Menuju Eropa, Hambali Berbekal Masukan Egy Maulana Vikri

Jakarta – Gelandang serang Persela Lamongan Muhammad Hambali Tolib antusias menatap trial di Eropa. Ia setidaknya sudah punya gambaran awal soal apa yang akan dihadapi.

Hambali, pemain timnas U-23, diundang untuk melakukan trial di salah satu klub di Eropa Timur. Undangan itu datang langsung kepadanya sekitar Desember lalu, seusai menuntaskan Liga 1 bersama Sriwijaya FC.

Awalnya tak banyak yang mengetahui bab undangan tersebut. Sampai kemudian Deputi III Kemenpora Raden Isnanta mengungkapkannya kepada para pewarta pada Selasa (11/6).

Pada hari yang sama saat dikonfirmasi, Hambali bahkan masih belum mau buka-bukaan. Sampai hari ini pun ketika meminta restu kepada Menpora Imam Nahrawi, pemain berusia 18 tahun itu belum mau mengungkapkan klub yang mengundangnya.

Dia hanya menyebut akan trial di sebuah klub Divisi Utama di kawasan Eropa Timur. Kendati irit bicara soal detail trialnya, pemain kelahiran 20 Juni 2000 itu memastikan dirinya sudah bersiap sebaik mungkin untuk kesempatan ini.

“Jaga kondisi seperti fisik, teknik juga jangan hilang, terutama mental itu penting. Apalagi kita akan menghadapi orang-orang di luar, yang baru, kemudian bahasa juga berbeda,” kata Hambali di Kantor Kemenpora, Senayan, Rabu (12/6/2019).

Dia bahkan sudah meminta saran dari beberapa orang terdekatnya, salah satunya Egy yang sudah lebih dulu merumput di Eropa sejak tahun lalu.

Egy saat ini merumput di klub Polandia, Lechia Gdansk. Selain Egy, ada pula Firza Andika yang juga memperkuat klub Liga 2 Belgia AFC Tubize.

“Pasti (minta saran), apalagi saya dekat sekali dengan Egy. Saya satu kamar di SKO Ragunan dan saling sharing soal kesan pertama di sana. Selain itu, soal latihan pertama bagaimana rasanya, datang latihan, dan karakter orang-orang di sana bagaimana,” jelas Hambali.

Soal bahasa, Hambali tak khawatir.

“Saya sudah bisa bahasa Inggris,” ucap dia. (mcy/raw)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *