Inter Milan vs AS Roma: Misi Menutup Peluang Tamu ke Liga Champions

Liputan6.com, Milan – Inter Milan akan menjamu AS Roma di Stadio Giuseppe Meazza, Sabtu (20/4/2019) atau Minggu dini hari WIB pada pekan ke-33 Liga Italia. Di laga ini, pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti ingin menutup peluang AS Roma ke zona Liga Champions.

Saat ini, Inter Milan dan AS Roma tengah bersaing menuju Liga Champions musim depan. Inter Milan berada di posisi ketiga dengan 60 poin, unggul lima angka dari AS Roma yang berada di urutan kelima.

“Mereka (AS Roma) sebelumnya berhasil mengamankan posisi papan atas di liga dan berhasil memangkas poin dengan kami,” kata Spalletti, dikutip dari situs resmi Inter Milan.

Kendati demikian, pelatih berkepala plontos itu yakin Inter Milan bisa mengalahkan AS Roma. Mauro Icardi dan kawan-kawan, dikatakan Spalletti bakal bermain dengan tempo yang cepat.

“Namun, kami bermain dengan tempo yang tepat dan mencoba meraih hasil bagus karenanya untuk menghentikan mereka. Karena hal ini, Inter Milan merasa gembira dapat bermain di pertandingan penting seperti ini,” ujarnya melanjutkan.

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

India Bangun 14 Ribu Bunker Untuk Warga di Perbatasan Pakistan

New DelhiKetegangan India dan Pakistan kian meningkat. India tengah membangun lebih dari 14 ribu bunker untuk keluarga-keluarga yang tinggal di sepanjang perbatasannya dengan Pakistan di wilayah negara bagian Jammu dan Kashmir. Tujuannya, agar mereka tetap aman di rumah mereka dan tak harus dievakuasi jika terjadi serangan artileri.

Para insinyur pemerintah mengatakan, pengerjaan pembangunan baja bawah tanah dan struktur beton, yang dapat menelan biaya total US$ 60 juta, telah dimulai sejak Juni 2018 lalu, ketika hubungan antara kedua rival bersenjata nuklir itu memburuk.

Menurut pejabat pemerintah negara bagian dan para kontraktor ratusan bunker bawah tanah, dengan dinding dan atap yang tiga kali lebih tebal dari rumah biasa dan mengonsumsi baja 10 kali lebih banyak, telah selesai dibangun.
“Ini bisa menahan penembakan ringan,” kata seorang insinyur di departemen pekerjaan umum Jammu dan Kashmir yang ditugasi membangun bunker tersebut, seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (1/3/2019).

Selama ini, baku tembak memang sudah kerap terjadi di sepanjang perbatasan Kashmir. Namun baku tembak yang terjadi pada Selasa (26/2) dianggap sebagai penanda peningkatan ketegangan antara India dan Pakistan.

Ketegangan meningkat setelah aksi bom bunuh diri mengenai konvoi militer India di wilayah Kashmir pada 14 Februari lalu. Setidaknya 40 personel militer India tewas dalam serangan bom itu.

Pemerintah India menuding pemerintah Pakistan terlibat dalam bom bunuh diri itu. Namun Pakistan membantahnya. Sejak itu, bentrokan militer antara kedua negara terus terjadi. India dan Pakistan saling menembak jatuh pesawat militer kedua negara, hingga sejumlah bandara di sekitar Kashmir terpaksa ditutup sementara.

Pakistan juga menutup akses penerbangan sipil untuk sementara waktu akibat bentrokan di wilayah Kashmir.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lawan Marquez Masih sama, Kini Bertambah Alex Rins

DohaMarc Marquez menilai pesaingnya jelang MotoGP Qatar masih sama, bahkan bertambah. Selain duo Yamaha dan Ducati, pebalap Repsol Honda itu menyoroti Alex Rins.

Marquez menutup tes pramusim MotoGP 2019 terakhir di Qatar dengan menempati peringkat ketiga. Ia berada di bawah Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Selanjutnya, seri perdana MotoGP 2019 akan digelar di Qatar pada 10 Maret mendatang. Berdasarkan hasil uji coba, Marquez menyoroti performa rider Suzuki Ecstar, Alex Rins.

Pebalap 23 tahun itu sempat menjadi yang tercepat dalam tes di Sirkuit Losail kemarin. Di hari kedua, pebalap Spanyol itu sempat menjadi yang tercepat mengungguli Vinales.

Hasil itu yang disebut Marquez akan membuat Rins punya kans di balapan pertama nanti. Selain lawan yang masih sama seperti duo Yamaha dan Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, ia menilai Rins bisa saja bersaing di depan.

“Lawan saya akan kurang lebih sama, dua Yamaha, dua Ducati dan rekan satu tim saya,” kata Marquez dikutip dari Tuttomotoriweb.

“Dan kejutan bagi saya begitu banyak kejutan bukankah Rins. Jika ada seseorang yang bisa membuat Andrea Dovizioso tak terlihat, di balapan pertama bisa berada di depan,” jelasnya.

(yna/nds)

Kekhawatiran Keluarga Pasien di Tengah Gelap Gulita RSSA Malang

Liputan6.com, Malang – Sebagian ruang layanan di RS Saiful Anwar atau RSSA Malang, Jawa Timur, gelap gulita hingga tengah malam, Rabu, 27 Februari 2019. Keluarga maupun pembesuk pasien pun juga tak bisa leluasa keluar masuk pasca peristiwa kebakaran panel listrik.

Genset sewaan RSSA Malang baru beroperasi sekitar pukul 20.00 WIB. Menerangi ruang Instalasi Gawat Darurat, Paviliun, Unit Gawat Darurat, dan sebagian Instalasi Rawat Inap. Sedangkan, Instalasi Rawat Jalan dengan fasilitas klinik dan laboratorium belum teraliri listrik.

Petugas keamanan rumah sakit berjaga ketat di depan pintu masuk. Keluarga maupun pembesuk pasien tak boleh masuk melalui Instalasi Rawat Jalan, akses utama di rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur itu, tetapi tetap diperkenankan keluar melalui pintu ini.

Petugas pun menutup akses di ruang layanan itu dengan cara menggembok pintu utama itu sejak pukul 22.00 WIB. Keluarga pasien harus memutar sedikit lebih jauh melalui ruang layanan IGD dan UGD jika ingin keluar.

“Bapak saya dirawat di ruang 2. Kalau listrik padam sampai pagi ya khawatir, kan harus ganti infus. Kalau gelap kita bisa tak tahu infus habis,” ujar Andi, salah seorang keluarga pasien di RSSA Malang, Rabu, 27 Februari 2019.

Hal serupa dikatakan Ahmad, keluarga pasien lainnya. Menurutnya, sangat ironis jika rumah sakit tak teraliri listrik selama beberapa jam. Ini menunjukkan ketidaksiapan manajemen rumah sakit mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa kapan pun terjadi.

“Ini kan rumah sakit besar milik pemerintah, kok bisa tak ada genset cadangan dan harus menyewa. Apa harus menunggu sehari lebih listrik kembali nyala,” keluh Ahmad.

Sebelumnya, panel listrik berkapasitas 2,5 megawatt milik RSSA Malang meledak sekitar pukul 13.00 siang. Warga sekitar mendengar 4 kali bunyi ledakan disusul asap hitam pekat membumbung tinggi ke udara. Dugaan awal, overheat atau panas berlebih pada kabel panel.

2 dari 2 halaman

Belum Normal

Direktur RSSA Malang, Restu Kurnia Cahyani mengakui jika sebagian ruang layanan belum bisa berfungsi lantaran aliran listrik belum normal sepenuhnya usai peristiwa kebakaran itu. Ruang administrasi dan Instalasi Rawat Jalan terpaksa masih padam.

“Genset sewaan sudah dipasang dan sementara ini ruang pelayanan diprioritaskan teraliri listrik lebih dulu,” ujar Restu.

Di ruang layanan IGD dan unit perawatan khusus sendiri ada seratusan lebih pasien. Karena dinilai ruangan sudah penuh, sementara ini belum bisa menerima pasien baru. Restu menampik kabar yang menyebut rumah sakit tak melayani pasien.

“Fokus kami menangani pasien yang sudah ada lebih dulu, karena kondisi saat ini juga sudah penuh,” dia menuturkan.

Pelayanan kepada pasien usai kebakaran panel listrik itu mengandalkan baterai untuk alat medis yang mampu bertahan 5-6 jam. Alat medis yang menggunakan tenaga cadangan dari baterai itu meliputi ventilator, alat cuci darah dan monitor.

“Kalau penyebab utama kebakaran kami menunggu hasil investigasi. Dugaan awal ya ada overheat pada kabel panel,” ujar Restu.


Simak video pilihan berikut ini:

Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Mudah bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang mengkoleksi tas? Mungkin jika kamu penggemar tas, ada beberapa tas yang kamu miliki dibuat dengan tali kur. Tas dengan bahan dasar tali kur ini memang sedang booming di Indonesia. Siapa pun bisa menggunakan tas dengan tali kur, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan kalangan ibu-ibu.

Tas dari tali kur ini merupakan tas yang dirajut ataupun dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas. Ada yang berpikir cara membuat tas dari tali kur ini susah. Namun jika kamu mengetahui tahapannya, maka cara membuat tas dari tali kur ini cukup mudah loh. Tas dari tali kur ini memang cenderung simpel, akan tetapi jika sudah ahli, kamu bisa membuat berbagai jenis model tas dengan tali kur.

Memiliki tas yang terbuat dari tali kur ini memiliki keuntungan sendiri. Tas dengan tali kur cocok dikenakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal ataupun santai. Selain itu, karena bahan tas dibuat dari tali kur yang dirangkai, maka tas ini tentu saja lebih awet digunakan.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) tali kur sendiri telah ada sejak abad ke-13. Tali kur merupakan benang yang disebut dengan macrame pada saat itu.

2 dari 5 halaman

Mudah dipraktikkan

Cara membuat tas dari tali kur ini pun bisa kamu praktikan sendiri dirumah. Karena cara membuat tas dari tali kur ini mirip dengan merajut. Hanya saja ukuran benang yang berbeda. Tali kur sendiri merupakan sebuah tali sejenis dengan bahan wol tebal.

Selain itu, jenis tali kur pun berbeda-beda. Yang membedakan jenis tali ini ialah tingkat elastisitas tali. Karena semakin elastis atau lentur talinya, maka semakin mudah pula untuk merangkainya.

Tas dari tali kur sendiri merupakan tas yang dibuat menggunakan berbagai jenis simpul. Yang menarik jika kamu tahu cara membuat tas dari tali kur ialah, kamu bebas membentuk model tas sesuai dengan keinginan. Selain menjadikannya tas, tali kur juga bisa digunakan untuk membuat dompet ataupun ikat pinggang. Tentu saja kamu bisa membuatnya jika sudah terampil.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membuat tas dari tali kur, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

3 dari 5 halaman

Siapkan Alat

Cara membuat tas dari tali kur yang pertama tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai perlengkapannya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena jika ditengah proses cara membuat tas dari tali kur ini kamu hentikan, bisa jadi kamu lupa atau bahkan bingung. Jadi alat dan juga bahan yang harus disiapkan ialah:

1. Tali kur.

Berapa banyak ataupun panjang tali kur yang dibutuhkan sesuai dengna kebutuhan dan juga seberapa besar tas yang akan kamu buat. Karena semakin besar tasnya maka, tali kur yang kamu butuhkan pun semakin banyak. Akan tetapi jika terlalu banyak menggunakan tali kur, maka tas yang kamu buat pun akan terasa berat.

2.Gunting.

Kamu perlu penyiapkan gunting untuk memotong tali kur menjadi beberapa bagian.

3. Korek api.

Kenapa kamu memerlukan korek api? Karena korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

4. Jarum dan benang.

Selain menggunakan korek api untuk menggabungkan tali kur, kamu juga bisa menggunakan jarum dan benang untuk menggabungkannya. Tentu saja tidak semua potongan dari tali kur ini digabungkan menggunakan jarum dan benang.

5. Resleting, manik-manik, dan kancing.

Ketiganya bisa kamu gunakan sebagai hiasan pada tas. Namun jika kamu tak menginginkan adanya hiasan, maka kamu tak perlu untuk menyiapkannya. Resleting jug bisa kamu gunakan, jika tas yang kamu buat ingin menggunakan resleting.

4 dari 5 halaman

Langkah-langkah cara membuat tas dari tali kur

Setelah kamu menyipkan segala peralatan dan juga bahan, kamu bisa mulai untuk merajut tali kur.

1. Pada langkah pertama cara membuat tas dari tali kur ini, kamu bisa mengambil dua heli tali dengan panjang tali sama. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 kemudian silangkan kebelakang tali lainnya menuju arah 1. Cara membuat tas dari tali kur selanjutnya ialah letakan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

3. Langkah dari cara membuat tas dari tali kur selanjutnya adalah ambil ujung tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk mengutakan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang anatar kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

5. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkau ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali-tang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

6. Lakukan menbuat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jka telah mebentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

Namun apabila benang yang kamu gunakan sebelumnya telah habis namun rangkaian tas belum selesai, kamu bisa menambahkan ujung benang dengan benang lainnya menggunakan korek api. Yang perlu kamu lakukan adalah membakar sedikit ujung benangnya kemudian gabungkan. Disarankan untk tidak terlalu lama dari waktu membakar dan menggabungkannya.

5 dari 5 halaman

Jenis tas tali kur

Bagi kamu yang awam dengan tas tali kur, kamu perlu tahu jika jenis yang kamu bisa buat untuk tali kur ada beragam. Namun jenis yang cukup mudah digunakan ialah motif garis dua warna dan juga miring. Meski begitu masih banyak pula motif dari tas dengan tali kur yang bisa kamu jumpai. Jenis motif tas dari tali kur antara lain:

1. Tas tali kur motif garis 2 warna

2. Tas tali kur motif miring

3. Tas tali kur motif sisik

4. Tas tali kur motif bunga

5. Tas tali kur motof ketupat

6. Tas tali kur motif panah, dan

7. Tas tali kur motif kerang

Banyaknya model dan juga jenis tas tali kur ini pun menandakan bahwa tas ini cukup ramai peminatnya. Kamu bahkan bisa menemui tas dengan bahan tali kur ini di mall ataupun pemeran UMKM.

Striker MU Buka Peluang Gabung Juventus

Manchester – Rencana Juventus untuk merekrut Romelu Lukaku mendapat titik terang. Kabarnya, striker MU itu ingin pindah ke sana agar satu tim dengan Cristiano Ronaldo.

Sejak Ole Gunnar Solskjaer duduk di kursi manajer MU pada 19 Desember 2019, pemain timnas Belgia itu mulai terpinggir dari lini serang. Solskjaer lebih sering memainkan Marcus Rashford sebagai juru gedor.

Romelu Lukaku tampil dalam 34 pertandingan dengan waktu bermain selama 2.210 menit. Sementara itu, Rashford mencatatkan 2.223 menit dari 33 laga yang dijalani bersama The Red Devils.

Situasi tersebut membuat pemain 25 tahun itu dikabarkan ingin angkat kaki dari Manchester United. Jika pada akhirnya harus pergi dari Old Trafford, Lukaku ingin bergabung dengan Juventus.

Dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport pada Oktober tahun lalu, Romelu Lukaku tak menutup kemungkinan untuk membela Juventus. Menurutnya, Juve memiliki ambisi untuk selalu meraih trofi juara.

Bukan hanya itu, kehadiran Cristiano Ronaldo membuat Lukaku kepincut dengan Juventus. Dia ingin bisa berada satu tim dengan kapten timnas Portugal tersebut.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Cara Mengkafani Jenazah yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada sesuatu yang kekal di dunia ini. Kematian merupakan sebuah hakikat yang akan menghampiri semua manusia dan seluruh umat-Nya. Tidak ada yang mampu menolak atau menundanya. Kematian menurut Islam adalah kepastian. Hanya Allah yang mengetahui waktu dan caranya

Manusia diwajibkan bertaqwa dengan berbuat kebaikan sepanjang waktu dan mengingat serta menyebut asma Allah setiap detik kehidupannya. Sebab kematian bisa datang kapan saja tanpa mengenal usia, status sosial, ataupun kondisinya.

Yang sehat maupun sakit jika sudah takdir nya maka manusia tak memiliki kemampuan apapun untuk menghindarinya.

Dalam Islam jika ada orang yang mengalami peristiwa kematian atau meninggal, satu dari empat kewajiban orang yang masih hidup terhadap seorang yang telah meninggal adalah mengafani. Hukum mengkafani jenazah atau mayat adalah fardlu kifayah.

Mengkafani mayat berarti membungkus mayat dengan selembar kain atau lebih yang biasanya berwarna putih, setelah mayat selesai dimandikan dan sebelum dishalatkan serta dikubur. Dalam Islam ada cara mengkafani jenazah yang benar. Berikut Liputan6.com telah rangkum cara mengkafani jenazah yang benar sesuai syariat Islam.

2 dari 5 halaman

1. Dalil mengkafani jenazah

Mengkafani jenazah hukumnya sebagaimana memandikannya, yaitu fardhu kifayah. Berdasarkan hadits dari Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhu tentang orang yang meninggal karena jatuh dari untanya, di dalam hadits tersebut Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Mandikanlah ia dengan air dan daun bidara. Dan kafanilah dia dengan dua lapis kain” (HR. Bukhari no. 1849, Muslim no. 1206) 

Kadar wajib dari mengkafani jenazah adalah sekedar menutup seluruh tubuhnya dengan bagus. Adapun yang selainnya hukumnya sunnah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila salah seorang diantara kalian mengkafani saudaranya, maka hendaklah memperbagus kafannya” (HR. Muslim no. 943).

Kecuali orang yang meninggal dalam keadaan ihram, maka tidak ditutup kepalanya. Karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

“Jangan beri minyak wangi dan jangan tutup kepalanya. Karena Allah akan membangkitkannya di hari Kiamat dalam keadaan bertalbiyah” (HR. Bukhari no. 1849, Muslim no. 1206).

3 dari 5 halaman

2. Kriteria kain kafan

a. Kain kafan untuk mengkafani jenazah lebih utama diambilkan dari harta orang yang meninggal. Dan semua biaya pengurusan jenazah lebih didahulukan untuk diambil dari harta jenazah saat masih hidup daripada untuk membayar hutangnya. Ini adalah pendapat jumhur ulama.

b. Memakai kain kafan berwarna putih hukumnya sunnah, tidak wajib.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Pakailah pakaian yang berwarna putih dan kafanilah mayit dengan kain warna putih. Karena itu adalah sebaik-baik pakaian kalian” (HR. Abu Daud no. 3878, Tirmidzi no. 994, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami no.1236).

c. Disunnahkan menggunakan tiga helai kain putih.

Dari ‘Aisyah radhiallahu’anha ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dikafankan dengan 3 helai kain putih sahuliyah dari Kursuf, tanpa gamis dan tanpa imamah” (HR. Muslim no. 941).

d. Kain kafan untuk mayat perempuan

Jumhur ulama berpendapat disunnahkan wanita menggunakan 5 helai kain kafan. Namun hadits tentang hal ini lemah. Maka dalam hal ini perkaranya longgar, boleh hanya dengan 3 helai, namun 5 helai juga lebih utama. Disunnahkan menambahkan sarung, jilbab dan gamis bagi mayit wanita.

e. Jenis kain kafan dan wewangian

Tidak ada ketentuan jenis bahan tertentu untuk kain kafan. Yang jelas kain tersebut harus bisa menutupi mayit dengan bagus dan tidak tipis sehingga menampakkan kulitnya. Disunnahkan memberi wewangian pada kain kafan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

““Apabila kalian memberi wewangian kepada mayit, maka berikanlah tiga kali” (HR Ahmad no. 14580, dishahihkan Al Albani dalam Ahkamul Janaiz no. 84)”.

4 dari 5 halaman

3. Cara membuat kain kafan

a. Guntinglah kain kafan menjadi beberapa bagian:

b. Kain kafan sebanyak 3 helai sepanjang badan mayit ditambah 50 cm.

c. Tali untuk pengikat sebanyak 8 helai: 7 helai untuk tali kain kafan dan satu helai untuk cawat. Lebar tali 5-7 cm.

d. Kain untuk cawat. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 50 cm lalu dilipat menjadi tiga bagian yang sama. Salah satu ujungnya dilipat kira-kira 10 cm lalu digunting ujung kanan dan kirinya untuk lubang tali cawat.

Lalu masukkanlah tali cawat pada lubang-lubang itu. Dalam cawat ini berilah kapas yang sudah ditaburi kapur barus atau cendana sepanjang cawat.

e. Kain sorban atau kerudung. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 90/115 cm lalu melipatnya antara sudut yang satu dengan yang lain sehingga menjadi segi tiga. Sorban ini berguna untuk mengikat dagu mayit agar tidak terbuka.

f. Sarung. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 125 cm atau lebih sesuai dengan ukuran mayit.

g. Baju. Caranya dengan menggunting kain sepanjang 150 cm atau lebih sesuai dengan ukuran mayit. Kain itu dilipat menjadi dua bagian yang sama. Lebar kain itu juga dilipat menjadi dua bagian sehingga membentuk empat persegi panjang.

Lalu guntinglah sudut bagian tengah menjadi segi tiga. Bukalah bukalah kain itu sehingga bagian tengah kain akan kelihatan lubang berbentuk belah ketupat. Salah satu sisi dari lubang itu digunting lurus sampai pada bagian tepi, sehingga akan berbentuk sehelai baju.

5 dari 5 halaman

4. Cara mengkafani jenazah

1. Bentangkan tali-tali pengikat kafan secukupnya. Tidak ada jumlah tali yang ditentukan syariat, perkaranya longgar.

2. Bentangkan kain kafan lapis pertama di atas tali-tali tersebut.

3. Beri bukhur pada kain lapis pertama, atau jika tidak ada bukhur maka dengan minyak wangi atau semisalnya.

4. Bentangkan kain kafan lapis kedua di atas lapis pertama.

5. Beri bukhur atau minyak wangi pada kain lapis kedua.

6. Bentangkan kain kafan lapis ketiga di atas lapis kedua.

7. Beri bukhur atau minyak wangi pada kain lapis ketiga.

8. Letakkan mayit di tengah kain.

9. Tutup dengan kain lapis ketiga dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

10. Tutup dengan kain lapis kedua dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

11. Tutup dengan kain lapis pertama dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

12. Ikat dengan tali yang ada yang sudah disediakan.

Hasil Liga Inggris: Penalti Aguero Antar Man City Kalahkan West Ham

Manchester – Penalti Sergio Aguero antarkan Manchester City mengalahkan West Ham United 1-0. Hasil ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

Berlaga di Stadion Etihad, Manchester City menang 1-0 saat menjamu West Ham, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Gol tunggal tuan rumah tercipta melalui penalti Sergio Aguero di menit ke-59.

Kemenangan ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Skuat Josep Guardiola kini berada di urutan kedua dengan 68 angka tertinggal satu poin dari The Reds, yang pada pertandingan lain menggilas Watford 5-0.

Sementara bagi West Ham kekalahan di Stadion Etihad membuat mereka kini menempat posisi ke-10. Anak asuhan Manuel Pellegrini mengumpulkan 36 angka hingga pekan ke-28.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas dipunya City saat pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan Riyad Mahrez usai menerima umpan dari David Silva melayang di atas gawang, padahal dia melepaskan tembakan itu dari jarak dekat.

Hanya semenit berselang City kembali punya peluang matang yang gagal berujung gol. Umpan mendatar Kevin de Bruyne dari sisi kanan menemui Silva di kotak penalti. Bola yang dibelokkan arahnya oleh Silva berhasil melewati kiper Lukasz Fabianski, namun gagal menjadi gol karena terkena tiang gawang.

Gelombang tekanan City berlanjut dengan tendangan voli De Bruyne dari dalam kotak penalti yang melayang ke atas gawang. Sementara upaya Aguero mengarahkan bola ke dalam gawangnya menggunakan tumit saat meneruskan umpan De Bruyne juga gagal lantaran arahnya masih melenceng.

Aguero mengklaim penalti di menit 25. Sepakannya dari tengah kotak penalti terlihat mengenai lengan bek West Ham yang mencoba memblok sambil menjatuhkan diri. Namun wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam momen itu.

Mahrez mengancam di menit 29 saat dia menusuk masuk ke kotak penati di sisi kanan. Usai memgecoh bek West Ham dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, upayanya tak sampai menyulitkan kiper.

Meski sangat dominan dengan pengusaan bola sebesar 78 persen, tapi City nampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan The Hammers. Ini terlihat dimana mereka hanya mencatatkan satu sepakan ke arah gawang di babak pertama.

Strategi Manuel Pellegrini ini terbukti ampuh. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

West Ham mengejutkan Ciy di awal babak kedua. Mereka nyaris saja membuka skor lewat Andy Carrol di menit ke-49. Umpan Manuel Lanzini mampu diteruskan Carrol dengan baik. Beruntung untuk tuan rumah, Ederson masih mampu menepis bola.

Upaya City untuk mencetak gol di laga ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Pelanggaran terhadap Bernardo Silva di kotak penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Aguero yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Unggul 1-0 membuat skuat Pep Guardiola makin gencar menekan lini pertahanan tim tamu. Di menit ke-65 mereka hampir saja menggandakan kedudukan.

Sepakan mendatar Raheem Sterling dengan gemilang mampu ditepis oleh Fabianski. Bola muntah yang kemudian disambar Bernardo Silva masih mampu diamankan lini pertahanan The Hammers.

Meski kedua tim mencatatkan beberapa peluang di sisa laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk The Citizens menutup laga di Stadion Etihad.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Danilo, Kompany , Otamendi,Zinchenko; De Bruyne, Gundogan, Silva; Mahrez (Sterling 55′), Aguero (Foden), Sane (Bernardo Silva).

West Ham : Fabianski; Fredericks, Issa Diop, Ogbonna,Johnson (Zabaleta 63′); Obiang, Rice; Michail Antonio,Nasri (Lanzini 46′), Anderson (Diangana 77′); Andy Carroll.
(din/din)

Hasil Liga Inggris: Chelsea Tundukkan Tottenham 2-0

LondonChelsea tampil sebagai pemenang Derby London menghadapi Tottenham Hotspur. Tampil sebagai tuan rumah, Chelsea mengalahkan Tottenham dengan skor akhir 2-0.

Melakoni laga Liga Inggris di Stamford Bridge, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB, Chelsea dan Tottenham bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Kemenangan Chelsea ditentukan di paruh kedua berkat gol Pedro Rodriguez dan gol bunuh diri bek Tottenham Kieran Trippier.

Kemenangan ini menandai kebangkitan Chelsea usai menderita dua kekalahan beruntun di kompetisi domestik. Sebelumnya the Blues ditekuk Manchester United 0-2, lalu kalah lewat adu penalti dari Manchester City di final Piala Liga Inggris.

Selain itu, Chelsea terus menjaga peluangnya untuk finis empat besar. Sekalipun Si Biru belum beranjak dari peringkat keenam klasemen sementara usai mengoleksi 53 poin dan satu laga sisa. Chelsea tertinggal dua poin dari MU [5] dan tiga poin dari Arsenal [4].

Bagi Tottenham kekalahan ini kian menutup peluang dalam perburuan gelar juara bersama City dan Liverpool. Spurs tetap di peringkat ketiga dengan 60 poin, berjarak delapan poin dari City dan sembilan poin dari Si Merah sekaligus menderita kekalahan kedua beruntun usai di akhir pekan lalu tumbang di markas Burnley 1-2.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung menekan sejak awal. Saat pertandingan baru berjalan tujuh menit, Gonzalo Higuain melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang membentur tiang gawang Tottenham. Hugo Lloris sampai tidak sempat bergerak.

Tottenham masih terus dalam tekanan. Meskipun sesekali mampu melakukan serangan, Chelsea tidak memberi ruang di sepertiga akhir.

Di menit ke-19, Tottenham hampir membuat kesalahan fatal. Operan Lloris justru mengarah kepada Pedro untuk diteruskan kepada Eden Hazard yang bekerja sama dengan Higuain. Untungnya, penyelesaian Higuain melenceng gawang Spurs pun selamat.

Selepas setengah jam laga berjalan, Chelsea mulai kehilangan ritme permainannya sehingga Tottenham bisa mengembangkan permainan.

Dari sayap kiri, Harry Kane melewati dua pemain Chelsea sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun, Cesar Azpilicueta berhasil melakukan intersepsi.

Peluang terbaik Tottenham terlahir semenit jelang waktu normal babak pertama habis. Dari luar kotak penalti, Harry Winks melepaskan sepakan keras yang melewati Willy Caballero tapi bola hanya mengantam mistar gawang Chelsea. Skor 0-0 bertahan sampai jeda.

Chelsea kembali mendominasi Tottenham setelah turun minum. Namun, sejumlah usahanya belum membuahkan hasil sampai di menit ke-57.

Pedro membuka skor pertandingan untuk membawa Chelsea memimpin 1-0. Azpilicueta mengirim umpan terobosan yang membebaskan Pedro. Dari sisi kiri pertahanan Tottenham, Pedro melewati penjagaan Toby Alderweireld untuk menyesaikan dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Spurs merespons dengan melakukan serangan yang dimotori Eriksen. Namun, Pedro yang turun bertahan melakukan tekel di kotak penalti untuk menggagalkan.

Tekanan Spurs berlanjut. Di menit ke-67, sepak pojok Kieran Trippier jatuh di kotak penalti yang disambut Alderweireld dengan sundulan meski masih melebar tipis dari gawang Caballero.

Olivier Giroud langsung menciptakan dampak instan usai masuk menggantikan Higuain. Di awali sundulan Giroud, miskomunikasi antara Trippier dengan Lloris membuat gawang bergetar untuk kedua kalinya. Chelsea diuntungkan sehingga kedudukan 2-0 di menit ke-84.

Tottenham semakin frustrasi di menit-menit akhir yang dimanfaatkan Chelsea. Bagaimanapun, Chelsea berhasil mempertahankan keunggulannya sampai pertandingan selesai.

Susunan Pemain

CHELSEA: Caballero, David Luiz, Azpilicueta, Marcos Alonso, Ruediger, Kovacic (Loftus-Cheek 77′), Jorginho, Kante, Higuain (Giroud 84′), Hazard (Willian 60′), Pedro

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Alderweireld, Trippier, Davies, Davinson Sanchez, Sissoko (Rose 84′), Lamela (Llorente 70′), Eriksen, Winks, Son (Moura 80′), Kane
(rin/raw)