MS Kaban Minta PBB Dukung Prabowo-Sandiaga

Jakarta – Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban merekomendasikan kadernya untuk mendukung paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Alasannya karena ideologi partai mengikuti garis umat Ijtimak Ulama yang mendukung Prabowo-Sandiaga.

“Majelis Syuro itu merekomendasikan kepada DPP bahwa di dalam penetapan atau pemilihan karena sekarang bukan persoalan mendukung mengusung, tapi memilih. Pilihan hanya ada dua yaitu 01 atau 02. Maka Majelis Syuro itu merekomendasikan agar DPP itu mengikuti Ijtimak Ulama kedua dalam hal ini pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,” ujar MS Kaban, di kantor DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Ia mengatakan rekomendasi Majelis Syuro ini nantinya akan disosialisasikan dalam Rakornas PBB yang akan digelar akhir bulan Januari. Namun dalam rakornas itu juga tak langsung menentukan sikap dukungan PBB, karena rekomendasi Majelis Syuro itu tetap akan dibawa ke rapat harian bersama DPP PBB.

Ia menyebut alasan mendukung paslon Prabowo-Sandiaga karena sesuai dengan garis ideologi PBB yang mengikuti perjuangan umat.

“Kita tahu Dewan Dakwah Islamiah memberikan dukungan kepada caleg PBB dan dewan-dakwah sudah meminta memilih paslon 02. PBB dilahirkan dan dibesarkan seluruhnya dari ukhuwah islamiyah yang panjang prosesnya. Artinya PBB harus tetap selamanya di dalam mainstream garis perjuangan umat. Kita nggak lihat garis personalnya, tapi kita lihat basis gerakan PBB harus berada mainstream perjuangan keumatan yang kita sama sama ketahui sudah berjalan,” ujarnya.

Ia menegaskan walaupun kini Ketum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara paslon 01 Jokowi-Maruf Amin, dewan Majelis Syuro menghormati sikap tersebut. Namun ia berharap Yusril tetap mau menjadi kuasa hukum HTI maupun Habib Rizieq.

“Kita sosialisasikan adalah Majelis Syuro sangat menghormati Ketum sebagai konsultan hukum di paslon 01. Jadi kita menghormati itu. Kita berharap bahwa ketum terus melakukan pembelaan-pembelaan kepada HTI dan Rizieq jika ada masalah hukum,” kata MS Kaban.

Konferensi pers ini turut dihadiri Sekretaris Majelis Syuro PBB Sahar L Hassan, Ketua Mahkamah Partai PBB Yasin Ardi.
(gbr/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Nodai Kemenangan Juventus, Apa Guna VAR?

Liputan6.com, Jakarta – Kontroversi video assistant referee (VAR) mewarnai kemenangan Juventus atas AC Milan pada Piala Super Italia. Berfungsi mengurangi kesalahan wasit, VAR nyatanya tidak menyelesaikan masalah.

Juventus merebut gelar kedelapan Piala Super Italia berkat gol tunggal Cristiano Ronaldo pada laga di King Abdullah Sports City, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB.

VAR digunakan pada partai tersebut dan menghasilkan keputusan tepat dengan dianulirnya gol Juventus karena offside dan kartu merah bagi gelandang AC Milan Franck Kessie. 

Meski tepat, I Rossoneri tidak sepenuhnya gembira akan teknologi itu. Pasalnya, wasit dan VAR tidak memberi penalti ketika Emre Can menjegal Andrea Conti jelang berakhirnya laga. Rekaman menunjukkan Can menekel Conti tanpa menyentuh bola.

Polemik tersebut menambah panjang daftar kesalahan VAR dalam musim ini. Banyak pelatih klub Italia protes seiring penggunaannya di Serie A. Dari Spanyol, kecaman muncul setelah Real Madrid dikalahkan Real Sociedad pada La Liga. 

Di Inggris, kontroversi muncul ketika Tottenham Hotspur mengalahkan Chelsea 1-0 berkat gol penalti Harry Kane pada leg pertama semifinal Piala Liga awal bulan ini. Sebab, terdapat dua bukti yang menunjukkan tafsir berbeda.

Tayangan resmi dari ofisial menunjukkan Kane tidak dalam posisi offside sebelum dijatuhkan kiper Kepa Arrizabalaga, yang kemudian berbuah tendangan 12 pas. Sedangkan Chelsea punya gambar yang menunjukkan hal sebaliknya.

“Wasit di sini harus membiasakan diri pada sistem dan penggunaan VAR. Saat ini ofisial Inggris belum siap dan mesti belajar lagi,” kata pelatih Chelsea Maurizio Sarri usai laga itu, dilansir Sky Sports.

2 dari 4 halaman

Kekurangan VAR

Perdebatan ini menunjukkan adanya kekurangan pada VAR. Menyusul penggunaannya di Piala Dunia 2018, media Inggris Guardian menemukan kelemahan dalam teknologi itu.

VAR efektif untuk menentukan keputusan pasti, dalam hal ini offside atau kesalahan wasit dalam mengidentifikasi pemain saat memberikan kartu.

Sedangkan VAR masih labih pada keputusan subyektif, seperti pemberian penalti dan pemberian hukuman. Di sini intepretasi dan konsistensi terhadap penerapan peraturan jadi penyebabnya.

Guardian menyebut dua contoh. Iran mendapat tendangan penalti ketika bola menyentuh tangan bek Portugal Cedric Soares di area terlarang. Namun, ketika bola mengenai lengan bek Argentina Marcos Rojo pada partai versus Nigeria, VAR tidak memberi tendangan 12 pas.

3 dari 4 halaman

Bantuan Teknologi

VAR merupakan bantuan kesekian untuk meningkatkan kualitas sepak bola. Sebelumnya digunakan teknologi garis gawang demi menentukan terciptanya gol atau tidak.

Sejak dicoba di Belanda pada Eredivisie 2012/2013, negara-negara besar mengadopsi VAR pada beberapa tahun terakhir. Bundesliga Jerman dan Serie A Italia menerapkannya sejak 2017/2018. Sedangkan La Liga Spanyol per 2018/2019.

Liga Primer Inggris akan menggunakan VAR di 2019/2020, dengan UEFA mengumumkan mulai memakainya pada babak gugur Liga Champions musim ini.

4 dari 4 halaman

Masih Awal

Kenyataannya, VAR masih dalam tahap awal penggunaan. Kesalahan-kesalahan bakal hadir seiring proses perbaikan.

Yang jelas, VAR harus dipertahankan untuk memperbaiki sepak bola. “Dengan VAR, pemain sekarang tahu mereka selalu dalam pantauan dan tidak bisa seenaknya melakukan pelanggaran,” ungkap David Elleray, direktur teknis International Football Association Board, organisasi yang menciptakan peraturan dalam sepak bola.

Tak Cukup Bukti, Laporan Baiq Nuril soal Dugaan Cabul Eks Kepsek Disetop

Mataram – Polisi menghentikan penanganan laporan Baiq Nuril Maknun atas eks Kepala SMAN 7 Mataram, H Muslim atas dugaan cabul.

“Benar, hasil gelar tadi yang dipimpin Direskrimum,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/1/2019).

“Hasil gelar perkara khusus, tidak cukup bukti untuk dinaikkan ke tingkat penyidikan,” imbuhnya.

Penghentian penanganan laporan ini juga disampaikan pengacara Baiq Nuril, Yan Mangandar Putra. Yan menyebut laporan tidak diteruskan karena dinilai tidak memenuhi syarat naik ke tahap penyidikan.

Menurut Yan, gelar perkara di polisi dihadiri ahli pidana, ahli bahasa, tim pengacara dan jajaran Polda NTB. Yan menyebut laporan tidak ditindaklanjuti ke penyidikan karena pembicaraan M bukan perbuatan cabul sebagaimana Pasal 294 ayat 2 butir satu KUHP.

“Karena dalam pasal tersebut menurut mereka tadi itu kan perbuatan cabul yang secara fisik, bukan verbal. Bahkan cabul secara verbal itu kan tidak dikenal dengan pasal 294,” tutur Yan.

Baiq Nuril melaporkan H Muslim karena diduga telah melakukan tindak pidana pencabulan terhadapnya. Dalam persidangan di PN Mataram, terungkap pembicaraan Muslim dengan Baiq Nuril via telepon. Eks atasan Baiq Nuril itu, kerap menceritakan hubungan badannya dengan wanita lain yang bukan istrinya.

Merasa dilecehkan, Baiq Nuril pun merekam percakapan itu lewat ponsel miliknya. Kasus itu berlangsung pada 2012 saat Baiq Nuril masih menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram. Sedangkan Muslim kala itu masih menjabat kepala sekolah.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha dan Bacaan Doa Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah melakukan apa yang dilarang atau tidak disukai oleh Allah SWT. Hal itu membuat manusia mendapat dosa dari perbuatan terlarang yang dilakukannya.

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia ini ada yang disadari secara langsung, ataupun tidak disadari. Tidak hanya dosa-dosa kecil, manusia terkadang juga melakukan dosa besar. 

Alasan itulah yang mendasari munculnya anjuran bagi umat Islam untuk melakukan taubat dengan berbagai cara yang diridhoi Allah SWT. Salah satu cara untuk menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW adalah dengan menjalankan sholat taubat nasuha.

Taubat sendiri adalah kembali kepada Allah, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahannya dan menyesalinya. Selain itu juga berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan sholat taubat adalah cara untuk meraih salah satu amal yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah, yaitu taubat nasuha.

Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan sholat taubat nasuha ini ada pada Al-Qur’an dalam surat At-Tahrim ayat 8, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Allah sangat menyukai orang-orang Islam yang benar-benar bertaubat dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti yang difirmankan dalam Al-Baqarah 2:22, yang artinya:

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Dari beberapa ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah, bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah. Melainkan orang tersebut berbuat kesalahan, dan langsung bertaubat kepada-Nya.

Melihat pentingnya bertaubat ini, maka seorang muslim wajib mengetahui, nih, tata cara sholat taubat nasuha yang benar. Berikut ini, Liputan6.com, Kamis (17/1/2019) akan memberikan tata cara sholat taubat nasuha, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya. 

Tata cara sholat taubat nasuha yang benar, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya

2 dari 6 halaman

Waktu melaksanakan sholat taubat nasuha

Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang dikerjakan hanya apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya. Sholat dengan karakteristik ini juga secara khusus tidak ada pembatasan waktu pengerjaannya.

Sebagian ulama berpendapat kalau sholat taubat baiknya dikerjakan sesegera mungkin, setelah kita menerima hidayah dari Allah SWT. Hal ini bertujuan agar pengampunan atas dosa yang kita lakukan tidak Allah tangguhkan, sementara kita sendiri tidak tahu batas dari usia hidup kita.

Namun ada waktu pelaksanaan sholat taubat nasuha yang haram untuk dikerjakan seperti saat shubuh hingga terbit matahari dan Ashar hingga matahari tenggelam.

3 dari 6 halaman

Niat sholat taubat nasuha

Niat sholat taubat adalah dengan menghadirkan keinginan untuk taubat dari berbagai kesalahan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan berwudhu dan melaksanakan sholat 2 rakaat.

Namun untuk menegaskan kembali, bisa di lafazkan dengan lafaz yang telah diajarkan oleh para ulama, dengan membaca niat seperti berikut:

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

4 dari 6 halaman

Tata cara sholat taubat nasuha

Tata cara sholat taubat nasuha sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Boleh dilakukan dua rakaat, empat rakaat atau enam rakaat.

Namun jika mau, Anda bisa memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus bermunajat dan mengakui berbagai dosa Anda serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri di hadapan Allah SWT.

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.”(HR. Muslim)

Sholat taubat nasuha sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Sholat taubat nasuha merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist, hendaknya sebelum melaksanakan sholat taubat didahului dengan bersuci dengan baik. Disunnahkan untuk mandi besar sebelum melakukan shalat taubat

Berikut akan dijelaskan urutan melaksanakan sholat taubat nasuha yang benar:

1. Membaca niat sholat taubat nasuha

2. Takbirotul ihram

3. Membaca doa iftitah (sunnah)

4. Membaca surat Al-Fatihah5. MEmbaca surat dari Al-Qur’an

6. Rukuk (membaca tasbih ruku’ tiga kali)

7. I;tidal (membaca doa I’tidal)

8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud (membaca doa ‘robbighfirlii warhamnii…’)

10. Sujud kedua

11. Bangun melanjutkan raka’at kedua seperti urutad di atas sampai yang ke 10

12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan

5 dari 6 halaman

Doa dan dzikir selepas sholat

Sebagai penyempurna dari amalan sholat taubat, maka ada baiknya memperbanyak membaca istighfar. Meminta ampun dengan istighfar ini ada baiknya pula di sertai dengan dzikir-dzikir menyebut asma-Nya

Adapun bacaan istighfar setelah mengerjakan sholat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya.

Memperbanyak membaca tasbih:

Subhanallahi Wa Bihamdihi.

Artinya “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari)

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha ini, Anda disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Selain tidak mengulangi maksiat dan dosa seperti dulu, bentuk amal kebaikan yang paling utama setelah mengerjakan sholat taubat adalah dengan sedekah.

Karena dengan sedekah, merupakan sebab terbesar terhapusnya dosa-dosa seseorang. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya: “ Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

6 dari 6 halaman

Keutamaan sholat taubat

Allah akan memberikan ganjaran bagi Anda yang melakukan sholat taubat ini seperti akan diampuni dosa-dosa yang pernah dibuat, Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa saja yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan mereka akan kekal di dalamnya, dan akan diberikan pahala yang terbaik sebagai penambah timbangan amal bagi mereka yang bertaubat.

Nah, kalau sudah melakukan sholat taubat, kemudian suatu ketika melakukan kesalahan lagi, bagaimana? Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata : “Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan  yang  Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut.

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: “Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya:

“Sesungguhnya telah aku ampuni hamaku. Kemudian ia melakukan dosa  yang lainnya lagi, dan ia berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi : “Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya.”

Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan  apa yang dia kehendaki.” (HR. Al- Imam Ahmad)


Reporter: Nisa Mutia sari

Hanya 45 Menit di Kejari Surabaya, Dhani: Wis Rek, Aku Luwe

Surabaya – Setibanya di Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Ahmad Dhani menjalani pelimpahan tahap II atau proses pelimpahan tersangka dan barang bukti terkait kasus pencemaran nama baik yang menjeratnya.

Namun sekitar pukul 14.30 WIB, Dhani sudah diperbolehkan meninggalkan Kejari bersama pengacaranya.

Dhani mengaku hanya mengisi formulir dan diambil fotonya saat berada di Kejari Surabaya.


“Prosesnya ya ngisi formulir, ya kayak masuk kuliah gitu, difoto,” ungkap Dhani Prasetyo kepada wartawan usai pemeriksaan, Kamis (17/1/2019).

Akan tetapi ketika wartawan melemparkan sejumlah pernyataan, Dhani langsung mengelak.

“Ngapain pertanyaan-pertanyaan lagi. Ini namanya pelimpahan. Jadi pasal 27 ayat 3 yang disangkakan kepada saya itu ancaman hukumnya maksimal 4 tahun. Jadi tidak ada penahanan. Bukan saya kebal hukum bukan, karena ancaman maksimal empat tahun. Wis rek, aku luwe,” terangnya sambil berlalu.

Menengok ke belakang, pentolan band Dewa 19 itu ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik pada tanggal 18 Oktober 2018 silam.

Ujaran Dhani yang berujung pelaporan pencemaran nama baik ini sempat dilontarkannya dalam sebuah video yang kemudian diunggah ke akun Facebooknya.

Saat itu, Dhani yang hendak mengikuti deklarasi tagar 2019GantiPresiden di Surabaya dihadang oleh sejumlah massa Koalisi Bela NKRI. Dalam videonya, Dhani kemudian menyebut orang-orang yang menghadangnya sebagai idiot.
(lll/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kata Prabowo Stok BBM RI Hanya 20 Hari, Jonan: Maunya Berapa?

Palembang – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut bahwa cadangan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia hanya bertahan untuk 20 hari. Apa kata Menteri ESDM, Ignasius Jonan?

“Kalau BBM itu betul, jadi kurang lebih ya (20 hari) tergantung jenis. Ada yang jenis minyak tanah, aftur, kerosin atau yang itu dikelola oleh Total dan sebagainya,” kata Jonan di Palembang, Kamis (17/1/2018)

Meski begitu, Jonan menyebut ada pula cadangan BBM yang bertahan lebih dari 21 hari. Terutama minyak tanah yang itu dapat bertahan lebih dari BBM jenis lain, yakni hingga 27 hari.

“Kurang lebih 21 hari sampai 27 hari dan yang paling panjang itu ya minyak tanah. Untuk penampungan sendiri, sebenarnya ini minyak jadi dan ditampung di tempat penampungan. Kenapa 21 hari? Maunya berapa?” kata Jonan.
Jonan mengatakan cadangan BBM bisa saja lebih dari jangka waktu tersebut. Tetapi nantinya pasti berdampak kenaikan harga BBM di pasaran dan membebani masyarakat.

“Tempat penampungan kalau cadangan lebih banyak ya, itu tentunya nanti biaya jadi naik. Ini bisa mengakibatkan harga di masyarakat naik,” katanya.

“Ditanya lagi, kalau 21 hari apa cukup? Ya selama ini kan, Pertamina misalnya itu kan impor kapalnya datang tiap hari. Jadi selama 21 hari tidak ada masalah,” tegas Jonan.

Dengan waktu cadangan 21-27 hari saja, lanjut Jonan, stok BBM secara nasional tidak pernah kekurangan. Bahkan Jonan menyebut waktu cadangan BBM dapat ditambah, tetapi membutuhkan tempat penampungan baru dan ongkos lebih besar.

“Selama ini apa masalah, secara nasional apa ada kekurangan pasok BBM? kan itu tidak ada. Bisa saja ditambah lebih panjang, tapi ongkos lebih besar karena biaya lebih besar dan harus buat tempat penampungan baru,” tutupnya.

Prabowo sebelumnya menyebut, cadangan bahan bakar Indonesia hanya bisa tahan 20 hari. Dia juga mengatakan, cadangan beras hanya bisa bertahan 3 minggu.

Hal itu disampaikannya dalam Pidato Kebangsaan Visi Misi Indonesia Menang di JCC Senayan Jakarta, Senin (14/1/2019).

“Apakah negara yang cadangan bahan bakarnya hanya bisa bertahan 20 hari, cadangan berasnya juga hanya bisa bertahan 3 minggu,” kata Prabowo. (Raja Adil Siregar) (ras/ang)

Legenda Arsenal Akui Cech Kiper Terbaik Dunia

Liputan6.com, London – Petr Cech memang merupakan salah satu kiper legendaris di Inggris. Kiper Arsenal itu sudah melanglang buana di negeri ratu Elizabeth tersebut selama sekitar 15 tahun.

Ia memulai kariernya di Inggris bersama Chelsea sejak tahun 2004. Ia bermain di sana selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 2015, ia kemudian memutuskan untuk pindah ke Arsenal. Sebab Chelsea saat itu memiliki kiper yang lebih muda yakni Thibaut Courtois.

Selama di EPL, Cech berhasil mengoleksi 18 gelar juara. 15 di antaranya diraih bersama Chelsea dan sisanya bersama Arsenal.

Ia juga pernah menyabet penghargaan Golden Glove, sebanyak empat kali. Penghargaan ini diberikan pada kiper yang berhasil meraih clean sheet terbanyak dalam semusim. Ia juga pernah dua kali terpilih masuk ke dalam PFA Team of the Year.

2 dari 2 halaman

Komentar Seaman

Di mata legenda Arsenal, David Seaman, Cech layak disebut sebagai salah satu kiper terbaik di sejarah EPL. Ia juga menyebut mantan kiper timnas Ceko itu telah menetapkan standar yang tinggi bagi kiper-kiper lainnya di kompetisi tersebut.

“Ia adalah salah satu yang terbaik, tidak diragukan lagi,” ujarnya pada Sky Sports.

“Standar yang ia tetapkan ketika ia datang sangat brilian dan itu telah dibuktikan oleh semua trofi yang dimenangkannya,” katanya menambahkan.

“Ia memenangkan banyak trofi bersama Chelsea, datang ke Arsenal dan masih mempertahankan standar kiper yang hebat itu.”

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jadi Tersangka, Ahmad Dhani Harap Kantongi Izin Konser di Malaysia

Surabaya – Meski telah ditetapkan menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik dan dicegah ke luar negeri, musisi Ahmad Dhani Prasetyo tetap berharap mendapatkan izin untuk menggelar konser di Malaysia.

“Mudah-mudahan dapet izin untuk keluar (negeri),” kata Dhani saat ditemui di Mapolda Jatim, Kamis (17/1/2019).

Dhani menilai ia pantas mendapatkan izin tersebut sebab tujuannya hanyalah untuk menghadiri konsernya saja. Ia juga merasa bukan seorang koruptor yang akan kabur ke luar negeri.
“Kan boleh-boleh aja kan, saya bukan koruptor,” tandasnya.

Kalaupun polisi takut bila Dhani kabur ke luar negeri, ia menyarankan agar polisi memberikan pengamanan ekstra, misalnya dengan menugaskan 20 personel untuk mengawalnya.

“Mungkin dibawa polisi sejumlah 20 orang ke Malaysia kan bisa juga,” pungkasnya.

Sebelumnya polisi menyebut Dhani dicegah ke luar negeri untuk mempercepat proses penyidikan. Selain itu, pencegahan dilakukan agar pentolan Dewa 19 tersebut bersikap kooperatif.

“Karena saat dipanggil sebagai tersangka tidak datang, kemudian tidak ada batas waktunya penundaan waktunya itu kapan, kemudian kita juga sudah menetapkan dia sebagai tersangka. Agar lebih kooperatif,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera beberapa waktu lalu.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Debat Capres, Ini Program Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandiaga Berantas Korupsi

Jakarta – Capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beradu gagasan dan program di debat Pilpres 2019 perdana. Kedua pasangan calon akan bicara dan saling bertanya soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Ada 6 segmen debat capres 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Dua segmen di antaranya, masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan moderator. Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga juga saling bertanya pada dua segmen debat Pilpres 2019.

Dikutip dari visi-misi Jokowi-Ma’ruf “Meneruskan Jalan Perubahan untuk Indonesia Maju: Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, paslon nomor urut 01 ini memiliki program penegakan sistem hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan tepercaya.

Khusus untuk program pencegahan dan pemberantasan korupsi, Jokowi-Ma’ruf menyebut korupsi adalah kejahatan luar biasa yang bisa meruntuhkan sendi-sendi perekonomian bangsa serta membawa dampak pada pemiskinan struktural. Untuk melawan korupsi, aspek pencegahan sama pentingnya dengan aspek penegakan hukum yang tegas.

Pencegahan dan pemberantasan korupsi ini dikonsepkan Jokowi-Ma’ruf dengan program:

– Melaksanakan secara konsisten strategi nasional pencegahan korupsi yang fokus pada perizinan dan tata niaga, keuangan negara serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi di setiap kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya
– Meningkatkan kapasitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP)
– Memperkuat KPK
– Meningkatkan sinergi dan kerja sama antar institusi penegak hukum dam pemberantasan kejahatan korupsi
– Menggiatkan transaksi non tunai sebagai tindakan pencegahan penggunaan uang tunai dalam tindak korupsi dan pencucian uang
– Mempertegas penindakan kejahatan perbankan dan pencucian uang

Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga dalam visi misi dengan tagline Indonesia Menang memiliki lima fokus program kerja nasional.

Khusus pada program aksi menguatkan gerakan pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga mengatakan, peran masyarakat semakin penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Demi memperkuat peran tersebut, pemerintah menurut Prabowo-Sandiaga harus menunjukkan komitmen terhadap gerakan pemberantasn korupsi.

Dalam program pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga menyatakan berkomitmen terhadap sejumlah hal yakni:

– Memperkuat gerakan pemberantasan korupsi secara lebih sistematis dengan memperkuat KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman
– Menjamin untuk tidak mengintervensi KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman dalam penegakan kasus-kasus korupsi
– Merevisi Inpres Nomor 1 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional di mana Jaksa Agung dan Kapolri diinstruksikan untuk mendahulukan proses administrasi pemerintahan sebelum melakukan penyidikan atas laporan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dan detil lainnya yang justru berpotensi melindungi koruptor
– Memperkuat program edukasi antikorupsi bagi generasi muda, serta bekerja sama dengan swasta untuk menguatkan sinergi gerakan antikorupsi di sektor swasta dan publik
– Mengatur sistem pendanaan dan pembiayaan politik yang menjamin independensi transparansi, mencegah korupsi dan menjaga keberlangsungan demokrasi
– Mendorong peran serta elemen masyarakat untuk menjadikan pemberantasan korupsi sebagai gerakan kolektif dimulai dengan keteladanan para pemimpin di semua lini.
(fdn/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dihapus Kemendikbud, SKTM Tetap Digunakan untuk Penerimaan Siswa Baru di DKI

Liputan6.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta masih menerapkan sistem pendaftaran penerimaan didik baru (PPDB) menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto menyebut penerapannya hanya bagi anak-anak usia sekolah yang tidak sekolah.

Bagi kelompok ini disediakan jalur afirmasi dalam PPDB. Sementara, anak yang telah memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) tidak perlu menggunakan SKTM ketika mendaftar.

“SKTM dipakai untuk anak yang tidak sekolah, kan anak tidak sekolah tidak menerima KJP. Agar mereka bisa sekolah, maka difasilitasi melalui jalur afirmasi dan bukti yang ditunjukkan adalah SKTM,” kata Bowo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Bowo berharap keberadaan jalur afirmasi mendorong semakin banyak anak-anak usia sekolah yang tidak sekolah mulai melanjutkan pendidikannya. Pemprov DKI menyediakan kuota lima persen dari jumlah keseluruhan peserta PPDB untuk jalur ini.

Jalur afirmasi tersebut untuk pertama kali dibuka pada tahun ajaran 2018/2019 dan dengan jumlah yang tidak banyak.

“Mudah-mudahan pada tahun ini tambah lagi, udah cukup waktu untuk tersosialisasikan,” jelasnya.

2 dari 2 halaman

Kemendikbud Hapus Jalur SKTM

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menghapus jalur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020.

Penghapusan itu tercantum dalam Permendikbud No.51/2018 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020. Menurut Muhadjir, keputusan tersebut untuk menghindari penyalahgunaan SKTM.

Saksikan video pilihan di bawah ini