Menteri PUPR Setop Sementara Proyek Jembatan di Nduga

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan menghentikan sementara proyek pembangunan jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Jembatan tersebut termasuk dalam proyek Trans Papua Segmen 5.

“Ditunda untuk yang Segmen V, tetapi sisanya (Proyek Trans Papua) tetap jalan,” jelas dia di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (4/12/2018).

Ia menjelaskan pembangunan jembatan tersebut sudah sudah hampir selesai atau sejauh ini sudah mencapai 72 persen.

Untuk diketahui, sebanyak 31 pekerja proyek Istaka Karya yang tengah membangun Trans Papua, yaitu jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Mereka dibunuh lantaran memfoto kegiatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) KKB yang diselenggarakan tidak jauh dari lokasi proyek.

“Ya itu baru sebatas informasi yang kita dapat dari masyarakat,” tutur Wakapendam XVII/ Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (4/12/2018).

Upacara peringatan HUT KKB digelar pada Sabtu 1 Desember 2018. Kegiatan itu dilakukan di Distrik Mbua. Sementara, Distrik Yigi merupakan distrik yang berbatasan langsung dengan Distrik Mbua dan menjadi akses jalan yang biasa dilalui oleh KKB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *