengan kubu Demokrat terkait pembangunan tembok perbatasan yang konon tak bisa ditembus.

Taipan properti itu juga menepis solusi penetapan kondisi darurat nasional untuk ‘potong kompas’, tetap membangun tembok perbatasan dengan dana darurat, tanpa persetujuan Kongres.

“Aku tak akan menetapkan kondisi darurat,” kata Trump pada Senin 14 Januari 2019 seperti dikutip dari situs woodtv.com. “Itu terlalu mudah, kita tidak harus melakukannya.”

Jajak pendapat yang dilakukan Washington Post-ABC News yang dipublikasikan pada 13 Januari 2019 menunjukkan, 54 persen warga AS menolak pembangunan tembok perbatasan, sementara 42 persen mendukungnya.

Sementara, 87 persen kubu Republik mendukung pembangunan tembok tersebut, sementara di kubu Demokrat, 84 persen menolaknya.

Dan, Donald Trump bersikukuh tak akan mundur. Di sisi lain kubu Demokrat bergeming. Deadlock. Buntu. Seminggu terakhir berlalu tanpa negosiasi apapun. 

Dampak shutdown pun kian menyulitkan warga AS. Sektor penerbangan kena dampaknya. 

Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, salah satu bandara tersibuk di AS, mengingatkan calon penumpang untuk menyediakan waktu tiga jam untuk pemeriksaan keamanan.

Penyebabnya, kebanyakan staf badan keamanan transportasi AS atau Transportation Security Administration, yang harus bekerja tanpa dibayar selama shutdown, memilih tak datang ke tempat kerja.

Seperti dikutip dari Business Insider, karena antrean yang panjang, banyak penumpang ketinggalan pesawat.

Sementara itu, kekacauan terjadi di penjara federal dengan keamanan tingkat tinggi di Manhattan, negara bagian New York.

Sejumlah tahanan mogok makan sejak Senin 14 Januari 2019, setelah jadwal kunjungan keluarga dibatalkan pekan lalu dengan alasan kekurangan staf. Penjara dengan nama resmi Metropolitan Correctional Center (MCC) adalah salah satu pusat penahanan terpenting dalam sistem penjara federal AS, yang menampung sekitar 800 tahanan, demikian dikutip dari New York Times pada Selasa (15/1/2019).

Sejumlah tahanan teroris, penjahat kerah putih, dan bahkan raja narkoba asal Meksiko, El Chapo pernah jadi penghuninya.

Di sisi lain, keluarga sipir penjara pun merana akibat shutdown. “Aku harus mencemaskan bahan bakar mobil, resep obat yang harus ditebus,” kata Carol Hall, seperti dikutip dari situs wctv.tv. “Aku juga harus mengkhawatirkan pasta gigi, tisu toilet, makanan, barang-barang kebutuhan harian.”

Hall mengaku, alasan ia berbagi kisah adalah agar orang-orang memahami bahwa shutdown tak hanya memengaruhi para pegawai federal, tapi juga keluarga mereka.

Warga sipil pun ikut kena getahnya. Terutama mereka yang tak mampu secara finansial. Misalnya, penutupan pemerintahan membuat 38 juta warga Amerika tak bisa mendapatkan kupon makan.

Sektor bisnis ikut terpukul. CEO Delta Air Lines, Ed Bastian mengaku, shutdown akan mengurangi pendapatan maskapainya sekitar US$ 25 juta bulan ini.

Sejumlah pemangku kepentingan di AS, yang ada di Washington DC hingga Wall Street membayangkan skenario mengerikan jika penutupan sebagian pemerintah AS — yang sudah memecahkan rekor terlama sepanjang sejarah — akan berlangsung hingga musim semi atau bahkan lebih lama lagi.

Di luar dampak langsungnya terhadap bisnis, para ekonom mengatakan, shutdown mengancam mengguncang kepercayaan konsumen dan mengurangi penjualan ritel, terutama karena pekerja dan kontraktor federal yang tidak dibayar berhenti mengeluarkan uang untuk kendaraan, rumah, hingga hiburan. Banyak sektor usaha bakal terpukul.

Hambat Penegakan Hukum

Petugas imigrasi AS melakukan razia imigan gelap ke 100 toko 7-Eleven (AP)

Shutdown yang telah berlangsung selama 25 hari terbukti menghambat upaya penegakan hukum di seluruh pemerintah federal. Juga menghentikan inspeksi pembangkit listrik dan sumur minyak, memperlambat penyelidikan kasus penipuan keuangan dan audit pajak, menghambat investigasi kecelakaan pesawat dan bahkan menunda penyelidikan dalam kasus privasi Facebook.

Seperti dikutip dari Politico, pelatihan bagi para jaksa yang menangani kasus pornografi anak dan penjualan narkoba online terpaksa dihentikan.

Departemen Kehakiman juga merumahkan sebagian besar hakim administratifnya, yang bertugas menegakkan hukum imigrasi. Dan, Komisi Komunikasi Federal tidak bisa menanggapi keluhan konsumen, misalnya tentang robocall.

Para penegak hukum yang seharusnya menyelidiki kasus polusi, bahaya keselamatan, dan ancaman lainnya duduk di rumah alih-alih menangani kasus yang mengancam orang banyak.

Aksi Simpati

Di sisi lain, shutdown memicu aksi solidaritas. Sebuah kelompok bantuan bencana yang didirikan oleh koki selebritas José Andrés menyatakan akan menawarkan makanan gratis kepada para pegawai pemerintah di Washington DC.

Sebelumnya, petugas pengawas aviasi dan lalu lintas udara (air-traffic controller) di Kanada mengirim ratusan boks piza ke rekan mereka di Amerika Serikat (AS), yang tetap bekerja di tengah kondisi penutupan sementara pemerintah federal. 

Lebih dari 70 anggota Kongres Amerika Serikat juga menolak menerima gaji atau menyumbangkannya ke badan amal untuk membantu pekerja federal yang tidak menerima gaji.

Sembilan dari 15 kementerian tingkat kabinet tidak mendapat pendanaan selama government shutdown, mengakibatkan pegawainya tidak menerima upah.

Tetapi, gerakan amal (dan secara politis cerdas) itu tampaknya belum menyebar ke pejabat Gedung Putih atau anggota kabinet Trump.

Situs Quartz menghubungi lembaga kementerian dan badan di kabinet Trump, serta kantor wakil presiden dan kantor pers Gedung Putih dalam beberapa hari terakhir, untuk menanyakan apakah pejabat Trump, wakil presiden atau presiden sendiri membuat sumbangan amal selama shutdown.

Sejauh ini, tidak ada satu pun dari total 20 lembaga yang dihubungi oleh Quartz mengikuti jejak langkah anggota Kongres AS yang menyumbangkan gajinya.

Anggota kabinet pemerintahan Presiden Donald Trump adalah salah satu yang terkaya dalam sejarah Amerika Serikat. Mulai dari Menteri Keuangan Steven Mnuchin yang punya usaha produksi film di Hollywood; Menteri Pendidikan Betsy DeVos yang adalah miliarder (dalam dolar AS); hingga penasihat kepresidenan Ivanka Trump dan Jared Kushner, anak dan menantu Trump yang masing-masing mengelola bisnis sendiri.

Kabinet Trump punya sejarah memberikan gaji mereka untuk kepentingan donasi, dengan DeVos pernah mendonasikannya ke sebuah penggalangan amal dan sang presiden sendiri berjanji untuk memberikan seluruh upahnya senilai US$ 400.000 per tahun (Rp 5,6 miliar) ke badan amal.

Tapi, kantor pers Gedung Putih tidak segera menanggapi pertanyaan tentang sumbangan lebih lanjut yang mungkin Trump atau DeVos berikan kepada pekerja federal selama government shutdown.

Wakil Presiden Mike Pence menghasilkan US$ 230.700 per tahun. Dan kantornya juga tidak merespons selama beberapa hari tentang apakah dia menolak menerima gaji atau menyumbangkan gaji ke badan amal selama shutdown.

3 dari 3 halaman

Ego Donald Trump?

Donald Trump sedang bertaruh. Di satu sisi, ia sedang berupaya memenuhi janji kampanyenya untuk membangun tembok perbatasan yang tak bisa ditembus. Di sisi lain, ia akan kena dampaknya. 

Ketika shutdown justru bikin masalah dan bikin banyak orang susah, ia pun dipersalahkan. 

Washington Post-ABC News menggelar jajak pendapat terhadap 788 responden warga AS yang dilakukan pada 8 – 11 Januari 2019, dengan margin of error 4,5 persen.

Survei itu mengawali jajak dengan mengajukan pertanyan inti: “Menurut Anda, siapa yang paling bertanggung jawab atas situasi ini?”

Hasilnya, 53 persen orang AS mengatakan kepada jajak pendapat bahwa mereka menyalahkan Presiden Trump dan fraksi Partai Republik di Kongres AS, demikian seperti dikutip dari USA Today, Senin (14/1/2019).

Level penerimaan bersih (net approval rating) Donald Trump pun melorot dari  -10 poin menjadi -14 poin, demikian dikutip dari CNN pada Selasa 15 Januari 2015.

Apakah Donald Trump layak dipersalahkan?

Mengomentari penutupan pemerintahan di AS, pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah mengatakan bahwa “drama” di Negeri Paman Sam tersebut tak lain dan tak bukan disebabkan oleh ‘ego’ Presiden Donald Trump.

“Egonya besar sekali kelihatan sejak awal ia berkuasa,” jelas Rezasyah.”Saya melihat ini seperti menonton episode The Apprentice, dengan Trump mengambil keputusan dengan cepat dan keras namun tak melihat dampak buruknya bagi dalam negeri sendiri.”

(Government shutdown) ini sudah mendapat banyak keluhan dari aparatur di dalam negeri dan kedutaan besar AS di luar negeri. Meski layanan visa buka, pegawai kedutaan yang notabenenya karyawan Kementerian Luar Negeri AS ikut terdampak shutwdown karena lembaga pusat mereka kena. Ini mempersulit hal-hal seperti keimigrasian, antrean panjang, aturan jam kerja semakin tidak menentu.”

Menurut dia, sudah terlalu banyak keruwetan yang dibuat oleh Trump lewat shutdown. “Dan Donald Trump, memasuki shutdown hari ke-25 tidak menunjukkan akan mengalah. Sikap ia yang seperti ini menunjukkan bahwa dirinya bukan negarawan, tapi politikus yang terbiasa menang-kalah atas usulannya,” jelas Rezasyah.

Trump telah berulang kali berjanji untuk menolak negosiasi rancangan undang-undang yang awalnya didukung oleh kedua belah pihak untuk membuka kembali pemerintah, tanpa dana untuk temboknya, The Guardian melaporkan.

House of Representatives fraksi Partai Demokrat berencana untuk memperkenalkan paket RUU untuk membuka kembali pemerintah.

Fox News melaporkan, sudah ada pertemuan di Gedung Putih pada Rabu 2 Januari 2019 lalu antara Trump dan dua pemimpin teratas dari setiap partai dari masing-masing kamar (House of Representative dan Senat) untuk membahas negosiasi paket RUU itu dan kebuntuan terkait government shutdown.

Rencana anggota DPR fraksi Demokrat mencakup satu RUU untuk mendanai Kementerian Keamanan Dalam Negeri sesuai anggaran normal hingga 8 Februari –dengan sekitar US$ 1,3 miliar dialokasikan untuk keamanan perbatasan. Tapi, paket itu belum termasuk uang senilai US$ 5 miliar untuk membangun tembok yang diinginkan presiden di perbatasan AS-Meksiko.

Juru bicara pemimpin fraksi Republik di Senat AS, Mitch McConnell telah menjelaskan bahwa Senat tidak akan menyetujui RUU itu jika Presiden Donald Trump tidak mendukungnya. Namun, McConnell sendiri masih bungkam terhadap situasi shutdown –atau dinilai berlindung untuk menghindari sorotan yang selama ini menyasar kepada sang Presiden.

“Trump tidak berpikir tentang sustainibility atau keberhasilannya bertahan dalam memerintah. Perspektifnya winner takes all. Kalau aku kalah, semua harus kalah,” kata Rezasyah.

“Jika ia terus melanjutkan sikapnya yang seperti ini, kepercayaan masyarakat terhadap Trump bisa semakin menyusut,” lanjut dosen Universitas Padjajaran itu.

Sementara itu, Presiden Donald Trump juga telah memutar otak untuk mencari sumber pendanaan lain agar temboknya tetap dibangun, yakni “dengan Meksiko yang membayarnya.”

Trump mengatakan bahwa pemerintahannya akan mengejar paket kesepakatan perdagangan baru dengan Meksiko, sebagai cara tidak langsung agar Negeri Aztec membiayai pembangunan tembok di perbatasan –suatu opsi yang memungkinkan menurut analis, terlepas apakah Mexico City akan menyetujuinya atau tidak.

“Trump juga memaksakan agar tembok itu turut dibayar oleh Meksiko … tapi itu adalah sebuah penghinaan terhadap Meksiko. Keputusan seperti ini bukan sesuatu hal yang dilakukan secara sepihak seperti Trump saat ini, namun, lebih melalui sharing. Tapi Trump tidak melakukan hal itu,” jelas Teuku Rezasyah.

“Dan beberapa lembaga pemerintahan AS memandang ada yang tidak konstitusional dari pembangunan tembok itu di perbatasan, dan oleh karenanya Partai Demokrat mungkin menolak menyetujui pembiayaan.

“Kemudian Trump terus memaksakan hal tersebut menunjukkan egonya yang semakin besar.

“Kita tinggal tunggu saja siapa yang akan menggerakkannya atau menginisiatifkan impeachment ini, apakah Kongres atau penegak hukum lewat penyelidikan soal Rusia.”

Namun, Rezasyah menampik jika shutdown ini akan menjadi instabilitas besar bagi sistem demokrasi di AS.

“Mereka sudah berdemokrasi sejak lama, sudah stabil dan matang. Sekarang, hanya jangan sampai Trump mencegah agar kepemimpinannya justru goyah akibat egonya sendiri seperti shutdown atau mendadak terjadi masalah lain yang tak terduga selama penutupan pemerintahan.”

Namun, jika shutdown terus terjadi, menurut Teuku Rezasyah, approval rating Trump mungkin akan turun. Dan, dengan semakin dekatnya Pilpres AS 2020, Trump mungkin tidak akan dipilih kembali oleh internal Republik untuk mewakili mereka dalam pencalonan presiden AS periode 2020 – 2024.

“Partai Republik juga terlihat agak pasif dalam shutdown ini ya. Dengan penutupan yang terus berlarut, mungkin akan ada kemungkinan bahwa Republik akan mengharapkan Trump mengendurkan egonya.”

The Guardian, pada 13 Januari 2019 melaporkan bahwa beberapa anggota Partai Republik yang berhaluan moderat tampaknya mulai goyah dengan shutdown yang berlarut-larut –sesuatu hal yang kemudian ditanggapi sinis oleh politisi Partai Demokrat di Senat AS.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, Senator AS fraksi Partai Demokrat dari Negara Bagian Connecticut, Chris Murphy mengatakan “ini sudah menjadi penutupan paling bodoh yang pernah ada”.

“Satu-satunya alasan shutdown adalah karena Presiden Trump menginginkannya seperti itu,” katanya. 

Sementara itu, menurut S&P Global Ratings, shutdown telah membebani ekonomi AS senilai US$ 3,6 miliar. Dan jika shutdown terus berlangsung untuk dua pekan lagi, nominal itu akan melampaui total anggaran yang diajukan Trump untuk membangun temboknya di perbatasan yakni sebesar US$ 5 miliar.


Hasil yang Dipetik dari Pilpres AS

Donald Trump berpidato di hadapan para pendukungnya di New York Hilton Midtown, New York, AS (9/11). Trump langsung menyampaikan pidato kemenangannya setelah meraih kemenangan di electoral vote pada Pilpres AS. (PHOTO / Timothy A. CLARY)

Sementara itu, pengamat Amerika Serikat dari Universitas Indonesia Suzie Sudarman mengatakan bahwa shutdown yang terjadi di AS saat ini merupakan “hasil yang dipetik dari Pilpres AS 2016”.

“Ini adalah contoh di mana ideologi AS diwujudkan, mereka yang memilih Trump maka mereka pula-lah yang merasakan kebijakannya yang in-sensitif kepada warganya sendiri,” nilai Suzie menggarisbawahi shutdown yang menyebabkan 800.000 pegawai federal AS tidak digaji atau terpaksa dirumahkan.

“Trump adalah orang yang akan melakukan apa saja untuk mewujudkan apa yang ia inginkan. Sulit diprediksi ke depannya akan seperti apa melihat rekam jejaknya selama ini. Tapi egonya yang besar mungkin akan membuatnya terus melanjutkan shutdown dengan mengabaikan para pekerja federal yang mungkin tidak menerima gaji.”

Menurut Suzie, ini adalah kali pertama di mana selama shutdown, baik pemerintah eksekutif dan legislatif tidak bernegosiasi secara signifikan untuk menyelesaikan penutupan pemerintahan.

“Pada shutdown era Obama, baik Gedung Putih dan Kongres saling bertemu untuk menemukan jalan tengah agar mencapai kompromi,” jelas Suzie, mereferensi penutupan pada 1-17 Oktober 2013 disebabkan ketika House of Representatives (lower-chamber Kongres) dari fraksi Partai Republik menawarkan resolusi berkelanjutan yang bertujuan menunda atau menggunduli Undang-Undang Perawatan Terjangkau, yang dikenal sebagai Obamacare.

“Tapi pada era Trump, negosiasi dan kompromi seperti itu tidak ada, dengan masing-masing kukuh dengan keinginannya. Terutama Donald Trump dengan pembangunan temboknya.”

Terungkap, Waktu Terburuk untuk Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Ada waktu terburuk untuk berhubungan seks di malam hari. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa libido pria dan wanita berada di kutub yang berlawanan.

Wanita merasakan libido untuk berhubungan seks yang paling tinggi di malam hari, sedangkan pria paling terangsang di pagi hari. Temuan juga memperlihatkan, rata-rata pasangan paling mungkin melakukan hubungan seks antara pukul 9 malam dan tengah malam.

Artinya, rentang waktu tersebut adalah waktu tidur. Tetapi para ahli mengatakan, seks sebelum tidur belum tentu ideal. Penulis The Power of When, Michael Breus mengungkapkan, seks pada waktu jam tidur tidaklah  buruk.

“Hanya saja kebanyakan orang kelelahan. Ketika tubuh ingin segera tidur, ada peluang tidak akan punya energi untuk seks yang memanas,” ujar Breus, dikutip dari Reader’s Digest, Selasa, (15/1/2019).

Di sisi lain, tergantung pada pasangan yang bersangkutan, seks di malam hari juga dapat membuat bersemangat.

Terapis seks Lisa Thomas menyatakan, bagi sebagian besar orang, seks adalah peredam ketegangan dan relaksasi. “Orang-orang berhubungan seks sebelum tidur itu justru membantu mereka tidur malam,” kata Lisa.



Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ciptakan waktu ideal

Demi wujudkan seks sempurna, Breus dan Lisa setuju, tidur bisa membuat seks menjadi lebih baik. Selama Anda tidur di malam hari, tubuh sedang bekerja membangun hormon.

Anda juga akan terbangun dengan lebih banyak energi dan kreativitas untuk memuaskan pasangan selama seks. “Anda sekarang bisa bersiap untuk seks di pagi hari,” lanjut Breus.

Di sisi lain, seks di pagi hari mungkin tidak ideal untuk pasangan yang akan berangkat kerja. Lisa merekomendasikan, berkreasi dengan waktu bercinta. Cobalah beberapa kali pulang ke rumah pada sore hari.

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi, Bisa Jadi Status Media Sosialmu

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah merasakan kecewa. Pada saat kecewa, seseorang cenderung akan merubah mimik wajahnya dan juga sikapnya. Seseorang yang kecewa ini biasanya mimik pada wajahnya akan menjadi murung dan cemberut serta sikapnya akan menjadi lebih berbeda dari biasanya.

Kecewa adalah merasa tidak senang karena seseorang atau sesuatu tak sesuai dengan harapan atau ekspektasi, atau karena sesuatu yang tak terjadi. Rasa kecewa bisa saja muncul saat kamu berhubungan dengan orang lain, termasuk dengan orang terdekatmu sekalipun. Terkadang, rasa itu juga muncul karena ketidakpuasanmu terhadap diri sendiri dan kehidupanmu.

Kecewa juga bisa muncul akibat kamu pernah dibohongi. Baik dengan pacar, teman, sahabat atau siapapun karena dibohongi adalah hal yang sangat mengecewakan. Pernah dengar istilah ‘Lebih baik jujur tapi menyakitkan daripada dibohongi’? Nah, kadang rasa kecewa akan perlahan berkurang jika dilampiaskan.

Untuk melampiaskan pun ada beberapa cara, salah satunya dengan mengunggah kata-kata kecewa ke media sosial. Ya, dengan mengunggah kata-kata kecewa sebagai status di media sosial kadang juga bisa mengurangi rasa kecewa sekaligus menunjukkan kekecewaan kepada seseorang yang telah membohongimu. Berikut kata-kata kecewa karena dibohongi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi Pacar

• Jangan pernah memberikan seseorang harapan palsu karena pada akhirnya itu amat menyakitkan.

• Dikecewain? Haha cuma bisa ngelus dada, dan ngucap kata sabar.

• Aku hanya ingin kecewa kemudian pergi agar kamu tidak repot berbohong lagi.

• Aku akan menjadi cerminmu. Apa yang kamu perbuat juga akan ku perbuat, sama halnya jika kamu sudah mengecewakanku, maka aku juga akan begitu.

• Time discovers truth.

• I don’t understand how someone can tell so many lies and never feel bad about it.

• Im not upset that you lied to me, I’m upset that from now on I can’t believe you.

• The truth may hurt for a little while but a lie hurts forever.

• There can be no deep disappointment where there is not deep love.

• Everytime you lie, it brings me a little closer to goodbye.

• Dulu dirimu pernah membuatku terbang bahkan hingga naik ke bintang-bintang, namun kini diriku kau hempaskan jauh ke dalam jurang yang curam. Ragaku memang terlihat masih tetap seperti dulu, tapi tidak dengan hatiku.

• There can be no deep disappointment where there is not deep love.

3 dari 4 halaman

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi Teman

• Lebih mudah untuk memaafkan seorang musuh, daripada seorang teman.

• Katamu ini adalah sebuah kesalahan. Tapi sebenarnya yang paling kejam adalah, sepertinya kesalahan ini milikku, karena mempercayaimu.

• Sulit mengatakan siapa saja temanmu. Karena terkadang tujuan mereka yang lama menjadi temanmu hanya agar bisa menusukmu dari belakang.

• Teman palsu dan ‘bayangan’ hanya muncul saat matahari bersinar .

• Tell a lie once and all your truth become questionable.

• An honest enemy is always better than a firend who lies.

• Sebelum membohongi orang lain, bayangkan, adakah rasa menyesal jikalau dia pergi meninggalkanmu sehabis anda bohongi?

• Persahabatan itu sangat rapuh seperti gelas. Sekalinya pecah, mungkin bisa diperbaiki. Tapi akan selalu ada bekas retakannya.

• Buat apa mempertahankan seseorang yang ujung-ujungnya hanya membuat sakit hati banyak orang. Jadi, nggak ada guna kan.

• Kurasa kita itu kekecewaan yang dibungkus tawa basa-basi dengan rapi.

4 dari 4 halaman

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi untuk Diri Sendiri

• When things are a disappointment, try not to be so discouraged.

• Sometimes when you get disappointment it makes you stronger.

• I choose to live without hope to protect myself from disappointment. It’s very effective!

• Note to self : stop expecting.

• Honesty is the soul jewelry shine more than diamonds.

• When you have expectations, you are setting yourself up for disappointment.

• Tears are words the heart can’t express.

• Being single is better than being lied to, cheated on and disrespected.

• Big or small, lies are lies.

• A lie cannot live.

• Yang paling berbahaya adalah mereka yang mendatangi kita dalam wujud malaikat. Dan kita terlambat menyadari bahwa mereka sebenarnya setan yang sedang menyamar.

• Selamat atas pengkhianatanmu yang sudah membuatku kecewa, dan terimakasih sudah mengingatkanku akan kesadaran tentangmu.

• Aku akan tetap di sini untuk bersedih sebentar saja. Jadi, kalian tidak perlu mengkhawatirkanku. Pergi dan bersenang-senanglah.

• Cinta, di samping bisa membuatmu lebih dewasa serta bahagia, diakui atau tidak juga bisa membuatmu kecewa.

• Memang tak seharusnya mudah saja percaya dengan janji.

• Kebenaran hanya ada di langit, sementara dunia hanya palsu dan palsu.

Untuk kalian yang sedang kecewa akibat dibohongi, sebaiknya jangan berlarut dalam perasaan kecewa tersebut dan kalian harus tetap tersenyum. Karena rasa kecewa adalah hal yang wajar dialami setiap manusia. Bukan hanya itu saja, jika kamu tahu bagaimana rasa sakitnya dikecewakan, kamu akan lebih berhati-hati untuk bertindak agar tidak sampai membuat kecewa orang lain.


Reporter: Loudia Mahartika

Kata-kata Sakit Hati dan Kecewa yang Bisa Jadi Luapan Perasaan

Liputan6.com, Jakarta Dalam hidup pasti kita pernah merasa sedih, gagal, sakit hati, kecewa, galau dan sebagainya yang membuat mood jadi buruk. Biasanya orang yang membuat kita sakit hati dan kecewa adalah justru orang yang penting bagi hidup kita. Iya, kan? Seperti ungkapan, ‘Orang yang memiliki peluang paling besar untuk menyakiti kita adalah orang yang paling kita sayangi.’

Saat merasa sedih dan terluka, salah satu cara untuk mengekspresikannya kadang hanya dengan kata-kata sakit hati dan kecewa. Ya, dengan kata-kata sakit hati dan kecewa bisa meluapkan perasaaan. Orang-orang yang mampu membuat kita sedih biasanya malah dari orang terdekar. Bisa karena perilaku pacar, sahabat, teman atau dari faktor lain dan bahkan bisa dari diri kamu sendiri.

Berikut kata-kata sakit hati dan kecewa yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Sakit Hati dan Kecewa untuk Pacar

• Sometimes, when I say “I’m okay”, I want someone to look me in the eyes, hug me tight and say “I know you’re not.”

• Aku bagai sepatu kaca yang berjalan di atas paku, menapak meski pedih mencampak, merendam pedihnya cinta dalam diam tiap kau bercerita tentang dia yang sempurna.

• Tangisan adalah cara mata berbicara ketika mulut terbungkam, tak sanggup menjelaskan seberapa hancurnya hati ini.

• Ada beberapa perasaan sakit yang tak akan tersembuhkan, hanya bisa coba dilupakan.

• Kamu seperti bab yang rusak dari cerita favoritku.

• Hanya satu hal yang bisa dilakukan dengan baik oleh seorang kekasih, yaitu meremukkan hati.

• Tahukah kau rasanya saat hatimu begitu sakit sampai kau bisa merasakan darah yang menetes?

• Kehadiranmu masih tetap di sini, ini membunuhku. Aku mencoba menunjukkan bahwa aku tak akan berbalik lagi padamu, tapi ini membunuhku.

• Yang pernah bilang cinta mati, ternyata juga ninggalin pergi.

• Dia belum berubah, dia berbohong lagi dengan cara barunya.

• Dulu kita pernah saling sayang dan sekarang hanya sebatas saling kenal.

• Percuma menyirami tanaman yang sudah mati, ihklaskan, perasaannya kepadamu sudah mati.

3 dari 4 halaman

Kata-kata Sakit Hati dan Kecewa untuk Teman

• The worst pain in the world goes beyond the physical. Even further beyond any other emotional pain one can feel. It is the betrayal of a friend.

• Mungkin dikhianati orang lain tidak akan sesakit ini, karena dikhianati teman ibarat benalu yang hidup di batang anggrek. Sakit untuk kebahagiaan orang lain.

• Terima kasih karena yang kau buat sudah membuatku kecewa, ini hikmah berteman sama kamu.

• Benar pepatah bijak mengatakan, lebih baik banyak musuh dan nyata, daripada punya satu teman yang selama ini kita percaya ternyata musuh dalam selimut.

• Sebelum menjadi pengkhianat dulu dia bernama sahabat.

• Some people aren’t loyal to you. They are loyal to their needs of you. Once their needs change, so does their loyalty.

• Sometimes you have to give up on people. Not because you don’t care, because they don’t.

• I’d rather have no friends than fake ones.

• The worst thing ever is seeing your best friend slowly replacing you with another friend.

4 dari 4 halaman

Kata-kata Sakit Hati dan Kecewa untuk Diri Sendiri

• And she finally gave up, dropped the fake smile as a tear ran down her cheek and she whispered to herself “I can’t do this anymore”.

• All I want to do right no is cry and scream and let it all out because it’s killing me inside.

• Crying is how your heart speaks, when your lips can’t explain the pain you feel.

• I acted like it wasn’t a big deal, when really it was breaking my heart.

• Patah hati itu seperti menderita patah tulang. Dari luar semuanya terlihat baik baik saja, tapi untuk bernapas saja sakit.

• Lebih baik dalam kesendirian daripada dalam hubungan yang buruk.

• Teruntuk masa lalu, berhentilah menepuk punggungku. Aku tidak ingin melihat ke belakang.

• Aku tidak marah.. Aku hanya kecewa.

• Kamu berharga.. Kamu spesial.. Kamu pasti bisa.. Kamu pantas bahagia.. Jangan dengarkan orang lain yang menyakitimu.

Bagaimana, sudah menemukan kata-kata yang pas untuk mengekspresikan perasaanmu? Demikian kumpulan kata-kata sakit hati dan kecewa. Selalu diingat bahwa rasa sakit hati dan kecewa adalah sebagian proses hidup yang tak bisa kita hindari dalam sebuah hubungan ataupun interaksi dengan orang lain. Jadikan pembelajaran agar kita menjadi lebih baik lagi.


Reporter: Loudia Mahartika

Piatek Siap Jadi Pengganti Higuain di AC Milan

Liputan6.com, Milan – Bomber Genoa, Krzysztof Piatek bersedia untuk menjadi pengganti dari Gonzalo Higuain yang dirumorkan segera hengkang dari AC Milan pada bursa transfer musim dingin Januari ini.

Piatek menjadi bahan pembicaraan di Serie A musim ini. Bagaimana tidak, pria 23 tahun itu beranjak dari pemain yang namanya tak dikenal menjadi salah satu mesin gol paling berbahaya di Italia.

Hingga kini Piatek sudah mencetak 19 gol bagi Genoa di semua kompetisi. Hebatnya, gol-gol tersebut diciptakan pemain internasional Polandia itu hanya dari 21 pertandingan.

Rasio gol yang luar biasa membuat Piatek menarik perhatian klub-klub top Eropa. Terbaru, AC Milan kabarnya ikut dalam perburuan Piatek setelah makin kencangnya kabar Higuain yang tidak betah.

Kini seperti dilansir Sport Mediaset, AC Milan berada di urutan terdepan untuk mendapatkan tanda tangan Piatek karena eks pemain Cracovia itu ingin membela Milan.

Sport Mediaset menyebut bahwa Milan merupakan satu-satunya klub yang bisa menjamin Piatek akan mendapat tempat di skuat utama dan menjadi sosok sentral dalam proyek mereka.

Meski demikian, ambisi Milan terhalang soal biaya. Il Diavolo Rosso kini berada dalam pengawasan ketat oleh UEFA terkait masalah Financial Fair Play, sementara Genoa kabarnya meminta bayaran senilai 50 juta euro untuk Piatek.

2 dari 2 halaman

Situasi Higuain

Higuain sendiri kabarnya saat ini tengah merasakan kegalauan di Milan. Pemain yang dipinjam dari Juventus itu diisukan tengah diincar Chelsea.

Higuain disebut ingin meninggalkan Rossoneri pada Januari ini, atau lebih cepat dari masa peminjaman yang harusnya berakhir pada penghujung musim nanti.

Keinginan Higuain untuk hengkang dari San Siro pun sudah dikonfirmasi oleh allenatore Milan, Gennaro Gattuso. Meski mengaku masih membutuhkan Higuain, akan tetapi Gattuso menegaskan bahwa saat ini keputusan ada di tangan bomber asal Argentina tersebut.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

PDIP Kritik Konten Pidato Indonesia Menang, Tapi Puji Vokal Prabowo

Jakarta – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik pidato ‘Indonesia Menang‘ capres Prabowo Subianto. Hasto menilai pidato Prabowo bernada pesimistis dan mencerminkan kegagalan diri eks Danjen Kopassus itu sendiri.

“PDI Perjuangan sudah menduga isinya akan seperti itu. Sebab, di mata Pak Prabowo semua adalah kegagalan sesuai pengalamannya sendiri,” kata Hasto dalam keterangan tertulis, Selasa (15/1/2019).

Menurut Hasto, pidato Prabowo itu terkesan menihilkan prestasi Indonesia. Ia pun menyebut pidato penuh ilusi itu disampaikan dengan teleprompter.
“Menihilkan prestasi Pak Jokowi dan Pak JK (Jusuf Kalla) hanya akan mengurangi elektoral Pak Prabowo-Sandi. Tidak hanya di Jawa dan Sulawesi. Masyarakat Sumatera, Kalimantan, NTT, Papua, dan Indonesia Timur lainnya yang telah merasakan sentuhan kebijakan Pak Jokowi-JK kami pastikan kurang respek dengan pidato retorik-telepromter tersebut,” sebut Hasto.

Dia mengatakan kini skor Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019 sudah 3-0. Hasto menyebut pidato Prabowo hanya retorika belaka.

“Dengan demikian, jika pidato visi misi Prabowo-Sandi tersebut dilihat dalam perspektif kemanusiaan, kerakyatan, dan komitmen terhadap apa yang telah dilakukan oleh Pak Prabowo dan Partai Gerindra, maka skornya 3-0 untuk kemenangan Pak Jokowi,” ujarnya.

Hasto pun menambahkan, Indonesia dibangun berlandaskan niat baik dan pemikiran positif. Menurut dia, strategi yang digunakan Prabowo dalam berpidato malah menjadi serangan balik bagi dirinya.

Namun, ada satu hal yang Hasto apresiasi dari pidato ‘Indonesia Menang’ Prabowo. Apa itu?

“Strategi model menyerang justru menjadi arus balik, yang justru malah mengingatkan masa lalu Pak Prabowo. Hal yang kami apresiasi dari pidato tersebut adalah vokal dan intonasi Pak Prabowo jauh lebih baik,” tutur Hasto.

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menyampaikan pidato kebangsaan di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/1). Dalam pidato tersebut, keduanya memaparkan visi-misi koalisinya dan mengkritik beberapa kebijakan pemerintah dari ekonomi hingga sikap aparat negara.
(tsa/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kenapa Anies Baswedan Berambisi JPO dan Trotoar Harus Artistik?

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan trotoar yang ada di DKI Jakarta harus tampak artistik.

“Mengapa JPO, trotoar itu harus dibangun dengan artistik, karena kita ingin jalan kaki semata-mata dipandang sebagai perjalanan pengalaman,” ujar Anies di Jakarta, Senin (15/1/2019).

Beberapa waktu lalu, Anies telah mengecek dua proyek revitalisasi JPO Bundaran Senayan dan JPO Gelora Bung Karno. Dua JPO tersebut memiliki desain arsitektur unik dan berbeda dibanding desain JPO lainnya.

Anies mengatakan bahwa dirinya mengecek ketinggian-ketinggian yang nantinya akan dirasakan pejalan kaki sebagai pengalaman unik dari dua JPO berdesain unik tersebut.

“Jalan kaki dipandang sebagai pengalaman, setiap waktu orang melewati, mengalami unik yang berbeda. Nah desainnya harus memastikan bahwa itu terintegrasi dengan suasana yg ada di sekitarnya,” imbuh Anies, seperti dilansir Antara.

Hingga saat ini, proses revitalisasi JPO Bundaran Senayan dengan JPO Gelora Bung Karno Jakarta Pusat masih terus berlangsung.

2 dari 2 halaman

Cek Lapangan

Pengecekan yang dilakukan oleh Anies dilakukan bersandarkan oleh cuaca dan waktu untuk merasakan kendala pejalan kaki serta melihat ketinggian JPO yang dilewati.

“Kemarin kita ngecek pada saat hujan, saat sore, pagi, saya ajak mereka untuk merasakan sendiri. Beda tidak ketinggian-ketinggiannya. Kalau progres, tanya kepada pelaksana, kendala utamanya pada hujan, ujar Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Pindah Kerja ke Daerah Ini Dapat Duit Rp 140 Juta

Liputan6.com, Montpelier – Ada satu daerah yang menarik minat tenaga kerja baru lewat iming-iming uang. Daerahnya pun terkenal indah dan memiliki sistem pemerintahan yang baik, yaitu Vermont di Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan dari The Ladders, para pegawai yang mau kerja dari Vermont akan diberi duit uang USD 10.000 atau Rp 140 juta (USD 1 = Rp 14.067). Kata kuncinya adalah “bekerja dari Vermont”, sebab pegawai harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu.

Kemudian, pegawai itu pindah ke Vermont dan melaksanakan kerja secara remote (jarak jauh). Nama program ini adalah Remote Worker Grant Program dan disetujui oleh legislator Vermont.

Menurut aturan resmi, pekerja itu harus menjadi warga full-time di Vermont setelah 1 Januari 2019. Uang tersebut akan diberikan sebagai reimbursement biaya kepindahan si pegawai ke negara bagian tersebut dengan perhitungan USD 5.000 (Rp 70 juta) per tahun dan pegawai bisa memperbarui pendanaan mereka di tahun 2020.

Yang terpenting adalah pegawai tidak boleh sampai salah mengisi formulir yang diberikan agar tidak menghambat aplikasi mereka. Sebab, mereka yang ingin kerja di Vermont lewat program ini  harus cepat melamar, karena terbatasnya ketersediaan dana, yaitu hanya USD 500 ribu (Rp 7 miliar).

Negara bagian Vermont di timur laut AS terkenal akan daerahnya yang hijau, dan terpatri keindahan pohon-pohon mapple. Yang paling menarik dari Vermont adalah sistem kesehatan yang terjangkau, bahkan gratis.

2 dari 2 halaman

Pegawai Rugi Besar Jika Istirahat Sambil Kerja

Apakah kamu tipe pegawai yang kerja sambil istirahat? Menurut penelitian, ternyata itu justru bisa merugikan pegawai.

Dilansir dari The Bulletin, sebuah penelitian di Belgia menunjukkan pegawai yang istirahat sambil kerja bisa merugikan diri mereka secara finansial. Kerja saat istirahat pun sama saja seperti kerja gratis. 

Akibatnya, pegawai di Belgia rugi 1.000 euro atau Rp 16 juta (1 euro = Rp 16.093) tiap bulannya bila akibat tak memakai waktu istirahat sepenuhnya. Pegawai di sana ternyata hanya istirahat selama setengah waktu yang tersedia.

Berdasarkan survei StepStone, rata-rata dari 5.000 pegawai hanya berisitrahat selama 22 menit. Rata-rata jam istirahat yang disediakan perusahaan Belgia adalah 40 menit. Banyak dari mereka juga makan di meja kerja.

Sayang, ada pegawai yang menganggap merasakan tekanan dari atasan agar tidak beristirahat secara full. 28 persen responden di Wallonia mengungkapkan hal itu, dan 13 persen responsen Vlaanderen merasakan hal yang sama.

Lebih lanjut, 15 persen responden hanya makan siang secara singkat agar bisa pulang lebih awal. 10 persen mengaku karena terlalu sibuk, dan 15 persen lain mengaku istirahat siang tidaklah penting.

Minuman Dingin dan Manis Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?

Jakarta – Sebagian orang meyakini kalau suka mengonsumsi minuman manis dan dingin akan membuat badan gemuk. Benarkah? Simak jawabannya dari ahli gizi dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

Ia mengatakan, minuman manis yang dingin memang bisa membuat gemuk tapi bukan karena adanya reaksi antara rasa manis dan suhu dingin. “Kalau dingin itu hanya soal suhu, tapi suhu dingin itu secara psikologis membuat orang jadi ketagihan, badan jadi punya keinginan untuk menyejukkan tubuh kembali,” kata Rita, dilansir Antara, Minggu 13 Januari 2019.

Sebaliknya, rasa manis yang justru membuat gemuk kalau energi dari gula yang dikonsumsi tidak disalurkan melalui aktivitas fisik yang sesuai. “Hormon dan rasa haus jadi tak terkendali. Itu yang bikin tubuh jadi gemuk,” ucapnya lagi.

Minuman manis, disebut Rita, lebih bisa bikin gemuk dibanding makanan karena saat masuk, lambung tak akan merasakan apa-apa lantaran bentuknya yang cair dan bisa langsung terserap. Menurut Rita, gula berlebih dalam tubuh akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak di sejumlah tempat, di bawah kulit, perut dan organ dalam tubuh.

“Lemak sebetulnya esensial, tapi kalau jumlahnya melebihi yang dibutuhkan akan mengganggu metabolisme dan hormon bisa jadi resisten,” ucapnya.

Contohnya, hormon yang memberi sinyal kenyang tak akan lagi sensitif pada mereka yang kelebihan lemak. Metabolisme juga terganggu membuat kemampuan tubuh untuk mengolah energi menurun.

“Akibatnya, orang akan bilang makan segini doang kok gemuk ya? Sehingga semua akan jadi jaringan lemak,” ujar Rita tentang efek minuman dingin dan manis.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menikmati Makanan Menarik dari Berbagai Negara, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Setiap negara tentu memiliki kekayaan kuliner tersendiri bahkan tidak jarang, hidangan menarik tersebut menjadi favorit banyak orang. Hal ini dapat dilihat dari besarnya antusiasme pengunjung dan menjamurnya kuliner negara tertentu di luar negeri.

Bicara soal hidangan dari berbagai negara, ada beberapa makananyang wajib Anda coba. Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum oleh Cashbac seperti di bawah ini.

1. Jepang

Hidangan Jepang menjadi salah satu favorit banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Santapan seperti sashimi, udon, sushi telah akrab dengan lidah orang Indonesia. Ingin mencoba cita rasa berbeda dari sushi? Anda dapat mengunjungi Kobeshi untuk menyantap shabu-shabu serta BBQ di WAKI.

2. Korea

Selain Jepang, hidangan dari Korea juga masuk dalam daftar kesukaan. Hidangan itu seperti ayam goreng Korea, bibimbap, samgyetang dengan kuah ginseng yang begitu terasa.

Sedangkan di Jakarta, telah ada beragam restoran Korea. Satu di antaranya adalah Young Dabang yang berlokasi di Senopati, Jakarta Selatan. Rasakan rasa makanan otentik dari Negeri Ginseng tersebut.

3. India

Hidangan India juga menjadi favorit banyak orang. Anda ingin merasakan sajian yang memiliki cita rasa berbeda? Bisa didapatkan dengan singgah di D’Bollywood, Little India & Little Thai, atau Taal Indian Restaurant.

Jika menyukai ayam, Ayam Tandoori dapat dicoba. Atau butter chicken yang merupakan daging ayam dibalur dengan kari rasa mentega yang gurih.

4. Singapura

Sementara dari Singapura memiliki ragam kuliner yang menggunggah selera. Sebut saja nasi hainan yang disantap bersama roasted chicken atau steamed chicken. Ingin merasakan cita rasanya? Anda dapat mampir ke Wee Nam Kee.

5. Italia

Siapa yang tidak mengetahui makanan Italia yang telah mendunia. Sebut saja pizza, pasta, atau gelato sebagai makanan penutup. Di Jakarta sendiri Anda dapat menyantap sajian Italia di Pisa Kafe Menteng yang menyediakan pizza sepanjang satu meter dengan empat topping.

Keempat topping itu adalah tuna dan paprika, smoked beef dan mushroom, salame beef dan onion, serta smoked chicken. Ingin dessert, Anda dapat singgah ke aROMA gelato yang memiliki lebih dari 30 pilihan rasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini: