Ahli Bersaksi, Ratna Merasa Tak Ada Urgensi

Jakarta – Sejumlah ahli dari pidana, bahasa hingga digital forensik dihadirkan dalam sidang hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet. Tapi Ratna menyebut keterangan para ahli yang dibawa jaksa itu tak urgen.

Ahli bahasa Dr Wahyu Wibowo menjelaskan makna kata keonaran terkait perkara hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet. Wahyu menyebut keonaran bermakna membuat gaduh atau keributan.

“Keonaran dari kata onar. Onar dari fakta kamus adalah keributan. Dalam konteks tersebut, keributan tak harus secara fisik. Keonaran itu bisa saja buat orang bertanya-tanya, buat orang gaduh dalam konteks filsafat bahasa,” kata Wahyu berpendapat sebagai ahli dalam sidang lanjutan Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jaksel, Jl Ampera Raya, Kamis (25/4/2019).

Sementara itu, ahli pidana Dr Metty Rahmawati Argo menegaskan pasal soal penyebaran kebohongan yang menimbulkan keonaran pada Pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1946 masih relevan. Sebab, belum ada keputusan yang mencabut atau membatalkan UU Itu.

Dr Metty menjelaskan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 dikeluarkan saat masa pemerintahan Presiden Soekarno. Menurutnya, undang-undang tersebut dikeluarkan agar tidak ada keonaran yang diakibatkan demonstrasi, sebab saat itu pemerintahan baru terbentuk.

Ratna Sarumpaet kemudian mengkritik ahli bahasa yang dihadirkan jaksa. Ratna bahkan meragukan kompetensi ahli bahasa bernama Dr Wahyu Wibowo.

“Kalau yang bahasa agak ngawur. Saya malah ragu dia ahli bahasa apa bukan, karena dia selalu berputar-putar dari konteks. Dia bahkan mengabaikan kamus besar. Kamus besar itu kan memang beda banget,” katanya saat sidang diskors.

Merasa Ada yang Janggal, 2 Komisaris Garuda Tolak Laporan Keuangan 2018

Jakarta – 2018 menjadi tahun yang membanggakan bagi PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Maskapai pelat merah itu tiba-tiba meraup laba dari sebelumnya bertubi-tubi merugi.

Menurut laporan keuangan GIAA 2018, perusahaan mencatatkan laba bersih sebesar US$ 809,85 ribu atau setara Rp 11,33 miliar (kurs Rp 14.000). Padahal di kuartal III-2018 Garuda Indonesia masih mengalami kerugian sebesar US$ 114,08 juta atau atau Rp 1,66 triliun jika dikalikan kurs saat itu sekitar Rp 14.600.

Ternyata ada yang aneh dengan laporan keuangan tersebut. Dua komisaris perusahaan pun menyatakan keberatan dan tidak menandatangani laporan keuangan tersebut.

Ada transaksi aneh yang sebenarnya masih bersifat piutang namun dimasukkan sebagai pendapatan oleh manajemen. Alhasil kinerja Garuda Indonesia berbalik arah di bulan-bulan terakhir 2018.

Berijut berita rangkumannya di detikFinance:

(das/ang)

Liverpool vs Chelsea: Klopp Merasa The Reds Bermain Melawan Angin

Liputan6.com, Liverpool – Liverpool sukses melibas Chelsea 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di Anfield, Minggu (14/4/2019). The Reds menang berkat gol Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Meski terlihat seusai rencana, kemenangan Liverpool ternyata diraih tak mudah. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan, timnya mengalami hambatan di babak pertama.

“Saya tahu saya tidak bisa berbicara soal angin, tetapi biarkan saja. Di babak pertama kami bermain melawan angin. Pada babak kedua, angin mendukung kami dan Anda bisa lihat itu bagi kedua tim. Itu sulit,” kata Klopp seperti dilansir Skysports.

Pertandingan Liverpool vs Chelsea berlangsung sengit sejak peluit tanda babak pertama dimulai berbunyi. Maklum, kedua tim sedang membutuhkan poin penuh demi target masing-masing.

Namun gol yang ditunggu baru lahir di babak kedua. Jordan Henderson melepaskan umpan lambung ke tiang jauh dan diselesaikan Mane lewat sundulan di menit 51.

Selang dua menit kemudian, Salah membuat Anfield bergemuruh usai tendangan jarak jauhnya gagal ditahan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Girls in The City, Cleo Merasa Terpukul Akibat Perbuatan Juan

Liputan6.com, Jakarta – Demi mengobati rasa penasaran penonton akan kelanjutan kisah Salsa CS, Girls in The City sekarang tayang dua kali dalam seminggu. Setiap Selasa dan Kamis pukul 19.00 WIB.

Di episode Girls in The City yang tayang pada (11/4/2019) terjadi sesuatu yang mengejutkan bagi Cleo. Ia harus kehilangan kesuciannya karena direnggut oleh Juan.

Bermula saat Cleo yang terlalu mabuk, dibawa Juan pergi menginap di hotel. Walaupun Salsa sudah memperingatinya namun Cleo menolak dan memilih tetap bersama Juan.

Pada akhirnya Cleo merasa terpukul atas perbuatan Juan, pria yang dicintainya. Bagaimana nasib Cleo? Simak kisah selengkapnya Girls in The City hanya di Vidio.com.

Episode Girls in The City kali ini, Cleo merasa terpukul karena kesuciannya direnggut Juan

Mahasiswa Australia Merasa Politisi di Indonesia Lebih Muda dan Kreatif

Canberra

Perbincangan dan perdebatan antar netizen di Indonesia soal dua pasangan calon presiden/wakil presiden telah menjadi salah satu materi dalam mata kuliah bahasa Indonesia di Australia.

Belajar Pemilu dan Politik Indonesia
Belajar pemilu Indonesia:

  • Mahasiswa Australia belajar politik Indonesia melalui apa yang dibahas di jejaring sosial
  • Mereka menganggap pemilu Indonesia sebagai pesta yang ramai dan penuh warna
  • Diantara materi yang digunakan adalah meme dan beberapa lagu dukungan pada calon presiden

Seperti yang sedang dipelajari oleh mahasiswa kelas Budaya dan Bahasa Indonesia di Monash University, Melbourne, di mana topik pemilu menjadi bagian dari upaya untuk lebih memperkenalkan Indonesia.

Dengan 192 juta orang yang sudah terdaftar sebagai pemilih dan lebih dari 240 ribu orang yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat, pemilu di Indonesia akan menjadi salah satu yang paling besar di dunia.

Di Australia, sejumlah media dan pengamat, seperti Lowy Institute bahkan menyebutnya sebagai salah satu pemilu yang paling kompleks di dunia.

Tetapi di kalangan mahasiswa, pemilu di Indonesia tidaklah dilihat sebagai “sesuatu yang mengerikan”, seperti yang dikatakan Yacinta Kurniasih, dosen bahasa dan akademis kajian Indonesia di Monash University.

Foto seorang penyanyi ternama dengan tulisan calon presiden periode 2014-2019
Meme bergambar Justin Bieber jadi salah satu bahan yang dibahas oleh Yacinta di kelasnya. (Foto: Koleksi Yacinta)

Yacinta mengaku sengaja memilih jejaring sosial untuk memperkenalkan politik dan pemilu Indonesia, ketimbang dari laporan di media atau jurnal akademik.

Menurutnya, cara belajar budaya dan bahasa Indonesia perlu lebih kreatif untuk meningkatkan minat mempelajari Indonesia.

“Sekarang ini adalah era jejaring sosial dan Indonesia jadi salah satu negara yang sangat memanfaatkannya,” jelas Yacinta kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

“Mereka belajar pemilu Indonesia lewat meme yang beredar di jejaring sosial, juga lagu-lagu yang dibuat untuk kedua kandidat,” ujar Yacinta.

Di Indonesia perdebatan soal pilihan politik, khususnya di jejaring sosial seperti Facebook dan Whatsapp group telah memicu perpecahan dalam keluarga.

External Link: Video mengajarkan politik di Indonesia

Tetapi setelah mengamatinya, murid-murid Yacinta menganggap pemilu di Indonesia sebagai sebuah pesta besar demokrasi “yang ramai penuh dengan warna”.

“Mereka juga merasa politisi di Indonesia banyak yang lebih muda dan kreatif dibandingkan di Australia.”

Anda bisa menonton seperti apa Yacinta menjelaskan meme politik dan sepuluh jenis bentuk sosial media yang populer di Indonesia disini.

Ia juga memilih beberapa lagu dari kedua pendukung calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto, seperti Indonesia Bangkit yang dibawakan Ahmad Dhani serta lagu Goyang Jempol Jokowi Gaspol yang diproduksi Kill the DJ.

Sebagai tugas, Yacinta meminta murid-muridnya untuk membuat poster dan vlog yang rencananya akan diunggah di YouTube.

Ini berbeda dengan tugas-tugas kuliah di Australia yang biasanya menulis essay atau presentasi di kelas.

Ikuti berita-berita lainnya dari seputar pemilu Indonesia di Australia hanya di ABC Indonesia.


(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Joan Mir Merasa Tak Kagok Tampil di MotoGP

Jakarta Pembalap Suzuki Ecstar Team, Joan Mir, mengaku menikmati debutnya tampil di ajang MotoGP. Ia merasa persaingan di Moto2 membuatnya tak grogi saat bersaing dengan pembalap top di kelas utama.

Pembalap asal Spanyol tersebut tampil selama semusim di kelas Moto2. Memperkuat Marc VDS Racing Team, Joan Mir menyudahi balapan musim 2018 dengan bercokol di peringkat enam klasemen akhir pembalap.

Tampil impresif bersama Marc VDS Racing Team membuat Suzuki kepincut untuk memakai jasanya. Joan Mir pun resmi membela tim Suzuki Ecstar di MotoGP 2019.

Bersaing di kelas para raja, Joan Mir yang berstatus sebagai rookie tampil cukup baik. Pada seri pembuka di Qatar, 9 Maret 2019, Mir mampu finis di posisi 10 dengan catatan waktu 1 menit 54.402 detik.

Akan tetapi, saat membalap di MotoGP Argentina, pembalap 21 tahun itu gagal finis. Dia tak mampu menyudahi balapan pada lap keempat akibat mengalami masalah pada ban motornya.

“MotoGP terdiri dari para pembalap terbaik di dunia, dan nyaris semua pembalap berada di sana setelah melalui kelas balap yang juga saya lalui, yakni Moto3 dan Moto2,” ujar Mir.

“Para pembalap harus banyak berubah dari Moto3 ke Moto2, tetapi tak terlalu banyak dari Moto2 ke MotoGP. Moto2 adalah filter yang membuat MotoGP diisi oleh para pebalap terbaik di dunia,” ujar juara dunia Moto3 2017 tersebut.

Marquez Juara, Rossi Kalahkan Dovizioso

Main di Markas Barcelona, Gelandang Atletico Merasa Kerap Dirugikan Wasit

Liputan6.com, Barcelona – Gelandang Atletico Madrid, Koke, marah setelah kekalahan dari tuan rumah Barcelona dalam pertandingan lanjutan kompetisi Liga Spanyol pekan ke-31 Blaugrana menang 2-0 atas Los Colchoneros.

Dalam laga itu, Atletico harus bermain dengan 10 orang setelah Diego Costa mendapat kartu merah. Penyebabnya, Diego Costa dianggap bersikap berlebihan kepada ofisial pertandingan.

Koke mengeluhkan sikap wasit yang agak lebih keras setiap Atletico bermain di markas Barcelona, Camp Nou. Dia juga menilai Diego Costa tidak layak diusir wasit pada menit ke-20.

“Setiap kali kami datang ke sini (ke Camp Nou), sesuatu terjadi,” kata Koke setelah pertandingan, seperti dilansir Tribal Football.

“Dalam 11 pertandingan terakhir kami di sana, saya pikir sudah ada tujuh kartu merah dan tidak semuanya keputusan yang tepat,” beber pemain berpaspor Spanyol ini.

Dua gol Barcelona dicetak Luis Suarez pada menit ke-85 dan Lionel Messi pada menit ke-86. Kekalahan ini juga membuat Atletico kian tertinggal dari tim asal Katalan tersebut di klasemen sementara Liga Spanyol.

Jokowi: Saya Tak Pernah Merasa Capek untuk Negara dan Rakyat

Sorong – Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani agenda kampanye yang padat. Dia mengaku tidak pernah merasa lelah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat kampanye di Aimas Convention Centre, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (1/4/2019) malam. Jokowi menjelaskan kegiatannya sepanjang hari itu.

“Saya dari subuh jam 5 tadi, besok pagi-pagi subuh sudah ke Sumsel ke Palembang. Tapi saya sekali lagi tidak pernah merasa capek karena ini untuk negara untuk rakyat semuanya,” kata Jokowi.


Jokowi pun bertanya soal postur tubuhnya. Dikatakan Jokowi, jika dirinya terlihat gemuk itu karena kesan dari baju yang dia kenakan.

“Bapak ibu lihat, saya semakin kurus atau semakin gemuk? Kalau saya kelihatan gemuk coba lihat itu bajunya saja. Kalau pengen gemuk bajunya saya gedein dikit,” katanya.

Jokowi juga memuji kehadiran pendukungnya dalam kampanye yang berlangsung di Kota Sorong nyaris tengah malam itu. Untuk diketahui, kampanye di Kota Sorong tersebut baru dimulai pukul 23.00 WIT.

“Saya menghargai, saya sangat menghormati bapak ibu sekalian yang sudah menunggu di jam 11 lebih di tempat yang berbahagia ini,” katanya.

Untuk diketahui, sejak pagi tadi Jokowi menjalani kegiatan kampanye di Jayapura, Papua. Malam harinya dia menyambangi Kota Sorong, Papua Barat. Di hari sebelumnya, Jokowi berkampanye di Makassar, Gowa dan Manado.
(jor/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sinopsis Sinetron SCTV Orang Ketiga Episode Senin 25 Maret 2019: Novi Merasa Ada Ikatan Batin dengan Yura

Liputan6.com, Jakarta Orang Ketiga, Senin malam tentang Putra di rumah yang sedang mengurus Yura yang rewel. Babysitter menghampiri dan ambil alih Yura. Mau dia bawa ke taman, biar hirup udara segar. Babysitter bawa Yura ke taman. Tapi Yura masih rewel. Pas Novi malah datang.

Novi lihat Yura nangis, langsung nggak tega. Dia langsung ambil dan gendong. Yura malah bisa tenang. Deg! Novi tercekat. merasa ada ikatan batin sama ank Yuni dan Putra itu. Novi bingung sendiri. Babysitter juga bingung. Putra keluar. Kaget lihat Yura bisa tenang dan malah lagi asyik becanda sama Novi.

Sementara di episode Orang Ketiga malam ini juga, Putra tercekat. flashes: seperti lihat Yuni lagi main sama Yura. Tapi Putra gelengkan kepala. Itu bukan Yuni. Putra berdeham. Novi minta maaf. Tadi refleks lihat Yura nangis langsung ingin gendong. Novi baliki ke babysitter. Novi ke dalam ketemu Putra dan ayahnya, Salman.

Novi kasih buah tangan ke Salman sebagai ucapan terimakasih karena sudah mau menampung dia. Novi sendiri tampak serba salah dan kepikiran sendiri. Soal tadi Yura langsung diam dan ketawa begtu ada di gendongannya….

Apa yang terjadi di Orang Ketiga selanjutnya…¬†

Lukaku Merasa Lebih Cepat Dibandingkan Rashford dan Lingard di MU

Manchester – Romelu Lukaku mengklaim sebagai yang tercepat diantara pemain Manchester United (MU) lainnya. Dia merasa bisa kalahkan Marcus Rashford dan Jesse Lingard dalam hal kecepatan.

Lukaku memiliki postur tubuh yang kekar dan besar. Hal itu membuatnya diragukan memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk menjadi striker.

Namun, fakta berkata lain. Menurut data pengukuran kecepatan klub, Lukaku adalah satu di antara pemain MU yang memiliki kecepatan tinggi.

Hal itu juga diakui sendiri oleh Lukaku ketika mendapat pertanyaan dari suporter.

“Saya adalah pemain tercepat di klub. Anda bisa bertanya kepada staf pelatih, mereka pasti bisa mengonfirmasi kecepatan saya,” ujar Lukaku.

“Data tersebut membuat saya bertanya-tanya, kenapa semua orang menyebut saya sebagai pemain yang lamban,” ungkap Lukaku.

Pada musim 2017-18, Lukaku merupakan satu di antara lima pemain tercepat di MU. Ia mencatatkan waktu sprint 34,84km/jam.

Lukaku mengungguli sejumlah pemain MU lainnya, termasuk Rashford, Lingard, dan Antonio Valencia.

Berita video pemain-pemain yang masuk dalam daftar tercepat dalam berlari saat berlaga di skuat Manchester United. Siapa sajakah?