Menyambung Silaturahmi dengan Joglosemarkerto

Menurut dia, untuk melintasi jalur trans Jawa Tengah dan Yogyakarta itu menyediakan tiga trainset atau rangkaian kereta. Masing-masing kereta itu berangkat dari Solo, Purwokerto dan Semarang. Kereta yang digunakan untuk melayani jalur tersebut merupakan gabungan dari rangkaian kereta yang sebelumnya melayani jalur lokal di wilayah tersebut.

“Kereta ini memang gabungan dari rangkaian KA Joglokerto dan KA Kamandaka. Selain di Solo, pemberangkatan rangkaian KA Joglosemarkerto juga dilakukan di Purwokerto dan Semarang,” ucapnya.

Bambang menyebutkan rangkaian kereta KA Joglosemarkerto terdiri dari rangkaian kereta eksekutif dan ekonomi. Jumlah kapasitas tempat duduk untuk penumpang kereta tersebut mencapai 560 penumpang.

“Rangkaian kereta itu terdiri dari dua kereta eksekutif dengan jumlah 100 penumpang dan sisanya sebanyak tujuh gerbong kereta ekonomi,” kata dia.

Sementara itu salah satu anggota komunitas pecinta kereta api, Ilham mengaku senang dengan beroperasinya KA Joglosemarketo, sebab jalur selatan dan utara sekarang sudah tergabung dalam satu rangkaian kereta.

“Ini sangat membantu untuk masyarakat yang akan bepergian via selatan dan utara karena sudah tidak perlu dioper-oper lagi, jadi langsung satu kereta langsung,” ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tim pengawas dari Dirjen Perkereta Apian Kementrian Perhubungan, berasama pihak len industri dan woujin, terus melakukan tahap ujicoba sert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *