Merapi Kembali Semburkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter

Liputan6.com, Jakarta – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengabarkan bahwa Gunung Merapi di Jawa Tengah meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncuran 1.500 meter pada Rabu pagi.

Melalui akun Instagram BPPTKG disebutkan, luncuran itu terjadi pukul 04.23 WIB, dengan durasi 150 detik dalam jarak 1.500 meter ke arah hulu Kali Gendol.

“Berdasarkan pengamatan BPPTKG periode Selasa, 26 Maret 2019 hingga hari ini, Rabu (27/3/2019) pukul 06.00 WIB, terdapat 3 kali guguran lava Merapi dengan jarak luncur 750-900 meter ke hulu Kali Gendol,” ujar BPPTKG dalam keterangannya.

Kemudian pukul 08.05 WIB terjadi awan panas guguran dengan durasi 99,84 detik. Awan panas ini tidak terpantau secara visual karena cuaca yang berkabut.

Hingga kini, Gunung Merapi masih bertastus Level II atau Waspada. BPPTKG mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Merapi.

Masyarakat juga diimbau agar waspada terhadap bahaya lahar, terutama saat terjadi hujan di kawasan Gunung Merapi. Terutama bagi warga yang tinggal di kawasan Kali Gendol agar meningkatkan kewaspadaan.

Reporter: Dewi Larasati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *