Klopp: Liverpool Harus Nikmati Perjalanan Menuju Juara

Jakarta Liverpoolterus berlari menuju gelar juara Premier League 2018-2019. Saat ini The Reds kembali ke puncak klasemen dan unggul dua poin atas Manchester City berkat kemenangan 2-0 atas Cardiff City, Senin (22/4/2019) dini hari WIB.

Meski garis finis tak lama lagi, manajer Liverpool meminta kepada skuatnya untuk menikmati perjalanan menuju gelar ini bersama suporter dan tidak semata terfokus pada ‘cawan suci’ untuk memenangi gelar Premier League yang sudah absen diraih sejak 29 tahun silam.

“Jika Anda hanya termotivasi untuk memenangi ‘cawan suci’, maka ada yang salah dengan Anda,” kata Klopp.

“Kami ingin memenangi pertandingan sepak bola karena kami menikmati perjalanan ini bersama fans. Pada akhirnya, kita akan melihat berapa banyak poin yang kami kumpulkan dan kemudian kami akan mendapatkan apa yaang kami inginkan,” lanjutnya.

Persaingan Liverpool dan Manchester City diyakini memanas pada tengah pekan ini. Man City diprediksi bisa menekuk Manchester United, Kamis (25/4/2019). Hal itu berarti membuat the Citizens bakal kembali mengambil alih posisi puncak klasemen, dua hari sebelum Liverpool menghadapi tim papan bawah, Huddersfield Town.

“Beberapa orang di Liverpool mungkin bertanya kepada kami tentang Barcelona di semifinal Liga Champions. Namun, kami akan sepenuhnya fokus pada Huddersfield,” ucap Klopp.

Sumber: Reuters

Ditanya Kans Liverpool Juara, Jurgen Klopp Berikan Jawaban Ini

Top 3 News: Mereka yang Melenggang dan Tersingkir Menuju Senayan di Pileg 2019

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 News hari ini mengungkap sejumlah partai politik (parpol) yang berhasil melenggang masuk ke Senayan dari hasil quick count Pileg 2019 dan mencoba sebagai penyambung lidah rakyat di kursi dewan terhormat. Siapa sajakah mereka? 

Dari 16 parpol yang ikut dalam kontestasi Pileg 2019 kemarin, ada sembilan parpol yang lolos dan memperoleh jumlah suara yang cukup besar. Di antaranya PDIP, Golkar, Gerindra, PAN, dan PKS. 

Lantas, faktor apa saja yang membuat partai-partai ini lolos?

Sebelumnya, beberapa lembaga survei memprediksi hanya lima atau tujuh parpol yang lolos dari ambang batas parlemen sebesar 4%. Namun, hasil quick count Pileg 2019 berkata lain, ada sembilan yang mampu melenggang masuk ke Senayan. 

Sementara itu, tujuh partai lainnya yang tersingkir adalah PSI, Hanura, PBB, Perindo, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 19 April 2019:

HEADLINE: Quick Count Pileg 2019, yang Melenggang dan Tersingkir Menuju Senayan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersyukur atas perolehan suara partainya di Pemilu 2019. Menurut dia, penyumbang terbanyak berasal dari wilayah Jawa Tengah.

“Kalau kita melihat ini (keunggulan PDIP) senapas dengan dukungnya ke Jokowi. Sebagaimana kita lihat semisal Bali, Jateng, Jatim, seluruh Kalimantan, Sulut, NTT, Papua itu kan sangat kuat Jokowi dan PDIP dan die hard-nya itu Jateng,” kata Hasto di Kebagusan IV Jakarta Selatan, Rabu 17 April 2019.

“Dan ini memberikan korelasi positif bagi kemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin,” sambung dia.

Menurut dia, banyak hal yang membuat perolehan suara partainya menanjak. Salah satunya karena tidak menolerir kadernya yang korupsi.

Selain itu, PDIP memperkuat kualitas kader melalui sekolah dan psikotes, serta menyempurnakan manajemen partai agar menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade bersyukur parpolnya bisa lolos masuk parlemen. Walaupun suara yang diperoleh dari hasil quick count masih di bawah ekspektasi.

“Mudah-mudahan hasil real count yang akan selesai dalam beberapa hari ke depan suara kita bisa di atas 15 persen, 16 persen harapan kami,” kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (18/4/2019).

Gerindra, kata Andre, mengapresiasi masyarakat yang terus memberi kepercayaan menjadi salah satu partai besar dalam beberapa kali mengikuti pemilu.

“Jadi insyaallah dengan dukungan rakyat dan izin rakyat, 2024 kami bisa jadi yang pertama,” kata dia.

Andre mengatakan, pada Pemilu 2019, kader dan calegnya di lapangan bergerak di berbagai daerah dan bekerja keras. Mereka, tidak sekedar memasang alat peraga kampanye (APK) tetapi juga dialog dengan warga.

“Jadi saya rasa caleg-caleg sudah sangat kompeten, tidak kalah dengan caleg partai besar,” ucap dia.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman (tengah) mendapatkan nomor 8 sebagai peserta pemilu 2019 saat pengundian nomor urut parpol di kantor KPU, Jakarta, Minggu (19/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya mengapresiasi dukungan para ulama dan habib, kader, dan pendukungnya. “Kami percaya politik gagasan punya tempat di Indonesia,” kata dia.

Mardani mengatakan, PKS mengangkat isu dan masalah seperti SIM seumur hidup, STNK gratis, pajak penghasilan di bawah 8 juta dihapus, selain branding #2019 ganti presiden. “Itu semua adalah kombinasi yang mendapatkan kepercayaan publik, alhamdulilah,” kata dia kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, PKS belum bisa menentukan daerah yang menjadi suara kantong PKS. Sebab PKS masih merapikan rekap suara di daerah. “Mudah-mudahan besok ketahuan, tapi rata-rata kita bagus seperti di DKI, lalu di Bandung juga, kalau tidak salah nomor satu, mulai masuk data-datanya,” kata dia.

Mardani mengatakan, di DPR nanti, PKS akan merevisi paket UU politik dan memperkuat KPK, karena korupsi adalah masalah dasar yang belum tuntas.

Sementara itu, Wasekjen DPP PAN Benny Suharto mengatakan, hasil hitung internal, perolehan suaranya mencapai 5,49 persen.

“Catatan khusus kami, PAN itu kan selalu di survei umum, karena partai kami ini partai kader, jadi kalau di survei umum tidak maksimal. Tapi kalau kader di bawah itu kami gerak semua,” kata dia.

Benny pun menjelaskan, sejak 2004, 2009, 2014, hampir seluruh kader PAN melakukan kampanye secara door to door untuk meraih kepercayaan publik untuk pemilu. “Paling maksimal tingkat kecamatan kita kumpulin,” kata dia.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (tengah) mendapatkan nomor 1 sebagai peserta pemilu 2019 saat pengundian nomor urut parpol di kantor KPU, Jakarta, Minggu (19/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengaku bersyukur dengan hasil hitung cepat atau quick count Pileg 2018 berbagai lembaga survei yang menyebut partainya lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4 persen.

“Sejauh ini PKB sangat bersyukur karena dari C1 yang sudah masuk dan terdata, PKB konsisten antara di posisi ketiga dan keempat. Target kami bisa duduk sebagai partai ketiga terbesar,” tutur Daniel kepada Liputan6.com, Kamis (18/4/2019).

Faktor pendongkrak elektabilitas PKB, kata dia, karena kerja keras para kader yang konsisten dekat dengan rakyat dan bersama-sama memperjuangkan harapan, termasuk petani dan nelayan.

“Dan yang juga sangat menentukan adalah doa dan dukungan para kiai dan nahdliyin, karena solid dan menyatunya orangtua kami, NU bersama PKB. Juga dukungan yang semakin kuat dari masyarakat nonmuslim karena mereka melihat PKB adalah jalan keluar untuk Indonesia — sebagai partai yang memiliki akar keislaman yang kuat sekaligus kekuatan nasionalis bangsa,” jelas dia.

Sejauh ini, data internal partai menunjukkan, sumbangan suara terbesar yang diperoleh PKB berasal dari Pulau Jawa. Kampanye ke pelosok dan desa-desa menjadi tombak utama meraih kepercayaan pemilih.

Sementara, Ketua DPP Nasdem Taufiqulhadi menyampaikan, partainya dapat lolos ke DPR lantaran upaya para kader yang militan turun ke masyarakat dan sosok dari sang Ketum Surya Paloh.

“Di bawah Pak Surya, partai berhasil menerapkan berbagai strategi penting, seperti penyebaran kader-kader partai utama ke semua dapil. Sehingga semua dapil menjadi kuat,” tutur Taufiqulhadi kepada Liputan6.com, Kamis (18/4/2019).

Lolosnya Nasdem ke DPR, lanjutnya, besar kemungkinan lantaran tingginya suara yang diperoleh dari wilayah Jawa.

“Di bawah Pak Surya juga, partai mampu membangun soliditas dan solidaritas karena gaya kepemimpinan Pak Surya yang egaliter dan tidak memiliki interest pribadi. Faktor itulah yang telah membuat Nasdem menguat,” jelas dia.

Saat nanti masuk ke DPR, Nasdem akan menguatkan gagasan antikorupsi yang lebih komprehensif. “Politik tanpa mahar akan kami jadikan spirit perjuangan partai kami ke depan,” Taufiqulhadi menandaskan.

SPAL vs Juventus: 1 Poin Menuju Scudetto

Liputan6.com, Ferrara – Juventus akan menghadapi SPAL di Stadio Paolo Mazza, Ferrara, Sabtu (13/4/2019) dalam lanjutan Serie A. Di laga ini, Juventus bisa saja meraih Scudetto kedelapan secara beruntun.

Si Nyonya Tua, sebutan Juventus, hanya membutuhkan satu poin saja untuk meraih Scudetto musim ini. Bila hasilnya imbang, Juventus akan memiliki 85 poin. Angka itu sudah tidak mungkin dikejar oleh Napoli, meski menyapu bersih tujuh kemenangan tersisa.

“Ini bisa menjadi hari yang luar biasa. Dan itu harus dirayakan karena Scudetto kedelapan akan menjadi sesuatu yang luar biasa,” kata pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Bila mengukuhkan diri sebagai juara, Allegri akan mempersembahkan lima gelar Scudetto sebagai pelatih Juventus. Hal itu menjadi prestasi tersendiri bagi Allegri, yang sempat membawa AC Milan meraih Scudetto.

“Memenangkan Scudetto bagi saya akan memberikan kebanggaan. Penting untuk bekerja di klub yang mendukung Anda dalam memenangkan lima Scudetto berturut-turut,” ujar nakhoda Juventus berkebangsaan Italia tersebut.

Menuju Pemilu, Ibu Cerdas Hindari Lakukan Ini Saat Mencoblos

Liputan6.com, Jakarta – Warganegara Indonesia, termasuk para ibu cerdas, sebentar lagi akan memberikan suaranya di Pemilu tahun ini. Menggunakan hak suara saat pemilu sangat penting untuk kelangsungan masa depan bangsa dan juga masa depan si Kecil.

Namun, sebelum hari pencoblosan tiba, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Pemilu. Yang pertama, jangan gunakan atribut partai dalam bentuk apapun.

Selanjutnya untuk para Ibu yang suka foto-foto atau pun selfie, jangan merekam atau memfoto aktivitas di bilik suara.  

Selengkapnya mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat Pemilu, simak di channel Orami Indonesia di Vidio.com berikut ini.

Jelang Pemilu 2019 ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat mencoblos nanti

Klasemen Liga Italia: Juventus Menuju Juara

Sabtu (13/4/2019)

20.00 WIB SPAL Vs Juventus

23.00 WIB Roma Vs Udinese

Minggu (14/4/2019)

01.30 WIB AC Milan Vs Lazio

17.30 WIB Torino Vs Cagliari

20.00 WIB Fiorentina Vs Bologna

20.00 WIB Sampdoria Vs Genoa

20.00 WIB Sassuolo Vs Parma

23.00 WIB Chievo Vs Napoli

Senin (15/4/2019)

01.30 WIB Frosinone Vs Inter Milan

Selasa (16/4/2019)

01.30 WIB Atalanta Vs Empoli

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tanpa Ronaldo, Juventus Menang Berkat Pemain 19 Tahun

Hasil di Villarreal Bantu Barcelona Menuju Gelar Juara

Pada pertandingan tersebut, Valverde memilih mengistirahatkan sebagian pilar Barca seperti Gerard Pique dan Lionel Messi (yang baru bermain di babak kedua). Dia bermaksud memberi pemain-pemain tersebut waktu untuk beristirahat sebelum menghadapi Atletico Madrid pada laga sulit, Minggu (7/4) mendatang.

Meski demikian, keputusan itu tampaknya keliru. Barca kerepotan sepanjang laga dan nyaris kalah. Beruntung ada Messi lagi-lagi membuat keajaiban dengan gol tendangan bebas indah di pengujung laga yang mendongkrak semangat Barca untuk mencuri satu poin.

“[Hasil imbang] ini membuktikan bahwa juara liga tidak diraih dengan mudah. Saya merasa pertandingan ini bisa membantu kami untuk menghadapi apa yang akan datang,” ungkap Valverde kepada fourfourtwo.

“Hasil imbang ini sangat berarti, sebab kami sempat kalah dan sekarang kami akan menghadapi laga Sabtu besok [vs Atletico] dengan sensasi yang berbeda setelah come back dengan dua gol di menit-menit akhir.”

Jalan Menuju Puncak Suroloyo Tertutup Longsoran

Liputan6.com, Kulon Progo – Akses jalan menuju objek wisata Puncak Suroloyo di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tertutup material longsor di Tanjung, Banjaroya, sehingga tidak dilewati wisatawan dan masyarakat umum.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo Suhardiyana di Kulon Progo, Minggu mengatakan longsor di Tanjung Banjaroya disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah ini pada Sabtu (23/3).

“Saat ini kami masih melakukan penilaian di lokasi longsor, namun berdasarkan laporan petugas di lapangan ruas jalan Banjaroya-Suloyo tertutup material sehingga tidak bisa dilewati,” kata Suhardiyana, Minggu (24/3/2019).

Ia mengatakan hari ini, material jalan Banjaroya-Suloyo tidak bisa dibersihkan karena harus menggunakan alat berat dan wilayah disekitarnya harus diobservasi potensi longsor susulan.

“Rencananya, Senin (25/3), kami akan menerjunkan alat berat untuk membersihkan longsoran material,” katanya.

Selain itu, ada empat kejadian yang juga disebabkan hujan lebat pada Jumat (22/3) dan Sabtu (23/3), yakni jalan provinsi di Puyang, Purworajo (Samigaluh) tertutup material longsor, jalan kabupaten di Pucung, Ngargosari badan jalanya longsor, jalan kabupaten jetis Gerbosari badan jalannya juga longsor. Kemudian, pohon tumbang yang menutup Jalan Pengos-Serguyu Pagerharjo.

“Jalan-jalan tersebut tidak bisa akses masyarakat, khsusunya roda empat. Saat ini, masyarakat dan tim relawan sedang melakukan pembersihan material,” katanya dilansir Antara.

Kades Gerbosari Damar mengatakan masyarakat secara gotong royong membersihkan material longsor dan memasang pembatas dari bambu sebagai tanda ada longsoran. “Saat ini, jalan hanya bisa dilewati pengendara sepeda motor, kalau mobil tidak bisa,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Peningkatan aktivitas Merapi terjadi akibat masih terus berlangsungnya pertumbuhan kubah lava di Puncak Gunung Merapi.

Langkah Berat Timnas Indonesia U-23 Menuju Pentas Asia

Sayangnya ucapan Indra Sjafri tak terbukti di laga perdana. Thailand yang merombak mayoritas pemainnya untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 ini tampil dominan sepanjang laga.

Bahkan Egy Maulana dan kawan-kawan sama sekali tak diberikan kesempatan untuk berkembang. Total Thailand membobol gawang timnas Indonesia U-23 empat kali.

Mereka sukses mencetak gol melalui Shinnaphat Leeaoh, Supachai Jaided (dua gol), dan Supachok Sarachat. Langkah timnas Indonesia U-23 untuk lolos pun semakin berat.

“Pertandingan tadi kami banyak melakukan bertahan karena memang kami tidak bisa mengembangkan permainan mulai babak pertama. Kami ditekan dan pemain tidak bisa keluar dari tekanan tersebut, makanya ada kesan kami bermain bertahan. Padahal, kami sudah berusaha membangun serangan,” ujar Indra Sjafri setelah pertandingan, Jumat malam (22/3/2019).

Indra pun berharap timnya bisa bangkit dalam laga kedua melawan Vietnam, Minggu (24/3/2019). Meskipun tuan rumah juga dalam kepercayaan diri tinggi setelah melumat Brunei Darussalam enam gol tanpa balas.

“Tentu ada perubahan ketika menghadapi Vietnam, kami akan melihat di pertandingan nanti,” ujar Indra Sjafri.

Panik di Kokpit Lion Air saat Pesawat Menuju ke Air

Jakarta – Isi rekaman cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP mengungkap fakta baru soal apa yang terjadi sesaat sebelum pesawat itu jatuh pada Oktober 2018 lalu. Salah satunya tentang kepanikan di kokpit.

Tiga sumber yang mengetahui isi rekaman CVR tersebut berbicara kepada Reuters dan dipublikasikan pada Rabu (20/3/2019). Ini adalah pertama kalinya isi CVR terungkap ke publik. Reuters sendiri tidak memiliki rekaman maupun transkrip dari isi CVR.

Isi rekaman CVR ini merupakan fakta baru setelah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis preliminary report pada November 2018 lalu. Dalam laporan itu, pilot memegang kontrol sementara kopilot bertanggungjawab atas radio. Setelah 2 menit terbang, kopilot melaporkan ada ‘flight control problem’ ke ATC dan pilot berniat menjaga ketinggian pada 5.000 kaki.

Panik di Kokpit Lion Air saat Pesawat Menuju ke AirLion Air PK-LQP (Foto: Paul Christian Gordon/Lion Air)

Masih dalam laporan KNKT, masalah yang dilaporkan kopilot itu tidak disebutkan spesifik. Tetapi, sumber pertama Reuters mengatakan ‘airspeed’ disebutkan di CVR sementara sumber kedua mengatakan ada masalah yang muncul di indicator display pilot, tapi tidak muncul di display kopilot.

Sumber pertama Reuters mengatakan pilot meminta kopilot mengecek buku pegangan referensi cepat yang berisi ceklis untuk peristiwa abnormal. Suasana di dalam kokpit disebut penuh kepanikan.

Dalam 9 menit berikutnya, sistem pesawat memberi tahu pilot bahwa pesawat dalam kondisi sttall dan mendorong hidung pesawat ke bawah sebagai responsnya. Pilot berusaha untuk menaikkan hidung pesawat tetapi komputer masih salah mendeteksi stall. Akibatnya, hidung pesawat terdorong ke bawah oleh sistem trim pesawat. Normalnya, trim berguna untuk menyesuaikan permukaan pesawat sehingga tetap terbang lurus.

Di penghujung penerbangan sebelum jatuh, pilot meminta kopilot untuk menerbangkan pesawat sementara dia mengecek buku panduan untuk mencari solusi. Sekitar satu menit sebelum pesawat hilang dari radar, pilot meminta ATC untuk mem-clear-kan lalu lintas sekitarnya di bawah 3.000 kaki dan meminta ketinggian 5.000 kaki yang kemudian disetujui. Sumber-sumber Reuters mengatakan ketika pilot masih berusaha menemukan prosedur yang tepat dalam buku pegangan, kopilot tidak dapat mengendalikan pesawat Lion Air PK-LQP itu.

Mesin Lion Air PK-LQP / Mesin Lion Air PK-LQP / Foto: Pradita Utama

Tiga sumber Reuters mengatakan pilot asal India, Bhavye Suneja, terdiam di detik-detik terakhir pesawat mengudara. Sementara itu, kopilot asal Indonesia, Harvino, megucapkan ‘Allahuakbar!’. Pesawat tersebut kemudian jatuh ke perairan Karawang dan menewaskan 189 orang di dalamnya. Bagi seorang muslim ucapan takbir memang bisa dilontarkan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun ketika ada kejadian tertentu. Ucapan ini merupakan bentuk ekspresi pengakuan kebesaran akan Allah, baik itu di momen positif maupun situasi terdesak.

Kembali ke laporan KNKT pada November 2018 lalu, Digital flight data recorder (DFDR) merekam adanya hal teknis berupa perbedaan antara dua AoA (Angle of Attack) yang ada di kokpit pesawat Lion Air PK-LQP. Belakangan juga diketahui, persoalan di Lion Air PK-LQP itu mirip dengan yang terjadi pada pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh pada awal Maret ini. Tidak ada indikasi kecelakaan disebabkan karena faktor manusia.

Soal isi CVR yang diungkap oleh sumber, Reuters telah meminta konfirmasi dari Lion Air, Boeing, hingga KNKT. Juru bicara Lion Air mengatakan semua data dan informasi telah diberikan kepada pihak yang meyelidiki serta menolak berkomentar lebih lanjut.

Boeing menolak berkomentar kepada Reuters karena investigasi sedang berjalan. Pekan lalu, Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan laporan investigasi bisa dirilis pada bulan Juli atau Agustus. Pada hari Rabu (20/3) ini, dia menolak berkomentar soal isi CVR dan mengatakan bahwa isinya belum dipublikasikan.
(imk/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>