Operasi Penyelamatan Pahu di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan – Pagi-pagi, Pahu (20) terlihat bersemangat menapaki sekeliling boma, kandang buatan hutan Kelian Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim). Sesekali badak betina seberat 356 kilogram ini mengendus sekaligus menukil tanah mempergunakan moncongnya di kubangan lumpur.

Hewan mamalia besar bernama latin decerorhinus sumatrenis ini sepertinya sedang mencari sisa makanan.

“Pagi hari memang merupakan jadwalnya masuk kandang rawat untuk meminta makan,” kata Koordinator Tim Rescue Badak Kalimantan, Arif Rubianto, beberapa waktu lalu.

Rutinitas Pahu memang seperti itu setiap paginya. Badak Sumatra ini gemar menikmati ragam pakan dedaunan dan buah buahan khas Kalimantan. Satwa langka yang ditemukan di Kubar ini menyukai tiga jenis makanan, yakni rumpun semak, akar pohon (liana), dan buah nangka.

Kedatangan pawang sembari membawa keranjang pakan pun tidak luput perhatiannya. Salah seorang keeper tim rescue ini cukup mencicit menirukan bunyi persis disuarakan badak. Suaranya persis lumba-lumba yang dibunyikan terus menerus.

“Kadang kala suaranya seperti kicauan burung,” papar Arif.

Seolah paham panggilan makan, Pahu setengah berlari memasuki kandang. Badak Sumatra ini lahap menikmati pakan segar kegemarannya.

Kala badak asyik bersantap dimanfaatkan tim medis mengobservasi kesehatan fisiknya. Seluruhnya diperiksa, mulai ujung kepala hingga setiap pangkal buku kakinya.

Kesimpulannya, badak Pahu dalam kondisi prima. Kesehatannya terus membaik terlihat dari peningkatan signifikan berat badannya menjadi 356 kilogram. “Berat badan badak semula hanya 320 kilogram.  Sekarang sudah naik dan kesehatannya normal,” ungkap Arif.

Selama tiga bulan terakhir, Pahu memperoleh penanganan khusus dari tim medis maupun pawang. Tidak sembarang orang diperkenankan berinteraksi dengan badak yang statusnya sangat terancam ini. Salah satu alasannya, menjaga agar badak tidak berlaku jinak terhadap manusia.

“Nantinya badak akan dilepaskan di alam liar. Hanya keeper khusus yang boleh memberi makan mempergunakan tangan. Petugas lainnya dilarang mendekati pagar perawatan,” ujar Arif.

Selesai memperoleh perawatan, Pahu lantas dibiarkan kembali ke kandang utamanya berukuran 50 x 80 meter. Tempat dimana ia menghabiskan waktunya seharian bermalasan.

2 dari 3 halaman

Badak di Belantara

Kegiatan badak terbilang monoton, berkubang dalam lumpur, menggosok badan, makan siang, berendam air, tidur siang, makan sore, tidur malam hingga dilanjutkan pagi harinya.  

“Seluruh aktifitasnya terekam dalam cctv di pagar kandang,” ungkap Arif.

Selama itu pula, mereka mengidentifikasi ciri fisik badak setinggi 101 centimeter dan berat 356 kilogram. Ukuran badannya terbilang kerdil bila dibandingkan sejawatnya badak sumatra berukuran lebih kekar setinggi 145 centimeter dan berat 800 kilogram.

Selain itu, gigi seri badak kalimantan saat dihitung sebanyak empat buah, sedikit lebih banyak dari badak sumatra hanya dua buah.

Uniknya lagi, ciri fisik badak kalimantan pun berbeda dengan kerabat dekatnya, badak di Sabah Malaysia. Badak negeri jiran sedikit lebih besar dengan tinggi 120 centimeter dan berat 550 kilogram.

Hanya memang, kajian genetiknya menempatkannya dalam rumpun populasi badak sumatera. Soal keberadannya ribuan kilometer di Kalimantan masih misteri. Belum ada penjelasan ilmiah keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Pahu sendiri terperangkap lubang jebakan tim rescue di sekitar Sungai Kedang Pahu Kabupaten Kubar Kaltim, November lalu. Lokasi penemuan badak berdekatan dengan Sungai Pahu yang merupakan salah satu anakan Sungai Mahakam.

Nama sungai ini lantas diabadikan sebagai nama temuan badak kalimantan.

Penangkapannya merupakan prestasi sendiri mengingat tim berjibaku memburu badak kalimantan sejak tiga tahun terakhir. Mereka awalnya hanya menelusuri mitos soal keberadaan satwa langka badak di belantara.

Selama bertahun tahun, masyarakat Kaltim mendengar rumor kawanan badak. Informasinya bersumber dari warga adat dan pegawai perkebunan. Sayangnya memang belum ada bukti otentik keberadaannya.

Titik terang fakta keberadaannya mulai terkuak dua tahun silam, bulan Maret 2016. Tim rescue mendapati badak berusia 10 tahun terjerat senar jebakan pemburu. Badak malang lantas di evakuasi ke kantong populasi I Kubar.

Sayangnya, badak dinamai Najag ini gagal bertahan hidup. Badak sumatra ini menderita infeksi akut di kaki kirinya dimana terdapat luka jeratan sedalam 1 centimeter.

Peristiwa ini sepertinya menjadi pembelajaran tim rescue badak. Mereka akhirnya extra hati hati dalam penyelamatan penanganan badak yang populasinya diperkirakan tersisa tiga ekor di Kalimantan.

“Petugas rescue ada 40 orang yang mengawasi aktifitas badak selama 24 jam,” tutur Arif.

3 dari 3 halaman

Mencarikan Jodoh Pahu

Tim rescue ini pun akhirnya memperluas area pemantauan hingga masuk perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Kerja kerasnya terjawab dengan ditangkapnya Pahu di suatu kawasan di Kalbar.

Saat bersamaan, penggiat lingkungan sedang mengupayakan aktifasi pembangunan suaka badak seluas 6.700 hektare berlokasi di Kelian Kubar. Lokasi suaka ini nantinya bisa menjadi pusat perkembangbiakan satwa badak di Kalimantan.

“Temuan Pahu menjadi awal pembibitan badak,” ungkap Arif.

Sementara ini, sudah tersedia sarana kandang khusus perawatan, pembibitan, dan infrastruktur tim rescue lapangan. Secepatnya akan ditambah sarana baru seperti pedok, kandang rawat, karantina, klinik satwa, pondok pawang, pembibitan pakan, dan infrastruktur.  

Manusia harus campur tangan aktif dalam upaya penyelamatan keberlangsungan badak di Kalimantan. Proses perkembangbiakan diupayakan dengan mengawinkan spesies badak yang sama. Tugas utama adalah mencarikan badak jantan dijodohkan dengan Pahu.

“Ini program jangka panjang yang akan berlangsung selama 25 hingga 100 tahun kedepan,” tegasnya.

Tim rescue mencari kelompok kawanan Pahu yang masih tersisa. Bukan perkara gampang mengingat luasnya medan harus dijangkau. Apalagi mereka mengejar waktu dengan para pemburu liar.

Tim rescue memasang lubang jebakan di sejumlah lokasi perlintasan badak. Pemasangan jebakan diperluas hingga memasuki wilayah perbatasan di Kaltara dan Kalteng. “Kalau ada badak pejantan akan dikawinkan dengan Pahu,” sebutnya.

Di sisi lain, tim pun berjibaku membaca berbagai informasi dari camera trap sudah terpasang. Petugas melawan berbagai kendala seperti faktor cuaca, sulitnya medan hingga non teknis. “Sebelum turun di lapangan ada pelatihan dulu bagi pemula,” tuturnya.

Kalimantan Program Director WWF Indonesia Irwan Gunawan mengabarkan, Pahu merupakan sub spesies badak baru dunia. Badak ini memiliki kekerabatan yang erat dengan badak sumatra. Uji tes DNA sedang dilakukan guna memperkuat teori genetik badak ini.

“Ada kecenderungan temuan sub genetis spesies baru badak,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, keberadaan badak kalimantan terungkap berkat masifnya eksploitasi sumber daya alam di Kalimantan. Sejumlah wilayah jelajah badak sudah beralih rupa menjadi kawasan terbuka seperti pemukiman warga, pertambangan, dan perkebunan.

Hanya saja memang populasi badak ini berada dalam ambang gawat nyaris punah. Soal ini, WWF menjadi salah satu non goverment organization (NGO) yang mendorong realisasi pembentukan lokasi suaka di Hutan Restorasi Kelian Kubar.

Pihak pemerintah, dalam hal ini Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Sunandar tetap menguatarakan optimisnya dalam upaya penyelamatan badak. “Populasi kemungkinan badak masih tersisa 10 hingga 12 ekor. Keberadannya tersebar merata di seluruh hutan Kalimantan,” sebutnya.

Lokasi dugaan kuat perlintasannya sudah diketahui, hanya belum bisa di publikasi. Khawatirnya merangsang pihak lain melakukan perburuan.

Seluruh badak badak nantinya akan direlokasikan ke Hutan Kelian Kubar. Hutan ini menjadi pusat perkembangbiakan berkelanjutan badak kalimantan. Campur tangan manusia diharapkan mendorong populasinya menjadi 20 ekor.

Langkah terakhir adalah menetapkan lokasi hutan tempat pelepasliaran kawanan badak. BKSDA Kaltim menghubungi sejumlah daerah yang menyatakan kesediannya menjadi lokasi pelepasliaran badak. “Ada beberapa daerah bersedia menjadi lokasi pelepas liaran badak,” tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

4 Pemain yang Bisa Merapat ke Chelsea jika Zinedine Zidane Jadi Pelatih

Jakarta – Posisi manajer Chelsea, Maurizio Sarri masih belum aman. Isu pemecatan pria asal Italia ini kembali mengemuka, sejak The Blues ditekuk Manchester United 0-2 di Piala FA.

Salah satu nama yang muncul sebagai kandidat pengganti Sarri adalah Zinedine Zidane. Zidane saat ini masih menganggur setelah mundur dari jabatan pelatih Real Madrid pada akhir musim 2017/2018 lalu.

Zidane dikabarkan sudah memberikan sejumlah syarat jika menangani skuat Chelsea. Salah satunya adalah dana transfer sekitar 200 juta pounds.

Pelatih asal Prancis itu ingin mendapat sumber daya cukup untuk membenahi skuat Chelsea. Zidane ingin mendatangkan sejumlah pemain untuk mendongkrak performa The Blues.

Berikut ini lima pemain yang bisa didatangkan Zinedine Zidane apabila menjadi manajer Chelsea seperti dilansir Ronaldo.com.

2 dari 5 halaman

James Rodriguez

Bisa dibilang salah satu kesalahan terbesar Zinedine Zidane selama waktunya di Real Madrid, manajer Prancis itu tidak pernah menginginkan pemain Kolombia itu meninggalkan Real Madrid. Namun, persaingan di tim utama Los Blancos sangat ketat sehingga sang pemain harus pergi.

Memiliki pemain seperti Gareth Bale atau Cristiano Ronaldo membatasi selera Zidane dalam memilih pemain. Manajer Prancis selalu menyukai pemain ofensif yang lebih elegan daripada yang tercepat atau lebih atletis.

Namun, Bale dan Ronaldo adalah pemain yang selalu memberinya hasil yang lebih baik dan trofi dalam pertandingan penting.

Mengingat kedua pemain ini tidak ada di Chelsea, Zidane akhirnya bisa membawa pemain seperti James Rodriguez dan akhirnya membuatnya bermain.

3 dari 5 halaman

Marcelo

Bek kiri asal Brasil itu punya hubungan yang sangat istimewa dengan Zinedine Zidane selama mereka berada di Real Madrid. Manajer asal Prancis itu punya kemampuan untuk mengembalikan versi terbaik Marcelo dan memotivasinya untuk membantunya meraih lebih banyak trofi di London.

Marcelo sudah tidak lagi menjadi pilihan utama di bawah Santiago Solari. Posisinya saat ini ditempati oleh Sergio Reguilon.

Pemain berusia 30 tahun itu mungkin harus melanjutkan kariernya di tempat lain. Chelsea di bawah asuhan Zinedine Zidane jelas merupakan salah satu opsi yang paling menarik untuknya.

4 dari 5 halaman

Isco

Gelandang Spanyol ini juga merupakan salah satu pemain yang sudah tidak mendapat tempat di Real Madrid. Ia tak punya hubungan yang bagus dengan Santiago Solari dan ada banyak klub yang berminat menampungnya.

Isco harus membuat keputusan tetapi Zidane bisa merayunya untuk datang ke Chelsea. Pemain Spanyol itu selalu menjadi pemain favorit Zidane karena ia adalah pemain yang paling mirip dengan legenda Prancis itu ketika dia masih bermain sepak bola.

Jika Zizou menggantikan Maurizio Sarri, Isco kemungkinan akan datang ke Chelsea. Namun, untuk mendatangkan pemain berusia 26 tahun itu tentu tidak akan murah.

5 dari 5 halaman

Gareth Bale

Bale mengalami kesulitan di Real Madrid karena serangkaian cedera yang dialaminya di klub. Pemain Wales itu ingin menyelesaikan kontraknya dengan Los Blancos tetapi klub mungkin tidak ingin terus membayar pemain yang menghabiskan sebagian besar kariernya di ruang perawatan.

Jika ada klub besar datang dengan tawaran menarik untuk Gareth Bale, manajemen Los Blancos tidak akan ragu untuk menerima tawaran tersebut. Dengan demikian, Madrid bisa menyingkirkan pemain yang sudah mempersembahkan banyak piala tetapi kontribusinya tak maksimal karena cedera.

Zidane tentu akan mengambil risiko dengan Bale mengingat pemain Wales itu cukup sering menyelamatkan manajer Prancis itu. Mereka hanya perlu menyelesaikan segala perbedaan yang terjadi pada musim terakhir mereka bersama-sama.

Sumber: Bola.net

7 Destinasi Seru Terinspirasi Film, dari Mission Impossible hingga Marlina Si Pembunuh dalam 4 Babak

Liputan6.com, Jakarta – Film tak hanya menampilkan cerita menarik, tetapi latar tempat syuting bisa menjadi elemen pemikat mata penonton. Bahkan karena film, sejumlah tempat di dunia bisa dikenal khalayak luas dan bahkan menjadi kunjungan wajib pelancong.

Tak melulu film asing, film Indonesia juga menjadi media promosi efektif tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Anda pasti masih ingat bagaimana Laskar Pelangi mengubah Belitung dari tempat yang tak dikenal menjadi populer bagi turis, terutama dari dalam negeri.

Selain film itu, masih ada destinasi liburan seru yang terungkap lewat film. Laman pemesanan hotel, Agoda merunut sejumlah tempat wisata yang terinspirasi film blockbuster dan sayang untuk dilewatkan.

1. Mission Impossible: Fallout

Jika Anda senang menjadi pahlawan super selama satu atau dua hari, berkunjunglah ke Queenstown, Selandia Baru, tempat Mission Impossible: Fallout merekam adegan aksi helikopternya. Cobalah berwisata naik helikopter dan nikmati olahraga ekstrem Selandia Baru lainnya, mulai dari bungee jumping hingga ski helikopter.

2. Jurassic Park: Fallen Kingdom

Jika Anda lebih menyukai Sci-Fi dan kesempatan untuk bertemu dinosaurus di dunia modern, pergilah ke Oahu, Hawaii yang menjadi lokasi syuting Jurassic Park: Fallen Kingdom.

Destinasi ini tidak hanya menjadi latar belakang yang menawan untuk syuting film tentang makhluk yang telah punah, tetapi juga bagi para pelancong yang mencari tempat liburan yang dikelilingi oleh laut, gunung berapi, olahraga luar ruangan dan alam yang asri.

3. Crazy Rich Asian

Crazy Rich Asians, film komedi romantis yang seluruh pemainnya berdarah Asia itu membuat banyak pelancong berduyun-duyun mengunjungi Singapura. Film ini berlokasi di beberapa titik di Singapura, mulai dari Gardens by the Bay hingga deretan jajanan kaki lima di Newton Food Centre.


2 dari 3 halaman

4. Black Panther

Black Panther merekam adegan pertarungan di kasino yang epik dan kejar-kejaran mobil di Busan, Korea Selatan, sebuah kota yang bisa dibilang lebih indah di malam hari daripada di siang hari.

Meskipun kasino bawah tanah yang glamor itu tidak ada di kehidupan nyata, Anda tetap bisa berpura-pura menikmatinya di salah satu lounge koktail atau klub malam Busan yang megah. Di siang hari, kunjungilah pantai, sumber air panas, kuil, dan tempat-tempat pemujaan di Busan yang tak terekam di film.

5. A Star Is Born

City of Angels alias Kota Los Angeles menjadi latar belakang banyak adegan dalam pembuatan ulang (remake) film A Star is Born, drama romantis tentang musisi country berpengalaman yang ketenarannya dikalahkan oleh pasangannya yang kariernya terus menanjak.

Di sepanjang film, banyak adegan konsernya yang terkenal direkam di sejumlah tempat di Los Angeles, termasuk gedung konser musik Greek Theatre berkapasitas 5.870 kursi, Regent Theatre yang klasik, serta Shrine Auditorium, gedung bersejarah di mana banyak ajang penghargaan film dan musik telah diadakan.

6. Bohemian Rhapsody

Jika Anda lebih suka musik rock klasik daripada country, film biografi pemenang penghargaan yang berkisah tentang salah satu band rock terbaik sepanjang masa ini harus ada dalam daftar film wajib tonton Anda.

Film Bohemian Rhapsody banyak mengambil adegan pertunjukan Live Aid band Queen di Stadion Wembley. Merupakan rumah bagi sepak bola Inggris, Wembley juga masih menjadi salah satu tempat paling populer bagi artis-artis besar untuk tampil.

3 dari 3 halaman

7. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film yang dibintangi Marsha Timothy sebagai pemeran utama itu berhasil menangkap gambar-gambar cantik Tanah Sumba yang misterius dan berbukit-bukit di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ikuti perjalanan Marlina dengan menunggangi kuda melintasi padang rumput sebelum mengunjungi desa-desa di puncak bukit dan rumah-rumah adat yang dijaga oleh makam-makam megalitik yang menarik.

Pulau yang memiliki sedikit penghuni ini juga merupakan tujuan ideal bagi para pencinta alam yang dapat menikmati danau, air terjun dan taman nasional yang indah di pulau tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

5 Bintang K-Pop yang Dikenal Memiliki Gaya Stylish dan Menonjol

Liputan6.com, Jakarta Industri musik Korea Selatan atau K-Pop selalu menawarkan keunikan di bidang fashion. Itu bisa terlihat di setiap penampilan, konser atau video musik yang dirilis. Outfit yang dikenakan biasanya selalu bervariasi sesuai dengan konsep lagu atau video musik yang diusung oleh setiap artisnya.

Selebriti Korea Selatan tidak melulu dikenal stylish karena penampilannya ketika tampil di atas panggung. Saat beraktivitas sehari-hari pun, para bintang K-Pop ini juga selalu memastikan agar pakaian mereka terkesan cocok dan bisa dipadukan dengan pakaian lainnya.

Mereka juga tak jarang mendapatkan tawaran iklan dan undangan menghadiri peragaan busana dari beberapa merek fashion ternama di dunia. Dilansir dari star2.com, ada lima selebriti K-Pop yang dinilai memiliki gaya paling stylish dan menonjol.

1. G-Dragon Big Bang

Pemimpin grup Big Bang ini pantas mendapatkan gelar ikon fashion di dunia K-Pop walaupun saat ini ia sedang menjalani wajib militer. Pria bernama asli Kwon Jiyong ini bahkan diumumkan sebagai duta Chanel pada 2017. G-Dragon dikenal dengan gaya berpakaiannya yang bervariasi, mulai dari gaya streetwear yang penuh warna hingga gaya gentleman yang rapi.

Selain Chanel, beberapa nama tersohor di dunia fashion seperti mendiang Karl Lagerfeld dan Giuseppe Zanotti pernah bekerja sama dengan bintang K-Pop ini. Keunggulannya di bidang ini membuat G-Dragon memiliki label busananya sendiri, yaitu PeaceMinusOne.

2 dari 3 halaman

Jennie Blackpink dan V

2. Jennie Blackpink

Jennie tidak hanya memiliki suara yang bagus dan kemahiran dalam menari, tetapi ia juga menjadi artis K-Pop favorit dalam hal berbusana. Anggota Blackpink kelahiran 1996 dikenal selalu memadukan gaya streetwear dengan pakaian bermerek high-end.

Dilansir dari soompi.com, Jennie selalu mengunggah foto-foto yang berhubungan dengan fashion dalam kesehariannya atau saat melakukan pemotretan iklan dari merek desainer ternama.

3. V BTS

Boyband Bangtan Sonyeondan (BTS) dikenal juga berkat outfit-nya yang penuh gaya, terutama V yang terlihat menonjol dari semua anggotanya. Gayanya terlihat preppy dengan sedikit paduan streetwear dalam pakaiannya.

Pemilik nama asli Kim Taehyung ini pernah memadukan pakaian yang bercorak, terutama floral atau kotak-kotak dengan warna yang berani. Salah satunya, ia pernah memakai mantel bercorak harimau dengan topi baret berwarna merah.

3 dari 3 halaman

Kai dan Sunmi

4. Kai EXO

Penampilan mantan kekasih Jennie ini terkesan klasik. Tetapi, ia tidak ragu untuk bereksperimen dalam hal padu padan pakaiannya. Saat acara Gucci Resort 2019, ia memadukan jas beraksen kotak-kotak kecilnya dengan topi berhiaskan kristal di pinggirannya.

Walaupun sering tampil dalam balutan t-shirt dan sepatu sneakers, Kai sangat menyukai jas. Penampilannya ketika menggunakan outerwear seperti jas atau jaket selalu membuatnya menarik.

5. Sunmi eks-Wonder Girl

Artis yang kini berkarir sebagai penyanyi solo ini memiliki gaya yang eklektik. Sama seperti Jennie, Sunmi suka memadukan pakaian high-end dengan gaya jalanan yang membuatnya terlihat feminin dan edgy dalam gaya yang bersamaan.

Contohnya, ia pernah memakai jaket dengan dress dan sepatu boot. Penampilan mantan personel Wonder Girl tersebut membuatnya nyaman sekaligus elegan dalam waktu yang bersamaan. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

6 Kriteria Perempuan yang Biasanya Dikenalkan Lelaki pada Orangtuanya

Liputan6.com, Jakarta – Di momen tertentu, hubungan asmara biasanya akan melibatkan tak hanya Anda dan pasangan. Bakal ada campur tangan keluarga, termasuk orangtua, di sana. Karenanya, memperkenalkan si dia jadi salah satu momen penting.

Sebelum akhirnya menghadap orangtua, tentu ada pertimbangan yang lebih dulu dipikirkan. Dalam kasus lelaki, biasanya deretan kriteria berikut bakal jadi pertimbangan untuk memperkenalkan Anda pada keluarga, terutama orangtuanya. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya.

Kepribadian manis

Ia akan membawa Anda jika sudah bisa yakin bahwa kepribadian Anda baik dan manis. Di samping itu, Anda pun dinilai bisa membawa diri, memberikan aura positif, dan meninggalkan kesan baik di perjumpaan pertama.

Mampu mendampingi

Perempuan biasanya dianggap sebagai pengganti orangtua, terutama ibu, yang mampu mengasuh, merawat, dan terus mendampingi di berbagai situasi. Jika sudah melewati kualitas ini, sangat mungkin Anda akan diperkenalkan pada orangtua.

Dewasa

Setiap lelaki pasti ingin perempuan yang punya sikap dan pemikiran dewasa, bisa mengendalikan emosi, menanggapi sesuatu dengan tenang dan memikirkan hal lebih dulu sebelum bertindak. Kalau tidak, tentu kesan kurang baik yang akan ditinggalkan saat bertemu orangtua.

Ramah

Ini adalah kualitas pasti yang dibutuhkan karena lelaki ingin pasangannya bisa berinteraksi dengan tutur kata dan sikap paling tepat dengan orangtua.

Tulus

Tak ada orangtua yang menyukai kepura-puraan. Ia hanya akan membawa perempuan yang dianggap tulus mencintai, tak hanya ketika suka.

Perhatian

Jika perempuan menunjukkan kesopanan dan perhatian dengan berpikir apa yang bisa dibawa sebagai buah tangan saat hendak bertemu orangtua, hal ini biasanya makin meyakinkan si dia bahwa pilihannya tak salah. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Apakah Spongebob dan Sandy Saling Jatuh Cinta? Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar anak-anak, remaja dan orang dewasa di dunia adalah penonton SpongeBob Squarepants. Tokoh kartun itu identik dengan bentuk spons berwarna kuning persegi. Ia hidup di dasar Samudra Pasifik, dengan rumah yang berbentuk nanas yang terletak di kota Bikini Bottom.

Dalam kartunnya, sehari-hari SpongeBob bekerja sebagai juru masak Krabby Patty roti tumpuk mirip burger di Krusty Krab, restoran yang dimiliki oleh seekor kepiting bernama Eugene Harold Krabs atau akrab disapa Tuan Krab.

Cerita di dalam animasi Spongebob tidak hanya tentang pekerjaannya saja, tetapi juga tentang kisah ia bersama Patrick, Squidword dan tupai perempuan pintar, Sandy.

Jika kamu sebagai pecinta animasi spons berwarna kuning ini, pasti pernah bertanya-tanya sebenarnya ada sesuatu yang terjadi di antara Spongebob dan Sandy tidak ya? Karena dalam beberapa episode, Sandy hanya berduaan saja dengan Spongebob, tetapi Sandy tidak pernah berduaan dengan Patrick ataupun Squidword.

Stephen Hillenburg menyangkal bahwa SpongeBob dan Sandy menyukai satu sama lain atau memiliki hubungan yang lebih dari sekadar teman. SpongeBob terlalu polos untuk menginginkan percintaan dalam hidupnya.

Terlepas dari pernyataan Hillenburg, SpongeBob dan Sandy dalam kartun anehnya menunjukkan romansa seperti perhatiannya pada beberapa episodenya.

Hmm apakah ini sebuah kebetulan belaka? Atau memang ada sesuatu di antara mereka?

Daripada penasaran, berikut penjelasaanya biar kamu enggak penasaran lagi yang dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/2/2019)

2 dari 3 halaman

Spongebob dan Sandy Saling Jatuh Cinta?

Sandy tidak begitu dekat dengan Patrick seperti dia dekat dengan SpongeBob karena dia kesal dengan kebodohannya. Meskipun SpongeBob bisa sangat bodoh juga, dia tidak sering kesal dengannya. Bahkan, dia tampak lebih sering terhibur dengan kepolosannya, energi dan optimisme dari Spongebob.

Sandy sangat menyukai karate, begitu juga dengan Spongebob. Momen karate pertama mereka adalah “Karate Choppers.” Namun pada seri selanjutnya, mereka melakukan lebih sedikit karate dan melakukan sains sebagai gantinya.

Sandy yang diceritakan sebagai tupai cerdas yang memiliki hobi sains ini, sering meminta Spongebob untuk membantunya. Meskipun SpongeBob tidak terlalu bagus dalam sains, ia selalu bersemangat untuk membantu Sandy dengan upaya ilmiahnya.

Tidak ingin mengecewakannya, Sandy menggunakan SpongeBob sebagai monyet uji untuk penemuannya. Dalam “Perfect Chemistry,” Sandy menyebut SpongeBob “partner lab” pada akhir ceritanya. Waduh, apakah ini sebuah pertanda?

3 dari 3 halaman

Bukti Spongebob dan Sandy Saling Jatuh Cinta

Pada Spongebob season 1, mereka nongkrong di Goo Lagoon dalam episode “Ripped Pants”, dia cemburu dengan Larry, karena Sandy lebih tertarik dengannya.

Ia pun ingin terlihat tangguh dan kuat, sehingga ia membuat guyonan agar Sandy kembali memperhatikannya. Dalam episode “Valentine’s Day”, mereka pernah saling tukar kado di Hari Valentine.

Dalam episode “Sandy, SpongeBob, and the Worm” di season 2, SpongeBob menjadi sangat protektif pada Sandy. Spongebob sangat peduli keselamatan Sandy, ia pun meminta Sandy untuk tidak melawan monster cacing itu. Meskipun mengetahui betapa tangguhnya Sandy, SpongeBob tidak bisa membiarkan Sandy menyerang monster.

Walaupun pada akhirnya mereka berdua mampu mengalahkan monster cacing tersebut, dalam episode ini Spongebob juga memakai kalung berbentuk S. Ia pun juga mengatakan bahwa “S untuk Spongebob dan S untuk Sandy”

Dalam episode “What Ever Happened to SpongeBob?” Sandy pernah menangis saat SpongeBob pergi dan setelah bertemu, Sandy langsung tersenyum dan kembali memeluk.

Pada season 6, ada adegan mereka menikah, meskipun itu hanya sebuah drama. Tetapi sang penghulu tidak tahu kalau itu hanyalah sebuah drama.

Jadi, bagaimana menurut kamu, apa Spongebob dan Sandy saling jatuh cinta? Memang masih belum jelas apakah mereka pacaran atau tidak. Meskipun begitu, mereka sepertinya saling tertarik satu sama lain.

Kalau menurut kamu gimana nih?

Nenek 88 Tahun Ini Iseng Main Microsoft Paint, Hasilnya Mengejutkan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kamu mungkin berpikir tak ada lagi orang yang menggunakan Microsoft Paint di zaman sekarang. Apalagi software ini hanya tersedia di perangkat-perangkat lama saja.

Microsoft Paint selama ini dikenal sebagai software bawaan Windows yang sudah menemani penggunanya selama 30 tahun lebih. Dan selama itu pula Microsoft Paint berfungsi sebagai software pengolah gambar sederhana.

Seringkali software ini digunakan untuk belajar mewarnai bagi anak-anak dan juga untuk membantu print screen atau cropping gambar.

Namun siapa sangka jika software tersebut bisa menghasilkan karya seni mengagumkan tak kalah dengan software masa kini. Di balik fungsinya, ternyata Microsoft Paint bisa dimanfaatkan seorang nenek berusia 88 tahun untuk membuat berbagai macam lukisan yang indah.

Pada umumnya seorang nenek biasanya hobi berkebun, menjahit, atau memasak, namun berbeda dengan Concha Garcia Zaera, seorang nenek asal Valencia, Spanyol.

Concha Garcia Zaera yang berusia 88 tahun sangat menikmati hobi yang agak tidak biasa untuk seorang seumurannya. Hal ini berawal sejak anak-anaknya memberinya komputer di rumah dan dia dengan iseng memainkannya.

Lalu siapa sangka Concha menemukan software Microsoft Paint yang berfungsi untuk menggambar itu dan sangat menyukainya.

2 dari 3 halaman

Menghabiskan Waktu untuk Melukis dengan Microsoft Paint

Concha menghabiskan waktunya dengan melakukan hobinya yaitu melukis. Bahkan tidak melukis di sembarang tempat, Concha sangat menyukai melukis menggunakan Microsoft Paint. Namun bukan lukisan sederhana yang dia hasilkan, melainkan lukisan yang begitu indah dan mengagumkan

“Suamiku jatuh sakit dan aku harus menjaganya, jadi aku tidak bisa sering keluar. Saya mulai melukis hal-hal kecil: pertama, sebuah rumah, hari berikutnya saya akan menambahkan gunung. Langkah demi langkah, saya menambahkan detail dan pada akhirnya hasilnya adalah hal yang sangat cantik,” kata Concha seperti yang Liputan6.com lansir dari Bored Panda.

“Aku tidak punya imajinasi sama sekali jadi aku terinspirasi dari kartu pos yang dulu suamiku sering kirim atau gambar yang aku temukan dan suka,” tambahnya.

Tak hanya melukis rumah dan gunung, Concha juga menggambar pemandangan yang lebih rumit seperti pantai, jembatan, kota, pasar bunga, dan lain-lain.

Terlihat sangat indah dan detail, gambar-gambar itu pun tidak jadi dalam semalam. Concha mengaku jika satu lukisan butuh dua minggu hingga sebulan.

3 dari 3 halaman

Mengunggah Sendiri Hasil Lukisannya di Media Sosial

Concha mengatakan dia dulu pernah mengambil kelas seni dalam lukisan minyak, tetapi tidak bisa berlatih di rumah karena aroma cat yang kuat.

Concha biasa memosting karya-karyanya di Facebook, tetapi salah satu cucunya menyarankan agar ia menggunakan Instagram sebagai gantinya. Kini ia sudah memiliki sekitar 185 ribu follower di akun Instagram @conchagzaera.

“Saya tidak mengerti mengapa gambar saya menarik banyak perhatian, saya pikir itu adalah hal yang sangat sederhana.”

Membongkar Isi Lemari Dewi Sandra yang Disusun Sesuai Warna

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran walk-in wardrobe dalam sebuah hunian berfungsi sebagai ruang untuk meletakkan pakaian, sepatu, tas, aksesori dan lainnya. Ruang ini pula yang turut dihadirkan Dewi Sandra di kediamannya yang telah ditempati selama setahun itu.

Dewi Sandra memperlihatkan isi dari lemarinya dalam sebuah video yang diunggah oleh kakak beradik Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar lewat akun YouTube The Sungkars Family pada 14 Februari 2019 lalu.

Istri Agus Rahman ini memilih lemari besar berwarna putih dengan cermin besar berbingkai kayu juga tampak berada dekat lemari secara terpisah. Dewi memberitahu Zaskian dan Shireen mana bagian-bagian lemarinya dan suami.

Dewi menambahkan bahwa dirinya lebih menyukai koordinasi warna atau color-coordinated dalam penataan pakaian di lemari. Metode ini diakuinya terinspirasi dari orang Jepang bernama Kon Mari.

Deretan pakaian milik Dewi berjejer mulai dari berwarna hitam, bermotif, putih polos, dan beberapa yang tampak dilipat di bagian bawah. Saat ditanya pakaian terfavorit, pemain film Ayat-Ayat Cinta 2 ini mengambil pleated kulot berwarna beige dan pleated long skirt warna biru muda.

Kedua bawahan itu merupakan koleksi dari brand miliknya bernama DOA. Tak hanya itu, ia juga mengambil gamis biru muda dengan aksen ruffle dan kancing di tengahnya yang tidak lain brand KIA.

Dari lemari baju, Zaskia, Shireen dan Dewi berpindah ke lemari yang menampilkan sederet sepatu dan tas milik Dewi Sandra dan suami. Pada bagian atas, tampak tas-tas dan di bagian bawah terdapat flat shoes, high heels, sneakers, dan lainnya.

Tak hanya baju dan bawahan, Dewi juga ditanya soal tas yang paling sering ia pakai. Dewi Sandra pun mengambil sebuah sling bag hitam polos.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Unik Banget, Gedung Apartemen Ini Gunakan 22 Emoji untuk Dekorasi

Liputan6.com, Jakarta Istilah emoji bukanlah istilah yang asing bagi kebanyakan orang saat ini. Para pengguna gadget pasti tahu istilah emoji. Emoji adalah istilah yang berasal bahasa Jepang untuk karakter gambar dan emoticon yang digunakan dalam pesan elektronik Jepang dan halaman Web.

Kini emoji menjadi bahasa yang universal yang digunakan banyak oleh orang di berbagai negara belahan dunia. Dengan menggunakan emoji dalam pesan elektronik, membuat lawan bicara dapat membayangkan bagaimana ekspresi dan nada dari kalimat yang dikirim melalui pesan.

Berbagai media chatting telah menyematkan fitur berbagai bentuk emoji. Tak jarang jika media chatting terus memperbarui emoji-emoji terbaru. Keunikan emoji yang memiliki berbagai ekspresi dan bentuk ini membuat banyak orang menyukai emoji.

Bahkan emoji tak hanya berada dalam gadget, namun emoji kini telah banyak dicetak seperti sampul buku, tas, casing hp, baju dan sebagainya. Kepopuleran emoji juga menjadikannya sebagai salah satu dekorasi untuk sebuah gedung apartemen.

2 dari 3 halaman

Dekorasi Gedung Apartemen Gunakan 22 Emoji

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda Senin (18/2/2019), ada sebuah gedung apartemen di Belanda yang menggunakan emoji sebagai dekorasi gedungnya. Menggunakan hampir 22 emoji dari WhatsApp yang berbeda, gedung apartemen ini didesain sedemikian rupa sehingga banyak orang yang tertarik untuk melihatnya.

Usut punya usut, peletakan gamabr emoji pada gedung apartemen merupakan hal yang baru. Pasalnya, lazimnya bangunan di Belanda menggunakan kepala raja.

“Dalam arsitektur klasik, mereka menggunakan kepala raja atau apapun dan mereka meletakkannya dibagian depan luar,” ucap Changiz Tehrani, seorang arsitektur kepada the Verge dikutip oleh Liputan6.com, Senin (18/2/2019).

3 dari 3 halaman

Bangunan Apartemen dengan Emoji itu Menyita Perhatian

Changiz Tehrani adalah arsitektur dari bangunan apartemen emoji tersebut. Ia berpikir untuk membuat sebuah gedung yang membuat orang-orang yang melihat gedung itu akan mengatakan “hei ini dari tahun itu!” Karena menurutnya kepopuleran digital tak akan berlangsung lama akibat perkembangan zaman yang sangat cepat.

Emoji-emoji itu disematkan di satu sisi struktur yang menghadap ke alun-aun kota dan pohon Ek yang berusia 150 tahun. Tak hanya sebagai gedung apartemen, gedung ini juga memiliki toko-toko yang berada di lantai dasar.

22 emoji tersebut dipinjam dari template yang digunakan WhatsApp dan diubah menjadi bentuk 3D oleh perusahaan Belanda Attika Architekten tempat Tehrani bekerja.

“Para siswa duduk di alun-alun dan makan siang dan mereka berfoto. Mereka menyukainya. Dengan arsitektur ini, kami selalu ingin memasukkan detail-detail tertentu agar proyek ini tidak membuat bangunan yang membosankan,” ucap Tehrani dikutip dari Boredpanda.

Chelsea vs MU di Piala FA, Zola Sanjung Solskjaer

Liputan6.com, London – Rivalitas tidak menjadi penghalang bagi asisten pelatih Chelsea, Gianfranco Zola, untuk menyanjung pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Sebab, kesuksesannya mengangkat The Red Devils memang patut untuk diacungi jempol.

Chelsea akan dipertemukan dengan Manchester United dalam laga babak kelima FA Cup yang berlangsung pada hari Selasa (19/2) nanti. Pertandingan itu sendiri akan berlangsung di markas kebanggaan The Blues, yakni Stamford Bridge.

Ini adalah partai hidup mati, sebab siapapun yang kalah akan tersingkir dari kompetisi. Chelsea pun sedang dalam kondisi tertekan menyusul hasil buruk kala melawan Manchester City di Premier League pada akhir pekan kemarin.

Di sisi lain, Manchester United sedang dalam situasi yang apik. Mereka sukses melewati 11 pertandingan tanpa kekalahan, sebelum akhirnya tumbang di tangan PSG dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions hari Rabu (13/2) lalu.

Torehan apik tersebut lalu menjadi dasar bagi Zola untuk melayangkan pujian kepada Solskjaer jelang pertemuan kedua tim. Menurutnya, apa yang dilakukan pelatih asal Norwegia tersebut patut mendapatkan pujian.

2 dari 3 halaman

Cerdas

“Apa yang Ole lakukan dalam waktu singkat ini cukup luar biasa. Dia cerdas, selalu memiliki ketertarikan akan sesuatu, dan anda bisa lihat bahwa dia selalu berfokus pada apa yang ia lakukan,” tutur Zola seperti yang dikutip dari FourFourTwo.

Lebih lanjut, Zola mengaku punya kenangan saat bertemu dengannya waktu masih aktif sebagai pemain. Salah satunya adalah kala Solskjaer sering memberinya pengawalan ketat bersama bek legendaris United, Gary Neville.

3 dari 3 halaman

Tidak Suka

“Dia biasanya suka mengawal saya dengan Neville sepanjang waktu. Itu tidak menyenangkan untuk saya. Saya tidak menyukai itu,” tambahnya.

“Itu akan selalu menjadi laga yang fantastis, sangat kompetitif. Itu adalah laga yang membuat suporter merasakan banyak hal,” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini